Variabel dan Definisi Operasional Variabel Konsep → Konstruk → Variabel → Dimensi → Indikator Konsep adalah suatu fenomena, abstraksi

ang terbentuk oleh generalisasi dari hal-hal khusus. Ex: berat, massa, energi, sakit, prestasi. Konstruk adalah konsep dengan keterangan tambahan. Ex: kecerdasan adalah kemampuan berpikir ada abstrak. Variabel adalah operasionalisasi dari konsep. Variabel antara lain variable akibat, variabel bebas, variabel moderator, variabel random, variabel kendali, dsb. Variabel akibat = variabel terikat (dependent variable)adalah variabel yang digunakan untuk mengukur suatu masalah yang diteliti.Ex: diare pada anak. Variabel bebas adalah variabel yang digunakan untuk menggambarkan factor yang diasumsikan mempengaruhi masalah yang diteliti. Ex: kebersihan makanan, perawatan anak Variabel moderator adalah variabel yang penting tapi tidak diutamakan. Ex: social ekonomi. Variabel random (rambang) adalah variabel sebab yang diabaikan pengaruhnya. Ex: kesehatan udara. Variabel kendali (kotrol) adalah variabel yang dibuat sama antara kelompo yang diteliti. Ex: umur anak. Variabel antara (interventing variable) variabel yang bekerja secara langsug terhadap variabel tergantung setelah adanya varibel bebas. Variabel perancu adalah variabel yang mempengaruhi variabel bebas dan terikat. Backgroun variables adalah berbagai variabel yang berhubungan dengan variabel bebas dan dapat memengaruhi masalah penelitian secara tidak langsung.Berpotensi menjadi variabel perancu. Ex: umur, jenis kelamin, agama. Dimensi adalah variabel yang diukur dan diamati pada kondisi tertentu. Sangat menentukan kedalaman, keluasan, dan jangkauan penelitian. Indikator adalh nilai yang diamati (observable), diukur (measurable) secara langsung dan tidak langsung. Ex: berat badan, tinggi bandan, motivasi. Definisi operasional variabel adalah definisi yang didasarkan atas sifat-sifat hal yang didefinisikan dan diamati. Sangat penting untuk menentukan instrumen pengumpulan data. Definisi operasional dapat disusun: 1. Berdasarkan kegiatan yang harus dilakukan agar hal yang didefinisikan terjadi. 2. Berdasarkan dimana hal yang didefinisikan itu beroperasi. 3. Berdasarkan bagaimana hal yang didefinisikan itu nampakny Definisi operasional terdiri atas penjelasan, cara mengamati dan mengukur, alat ukur yang dipergunakan, dan skala pengukuran.

-

-

-

-

yang diukurdalam tahun.Contoh: Umur adalah waktu yang dilalui seseorang mulai lahir sampai waktu dilakukan pengukuran. diketahui berdasar KTP. Skala data ratio. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful