You are on page 1of 5

Salah satu bagian di dalam Tugas REKAYASA TANAH LUNAK Alwin Raymond Soleman (Dosen : !o"# aulus # Raha!

d$o% REKAYASA UNTUK &EN'ATAS( &ASALAH Untuk mengatasi longsoran akibat keberadaan tanah yang sangat lunak pada kedalaman 2.5-5.5m dan tanah yang lunak pada kedalaman 5.5-15m ada beberapa alternatif solusi yang bisa diberikan namun pemilihan alternatif mana yang akan dipilih akan sangat tergantung dengan durasi waktu yang diperlukan dan yang ada dan tentu saja berkaitan dengan ketersediaan dana. Ada beberapa alternatif untuk mengatasi masalah seperti pada gambar dibawah ini :

Improvement Zone

!eloading) *D

 Sheet ile)Stone +olumn  D&& Lime,+ement +olumn  *a-uum +onsolidation  Soldie! ile)&ini ile

!eloading) *D Metode kon ensional dan yang paling umum untuk memper!epat waktu konsolidasi dan consolidation settlement serta akan otomatis meningkatkan kuat geser tanah. tinggi surcharge" luasan area dan kedalaman #$% akan dianalisa dalam laporan yang terpisah. &amun yang pasti luasan harus men!apai seluruh area kemungkinan slip circle atau slip surface akan terjadi dan kedalaman harus men!apai seluruh kedalaman pada daerah tanah sangat lunak dan tanah lunak berada '±2.5-1(m).

Sheet ile)Stone +olumn Sheet pile dipasang untuk men!egah failure khususnya pada daerah tanah yang sangat lunak dan stone column diharapkan akan meningkatkan kuar geser dan daya dukung tanah se!ara umum sampai kedalaman 15-1(m.

Dee. &i/ing &ethod)+ement,Lime +olumn %MM dengan alat yang bisa men!apai kedalaman yang diinginkan '*15m) dan mixing dengan semen atau kapur didalam banyak sumber bisa meningkatkan kuat geser tanah baik tanah inorgani! ataupun tanah organi! dengan kenaikan yang !ukup signifikan '5-2+,). %iameter" luasan dan jarak antar kolom lime/cement akan dihitung dalam perhitungan terpisah" namun kedalaman harus men!apai seluruh daerah yang sangat lunak dan daerah lunak yaitu pada kedalaman 2.5-1(m dan men!akup seluruh area dimana bidang keruntuhan terhadap lereng kemungkinan terjadi.. %iharapkan kuat geser akan meningkatdan akan mempengaruhi stabilitas lereng dan kapasitas daya dukung dalam menopang beban.

-ambar diatas adalah alternatif ren!ana perbaikan tanah dengan lime/cement column" daerah luasan dari perbaikan tanah ini harus men!akup seluruh areal yang kemungkinan akan menjadi daerah slip surface / slip circle. *a-uum +onsolidation .eknik ini bermaksud untuk memper!epat proses konsolidasi pada metode preloading biasa. #ada metode ini selain dibebani oleh surcharge, very soft clay juga mengalami beban akibat pengurangan pore water pressure dengan vacuum pressure. /elain prefabricated vertical drains, beberapa instrumentasi juga dipasang seperti piezometer yaitu untuk mengukur pore water pressure.

-ambar diatas adalah denah teknik vacuum consolidation atau biasa juga disebut metode atmospheric pressure. %alam beberapa spesifikasi paa standar pelaksanaan dari metode ini dikatakan bahwa metode ini bisa meningkatkan kuat geser tanah dengan range 2+-0+ k#a. 1edalaman instalasi #$% bisa men!apai ±25m.

2arak antar #$% akan diputuskan lebih lanjut berdasarkan perhitungan yang ada namun kedalaman #$% yang akan memberikan beban -3u harus men!apai seluruh bagian tanah yang lunak dan tanah lunak '1edalaman +-15m). 4eberapa sumber menjelaskan bahwa metode ini metode memiliki beberapa keuntungan yaitu :  /e!ara umum vacuum consolidation lebih irit dibanding #$%-/ur!harge kon ensional.  .idak membutuhkan spa!e5daerah yang luas dan bisa mengurangi 6 timbunan sebesar 5m.  #roses konsolidasinya menjadi lebih !epat karena diberikan beban -3u. 7aktor yang !ukup membutuhkan perhatian lebih yaitu bahwa metode ini masih relatif belum sangat popoler dibanding preloading kon ensional dan ternyata settlement final yang dihasilkan !enderung lebih besar dari hitungan manual.

Soldie! ile)&ini ile Soldier pile dengan diameter relatif besar dan kedalaman men!apai 15-1(m diharapkan akan berkonstribusi siginifikan terhadap stabilitas lereng" sedangkan mini pile diharapkan dapat meningkatkan kuat geser tanah sekaligus daya dukung tanah dalam waktu yang lebih !epat dibanding metode lain. Meskipun kemungkinan dalam segi biaya akan menghabiskan biaya yang relatif lebih besar dari metode lain. #emilihan diameter dan kedalaman soldier pile" diameter dan kedalaman '±15m) mini pile akan dianalisa dalam report terpisah.