You are on page 1of 12

http://stage.facetinternational.com/separatorsbg.

htm

Pemisah horisontal mungkin satu-tabung atau desain tabung ganda. Campuran minyak dan gas masuk pada (A) dan hits baffle sudut (B) di mana arah aliran berubah. Di sini cairan berat jatuh ke dasar tangki sementara gas dan semprot meningkat. Gas ini basah masuk ke dalam ruang (C) di mana tetes kecil berkumpul menjadi tetes yang lebih besar dan jatuh ke dalam cairan di bagian bawah tangki. ia kemudian gas melewati elemen terakhir di mana partikel cair terakhir dari ukuran terkecil dikeluarkan dari gas oleh kabut extractor (E) umumnya mirip dengan kubah scrubber dijelaskan dalam pemisah vertikal. Gas kemudian melewati bagian atas tangki dan ke gas outlet (F). Cairan dari mana gas telah dihapus bergerak sepanjang bagian bawah tangki melewati piring (D) ke outlet minyak (H). Lempeng bertindak sebagai baffle untuk menjaga gelombang dari pembentukan di cairan.

Bagian-bagian dalam dari separator horizontal adalah sebagai berikut: 1. Deflector : Merupakan sebuah plate yang terletak di dalam separator yang berfungsi untuk memecah aliran yang masuk. 2. Straightening vanes : Merupakan plate yang disusun ke atas yang berfungsi untuk menjaga kestabilan permukaan liquid.

Chart Recorder : Untuk menghitung jumlah gas yang terproduksi. 8. . 5. 7. berupa gas outlet. 14. juga dapat digunakan untuk mengosongkan separator. Vortex Breaker : Berfungsi untuk mencegah pusaran pada outlet liquid. Pressure Control Valve : Valve yang berfungsi mengatur aliran/tekanan gas dalam separator. 5. Level gauge : Berfungsi sebagai indikator level air maupun minyak dalam separator. Shut Down Valve : Safety device yang dapat mematikan proses jika tekanan melebihi ambang batas yang telah ditentukan. Inlet : Merupakan tempat masuknya fluida ke dalam separator. Level Control Valve : Valve yang berfungsi mengatur level cairan (oil/water) dengan cara mengatur aliran outlet. 13. 12. dan mencegah masuknya air ke dalam tampungan minyak. 4. Pressure gauge : Berfungsi sebagai indikator tekanan dalam separator 4. oil outlet. dan water outlet. Coreolist Meter : Untuk menghitung kapasitas/volum minyak yang terproduksi 11. Man Hole : Lubang untuk masuknya orang yang dibuka/digunakan pada waktuwaktu tertentu seperti untuk pembersihan. Thermomete : Berfungsi sebagai indikator temperature dalam separator. Mist Extractor : Berfungsi untuk mencegah / menangkap minyak atau kondensat yang terikut dalam gas. Drain Pipe : Berfungsi untuk membuang sedimen dalam separator. 3. 2. 9. Outlet : Merupakan tempat keluarnya fluida yang telah terseparasi attau terpisahkan. 6. 10. Rupture disk : safety device berupa plate untuk membuang tekanan gas yang pecah/beroprasi ketika PSV sudah tidak dapat menanggulangi tekanan yang berlebih. Weir : Sebuah plate / bendungan yang berfungsi untuk memisahkan minyak dari air. Pressure Safety Valve : Safety device yang berfungsi untuk membuang tekanan gas ketika tekanan dalam separator melebihi batas aman dan PCV sudah tidak dapat mengatasi kelebihan tekanan tersebut (bukaan peuh).3. Adapun perlengkapan di luar sparator sebagai berikut: 1.

1 Latar Belakang Ada tiga jenis fasa zat yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari yaitu fasa padat. berfungsi sebagai tempat keluarnya cairan (biasanya terletak pada bagian bawah) 3.3 Manfaat Laporan ini diharapkan dapat membantu kita dalam memahami jenis-jenisGas Liquid Separator dan menghitung parameter desain dari salah satu jenis Gas Liquid Separator BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.. 2. Inlet. Dalam laporan ini akan dibahas mengenai jenis-jenis Gas Liquid Separator dan parameter desain untuk perancangan salah satu jenis Gas Liquid Separator.2 Tujuan Adapun tujuan dari laporan ini adalah :  Mengetahui jenis-jenis Gas Liquid Separator  Menentukan parameter desain salah satu jenis Gas Liquid Separator  Sebagai salah syarat untuk memenuhi tugas Peralatan Pabrik 1. Untuk melakukan pemisahan fasa maka diperlukan sebuah alat yang dinamakan separator. Berikut adalah contoh gambar alat Gas Liquid Separator. Gas Liquid Separator merupakan salah satu alat yang digunakan dalam dunia industri untuk memisahkan fasa cair dan gas. Salah satu alat pemisah tersebut adalah Gas Liquid Separator. Gas Liquid Separator harus mempunyai komponen pemisah sebagai berikut : 1. minyak dan gas). cair dan gas. Tidak semua zat memiliki satu fasa yang tidak bercampur dengan fasa lain. Alat ini bisa digunakan untuk memisahkan dua fasa (misalnya air dan gas) dan atau tiga fasa (misalnya air. Liquid outlet. Gas outlet.1 Pengertian Gas Liquid Separator Gas liquid separator adalah suatu alat yang berfungsi sebagai pemisah antara zat cair dan gas yang terdapat pada campuran cairan dan gas. berfungsi sebagai tempat masuknya campuran cairan dan gas. 1. namun banyak zat di alam ini yang memiliki fasa ganda atau fasa yang bercampur misalnya uap air yang mana memiliki fasa cair dan gas. Untuk mendapaktkan efisiensi kerja yang stabil dengan kondisi yang bervariasi. berfungsi sebagai tempat keluarnya gas (biasanya terletak pada bagian atas) .

berfungsi untuk memisahkan tetes cairan berukuran sangat kecil (embun) yang mana masih terdapat campuran cairan dan gas. 5. Pemecahan atau tumbukan fluida Secara umum peralatan Gas Liquid Separator ini memanfaatkan prinsip gravitasi. b. Skema dan prinsip kerja dari Gas Liquid Separator dapat dilihat pada gambar di bawah ini : Gambar 2. Prinsip penurunan tekanan. Campuran cairan dan gas masuk melalui feed inlet kemudian terus ke dalam tabung (vessel) dan menumbuk bagian dinding tabung sehingga terjadi pemisahan fasa cairan dan gas akibat pengaruh tumbukan fluida dan gravitasi. Pada bagian mist extractorterjadi pemisahan selanjutnya yaitu cairan yang . Skema Alat Vertical Gas Liquid Separator Prinsip Kerja dari alat di atas adalah dengan memanfaatkan prinsip gravitasi. Fasa yang memiliki massa jenis lebih berat (cair) akan jatuh ke bawah dan keluar melalui bagian liquid outlet sedangkan fasa yang massa jenisnya lebih ringan (gas) naik ke atas melewati bagian pemisah (mist extractor) dan keluar melalui bagian gas outlet. Gravity setlink c. berfungsi untuk mengontrol kerja separator terutama pada kondisi over pressure. 2.2 Prinsip Kerja Gas Liquid Separator Pemisahan fasa ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu : a.4. Peralatan kontrol. Turbulensi aliran atau perubahan arah aliran d. Mist extraktor.

yaitu single tube horizontal . Vertical Separator. Berikut salah satu contoh bentuk Vertical Separator. Gambar 3.masih terkandung dalam campuran yang berupa embun atau uap air akan disaring lagi sehingga campuran cairan dan gas benar-benar terpisah antara fasa cair dan gas. Vertical Gas Liquid Separator         Kelebihannya : Pengontrolan level cairan tidak terlalu rumit Dapat menanggung pasir dalam jumlah yang besar Mudah dibersihkan Sedikit sekali kecenderungan akan penguapan kembali dari cairan Mempunyai surge cairan yang besar Kekurangannya : Lebih mahal Bagian-bagiannya lebih sukar dikapalkan (pengiriman) Membutuhkan diameter yang lebih besar untuk kapasitas gas tertentu b. Horizontal Separator Sangat baik untuk memisahkan fluida produksi yang mempunyaiGas Liquid Ratio tinggi dan cairan berbusa. 2. a. Biasanya digunakan untuk memisahkan fluida produksi yang mempunyai Gas Liquid Ratio (perbandingan fasa gas dan cair) rendah dan/atau kadar padatan tinggi.3.1 Jenis separator berdasarkan bentuk dan posisinya.3 Jenis-Jenis Gas Liquid Separator 2. Pada bagian ini fasa cair akan jatuh ke bagian bawah berupa tetesan-tetesan kecil. Separator ini dibedakan menjadi dua jenis. separator ini sudah dibersihkan serta mempunyal kapasitas cairan dan gas yang besar.

Horizontal Gas Liquid Separator Kelebihannya : Lebih murah dari separator vertical Lebih mudah pengiriman bagian-bagiannya Baik untuk minyak berbuih (foaming) Lebih ekonomis dan efisien untuk mengolah volume gas yang lebih besar Lebih luas untuk setting bila terdapat dua fasa cair Kekurangannya : Pengontrolan level cairan lebih rumit daripada separator vertical Sukar dalam membersihkan Lumpur.separator dan double tube horizontal separator. o o o o o o o o . paraffin Diameter lebih kecil untuk kapasitas gas tertentu c. namun demikian kebanyakan fasilitas pemisahan dilepas pantai menggunakan separator ini dan untuk fluida produksi yang banyak mengandung pasir. Separator jenis ini mempunyai kapasitas gas terbatas sehingga umumnya digunakan untuk memisahkan fluida produksi dengan Gas LiquidRatio kecil sampai sedang namun separator ini dapat bekerja pada tekanan tinggi. pasir. Gambar 4. Berikut ini adalah contoh dari Horizontal Separator. Karena bentuknya yang panjang. Spherical Separator. separator ini tidak menguntungkan. separator ini banyak memakan tempat dan sulit dibersihkan.

gas keluar dari atas sedangkan cairan keluar dari bawah. Gambar dari alat tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini : Gambar 6. Spherical Gas Liquid Separator 2. air dan gas. Separator 2 fasa b. yaitu: a. Separator dua fasa Separator yang memisahkan fluida menjadi cairan dan gas. Berdasarkan fasa hasil pemisahanya jenis separator dibagi dua. Gas keluar dari bagian atas. Gambar dari alat tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini : . Separator tiga fasa Separator yang memisahkan fluida menjadi minyak. minyak dari tengah dan air dari bawah.3.2.Gambar 5.

3. atau sebelum dehydrator. Bentuk dari Gas Scrubber dapat dilihat pada gambar di bawah ini : Gambar 8. separator dapat dibedakan atas: a. Separator 3 fasa 2. Bentuk dari Knock-Outdapat dilihat pada gambar di bawah ini : . yaitu free water knock-out(FWKO) yang digunakan untuk memisahkan udara bebas dari hidrokarbon cair dan total liquid knock-out (TLKO) yang digunakan untuk memisahkan cairan dari aliran gas bertekanan tinggi ( > 125 psi ). Jenis ini dirancang untuk memisahkan butir cairan yang masih terikut gas hasil pemisahan tingkat pertama. extraction plant atau kompresor untuk mencegah masuknya cairan kedalam alat tersebut. Knock-out Jenis ini dapat dibedakan menjadi dua.3.Gambar 7. karenanya alat ini ditempatkan setelah separator. Gas Scrubber b. Gas scrubber. Jenis separator berdasarkan fungsinya Berdasarkan fungsinya atau jenis penggunaannya.

Gambar 9.4 Parameter Desain Vertical Gas Liquid Separator . Flash chamber ini digunakan sebagai separator. Knock-out c. 2. tingkat kedua dan dirancang untuk bekerja pada tekanan rendah ( > 125 psi ). Alat ini digunakan pada tahap ianjut dari proses pemisahan secara kilat (flash) dari separator. Flash chamber. Bentuk dari Flash chamber dapat dilihat pada gambar di bawah ini : Gambar 10. Flash chamber.

Kecepatan aliran Untuk menghitung kecepatan aliran dapat menggunakan persamaan berikut : iquid Dimana : Vc = kecepatan aliran ρg = massa jenis gas K = Konstanta (tergantung tipe separator) 2. m² = (debit. Diameter tabung A. m = [ (4) (A) ÷ (3. 5 Dimana : A = luas Dv= diameter tabung 3. m³/s) ÷ (kecepatan aliran. m/s) Dv .Parameter desain yang perlu diperhatikan pada Vertical Gas Liquid Separator ini adalah : 1.1416) ] 0. Tinggi tabung Dimana : BAB III PARAMETER DESAIN VERTICAL GAS LIQUID SEPARATOR Tipe gas liquid separator yang digunakan adalah vertical separator Fluida yang akan dipisahkan adalah Sulfur dioksida .

81 m²) ÷ (3.69 m/s o Diameter tabung A. diperoleh nilai K = 0.78 kg/m3 g (massa jenis gas) = 2.l (massa jenis cairan) = 1393.81 m² Dv = 4 (8. m = [ (4) (A) ÷ (3.1416) ] 0.1416) ] 0. m/s) Dv .35 m o Tinggi tabung Misalkan diameter inlet nozzle = 0.69 m/s = 8.215 m .107 m/s = 22. 5 Misalkan debit aliran Q = 200 m3/s A = 200 m³/s ÷ 22.7 kg/m3 o Menghitung kecepatan aliran Dari tabel dipilih nilai K dari separator tipe vertical pada tekanan atmosfer.35) + 0.1 m H = 0.35) + 0.45(3. m³/s) ÷ (kecepatan aliran.3(3.1 + 0.35) = 3. m² = (debit. 5 = 3.1 + 0.15(3.

Berdasarkan posisi : vertical.35 m Tinggi tabung (H) = 3.1 Kesimpulan Kesimpulan dari laporan ini adalah : o Gas Liquid Separator merupakan alat pemisah fasa cair dan gas dalam campuran cairan dan gas o Jenis-jenis Gas Liquid Separator dibedakan atas : a.com/watch?v=KpLyqPJfJoo .youtube. http://joseriki89.2 Saran Materi yang diberikan pada mata kuliah peralatan pabrik agar lebih tajam lagi agar pemahaman lebih baik dan mahasiswa lebih paham tentang permasalahan industri.69 m/s Diameter tabung (Dv) = 3.blogspot.com/2011/11/laporan-presentasi-peralatan-pabrik.BAB IV PENUTUP 4.215 m 4.html video http://www. horizontal dan spherical separator b. knock-out dan flash chamber o Parameter desain Vertical Gas Liquid Separator yang diperoleh dari perhitungan adalah : Kecepatan aliran (Vc) = 22. Berdasarkan fasa yang dipisahkan : separator 2 fasa dan 3 fasa c. Berdasarkan fungsinya : gas scrubber.