SISTEM BUS

Disusun Oleh

:

Laskar Pamungkas ( Nurdian Yogi Ermanto ( Muhammad Ihlashul Amal (12/329984/TK/39179)

Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 2013

Dengan dibuatnya makalah ini. karena berkat rahmat dan karuniaNya makalah dengan judul SISTEM BUS ini dapat diselesaikan. kami harap dapat memberikan gambaran dan penjelasan yang tepat kepada para pembaca dan tentunya diri kami sendiri tentang salah satu perkembangan teknologi yang pesat yaitu Sistem BUS. Namun. atas pembekalan materi yang telah beliau berikan selama masa kuliah kami hampir satu semester ini. Pembuatan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknik Komputer Dasar pada semester II di Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. akhirnya makalah ini dapat diselesaikan dengan hasil yang cukup memuaskan. Kami sadari bahwa makalah yang kami buat ini masih memiliki banyak kekurangan disana-sini. Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada pada tahun akademik 2012/2013. yaitu Bapak Rudy Hartanto. -Tim Penyusun . Semoga makalah ini dapat memenuhi ekspektasi beliau terhadap kemampuan kami dalam mengerjakan tugas yang beliau berikan kepada kami. kami menemui beberapa kesulitan dikarenakan kurangnya pengetahuan kami tentang bahan yang akan kami angkat ini.KATA PENGANTAR Puji syukur yang sedalam-dalamnya kami panjatkan kepada Allah SWT. Bantuan yang tidak kalah penting adalah adanya berbagai referensi terpercaya yang kami dapatkan dari artikelartikel yang di publish melalui media internet. Terima kasih tak lupa kami ucapkan kepada dosen mata kuliah Teknik Komputer Dasar. Dalam membuat makalah ini. Oleh karena itu. berkat adanya berbagai fasilitas elektronik yang tersedia serta bantuan dari rekan-rekan yang tiada hentinya berusaha keras untuk menyelesaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya. kami harapkan saran dan kritik yang membangun guna dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pembuatan makalah atau karya ilmiah yang lainnya kedepan.

Bus sistem menghubungkan CPU dengan RAM dan mungkin sebuah buffer memory/memori penyangga (cache L2). yang menghubungkan CPU dengan komponen-komponen lain. Bus disusun secara hierarkis. baik itu bus PCI atau bus PCI Express. Bus sistem merupakan bus pusat. agar dapat berjalan. sebuah kontrolir bus SCSI dapat mengubah sebuah bus menjadi bus SCSI. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Latar Belakang Masalah Komputer tersusun atas beberapa komponen penting seperti CPU. Pada intinya. sebuah komputer PC dengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus). Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada.BAB I PENDAHULUAN A. Banyaknya bus yang terdapat dalam sistem. dan lain sebagainya. bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse). Sebagai contoh. Prosesor. Sebagai contoh. kartu grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. bus AGP. Gambar di bawah ini tidak tepat benar. bahwa bus-bus I/O biasanya berasal dari bus sistem. Sebagai contoh. dan bus-bus lainnya. perangkat I/O. Didalam PC terdapat 2 Bus yaitu : • Bus sistem. Protokol bus adalah set aturan yang mengatur kelakuan berbagai perangkat yang terhubung ke bus yaitu kapan harus meletakkan informasi je dalam bus. yang menghubungkan CPU dengan RAM. tetapi menunjukkan hal-hal yang penting. tergantung dari arsitektur sistem komputer yang digunakan. . memori. menyatakan sinyal kontrol. karena arsitektur yang sesungguhnya sangat rumit. Sesungguhnya bus sistem berhubungan dengan bus I/O. Bus-bus yang lain merupakan pencabangan dari bus ini. Sebuah komputer memiliki beberapa bus. karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. bus sistem merupakan bus pusat. Bus tersebut menyediakan jalur yang diperlukan untuk mendukung interrupt dan arbitrasi. bus USB. dan perangkat I/O dapat dinterkoneksikan dengan menggunakan bus bersama yang fungsi utamanya adalah menyediakan jalur komonikasi untuk transfer data. memori utama. Sistem bus adalah penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya. bus PCI. seperti yang terlihat di bawah ini. dan • Bus I/O.

Masing Bus diatas memiliki spesifikasi.Apa yang dilakukan bus I/O? Bus-bus I/O menghubungkan CPU dengan semua komponen yang lain. mengupas habis Bus PCI dan Bus AGP tersebut. • Bus AGP yang hanya digunakan untuk kartu grafis. • Bus USB (Universal Serial Bus). B. kecepatan berbeda . . merupakan bus kecepatan rendah yang baru. Pada PC modern. Telah bertahun-tahun. Oleh sebab itu di bawah ini kami akan mencoba merinci spesifikasi Bus PCI dan Bus AGP. merupakan bus kecepatan tinggi yang baru. biasanya akan ditemukan empat bus: • Bus ISA. Metode Pembuatan Makalah Makalah ini dibuat dengan menggunakan metode tinjauan pustaka. dan juga bentuk yang berbeda. adapun referensi yang kami gunakan berasal dari arikel-artikel yang kami dapatkan melalui media internet. merupakan bus kecepatan rendah yang tua. segera akan dikeluarkan dari rancangan PC. Data berpindah pada bus-bus I/O dari satu komponen ke komponen yang lain. Bus-bus I/O berbeda dari bus sistem dalam kecepatan. Kecepatannya akan selalu lebih rendah dari kecepatan bus sistem. Tujuan Menjelaskan Sistem BUS Menjelaskan BUS PCI dan AGP Menjelaskan perkembangan sistem BUS Memahami kinerja sistem BUS terbaru C. bermacammacam bus-bus I/O telah dikembangkan. dan data dari komponen-komponen lain ke CPU dan RAM. • Bus PCI. kecuali RAM.

tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi. Pengertian BUS Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih komponen komputer. AGP bersifat independen dari PCI. menggantikan bus ISA. B. Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI. Selain itu. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge . Digunakan bersama Diperlukan aturan main agar tidak terjadi tabrakan data atau kerusakan data yang ditransmisikan. secara fisik. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot. arsitektur komputernya akan lebih kompleks. GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Prosesor. dalam sebuah sistem. bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.Walaupun digunakan bersama namun dalam satu waktu hanya ada sebuah perangkat yang dapat menggunakan bus. Bus AGP Bus AGP. Sistem Bus adalah penghubung bagi semua komponen komputer yang bertugas mentrasfer data ke suatu jaringan kerja dari prosedur. BUS AGP . digunakan beberapa buah bus . Sifat penting dan merupakan syarat utama bus adalah media transmisi yang dapat digunakan bersama oleh sejumlah perangkat yang terhubung padanya. Dengan cara ini RAM. hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja. logis dan secara elektronik.BAB II PEMBAHASAN A. sehingga untuk meningkatkan performa. Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Pada sistem komputer yang lebih maju. Gambar 15 .

kartu grafis AGP 1x atau AGP 2x dapat tidak benar-benar masuk ke dalam slot sehingga dapat merusaknya. alasan mengapa Intel mendesain AGP adalah untuk mengizinkan kartu grafis dapat mengakses memori fisik secara langsung.5 Volt Selain empat spesifikasi AGP di atas. AGP mengizinkan penggunaan kartu grafis yang langsung mengakses RAM sistem. sehingga kartu grafis on-board dapat langsung menggunakan memori fisik.1a pada bulan April 1999. karena slot AGP Pro lebih panjang. semacam ATi FireGL atau NVIDIA Quadro. Versi 1. dan menggunakan pensinyalan 3. serta tegangan yang lebih rendah. Untuk menghindari kerusakan akibat hal ini.5 Volt November 2000 533 MHz (8 x 66 MHz). 32-bit 1. pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x. dengan tambahan pada daya yang dapat didukungnya. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). dengan biaya integrasi yang relatif lebih rendah.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x).0 dari AGP Pro diperkenalkan pada bulan Agustus 1998 lalu direvisi dengan versi 1.3 Volt. 32-bit 1. AGP versi 2. Selain faktor kinerja video yang lebih baik. . 32-bit 3. meski harus dibarengi dengan berkurangnya memori untuk sistem operasi. yang dapat meningkatkan kinerja secara signifikan. yakni hingga 110 Watt. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3. tapi tidak sebaliknya. lebih besar 25 Watt dari AGP biasa yang hanya 85 Watt.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x). karena beberapa alasan teknis.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. 1. banyak vendor motherboard menambahkan retensi pada bagian akhir slot tersebut: Jika hendak menggunakan kartu grafis AGP Pro lepas retensi tersebut.3 Volt 266 MHz (4 x 66 MHz). 32-bit 3. Meskipun demikian. AGP Pro memiliki slot yang lebih panjang dibandingkan dengan slot AGP biasa.5 Volt. 32-bit. terlihat dengan jelas bahwa AGP Pro dapat digunakan untuk mendukung kartu grafis berkinerja tinggi yang ditujukan untuk workstation graphics. tanpa harus menambah chip memori lagi.3 Volt 133 MHz (2 x 66 MHz). Selain itu. AGP Pro tidaklah kompatibel dengan AGP biasa: kartu grafis AGP 4x biasa memang dapat dimasukkan ke dalam slot AGP Pro.Spesifikasi AGP 1. Meskipun demikian. Jika dilihat dari daya yang dapat disuplainya. Spesifikasi AGP Diperkenalkan 1x 2x 4x 8x Juli 1996 Juli 1996 Mei 1998 Kecepatan Tegangan Maksimum troughput 266 MByte/detik 533 MByte/detik 1066 MByte/detik 2133 MByte/detik 66 MHz (1 x 66 MHz). ada lagi spesifikasi AGP yang dinamakan dengan AGP Pro.

Micro Channel Bus. yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik. Semua bus ini gagal di pasar karena berbagai sebab. Slot BUS AGP Mulai tahun 2006. Hal ini mendorong intel untuk membuat bus baru yang dirasa mampu mengatasi berbagai kendala. Bus PCI Sejarah bus PCI Sesudah bus ISA. . akronim dari Peripheral Component Interconnect.Gambar 16 . dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja. intel menyebut bus baru ini dengan PCI.) C. Berbasis pada Local Bus (yang cepat). yakni EISA ( Extended ISA). masih ada bus lain yang diperkenalkan di pasar. Intel menyisipkan bus lain (baru) antara CPU dengan bus I/O hingga identik dengan jembatan. Local Bus. AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16. yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x. dan Video Electronics Standards Association (VESA) Local Bus.

Extended Data Out) maka saat CPU akan mengambil data dari RAM. Bus PCI berjalan pada 33 MHz dan mentransfer data 32 bit setiap pulsa clock. pada tahun 1992. 16 bit). network interface controller. sehingga jika digunakan pada komputer 486 memory yang berkecepatan 70 nanodetik 9 pada memory jenis FPM. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. PCI memberikan sistem yang lebih baik bagi subsistem I/O berkecepatan tinggi (misalnya. bus PCI akan sama dengan interface 32 bit yang mana komponen sistem tersebut mentransfer dalam jalur 64 bit Pengertian PCI PCI (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. diterbitkan 1993. PCI khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan I/O sistem yang modern secara ekonomi. Peripheral Component Interconnect (PCI) merupakan bus yang tidak tergantung prosesor dan berbandwidth yang dapat berfungsi sebagai bus mezzanine atau bus peripheral. PCI 2. Intel mulai menerapkan PCI pada tahun 1990 untuk sistem berbasis Pentiumnya. PCI hanya memerlukan keping yang lebih sedikit untuk mengimplementasikan dan mendukung bus lainnya yang dihubungkan ke bus PCI. Fast page Mode) atau 50 nanodetik ( pada EDO. PCI SIG. PCI yang dibuat oleh vendor yang berlainan tetap kompatibel. Versi saat ini. Dengan mentransfer data setiap pulsa clock. Namun pada pulsa 33 MHz ini adalah 30 nanodetik. Oleh PCI-SIG. Karena spesifikasinya berada di dalam domain publik dan didukung oleh industri microprosesor dan peripheral secara luas. Standar yang berlaku saat ini mengizinkan penggunaan sampai 64 saluran data pada kecepatan 33 MHz. graphic display adapter.Teknologi IC tidak harus sederhana karena peningkatan teknologi dalam bidang IC akan dapat mengatasinya. PCI diadopsi menjadi standart industri dan di bawah administrasi PCI Special Interest group ( PCI-SIG). Dibandingkan dengan spesifikasi bus lainnya. bagi kelajuan transfer 264 Mbyte/detik. serta dalam produksi massal akan dapat menekan harga. Pada perkembangannya. dll). .112 Gbps. Namun bukan hanya kecepatannya saja yang tinggi yang membuat PCI menarik. definisi PCI diperluas menjadi konektor standar interface bus (slot) ekspansi.0. workstation. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya. CPU harus “menunggu” setidaknya tiga pulsa clock untuk mendapatkan data tersebut. dan sistem server terus meningkat. atau 2. untuk pembuatan lebih lanjut dan memelihara kompatiblitas spesifikasi PCI. Untuk bisa memahami maksudnya diperlukan sedikit aritmatika. Segera Intel menerbitkan semua patent bagi domain publik dan mempromosikan pembuatan himpunan industri. disk controller. Hasilnya adalah bahwa PCI secara luas diterima dan penggunaannya pada komputer pribadi. Interface bus PCI adalah 64 bit dalam paket 32 bit ( bandingkan dengan ISA.

baik sistem microprosesor tunggal maupun banyak. PCI memberikan sejumlah fungsi untuk kebutuhan umum. Komputer lama menggunakan slot ISA. Bridge berfungsi sebagai suatu buffer data sehingga kecepatan bus PCI berbeda dengan kemampuan I/O prosesor. dan bridge PCI. yang merupakan bus yang lamban. bus PCI masih digunakan sampai sekarang. Bus sistem hanya mendukug unit prosesor/cache memori utama. Karena itu. PCI memanfaatkan timing snkron dan pola arbitrasi tersentralisasi. Fungsi bridge ysng menjaga agar PCI tidak tergantung pada kecepatan prosesor memberikan kemampuan untuk menerima dan mengirim data secara cepat. Kombinasi pengontrol DRAM dan bridge dengan bus PCI memberkan coupling yang erat dengan prosesor dan kemampuan pengiriman data berkecepatan tinggi. Di dalam sebuah sistem multiprosesor. . sebuah konfigurasi PCI atau lebih dapat dihubungkan oleh bridge dengan bus sistem prosesor. 64-bit PCI-X expansion slots inside a Power Mac G4 PCI dirancang untuk mendukung bermacam-macam konfigurasi berbasis microprosesor. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992. hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on).Gambar 19 .

dan juga batasan kecepatan hingga 2. lalu implementasi pada chipset digunakan oleh AMD. Hingga tahun 2009. lebar data ini tidak digunakan oleh AMD pada seri processornya. Meski HyperTransport ini mampu mencapai 32-bit width link. versi 1. E.0. hanya menggunakan 16-bit link. Teknologi bus ini dikembangkan dan dipromosikann oleh HyperTransport Consortium yang terdiri dari AMD.1. Intel: QuickPath Interconnect (QPI) QuickPath Interconnect (QPI) adalah point-to-point processor interconnect yang dikembangkan oleh Intel untuk bersaing dengan teknologi HyperTransport yang digunakan oleh AMD untuk system bus dari processor next-generation-nya. Sun Microsystems.x. Teknologi ini digunakan pada processor x86 oleh AMD dan Transmeta. yakni 32-bit interconnect memiliki transfer rate hingga 25. Jangkauan auto-negotiated bit ini dari 2 hingga 32-bit link interconnect. DEC ini sebelumnya adalah yang mengembangkan bus EV6 yang digunakan oleh AMD pada generasi processor Athlon pertama. Cisco Systems. . PMC-Sierra. nVIDIA.6 GB/s tiap directional (send/receive). Pengembangan teknologi dari QPI dilangsungkan di Intel MDDC (Massachusetts Microprocessor Design Center) oleh anggota dari grup DEC Alpha Development (grup ini diakuisisi oleh intel). Apple Computer. dan 3. Pada width dan kecepatan tertinggi. Untuk semua seri processor AMD yang menggunakan HyperTransport.6 GHz saja. bi-directional serial/parallel high-bandwidth yang mulai dikenalkan pada 2 April 2001. dan Transmeta. Intel merujuk kepada nama Common System Interface (CSI). 3. AMD: HyperTransport HyperTransport sebelumnya dikenal dengan Lightning Data Transport (LDT) yang merupakan bus link point-to-point. Hal ini memungkinkan maksimal data rate hingga 6400 MT/s pada kecepatan clock 3200 MHz. dan SiS. HyperTransport hadir dalam bentuk 4 versi kecepatan. nVIDIA. Broadcom Corporation. Dengan jangkauan kecepatan clock dari 200 MHz-3200 MHz.0. HyperTransport mendukung auto-negotiated bit width secara otomatis menggunakan link sesuai kebutuhan. konsorsium ini sudah memiliki 50 anggota.D. VIA. Memang beda halnya dengan seri processor Workstation Opteron. Alliance Semiconductor. Sebelum menggunakan nama QPI. dan Athlon64 FX (1207) yang menggunakan tiga 16-bit link. 2. yang artinya transaksi data terjadi pada sinyal clock rising dan falling. Teknologi ini juga menggunakan koneksi DDR (Double Data Rate).

Bus ini bukanlah interface generasi baru. Lalu karena standar koneksi Intel northbridge dengan southbridge menggunakan interface DMI. kesemua 4 quadrant digunakan dengan maksimal bandwidth yang didapatkan mencapai 25. F. Sisi kecepatan maksimal DMI hanya mencapai 2 GB/s. sebuah QPI link berfungsi untuk menghubungkan processor dengan I/O Hub (Intel Core i7 dengan Chipset X58). teknologi QuickPath menggunakan pemasangan memory controller di dalam processor dalam bentuk Non-Uniform Memory Architechture (NUMA). . Hal ini cukup lumrah. Sama seperti HyperTransport. mengingat tidak dibutuhkan interface yang cepat dalam aliran data di southbridge. Namun spesifikasi dari QPI memungkinkan untuk digunakan dalam konfigurasi lain. jadi total sati QPI link adalah 84 pin. Ini persis dua kali lipat bandwidth dari FSB 1600 MHz yang digunakan pada chipset Intel X48. semua fungsi northbridge beralih ke processor (mengintegrasikan memory controller dan bus graphic subsystem/PCI Express x16).Dalam bentuknya yang paling sederhana (single processor). Tiap QPI terbentuk dari 20-lane-point-to-point link data. Dalam arsitektur yang lebih kompleks. Tiap sinyal memiliki sepasang jalur yang berbeda. Dimana setiap quadrant dapat digunakan secara independen. send/receive). DMI (Direct Media Interface) Alternatif system bus yang digunakan oleh Intel adalah DMI. Meskipun dimungkinkan hadirnya teknologi bus yang baru berdasarkan arsitektur ini. implementasi QPI menggunakan kesemua 4 quadrant ini. Awalnya. Tiap arah dilengkapi dua clock dengan total 42 sinyal. secara otomatis platform Intel yang baru ini juga menggunakan DMI. Pada inplementasi awal untuk Nehalem. Namun karena implementasi arsitektur Intel Core i5/i7 dengan socket LGA-1156 (platform chipset P55). masing-masing untuk tiap arah (duplex. Hal ini memungkinkan semua komponen dapat mengakses komponen lain via jaringan ini. beberapa QPI link yang berbeda dapat digunakan untuk menghubungkan satu atau lebih processor.6 GB/s. dan satu atau lebih I/O Hub dalam sebuah jaringan didalam motherboard. Dari 20-lane data ini dibagi menjadi 4 quadrant yang terdiri dari 5 lane.

BAB III KESIMPULAN Sama seperti komponen-komponen komputer pada umumnya. Pengembangan BUS oleh pihak-pihak seperti ini ditujukan dengan maksud untuk merebut pasar penjualan atas processor yang merupakan hak cipta mereka supaya lebih diminati oleh pengguna komputer. BUS juga mempunyai perkembangan dari berbagai sisinya untuk lebih meningkatkan performa keseluruhan dari sebuah komputer. . melainkan oleh beberapa pihak besar seperti intel dan AMD. Pengembangan BUS dilakukan bukan hanya oleh satu pihak. Mereka melakukan pengembangan melalui cara berbeda mulai dari sistem pengiriman data hingga kemampuan transfer bitnya.

com/2012/08/sistem-bus.- Referensi http://ragilti.html http://gilang07.com/2012/02/02/system-bus/ http://www.com/doc/20951460/Sistem-Bus-Komputer .wordpress.blogspot.scribd.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful