BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Bagi dunia Internasional, bisnis merupakan aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan sehari-hari. Tidak jenuh para pebisnis memajukan dan memperluas usahanya dalam rangka mencari keuntungan semaksimal mungkin. Mulai dari Negara adidaya hingga negara berkembang melakukan bisnis sebagai mata pencaharian mereka. Begitu pula dengan Indonesia yang tidak mau kalah bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Di Indonesia, perkembangan bisnis maju pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi. Mulai dari bisnis secara tradisional maupun bisnis secara on-line. Bahkan pangsa pasar bisnis on-line lebih luas dan tentunya dapat memperoleh keuntungan yang maksimal walaupun tidak sedikit pula orang yang meragukan kualitas produk yang ditawarkan secara on-line. Namun, diantara bisnis-bisnis yang menghasilkan keuntungan, ternyata masih banyak para pebisnis yang mengacuhkan etika bisnis yang baik, seperti misalnya tidak memperhatikan kepuasan konsumen terhadap produk yang dijual. Sejatinya, etika bisnis harus tertanam dalam jiwa para pebisnis, karena dengan etika bisnis yang baik tidak hanya keuntungan saja yang didapatkan namun kepuasan dan keloyalitasan konsumen pun akan didapatkan pula. Untuk itu, para pebisnis harus mengetahui hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan oleh seorang pebisnis. Dalam makalah ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai etika bisnis yang seharusnya dilakukan oleh para pebisnis.

1

2 . 2 Bagi Pembaca Dapat menambah pengetahuan mengenai etika-etika di dalam berbisnis dan implikasinya di dalam lingkungan bisnis.3 Tujuan Penulisan Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah sebagai berikut : 1 2 3 4 Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan etika dan bisnis Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan etika bisnis Untuk mengetahui penerapan etika bisnis yang baik. Untuk mengetahui hubungan etika bisnis dan pebisnis. masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut : 1 2 3 4 Apa yang dimaksud dengan etika dan bisnis? Apa yang dimaksud dengan etika bisnis? Bagaimanakah etika bisnis yang baik? Apa hubungan etika bisnis dan pebisnis ? 1.1. 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas.4 Manfaat Penulisan Adapun manfaat dalam penulisan makalah ini adalah : 1 Bagi Penulis Dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai etika dalam berbisnis serta dapat menerapkan etika bisnis dalam kehidupan seharihari.

Menurut Kamus Besar Bhs. dan tanggung jawab. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar. norma moral dan norma sopan santun. buruk. baik yang harus dilakukan maupun yang harus ditinggalkan yang di anut oleh sekelompok atau segolongan masyarakat atau profesi” 2. Norma ini masih dibagi lagi menjadi norma hukum. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business. Etika mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak.BAB II PEMBAHASAN 2. bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya. Indonesia (1995) Etika adalah Nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat Menurut Maryani & Ludigdo (2001) “Etika adalah Seperangkat aturan atau norma atau pedoman yang mengatur perilaku manusia. Etika adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.1 Pengertian Etika Etika berasal dari kata Yunani Kuno: “ethikos“. 1987) Etika disebut juga filsafat moral adalah cabang filsafat yang berbicara tentang praxis (tindakan) manusia.2 Pengertian Bisnis Dalam ilmu ekonomi. baik. untuk mendapatkan laba. Tindakan manusia ini ditentukan oleh bermacam-macam norma. norma agama. (Suseno. salah. dari kata dasar busy yang berarti 3 . berarti “timbul dari kebiasaan”. Etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan pelbagai ajaran moral.

kontak sosial. Dalam artian. Etika bisnis menyangkut moral. Meskipun demikian. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan.3 Pengertian Etika Bisnis Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. komunitas. yaitu kesatuan yuridis (hukum). bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Ciri Bisnis yang Beretika yaitu : 1 2 3 4 5 Tidak merugikan siapapun. 2005). Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu. sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. hak-hak dan kewajiban. definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini. dan perilaku bisnis (Velasquez. Tidak menyalahi aturan-aturan dan norma yang ada. institusi. Menurut Mahmud Machfoedz “Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. misalnya “bisnis pertelevisian. Berbisnis dengan etika bisnis adalah menerapkan aturan-aturan umum mengenai etika pada perilaku bisnis.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan. dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. 2. Mempunyai surat izin usaha 4 . teknis. Secara etimologi.“sibuk” dalam konteks individu. Tidak menjelek-jelekan saingan bisnis. tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha. prinsip-prinsip dan aturan-aturan. ataupun masyarakat. Tidak melanggar hukum.

jujur. agar mampu bersikap secara tepat dan bertanggung jawab dalam menghadapi transformasi ekonomi. Managemen yang baik 3. budaya.4 Etika Bisnis Yang Baik Menurut Richard De George. social. Produk yang baik 2. Memiliki Etika Dalam melaksanakan etika bisnis yang baik. Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur. Prinsip otonomi Otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran sendiri tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. 2. Etika bisnis juga memberikan orientasi kepada pebisnis. transparan dan sikap yang profesional. yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku. 5 . yaitu : 1. terdapat beberapa prinsip-prinsip etika bisnis yang harus diterapkan oleh pebisnis. dan transformasi intelektual yang tengah gencar melanda manusia zaman ini. Etika bisnis memampukan para pebisnis untuk memilih menerapkan ajaran moral secara bertanggung jawab dalam wilayah kegiatan ekonomis atau bisnis. Orang yang otonom adalah orang yang bebas mengambil keputusan dan tindakan serta bertanggung jawab atas keputusan dan tindakannya tersebut.Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika. bila perusahaan ingin sukses/berhasil memerlukan 3 hal pokok yaitu : 1.

yakni maksimalisasi keuntungan itu ternyata masih ada hal lain yang ketika diterapkan akan menjadikan bisnis mereka tidak hanya mampu mendatangkan keuntungan maksimal. prinsip ini menuntut agar persaingan bisnis haruslah melahirkan suatu win-win solution. Ketika para pebisnis membiasakan diri 6 .2. Prinsip Saling Menguntungkan Prinsip ini menuntut agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga menguntungkan semua pihak. Prinsip Kejujuran • • • Kejujuran dalam pemenuhan syarat-syarat perjanjian dan kontrak Kejujuran dalam penawaran barang dan jasa dengan mutu dan harga sebanding Kejujuran dalam hubungan kerja intern dalam suatu perusahaan 3. Dalam bisnis yang kompetitif. Dimensi lain diluar dimensi ekonomis adalah dimensi etis. Prinsip Keadilan Prinsip keadilan menuntut agar setiap orang diperlakukan secara sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai dengan kriteria yang rasional objektif dan dapat dipertanggung jawabkan.5 Etika Bisnis dan Pebisnis Adapun hubungan antara etika bisnis dan pebisnis adalah : 1 Etika bisnis sebagai penyadaran Etika akan menjadikan para pebisnis menyadari bahwa di luar tujuan bisnis yang satu. 5. melainkan juga melanggengkan bisnisnya. 4. Prinsip Integritas Moral Prinsip ini dihayati sebagai tuntutan internal dalam diri pelaku bisnis atau perusahaan agar dia menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baiknya atau nama baik perusahaan 2.

3 Etika bisnis sebagai jalan kebijaksanaan bagi pebisnis Etika bisnis menyadari para pebisnis dan semua pihak yang terkena dampak bisnis bahwa secara kodrati mereka sesungguhnya terbatas. Sikap arif dan bijak yang diperoleh dari proses pembelajaran itu akan membuat mereka secara tepat membaca setiap peluang bisnis yang ada. menyangkut pelanggan . mereka dengan sendirinya akan menyadari bahwa berkembang tidaknya suatu usaha mereka sangat tergantung pada upaya serta kemauan baik untuk membangun dan mengembangkan sikap-sikap etis dalam setiap perjumpaan dengan yang lain dalam relasi bisnis. Kesadaran inilah yang memotivasi untuk mendahulukan kepentingan bersama dan menumbuhkan sikap saling percaya di antara mereka. dll. 2 Etika bisnis sebagai sarana pembelajaran Etika bisnis merupakan sarana pembelajaran bagi seorang pebisnis untuk mengembangkan tanggung jawabnya. konsumen. 7 . Kesadaran untuk membiasakan sikapsikap moral yang baik akan menghindarkan pebisnis dari tindakkan korup dan mempergunakan pihak-pihak lain sebagai sarana untuk mencapai tujuan bisnis. Norma-norma moral yang diaplikasikan oleh pebisnis dapat ditelusuri melalui perilaku etis dengan sikap mereka terhadap isu-isu penegakkan hak asasi. meskipun kesempatan untuk itu ada dan bisa saja dilakukan kalau mau.dengan dan dalam dimensi ini. tidak hanya internal terhadap semua karyawan tanpa kecuali. melainkan juga secara eksternal. Etika bisnis juga merupakan sara pembelajaran bagi pebisnis untuk menjadi orangorang yang berkepribadian kuat secara moral. Mereka tidak akan mengorbankan para pekerja atau karyawan juga kliennya sebagai sarana memperkaya diri. secara ekonomisnya mereka memerlukan bantuan dari berbagai pihak untuk meningkatkan taraf dan kualitas hidup.

8 . pembelajaran dan jalan kebijaksanaan. Seorang pimpinan atau pebisnis tidak hanya dilihat sebagai pemilik perusahaan melainkan juga sebagai sosok orang bijak yang dapat memberikan arah hidup pada karyawan mereka.Perusahaan juga bukan merupakan sarana untuk mendapatkan gaji atau upah melainkan juga untuk membenah diri mereka di tempat kerja dan hidup mereka bermakna dan bernilai bagi orang lain. Itulah sosok seorang pebisnis yang berhasil sebagai sarana penyadaran diri.

adalah elemen yang saling mempengaruhi. etika dalam berbisnis sangatlah penting.2 Saran Para pebisnis sebaiknya menerapkan etika berbisnis di dalam melakukan kegiatan bisnis. yang tidak dapat ditawar lagi. Seorang pebisnis tidak dapat hidup mandiri. Dalam zaman keterbukaan dan luasnya informasi saat ini. perlu adanya sikap-sikap yang menjujung moral dan norma-norma yang berlaku. Tentunya ini tidak akan memberikan keuntungan segera. 3. dia pasti tergantung kepada pihak-pihak yang lain. Pebisnis jangan hanya berfokus untuk mencari keuntungan yang maksimal sehingga mengabaikan etika di dalam berbisnis. Masing-masing elemen tersebut harus menjaga etika. pemasok. baik dalam lingkup mikro maupun makro. Oleh karena itu. dan konsumen. Pemasok (supplier). Etika bisnis mempengaruhi tingkat kepercayaan atau trust dari masing-masing elemen dalam lingkaran bisnis. pemodal dan masyarakat umum secara etis dan jujur adalah satusatunya cara supaya dapat bertahan di dalam dunia bisnis saat ini. Etika berbisnis ini bisa dilakukan dalam segala aspek. perusahaan. karena dengan etika bisnis 9 . baik-buruknya sebuah dunia usaha dapat tersebar dengan cepat dan luas. konsumen. Saling menjaga kepercayaan dalam kerjasama akan berpengaruh besar terhadap reputasi perusahaan tersebut. etika bisnis harus tertanam dalam jiwa para pebisnis. sehingga kepercayaan yang menjadi prinsip kerja dapat terjaga dengan baik. Memposisikan karyawan. Oleh karena itu. di dalam menjalin hubungan dengan para pihak lain.BAB III PENUTUP 3. Sejatinya. etika bisnis merupakan sebuah harga mati. namun ini adalah wujud investasi jangka panjang bagi seluruh elemen dalam lingkaran bisnis. Ketatnya persaingan bisnis menyebabkan beberapa pelaku bisnisnya kurang memperhatikan etika dalam bisnis.1 Kesimpulan Di dalam persaingan dunia usaha yang sangat ketat ini.

yang baik tidak hanya keuntungan saja yang didapatkan namun kepuasan dan keloyalitasan konsumen pun akan didapatkan pula. 10 .

Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Tersedia : http://lukaswongso. Perilaku Etika dalam Bisnis Tersedia:http://vegaaugesriana02.blogspot.com/2011/11/02/etika-bisnis/ 11 .DAFTAR PUSTAKA Yosephus. 2011.gunadarma.id/2012/10/etika-dalamberbisnis/ Glory.com/2012/10/bab-2-perilakuetika-dalam-bisnis. 2012.wordpress.blogspot. 2012.html Lukas Wong. L. Etika Bisnis. Tersedia:http://raveltglory. Etika dalam Berbisnis Tersedia:http://wartawarga. Jakarta Vega Augesriana.com/2012/11/etika-dalam-duniabisnis. 2012. Sinuor. 2009.html Warta Warga. Etika Bisnis. Etika dalam Dunia Bisnis.ac.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful