You are on page 1of 7

PENDAHULUAN

Katarak adalah setiap keadaan kekeruhan pada lensa yang terjadi akibat hidrasi (penambahan cairan) lensa, denaturasi protein lensa terjadi akibat kedua-duanya. Pasien dengan katarak mengeluh penglihatan seperti berasap dan tajam penglihatan yang menurun secara progresif 1. Berdasarkan usia katarak dapat diklasifikasikan dalam katarak kongenital yaitu katarak yang sudah terlihat pada usia dibawah 1 tahun, katarak juvenil yaitu katarak yang terjadi sesudah usia 1 tahun, dan katarak senil yaitu katarak setelah usia 50 tahun. Katarak senil adalah semua kekeruhan lensa yang terdapat pada usia lanjut, yaitu usia diatas 50 tahun. Pada katarak senil sebaiknya disingkirkan penyakit mata local dan penyakit sistemik seperti diabetes melitus yang dapat menimbulkan katarak komplikata Katarak senil terbagi atas 4 stadium yaitu stadium insipien, stadium imatur, stadium matur dan stadium hipermatur.1,2. Pada katarak insipien kekeruhan mulai dari tepi ekuator berbentuk jeriji menuju korteks anterior dan posterior. Katarak imatur akan terlihat sebagian lensa keruh dan padan katarak matur kekeruhan telah mengenai seluruh masa lensa sedangkan pada katarak hipermatur katarak yang mengalami proses degenerasi lanjut.1 Pada katarak imatur terdapat kekeruhan yang belum mengenai seluruh lapisan lensa. Kekeruhan itu terutama terdapat dibagian posterior dan bagian belakang nukleus lensa. Pada katarak imatur akan dapat bertambah volume lensa akibat meningkatnya tekanan osmotik bahan lensa yang degenerative. Katarak senilis ini jenis katarak yang sering ditemukan dengan gejala umumnya berupa distorsi penglihatan yang semakin kabur pada stadium insipien pembentukkan katarak, disertai penglihatan jauh yang

menyebabkan sudut bilik depan menjadi lebih sempit.4 Berikut akan disampaikan sebuah laporan kasus tentang katarak senile stadium imatur . 2 Pada katarak matur kekeruhan telah mengenai seluruh masa lensa. Pembedahan dilakukan apabila tajam penglihatan sudah menurun sedemikian rupa sehingga mengganggu pekerjaan sehari-hari. sehingga indeks refraksi berubah karena daya biasnya bertambah dan mata menjadi myopia. Pengobatan terhadap katarak adalah pembedahan. Bila katarak imatur tidak dikeluakan maka cairan lensa akan keluar. Akan terjadi kekeruhan seluruh lensa yang bila lama akan mengakibatkan kalsifikasi lensa.3 .semakin kabur 2. sehingga lensa kembali pada ukuran yang normal. Pada stadium ini mungkin terjadi hidrasi korteks yang mengakibatkan lensa menjadi cembung. Dengan mencembungnya lensa iris terdorong ke depan. Katarak hipermatur yaitu katarak yang mengalami proses degenerasi lanjutm dapat menjadi keras atau lembek dan mencair.

respirasi: 20x/menit. tidak merah. Dari pemeriksaan neurologi didapat motorik dan sensibilitas baik. ekstremitas tidak ada kelainan.D. tidak ada riwayat trauma. kesadaran compos mentis. tidak perih. R. dating berobat ke poliklinik mata RSUP Prof Dr. Pemeriksaan Fisik Umum Pada status generalis didapati. tidak nyeri. refleks patologik tidak ada. Suhu : 36 oC. suku Mongondow. Riwayat penyakit serupa dikeluarga disangkal. Dalam melakukan aktivitas penderita sering merasakan kesulitan akibat mata yang kabur. bangsa Indonesia. usia 57 tahun.LAPORAN KASUS Identitas penderita Seorang penderita perempuan. pekerjaan pegawai negeri sipil. Pada status psikiatri didapati sikap penderita kooperatif. tekanan darah 110/80 mmHg. . Kandou pada tanggal 26 maret 2012 dengan keluhan utama penglihatan kabur. riwayat alergi tidak ada. nyeri tekan tidak ada. keadaan umum cukup. riwayat diabetes melitus dan hipertensi disangkal. ekspresi wajar dan respon yang ditunjukkan baik. tampak bercak putih pada bagian tengah mata. jantung dan paru tidak ada kelainan. perut datar lemas. alamat malalayang. refleks fisiologis positif normal. nadi: 70x/menit. Anamnesis Keluhan mata kanan kabur dialami penderita sejak ± 2 minggu yang lalu disertai dengan rasa gatal. hati dan limpa tidak teraba.

menghindari paparan asap rokok.5. DISKUSI .Pada pemeriksaan oftalmologi. menggunakan snellen card didapati visus okulus dekstra 6/15 dan visus okulus sinistra didapati visus 6/7. Tindakan yang paling efektif adalah dengan cara pembedahan sesuai dengan indikasinya. Upaya preventif dengan memeriksakan mata secara teratur jika sudah ada gangguan mata terutama jika usia > 50 tahun Terapi pada katarak tergantung dari berat ringannya penyakit.0 mmHg Diagnosis OD: OS: Katarak Senilis Stadium Imatur Ametropia Penatalaksanaan Terapi yang diberikan pada pasien ini berupa promotif yaitu edukasi pada pasien untuk menjaga kesehatan tubuh. paparan sinar yang berlebihan.0 mmHg dan TIOS 8. Pada pemeriksaan tonometry airpuff didapati TIOD 7. banyak makan sayur dan buah-buahan.

5. Pasien juga mengeluh sering sulit melakukan aktifitas seharisehari. Dari anamnesis didapatkan keluhan kabur dalam melihat disertai dengan rasa gatal pada mata. Dari pemeriksaan oftalmologi didapatkan pada mata kiri didapatkan sebagian lensa keruh dan belum mengenai seluruh lapis lensa. Pada pemeriksaan oftalmlogi menggunakan snellen card didapati visus okulus dextra 6/15 dan visus okulus sinistra 6/7.1. Pembedahan dilakukan apabila tajam penglihatan sudah menurun4 KESIMPULAN .2 Pada penatalaksanaan pada kasus ini adalah dengan melakukan pembedahan. Hal ini sesuai dengan kepustakaan yang menyatakan bahwa pada penderita katarak didapatkan sebagian lensa yang keruh.Diagnosis pada pasien ini ditegakkan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan oftalmologi.

- Penanganan katarak yang harus dilakukan hanyalah dengan melakukan pembedahan. Namun sebagai langkah promotif yaitu edukasi pada pasien untuk menjaga kesehatan tubuh. Preventif dengan memeriksakan mata secara teratur jika sudah ada gangguan mata terutama jika usia > 50 tahun DAFTAR PUSTAKA . banyak makan sayur dan buah-buahan.- Katarak Senil Stadium Imatur yaitu kekeruhan pada lensa yang terjadi sebagian dan belum mengenai seluruh lapis lensa. menghindari pajanan asap rokok.

Jakarta: FKUI.com/2010/12/patologi-pada-katarak1.2011:204-212 2.pdf 4.wordpress.pdf 5. Jakarta :FKUI. Ilyas HS.1989:197-199 3.nih. http://alfinzone. Dalam : ilmu penyakit mata. Katarak. Ilyas HS.gov/health/cataract/webcataract. Dalam: Ilmu Penyakit Mata.nei.files. 2006 . Jakarta: FKUI.1. http://www. Lensa. Katarak. Wijana N.