Pengertian seni patung

Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan). Seiring dengan perkembangan seni patung modern, maka karya-karya seni patung menjadi semakin beragam, baik bentuk maupun bahan dan teknik yang digunakan, sejalan dengan perkembangan teknologi serta penemuan bahan-bahan baru. A. Jenis patung Jenis karya patung dapat di bedakan menjadi 3 yaitu : 1. patung dada patung dada adalah penampilan karya patung sebatas dada ke atas atau bagian kepala.

2.patung torso torsa di sebut juga badan.patung torsa adalah penampilan karya patung yang hanya menampilkan bagian dada,dari dada, pinggang, dan panggul.

 Patung monument. B. • Patung kerajinan. untuk menghias bangunan atau lingkungan taman. • patung religi. patung seni untuk di nikmati keindahan bentuknya.patung dibuat untuk menghormati dewa atau orang yang dijadikan teladan. Pada masa kerajaan hindu budha di jawa dan bali banyak sekali di temukan hasil karya seni patung terutama di candi hindu dan budha yang bercorak tradisional. • Patung dekonasi. Sehingga pada jaman klasik patung banyak menggambarkan dewa-dewa dan tokoh-tokoh pada masa itu.patung lengkap penampilan karya patung lengkap maksudnya terdiri dalam badan.3. hasil dari para pengrajin. Fungsi seni patung Fungsi seni patung adalah seni patung pada zaman dahulu dibuat untuk kepentingan agama. • Patung seni. untuk sarana beri badah. Corak patung Pada masa lampau sudah dikenal patung primitive seperti patung asmat di irian jaya dan sulawesi selatan (tanah toraja). untuk peringatan peristiwa bersejarah atau jasa seorang pahlawan. ragam seni patung moderen dapat di bedakan menjadi 3 corak sebagai berikut : . Pada jaman sekarang seni patung sering diciptakan untuk hiasan. anggota badan bagian atas dan bagian bawah serta kepala.kelompok atau perorangan. Pada perkembangan selanjutnya patung dibuat untuk monumen/peringatan suatu peristiwa besar suatu bangsa. Dilihat dari perwujudtanya. anggota badan.bermakna religius. C. • Patung arsitektur.penciptanya lebih bebas berkreasi sehingga seni patung itu diciptakan hanya untuk dinikmati nilai keindahan bentuknya saja. patung yang ikut aktif berfungsi dalam kontruksi bangunan.

dan teknik yang diperlukan dalam seni patung. 2. Alat Peralatan yang digunakan untuk membuat patung tergantung kepada bahan dan tekniknya alat-alat yang digunakan : • Butsir adalah alat Bantu untuk membuat patung terbuat dari kayu dan kawat.dan kayu mahoni. c. Bahan sabun mudah di bentuk.akan tetapi ukuranya kecil.supaya kalau sudah kering tidak pecah/ hancur. Tanah liat yang baik harus bersih dari kerikil. lilin. kayu randu. D. Bahan keras Bahan keras dapat berupa kayu atau batu-batuan. 1. Bahan sedang Artinya bahan itu tidak lunak dan tidak keras.• corak imitatif / realis yaitu tiruan alam seperti manusia.tanah liat harus juga cukup elastis artinya mudah di bentuk. Bahan batu-batuan antara lain batu padas. cukup lembek. perunggu. batu granit. b. tingkat plastisinya bermacam-macam. Contohnya : kayu jati. dan batu pualam (manmer). emas dan sebagainya. kita tidak bisa berkarya lebih besar. Untuk bahan plastisin (lilin) mudah dapat di took. batu andesit. • Meja putar adalah meja untuk membuat patung dan dapat di gerakan denagan cara diputar. kuningan. dll. kayu sengan. binatang dan tumbuhan • corak dekoratif yaitu bentuk-bentuk alam yang di olah / di ubah menurut gagasan imajinasi pematung • corak nonfiguratif/abstrak yaitu bentuknya telah banyak berubah. Selain bahan-bahan tersebut masih ada bahan yang dapat dipergunakan untuk membuat patung yaitu semen-pasir. Bahan Bahan seni patung dapat di bedakan menjadi tiga yaitu : a. kayu sonokeling dan kayu ulin. tidak telalu lembek atau terlalu keras. akar. ada yang sangat lembek. Contohnya : kayu waru. Bahan lunak Yang dimaksud bahan lunak adalah material yang empuk dan mudah di bentuk misalnya: tanah liat. Daya susut tanah tidak lebih dari 10%. sabun. gips. Media seni patung Media seni patung adalah berupa bahan. dan agak lembek. • Pahat . rumput.fungsinya untuk memudahkan dalam mengontrol bentuk dari berbagai arah. alat.

3. namun unsur realisnya masih mengadopsi gaya Yunani. Teknik pembuatan patung Teknik adalah cara untuk melakukan sesuatu. Seni patung Romawi dalam pembuatan patung-patung potret. Teknik membutsin Teknik dengan cara memijat. Hal ini karena patung yang dibuat mempertimbangkan proporsi yangmendekati sempurna. "KebudayaanHelenistis" adalah perkembangan berikutnya dari kebudayaan . d.Corak seni rupa Romawi Pada karya seni patung Romawi kebanyakan merupakan penjiplakan dari senipatung Yunani.dan pemikiran daratan Yunani yang telah dipengaruhi oleh Atena. "Kebudayaan Helenis" berarti semua kesenian. E. Sedangkan relief yang dikerjakan pada dinding bangunandengan teknik pahatan (stucco).menambah dan mengurangi bahan yang di bentuk b. Bentuknya tidaklah sebaik relief dari bangsa Yunani.Dalam Seni Relief Romawi banyak menampilkan ceritera peperangan bertemasejarah. teknik ini tidak bisa dilakukan penambahan/penambalan.teknik pembuatan patung ada 4 yaitu : a. Namun oleh seniman Romawi bahannya diganti dari perungguberalih ke bahan batu pualam.Corak seni rupa Yunani Kuno Perkembangan seni rupa murni Yunani Kuno dimulai pada zaman Kretaberupa seni relief. Budaya mancanegara di luar Asia 1. 2. Teknik memahat Teknik dengan cara menggunakan bahan yang di bentuk. hasil peninggalannya tidak ditemukan. baik kerangka/tanpa kerangka. Myron." maka yang kita maksudkanadalah prestasi kebudayaan Yunani yang mencapai puncak tertingginya di Atenapada abad ke-5 sM. dan Polycletos. Seni lukis zaman Kreta cenderungmenggunakan teknik fresco yaitu pewarnaan lukisan pada dinding bangunandalam keadaan basah. Seni lukis ditemukan di Knostos yang bercorak dekoratif. seni lukis dan seni patung. terutama dalamperspektifnya. Seni rupa HellenisBila kita berbicara tentang "kebudayaan Helenis. seni patung Yunani benar-benar mengalamipuncaknya. Teknik konstruksi membuat patung dengan cara menyusun bahan. Diperkirakan pada zaman Kreta bangsa Yunani telah mahir membuatpatung. perdagangan.Pada zaman gemilang. Kemajuan seni patung Yunani dipelopori oleh 3 senimanyang hidup pada masa itu. Mereka itu adalah Phiedias. c. Teknik mencetak Teknik ini umumnya cair atau bahan yang bisa di cairkan.• Palu • Cetakan berfungsi untuk mengencangkan ikatan kawat dan memotong ikatan kawat. • Sendok adokan berfungsi untuk mengambil adonan dan menempelkanya pada kerangka patung.

sastra. antara lain bersifatdinamis. Seni rupa abad pertengahan (Nasrani)Sejak bersatunya kembali daerah bekas kekuasaan Kekaisaran Romawi Barat abadke-5. dampa kemajuan di bidangteknologi menimbulkan kepincangankepincangan sosial.  Seni rupa zaman RenaissanceZaman Renaissance merupakan peralihan antara abad pertengahan ke abad modern. Pada zaman ini.yang berlangsung pada akhir abad ke-15 hingga ke-16. seni rupa. Gaya seni rupa Rokokomenghasilkan. di antranya sebagai berikut. poliik. Berbagaimacam aliran tersebut. . heroik.Yunani di antarabangsa-bangsa di kawasan Laut Tengah bagian timur yang mencerminkankebudayaan yang dimulai di Atena.Michelangelo Buonarroti.yang ditandai dengan imbulnya berbagai macam aliran dalam seni rupa. dan seni pahat. di antaranya Leonardo da Vinci. seni lukis. dan music bekembang pesat. seni hias. kreativitas paraseniman tidak berkembang. dominasi kekuasaan gereja (Nasrani) telah membuat ilmu pengetahuan dankesenian dimanfaatkan untuk kepentingan religi. dan ekonomi.3. Pada masa ini. dan Galileo Galilei.  Seni rupa zaman modernSetelah terjadi revolusi industry di Inggris dan Perancis.Akibatnya banyak seniman yang mulai melakukan pemberontakan di bidang seni. serta kaya cahaya dan warna. Ilmu pengetahuan dan seni pada saat itu mulaidikembangkan oleh tokhotokoh besar.ciri seni rupa zaman Baro.5.  Seni rupa Barok dan RokokoSetelah zaman Renaissance. muncullah gaya seni rupa Barok pada abad ke-16 danRokoko pada abad ke-17. Ciri.

.

Tugas Seni Budaya Disusun . o l e h Nama : Sephira Dwika Aulia Kelas : IX – 5 Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Padang 2012/2013 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful