LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI PERKEMBANGAN TUMBUHAN

BENTUK DAN UKURAN SEL

Nama : Dyna Kholidaziah NIM : 1210702018 Tanggal Praktikum : 10 Maret 2012 Tanggal Pengumpulan : 16 Maret 2012

JURUSAN BIOLOGI

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
2012

III. Sel dapat ipisahkan sebagai unit dasar dari struktur dan fungsi organisme (Campbell dkk. dan tubuh makhluk hidup ini tersusun dari sel-sel. dan yang bersifat uniseluler (Campbell dkk. sel ini merupakan kumpulan materi yang dapat hidup. 2002). 2002). Ketika sel ini disusun menjadi tingkatan organisme seperti jaringan dan organ sel. Sel menurut Syamsuri (2005). Sel ini tersusun atas membrane plasma. 2005). sitoplasma. merupakan unit terkecil dari makhluk hidup. inti sel. Tubuh makhluk hidup dapat menyelenggarakan apabila sel-sel penyusun pada tubuh berfungsi dengan baik. ALAT dan BAHAN Alat Mikroskop (1 buah) Pipet tetes (2 buah) Kaca object (object glass) (6 buah) Kaca Penutup ( cover glass) (6 buah) Cutter (1 buah) Camera (1 nokia X3) Beaker glass 50 ml (1 buah) Bahan Batang singkong (Manihot utilisima) Biji Randu (Ceiba pentandara) Rambut Randu (Ceiba pentandara) Buah Pepaya (Carricas papaya) Aquades Tisuue .BENTUK DAN UKURAN SEL I. dan organel-organel yang berfungsi khusus (Syamsuri. TUJUAN Untuk mengenal beberapa sel dan ukuran sel II. DASAR TEORI Seluruh organisme ini terdiri dari sel. Organism yang lebih kompleks ini yaitu hewan dan tubuhan.

sel berbentuk segi banyak dan ruang kosongdiamati pada sayatan Manihot utilisima diamati 2. pengamatan preparat 1. PROSEDUR Kerja 2. sel berbentuk rambut panjang dan adanya ruang udara didalam sel diamati 3. sel dari biji randu diamati 4. sayatan tersebut ditutup dengan menggunakan cover glass (kaca penutup) II.IV. sel-sel yang berukuran besar dan adanya ruang udara didalm sel buah papaya (Carrica papaya) diamati . hasil saytan disimpan pada kaca object 4. sayatan yang telah disimpan dikaca object ditetesi dengan air 5. siapakan alat dan bahan yang akan diuji 3. Pembuatan preparat 1. bahan-bahan disayat secara melintang dengan menggunakan cutter I.

Melintang batang kambium Gambar 3. Menlintang batang Gambar 2.V. Batang singkong Gambar 4. HASIL a. Batang singkong melintang berkambium b. Manihot utilisima Bentuk sel batang melintang Gambar 1. Melintang buah papaya (Carricas papaya) . Papaya (Carricas papaya) Gambar 5.

Yang mana seharusnya biji yang diamati ini biji dari kapas (Gossypium sp.). hal ini karena praktikan tidak menemukan bahan tesebut sehingga praktikan menggunakan biji dari randu (Ceiba pentandara) yang diamati bentuk dan selnya. Ketika melakukan pengamatan. biji randu (Ceiba pentandara). batang singkong (Manihot utilisima). buah pepaya (Carricas papaya).c. Biji Randu(Ceiba pentandara) Gambar 6. Biji Randu(Ceiba pentandara) Gambar 6. rambut randu (Ceiba pentandara). PEMBAHASAN Pada praktikum Anatomi Peremkembangan Tumbuhan (AnPerTum) ini praktikan mengamati bentuk dan ukuran sel dari beberapa jenis spesies tubuhan. Rambut buah randu Gambar 8. sebelumnya bahan yang akan diamati ini di potong baik secara melintang ataupun secara membujur. . Rambut buah radu (Ceiba pentandara) Gambar 7. hal ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara sel melintang dan membujur pada tumbuhan. Spesies yang digunakan jadi bahan yaitu. Biji Randu(Ceiba pentandara) d. Rambut buah randu VI.

parktikan mengamati bentuk sel dari daun dan tangkai daun dari tanaman singkong(Manihot utilisima) ini. Sel dewasa mempunyai variasi dalam hal bentuk dan ukuran.a Setelah mengamati dari tamanan singkong (Manihot utilisima). Dan selnya tersusun rapat dan teratur. praktikan kembali mengmati sel dari buah papaya (Carricas papaya). . Susunan sel pada randu setelah diamati di bawah mikroskop. karena ruang sel ini dapat dibentuk oleh pemisahan antara dinding sel pada tumbuhan tersebut. elips. Dan pada biji randu dan rambut buah dari tubuhan randu. Susuanan sel pada papaya (Carica papaya). Biologi UIN Bandung. Susunan selnya renggang dan tidak teratur. silinder. Hal ini sesuai menurut pemaparan Wibowo (2005). Dan pada daun juga tangkai daun dari singkong ini terlihat di bawah mikroskop dengan pembesaran 10x16. susunan. bentuk selnya terlihat pada pembesaran 10x16. struktur. Susunan sel yang daiamati pada bahan-bahan yang diamati oleh praktikan ini yaitu berbeda-beda. Selnya tersusun rapat. dengan kompleksitas sturktur dinding sel yang juga bervariasi. sel tumbuhan dapat berbentuk oval. dan secara umum terdapat ruang antar sel. Praktikan mengamati sel tubuhan yang telah disediakan (yang akan diuji) yaitu pada singkong yang merupakan hewan pedu ini ketika diamati dibawah mikroskop dengan menggunakan pembesaran 10x16 ini terlihat sel-sel dari batang singkong secara melintang dan membujur.Berdasarkan hasil pengamatan pada hari sabtu 6 maret 2012 yang dilakukan di lab.dalam hubungannya dengan fungsi. Pada tumbuhan tingkat tinggi terdapat berbagai macam sel dengan variasi dalam hal fungsi. Dinding sel akan memberikan bentuk sel tumbuhan. Selain batang singkong. setelah diamati di bawah mikroskop bentuk selnya tampak seperti bola yang tidak teratur. bahwa Struktur yang membedakan sel tumbuhan dengan sel yang lain adalah keberadaan dinding sel. Dan pada sinkong ini setelah diamati dibawah mikrokop dengn pembesara 10x sel dari batang singkong ini memiliki bentuk sel yang teratur seperti segi enam. sel dari rambut buah randu (Cieba pentandra) berbentuk seperti benang-benang. sperti serat atau bercabang. prismatic. tebular. sel-sel terlihat dengan pembesaran 10x16. Memiliki ukuran sel yang panjang dan agak besar. Isi sel yang satu dengan yang lain dipisahkan oleh keberadaan dinding sel.

Dan selnya tersusun rapat dan teratur..A. Jakarta : Erlangga Syamsuri. G. L. Susunan selnya renggang dan tidak teratur.. Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan. Jakarta : Erlangga Wibowo. Yuni. J. 2002. VIII. Biologi 3A. B. dimna hal ini ini disesuaikan dengan fungsi dari setiap sel pada organisme. 2005. N. Mitchell.VII. Selnya tersusun rapat. Fakultas MIPA UNY. sedangkan pada rambut buah randu yaitu berbentuk seperti benang-benang. Pada singkong yaitu memiliki bentuk sel yang teratur seperti segi enam. Reece. Yogyakarta . Biologi edisi lima jilid I. KESIMPULAN Dari data dan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa setiap tumbuhan ini memiliki stuktur dan bentuk yang berbeda. Pada papaya struktur selnya yaitu tampak seperti bola yang tidak teratur. DAFTAR PUSTAKA Campbell. Istamar. 2005.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful