MAKALAH LINGKUNGAN BISNIS PEMBUATAN PUPUK KOMPOS

Disusun oleh: Nama :Rudy susanto Nim : 11.01.2916 Kelas : D3-TI-02

STMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA

Upaya mendaur ulang sampah Organik sehingga bermanfaat untuk menyuburkan tanah sangat diperlukan khususnya dikota-kota besar. Dialam terbuka pembentukan kompos seperti pembentukan humus. Biarpun demikian. ciri khas dari kompos adalah mengandung zat Organik dengan kadar yang cukup tinggi. pelapukan itu berlangsung. dialam. Oleh karena itu orang berupaya untuk mempercepat proses pelapukan. . kotoran hewan dan sampah yang melapuk. karena sangat bergantung pada bahan yang dikomposkan. Masalahnya komposisi unsur hara yang dikandung kompos tidak tetap. rumput. Menurut Ilmiah : Kompas adalah bentuk akhir dari bahan Organik setelah mengalami proses pembusukan oleh Mikroorganisme dan yang didukung oleh suhu dan udara yang memenuhi syarat proses pembusukan.Abstrak Menurut bahasa sehari-hari : Kompas merupakan pupuk yang berasal dari berbagai bahan berupa daun. Masalahnya. yaitu melalui proses pelapukan dengan pertolongan bakteri dan cuaca.

masukkan seluruhnya ke dalam komposter. Bioaktivator ini berfungsi untuk membantu mempercepat proses pembusukan. jika ingin memakai air PAM. Siapkan cairan bioaktivator boisca. 4. kocok-kocok sampai merata. volume sampah yang terapung juga semakin banyak. sisa ikan. 5. kaporit di dalam air bisa mematikan mikroba yang ada di dalam boisca. Keempat. komposter baru bisa menghasilkan lindi (air sampah) atau kompos cair setelah dua minggu. . isi sprayer dengan air. pemanenan lindi dilakukan setiap 1-2 hari sekali. tambahkan boisca ke dalam sprayer dengan perbandingan 1 liter air ditambah dengan 1-2 tutup botol boisca. Pasalnya. Namun. Sebaiknya gunakan air sumur karena tidak mengandung kaporit. dan daging segar agar terpisah dari sampah. kulit buah. Pada awal pemakaian. kardus bekas minyak. sisa sayuran. Selanjutnya. Sampah berupa plastik. lalu semprotkan boisca hingga merata ke seluruh sampah dan tutup rapat komposter. Tujuannya agar kaporitnya menguap. Kedua. Pertama.ISI Langkah-langkah pembuatan pupuk kompos 1. atau kulit buah yang keras sebaiknya dirajang terlebih dahulu agar pembusukannya sempurna. beling. Setelah sampahnya terkumpul dan dirajang. 2. cairan siap digunakan. Pilih sampah organik seperti sisa makanan. Tata cara penggunaannya sebagai berikut. dan air sabun harus dipisahkan agar prosesnya berjalan cepat. Sampah yang berukuran besar seperti batang tanaman. air tersebut harus diendapkan terlebih dahulu selama satu malam. sayuran daun. siapkan sprayer ukuran 1 liter. Selain itu. Ketiga. oli. Dan. yakni salah satu bioaktivator yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pengomposan. Setelah itu. 3.

com/2009/02/makalah-upaya-penanggulangan-pencemaran.blogspot.REFERENSI Daftar Pustaka http://gudangmakalah.html petanidesa.wordpress.com .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful