BAB I PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Dalam kehidupan sehari-hari kita melakukan aktifitas, baik yang telah merupakan kebiasaan misalnya berdiri, berjalan, mandi, makan dan sebagainya atau yang hanya kadangkadang saja kita lakukan. Untuk melakukan aktifitas itu kita memerlukan energi, energi yang diperlukan ini kita peroleh dari bahan makanan yang kita konsumsi. Pada umumnya bahan makanan itu mengandung tiga kelompok utama senyawa kimia yaitu karbohidrat, protein dan lemak atau lipid. Dalam hal ini yang akan dibahas dalam makalah mengenai karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu makromolekul penting yang dibutuhkan oleh manusia. Karbohidrat dalam bentuk gula dan pati melambangkan bagian utama kalori total yang dikonsumsi manusia dan kebanyakan hewan. Karbohidrat juga merupakan pusat metabolisme tanaman hijau dan organisme fotosintetik lainnya yang menggunakan energi cahaya untuk melakukan sintesa karbohidrat dari CO2 dan H2O (Lehninger 1982). Zat gizi ini banyak dimiliki dalam beberapa jenis bahan makanan sebagai komponen utamanya. Oleh karena itu, bukan hal yang sulit untuk dapat menemukan bahan menu utama setiap hidangan ini. Karbohidrat dapat diperoleh dari banyak jenis pangan, misalnya serealia, umbi-umbian, buah, dll. Di Indonesia, padi merupakan sumber karbohidrat yang dijadikan sebagai makanan pokok yang masih belum tergantikan. Hal itulah yang mendasari pentingnya pengetahuan mengenai karbohidrat yang sangat kompleks ini.

1.2. TUJUAN PENULISAN a. Mengetahui cara pembagian gula berdasarkan jumlah molekul gulanya b. Mengetahui pengertian tentang monosakarida dan tetrasakarida c. Mengetahui pembagian monosakarida berdasarkan jumlah atom C nya d. Mengetahui pengertian polisakarida e. Mengetahui jenis-jenis tanaman penghasil sukrosa secara komersil f. Mengetahui cara memperoleh gula dari tebu g. Mengetahui kegunaan sukrosa dalam bidang farmasi h. Mengetahui cara membuat laktosa

trisakarida . terdapat pula karbohidrat yang tidak memiliki rumus demikian dan ada pula yang mengandung nitrogen. Namun demikian. sulfur dan lain-lain yang menunjukkan tidak sesuainya dengan rumus karbohidrat tersebut . trisakarida dan tetrasakarida termasuk kedalam golongan oligosakarida. fosforus.2. disakarida. misalnya gula deoksiribosa yang mempunyai rumus C5H10O4. karbohidrat merupakan hasil sintesa CO2 dan H2O dengan pertolongan sinar matahari dan hijau daun (klorofil). dan terbentuk melalui proses asimilasi dalam tumbuhan (Pekik. Struktur Fisher merupakan struktur rantai terbuka sedangkan struktur Haworth merupakan struktur tertutup (siklik). hydrogen dan oksigen.dkk. 2003:94). Gula terdiri dari 4 kelompok yaitu monosakarida . Karbohidrat terususun atas dua sampai delapan monosakarida yang dikenal sebagai oligosakarida. Disamping itu banyak pula karbohidrat yang mengandung atom lain seperti. Disakarida. atau sulfur. Karbohidrat adalah komposisi yang terdiri dari elemen karbon. 2.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. . umbi-umbian. Karbohidrat berasal dari pengertian atom karbon yang terhidrasi dengan rumus (CH2O)n. 2007). DEFINISI KARBOHIDRAT Karbohidrat berasal dari kata karbon dan hidrat sehingga disebut hidrat dari karbon. Tetapi pengertian ini sebenarnya sudah tidak tepat lagi karena banyak senyawa karbohidrat yang tidak mengandung atom hidrogen dan oksigen dengan perbandingan 2:1. Karbohidrat merupakan kelompok besar senyawa polihidroksildehida dan polihidroksiketon atau senyawa-senyawa yang dapat dihidrolisis menjadi polihidroksialdehida atau polihidroksiketon (Wahyudi.. Di alam. jagung. KLASIFIKASI KARBOHIDRAT Karbohidrat terdapat dalam berbagai golongan yang dikalsifikasikan kedalam 2 grup yaitu gula dan polisakarida. Karbohidrat memiliki rumus struktur dari Fisher dan Haworth. Walaupun demikian . nitrogen.1. nama karbohidrat sampai sekarang masih terus dipergunakan.dan tetrasakarida. gandum. Misalnya untuk glukosa yang memiliki rumus molekul C6H12O6. Karbohidrat memiliki rumus umum Cn(H2O)m yang pada umumnya harga n = harga m. terdapat dalam tumbuhan seperti beras.

Sukrosa terdiri atas glukosa dan fruktosa. fruktosa. Sedangkan laktosa terdiri atas glukosa dan galaktosa. glikogen. Contohnya pati dan glikogen. Monosakarida adalah senyawa yang tidak dapat dihidrolisis menjadi gula yang lebih sederhana dan tidak kehilangan sifat gulanya. glukosa. galaktosa. Oligosakarida terdiri dari disakarida. 2. dan lainnya. Maltosa terdiri atas glukosa dan glukosa. tetrosa. tidak larut dan berupa senyawa amorf dengan bobot molekul tinggi. dan sebagainya. dekstrin. FUNGSI KARBOHIDRAT 1. pentosa dan heksosa Gula yang termasuk ke dalam monosakarida adalah glukosa.sukrosa dan laktosa. Kebanyakan oligisakarida yang mempunyai tiga atau lebih unit monosakarida tidak terdapat secara bebas. Contohnya adalah raffinosa yang dihidrolisis menghasilkan glukosa. Golongan monosakarida ini biasanya dikelompokkan dalam triosa. fruktosa. sukrosa. Monosakarida Monosakarida merupakan karbohidrat sederhana terdiri atas satu unit polihidroksi aldehida atau keton. selulosa dan lainnya. Jenis karbohidrat ini umumnya tidak berasa. galaktosa dan fruktosa. Disakarida merupakan senyawa yang jika dihidrolisa akan menghasilkan dua molekul monosakrida.  Oligosakarida Oligosakarida merupakan karbohidrat yang terdiri atas rantai pendek unit monosakarida yang digabungkan bersama-sama oleh ikatan kovalen dan bila dihidrolisis menghasilkan beberapa monosakarida. Memberi rasa kenyang. Bila dihidrolisis akan menghasilkan lebih dari sepuluh monosakarida. Gula yang termasuk kedalam disakarida adalah maltosa. Trisakarida merupakan senyawa yang jika dihidrolisa akan menghasilkan tiga molekul monosakarida.  Polisakarida Kelompok karbohidrat yang terakhir adalah polisakarida yang merupakan polimer monosakarida yang memiliki bobot molekul yang tinggi. Contoh dari monosakarida adalah ribosa. . Sumber energi utama yang diperlukan untuk gerak 2. tetapi digabungkan sebagai rantai samping polipeptidapada glikoprotein dan proteoglikan (Lehninger 1982). trisakarida dan tetrasakarida. Sedangkan tetrasakarida merupakan senyawa yang jika dihidrolisa akan menghasilkan empat molekul monosakarida.3. arabinosa. Contohnya adalah amilum.

4. kelebihan karbohidrat dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak sebagai cadangan sumber energi yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan. Komponen Struktural sel . Pembentukan cadangan sumber energi.3.

Monosakarida (terdiri atas 1 unit gula) Termasuk gula sederhana yang tidak bisa dihidrolisis menjadi bagian yang lebih kecil. karbohidrat golongan gula dikelompokan menjadi 4 kelompok. Rumus empiris karbohidrat adalah CnH2nOn atau Cn(H2O)n. sákcharon. Jenis ini tidak pernah ditemukan dalam keadaan bebas di alam. Karbohidrat adalah alkohol aldehid atau keton yang mengandung karbon. hidrogen dan oksigen dimana perbandingan H dan O pada umumnya sam dengan perbandingan H dan O dalam air. Suatu triosa aldehid dan keton (gliseraldehid dan dihidroksiketon) umunya terdapat dalam bentuk ester fosfat. Berdasarkan jumlah molekul gula nya. Yang akan dibahas pada kali ini adalah karbohidrat golongan gula. Gula sederhana dapat didefinisikan sebagai zat yang termasuk golongan karbohidrat yang merupakan hasil substitusi dari aldehid atau keton dari suatu polihidroksialkohol. Yang paling sederhana adalah diosa HO-CH2-CHO (hidroksi asetaldehid) yang tidak terdapat dalam keadaan bebas di alam. berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Reaksi yang terjadi sebagai berikut : sinar matahari CO2 + H2O ------------→ (C6H12O6)n + O2 Karbohidrat diklasifikasikan kedalam 2 golongan yaitu gula dan polisakarida.  Tetrosa Tetrosa merupakan monosakarida yang mengandung 4 atom karbon dalam molekul gulanya.BAB III PEMBAHASAN Karbohidrat disebut 'hidrat dari karbon'. Karbohidrat merupakan hasil utama proses fotosintesa dan dengan melalui reaksi organik selanjutnya akan diperoleh sejumlah besar senyawa organik jenis lain. yaitu : 1. hidrat arang atau sakarida (dari bahasa Yunani σάκχαρον. Monosakarida yang diklasifikasikan berdasarkan jumlah atom karbon dalam molekulnya terdiri atas 8 kelompok yaitu :  Triosa Triosa merupakan monosakarida yang mengandung 3 atom karbon dalam molekul gulanya.  Pentosa .

aldoheksosa) dan ketosa ( ketotetrosa. aldopentrosa. Pentosa terdapat di alam. dan manosa). Semua monosakarida sederhana berbentuk Kristal putih . galaktosa dan fruktosa.Pentosa merupakan monosakarida yang mengandung 5 atom karbon dalam molekul gulanya. Monosakarida yang paling umum dialam adalah heksosa ( glukosa. Monosakarida terdiri dari dua seri yaitu aldosa (aldotetrosa. Gula yang termasuk ke dalam monosakarida adalah glukosa. Perbedaan gugus itu yang menyebabkan sifat pereduksi dari monosakarida sehingga dikenal istilah gula pereduksi. tidak larut dalam pelarut non polar. aldopentosa terdapat sebagai komponen penting asam nukleat. Glukosa dan fruktosa dibedakan oleh gugus yang dikandung dalam molekulnya. Pada glukosa mengandung gugus aldehid. Glukosa Fruktosa . turunan triosa dan heptosa ditemukan sebagai senyawa “antara” dalam metabolisme karbohidrat. Merupakan monosakarida paling penting yang terdapat dalam tanaman. Sedangkan pada fruktosa mengandung gugus keton. ketoheksosa).  Heptosa Heptosa merupakan monosakrida yang mengandung 7 atom karbon dalam molekul gulanya. Ada 16 aldoheksosa dan 18 ketoheksosa tapi hanya ada 2 yang terdapat bebas di alam yang terdapat pada tanaman yaitu D-fruktosa (Levulosa) dan D-glukosa (dekstosa).  Heksosa Heksosa merupakan monosakarida yang mengandung 6 atom karbon dalam molekul gulanya. Keduanya terdapat dalam buah-buahan manis dan gula invert. ketopentosa.  Oktosa Oktosa merupakan monosakarida yang mengandung 8 atom karbon dalam molekul gulanya. gom dan mucilago. dan hampir semua berasa manis. Heksosa merupakan komponen paling dasar dalam pembentukan polisakarida. larut dalam air. galaktosa. merupakan hasil hidrolisis hemiselulosa.

dan varietas komersial yang paling banyak ditemui adalah jenis hibrida kompleks terutama dari varietas Saccharum officinarum. bit (Beta vulgaris). tebu. Tanaman ini memiliki batang berserat yang kuat dan beruas dengan ketinggian 2-6 m dan mengandung cairan yang kaya dengan gula. bit dan beberapa tanaman lain. kurma (Phoenix dactylifera).dididihkan dengan kapur untuk menetralkan asam-asam yang ada dan dapat mengubah sukrosa menjadi gula invert dan mengendapkan albumin. Albumin akan naik ke permukaan dan dibuang. Bit secara langsung memiliki hubungan dengan beetroot. Cara pembuatan sukrosa antara lain : Cairan tebu yang diperoleh dengan memeras batang tebu. Sukrosa (α-D-gluko-piranosil-β-Dfruktofuranisida) adalah satu-atunya disakarida yang terdapat di alam (dalam tanaman). sukrosa akan menghasilkan gula invert yang mengandung glukosa dan fruktosa dalam kuantitas yang sama. Sukrosa adalah gula yang dihasilkan dari :   Saccharum officinarum ( Gramineae ) Beta vulgaris Linne ( Chenopodiaceae ). Bit merupakan tanaman yang umbinya mengandung sukrosa dalam jumlah yang dengan konsentrasi tinggi. Secara komersil. . Jika dihidrolisa.  Tebu Tebu (Saccharum) merupakan genus yang terdiri dari 6-37 spesies (tergantung dari pengertian taksonominya) dari rerumputan tinggi (famili Poaceae). gula diperoleh dari tebu (Saccharum spp. Disakarida Gula jika dihidrolisis menghasilkan 2 satuan gula monosakarida yang terikat bersama. juga dapat diperoleh dari Maple ( Acer saccharum ) dan berbagai jenis palma (palem) dengan kadar gula bisa mencapai 12% 20% dari berat kering tanaman. sinense. Sukrosa ditemukan dalam buah jeruk.2. S. chard dan fodder beet.) . Seluruh spesies saling berkawinan. dan lain-lain Sukrosa juga dikenal sebagai Saccharum atau gula dan tersebar luas dalam tumbuhtumbuhan. sorghum (Sorghum vulgare). Asia dan Afrika) dan Pasifik. S. barberi dan S. Sukrosa adalah gula yang tidak mereduksi atau bukan pereduksi. laktosa dan maltosa.) termasuk dalam anggota sub-famili Chenopodiaceae dan famili Amaranthaceae. berasal dari kawasan bersuhu hangat hingga tropis di Dunia Tua (sebagian Eropa.  Bit Bit (Beta vulgaris L. spontaneum. Cairan disaring. Disakarida terdiri atas sukrosa.

molekul glukosa dihubungkan oleh ikatan glikosida melalui atom karbon pertama dengan gugus hidroksil atom karbon ke 4 pada molekul gula lainnya. kemudian dikristalkan kembali. serta dalam pembuatan etil alkohol. Laktosa memiliki sifat sebagai berikut :       Tidak berwarna. gula ini dikristalkan dari air yang tertinggal setelah susunya dipisahkan. kristal-kristal yang masih kotor kemudian dilarutkan kembali dalam air. laktosa juga merupakan gula pereduksi. karena kedua atom ini saling berikatan. Jika dihidrolisa lebih lanjut akan menghasilkan 2 molekul glukosa.4-glikosida. Gula ini banyak terdapat dalam tanaman. Laktosa juga digunakan sebagai makanan bayi. Selobiosa dibentuk dari 2 molekul glukosa melalui ikatan β-1. Selobiosa merupakan disakarida yang diperoleh dari hidrolisis selulosa. Kegunaan sukrosa dalam bidang farmasi antara lain :      Untuk pembuatan sirup Sebagai demulcent dan nutrien/gizi Pada konsentrasi tertentu sebagai bakteriostatik dan pengawet Menutupi rasa yang tidak enak pada tablet dan trochisi Memperlambat oksidasi pada beberapa sediaan Laktosa atau gula susu adalah gula yang diperoleh dari susu. sehingga sukrosa tidak bersifat gula pereduksi. rasa manis Stabil di udara tapi mudah menyerap bau Jika dihidrolisa menghasilkan D-glukosa dan D-galaktosa Kegunaan laktosa dalam bidang farmasi digunakan sebagai zat pengisi karena : Tidak terlalu manis Mudah dihirolisa Bersifat inert Maltosa (4-0-α-D-glukopiranosil-D-glukopiranosa) dihasilkan bila pati dihidrolisis oleh enzim β-amilase . Residunya yang berwarna gelap berupa sirup disebut molasses. Laktosa disebut gula susu terdiri dari D-glaktosa dan D-glukosa yang berikatan melalui β-1.dihilangkan warnanya dengan SO2. banyak digunakan sebagai makanan hewan.2-glikosida. Pada maltosa. Laktosa dibuat dengan cara. . dipekatkan dan dikristalkan. Sukrosa tidak mempunyai atom karbon hemiasetal dan hemiketal. Laktosa mempunyai gugus aldehid. Sukrosa adalah disakarida yang terbentuk dari gluktosa dan fruktosa yang dihubungkan melalui ikatan α-1.4-glikosida dan merupakan gula pereduksi. dihilangkan warnanya dengan karbon.

Contoh tetrasakarida adalah stakiosa dan skorodosa sedangkan contoh pentasakarida adalah verbaskosa. Tetrasakarida Oligosakarida yang lain adalah tetrasakarida. . 4. yang tersusun atas empat unit monosakarida dan pentasakarida yang tersusun atas lima unit monosakarida. Trisakarida Trisakarida adalah senyawa yang jika dihirolisa akan menghasilkan tiga molekul monosakarida.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful