You are on page 1of 14

SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU, 19 MARET 2011

1. Seorang wanita umur 40 tahun, suku Makassar datang ke poliklinik kulit dengan keluhan bercak kemerahan dan terdapat benjolan kemerahan pada kulit di bagian wajah, lengan kiri dan kanan, dan bercak terasa panas dan kadang nyeri. Riwayat munculnya bercak panas 5 tahun yang lalu dan telah mendapat pengobatan selama 12 bulan. Kondisi penderita saat ini sangat lemah. Dilakukan pemeriksaan fisik: ditemukan penebalan N.Ulnaris dan N.Auricularis magnus dan tes Lepromin negative. Setelah membaca kasus di atas maka diagnosis penyakit tersebut adalah: a. Kusta dengan reaksi tipe b. Kusta histoid c. Eritema nodusum leprosum d. Kusta tipe LL e. Kusta non RFT 2. Paling sering muncul gejala seperti tersebut diatas pada: a. Kusta tipe LL b. Kusta tipe BB c. Kusta tipe BT d. Kusta tipe TT e. Kusta tipe I 3. Pada kasus a. USG b. Foto kepala konvensional c. USG dan foto kepala d. CT & MRI e. Ventriculography 4. Pada kasus infeksi saluran napas, maka modalitas yang direkomendasikannya yang direkomendasikan untuk diagnosis awal: a. Foto toraks PA b. USG c. MRI d. Bronchography
1

infeksi SSP, misalnya meningitis, enchepalitis, cerebritis, modalitas imaging yang

direkomendasikan adalah …..

Foto toraks antero postero c. CT dan MRI e. MRI e. Foto abdomen polos b. Plain X-Ray c. Foto toraks postero antero d. Foto toraks + abdomen 8. maka posisi pemeriksaan radiologic yang direkomendasikan untuk langkah awal adalah: a. MRI 7. CT d. Pada pemeriksaan tetanus yang suspek terjadinya fraktur pada vertebra. Foto toraks + abdomen e. Pada penderita leprosy yang mengalami deformitas tulang jari (phalangs). Foto abdomen c. Foto polos b. Foto toraks 2 . Foto polos posisi supine e. Pada penderita diatas. Radiologi awal yang dianjurkan pada pasien yang dicurugai SARS: a. USG 6. CT + MRI 9. USG d.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. Pada penderita yang disertai splenomegali. maka modalitas yang angat direkomendasikan adalah: a. USG b. USG dan broncography 5. modalitas yang direkomendasikan: a. manakah modalitas radiologic yang direkomendasikan? a. jika efusi pleura. Foto abdomen + kontras intravena d. Foto abdomen + kontras barium meal c. Foto toraks lateral dekubitus kanan b. 19 MARET 2011 e.

USG & CT e.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. CT dan MRI 10. Penyakit flu burung adalah penyakit yang ditularkan oleh virus influenza type subtype H5N1 a. MRI 11. Foto toraks b. Paramyxoviridae b. Sapi gila b. Seorang laki-laki 31 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan baru saja digigit seekor anjing a. . reoviridae d. Hipersalivasi c. CT d. Organism leptospira dapat menginfeksi manusia karena: 3 yang termasuk dan dalam family: yang langsung mati beberapa saat kemudian. Rabies c. USG c. Penderita rabies sangat sulit menelan sehingga menimbulkan: a. modalitas yang paling baik: a. Penderita mulai demam dan agak menggonggong. Pada penderita spondilitis TB. flavivirus 12. orthomyxoviridae c. MRI e. Confusion d. USG c. 19 MARET 2011 b. Hydropbhobia b. Bulu babi d. Fobia makanan 14. CT d. Tetanus e. Flu burung 13. Halusinasi e.

Dormant di ganglion posterior 18. 300 mg/hr e. Dosis Lamivudin untuk hepatitis B kronis: a. Pengobatan herpes zoster: a. 200 mg/hr c. Makan makanan yang terkontaminasi b. Relaps infeksi herpes zoster c. Basilus subtilis c. 5 x 800 mg selama 7 hari d. 400 mg/hr d. Dormant di ganglion dorsalis e. 5 x 400 mg selama 5 hari c.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. Reinfeksi herpes zoster virus b. Salah satu bakteri yang dapat menghasilakn 2 eksotoksin yang dinamakan letal factor dan edema a. Leptospira b. 19 MARET 2011 a. 4 x 400 mg selama 7 hari 17. 500 mg/hr 4 factor adalah bakteri: . Yernisia pestis e. Digigit tikus rumah c. Dormant di ganglion antero-postero d. 5 x 200 mg selama 5 hari b. Makan sate daging 15. Basilus antraks d. Bacillus cereus 16. Kontak dengan kencing tikus d. Kontak dengan kulit tikus e. 4 x 200 mg selama 7 hari e. 100 mg/hr b. Patomekanisme herpes zoster: a.

SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. Hapusan kulit b. Endotoxin c. III d. 1 bulan e. II c. Gejala tidak bisa membuka mulut pada kasus tersebut diatas disebabkan karena pengaruh toksin a. Oleh dokter anak ini digolongkan sebagai tetanus derajat: a.diptheriae: a. Urin 21. Lebih satu bulan 20. Bahan pemeriksaan terbaik untuk C.2 cm dan pada kakinya ditemukan luka yang kata ibunya terjadi 3 hari yang lalu karena tertusuk kawat. I b. Tetanolisin b. V 22. 7 – 14 hari c. Seorang anak usia 6 tahun dibawa oleh ibunya ke puskesmas karena tidak bisa makan oleh karena sulit membuka mulut. Tetanoflasm e. Masa inkubasi infeksi Corynebacterium diptheriae: a. Lipopolisakarida tetanus yang disebut: 5 . Lesi kulit d. tidak ada kejang spontan. Pseudomembran e. 3 minggu d. IV e. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata mulutnya hanya bisa membuka sebesar 1. Lesi tenggorokan c. Tetatospasmin d. 1 – 7 hari b. 19 MARET 2011 19.

inti badan padat. Eosinofil c. Eritrosit b. Onchocerca volvulus 25. ditemukan microfilaria. Rapid test for dengue c. Loa-loa e. Limfosit e. Raid test anti HIV 26. pemeriksaan laboratorium yang perlu dilakukan adalah: a. Netrofil d. Loa-loa e. Microfilaria tersebut adalah microfilaria: a. Brugia malayi b. Kemungkinanan etiologi penyakit tersebut diatas adalah: a. Brugia timori c. buah zakar juga membesar. kedua tungkai membesar sampai ke paha dan terasa berat. Wucheceria bancrofti d. Onchocerca volvulus 24. Basofil 6 . Wucheceria bancrofti d. Granula toksik dan vaskularisasi adalah cirri infeksi berat. CD4 e.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. dengan ukuran kepala tiga kali lebar. Widal test b. Seorang pria berusia 32 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan badan kadang terasa agak lemas terutama setelah bekerja dari sawah. Riwayat pernah menggunakan obat bius suntikan lebih dari 4 tahun lalu. Seorang laki-laki usia umur 26 tahun datang ke RS diantar oleh keluarga dengan keluhan kejang disertai demam lebih dari sebulan. Hasil pemeriksaan darah tepi dari seorang penderita laki-laki 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan adanya benjolan di lipat pahat. keduanya dilihat pada sel: a. 19 MARET 2011 23. Brugia malayi b. DDR d. tiga inti tambahan pada ekor. Brugia timori c.

Penderita rabies sangat sulit menelan sehingga menimbulkan: a. roman terlihat seperti rhesus sardonikus. Bakteri yang bisa menyebabkan pada kasus yang diatas adalah: a. dibawah anak gadisnya ke puskesma karena sukar membuka mulutnya. Infeksi HIV/AIDS Seorang IRT berumur 40 tahun. Clostridium tetani c. Ada kemajuan hasil terapi 29. Klebsiealla seroginosa 31. Bacillus antracis b. Jika dijumpai eosinofilia. Berukuran sangat besar dengan inti banyak d. Clostridium perfaringes d. Kondisi pasien membalik b. Berukuran sedang dengan inti banyak e. Infeksi salmonella thypi c. 19 MARET 2011 27. 30. Netropani hebat pada suatu penyakit infeksi memberi kesan: a. Halusinasi 7 . Berukuran sedang dengan inti satu 28. Hidrofobia b. kemungkinan yang bisa diduga awal adalah: a. Pada riwayat penyakit ditemukan bahwa kira-kira seminggu lalu si ibu tertusuk duri mawar waktu ibu menyiangi mawar. Pada pemeriksaan ditemukan kaku kuduk. yang dicari adalah sel: a. Pseudomonas seroginosa e. Prognosis pasien buruk d. Berukuran dengan satu inti b. Berukuran kecil dengan inti banyak c. Pada pulasan Tzank. Penyakit keganasan reload b. Hipersalivasi c. Infeksi parasit d. Prognosis pasien baik c.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. Tidak ada kemajuan hasil terapi e.

Tes western blot d. Fansidar c. Rapid tes untuk mendeteksi virus influenza tidak terlau akurat karena a. 19 MARET 2011 d. Doksiklin e. Hiposalivasi 32. Masih bisa hidup bila didisinfeksi hanya dengan formalin c. muscle aches dan nephritis aman untuk wanita tesebut adalah: . Leptospira d. Mati pada pemanasan 560C selama 30 menit d. Survive pada suhu rendah dan kelempaban tinggi b. Beberapa sifat virus avian influenza adalah: a. Bisa hidup dipakaian selama 8 jam 33. Flu burung c. Tes elisa dan western blot 34. Klorokuin d. Bila seorang wanita hamil akan mengunjungi daerah endemis malaria. Dapat mendeteksi virus influenza lain 8 Salah satu penyakit tropis yang akut yang dapat menyebabkan febris. pilihan anti malaria yang a. Demam thypoid 35.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. Meflokuin 36. Bisa hidup di air 4 jam suhu 200C e. Malaria b. Tes ELISA b. Malaprim b. Tes PCR dan Tes ELISA c. Mudah terjadi kontamonasi c. Hasilnya dapat dideteksi selama 5 menit b. adalah: a. Confusion e. Pemeriksaan antibody HIV-1 bisa dilakukan dengan pemeriksaan: a.

Tetanus b. Herpes simpleks e. Waktu demam atau mulai demam turun e. Tonsilitis akut c. CXR posisi AP c. Tuberculosis e. Pemeriksaan rongen yang anda minta bisa anda mendapati seorang penderita yang diucurigai a. Kandidiasis farings 40. Kelainan pada mulut yang lazim pada penderita HIV-Aids adalah a. Sementara demam mulai turun 41. Tempat merozoit bersembunyi dan berkembang biak 9 mengidap DBD adalah: dapat ditemukan infeksi: . CXR RLD e. Hasil negative bukan virus influenza 37. Semua benar 39. Fraktur kompressi dengan gambaran anterior wedging pada beberapa korpus tulang belakang a. CXR posisi PA b. Semua salah 38. Laryngitis akut d.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. Polio c. Kandidiasis mulut atau oral trush b. CXR posisi supine d. 1 – 2 hari sebelum demam b. Yang bukan termasuk dorman/Trojan fenomena dalam alur pathogenesis malaria a. Hasil positif pasti virus influsensa BTA e. Sementara demam d. Renjatan demam dengue terjadi pada saat: a. Varicella d. Setelah demam berhenti c. 19 MARET 2011 d.

Pewarnaan KOH 10% d. Berperan penting dalam life cyle malaria 42. Sampai ke stratum korneum c. Seorang laki-laki 55 tahun datang berobat ke puskesmas dangan keluhan kulit membengkan. Dari scenario diatas. Pewarnaan Neisser 44. yang sering gatal terutama bila berkeringat. Saat ini dia sedang mengkonsumsi MDT selama 3 bulan. didaerah sela paha dan tungkai atas serta sedikit di muka. Fenomena ini terjadi dalam sel-sel hepar e. Pewarnaan tahan asam c. pemeriksaan/ pewarnaan yang dianjurkan untuk pasien diatas adalah: a. Penyakit yang diderita bapak ini adalah: a. Sampai ke startum basalis d. Eritema nodusum e. Kumpulan makrofag yang siap mengeliminasi parasit dalam jaringan d. Kemungkinan kuman yang menginfeksi anak tersebut sampai ke lapisan apa? a. BB d. Reaksi reversal b. 19 MARET 2011 b. Sampai ke dermis e. MH tipe BB d. warna kemerahan terang dan tersa nyeri. BL 10 .SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. 43. MH tipe BL Seorang anak datang ke puskesmas dengan keluhan bercak putih sampai kecoklatan yang bersisik. Pewarnaan gram b. Dorman parasit bertanggung jawab pada kondisi relaps c. Bagian superficial dari epidermis saja b. TT b. BT c. Stratum koeneum 45. ENL c. Respon imun seluler paling tinggi pada kusta tipe: a.

m. Dalam perkembangan m. T. Pirantel pamoat b. Mebendazole c. Interferon 2 b. Terjadi edema paru karena siklus kuman melewati paru c. Kondisi pasien membaik b. nyeri perut. wucheceria bancrofti e. Perforasi usus 11 bentuk cincin pada eritrosit yang membesar . m. Seminggu kemudian. …. Ibu tidak ingin mewarat anaknya di RS berhubung rumanhya jauh dari RS. 19 MARET 2011 e. kecuali: a. m. falciparum b. vivax c.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. Pria 28 tahun ke puskesmas denga keluhan demam dan menggigil. LL 46. Pecahnya pembuluh darah otak karena kuman masuk ke otak b. Pada sediaan darah tipis ada a. Prognosis pasien buruk d. Sitotoksik T. seorang anak diantar ibunya ke RS-WS dengan keluhan demam 8 hari yang lalu. DEC 47. Prognosis pasien baik c. Netropeni hebat pada suatu penyakit infeksi memberikan kesan: a. Ada perubahan terhadap terapi 48. Sel 49. brugiua malayi 50. anak datang dengan kesadaran menurun. helper e. lepra yang termasuk reaksi immunologis spsifik ialah. Penyebab kejadian tersebut adalah: a. malariae d. IgA c. Terapi filariasis a. Cytotoxic d. Tidak ada perubahan terhadap terapi e.

composmentis. Difteri laring c. Getah lambung e. stridor. TB kulit : OAT III (Rifampisin. Difteri tonsil. Difteri tonsil dan faring d. Obat paronikia: mikonazole 6. 19 MARET 2011 d. Gejala-gejala pada waktu masuk RS: demam 2 hari (suhu rectal 38 0C). suara serak. Urin b. BB 15 kg di rwat di RS karena menderita penyakit difteri. tidak sesak. 52. Herpes zoster : acyclovir 5 x 800 selama 7 hari 4. Bahan untuk kultur yang paling baik adalah: SOAL TROPIS seingat kami sih…  1. Semua salah 51. Didapatkan pseudomembran difus pada seluruh tonsil kiri. Darah c. tidak ada tanda-tanda retraksi dinding torak. Ginjal mengalami kebocoran e. Pirazimanid) 3. sakit menelan. Cidovudine menyebabkan anemia 2.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. batuk. Herpes simpleks: acyclovir 5 x 200 selama 5 hari 5. INH. Obat leptospirosis: 12 . dan penderita masih bisa makan dan minum seperti biasa. Tinja d. laring terhadap samlomella (+). Pasien di atas menderita: a. 4 tahun 5 bulan. anoreksia. Sumsum tulang Seorang anak perempuan. Pemeriksaan kultur pada demam tifoid diperlukan sebagai konfirmasi setelah tes antibody a. Difteri tonsil b.

SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. Kerja Ciprofloxaxin: menghambat kerja enzin DNA dirase pada kuman. Diduga leptospirosis yang alergi terhadap Penicilin G maka obat yang diberikan ~ STREPTOMYCIN ~ TETRACYCLINE ~ CHLORAMPHENICOL ~ ERYTHROMYCIN ~ CEFTRIAXON à 2-3 GRMS DAILY 8. Virus Flu burung bertahan di feses selama berapa jam: ……. mupirosin. Urin dan Darah Rutin 14. 11. 2 : 1 : burgia malayi 13.dyptheri : nasopharyngeal swab dengan preparat apus dan biakan. Pem. Berbahayakah air liur HIV à tidak 22.) à larutan asam asetat 5% 12. 19 MARET 2011 PENICILLIN G/ PP ~ STREPTOMYCIN ~ TETRACYCLINE ~ CHLORAMPHENICOL ~ ERYTHROMYCIN ~ CEFTRIAXON à 2-3 GRMS DAILY 7. japoninum (benjolan di bag. Pemeriksaan HIV à CD4 21. Laboratorium precaution H5N1 à BSL 3 (dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan avian influensa 19. minosiklin 100 mg 9. Lab c. Telur yang mempunyai dinding tipis dan banya sel telur didalamnya à telur cacing tambang 20. Obat bisul à basitrasin (yang utama). …. fusidic acid 10. Pem. lateral) 15. Habitatnya S. Obat lepra pada lesi tunggal  Rifampisin 600 mg. Penunjang: CPK. Virus Flu burung mati pada suhu : 560 C selama 3 jam atau 600C selama 30 menit 18. Sulteng à S. Japonicum : Vena Mesenterika Superior 16. Penunjang kondiloma akuminata (ferukous. Rabies ditransmisikan melalui: saliva 13 . bakteriosidal. cowly flower.? 17. ofloksasin 400 mg.

26. Basilus antrax 25. Kerja acyclovir: menghambat sintesis DNA virus dengan cara berkompetesi dengan dua ‘-deoxyguonocin tripospat sebagai substrat DNA virus.SOAL BLOK KEDOKTERAN TROPIS FAKULTAS KEDOKTERAN UMM RKU. monitor CD4. 19 MARET 2011 23. 14 . Inkubasi C. dyphterie: 1 – 7 hari 24. CD4 >350 à CD4 < 200 à anti tb lalu ARV diberi kalo anti tb selesai dan ditoleransi 2-8 minggu CD4 200-350 à anti TB lalu ARV diberi setelah anti TB selesai CD4>350 à anti TB dan tunda ARV.