TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN

A. Pasar Keuangan Pasar keuangan adalah pasar di mana orang dan entitas dapat melakukan perdagangan sekuritas keuangan, komoditas, dan barang-barang lain yang bernilai sepadan dengan biaya transaksi yang rendah dan dengan harga yang

mencerminkan pasokan dan permintaan. Efek termasuk saham dan obligasi, dan komoditas termasuk logam mulia atau barang pertanian. Fungsi Keuangan Fungsi keuangan melibatkan 3 keputusan utama yang harus dibuat oleh perusahaan, yaitu: keputusan investasi, pendanaan, dan dividen. Jika ketiganya digunakan secara optimal, dapat menghasilkan nilai yang diinginkan. a. Keputusan Investasi Keputusan ini merupakan keputusan yang sangat penting dibandingkan 2 (dua) keputusan lainnya karena keputusan ini bersifat jangka panjang dan dana yang dikeluarkan dalam jumlah yang besar, sehingga memiliki konsekuensi jangka panjang pula. b. Keputusan Pendanaan Keputusan pendanaan perusahaan berkaitan dengan keputusan tentang bentuk dan komposisi pendanaan yang akan dipergunakan oleh perusahaan. Terkait dengan berapa banyak utang dan modal yang akan dipergunakan, bagaimana tipe utang dan modal yang akan dipergunakan dan kapan dana dalam bentuk hutang dan modal tersebut dapat dihimpun. c. Keputusan Dividen Keputusan dividen ini berkaitan erat dengan keputusan pendanaan. Keputusan ini merupakaan keputusan apakah laba yang diperoleh

perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen atau ditahan sebagai laba ditahan yang akan dipergunakan sebagai modal untuk investasi di masa yang akan datang. B. Pasar Uang dan Pasar Modal Pasar keuangan terdiri dari pasar uang dan pasar modal. Pasar uang merupakan pasar yang memperjualbelikan surat berharga jangka pendek yang jangka waktunya tidak lebih dari 1 (satu) tahun. Pasar modal merupakan pasar yang memperjualbelikan surat berharga yang jatuh temponya lebih dari 1 (satu) tahun.
Page 1

atau penyertaan modal kepada pemegang efeknya. Pengertian Efek dalam Pasar Modal Indonesia pengaturannya dapat ditemukan dalam Pasal 1 angka 5 Undang-Undang Pasar Modal. mendefinisikan Pasar Modal secara umum sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan perdagangan Efek. 2. 3. right. Page 2 . tanda bukti utang. waran. Menciptakan lapangan kerja/profesi yang menarik. dan berbagai produk turunan (derivative) seperti opsi (put atau call). obligasi. 5. Menyediakan sumber pendanaan atau pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia usaha sekaligus memungkinkan alokasi sumber dana secara optimal. Karena pasar modal adalah tempat memperdagangkan Efek. Memberikan wahana investasi bagi investor sekaligus memungkinkan upaya diversifikasi.TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN Pasar Modal Dalam Undang-Undang Pasar Modal No. dan setiap derivatif dari efek. bahwa Efek adalah surat berharga. Sedangkan efek bersifat ekuitas adalah efek yang memberikan hak dalam bentuk ekuiti. Memberikan kesempatan memiliki perusahaan yang sehat dengan prospek yang baik. Sedangkan terkait instrumen-instrumen yang diperjualbelikan. maka pasar modal disebut juga dengan Bursa Efek. Memungkinkan penyebaran kepemilikan perusahaan sampai lapisan masayarakat menengah. Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif. kontrak berjangka atas efek. saham. 6. Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya. 4. surat berharga komersial. yaitu surat pengakuan utang. 8 tahun 1995 Pasal 1 angka 13. Adapun manfaat pasar modal secara umum pada suatu negara adalah sebagai berikut: 1. di pasar modal konvensional terdapat instrumen seperti saham. obligasi. pasar modal adalah sebuah tempat memperdagangkan efek yang diterbitkan oleh perusahaan publik yang melibatkan lembaga dan profesi yang terkait dengan efek. Menyediakan indikator utama (leading indicator) bagi tren ekonomi negara. Dengan demikian. serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek.

Untuk mengatasi masalah tersebut (perusahaan pada saat kasnya mengalami defisit). maka perusahaan tersebut sementara dapat memasuki pasar uang sebagai peminjam dengan mencari lembaga keuangan atau pihak lain yang memiliki surplus (kelebihan) dana. Fungsi pasar uang : Sebagai perantara dalam perdagangan surat-surat berharga berjangkan pendek Sebagai penghimpun dana berupa surat-surat berharga jangka pendek Sebagai sumber pembiayaan bagi perusahaan untuk melakukan investasi Sebagai perantara bagi investor luar negeri dlm menyalurkan kredit jangka pendek kepada perusahaan di Indonesia Manfaat Pasar Uang : Page 3 . umumnya yang diperjualbelikan berkualitas tinggi. Pasar Uang Pengertian Pasar Uang (Money Market) adalah pasar dengan instrumen financial jangka pendek. Selanjutnya. 9. likuiditas. Alasan kenapa pasar uang dibutuhkan dalam sistem perekonomian adalah banyaknya perusahaan serta individu yang mengalami arus kas yang tidak sesuai antara inflows dan outflows. 8. pemanfaatan manajemen profesional dan penciptaan iklim berusaha yang sehat.TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN 7. Alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dengan risiko yang bisa diperhitungkan melalui keterbukaan. perusahaan melakukan penagihan dari klien pada periode tertentu dan pada waktu yang lain ia harus mengeluarkan uang untuk menutupi biaya operasionalnya. dan diversifikasi investasi. Membina iklim keterbukaan bagi dunia usaha dan memberikan akses kontrol sosial. pada saat perusahaan tersebut mengalami surplus dana. Pasar uang sering juga disebut pasar kredit jangka pendek. Misalnya. maka perusahaan tersebut menjadi kreditor dalam pasar uang untuk memperoleh pendapatan daripada membiarkan danaya tak terpakai atau idle. Mendorong pengelolaan perusahaan dengan iklim keterbukaan. Jangka waktu instrumen pasar uang biasanya jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau kurang.

kepemilikan bukanlah hal yang utama. bahan pembantu untuk kelancaran proses produksinya Terpenuhinya kebutuhan barang dan jasa bagi masyarakat yang semakin berkualitas C. Dalam keuangan. Page 4 . Pasar tidak harus memiliki barang atau jasa. Global transaksi dengan integrasi pasar keuangan e. c. cukup dengan adanya komunikasi antara penjual dan pembeli terkait transaksi. Pengalihan risiko (di pasar derivatif) c.TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN Memacu suksesnya pembangunan ekonomi Menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang semakin berkualitas Terpenuhinya kebutuhan kredit jangka pendek untuk membiayai kebutuhan modal kerja perusahaan. terdapat beberapa hal yang perlu ditekankan: a. Meningkatnya modal (di pasar modal) b. Berdasarkan definisi di atas. Perdagangan internasional (di pasar mata uang) Pasar keuangan dapat dikasifikasikan sebagai pasar primer dan pasar sekunder. Pengalihan likuiditas (di pasar uang) f. yang terpenting adalah kelancaran dan perpindahan barang dan jasa yang murah. Harga penemuan d. seperti bahan dasar. Pasar yang bagus. Pasar harus dapat menangani berbagai barang dan jasa. pasar primer muncul pada saat perusahaan menjual sekuritasnya dan dicatat di bursa efek untuk pertama kali. pasar harus berkembang untuk memberikan bantuan dalam hal transfer komoditas atau jasa. pasar keuangan memfasilitasi: a. Untuk setiap komoditas atau jasa dengan klien yang beragam. Pasar Primer (Primery Market) dan Pasar Sekunder (Secondary Market) A market is the means through which buyers and sellers are brought together to aid in the transfer of goods and/or services. Pasar tidak memerlukan lokasi. Pengertian Pasar Primer adalah Pasar untuk memperdagangkan instrumen keuangan dalam pasar modal yang baru dikeluarkan. b.

Pada saat suatu saham terdaftar di bursa efek maka investor dan spekulan dapat dengan mudah melakukan transaksi perdagangan di bursa tersebut. Keputusan investasi Keputusan investasi yaitu masalah bagaimana manajer keuangan harus mengalokasikan dana. macam investasi tersebut akan mempengaruhi dan menunjang tingkat keuntungan dimasa depan. Saat pengeluaran lebih besar dari pendapatan. kecenderungan yang terjadi adalah melakukan pinjaman untuk memenuhi atau membayar pengeluaran tersebut. kedalam bentuk-bentuk investasi yang akan dapat mendatangkan keuntungan dimasa yang akan datang. Untuk meningkatkan nilai tabungan tersebut. selalu ada penghasilan dan pengeluaran. Pendanaan. Dan Modal Kerja Dalam hidup. salah satu caranya adalah dengan melakukan investasi. jangka waktu dana diinvestasikan. orang cenderung untuk menabung. Definisi investasi adalah komitmen konsumsi saat ini yang ditabung dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan pembayaran di masa depan yang akan memberikan kompensasi atas: a. Pada dasarnya pasar sekunder ini menghubungkan preferensi investor untuk likuiditas dengan preferensi pengguna modal yang ingin menggunakan modal tersebut dalam jangka panjang. Pasar sekunder ini sangat penting bagi suatu pasar modal yang modern dan efisien. Pasar sekunder ini sangat likuid dan transparan. Investasi ini dapat kita lakukan untuk aset riil (real assets) atau aset keuangan (financial assets). ketidakpastian akan pembayaran di masa depan. Namun.TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN Pasar sekunder atau juga dikenal dengan istilah secondary market adalah pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan sekuritas yang telah diterbitkan dalam penawaran umum perdana. dan c. Pada pasar sekunder. ekspektasi tingkat inflasi. Oleh karena itu investasi mengandung resiko atau Page 5 . Keputusan Investasi. D. b. Keuntungan di masa depan yang diharapkan dari investasi tersebut tidak dapat diperkirakan secara pasti. Bentuk. efek diperjualbelikan dan berpindah tangan dari investor ke investor lainnya. saat pendapatan lebih besar dari pengeluaran.

Keputusan pendanaan Keputusan pendanaan sering disebut kebijakan struktur modal. Sistem keuangan berbasis bank beranggapan bahwa kas yang surplus tidak ada pilihan lain selain disimpan di bank. biaya yang harus dikeluarkan investor untuk memperoleh dan memproses informasi mengenai kondisi dan kinerja perusahaan menjadi sangat tinggi. ada empat faktor utama yang dapat memengaruhi kebutuhan modal kerja yaitu: 1) jenis perusahaan. Page 6 . manajemen modal kerja merupakan pengelolaan investasi perusahaan dalam aset jangka pendek dan juga bagaimana cara mendanainya. E. Tanpa adanya bank. Resiko dan hasil yang diharapkan dari investasi. Pengawasan oleh bank sebagai kreditur jauh lebih efektif daripada pengawasan oleh sekumpulan kas surplus (investor) dengan informasi terbatas yang dimilikinya. Pada keputusan ini manajer keuangan dituntut untuk mempertimbangkan dan menganalisis kombinasi dari sumber-sumber dana yang ekonomis bagi perusahaan guna untuk membelanjai kebutuhan-kebutuhan investasi serta kegiatan usahanya. Jerman. kebijakan. 2) syarat kredit. Sistem keuangan ini banyak dianut oleh negara berkembang seperti Jepang. Dengan demikian. tidak ada cara lain untuk memperoleh dana selain meminjam ke bank. Dalam praktiknya. Modal Kerja Modal kerja merupakan modal yang digunakan untuk membiayai operasional perusahaan sehari-hari. 3) waktu produksi. Sistem keuangan Bank Based vs Market Based Sistem keuangan dapat dikategorikan menjadi sistem keuangan berbasis bank (bank based) dan sistem keuangan berbasis pasar (market based). dan negara berkembang lainnya. Keberadaan bank menurunkan risiko dan biaya pengawasan yang harus ditanggung investor publik. yaitu kurang dari 1 tahun. Sedangkan bagi mereka yang mengalami kas defisit.TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN ketiakpastian. maupun nilai suatu perusahaan. 4) pengaruh perputaran persediaan. terutama yang memiliki keterkaitan waktu dalam jangka pendek. Pendukung sistem keuangan bank-based mengatakan kalau sistem ini lebih baik daripada market-based dalam mengatasi terjadinya asimetri informasi terutama untuk negara-negara yang berada dalam tahapan awal pembangunan ekonominya. akan sangat mempengaruhi pencapaian tujuan.

Return yang dari investasi di financial asset yaitu dapat berupa capital gain dan dividend (Saham Biasa). pengetahuan. sumber pembiayaan utama adalah dari pasar modal atau terjadi interaksi langsung antara yang punya uang dan perusahaan yang butuh uang. Sistem keuangan ini lebih efisien karena bersifat langsung tanpa melalui perantara keuangan (financial intermediary) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang daripada sistem bank-based. Dalam market-based. Aset riil dan asset keuangan saling berkaitan. Kekayaan material dari suatu masyarakat ditentukan oleh kapasitas produktif dari ekonomi. dan pekerja yang keahliannya dibutuhkan untuk menggunakan sumber daya tersebut. sedangkan aset riil digunakan untuk memberikan kontribusi kepada pemegang saham atau investor sesuai dengan nilai aset keuangan para investor. dll. yaitu: tanah. 2010). obligasi. Setelah perbedaan tersebut terdapat persamaan diantara dua jenis investasi tersebut yaitu adanya return dan risk. deposito. yaitu barang dan jasa yang bisa disediakan bagi anggotanya. Pendukung sistem market-based menekankan pentingnya pasar modal yang dalam memberikan insentif kepada kas surplus dan kas defisit. Aset Riil (Real Assets) dan Aset Keuangan (Finacial Assets) Investasi pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu investasi pada aset keuangan dan investasi pada aset nyata (real asset). Risiko yang didapat dalam berinvestasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu risiko sistematis dan risiko non sistematis. F. dan perlatan yang digunakan untuk memproduksi barang.TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN Di sisi lain ada sistem keuangan berbasis pasar atau market-based yang dianut Amerika dan Inggris. Page 7 . Pasar modal yang kuat juga memberikan kesempatan kepada para kas surplus untuk diversifikasi risiko dan menghindari risiko non-sistematis. Sedangkan aset keuangan (financial assets) berupa saham. dimana aset keuangan dapat digunakan untuk memperoleh aset riil. Sistem berbasis pasar (market based) berprinsip bahwa sumber pembiayaan utama adalah dari pasar modal atau terjadinya interaksi langsung antara pemilik dana dengan perusahaan yang membutuhkan dana. Kapasitas produktif adalah fungsi dari aset riil dalam ekonomi. Return yaitu imbal hasil dari kegiatan investasi yang kita lakukan. Investasi merupakan komitmen untuk mengorbankan konsumsi sekarang untuk memperbesar konsumsi di masa yang akan datang (Tandelilin. bangunan.

Present Value. dan cukup bermanfaat secara intuitif. yang dievaluasi dengan suatu tingkat bunga tertentu.Rasio Manfaat – Biaya (Benefit – Cost Ratio) Nilai Sekarang (Present Value) digunakan apabila :    Ketika mengatur (menentukan) harga pembelian atau penjualan suatu alternatif ekonomi (Penilaian. FV = P0+ SI= P0+P0(i)(n) Nilai sekarang Nilai Sekarang (present value) adalah nilai sekarang dari satu jumlah uang/satu seri pembayaran yang akan datang. dengan periode waktu yang sama untuk setiap pembayaran. yg dievaluasi dengan suatu tingkat bunga tertentu. dan Perpetuitas Nilai yang akan datang Future value (terminal value) adalah nilai uang yang akan datang dari satu jumlah uang atau suatu seri pembayaran pada waktu sekarang. Metode lain yang bisa digunakan adalah: EAW . Future Value. Anuitas. Angsuran kredit pemilikan rumah (KPR) dan bunga obligasi adalah beberapa contoh Page 8 . umumnya sama besar. PW) Ketika mengevaluasi alternatif ekonomi (memutuskan apakah baik atau buruk) dimana harga diketahui (Evaluasi.Tingkat Pengembalian Internal (Internal Rate of Return) . Present Value seringkali lebih dipilih daripada metode lain untuk mengukur “nilai proyek” karena biasanya relatif lebih mudah untuk digunakan. Anuitas Anuitas (annuity) adalah rangkaian pembayaran/penerimaan sejumlah uang.TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN G.Nilai Ekivalen Tahunan (Equivalent Annual Worth) IRR B/C . NPW) Ketika menghitung nilai ekivalen untuk urutan arus kas (PW) Nilai sekarang dari jumlah yang diperoleh di masa mendatang atau sering pula disebut dengan present value adalah nilai sejumlah uang yang saat ini dapat dibungakan untuk memperoleh jumlah yang lebih besar di masa mendatang.

000.500. Jangka waktunya sama.00 setiap tiga bulan seumur hidup dengan tingkat bunga adalah 14% p. Manakah hadiah yang akan diambil Doni? Jawab: A = 2. Page 9 .TUJUAN DAN FUNGSI KEUANGAN anuitas sedangkan perpetuitas (perpetual annuity) adalah anuitas tak hingga yaitu jika periode waktu relatif tidak terbatas seperti pembayaran dividen saham.000. uang pensiun.571.a.000 i = 14% = 3. dan hak cipta.000 = 71. Suku bunga yang diberlakukan tertentu.5% 4 PV = A = 2.428.500. royalty. Hadiah tersebut yaitu memilih menerima uang sebesar Rp100. Perpetuitas adalah nilai sekarang dari anuitas tak terhingga. Ada dua jenis anuitas :   Anuitas biasa (ordinary) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya terjadi pada akhir periode Anuitas jatuh tempo (due) adalah anuitas yang pembayaran atau penerimaannya dilakukan di awal periode.00 pada hari tersebut karena nilai sekarangnya lebih besar. Karakteristik Anuitas :    Jumlah yang dibayarkan tiap periodenya sama.500.5% Jadi hadiah yang harus dipilih adalah hadiah Rp100.00 pada hari itu atau mendapatkan uang sebesar Rp2.000.000.43 i 3.000. Contoh: Pada tanggal 01 September 2012 Doni membeli sebuah mobil dan mendapatkan hadiah undian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful