Spesifikasi media transmisi

Media transmisi dibagi menjadi 3 yaitu : 1. Copper media 2. Optical media 3. Wireless

Copper media
Copper media merupakan semua media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga. Orang biasanya menyebut dengan nama kabel. Media ini biasa digunakan sebagai media penghubung dalam suatu jaringanm, karena media ini sangat simpel dan mudah untuk diaplikasikan kedalam komputer untuk menghubungkan komputer 1 dengan komputer lain. Keunggulan Media Kabel  Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan, tergantung operator nya juga sih. Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

Kelemahan Media Kabel    Biaya operasional relatif lebih mahal. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai transmisi data pada jaringan : 1. Koaksial 2. STP 3. UTP Termasuk kategori Twisted pair

1. Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik. • Kategori 2 (Cat-2). dengan bandwidth maksimum 1 MBps. . murah. susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding). Keuntungan menggunakan kabel koaksial adalah lebih murah dari pada kabel fiber optic dan jarak jangkauannya cukup jauh dari kabel jenis UTP/STP yang menggunakan repeater sebagai penguatnya. Beberapa kategori kabel Twisted Pair : • Kategori 1 (Cat-1). STP (Shielded Twisted Pair) Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2. 3. UTP (Unshielded Twisted Pair) Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi. Kekurangannya adalah mahal. dan jarak jangkauannya hanya 100m. Kabel Coaxial Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV. Disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). 2. Kekurangannya adalah susah pada saat instalasi. dan jarak jangkauannya hanya 100m. Umumnya menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24 pin dengan range impedansi yang lebar. Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN. sering digunakan pada sistem PBX dan sistem Alarm. Digunakan pada koneksi telepon dan tidak direkomendasikan untuk transmisi data.Ada 2 jenis yaitu RG-58 (10Base2) dan RG-8 (10Base5 ). Ada 3 jenis konektor pada kabel Coaxial. Range impedansi yang lebar. I konektor (socket) dan BNC konektor. dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar . baik installasi konektor maupun kabel. yaitu T konektor. karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi. Untuk saat ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagi intuk instalasi jaringan.

• Kategori 5 (Cat-5). dalam bentuk light-emitting diode ataupun laser. Optical Media Ada tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan. Sedang plastic optical’fiber adalah kabel berbasis plastik terbaru yang menjamin tingkat performa yang sama dengan fiber glass dalam jarak pendek dengan biaya yang jauh lebih murah. yang mengubah pulsa elektronik ke cahaya dan sebaliknya. yaitu single mode.• Kategori 3 (Cat-3). multi mode dan plastic optical fiber yang berfungsi sebagai petunjuk cahaya dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya. Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m. yaitu 50 sampai dengan 100 mikrometer yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak menengah. Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps. Apabila jarak yang ditempuh lebih dari 3000 kaki. diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps. dan lain sebagainya Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran . fiber optic telah digunakan sebagai standar kabel data dalam biding physical layer telekomunikasi atau jaringan. Kabel fiber optic multimode terbuat dari fiberglass dengan diameter lebih besar. akan terjadi distorsi sinyal pada sisi penerima yang mengakibatkan transmisi data menjadi tidak akurat. Saat ini. Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps. seperti perangkat TV kabel. Kabel fiber optic single mode merupakan fiber glass tunggal dengan diameter 8. memiliki satu jenis transmisi yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak jauh. menggunakan konduktor padat sebanyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 Ω dan berfungsi hingga 16 MBps.3 sampai 10 mikrometer. Dari transmitter^ receiver. dan membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektrum yang lebih kecil. karena memiliki core yang lebih kecil sehingga dapat menghilangkan setiap distorsi dan pulsa cahaya yang tumpang t indih. • Kategori 4 (Cat-4). juga sistem keamanan yang menggunakan Closed Circuit Television (CCTV). Sering disebut kabel voice grade. Kemampuan kabel jenis single mode dalam mengantarkan transmisi adalah 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode.

transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Satu buah kabel fibre optic terdiri atas dua fiber. Wireless Network Saat ini sudah banyak digunakan jaringan tanpa kabel (wireless network). saat ini sudah dikembangkan teknologi wireless untuk Active Hub (Wireless Access Point) dan Wireless LAN Card (pengganti NIC). Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi.Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic).yang sangat kecil (skala mikron).Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah). dan mahalnya biaya.satu berfungsi untuk Transmit (Tx) dan satunya untuk Receive (Rx) sehingga komunikasi dengan fibre optic bisa terjadi dua arah secara bersamasama (full duplex). sehingga bisa mengurangi semrawutnya kabel transmisi data pada jaringan komputer. Walaupun kedengarannya praktis. Namun demikian untuk kebutuhan LAN di dalam gedung.bandwidth. namun kendala yang dihadapi disini adalah masalah jarak. Wireless Access Point juga bisa digabungkan (up-link) dengan ActiveHub dari jaringan yang sudah ada. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Data-data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik ini. .

Kelebihan dan kekurangan Topologi Jaringan Topologi Bus Kelebihan    Hemat kabel Layout Sederhana Mudah dikembangkan Kerugian     Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil Kepadatan lalu lintas data dapat menyebabkan collission atau tabrakan antar data Jika salah satu workstain mati jaringan tidak berfungsi Perlu repeater untuk jarak jauh Topologi Ring Kelebihan   Hemat kabel (murah) Tidak akan terjadi collission karena sinyal bergerak memutar Kerugian   Peka kesalahan Pengembangan jaringan kaku Topologi Tree Kelebihan    Memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point Mengatasi keterbatasan pada topologi star. yang memiliki keterbatasan pada titik koneksi hub. Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang lebih mudah diatur .

 mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB. HUB menjadi elemen kritis. atau kepada siapa transmisi data ditujukan. Kekurangan     Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim. termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan. Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya. Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan. Topologi Star Kelebihan        Paling Fleksibel Perubahan atau pemasangan stasiun mudah .tidak mengganggu bagian yg lain Kontrol terpusat Tingkat keamanan termasuk tinggi Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk Mudah dalam deteksi kesalahan Mudah dalam pengelolaan jaringan Kekurangan    Boros kabel Perlu penanganan khusus Kontrol terpusat (Hub)jadi elemen kritis .

Membutuhkan banyak kabel 2.Instalasi & konfigurasi sulit 3. tidak membutuhkan komputer lain (langsung sampai ke tujuan) 2.Topologi Mesh Kelebihan topologi MESH     1.Perlunya space yang memungkinkan . maka koneksi komputer A dengan komputer lain tetap baik 3.Memudahkan proses identifikasi kesalahan Kelemahan topologi MESH    1.Lebih aman 4.Jika ingin mengirimkan data ke komputer tujuan. yaitu : jika komputer A mengalami gangguan koneksi dengan komputer B.Memiliki sifat robust.

Setiap Ethernet card mempunyai alamat sepanjang 48 bit yang dikenal sebagai Ethernet address (MAC Address). sering dipakai sebagai saluran BACKBONE karena kehandalannya yang tinggi dibandingkan dengan coaxial cable atau kabel UTP Kabel Twister pairs Dari 8 buah kabel yang ada. server atau perangkat lain. Hub / Switvh Hub Sebuah konsentrator (Hub atau switch) adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabelkabel network dari tiap workstation. yang digunakan hanyalah 4 buah yaitu untuk dapat menerima dan mengirim data (Ethernet). Dalam topologi bintang. EIA/TIA menggunakan istilah kategori untuk membedakan beberapa tipe kabel UTP Ethernet Card Cara kerja Ethernet Card berdasarkan broadcast networkyaitu setiap node dalam suatu jaringan menerima setiap transmisi data yang dikirim oleh suatu node yang lain. kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub atau switch. Standar EIA/TIA 568 menjelaskan spesifikasi kabel UTP sebagai aturan dalam instalasi jaringan komputer. Dan sering di gunakan untuk thick Ethernet. Kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal antar terminal.Flatform dalam Jaringan Hardware Gambar Nama Kabel Coaxial Keterangan Adalah kabel yang mempunyai karakteristik kecepatan transfer data sebesar 10 Mbps. . thin dan ARCnet Kabel Fiber Optic Kabel ini adalah kabel yang mahal dan memiliki kecepatan transfer data maksimal 1 Gbps.

Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node. atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain. Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan. File Servers Server merupakan pusat atau jantung dari sebuah jaringan yang merupakan sebuah komputer yang cepat dan memiliki harddisk dan RAM yang besar dan juga memiliki kartu jaringan yang sangat cepat. Bridges (gambar Fungsi dari bridge itu sama dengan fungsi dengan penggunaan repeater tapi bridge lebih fleksibel dan dua segment) lebih cerdas dari pada repeater. . ke node yang lain. namun pengembangan perangkat router dewasa ini sudah mulai mencapai bahkan melampaui batas tuntutan teknologi yang diharapkan. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband. untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain. router hampir sama dengan bridge. Dengan cara ini jarak antara kabel dapat diperjauh.Repeater Gambar disamping adalah contoh penggunaannya. meski tidak lebih pintar dibandingkan bridge. Router Sebuah Router mampu mengirimkan data/informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang berbeda.

Macintosh dll. yahoo Messenger. Cute FTP. Hotmail.Wifi Suatu interkoneksi tanpa kabel ke berbagai perangkat. Go!Zilla adalah perangkat lunak untuk menjalankan FTP c. Dengan alat ini rumah yang tekoneksi jaringan telepon dapat juga menikmati akses internet. plasa Messenger adalah program untuk menjalankan chatting d.. outlook Expres adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail . access point ini merupakan pusat interkoneksi tersebut. Moxilla Firefox. Gmail. Yahoomail. b. antara lain: a. opera dan Netscape Navigator adalah perangkat lunak browser yang digunakan untuk mengakses web. Google Chrome. Saat ini alat ini sering digunakan sebagai akses internet yang di sebut sebagai area hotspot. Linux. misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial-up dengan menggunakan line telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau internet. Modem Software Software sistem operasi Software sistem adalah perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan sistem kerja komputer secara mendasar. Microsoft Internet Explorer. Dengan adanya alat ini maka kita dapat mendapat koneksi jaringan tanpa adanya kabel. mIRC. Software aplikasi Software aplikasi digunakan untuk mengakses layanan-layanan yang ada diinternet. Software sistem akan mengontrol kerja komputer beserta perangkat input dan outputnya. Sistem operasi yang biasa digunakan antara lain Windows. Alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. merupakan kependekan dari Modulation demodulation.

System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.   Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. organisasi dan sebagainya. dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya. Bisa disebut juga Mandor .  Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.Brainware  Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. . Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.       Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya.

. Dengan protokol bootstrap ini.Protocol Protokol dapat diibaratkan sebagai bahasa komunikasi antar komputer dalam jaringan. yaitu digunakan di jaringan lokal dan sangat baik untuk file sharing dan print sharing serta dapat di-routing. Hal ini menyebabkan perkembangan ISO/OSI menjadi lambat.  Protokol yang dikembangkan oleh OSI/ISO seperti X.   NetBIOS : Network Basic Input-Output System merupakan jenis protokol yang digunakan oleh Microsoft untuk mengimplementasikan Local Area Network Manager. NetBEUI : NetBIOS Extended User Interface yaitu versi terbaru dari NetBIOS. Salah satu kelemahan protokol ini adalah tidak dapat dirouting sehingga hanya dapat bekerja di satu jaringan lokal. Protokol ini sudah digunakan oleh beberapa institusi. “Internet” adalah International Network sedangkan “internet” adalah internetworking. Penjelasan tentang routing akan dijelaskan lebih lanjut dalam modul selanjutnya.  BOOTPBootstrap Protocol adalah protokol yang digunakan untuk proses boot dari diskless workstation. suatu program yang mengatur komunikasi komputer pada LAN. NetBEUI merestrukturisasi frame format (informasi dalam transmini data) yang sebelumnya tidak diatur oleh NetBIOS. Sayang segala informasi tentang protokol ini harus dibeli oleh kita ke ISO. dimana DHCP server menyediakan suatu kelompok alamat IP yang dapat diberikan pada suatu DHCP client.75/X. Kata “Internet” pada IP adalah internetworking”.  TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol)Terdapat perbedaan antara kata “internet” dengan “Internet”.NetBEUI merupakan protokol yang banyak digunakan dalam jaringan lokal berbasis sistem operasi Microsoft Windows.  DHCP Dynamic Host Configuration Protocol kelanjutan dari protokol bootstrap. DHCP bekerja dengan relasi client server.400.25/X. suatu alamat IP dapat diberikan ke suatu peralatan di jaringan. Protokol ini biasa digunakan di jaringan berbasis sistem operasi Novell Netware.  IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange / Sequenced Packet Exchange)Hampir sama dengan NetBEUI. Terdapat berbagai macam protokol yang masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri. Contoh penggunaan protokol ini adalah pada Program Microsoft Neighbourhood. Sangat baik dan cepat untuk layanan file sharing dan print sharing. DHCP yang dapat memberikan alamat IP secara otomatis ke suatu workstation yang menggunakan protokol TCP/IP.

tahap pertama pengirim mengirimkan data kedua pihak kedua merespon menerima /menolak data (Data ACK ) tahap tiga jika sudah di respon dan di setujui maka data dikirim.Yang sering di gunakan biasanya TCP/IP TCP adalah protocol yang akan mengirimkan data ke tempat tujuan dengan urutan yang benar dan dapat melakukan pengecekan terhadap kesalahan serta pengiriman ulang jika di perlukan.E-mail.byte streaming .www. UDP hampir sama seperti TCP perbedaanya adalah penerima tidak harus merespon .jadi pihak kedua hanya bisa menerima data Layanan TCP FTP. Cara pengirimanya menggunakan 3 tahap . TCP melakukan transmisi data per segmen seseuai jumlah besaran paket .telnet.IRC.yaitu data memang labgsung dikirim dan di terima .kemudian dikirim satu persatu hingga selesai.

Related Interests