I PENDAHULUAN

A. Rasionalisasi Pendidikan untuk membentuk kepribadian peserta didik seperti yang dimaksud dalam tujuan gerakan pramuka tidak dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat secara sekaligus, melainkan harus dilakukan setingkat demi setingkat dalam waktu yang cukup panjang. Sesuai dengan pola umum Gerakan Pramuka maka usaha pendidikan Kepramukaan tersebut harus direncanakan melalui Program kerja. Organisasi Gerakan Kepramukaan adalah merupakan lembaga pendidikan non formal bagi anak-anak dan pemuda, yang bertujuan membantu pengembangan pribadi, watak, dan jiwa sosial para generasi muda kita yang didasarkan pada kesukarelaan, tidak berpolitik dan terbuka bagi semua orang. Kepramukaan telah berkembang sesuai dengan perkembangan anak dan pemuda pada masa kini, seiring dengan berkembangnya kemajuan informasi dan teknologi serta perkembangan masyarakat dewasa ini. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan harus dilihat dan diakui sebagai sesuatu yang penting dan strategis bagi pendidikan masyarakat pada umumnya. Gerakan Kepramukaan adalah suatu bagian dari Organisasi Kepanduan Dunia yang angotaanggotanya dididik menjadi insan yang disiplin, mandiri, bertanggung jawab, berguna bagi sesama umat manusia, serta dapat menjalankan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka. Oleh karena itu pendidikan kepramukaan tidak boleh diserahkan begitu saja kepada orang-orang atau pihak-pihak yang tidak mengerti tentang pendidikan pada umumnya dan keparamukaan pada khususnya, karena hal itu akan menjadikan pendidikan pramuka yang sia-sia dan tidak sesuai dengan harapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia. Sistem pendidikan dan pembinaan kepramukaan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat sejalan dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Kepramukaan Indonesia dan Program Kegiatan Sekolah yang diharapkan dapat membentuk manusia berbudi pekerti yang Pancasilais. Program kerja tahun 2008/2009 akan tetap melanjutkan fungsi kerja Dewan Penggalang sebelumnya untuk mengakomodir serta mengupayakan peningkatan kuantitas peserta didik dengan tidak meninggalkan usahausaha peningkatan kualitas pembinaan SDM, leadership, serta skill pada anggota. Evaluasi juga merupakan bagian integral dari setiap kebijakan program yang tak terpisahkan agar nantinya dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang keunggulan, kelemahan, peluang dan hambatan terhadap kebijakan yang telah dibuat sehingga dapat diketahui keberhasilan dan usaha yang telah dilakukan.

f. Menghimpun peserta didik yaitu Pramuka Penggalang dalam kegiatan yang terpola agar mudah dibina dan dikelola. 5. e. d. Rencana Strategik Gerakan Pramuka 2006 – 2009 “Program Prioritas”. Tujuan 1. 6. Keputusan Presiden RI Nomor 104 Tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 086 Tahun 2005 Tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Mengupayakan Gerak Pembinaan dan Pembinaan Pramuka Penggalang yang dititik beratkan pada penigkatan pelatihan-pelatihan guna menyiapkan Pramuka Penggalang menjadi mendiri Mengupayakan fungsi wadah-wdah pembinaan Pramuka Penggalang supaya terpadu dan terarah sehingga memantapkan organisasi dan manajemen yang tanggap. Rencana Strategik Gugus depan “Proyek SJP 18 The best 2016” Rencana Kerja Gugus depan Gerakan Pramuka Kab Ciamis Pangkalan SMP Negeri 18 Bogor Tahun Anggaran 2007 – 2008. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 137 Tahun 1987 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus depan Gerakan Pramuka. 3. Landasan a.B. 2. C. b. 4. Upaya mengadakan fasilitas penggunaan dan pengembangaan Pramuka Penggalang dalam rangka menunjang gerak langkah visi awal dengan lngkah kemandirian Gerakan Pramuka. kesadaran dan menyerap nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. II PROGRAM RENCANA KERJA Rincian Program Rencana Kerja NO SASARAN PROGRAM KERJA BULAN KET . Meningkatkan kedisiplinan. c. Meningkatka rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk bekerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan Pramuka. efektif dan efisien.

. • Melakukan fungsi pembinaan Penggalang Rakit terhadap anggota Dewan Kerja Latihan SKU Penggalang Terap Penggalang baik secara intern Ujian SKU Penggalang maupun ekstern. sebegai pengabdian kepada Geraka Pramuka dan masyarakat. 4 Agustus s.Penerimaan kenaikan 1 • Mengatur. Ramu • Mengatur dan mengendalikan Ujian SKU Penggalang mekanisme yang berkaitan Ramu Pelantikan Penggalang dengan penugasan seluruh Ramu anggota Dewan Kerja Latihan SKU Penggalang Penggalang dan ruang lingkup Rakit tugasnya Ujian SKU Penggalang • Menyempurnakan sistem dan Rakit mekanisme kerja Dewan Kenaikan Tingkat Penggalang Ramu ke Penggalang.d Februari Agustus s.d Februari . • Minimal satu tahun sekali merealisasikan satu konsep kegiatan yang bersifat positif. mengendalikan golongan Siaga Ke dan memonitor tugas sehariGolongan Penggalang hari anggota Dewan Kerja Latihan SKU Penggalang Penggalang. • Terciptanya konsep kegiatan yang bervariasi yang mempu menarik minat remaja/pemuda usia Penggalang. kreatif dan inovatif. Lomba Tingkat 3 • Ikut berpartisipasi dalam setiap even lomba kepramukaan yang diselenggarakan di wilayah Kwarcab Kegiatan lainnya.. Terap Kenaikan Tingkat Penggalang Rakit ke Penggalang Terap Latihan SKK Ujian SKK Penyematan Persami 2 • Publikasi dan informasi Bhakti Masyarakat kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang......d Desember Januari s.

3. kepramukaan menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut. 7. sebegai pengabdian kepada Geraka Pramuka dan masyarakat. pelatihan kepramukaan dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten dari KUARAN maupun KUARCAB 2. Semua kegiatan pramuka berjalan dengan lancar Mendapatkan aspirasi dari masyarakat tentang kepramukaan Mendapatkan prestasi yang baik dalam event kepramukaan yang setiap kali diadakan Untuk mewujudkan strategi perlu adanya pengembangan kepramukaan yang dinamis dan inovatif. Melakukan fungsi pembinaan terhadap anggota Dewan Kerja Penggalang baik secara intern maupun ekstern. Mengupayakan Gerak Pembinaan dan Pembinaan Pramuka Penggalang yang dititik beratkan pada penigkatan pelatihan-pelatihan guna menyiapkan Pramuka Penggalang menjadi mendiri Mengupayakan fungsi wadah-wdah pembinaan Pramuka Penggalang supaya terpadu dan terarah sehingga memantapkan organisasi dan manajemen yang tanggap. 5. strateginya dengan mengadakan alat-alat kpramukaan yaitu :1. 1. Visi dan Misi • Visi “BERKUALITAS. E. Mengatur dan mengendalikan mekanisme yang berkaitan dengan penugasan seluruh anggota Dewan Kerja Penggalang dan ruang lingkup tugasnya 3. Bendera Wosm. Tiang Bendera. Target D. Misi Meningkatkan semangat untuk menambah wawasan Meningkatkan ilmu kepramukaan Membentuk pribadi yang bermartabat Membentuk kepribadian yang luhur Mengatur. efektif dan efisien. Buku Induk. 2. 4. 2. 3. Tujuan 1. 2. Minimal satu tahun sekali merealisasikan satu konsep kegiatan yang bersifat positif. Publikasi dan informasi kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang. mengendalikan dan memonitor tugas sehari-hari anggota Dewan Kerja Penggalang. kreatif dan inovatif. B. Peningkatan pengembangan pembiayaan pendidikan yang memadai. 3. Bendera Panji. Terciptanya konsep kegiatan yang bervariasi yang mempu menarik minat remaja/pemuda usia Penggalang. BERMARTABAT DAN BERGUNA” Untuk mewujudkannya. Tongkat. 8. Menyempurnakan sistem dan mekanisme kerja Dewan Penggalang. 5. 2. 3. Menghimpun peserta didik yaitu Pramuka Penggalang dalam kegiatan yang terpola agar mudah dibina dan dikelola. 6. Topi Latihan dll. • 1. dengan strategi: pengadaan buku-buku tentang kepramukaan. Tenda. 4. wajar dan adil Peningkatan sarana kepramukaan yang memadai dan relevan dalam mendukung latihan pramuka.III STRATEGI IMPLEMENTASI A. Strategi . Bendera Merah Putih. Sasaran C. 7. Ikut berpartisipasi dalam setiap even lomba kepramukaan yang diselenggarakan di wilayah Kwarcab Dengan adanya sasaran yang tertulis maka tersusun sebuah target pelaksanaan program kerja yaitu : 1. 8. 6.

. Meningkatkan kedisiplinan. 1. 2. Evaluasi 1. G. Pramuka Penggalang. F. 3. Terlaksananya perangkat pengembangan tentang Pramuka Penggalang. evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan Dewan Kerja. Terhimpunnya data yang akurat tentang kuantitas dan kualitas anggota Pramuka Penggalang guna kebutuhan perumusan kebijakan lebih lanjut.4. Tesusunnya petunjuk pelaksanaan kegiatan bagi Dewan Penggalang. kesadaran dan menyerap nilai-nilai Dasa Dharma dan Tri Satya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 4. monitoring. Tersusunya perangkat supervisi. 6. 2. dan Pramuka Pandega dalam satu kesatuan organik yang disebut Gugusdepan. agar mudah di bina dan di kelola. Pramuka Penegak. Dengan kepramukaan bisa menjamin keserasian. 5. Kemanfaatan Bisa menjadi pedoman untuk menghimpun peserta didik yang terdiri dari Pramuka Siaga. Meningkatka rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk bekerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan Pramuka. Upaya mengadakan fasilitas penggunaan dan pengembangaan Pramuka Penggalang dalam rangka menunjang gerak langkah visi awal dengan lngkah kemandirian Gerakan Pramuka. keselarasan dan kesinambungan dalam usaha pembinaan generasi muda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful