PENILAIAN STATUS GIZI CARA ANTROPOMETRI PADA ANAK

1. Penilain Status Gizi Cara Antropometri Lingkar Lengan Atas (LLA) Berdasarkan Umur a. Alat yang digunakan Insertion tape  suatu pita pengukur yang terbuat dari fiberglass atau jenis kertas tertentu berlapis plastik b. Tempat pengukuran LLA Pengukuran dilakukan di bagian tengah antara acromion dan olecranon. c. Syarat-syarat pengukuran LLA     Lengan yang diukur adalah lengan yang tidak aktif Lengan dalam keadaan bergantung bebas, tidak tertutup kain/pakaian Lengan baju dan otot lengan dalam keadaan tidak tegang atau kencang Alat pengukur dalam keadaan baik dalam arti tidak kusut atau sudah dilipat-lipat sehingga permukaannya sudah tidak rata d. Cara pengukuran LLA 1. Tetapkan posisi acromion dan olecranon 2. Letakkan pengukur antara acromion dan olecranon 3. Tentukan titik tengah lengan 4. Lingkarkan pita LLA pada tengah lengan sampai cukup terukur lingkar lengan 5. Pita jangan terlalu kuat ditarik atau terlalu longgar 6. Cara pembacaan skala yang benar e. Rumus penentuan status gizi berdasarkan daftar LLA untuk umur : % SG = LLA diukur x 80% LLA standar LLA standar = LLA baku (80%) pada daftar LLA untuk umur f. Interpretasi :    Status gizi baik Status gizi kurang Status gizi buruk : > 85% : 70,1 – 85% : ≤ 70%

Lingkarkan pita LLA pada tengah lengan sampai cukup terukur lingkar lengan 5. Cara pembacaan skala yang benar berdasarkan warna pita e.12.5 cm Hijau : 13. Alat yang digunakan Pita Shakir  suatu pita pengukur yang terbuat dari fiberglass atau jenis kertas tertentu berlapis plastik dengan 4 warna. Cara pengukuran LLA 1. Interpretasi :     Merah : 7. Pita jangan terlalu kuat ditarik atau terlalu longgar 6.5 . Tempat pengukuran LLA Pengukuran dilakukan di bagian tengah antara acromion dan olecranon.5 cm Putih : > 17. Letakkan pengukur antara acromion dan olecranon 3.2.5 cm Kuning: 12. Tetapkan posisi acromion dan olecranon 2. c. Penilain Status Gizi Cara Antropometri Lingkar Lengan Atas (LLA) Dengan Menggunakan Pita Shakir a.5 – 17. tidak tertutup kain/pakaian Lengan baju dan otot lengan dalam keadaan tidak tegang atau kencang Alat pengukur dalam keadaan baik dalam arti tidak kusut atau sudah dilipat-lipat sehingga permukaannya sudah tidak rata d. Syarat-syarat pengukuran LLA     Lengan yang diukur adalah lengan yang tidak aktif Lengan dalam keadaan bergantung bebas. Tentukan titik tengah lengan 4.5 cm : status gizi buruk : status gizi kurang : status gizi baik : status gizi overweight . b.6 – 13.

3. Syarat-syarat yang diukur berdasarkan Grow Chart o Usia o BB sekarang o TB sekarang Grow Chart . Penilain Status Gizi Dengan Menggunakan Grow Chart a.

.

Tinggi Badan untuk Umur. dan Berat Badan untuk Tinggi Badan.Tentukan BB sesuai umur melalui Grow Chart Cara :  Tentukan titik temu antara usia dan BBsekarang  Naikkan titik temu ke persentil 50  Lihat berapa BBpersentil  Hasilnya : BBU = - Tentukan TB sesuai umur melalui Grow chart  Tentukan titik temu antara usia dan TBsekarang  Naikkan titik temu ke persentil 50  Lihat berapa TBpersentil  Hasilnya : BBU = Tentukan BBTB  Tarik titik temu antara  Hasilnya : BBU = - c. . Cara perhitungan . Hasil Interpretasi ( Classification Waterlow ) Status Gizi : Baik BB/U 80-100% TB/U 95-100% BB/TB 90-100% Kurang 80-<80 % 85-95% 70-<90% Buruk < 80 % < 85 % < 70 % Jadi berdasarkan data rekaman medik yang ada maka metode yang digunakan untuk menentukan status gizi pada bayi usia 0-6 bulan adalah Grow Chart dan bisa menggunakan Berat Badan untuk Umur. Dari ketiga jenis Grow Chart yang paling akurat adalah berdasarkan Berat Badan untuk Tinggi Badan.b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful