Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02

3Dimensi
1. Buat table baru, sebagai fields untuk menggabungkan table dari kontur kecil dan kontur index.

2. Lanjutkan prosedur Save Table. 3. Pilih kontur kecil pada layer control.

tutup table kontur kecil dan pilih table gabungan yang telah dibuat. pada menu toolbar. 7. kemudian paste. Kemudian klik mouse kanan pada map info. Seperti gambar dibawah. lalu pilih select all from editable layer.Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 4. 6. 5. Lakukan copy/paste pada table gabungan untuk kontur index dengan cara yang sama. Kemudian pilih perintah copy. . Kemudian pada layer table.

Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 8. Setelah menggabungkan kedua table lakukan klik kanan mouse pilih select all from editable layer dari map info kembali. .

lalu pilih extract nodes.Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 9. 10. pilih extraction type>extract to line segments. . Kemudian pada toolbar pilih discover. Ketika muncul table seperti dibawah ini. Kemudian klik OK.

Selanjutnya akan muncul table status peng-extractan nodes ke file name yang anda buat. 12. Yang akan muncul adalah seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik save.Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 11. save nodes yang di-extract pada folder yang telah disiapkan. .

14. pilih grid > next. Kemudian pada menu toolbar pilih map>create thematic map.Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 13. Pada menu dialog dibawah. .

Dan perintah next.Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 15. Pada langkah kedua dari thematic map pilih table dan fields dari table gabungan yang ada lalu browse ke folder yang anda siapkan. . Kemudian klik OK.

Hasil terakhir adalah seprti gambar dibawah ini. Lalu klik OK. berarti anda diminta untuk mengedit ulang nilai index kontur yang kemungkinan belum seluruhnya terisi. Dengan catatan apabila terjadi ketidakseragaman yang kontras pada peta thematic anda. settingan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. . 17. Pada langkah ketiga dari thematic map.Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 16.

Gambar dibawah ini adalah contoh terjadi ketidakselarasan yang kontras. Apabila ini terjadi pada anda lakukan peng-combinean index masing-masing kontur dan juga usahakan setiap kontur sudah memiliki nilai index.Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 18. diakibatkan oleh nilai index kontur kecil dan besar. Kesalahan pada nilai Indeks peta . belum di-combine.

Hasil yang anda dapatkan adalah 3D dari nilai index kontur.Created by Sekeloa Timur ’99 & Geo UNPAD ‘02 19. Kesalahan pada nilai Indeks kontur SELAMAT MENCOBA!!! . Pada menu toolbar pilih map>create 3D map. 20.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful