RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMP Negeri 7 Malang : Matematika : VII/ Ganjil : 4 x 40’ (2 Pertemuan)

A. Standar Kompetensi 1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus B. Kompetensi Dasar 1.3 Memahami relasi dan fungsi

C. Indikator 1. Menjelaskan pengertian dari relasi 2. Menjelaskan cara menyatakan relasi. 3. Menjelaskan pengertian dari fungsi. 4. Menjelaskan cara menyatakan fungsi/pemetaan. 5. Menentukan banyaknya fungsi/pemetaan. 6. Menjelaskan pengertian koresponden satu - satu 7. Menentukan banyaknya koresponden satu - satu

D. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dari relasi. 2. Siswa dapat menjelaskan cara menyatakan relasi. 3. Siswa dapat menjelaskan pengertian dari fungsi. 4. Siswa dapat menjelaskan cara menyatakan fungsi/pemetaan. 5. Siswa dapat menentukan banyaknya fungsi/pemetaan. 6. Siswa dapat menjelaskan pengertian koresponden satu - satu

7. Siswa dapat menentukan banyaknya koresponden satu - satu

E. Materi Ajar • Relasi 1. Pengertian Relasi Ilustrasi: Suatu koperasi sekolah menjual bolpoin, pensil, penghapus, buku, penggaris, dan sebagainya. Setiap barang mempunyai harga masing-masing sebagai berikut:
Nama Barang Bolpoin Pensil Penghapus Buku Penggaris Harga Rp. 1500,00 Rp. 750,00 Rp. 500,00 Rp. 1500,00 Rp. 1000,00

Setiap barang mempunyai hubungan dengan suatu harga. • Himpunan barang berelasi (berhubungan) dengan himpunan barang.

ilustrasi di atas dapat disimpulkan bahwa relasi adalah hubungan antara anggota himpuanan asal (domain) dengan anggota himpunan kawan (kodomain). Keterangan di atas dapat dinyatakan dengan dua himpunan, yaitu: P = Himpunan Barang Q = Himpunan Harga = { bolpoin, pensil, penghapus, buku, penggaris } = { Rp. 1500,00 , Rp.750,00 , Rp. 500,00 , Rp. 1500,00 , Rp. 1000,00 }

Selanjutnya kita bisa menyatakan relasi (hubungan) anggota himpunan P ke himpunan Q adalah “ dengan harga”.
Note: Relasi dari himpunan P ke himpunan Q adalah suatu aturan yang memasangkan anggota-anggota himpunan P dengan anggota-anggota himpunan Q.

penggaris } Q = { Rp.750.(Buku.00 b. Rp.500. Diagram Panah Dari ilustrasi di atas kita dapat menyatakan relasi dengan diagran panah sebagai berikut: P = { bolpoin. Rp.2. Cara Menyatakan Relasi a. Himpunan pasangan berurutan Relasi yang ditunjukkan dengan diagram panah di atas dapat dinyatakan sebagai himpunan pasangan berurutan.00 .00 .1000.00 Rp.( Penghapus.00 Rp.00 . pensil.1500.Rp.00 } Terdapat relasi “ dengan harga” dari himpunan P ke himpunan Q.1500. Rp. Rp.00).1500. penghapus.00)} c. (Penggaris.00 Rp.00 .1500. Rp.750. P Bolpoin Pensil Penghapus Buku Penggaris “ dengan Harga “ Q Rp. 1000. Rp. yaitu = { (Bolpoin.500. buku.750. seperti ditunjukkan pada diagram panah berikut ini. Diagram Cartesius .00 ). 1500. 1000. (Pensil.00).500. Rp. Rp.00).

karena itu setiap anggota himpunan A dipasangkan tepat satu pada anggota B.00 Rp. 500.00 Rp. Fungsi (pemetaan) dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi khusus yang memasangkan setiap anggota himpunan A dengan tepat satu anggota himpunan B . Pengertian Fungsi (pemetaan) Ilustrasi: Perhatikan diagram panah di bawah ini: A Andi Budi Ana Santi Wulan “ tinggi badan “ B 90 100 110 120 130 Setiap anak hanya mempunyai satu ukuran tinggi badan. yaitu sebagai berikut: Q Rp. 750.1500.Relasi yang ditunjukkan dengan himpunan pasangan berurutan di atas dapat dinyatakan sebagai diagram cartesius.1000.00 Rp. Relasi/hubungan yang bersifat seperti itu dinamakan fungsi / pemetaan.00 Bolpoin Pensil Penghapus Buku penggaris P • Fungsi 1.

120). Himpunan pasangan berurutan Relasi yang ditunjukkan dengan diagram panah pada ilustrasi di atas dapat dinyatakan sebagai himpunan pasangan berurutan.(Santi.110). c.(Wulan. yaitu = {(Andi.Syarat relasi/pemetaan dari himpunan A ke himpunan B: a. Diagram Cartesius Q 130 120 110 100 90 Andi Budi Ana Santi Wulan P . Cara Menyatakan Fungsi a.(Ana.90).(Budi. b.130)}.100). Setiap anggota A dipasangkan dengan tepat satu anggota B 2. Setiap anggota A harus mempunyai pasangan di B b. Diagram Panah Contoh fungsi yang dinyatakan dengan diagram panah sama dengan ilustrasi di atas.

Koresponden satu-satu dari himpunan A ke himpunan B hanya berlaku jika n (A) = n (B) Contoh: Jika n (A) = n (B) = 3 . • Menentukan banyaknya koresponden satu – satu dari dua himpunan Pada koresponden satu-satu syarat utama yang harus dipenuhi adalah banyaknya anggota dari kedua himpunan tersebut harus sama. dan banyak anggota himpunan Q adalah n(Q) = b. 1 2 3 4 Korenponden satu-satu merupakan fungsi atau pemetaaan tetapi pemetaan belum tentu koresponden satu-satu.• Menentukan banyaknya pemetaan Jika banyak anggota himpunan P adalah n(P) = a.2} dan B = {3. Misalnya A = {1. maka banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan P ke himpunan Q adalah b a  Koresponden satu – satu • Pengertian Koresponden satu-satu dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi khusus yang memetakan setiap anggota himpunan A ke satu anggota himpunan B dan sebaliknya. Relasi A dan B dapat dinyatakan dengan diagram panah di bawah ini.4} maka relasi A ke B adalah “ kurang dua dari”.

(3. {(1. (2. c). a). b). diskusi. c)} 2. (2. (3. (3. c). yaitu:   Siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian relasi Siswa diharapkan dapat menjelaskan cara menyatakan relasi 3. (3. (2. b). Metode : Pendekatam Kontekstual : Pembelajaran Langsung dan Kooperatif : Tanya jawab. a). yaitu apabila materi ini dikuasai dengan baik. 4. b)} 3. maka akan membantu siswa pada materi berikutnya. {(1. c). pemberian tugas G. {(1. a). (2. c} Koresponden yang mungkin dari A ke B adalah: 1. (3. {(1. {(1. b). Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Model c. yaitu himpunan dan diagram cartesius. Strategi b. 2. a). (3. b)} Banyaknya koresponden satu-satu dari himpunan A ke B adalah 6 F. Memberi motivasi siswa. Menyampaikan apersepsi:mengingat kembali materi yang menjadi prasyarat materi ini. 3} B = {a. c). (2. c)} 5. (2. b. . Langkah-Langkah Kegiatan PERTEMUAN 1 Kegiatan Awal (10 Menit) 1. a)} 6. a)} 4. {(1. Mengecek kehadiran siswa dan kesiapan siswa 2.Misalnya : A = {1. Metode Mengajar a. b).

5. PERTEMUAN 2 . 6. terutama berkaitan dengan isi LKS yang akan dikerjakan siswa. Guru menjelaskan secara garis besar materi yang akan dipelajari siswa. yaitu pengertian fungsi dan cara menyatakan fungsi. 5. Siswa diminta untuk mengerjakan LKS 1 / Pertemuan 1 (terlampir) 4. Kegiatan Akhir (10 Menit) 1. Pengecekan kemampuan siswa (hasil belajar) dengan cara: siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guru secara lisan. Membimbing siswa untuk menyimpulkan inti dari pembelajaran pada pertemuan ini. Siswa diminta berkelompok dengan anggota 4 orang 2. 4. Kemudian guru memilih satu kelompok lain sebagai pembanding untuk merespon hasil kerja kelompok presenter. 3. Siswa diberi PR 1 / Pertemuan 1 ( terlampir ) yang nantinya akan diptesentasikan pada pertemuan berikutnya.Kegiatan Inti (60 Menit) 1. Misalnya “Apakah pengertian dari relasi dari himpunan A ke himpunan B ?” “Ada berapakah cara menyatakan relasi?” 2. Hasil pekerjaan dibahas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. Salah satu kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka. Siswa dengan arahan guru menyimpulkan hasil diskusi pada pertemuan ini. 3. Mengigatkan untuk mempersiapkan diri tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

2. 3.  Siswa bernomor absen gasal mengerjakan soal tipe A . Mengecek kehadiran siswa dan kesiapan siswa 2. Siswa diminta berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan guru pada pertemuan sebelumnya. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Pengecekan kemampuan siswa (hasil belajar) dengan cara siswa diminta untuk mengerjakan KUIS (terlampir). Kemudian guru memilih satu kelompok lain sebagai pembanding untuk merespon hasil kerja kelompok presenter. 5. Siswa dengan arahan guru menyimpulkan hasil diskusi pada pertemuan ini. maka akan membantu siswa pada materi berikutnya. Menyampaikan apersepsi:mengingat kembali materi yang menjadi prasyarat materi ini. Kegiatan Akhir (10 Menit) 1. yaitu apabila materi ini dikuasai dengan baik. 4.Kegiatan Awal (10 Menit) 1. Kegiatan Inti (60 Menit) 1. Siswa diminta untuk mempresentasikan PR 1 / Pertemuan 1 yang telah dikerjakan siswa dirumah tentang fungsi. yaitu pengertian relasi dan cara menyatakan relasi. Salah satu kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka. Memberi motivasi siswa. 4. yaitu:    Siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian fungsi Siswa diharapkan dapat menjelaskan cara menyatakan fungsi Siswa diharapkan dapat menentukan banyaknya fungsi/pemetaan 3.

Guru membentuk kelompok. yaitu apabila materi ini dikuasai dengan baik. Siswa diberi PR 2 / Pertemuan 2 ( terlampir) 3. Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok yang lain serta kelompok lain menanggapi 7. yaitu pengertian relasi dan cara menyatakan relasi. Mengigatkan untuk mempersiapkan diri tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Guru membagikan LKS 2 / Pertemuan 3 (terlampir) kepada setiap kelompok dikerjakan dalam waktu 20 menit 4. Guru menerangkan materi tentang koresponden satu-satu dan menentukan banyaknya koresponden satu –satu dari dua himpunan 2. yaitu Koresponden Satu-Satu. Mengecek kehadiran siswa dan kesiapan siswa 2. Siswa bernomor absen ganjil mengerjakan soal tipe B 2. Menyampaikan apersepsi:mengingat kembali materi yang menjadi prasyarat materi ini. PERTEMUAN 3 1. Hasil pekerjaan dibahas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. 4. Mengumpulkan PR 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Guru membimbing kelompok yang membutuhkan bantuan secara bergiliran 5. Siswa diminta mengerjakan soal latihan buatan guru sebagai pembanding . Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk mengerjakan di depan kelas 6. 1 kelompok 4 orang 3. yaitu siswa dapat memahami dan menentukan banyaknya koresponden satu-satu. Memberi motivasi siswa. Kegiatan Inti (60 Menit) 1. 5. maka akan membantu siswa pada materi berikutnya. Guru melakukan penilaian unjuk kerja 8. 4.

........................................................................ Penilaian No 1 2........................................... ............... 2006... Guru memberikan PR 3 / Pertemuan 3 ( terlampir ) H......... Yuwono................................ Sumber Belajar a.. Buku Sumber  : Patwiyanto....... Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang................................... dkk........... ........... Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang diajarkan melalui LKS 2 / Pertemuan 3 yaitu mengenai koresponden satu ..................................................... b...................... ...................... ..... Bahan & alat : LKS I...................... Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII............. Bentuk Penilaian Unjuk kerja Tertulis tipe subyektif Jenis Penilaian Dinamika kelompok Pengerjaan soal Instrumen Pengamatan sikap KUIS 1 KETERANGAN/CATATAN KEPALA SEKOLAH .......................................Kegiatan Akhir (10 Menit) 1................................satu 2......

Malang. Pd ) NIP. Pd ) NIP 19590210 198102 1 004 LAMPIRAN-LAMPIRAN • • • • • LKS Jawaban LKS PR Jawaban PR Pengamatan Sikap . 19690210 199412 2 002 Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Malang ( Lika Sri Wahyuni ) NIM. 060401060040 ( Sumaryono. Guru Pamong Guru Praktikan ( Ani Sulastri S. S. 1 September 2009 Mengetahui.

Hasilnya adalah sebagai berikut: • • • • Eva menyukai warna merah Roni menyukai warna hitam Tia menyukai warna merah Dani menyukai warna biru Pada uraian tersebut.. ……………. c. Hasan Maria Joni Zahra Tentukan hobi masing-masing anak.. terdapat dua himpunan.) c. Relasi atau hubungan dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi ”……” 2. b. A = {…………. Tia dan Dani diminta untuk menyebutkan warna kesukaannya masing-masing. Semua anggota himpunan A Semua anggota himpunan B Nama Relasi atau hubungan dari himpunan A ke himpunan B Jawab: a.) b. ……………. Jika A adalah himpunan anak dab B adalah himpunana warna. yaitu himpunan anak dan himpunan warna. …………….LKS 1 / PERTEMUAN 1 1. Misalkan Eva. .. Perhatikan diagram panah berikut.... ……………. Jawab: • Hasan Maria Joni Zahra Hasan dipasangkan dengan ……. …………….. ……………. Roni. berarti Hasan hobi……. Maka tentukan: a. B = {…………..

Joni dipasangkan dengan ……. atau ………. 4. Buatlah diagram panah dari himpunan A ke himpunan B yang menunjukkan relasi: a.. 3.atau……………… Jadi. satu kurangnya dari b. Zahra dipasangkan dengan ……………berarti Zahra hobi…………. 5.. Misalkan Eva. 5. Dan ……. Diketahui himpunan-himpunan bilangan A={3. faktor dari Jawab: a.. Tia dan Dani diminta untuk menyebutkan warna kesukaannya masing-masing. Hasilnya adalah sebagai berikut: • • • Eva menyukai warna merah Roni menyukai warna hitam Tia menyukai warna merah . A 3 4 5 6 “faktor dari” B 4 5 6 JAWABAN LKS 1 / PERTEMUAN 1 1..berarti joni habi …………dan ……. bobi Maria bukanlah ……………. 6}. A 3 4 5 6 6 “satu kurangnya dari” B 4 5 b. 6} dab B = {4. ………….• • • Maria tidak dipasangkan dengan ………………. Roni.

Jawab: • • • • Membaca Memasak Olahraga Hasan dipasangkan dengan membaca . 6} dab B = {4. 5. berarti Hasan hobi membaca Maria tidak dipasangkan dengan membaca.atau olahraga Joni dipasangkan dengan membaca Dan olahraga berarti Joni hobi membaca dan olahraga Zahra dipasangkan dengan memasak berarti Zahra hobi memasak 3. memasak . terdapat dua himpunan. A = { Eva. Buatlah diagram panah dari himpunan A ke himpunan B yang menunjukkan relasi: a. Merah. Biru } c. 6}. Relasi atau hubungan dari himpunan A ke himpunan B adalah relasi ”menyukai warna” 2. Maka tentukan: a. 4. hobi Maria bukanlah membaca. satu kurangnya dari b. B = { Merah. c.• Dani menyukai warna biru Pada uraian tersebut. Semua anggota himpunan A b. Perhatikan diagram panah berikut.atau olahraga Jadi. Hasan Maria Joni Zahra Tentukan hobi masing-masing anak. 5. Diketahui himpunan-himpunan bilangan A={3. yaitu himpunan anak dan himpunan warna. Jika A adalah himpunan anak dab B adalah himpunana warna. memasak . Roni. Tia. Semua anggota himpunan B Nama Relasi atau hubungan dari himpunan A ke himpunan B Jawab: a. Dani } b. faktor dari Jawab: 1. A “satu kurangnya dari” B . Hitam.

Range a b c d A 2 4 6 8 Diketahui P = { bilangan prima yang kurang dari 12} Q = {bilangan ganjil antara 2 sampai 8} Tentukan banyak pemetaan dari P ke Q . Tentukan : B Domain b.3.4. Kodomain c.25} yang menyatakan hubungan (relasi) “ akar kuadrat dari”! Gambarlah diagram panah untuk relasi tersebut! Diagram panah disamping menunjukkan suatu fungsi.5} dan B = {1.16.4.3 4 5 6 4 5 6 b.2. A 3 4 5 6 “faktor dari” B 4 5 6 Soal Kuis Tipe A Tulislah himpunan pasangan berurutan yang menyatakan pasangan berurutan Bila A = {1.9.

1} b.4.16. 4. c.00 dan seterusnya. Satu buku harganya Rp.4500. 6} E = { 1.500. 2. 2. C = { hari dalam seminggu } dan D = { jari pada satu kaki } Jawab: ____________________________________________________________________ ____________________________________________________________________ 2. Range a b c d A 2 4 6 8 Tipe B Diketahui P = { bilangan prima yang kurang dari 12} Q = {bilangan ganjil antara 2 sampai 8} Tentukan banyak pemetaan dari Q ke P LKS 2 / PERTEMUAN 3 1. 7 } dab B = {0.Bila A = {1.00.2. 5. A = {1.00.25} Tulislah himpunan pasangan berurutan yang menyatakan pasangan berurutan yang menyatakan hubungan (relasi) “ akar kuadrat dari”! Gambarlah diagram cartesius untuk relasi tersebut! Diagram panah disamping menunjukkan suatu fungsi. Tentukan : B Domain b.9. Diantara pasangan-pasangan himpunana berikut ini manakah yang dapat berkoresponden satu-satu? a. 1. 3. 2. a.5} dan B = {1.4. dan tiga buku harganya Rp. dua buku harganya RP.3. Himpunan – himpunan manakah yang terdapat pada koresponden satu-satu di atas .000. 3. Kodomain c. 3 } dan F = {3.

000. 6} E = { 1. 3. dan tiga buku harganya Rp. 2. 15.b. 2.00 dan seterusnya. Berapakah harga 7 buku? Berapa buku harganya Rp.000.00. 3.00 . Satu buku harganya Rp. 2. 7 } dab B = {0. Berapakah harga 7 buku? Berapa buku harganya Rp. 4.00? Jawab: ____________________________________________________________________ ____________________________________________________________________ JAWABAN LKS 2 / PERTEMUAN 3 1. a. A = {1.000. Harga 7 buku adalah Rp. 1. Himpunan – himpunan manakah yang terdapat pada koresponden satu-satu di atas b.500.000.00? Jawab: a. 105. dua buku harganya RP.000. c. Diantara pasangan-pasangan himpunana berikut ini manakah yang dapat berkoresponden satu-satu? a.00. 5. 15.4500. 3 } dan F = {3. C = { hari dalam seminggu } dan D = { jari pada satu kaki } Jawab: C 2.00 dan 10 buku untuk uang 15. 1} b. Jumlah buku dan harga buku b.

kurang serius.memiliki motivasi Siswa kurang mem perhatikan.Mengahrgai hargai orang orang lain lain Tidak mengganggu teman Tenang dan tidak mengmengganggu lain (E) tidak mem.ganggu orang teman lainnya perhatikan lain guru. serius. Rublik No Aspek yang dinilai kehadiran siswa (A) 1 Keaktifan dalam kelas (B) 2 Keseriusan /motivasi/ perhatian (C) 3 Skor 4 Siswa hadir penuh Siswa aktif dalam kelas Siswa sangat mem perhatikan. serius.LEMBAR PENILAIAN SIKAP SISWA A.memiliki motivasi 3 2 minimal minimal siswa 3 siswa 2 kali kali meninggalkan meninggalkan kelas kelas siswa kurang siswa tidak aktif aktif Siswa kurang mem perhatikan. kurang memiliki motivasi kurang menghargai orang lain 1 lebih dari 3 kali meninggalkan kelas siswa diam saja dan pasif siswa tidak memperhatikan tidak serius dan tidak memiliki motivasi tidak mengharorang lain sangat mengganggu teman lainnya 4 5 Menghargai Orang Lain(D) Sangat meng. tidak mengganggu teman .

Format Penilaian Sikap Siswa .B.

Fajar Mauludi M. Achmad Abdul H. Fajar Hidayat Muria Ihda Khoirun Nanik Indrawati Nurul Izatul Adnin Papang Dermaera Rachmat Ramadhani Rada Agus Ade G. Alif Syaichul Yahya A Aspek yang diamati B C D E Total Skor Nilai  TotalSkor  x100   20   . Ana Oviani Angga Saputra Anggi Kurniawati Bayu Agus Tiawan Yusuf Eko P. Desinta Elda Eldiana Devi Kusuma N. Aisyah Nur Y. M. Iqbal Ardi S. Yuliani Putra Adi Pratama Rachmad Fauzan Rahmad Romadhon Rika Ayu Pratiwi Riski Saputra Adhim Wahyu P.Skor No Nama 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 Maria Lofa Audina M. Diyah Mukti Pratiwi Dwi Handika Eva Kurniawati Fajar Afrilianto Yanuar Fajar A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful