You are on page 1of 19

LAB./SMF ILMU PENYAKIT SARAF 1.

Seorang laki-laki 35 tahun terjatuh sewaktu naik kuda, dengan kepala jatuh lebih dulu dan leher terpuntir, penderita sadar, bisa jalan normal, pada pemeriksaan otot bahu dan lengan kiri (m.Deltoid, m.Biceps, m.Triceps) lumpuh tipe LMN , sikap lengan terjulai tak bergerak dengan posisi pronasi sedang tangan dan jari-jari tangan masih bisa bergerak normal, kulit bahu dan lengan atas tebal, kedua tungkai normal, Berak dan Kencing normal. Sindroma di atas disebut : A. Brown Sequard Palsy B. Cervical Root Palsy C. Erbs Palsy D. Klumpke Palsy E. Carpal Tunnel Palsy ANSWER: C 2. Seorang lakilaki 35 tahun terjatuh sewaktu naik kuda, dengan kepala jatuh lebih dulu dan leher terpuntir, penderita sadar, bisa jalan normal, pada pemeriksaan otot bahu dan lengan kiri (m.Deltoid, m.Biceps, m.Triceps) lumpuh tipe LMN , sikap lengan terjulai tak bergerak dengan posisi pronasi sedang tangan dan jari-jari tangan masih bisa bergerak normal, kulit bahu dan lengan atas tebal, kedua tungkai normal, Berak dan Kencing normal. Hal di atas menunjukkan ciri lesi di : A. Cortex cerebri B. Medula spinalis C. Plexus brachialis D. N.Medianus E. N.Radialis ANSWER: C 3. Seorang laki-laki 15 tahun sehabis sakit panas, batuk pilek sembuh dalam tiga hari, sepuluh hari kemudian mendadak kedua tungkai lemah yang makin berat, akhirnya kedua lengan - tangan juga ikut lemah. Pada pemeriksaan neurologist ditemukan Tetraparese LMN , dengan kedua tangan dan kedua kaki terasa kesemutan model “ glove-stocking phenomena “, berak dan kencing normal, tidak ada panas badan,

berak dan kencing normal. Seorang laki-laki 15 tahun sehabis sakit panas. Pada pemeriksaan neurologist . serangan terjadi pada saat mengunyah. Laboratorium darah lengkap normal. batuk pilek sembuh dalam tiga hari. Myelopathi C. Dx yang tepat pasien ini adalah : A. saat sikat gigi. Seorang wanita usia 55 tahun. saat bicara . saat bicara . tidak ada panas badan. seperti disayat pisau. Trigeminal neuralgia E. Myelopathi C. Bell’s Palsy B. Autoimmune diseases ANSWER: E 5. mengeluh kumat-kumatan nyeri wajahnya di sekitar pipi kanan. Migrain C. saat sikat gigi. Myelitis B. Tension headache ANSWER: D 6. Patofisiologi kasus diatas A.tangan juga ikut lemah. Seorang wanita usia 55 tahun. Lesi tranversal myelum D. Guillain Barre Sindroma E. serangan terjadi pada saat mengunyah. seperti disayat pisau. Polineuropathi ANSWER: D 4. Polineuropathi E. Lesi tranversal myelum D. sepuluh hari kemudian mendadak kedua tungkai lemah yang makin berat. Riwayat sakit gigi (+) dan sudah dicabut. dengan kedua tangan dan kedua kaki terasa kesemutan model “ glove-stocking phenomena “. mengeluh kumat-kumatan nyeri wajahnya di sekitar pipi kanan. saat menguap. Poliomyelitis B. Pada pemeriksaan neurologist ditemukan Tetraparese LMN . akhirnya kedua lengan . Pada pemeriksaan neurologist lain dalam batas normal. saat menguap.Laboratorium darah lengkap normal. Pada kasus di atas diagnosanya adalah A. Anteritis temporalis D.

Piroxicam ANSWER: A 7. Tramadol D. Riwayat sakit gigi (+) dan sudah dicabut. Predisposisi kasus diatas adalah pada wanita umur diatas 55 tahun. Trigeminal neuralgia B. Tidak ditemukan defisit neurologis fokal. saat menguap. mengeluh kumat-kumatan nyeri wajahnya di sekitar pipi kanan. muntah dan mata kabur (scotoma). jalan serasa melayang. Terbentuknya osteofit di os Petrosum B. Pada pemeriksaan neurologist lain dalam batas normal. Paracetamol E. Diagnosis pasien ini adalah A. seperti disayat pisau. hal oleh karena : A. Carbamazepin B. Arteritis temporalis D. disertai mual tanpa muntah. saat bicara . Peradangan di Ganglion Trigeminus ANSWER: B 8. photophobi . Seorang wanita usia 27 tahun mengeluh sejak 2 bulan yang lalu nyeri kepala seperti diikat.lain dalam batas normal. sering berdebar. Osteoporosis di os Petrosum C. Migrain classic C. Nyeri kepala hampir setiap hari. Epilepsi Focal ANSWER: B 9. saat sikat gigi. Seorang wanita usia 35 tahun. mengeluh nyeri kepala separuh kanan berdenyut disertai mual. Autoimmune diseases E. kumat2an. Seorang wanita usia 55 tahun. Riwayat sakit gigi (+) dan sudah dicabut.Carotis Interna D. Diagnosa kerja penderita tersebut : . Nyeri berlangsung ± 2 jam. Terapinya pada kasus di atas : A. sulit tidur. keringat dingin. Pemeriksaan neurologis tidak ada kelainan. Sebelum nyeri kepala penderita merasa separo wajahnya gringgingan dan tebal disertai pandangan berkunang-kunang. serangan terjadi pada saat mengunyah. Tension headache E. Arteriosklerosis a. Diclofenac C.

Stroke perdarahan ICH . bicara pelo. Cluster headache B. Saturday Night Palsy ANSWER: D 12. Tensi 220/120 Motorik hemiplegi kanan tipe UMN. Stroke emboli C. Jalan terlihat kaku . bila tangan di gerak-gerakan membaik. Migren klasik E. Tension headache C. Onset penyakit mendadak. Carpal Tunnel Sindrome E. kemarin siang jam 11. Seorang penderita pria 73 tahun masuk rumah sakit dengan keluhan sulit menggerakkan anggota tubuhnya baik sebelah kanan maupun kiri. Trigeminal neuralgia D. Levodopa + Benserazid ANSWER: E 11. Kesadaran tidak menurun. Wajahnya terlihat kaku. Luminal D. Klumpke Palsy D. Terdapat parese N VII kanan tipe sentral. atropi otot thenar Bila pertengahan pergelangan tangan kanan di ketuk timbul nyeri menjalar ke jari 1-3. Kesadaran cepat menurun menjadi soporous.A. Cervical Root Sindrome B. Carbamazepin B. Ia mengeluh jari-jari tangan kanan l . Stroke trombosis B. Arteritis temporalis ANSWER: A 10. Dx pasien ini adalah : A. muntahmuntah kemudian lumpuh anggota eparo kanan. Tangan kiri terlihat bergetar-getar seperti orang menghitung-hitung uang. Obat yang cocok untuk pasien tersebut A.00 waktu bekerja tiba-tiba sakit kepala kiri. Ergotamine E. diagnosa pasien diatas : A. terutama malam hari. wajah topeng. Seorang laki-laki umur 42 tahun. Erb Palsy C. telunjuk dan jari tengah) kesemutan. langkah kecil2.3 (ibu jari . Diphenylhidantoin C. Seorang wanita 55 tahun rajin bekerja mencuci dan memasak.

komplikasi paling bahaya? A. penglihatan kedua mata menurun sejak 2hr y. Radius C. Stroke perdarahan SAH E.l. Laki-laki 20 tahun. t°: 37. suara tidak jelas. mata melenting keatas. berapa GCS? A. Clavicula ANSWER: B 16. Seorang laki-laki 14 tahun ke poli saraf dengan KU kejang saat tidur dan menegadah keatas. 8 B. Saat kejang Os tidak sadar dan mengompol dan mulut . paralisa N VI bilateral. dan tidak dapat membuka mata biarpun dirangsang. Hidrosefalus C. Humerus E. Ulna D. wanita 65 tahun --> terpeleset di kamar mandi dia menahan tubuh dengan tangan kanan. Laki2 27th --> UGD krn KLL. metacarpal I B. N 92x/ menit. TD dbn. 7 E. dari pemeriksaan fisik. Kebutaan E. Herniasi D. kemudian dia merasa nyeri di pergelangan tangan kanan.8°. 5 ANSWER: D 15. Edema cerebri B. penderita melakukan gerakan menarik angg badan dia dirangsang. dan kejang kelojotan keempat anggota gerak. RR dbn. 6 D. Abses cerebri ANSWER: C 14. sendi tangan tampak seperti garpu manakah tulang yg mungkin patah? A. 1 mgg sblmnya kepala terus-menerus nyeri.D. Perdarahan Epidural ANSWER: C 13. sedikit panas badan. 9 C.

Stroke sistem vertebrobasiler E. Epilepsi umum kriptogenik D. mual muntah (-). A.. Bels palsi kiri C.. Mielitis ANSWER: D 19..bebusa 1-2 menit.. Nyeri kepala (-). Epilepsi partial idiopatik E... gangguan pendengaran (-).. Seorang laki-laki ditemukan dalam keadaan tidak sadar di pinggir jalan. Tumor CPA ANSWER: B 18. Dirasakan bertambah dengan batuk dan mengejan. Trigeminal neuralgia B. HNP E. Baal dan kesemutan (+) di kaki kiri sebelah luar. Wanita 20 tahun datang ke klinik dengan keluhan mulut miring ke kanan dan mata kiri tidak bisa menutup. Seorang laki-laki 47 tahun KU nyeri pinggang kiri menjalar ke paha kiri 4 bulan SMRS saat Os sedang bekerja Os merasa nyeri.. Abses otak C. sensoris hipestesi setinggi L5-Si diagnosis. RiwH1 & DM (-). lainlain dbn D/K ? A. makan minum tidak tersedak.. Meningitis D. Epilepsi umum idiopatik B. Stroke sistem carotis D. Berkurang dengan berbaring.. Epilepsi umum simptomatik C. Keluhan yang sama pertama kali muncul 2 minggu yang lalu. Pemfis dbn.. Riwayar epilepsi dalam keluarga (+) Apakah bentuk epilepsi yang paling tepat untuk pasien ini .. Epilepsi partial simptomatik ANSWER: B 17... A. plantar fleksi 5/4.. status neuro : lagoftalmus mata kiri (+). . Terjadi kemarin ketika bangun tidur. Encephalopathy B. lalu dibawa ke UGD TD 190/110 mmHg. plika nasolabialis kiri datar. Pemeriksaan metorik dorsofleksi 5/4..

. Pasien 34 tahun tidak dapat berjalan mengikuti garis lurus. reaktif isokor.. Untuk menyingkirkan adanya parkinson. pemeriksaan yang dianjurkan A. Hanya bereaksi terhadap nyeri B. A. cerebellum . Os dikatakan menderita hipertensi sejak 1 tahun yang lalu.. Tidak dapat menunjuk hidung dan jari bergantian. jantung berdebar.. Os mengeluh nyeri kepala kemudian disertai muntah 1x.. Tekanan darah tertinggi 200/100 Os dibawa ke RS dan saat diperiksa TD saat masuk 210/110 kesadaran sopor. Uji rigiditas C. Tipe apneustik E. Kusmmaul C. Seorang pria usia 50 tahun dibawa ke RS karena mengalami penurunan kesadaran sejak 4 jam yang lalu ketika sedang mengikuti rapat di kantornya.pernafasan cepat dan disertai apne reflek patologis (babinnski) positif pada kedua sisi Apakah pola pernapasan Os ini : A. Agonal ANSWER: A 21. Pada pemeriksaan selanjutnya didapatkan pupil kecil. Letak kelainan di. afebris pupil bulat anisokhor ka>ki RF +/+. RF +/+ E.. RP +/+ ANSWER: C 20. Gejala klinis yang mendukung... Pupil bulat anisokhor D. Tes valsava E. RP +/+.. R=28. A. Seorang laki-laki usia 65 tahun datang dengan keluhan tangan tremor. Uji spastisitas D.. Uji gula darah B. Pernapasan cheyne stroke C. Cheyne Stokes B.N=88. Tipe sentral neurogenic hipervebtilation D. berjalan terhuyung-huyung. Penyebab penurunan kesadaran kemungkinan besar lesi structural. Tes Romberg ANSWER: B 22.

muntah dan fotofobia.. Keluhan disertai mual. Seorang wanita 26 tahun datang ke UGD dengan keluhan nyeri berdenyut dengan intensitas berat dikepalanya. diagnosa. Lobus occipitaslis E.. Stroke perdarahan C. Obat anestesi masuk pembuluh darah D. Parkinson E. mengeluh lemah pada alat gerak. Keluhan semacam ini dirasakan penderita sebanyak 6 kali selama setahun terakhir. Meningitis D. mengeluh kesemutan di bibir bagian bawah setelah operasi gigi bawah belakang 2 mgg y. Episodic tension type headache B. Reflek fisiologis – patologis . Trauma jar. KLL 5 jam y. lobus temporalis C. 3 tahun menderita DM. Stroke infark tromboembolik B. Classic migrain E. Lobus frontalis ANSWER: A 23. penurunan kesadaran. Saraf ANSWER: E 24. M: menekuk. tonus ↓ . Dosis obat berlebihan C. sekarang penurunan kesadaran. Alergi obat anestesi B. Apa penyebabnya? A. A.B. Seorang pasien. Demensia Alzheimer ANSWER: B 26. V: mengerang. Common migrain ANSWER: D 25.. lobus parietalis D.l. tidak bisa bicara. Apakah diagnosis pasien ini ? A. kontrol tidak teratur..↓clonus Pemeriksaan apa yang diperlukan? . GCS: E: dengan nyeri. Laki2 35 tahun.l. muntah. 40 thn. Chronic tension type headache C. terjadi tiba-tiba setelah bangun tidur. Kelainan anatomi rahang E. Wanita 65 tahun. Cluster headache D.

ENMG D. Nadi 100x/menit.A. Seorang laki-laki umur 25 tahun mengalami trauma akibat kecelakaan lalu lintas. Infeksi intrakranial E. Diagnosa yang paling mungkin. A. ektremitas kiri aktif bergerak sedang yang kanan diam saja meski dirangsang nyeri dan didapatkan reflek babinski kanan positif . Berry artery ANSWER: B 28. Myelografi ANSWER: D 27. Serebral posterior E. A. GDA 150. Meningen media C. Stroke perdarahan SAH C. Bridging vein B. Penderita datang ke IRD dengan keluhan tidak sadar. Ro tahunorakolumbal C. Serebral anterior D. Setelah 2 jam dilakukan CT Scan: abnormalitas (-). Tumor Otak . Dijumpai adanya SOL pada CT Scan kepala serta epidural hematoma.. Tumor Intrakranial ANSWER: C 29. Tumor intra medulla spinalis C. Dari pemeriksaan tensi 240/140 mmHg. Stroke perdarahan ICH E. Stroke hemorrhage B. Stroke trombosis D. Manakah jawaban di bawah ini yang paling mungkin sebagai Diagnosa pasien tersebut? A. hemiparesis kanan dan afasia broca. Kemungkinann arteri yang pecah adalah . sebelumnya mengeluh sakit kepala sebelah kiri dan muntah. Laki-laki umur 65 tahun dibawa ke RS karena tidak sadar. MRI E.. Menigitis TB B. DL B. Stroke non hemorrhage D.

Medianus dexter C. n. Deltoideus kanan mengalami atropi dan tidak sanggup melakukan adduksi lengan. Penderita datang dengan keluhan lemah tubuh sebelah kanan mulai ± 3 bulan yang lalu. Beberapa bulan kemudian m.ANSWER: D 30. ± 2 minggu terakhir tidak bisa komunikasi. Stroke perdarahan ICH E. Tumor myelum B. n. n. dirasa makin lama makin berat. Parkinson E. CVA infark trombosis C. Stroke trombosis D. Menigitis TB ANSWER: E 31. 6 bulan terakhir sering sakit kepala dan muntah setelah bangun tidur. Stroke perdarahan SAH C. Seorang penderita jatuh dan terjadi Fraktur di collumma chirrungicum humeri kanan. Dari pemeriksaan didapatkan Kaku kuduk positif. Subscapularis dexter E. Ulnaris dexter D. Manakah jawaban di bawah ini yang paling mungkin sebagai Diagnosa pasien tersebut? A. Meningitis ANSWER: C 32. Tumor otak D. Manakah jawaban di bawah ini yang paling mungkin sebagai Diagnosa pasien tersebut : A. Menurut saudara. tidak ada riwayat panas dan batuk sebelumnya. Pectoralis dexter ANSWER: B . tensi 130/90. n. Axillaris dexter B. Seorang laki-laki 50 tahun mendadak sakit kepala yang hebat setelah mencangkul di sawah. kemungkinan penderita mengalami cedera pada saraf apa ? A.status neurologi yang lain dalam batas normal. n. Meningitis bacteri B.

Infeksi B. Pada kasus diatas. HNP Lumbal D. Yana. Ischiadicus E. Tumor myelum B.. Kalau ia mengejan atau batuk maka nyeri akan bertambah. Test-test untuk nyeri pinggang dan Ischialgia : A. Immunologi D. pemeriksaan neurologi GCS E4M6V5. Tumor Medula Spinalis C. Sklerasis Saraf Ferifer E. Canal Stenosis Lumbal C. penyebab yang paling mungkin adalah : A. Sensibilitas N N . sebelumnya penderita menderita diare selama 4 hari 1 minggu yang lalu dan sekarang sudah sembuh. Infark Medula Spinalis ANSWER: A 34. Lhermitte B. Phalen D. RP . Diagnosa kasus diatas cenderung suatu: A. Fraktur kompresi vertebra ANSWER: C 35. MRS dengan lemah kedua tungkai tibatiba 2 hari yang lalu. Susunan saraf otonom dalam 2 2 batas normal. 20 th. RF N N. Adson ANSWER: B 36. Neuritis N. Seorang laki-laki 38 tahun sewaktu mengangkat meja mendadak nyeri pinggang kanan menjalar sampai betis belakang dan telapak kaki. Seorang laki-laki 38 tahun sewaktu mengangkat meja mendadak nyeri pinggang kanan menjalar sampai betis . Seorang laki-laki 38 tahun sewaktu mengangkat meja mendadak nyeri pinggang kanan menjalar sampai betis belakang dan telapak kaki. Bragard C. Nn. Kalau ia mengejan atau batuk maka nyeri akan bertambah.33. K 5 5 . Tinel E.

Naffziger D. 2 dan 3 kanan sehingga mengganggu tidurnya. Seorang laki-laki 38 tahun sewaktu mengangkat meja mendadak nyeri pinggang kanan menjalar sampai betis belakang dan telapak kaki. Myelografi C. Lasseque B. Ischiadicus E. Radiks L5 C. Radik Cervical C6 – 7 B. X foto vertebra lumbo sacral B. pekerjaan penjual rujak. Seorang wanita 55 tahun. Kalau ia mengejan atau batuk maka nyeri akan bertambah. Medulla Spinalis B. Pemeriksaan penunjang kasus diatas untuk menegakkan diagnosa pasti adalah: A. N. Tibialis Posterior ANSWER: D 38.N. gemuk. Radiks S1 D. Bila nyeri menjalar dari pingggang sampai betis bagian belakang dan kaki bagian lateral maka letak lesi dimana ?: A.MRI E. Topikal diagnosa kasus diatas adalah setinggi: A. Lumbal Pungsi ANSWER: D 39. Patrick ANSWER: D 37. Kalau ia mengejan atau batuk maka nyeri akan bertambah.Pemeriksaan dengan cara vena jugularis kanan kiri ditekan ± 1 menit kemudian penderita disuruh mengejan disebut tes: A. terasa tebal pada volar 3 ½ jari dan otot pangkal ibu jari mengecil. setiap malam mengeluh nyeri di jari 1. Myelum Cervical C6 – 7 . CT Scan D. Kalau ia mengejan atau batuk maka nyeri akan bertambah.Valsava E. beberapa minggu kemudian tangan kanan tidak kuat untuk memegang.belakang dan telapak kaki. Bragard C. Seorang laki-laki 38 tahun sewaktu mengangkat meja mendadak nyeri pinggang kanan menjalar sampai betis belakang dan telapak kaki.

Otot Flexor Jari E. 2 dan 3 kanan sehingga mengganggu tidurnya. Otot Hipothenar B. Myelitis B. Radialis ANSWER: D 40. Tes pemeriksaan yang mendukung diagnosa adalah : A. terasa tebal pada volar 3 ½ jari dan otot pangkal ibu jari mengecil. Sesuai dengan lesinya maka pada pasien ini akan ditemukan atropi otot berikut A. kesemutan di telapak kaki. Valsalva ANSWER: C 42. N. pekerjaan penjual rujak. Otot Thenar D. Lhermitte B. Medianus E. setiap malam mengeluh nyeri di jari 1. Phalen D. beberapa minggu kemudian tangan kanan tidak kuat untuk memegang. gemuk. Defisiensi Vitamin C. Otot Inter Ossei C. 9 hari sebelum pernah sakit diare selama dua hari. N. Diagnosa kasus diatas adalah : A. Seorang wanita 55 tahun. gemuk. BAK BAB normal. sensoris tangan normal. Naffziger E. beberapa minggu kemudian tangan kanan tidak kuat untuk memegang. 2 dan 3 kanan sehingga mengganggu tidurnya. Myastenia Gravis . pekerjaan penjual rujak. terasa tebal pada volar 3 ½ jari dan otot pangkal ibu jari mengecil. N. Ulnaris D. setiap malam mengeluh nyeri di jari 1. Bragard C. beberapa jam kemudian kedua tangan dan lengan ikut lemah .C. Otot Extensor Jari ANSWER: C 41. Seorang wanita 55 tahun. Seorang laki2 23 tahun mendadak kedua tungkai dan kaki lemah simetris.

pupil miosis isokori 2 mm ODS. hal ini sebagai tanda herniasi otak tipe uncal. refleks batang otak masih positif kanan kiri. Seorang laki-laki 45 tahun diketemukan polisi tidak sadar di jalan. terlihat muntah-muntah. Auto Immune Diseases C. Virus menyerang Saraf perifer B. Pemberian Anti Hipertensi ANSWER: D 45. CNH C. Pada pemeriksaan lebih lanjut diketemukan: somnolen. 9 hari sebelum pernah sakit diare selama dua hari. Ataxic breathing E. pernafasan regular 25/menit. tensi 220/100 mmHg. tidak ada keluarga.D. Hubungan antara diare dengan kelumpuhan kasus diatas : A. tidak ada panas tidak ada tanda luka kepala. sensoris tangan normal. Pemberian glucose 50% 2 Ampul IV C. Apneustic . suhu normal sikap tangan fleksi. Gangguan elektrolit di otot D. Pemberian neuroprotektan ( Citicholine. tes tungkai jatuh kanan lebih cepat. Penanganan pertama untuk menyelamatkan otak (Brain dari prinsip 5B) yang penting penderita koma yang belum diketahui penyebabnya: A. Defisiensi Vitamin ANSWER: B 44. Piracetam) E. type pernafasan yang sesuai dengan tahap ini adalah : A. kesemutan di telapak kaki. Periodik Paralysis E. Pasang infus normal saline B. Gangguan elektrolit di otot E. BAK BAB normal. ECG normal. Kuszmaul B. GBS (Guillain Barre Sindrome) ANSWER: E 43. Seorang laki2 23 tahun mendadak kedua tungkai dan kaki lemah simetris. beberapa jam kemudian kedua tangan dan lengan ikut lemah . Chyene Stoke D. Periksa laboratorium cito darah gula dan elektrolit D.

Cluster Headache ANSWER: C 49. Mual (-). Tractus Pyramidal Corticobulbar terjepit E. Analgetic/antipiretic D.Cerebellar Superior D. Seorang mahasiswi FK UMM. muntah (-). Anti muntah E. Lesi Nucleus n.Cerebri Posterior dan a. sebelum nyeri penderita mengeluh penglihatan terganggu (seperti melihat kilatan sinar). Nyeri dirasakan seperti diikat dan terjadi tiap hari. Pemeriksaan neurologis Normal. umur 22 tahun mengeluh nyeri kepala sejak 1 minggu yang lalu. Tension Headache D. Beberapa bulan .III oleh a. Terjepitnya n. Golongan Ergot Alkaloid B. kumat-kumatan. Kejadian dialami hampir tiap bulan sekali dan sembuh tanpa obat setelah 2 hari.ANSWER: C 46. mual dan gringgingan wajah separo. Trigeminal neuralgia E. Seorang wanita.III di pons C. Apakah Diagnosis kasus diatas ? A. Ciri khas untuk adanya herniasi otak tipe uncal tahap mesencefalon adalah pupil midriasis ipsilateral akibat oleh hal berikut A. Obat-obat untuk terapi profilaksis kasus di atas adalah: A. Lesi mesencefalon B. mata kabur (-). Common migrain B. Golongan Anti Epilepsi ANSWER: E 48. umur 37 tahun mengeluh nyeri kepala separo sejak 1 hari yang lalu. Gangguan kortek area 8 ( “ eyes conjugate centre “ ) ANSWER: C 47. Classic migrain C. Golongan Triptan C. Seorang penderita jatuh dan terjadi Fraktur di collumma chirrungicum humeri kanan. Dari anamnesa diketahui penderita akan Ujian Tengah Semester 1 minggu lagi. Nyeri berdenyut 45 menit.

tidak diketemukan kelainan neurologi fokal. hemiparesis kanan. n. Pecahnya arteri meningea media ANSWER: D 51.Motorik hemiplegi kanan tipe UMN. Pectoralis dexter ANSWER: A 50. pupil kiri midriasis. pingsan 1 menit.VII kanan tipe sentral. Deltoideus kanan mengalami atropi dan tidak sanggup melakukan adduksi lengan. muntah-muntah. Axillaris dexter B. n. Pecahnya arteri basilaris D. X foto skull fraktur linier temporal kiri. Apakah penyebab dari keadaan yang ditemukan pada pasien tersebut ? A. pusing. setelah sadar bisa jalan pulang. Seorang laki-laki umur 42 tahun kemarin siang jam 11. Ulnaris dexter D. kesadaran soporous. Medianus dexter C. Pecahnya arteri cerebri anterior B. Menurut saudara. Seorang pemuda 25 tahun dibawa ke IRD dengan kesadaran menurun. Dari heteroanamnesis didapatkan pasien mengalami kecelakaan terjatuh dari sepeda motor. muntahmuntah kemudian lumpuh anggota separo kanan. n. mual-mual. n. tanpa helm. Pecahnya arteri cerebelli superior C. Pecahnya arteri cerebri anterior B. Terdapat parese N. kemungkinan penderita mengalami cedera pada saraf apa ? A. Pecahnya arteri basilaris D. Pecahnya arteri Lentriculostriata E.00 waktu bekerja tiba-tiba sakit kepala kiri. Kesadaran cepat menurun menjadi soporous.kemudian m. Hasil pemeriksaan menunjukkan terdapat hematome didaerah pelipis kiri. Setelah 3 jam dirumah mengalami sakit kepala hebat. Tensi 220/120. bicara pelo. Pecahnya arteri Lentriculostriata . Subscapularis dexter E. Pecahnya arteri cerebelli superior C. n. Apakah penyebab dari keadaan yang ditemukan pada pasien tersebut ? A.

saat sikat gigi. Migrain C. dengan kedua tangan dan kedua kaki terasa kesemutan model “glove stocking phenomena” . Laboratorium darah lengkap normal.tangan juga ikut lemah. Riwayat sakit gigi (+) dan sudah dicabut. Seorang wanita usia 55 tahun mengeluh kumatkumatan nyeri wajahnya disekitar pipi kanan. Pada pemeriksaan neurologist lain dalam batas normal.tidak ada panas badan. Anteritis temporalis . Nyeri Visceral ANSWER: C 54. saat bicara. serangan terjadi pada saat mengunyah. seperti disayat pisau. Apakah jenis nyeri yang dialami pasien tersebut ? A. seperti disayat pisau. Hipotensi akut ANSWER: D 53. saat bicara. Riwayat sakit gigi (+) dan sudah dicabut. serangan terjadi pada saat mengunyah. Gangguan pusat nafas D. saat menguap. Gagal nafas tipe perifer E. batuk pilek sembuh dalam tiga hari. Nyeri Nociceptif C. Bell’s palsy B. sepuluh hari kemudian kedua tungkai lemah yang makin berat. akhirnya kedua lengan. Seorang wanita usia 55 tahun mengeluh kumatkumatan nyeri wajahnya disekitar pipi kanan. Seorang laki-laki 15 tahun sehabis sakit panas. Nyeri perifer B. Pada pemeriksaan neurologist ditemukan Tetraparese LMN. berak dan kencing normal. saat menguap. Diagnosis kasus diatas ? A. Dysfagia B. saat sikat gigi. Pada pemeriksaan neurologist lain dalam batas normal. Nyeri Neuropatik D. Nyeri Muskuloskeletal E. Apakah penyebab kegawatan pada pasien tersebut ? A. Pecahnya arteri meningea media ANSWER: E 52.E. Multiple cranial palsy C.

Paracetamol E. sering berdebar. Cluster headache D. Bagaimana patofisiologi nyeri kepala kasus tersebut ? A. E. forofobia. seperti disayat pisau. Terapi pada kasus ini ? A. Tidak ditemukan kelainan defisit neurologis fokal. Chronic tension type headache C. Pada pemeriksaan neurologist lain dalam batas normal. sulit tidur. saat sikat gigi. Seorang wanita usia 55 tahun mengeluh kumatkumatan nyeri wajahnya disekitar pipi kanan. Seorang wanita usia 26 tahun mengeluh nyeri berdenyut intensitas berat di sisi kiri kepala. serangan terjadi pada saat mengunyah. disertai mual tanpa muntah. Peradangan E. Setahun terakhir frekuensi serangan 34x/bulan. Chronic paroxysmal hemi…. Traction meningen ANSWER: C 57.D. Seorang wanita usia 27 tahun mengeluh sejak 2 bulan yang lalu nyeri kepala seperti diikat. Diclofenac C. Common migrain ANSWER: A . Teori GABA C. Teori Serotonin B. jalan seperti melayang. Riwayat sakit gigi (+) dan sudah dicabut. saat menguap. Muscle Contraction D. Nyeri kepala hampir setiap hari. muntah. Tension Headache ANSWER: D 55. mual. keringat dingin. Episodik tension type headache B. Tramadol D. kumat2an. Piroxicam ANSWER: A 56. Carbamazepin B. Diagnosa yang sesuai adalah A. saat bicara. Trigeminal Neuralgia E.

forofobia. forofobia. NACL 0. Pasien tidak sadar. mual. Semifowler B. Diturunkan tensi bila MBAP<150 B. Diturunkan tensi bila MBAP>100 D. T=290/120 A. Apa yang harus anda lakukan A. muntah. Infus RL E. Kepala tinggi 450 E. Seorang wanita usia 26 tahun mengeluh nyeri berdenyut intensitas berat di sisi kiri kepala.58. Horisontal ANSWER: D 59. hemiparese kiri. Kepala tinggi 100 D. Setahun terakhir frekuensi serangan 34x/bulan. Diturunkan tensi bila MBAP<100 C. mual. Seorang wanita usia 26 tahun mengeluh nyeri berdenyut intensitas berat di sisi kiri kepala. muntah.9% ANSWER: C . Tredelenburg C. Setahun terakhir frekuensi serangan 34x/bulan.