MAKALAH BAHASA INDONESIA

KALIMAT DALAM BAHASA INDONESIA

OLEH : KELOMPOK 1 1. Mia Odina ( 03121003002 ) 2. Hilda Hayati (03121003016 ) 3. M.Fersyando Melsi (03121003020) 4. Nabila Zarwan (03121003074) 5. Folita Malau (03121003092) 6. Apandi Apri (07121002050 )

MPK UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2012/2013

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Keanekaragaman penyampaian kalimat yang berbeda-beda diwilayah Indonesia merupakan suatu kekayaan budaya yang menunjukan bahwa disetiap provinsi di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing.Tergantung cara penggunaannya masing-masing dan disini kita akan membahas bagaimana tata cara penggunaan kalimat lisan maupun tertulis tersebut. dan diakhiri dengan intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan ataupun asimilasi bunyi ataupun proses fonologis lain. Selanjutnya kita akan mempelajari kalimat yang berbentuk tulisan serta tata cara penulisanya.KALIMAT DALAM BAHASA INDONESIA PENGERTIAN KALIMAT Kalimat mengandung dua pengertian. kalimat diucapkan dengan suara naik turun dan keras lembut.Ada yang disebut dengan kalimat “Lisan” dan ada yang disebut dengan kalimat “Tertulis”. dan tanda seru pada wujud tulisan . pisah (-). dan di dalamnya dapat disertakan tanda baca seperti koma (. atau tanda seru (!).).Karena Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya dan terdiri atas beriburibu pulau yang disetiap wilayahnya sehingga memiliki cara pengucapan kalimat-kalimatnya tersendiri.Ada yang pengucapan kalimat dengan intonasi yang keras dan ada yang pengucapanya dengan intonasi yang lembut.).Kalimat selalu kita ucapkan ketika kita berbicara kepada seseorang. tanda tanya (?). Dalam wujud lisan. tanda tanya.Penting untuk kita memprelajari seluk beluk mengenai kalimat secara rinci. titik dua (:). Tanda titik.Kalimat selaluditandai dengan huruf kapital dan tanda baca yang sesuai. baik dengan cara lisan maupun tulisan. dan spasi.Kalimat dalam bentuk tulisan dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.Didalam kalimat itu sendiri terdapat tata bahasa dan tata cara pengucapanya.Namun sebelumnya kita harus mengetahui dahulu apa yang dimaksud dengan kalimat itu sendiri. disela jeda. Di Indonesia cara pengucapan kalimat lisan ini memiliki beranekaragam intonasi yang berbeda-beda.

-Subjek juga biasanya merujuk pada kata benda /frasa(konkret/abstrak) Contoh:Ayahku sedang melukis.objek.OBJEK Objek dibagi kedalam 3 jenis dilambangkan dengan: •O¹ Berfungsi untuk menerangkan objek yang langsung dijumpai pada kalimat langsung transitif.bagaimana.PREDIKAT -Predikat merupakan bagian yang menjelaskan kegiatan/tindakan/keadaan yang sedang dialami/dilaksanakan oleh subjek. S P O¹ . Rumusnya:S+P+ O¹ Contoh kalimatnya:Saya menanam pohon. 3. Contoh:Adik menangis S P Penjelasan:predikat menjelaskan kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh adik yaitu sedang menangis dan menangis menjadi sebuah predikat didalam kalimat tersebut.SUBJEK -Merupakan bagian kalimat yang menunjukan pelaku utama atau topic yang menjadi permasalahan utama. 2. STRUKTUR KALIMAT (UNSUR KALIMAT) Struktur kalimat terdiri atas empat unsur yang saling berkaitan satu sama lain yaitu: Subjek.sedang apa. Tanda baca sepadan dengan jeda.sepadan dengan intonasi akhir pada wujud lisan sedangkan spasi yang mengikuti mereka melambangkan kesenyapan. S Penjelasan:disini bisa kita ketahui bahwa “ayah” adalah subjeknya yang menjadi pelaku utama atau topic utama dalam kalimata ini.pelengkap.Keempatnya membentuk satu-kestuan yang utuh dan saling melengkapi berikut penjelasanya: 1. -Berbentuk kata/frasa -Berfungsi untuk menjelaskan:mengapa. -Subjek digunakan untuk menjelaskan “apa” dan “siapa”.predikat.diapakan.

Ibu berjualan bunga. S P O³ O¹ Dari paparan penjelasan diatas dapat kita pahami bahwa bentuk dari struktur kalimat umumnya hamper sama pada setiap kalimat dengan pola dasar S+P+O yang selalu terkandung disetiap kalimat. Pada pembahasan selanjutnya kita akan mempelajari struktur atau unsur kalimat yang paling terakhir yaitu: 4. Contoh kalimatnya:Saya dimarahi dosen S p O² •O³ .Yaitu objek yang diletakan pada kalimat tidak langsung.Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan suatu pekerjaan. Contoh kalimatnya:Aming memberikan Nabila mobil.PELENGKAP/KETERANGAN yaitu: -Bagian kalimat yang berfungsi untuk melengkapi predikat. JENIS KALIMAT Jenis-jenis kalimat tergolong kedalam Sembilan kelompok yaitu: 1. Rumus:S+P+O+K Mega bermain piano diruang keluarga S P O K Antara objek dengan pelengkap memiliki persamaan konstruksi namun untuk membedakan antara keduanya perlu kita ketahui objek selalu wajib hadir didalam suatu kalimat sedangkan pelengkap tidak selalu hadir didalam kalimat.Biasanya memiliki predikatnya berupa kata kerja berawalan me atau ber. . Rumusnya:S+P+ O³+ O¹/ O². Contoh :Aku menanam bunga. -Dapat diletakan pada kalimat aktif maupun kalimat pasif. -Dapat dijadikan sebagai pelengkap O¹ mapun O². -Biasanya berjenis kata/frasa nomina/frasa adjektiva/dan frasa verba.•O² Berfungsi untuk menjelaskan objek yang terkandung didalam kalimat pasif Rumusnya sama seperti bentuk kalimat terstuktur lainya yaitu: S+P+ O² hanya saja untuk penggunaan objeknya menggunakan O² yaitu objek yang diletakan dikalimat pasif disebut O².

ditandai dengan partikel lah. Kalimat berita adalah kalimat yang isinya memberitahukan sesuatu.Biasanya diakhiri dengan tanda seru (!). Kalimat larangan. Kalimat berita kesangsian Contoh :Kejadian ini mungkin akan membuatnya trauma. ditandai dengan kata mohon.Kalimat perintah adalah kalimat yang bertujuan memberikan perintah kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. ditandai dengan penggunaan kata jangan.. Biasanya ditandai dengan tanda petik ( “. 5.Umumnya mendorong orang untuk memberikan tanggapan. Contoh :Aku dimarahi ibu. tolong.” ) Contoh :Kata ayah. 3.. 2. 3.”Rajin-rajinlah kamu belajar supaya tercapai cita-citamu!”.. silahkan. . Kalimat ajakan.321jiwa. Contoh:Tolong siram bunga dihalaman !. Biasanya memiliki predikat berupa kata kerja berawalan di. Kalimat berita kepastian Contoh : Korban gunung merapi mencapai 4.Kalimat perintah biasa. kalimat perintah ditandai dengan intonasi tinggi.Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menceritakan kembali ucapan orang lain. Contoh :Pergunakanlah helm ketika mengendarai sepeda motor !. Bagian kutipan pada kalimat langsung berubah menjadi kalimat berita. Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan. Macam-macam kalimat berita : 1.Dalam bentuk lisan. 3. 6. Bagian kutipan dalam kalimat langsung dapat berupa kalimat tanya atau kalimat perintah. Kalimat berita pengingkaran Contoh :Tidak semua orang menyukai perbuatanmu. 4. Macam-macam kalimat perintah : 1.2. Contoh:Jangan membuang sampah sembarangan !.Kalimat langsung adalah kalimat yang secara cermat menirukan ucapan orang. Contoh :Ayah berkata bahwa aku harus rajin belajar supaya tercapai semua cita-citaku. 2.

2. 3. Secara tepat mewakili gagasan penulis atau pembicaranya. 9. Menggunakan kata atau frase imbuhan yang memiliki kesamaan.Inti kalimat dibentuk oleh subjek dan predikat Jenis-jenis kalimat tunggal : 1. Memiliki kesatuan gagasan atau ide pokok 2. Contoh : Saya siswa kelas VI di SD Negeri Merdeka. Dengan ciri-ciri : 1. Kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya terdiri dari inti kalimat atau satu kalimat. Menimbulkan gambaran yang sama antara penulis dengan pembaca atau pembicara dengan pendengar. 2. Kalimat verbal adalah kalimat yang predikatnya berupa kata kerja. Adik bernyanyi dengan sangat merdu. Perluasan kalimat tunggal dilakukan dengan menambah unsur baru yang disebut keterangan Dapat berupa keterangan tempat.Kalimat tanya adalah kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau seseorang sehingga diperoleh jawaban tentang suatu masalah. Contoh :Siapakah Gayus tambunan itu?. 8. keterangan cara.Kalimat efektif memiliki syarat : 1. . Kalimat nominal adalah kalimat yang predikatnya berupa kata benda. maupun keterangan waktu. 4. Contoh : Saya siswa kelas VI. Contoh:Kucing itu naik ke atas meja Kata “atas” tidak perlu digunakan lagi karena kata “naik” sudah memberi informasi yang cukup bahwa kucing itu sudah pasti naik ke atas sehingga bentuk kalimatnya berubah menjadi: Kucing itu naik ke meja. kalimat tanya ditandai dengan intonasi yang rendah.Biasanya diakhiri dengan tanda tanya (?). Secara lisan. Tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu.7. Memberikan penekanan pada bagian-bagian yang penting. Contoh : Adik bernyanyi.

wordpress.http://id. Komposisi Bahasa Indonesia. Diksi Insan Mulia.org/wiki/Bahasa_Indonesia/Kalimat Finoza.Kalimat. .wordpress.wikibooks.Daftar Pustaka : anonim.wikipedia.com/2009/11/26/kalimat-dan-unsur-kalimat/ . Lamuddin.2011.com/2010/05/08/jenis-jenis-kalimat http://rizaljenius.2011.Kalimat.org/wiki/Kalimat/ anonim. http://freezcha. http://id.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful