Tugas II

MEKANIKA KLASIK
Dosen Pengampuh : Dr. Harsoyo

Anggraeni Dwi Susilawati Saaduddin

339927 339989

S2 Ilmu Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada 2013

0

Perhatikan Gambar berikut Pelek tidak bermassa a Tali sepanjang l ω Tali sepanjang l ωt θ Tali sepanjang l Tali sepanjang l m Tali sepanjang l Tunjukkan persamaan geraknya adalah Dimana ω = 0 dan Jawaban Sistem koordinat dari titik adalah Dengan kecepatan adalah Dengan mendiferensialkan sekali lagi akan diperoleh komponen percepatan sebagai berikut Persamaan Lagrange secara umum adalah L = T – V 1 .1. .

Dengan dan Sehingga persamaan lagrange untuk masalah ini L Dengan mendiferentialkan persamaan Lagrange di atas akan diperoleh Subtitusi hasil di atas pada Persamaan Lagrange berikut Sehingga diperoleh 2 .

maka maka Dipenuhi oleh persamaan 3 . Perhatikan gambar di bawah ini! θ Carilah kendalanya! Tunjukkan penyelesaiannya Buktikan gaya-gaya kendalanya Penyelesaian: Berdasarkan gambar di atas diperoleh bahwa Untuk Untuk Sehingga.  g sin   0 Jika ω= 0 maka  l 2.

Dikarenakan terdapat dua gaya kendala. y. maka dua fungsi untuk masing-masing kendala adalah Lagrangan untuk kasus di atas adalah Dimana Sehingga lagrangannya menjadi Persamaan Lagrange untuk dua gaya kendala seperti pada kasus di atas adalah Pada kasus di atas.  Terhadap x 4 . θ. terdapat tiga variabel kendala yaitu terhadap x.

 Terhadap θ 5 .  Terhadap y Sehingga.Sehingga.

Gaya kendala pada kasus di atas adalah 2  1 tan  Peyelesaiannya.Sehingga. 6 .

7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful