Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian Seseorang

Oleh : Hendri A. K Informatika Komputer 2

Saya berharap makalah ini dapat memberikan manfaat yang sebesarbesarnya kepada pembaca. tidak sedikit kendala yang saya hadapi. Maksud dari penyusunan makalah ini adalah untuk memberikan informasi tentang factor-faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang. 2 September 2009 PENULIS i . Balikpapan.KATA PENGANTAR Salam sejahtera Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat-Nya. Saya menyadari makalah ini tidak luput dari kekurangan. kami bersedia menerima saran dan kritik dari pembaca sehingga diharapkan nantinya kami bisa menyusun makalah yang lebih baik dari ini. Disamping itu juga untuk memenuhi tugas yang diberikan Pak Rudi Riadi. saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebaikbaiknya. Oleh karena itu. selaku pengajar mata kuliah Pengembangan Diri di LP3I Selama menyusun makalah ini. Kendala-kendala tersebut antara lain sulitnya menemukan bahan-bahan yang berhubungan dengan tema yang dicari dari internet serta terhambatnya pengerjaan makalah ini karena kesibukan yang lain.

... KESIMPULAN DAN SARAN ..................................DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR .......................................... Hubungan factor Genetik dan Faktor Lingkungan.......................................... A.................................................................... 11 BAB III.................. 1 B............................ Latar belakang Masalah ............................ ii BAB I............................ Saran .......... BAB II........... 2 C........................... Konsep Kepribadian & Lingkungan........................................................................................................................................................................................... 9 C........ 2 D........... 12 ii . Tujuan ........ PENDAHULUAN ........ Metode Penulisan........................... i DAFTAR ISI .......... Perumusan Masalah ...................................... PEMBAHASAN ................................... A........................ Faktor – faktor yang mempengaruhi kepribadian........................................................................................... Kesimpulan .. 3 B............................... 1 A....... 12 B......................................

Perkembangan kepribadian seseorang baik dari segi fisik maupun psikis dipengaruhi oleh berbagai faktor. keduanya saling mempengaruhi. Apa hubungan antara factor genetic dan faktor lingkungan dalam pengaruhnya membentuk kepribadian seseorang? 1 . Kepribadian merupakan suatu kesatuan aspek jiwa dan badan yang disebut integrasi. integrasi dari pokok-pokok kepribadian yang dibentuk oleh seseorang melalui proses interaksi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Manusia dan lingkungan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Perumusan Masalah Beberapa pertanyaan yang merupakan perumusan masalah berkenaan dengan tema. B. Melalui makalah ini diharapkan nantinya pembaca dapat mengetahui apa saja factor-faktor tersebut agar bisa dijadikan suatu pedoman dasar pengetahuan bagi kehidupan pribadi pembaca.BAB I PENDAHULUAN A. Apa saja factor-faktor yang dapat mempengaruhi terbentuknya kepribadian dari seseorang? 3. Apakah yang dimaksud dengan kepribadian dan lingkungan itu? 2. Latar Belakang Masalah Dalam kehidupan ini sebenarnya manusia sudah dihadapkan pada lingkungan semenjak masih dalam kandungan ibunya. diantaranya faktor lingkungan dalam maupun lingkungan sekitarnya. yaitu : 1.

2 . Dari situs-situs internet saya mendapat beberapa informasi. D. Metode Penulisan Guna mengumpulkan data dan informasi dalam penulisan makalah ini. seperti mengenai pengertian kepribadian dan lingkungan serta factor – factor yang mempengaruhi kepribadian seseorang. saya hanya menggunakan metode Library Research melalui situs-situs internet.C. Tujuan Melalui makalah ini diharapkan pembaca dapat : • • • Mengetahui pengertian dari kepribadian Mendapatkan penjelasan lengkap tentang factor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi terbentuknya kepribadian dari seseorang Memahami hubungan antara factor genetic dan faktor lingkungan dalam pengaruhnya membentuk kepribadian seseorang.

beberapa diantaranya: a. ciri-ciri kas dan prilaku seseorang. reward. Misalnya seorang pemalas setelah masuk suatu universitas menjadi rajin karena tuntutan banyaknya tugas. Pengertian Kepribadian Banyak para ahli yang mendefinisikan kepribadian. Menurut Schever Dan Lamm (1998) Kepribadian adalah keseluruhan pola sikap. Menurut Horton (1982) Kepribadian adalah keseluruhan sikap. Konsep Kepribadian dan Lingkungan 1. Salah satu pengertian yang terkenal adalah menurut Gordon W. perasaan. pendidikan dsb.BAB II PEMBAHASAN A. Pervin dan John Kepribadian mewakili karakteristik individu yang terdiri dari pola-pola pikiran. Terjadinya Interaksi psiko-fisik mengarahkan tingkah laku manusia. maka kepribadiannya berubah. punishment. kebutuhan. Kepribadian adalah semua corak perilaku dan kebiasaan individu yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri 3 . Kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik indvidu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran indvidu secara khas.Allport. perasaan dan perilaku yang konsisten. b. ekspresi dan temparmen seseorang. d. Maksud dinamis pada pengertian tersebut adalah perilaku mungkin saja berubah-ubah melalui proses pembelajaran atau melalui pengalaman-pengalaman.

ada yang segera pulang atau pergi ke perpustakaan. Kepribadian adalah ciri. ada yang makan karena ikut teman atau makan karena mengisi waktu saja. Dapat dikatakan bahwa kepribadian itu bersumber dari bentukan-bentukan yang kita terima dari lingkungan. memaki-maki dosen dan pendidikan. Gordon W. mereka akan semakin matang dan mantap kepribadiannya (Depkes. Ada mahasiswa yang ngobrol. Misalnya corak perilaku mahasiswa dalam mengisi waktu luang atau saat tidak ada dosen menunjukan seperti apa kepribadiannya. Corak perilaku dan kebiasaan ini merupakan kesatuan fungsional yang khas pada seseorang. ambil air wudhu untuk sholat. Maksud bentukan keluarga dalam hal ini adalah kata-kata apakah yang 4 . Interaksi psiko-fisik mengarahkan tingkah laku manusia Berdasarkan pengertian di atas maka corak perilaku individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan akan berbeda-beda. Meskipun orang lain memiliki perilaku yang sama mungkin pemaknaannya berbeda. ada mahasiswa yang cenderung makan. artinya selama individu masih bertambah pengetahuannya dan mau belajar serta menambah pengalaman dan keterampilan. Misalnya ada yang makan karena belum sarapan. Dalam bahasa latin asal kata personaliti dari persona (topeng).Allport : suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas. karakteristik. Jadi yang disebut kepribadian itu sebetulnya adalah campuran dari hal-hal yang bersifat psikologis. misalnya bentukan dari keluarga pada masa kecil kita dan juga bawaan-bawaan yang dibawa sejak lahir.terhadap segala rangsangan baik dari luar maupun dari dalam. 1992). kejiwaan dan juga yang bersifat fisik. gaya atau sifat-sifat yang memang khas dikaitkan dengan diri kita. Semua perilaku tersebut bersifat khas artinya hanya dimiliki oleh individu itu. Perkembangan kepribadian tersebut bersifat dinamis. ada yang makan karena kesal menunggu. sedangkan dalam ilmu psikologi menurut.

ayah. and mental traits of a person: Though their personalities differed. The totality of qualities and traits. ibu. "it is his nature to help others (tersedia dalam http://dict. emosi yang bersipat unik dari individu. Selanjutnya melalui proses yang tidak sederhana akan berinteraksi dengan bentuk fisik seperti kurus. 3. Misalnya saat listrik mati ada ayah yang mengatakan : “awas ada hantu”. Personality is : the complex of all the attributes-behavioral. gemuk.net/personality/personality) Pengertian di atas merujuk pada ciri-ciri perilaku yang kompleks terdiri dari temperamen (reaksi emosi yang cenderung menetap dalam merespon situasi atau stimulus lingkungan secara spontan). Reaksi yang berbeda dari masing-masing individu menunjukan perbedaan kepribadian. emotional. temperamental. pendek. pembuluh darah. ada orang tua yang langsung tidur. "their different reactions reflected their very different personalities". 2. 5 . that are peculiar to a specific person. hukuman apa yang sering dialami berkaitan dengan satu perilaku di rumah. Motivasi apa serta contoh apa yang diperlihatkan keluarganya. temperamental. jantung dan atribut psikologis misalnya sabar. cerewet. pemarah. The quality or condition of being a person. Semua akan mempengaruhi cara kita bersikap terhadap sesuatu. as of character or behavior. Pada saat itulah kepribadian terbentuk. they got along as friends. Pujian apa yang sering didengar. televisi dsb. behavioral. lobus otak. Dalam konsep text book yang lain digambarkan Personalities is : 1.sering dikatakan oleh orang tuanya. dsb. The pattern of collective character. agresif dsb. ada ayah yang mengatakan “cepat siapkan lampu pengganti”. Semua itu akan membentuk kepribadian seseorang. Semua stimulus kita dapatkan sejak lahir baik dari kakak. ada orang tua yang pergi ke luar. teman. emotional and mental--that characterize a unique individual.die. ada juga yang menganjurkan berdo’a dan ambil air wudhu.

mandi. olah raga. sholat. (http://www. b. pergi kuliah Mahasiswa B . kondisi otak. Berdasarkan pengertian di atas bila kita ambil contoh. A person as the embodiment of distinctive traits of mind and behavior. 1995:288) Pengertian di atas berfokus pada cara-cara individu dalam memanfaatkan waktunya setiap individu dan keterampilan hari. 7. kuliah Mahasiswa C : bangun. Mahasiswa A : bangun dan minum kopi. A person of prominence or notoriety: television personalities. a. baca buku. persyarafan dan faktor psikologis. Misalnya . mandi. membersihkan rumah. especially those distinguishing personal characteristics that make one socially appealing: won the election more on personality than on capability. Distinctive qualities of a person. dengar berita.yourdictionary. 6. Individual responses and interactions to internal and external environmental demands are influenced by constant interplay of genetic . An offensively personal remark. The distinctive characteristics of a place or situation: furnishings that give a room personality.4. Kebiasaan dalam memanfaatkan waktu setiap hari tersebut merupakan hasil interaksi antara genetik.html) Personality is reflected by a person’s capacity and skill in managing activities of daily living. neurobiological and psychological factors. (Deborah Antai otong. Often used in the plural: Let's not engage in personalities. bangun sholat. Berdasarkan beberapa pengertian di atas maka ada beberapa kata kunci 6 . waktu jam 5 pagi sampai jam 9 pagi akan menghasilkan prestasi yang berbeda tergantung pada kepribadian orang itu. See Synonyms at disposition. pergi kuliah dan ke perpustakaan.com/ahd/p/p0209600. sarapan.

Antara lingkungan dan manusia ada pengaruh yang timbal balik. maka disebut lingkungan pendidikan.yang dapat dirumuskan dalam menguraikan kepribadian yaitu : Cara seseorang berespon terhadap masalah. serta menunjukan cara individu dalam mengelola (management) waktunya. Lingkungan ini mengitari manusia sejak dilahirkan sampai ia meninggal dunia. cognition. emosional. yang 7 . Pengertian Lingkungan Kata lingkungan dalam pengertian umum. environment. bersipat unik. dinamis. berarti segala sesuatu yang ada disekitar kita. 2. Sedangkan dalam lingkup pendidikan. arti lingkungan sangat luas yaitu segala sesuatu yang berada di luar diri manusia dan yang mempunyai arti bagi perkembangannya serta senantiasa memberikan pengaruh terhadap dirinya. yang merupakan hasil interaksi fisik/genetik. Jika lingkungan tersebut berupa faktor yang dengan sengaja diciptakan oleh pendidik.

jika hal tersebut telah menyatu dengan manusia. Lingkungan fisik (physical environment) Yaitu lingkungan / segala sesuatu di sekitar kita yang berupa benda mati. Lingkungan abstrak Semua hal yang abstrak juga bisa dimasukkan dalam lingkungan. udara. Dalam ilmu psikologi. b. nilai kehidupan seperti aturan-aturan pergaulan. kendaraan. lingkungan ini dibedakan menjadi 2. tata krama. Lingkungan biologis Yaitu lingkungan yang berupa makhluk hidup. Karena kata environment mencakup semua faktor di luar diri manusia yang mempunyai arti bagi dirinya. lingkungan disebut dengan environment (Milieu). Termasuk semua hal yang abstrak. misalnya: pengetahuan. Lingkungan dapat dibedakan menjadi beberapa macam. c. sopan santun dan sebagainya. yaitu: a. dalam arti memungkinkan untuk memberikan reaksi pada diri manusia tersebut. Jadi antara kita (manusia) dan lingkungan terjadi interaksi yang terus menerus. Jadi bukan surrounding yang berarti keadaan sekeliling saja. kesenian.keduanya tidak dapat dipisahkan. 8 . misalnya: rumah. yaitu lingkungan tumbuh-tumbuhan dan lingkungan hewan. air dan sebagainya. kebudayaan.

Ia melarikan diri kalau melihat musuh yang menakutkan. Demikian juga orang yang bergaul di lingkungan masyarakat yang berbeda-beda akan menghasilkan suatu proses pembentukan kepribadian yang berbeda-beda pula.B. Faktor biologis terlibat dalam seluruh kegiatan manusia. walaupun memeiliki asal-usul atau keturunan yang sama. berasal dari struktur biologinya. Ia memerlukan lawan jenis untuk kegiatan reproduktifnya. begitu pula monyet. Perbedaan ini lebih jelas terlihat pada usia 3 bulan. a. Ia lapar kalau tidak makan selama dua puluh jam. rentang atensi. begitu pula kerbau. Factor-factor dalam perkembangan kepribadian seseorang adalah sebagai berikut. yang memandang segala kegiatan manusia. Berdasarkan penelitian akhir 2007. bahkan berpadu dengan faktor-faktor sosiopsikologis. Ph. Begitu besarnya pengaruh warisan biologis ini sampai muncul aliran baru. 1975). Faktor genetik / Warisan Biologis Manusia adalah makhluk biologis yang tidak berbeda dengan hewan yang lainnya. dapat diawali sampai struktur DNA yang menyimpan seluruh memori warisan biologis yang diterima dari kedua orang tuanya. Bahwa warisan biologis manusia menentukan perilakunya.D dari Jepang dalam bukunya The Divine message of the 9 . adaptabilitas pada perubahan lingkungan. yang dilakukan oleh Kazuo Murakami. Perbedaan meliputi: tingkat aktivitas. kebudayaan. Sedangkan menurut hasil riset tahun 2007 kazuo Murakami di Jepang menunjukan bahwa gen Dorman bisa distimulasi dan diaktivasi pada diri seseorang dalam bentuk potensi baik dan potensi buruk. termasuk agama. Faktor – faktor yang mempengaruhi kepribadian : Harus disadari bahwa setiap orang memiliki corak kepribadian yang tidak selalu sama. moral. Aliran ini menyebut dirinya sebagai aliran sosiobiologi (Wilson. Dari beberapa penelitian bayi-bayi baru lahir mempunyai temperamen yang berbeda. kucing pun demikian.

Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda (urban dan rural ways of life).dan egois karena lingkungan fisik yang keras. Faktor Lingkungan Fisik Faktor lingkungan fisik dapat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang individu. Contoh adat-istiadat melamar mempelai di Minangkabau berbeda dengan adat-istiadat melamar mempelai di Lampung. karena masing-masing tinggal di daerah yang tidak sama dan dengan kebudayaan-kebudayaan khusus yang tidak sama pula. permanen dan tidak dapat dirubah. Menyimpulkan bahwa kepribadian sepenuhnya dikendalikan oleh gen yang ada dalam sel tubuh manusia. c. d. masyarakat yang tinggal di daerah tandus cenderung rakus. masyarakat yang tinggal di daerah subur seperti daerah pedesaan cenderung memiliki kepribadian yang ramah. Sebaliknya. Anak kota terlihat lebih berani untuk menonjolkan diri di antara teman-temannya dan sikapnya lebih terbuka untuk menyesuaikan diri 10 . Misalnya. misalnya kelompok sepermainan. Bila kita sering menyalakan gen yang tidur dengan cara positif thinking maka kepribadian dan nasib kita akan lebih baik. Faktor Kelompok Sebuah kelompok dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian anggotanya. Faktor Kebudayaan Khusus Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar factor kedaerahan. Di sini dijumpai kepribadian yang saling berbeda antara individu-individu yang merupakan anggota suatu masyarakat tertentu. Gen tersebut ada yang bersipat Dorman (tidur) atau tidak aktip dan yang bersipat aktip. tamak. Contoh perbedaan antara anak yang dibesarkan di kota dengan seorang anak yang dibesarkan di desa. baik kepribadian yang sifatnya positif maupun yang negative.tenang.DNA. Jadi genetik bukan sesuatu yang kaku. b.dan sabar.

Ada Tuhan ditambah dengan pengaruh lingkungan yang kita terima atau kita alami pertumbuhan beberapa ahli yang beranggapan bahwa segalanya telah diprogram dalam genetik. Kepribadian pada masa itu sebetulnya adalah sumbangsih atau pemberian kita. Sehubungan dengan adanya peran genetik dalam pembentukan diperhatikan: 1.com. C. terdapat 4 pemahaman penting yang perlu . Beberapa ahli lain menyatakan bahwa faktor belajar dan lingkungan memegang peranan yang sangat menentukan. Faktor Pengalaman yang Unik Kepribadian seseorang akan dipengaruhi oleh sejumlah pengalaman yang dilalui dalam hidupnya. dimana keduanya membentuk kepribadian manusia. faktor genetik dan lingkungan sama-sama berpengaruh dalam menentukan perilaku manusia.okezone. Sedangkan seorang anak yang dibesarkan di desa lebih mempunyai sikap percaya diri sendiri dan lebih banyak mempunyai sikap menilai (sense of value). Menurut Allport. Perpaduan kedua faktor itu dinamakan Anna Anastasia. Meskipun faktor genetik mempunyai peran penting terhadap perkembangan kepribadian. Hubungan factor Genetik dan Faktor Lingkungan Setiap orang yang diciptakan Tuhan sudah dilengkapi dengan kepribadian. faktor non-genetik tetap mempunyai peranan bagi variasi kepribadian 11 kepribadian. Oleh karena itu.dengan perubahan sosial dan kebudayaan tertentu. Bukan hanya faktor keturunan sendiri atau faktor lingkungan sendiri yang menentukan bagaimana kepribadian terbentuk. Pengalaman yang dilaluinya tidak sama dengan yang lain. e. pengalaman yang unik akan membentuk kepribadian seseorang yang berbeda-beda dengan yang lainnya. melainkan melalui pengaruh resiprokal faktor keturunan dan lingkungan yang memunculkan karakteristik kepribadian. Sumber: http://www.

Pengalaman-pengalaman dalam keluarga adalah hal yang penting meskipun lingkungan keluarga berbeda bagi setiap anak sehubungan dengan jenis kelamin anak.2. 12 . atau kejadian unik dalam kehidupan keluarga pada tiap anak. 4. faktor non-genetik adalah faktor yang paling bertanggungjawab akan perbedaan lingkungan pada orang-orang 3. tidak berarti bahwa trait itu tetap atau tidak dapat dipengaruhi oleh lingkungan. urutan kelahiran. Meskipun faktor genetik merupakan hal yang penting dalam mempengaruhi lingkungan. Meski terdapat kontribusi genetik yang kuat terhadap trait kepribadian.

Kesimpulan Dalam proses pembentukan kepribadian telah dibahas mengenai faktorfaktor yang berperan di dalamnya. kita tidak dapat melepaskan diri dari lingkungan dimana manusia tumbuh dan berkembang. Saran Setelah mengetahui apa itu kepribadian dan factor-faktor yang mempengaruhinya seperti yang telah dijelaskan di pembahasan. dimana lingkungan menerima sifat-sifat tersebut. penampilan anak dan pengolahan lingkungan dengan proses perubahannya. mengatasi krisiskrisis yang dialaminya melalui mekanisme-mekanisme yang ada dalam dirinya. B. Dari uraian tersebut terlihat suatu hubungan timbal balik antara seseorang dengan konstitusi yang berkembang terus dan lingkungan yang merubahnya. Dalam hubungan saling pengaruh mempengaruhi. Sehingga dengan demikian perkembangan seseorang memberikan penampilan kepada lingkungan yang merubahnya. khususnya perkembangan pembentukan kepribadian. meskipun kadar kebesarannya tidak dapat kita tentukan. dan memperlihatkan reaksi yang dibentuk atas dasar sifat-sifat. bisa disimpulkan bahwa pengaruh lingkungan (selain pengaruh genetic) sangatlah besar dalam pembentukan kepribadian seseorang. saya mengarapkan agar pembaca dapat betul-betul memahami dan menjadikannya sebagai suatu pengetahuan yang penting untuk diketahui dalam upaya mengenal . akan terlihat bahwa seseorang dalam perkembangan dirinya memperlihatkan sifat-sifat yang tertuju pada lingkungan. Lingkungan yang berubah juga dapat memberikan perangsang pada seseorang yang sangat mempengaruhi terhadap perkembangannya. Lingkungan yang baik adalah lingkungan yang mencapai taraf kecanggihan tertentu sehingga seseorang tersebut selalu dapat mereproduksi diri secara terus menerus. Atas dasar inilah dalam usaha mengerti kepribadian seseorang.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. Oleh karena itu.

kepribadian itu sendiri. Dengan mengetahui factor-faktor pembentukan kepribadian diharapkan juga pembaca dapat mengambil sisi positifnya agar berguna dalam pembentukan kepribadian diri pembaca. 13 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful