You are on page 1of 8

PERTEMUAN I CIRI UTAMA MESIN SINKRON

1.1 PENDAHULUAN Mesin sinkron atau alternator dapat dipakai sebagai generator ataupun motor tanpa perbedaan berarti dalam desain atau konstruksi. Sebagai generator, mesin sinkron fasa tiga merupakan sumber utama dari semua energi listrik yang dikonsumsi. Mesin ini merupakan konversi energi paling besar yang ditemui di dunia, yang mengkonversi energi mekanik ke dalam energi listrik, dengan kisaran daya sampai 1500 MW. Dalam pengoperasiannya, mesin sinkron dapat dioperasikan sebagai mesin tunggal, akan tetapi biasanya mesin ini tergabung dalam suatu sistem interkoneksi, sehingga bekerja sejajar sinkron dengan alternator lainnya. Untuk dapat beroperasi dengan baik dalam kondisi demikian, alternator harus tetap berada dalam keadaan sinkron dengan sistem dan memikul bagiannva yang tertentu dari beban keseluruhan. Untuk mempelajari operasi mesin-mesin sinkron dalam suatu sistem jaringan, harus terlebih dahulu dikenal dan dianalisis karakteristik dan unjuk kerja mesin sinkron baik dalam keadaan steady state (mantap, ajek, tunak) maupun dalam keadaan transien (peralihan). Untuk operasi motor, alternator bekerja sebagai suatu alat sinkron yang berputar dengan suatu putaran tetap yang ditentukan oleh frekuensi den jumlah kutub. Pada aplikasi yang memerlukan putaran yang tetap, motor sinkron sangat cocok dan tepat.

1.2 GENERATOR SINKRON KOMERSIAL Generator sinkron komersial dibangun apakah dengan medan magnet dc statis atau berputar. Suatu generator sinkron medan statis mempunyai penampilan luar yang mirip dengan generator dc. Kutub menonjol menciptakan medan dc yang dipotong oleh armatur yang berputar. Armatur mempunyai belitan fasa tiga yang terminalnya terhubung ke tiga slip ring (cincin) yang terpasang di poros. Suatu set sikat yang melongsor pada slip ring memungkinkan terjadinya koneksi antara armatur dan beban fasa tiga (di luar). Armatur digerakkan oleh suatu enjin atau berupa sumber penggerak lainnya. (prime mover). Ketika armatur berputar, suatu tegangan fasa tiga diinduksi yang nilainya tergantung pada kecepatan putar dan arus dc yang dieksitasi pada kutub statis. Frekuensi tegangan tergantung pada kecepatan dan jumlah kutub pada medan. Generator medan statis digunakan bila output daya kurang dari 5 kVA.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB

Dr. Ir. Hamzah Hillal M.Sc

MESIN ARUS BOLIK-BALIK

1

Medan dieksitasi oleh generator dc. Arus kendali Ic dari eksiter pilot membolehkan kendali medan variabel pada eksiter utama yang akan mengendalikan 1. Ir. yang biasanya dipasang pada poros yang sama dengan alternator. Hamzah Hillal M. DC mengeksitasi arus Ix.4 CIRI UTAMA STATOR PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dr. Perlu diperhatikan bahwa sikat pada komutator harus dihubungkan ke sikat lainnya yang menumpang pada slip ring untuk memasukkan arus Ix ke medan berputar.3 JUMLAH KUTUB Jumlah kutub pada generator sinkron tergantung pada kecepatan perputaran dan frekuensi yang diformulasikan sbb: p= f . maka akan lebih murah dan Iebih aman dan lebih praktis bila menggunakan medan dc berputar. Stator statis juga membuat yang disebut stator. sebesar 6000 A yang mengalir melalui komutator dan dua slip ring. Gambar 1. 1. n = kecepatan rotor (putaran/menit). Belitan stator fasa tiga dihubungkan secara langsung ke pengisolasian belitan lebih gampang karena tidak dipengaruhi oleh gaya sentrifunal Gambar 1. Generator sinkron medan beban tanpa melalui slip ring berputar mempunyai suatu armatur statis dan sikat.120 n (1.1 merupakan suatu diagram generator dimaksud.Sedangkan untuk output yang besar.1) dimana: f = frekuensi tegangan induksi (Hz).1 Diagram generator sinkron tipikal 500 MW dengan eksiter dc 2400 kW.Sc MESIN ARUS BOLIK-BALIK 2 .

pf 0. Karena ∆ adalah tertutup. tegangan harmonisa tidak saling membatalkan akan tetapi saling menambahkan. 60 Hz.95. yang tentunya memberikan daya output yang besar dari mesin. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dr. tersusun dari inti silinder terlaminasi yang terdiri atas beberapa slot yang memuat belitan fasa tiga (gambar 1. Ketika generator sinkron dalam keadaan berbeban.Dari tinjauan listrik. b. maka akan dihasilkan arus harmonisa ketiga yang bersirkulasi yang akan menaikkan rugi-rugi I2R. Hamzah Hillal M. Dengan hubung Y distorsi harmonisa fasanetral tidak nampak antara fasa karena masing-masing fasa saling membatalkan secara efektif. 500 MVA. Gambar 1. Akibatnya tegangan fasa tetap sinosoid pada kondisi berbeban. Hubung Y lebih disukai dibanding ∆ karena: a. Konduktor yang lebih besar akan memperkenankan peningkatan arus.2 dan 1. lni berarti bahwa tegangan paling tinggi antara konduktor stator dan inti stator yang ditanahkan hanya 58% dari tegangan fasa-fasa. 378 slot. stator generator sinkron identik dengan motor induksi fasa tiga. tegangan induksi masing-masing fasa mengalami distorsi. Ir. Pada hubung ∆. 200 put/men. Tegangan perfasa adalah 1/√3 atau 58% tegangan antar fasa. Distorsi disebabkan karena tegangan harmonisa ketiga yang tidak dingini dimana frekuensinya 3 kali dari frekuensi dasar. 15 kV.2 Kumparan stator Belitan biasanya terhubung Y dengan netral dihubungkan ke tanah.Sc MESIN ARUS BOLIK-BALIK 3 . dan bentuk gelombang tidak lagi sinusoid.3).3 Stator fasa tiga. diameter dalam 9250 mm. Gambar 1. Hal ini akan memberikan kemungkinan untuk menurunkan jumlah isolasi pada slot yang memungkinkan untuk menaikkan ukuran penampang konduktor.

5 Kutub menonjol 250 MVA. dan karena frekuensi yang dipakai adalah 50 atau 60 Hz. belitan ini tidak membawa arus PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dr.5 CIRI UTAMA ROTOR Generator sinkron dibangun dengan 2 jenis rotor: rotor kutub menonjol dan rotor selinder rata. 5. maka sejumlah besar kutub pada rotor diperlukan. Rotor kutub menonjol biasanya dikopel dengan turbin rotor putaran sedangkan rotor silinder digerakan oleh turbin uap putaran tinggi. Hamzah Hillal M.1. terdapat belitan sangkar yang terletak di ujung kutub (gambar 1. Dalam kondisi normal.1 Rotoror Kutub Menonjol Umumnya turbin hidrolik mempunyai putaran (antara 50 s/d 300 put/men) supaya mengekstrak daya maksimum dari air jatuh.4 Rotor kutub menonjol Gambar 1. Karena rotor terkopel langsung ke baling-baling air.4).5). rendah. Ir. 12 slot Sebagai tambahan pada belitan medan dc. Gambar 1. Rotor kecepatan rendah selalu memiliki diameter yang besar untuk menyediakan ruang yang cukup untuk kutub (gambar 1.Sc MESIN ARUS BOLIK-BALIK 4 .

maka akan digunakan rotor yang pejal.2 meter.2 Rotor Silinder Telah diketahui bahwa turbin uap kecepatan tinggi adalah lebih kecil dan lebih efisien dibanding dengan turbin kecepatan lambat. Batas elastis baja mengharuskan fabrikasi membatasi diameter rotor sampai 1. besar dan berat. Belitan peredam juga cenderung menjaga keseimbarigan tegangan fasa tiga antara fasa. Hamzah Hillal M. Kecepatan lebih rendah berikutnya adalah 1800 put/men. Rotor dari suatu generator turbin adalah berbentuk silinder baja pejal memanjang dimana berisikan jejeran slot membujur (gambar 1. ketika beban pada generator berubah secara tiba-tiba kecepatan rotor mulai berosilasi yang menghasilkan variasi kecepatan sesaat di atas dan di bawah kecepatan sinkron. untuk mesin 4 kutub. Tegangan induksi ini pada belitan sangkar akan menyebabkan arus besar mengalir. belitan sangkar kadang-kadang disebut belitan peredam. Ir. Mesin seperti ini dapat dikatakan mempunyai dua kutub yaitu 2 atau 4.6). Gambar 1. harus sangat panjang.karena rotor berputar pada kecepatan sinkron. bahkan ketika arus fasa tidak sama yang disebabkan oleh kondisi beban tidak seimbang. dan ini akan memberikan kecepatan yang paling tinggi. Pada kasus rotor dengan kecepatan 3600 put/men. Arus ini memberikan reaksi terhadap medan magnet stator yang menghasilkan gaya yang meredam osilasi rotor. Di lain pihak. Karena alsan ini. rotor kecepatan tinggi. 5. Pada sistem 60 Hz adalah 3600 put/men. Kecepatan putaran tinggi menghasilkan gaya sentrifugal yang kuat yang akan memberikan suatu batas atas terhadap diameter rotor.6 Generator turbo dikarakterisasi dengan diameter PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dr. lni berarti bahwa daya yang besar. Hal yang sama juga berlaku pada generator sinkron. Untuk membangkitkan frekuensi yang diperlukan tidak dapat digunakan kutub kurang dari 2. untuk membuat generator berdaya besar 1000 MVA sampai 1500 MVA.Sc MESIN ARUS BOLIK-BALIK 5 . Namun.

reparasi dan penggantian sikat.5% dari ratingnya) sedangkan eksiter 2500 kW cukup untuk alternator 500 MW (hanya 0. tegangan eksiter mungkin harus naik dua kali dari nilai normalnya dalam sekurang-kurangnya 300 sampai 400 millidetik (mdet). Untuk memperoleh ini.Sc MESIN ARUS BOLIK-BALIK 6 .7). Ouput dc dari rektifier dimasukkan secara langsung ke medan generator sinkron (gambar 1. dengan menimbang bahwa daya eksiter adalah beberapa ribu kilowatt. Alasannya adalah bahwa medan harus meyakini bukan hanya suatu pemenuhan level tegangan ac. tetapi juga merespon perubahan beban yang tiba-tiba untuk menjaga kestabilan. dan merespon perubahan beban sehingga menjaga tegangan ac konstan atau mengontrol daya reaktif yang disalurkan ke sistem. Suatu gangguan yang serius pada sistem dapat menghasilkan kejatuhan tegangan tiba-tiba di terminal generator. Eksiter harus bereaksi sangat cepat untuk menjaga tegangan ac konstan. maka secara rutin harus diadakan pembersihan.6 EKSITASI MEDAN DAN EKSITER Eksitasi medan dari suatu generator sinkron besar merupakan bagian yang penting dari keseluruhan desain. biasanya digunakan dua generator dc yakni: eksiter utama dan apa yang disebut eksiter pilot. Umumnya suatu eksiter 25 kW diperlukan untuk mengeksitasi alternator 1000 kVA (2. Rating daya eksiter utama tergantung pada kapasitas generator sinkron. Hamzah Hillal M.5% dari ratingnya). eksitasi dirubah-rubah secara otomatis. sistem eksitasi tanpa sikat telah dikembangkan dimana sistem ini terdiri atas generator medan statis fasa tiga yang output dcnya disearahkan oleh suatu rektifier. dan komutator pada sistem eksitasi dc konvensional. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dr. Untuk mengeliminir permasalahan. Dalam kondisi normal. Sebagai contoh. 1. Ir. slip ring.1).kecil dan aksial (rotor) yang panjang. Eksiter utama memberikan arus eksitasi ke medan dari generator sinkron melalui sikat dan slip ring pada kondisi normal. Cepatnya merespon adalah salah satu ciri penting eksitasi medan.7 EKSITASI TANPA SIKAT Disebabkan karena pemakaian sikat dan debu karbon. tegangan eksiter terletak antara 125 volt dan 600 volt. Ini merepresentasikan suatu respon yang sangat cepat. diatur secara manual atau otomatis oleh signal kendali yang merubah-rubah arus yang dihasilkan oleh eksiter pilot (gambar 1. 1.

sedangkan PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dr. ini akan merepresentasikan penghasilan tambahan beberapa ribu dollar perhari. 1. Penaikan frekuensi diperoleh dengan menggunakan lebih banyak kutub pada eksiter dibanding dengan generator sinkron.8 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UKURAN GENERATOR SINKRON Jumlah besar energi yang dibangkitkan oleh perusahaan listrik telah menyadarkan akan pentingnya efisiensi generator.7 Tipikal sistem eksiter tanpa sikat Armatur eksiter dc dan rectifier dipasang pada poros utama dan secara bersamasama berputar dengan generator sinkron.1. sikat dan slip ring tidak lagi dibutuhkan. komutator (yang sebenarnya merupakan rektifier mekanik) digantikan oleh rektifier elektonik. Keuntungan lain dari mesin besar adalah bahwa daya output per kilogram naik seiring dengan naiknya daya. Dalam hal ini. jika generator 1 kW mempunyai berat 20 kg (akan menghasilkan 1000 W/20 kg atau 50 W/kg). ukuran generator menjadi penting karena efisiensinya secara otamatis akan naik dengan naiknya daya.7 dan gambar 1. Dengan membandingkan sistem eksitasi pada gambar 1. Dengan cara ini.Gambar 1. seperti pada kasus eksiter dc konvensional. slip ring dan sikat. Perbaikan efisiensi dengan ukuran merupakan alasan kenapa generator sinkron 1000 MW ke atas mempunyai efisiensi dalam orde 99%. Hamzah Hillal M. dapat dilihat bahwa keduanya identik kecuali bahwa rektifier fasa tiga menggantikan komutator. Arus kendali dc Ic dari eksiter pilot mengatur output eksiter utama Ix. Kembali kepada contoh semula. Ir. jika efisiensi dari pembangkit 1000 MW mengalami perbaikan katakanlah hanya 1%. jika suatu generator sinkron kecil 1 kW mempunyai efisiensi 50%.Sc MESIN ARUS BOLIK-BALIK 7 . Sebagai contoh. Sebagai contoh. Dengan kata lain. sedangkan yang lebih besar dengan model yang sama yakni kapasitas 10 MW akan mempunyai efisiensi 90%. Frekuensi eksiter utama umumnya 2 sampai 3 kali frekuensi generator sinkron (50 atau 60 Hz).

evolusi alternator besar utamanya telah ditentukan oleh evolusi teknik pendinginan yang memuaskan. tetapi antara 50 sampai 300 MW harus digunakan pendingin hidrogen. Generator yang terlalu besar dalam kisaran 1000 MW harus dilengkapi dengan lubang untuk mendinginkan konduktor yang didinginkan dengan air. Besarnya mesin yang berkecepatan rendah menyederhanakan permasalahan pendinginan. Dari segi kecepatan.Sc MESIN ARUS BOLIK-BALIK 8 . PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Dr. berat mesin-mesin besar secara relatif lebih ringan dibanding dengan mesin-mesin kecil. generator kecepatan rendah selalu lebih besar dari pada mesin kecepatan tinggi untuk daya yang sama. Sebagai contoh. dan belitan baru juga telah memainkan peran yang penting dalam memodifikasi desain mesin sebelumnya. Akhirnya. maka problem pendinginan akan dihadapi. biasanya cukup. Sebagai contoh. generator sinkron besar dan kecepatan rendah 500 MVA. Ir. 1800 put/men yang diinstalasi pada pembangkit listrik tenaga uap harus didinginkan dengan pendingin hidrogen. Namun demikian. Sebagai kesimpulan. mesin besar akan menghasilkan rugirugi daya besar persatuan luas area (W/m2). 200 put/men yang diinstalasi untuk pembangkit listrik tenaga air didinginkan dengan udara sedangkan generator yang lebih kecil kecepatan tinggi 500 MVA. Hamzah Hillal M. atau dengan kata lain mesin besar akan lebih murah. Dari sisi daya. karena itu cenderung mengalami panas lebih. sistem sirkulasi udara dingin cukup untuk mendinginkan generator sinkron yang berkapasitas di bawah 50 MW. sistem pendinginan udara yang baik dilengkapi dengan penukar panas (heat exchanger). Sebagai dampaknya. Teknologi lainnya seperti penggunaan material yang lebih baik.000 kg. dicapai suatu titik dimana biaya yang naik karena pendinginan melebihi penghematan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.sebuah generator 10 MW yang mempunnyai konstruksi yang sama beratnya hanya 20. Untuk mencegah kenaikan temperatur yang tidak dingini. seiring dengan naiknya ukuran generator. dan ini akan menentukan batas atas ukuran generator. suatu sistem pendingin yang efisien harus didesain yang mana akan menjadi lebih terinci dan kompleks dengan naiknya daya. sehingga diperoleh hanya 500 W/kg.