PROPOSAL

PENGADAAN 3 RUANG KELAS BARU
SMP NEGERI 5 MESUJI MAKMUR

PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

DINAS PENDIDIKAN UPTD KECAMATAN MESUJI MAKMUR

SMP NEGERI 5 MESUJI MAKMUR
Alamat : Desa Gading Sari Kecamatan Mesuji Makmur Kab. Ogan Komering Ilir, HP. 081278613199

mengingat sekolah yang kami pimpin sampai sekarang baru memiliki 2 ( dua ) ruang kelas sedangkan pada tahun pelajaran 2009/2010 peserta didik kelas VII. Gading Sari. HP. Januari 2010 Kepala Sekolah. Kabid SMP/SMA/SMK (Team Teknis Dinas Kab. VIII dan IX masing – masing 1 rombongan belajar.Dik / 2009 Lampiran : 1 Berkas Perihal : Permohonan Bantuan Pengadaan RKB Kepada Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir Cq. ZAUHARI. Sehubungan dengan tersediannya Dana pada proyek peningkatan mutu dan pembagunan Gedung Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2008 yang disalurkan untuk penambahan RKB kepada SMP Negeri diseluruh wilayah Provinsi Sumatera Selatan. 081278613199 Nomor : 420 / / SMPN 5 MM / D. kami ucakan terima kasih. Ogan Komering Ilir. S. untuk siswa kelas VIII berjumlah 53 orang yang seyogyanya terdiri 2 rombongan belajar Demikian permohonan kami sampaikan. atas kebijakan Bapak dan terkabulnya permohonan kami. Maka besama ini kami selaku Kepala Sekolah Nama Sekolah Desa Kecamatan Kabupaten : SMP Negeri 5 Mesuji Makmur : Gading Sari : Mesuji Makmur : Ogan Komering Ilir Mengajukan permohonan Dana Pembangunan 3 ( tiga ) RKB beserta mobilernya. 19680615 199104 1 001 .Pd NIP. OKI) diKayu Agung Dengan hormat.PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR DINAS PENDIDIKAN UPTD KECAMATAN MESUJI MAKMUR SMP NEGERI 5 MESUJI MAKMUR Alamat : Desa Gading Sari Kecamatan Mesuji Makmur Kab.

ZAUHARI. Akhirnya semoga SMP Negeri 5 Mesuji Makmur dapat melaksanakan program ini secara baik dan tepat waktu. sesuai dengan harapan yang telah ditetapkan pemerintah .Pd NIP. S. 19680615 199104 1 001 . yang telah memberi taufik dan hidayah-Nya kepada kami. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu SMP Negeri 5 Mesuji Makmur menjadi salah satu SMP Negeri untuk melaksanakan Pembangunan RKB melalui program peningkatan mutu pembangunan Gedung Sumatera Selatan. Gading Sari.KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. sehingga proposal kegiatan pengadaan RKB SMP Negeri 5 Mesuji Makmur dalam rangka kelanjutan program “Rencana Pembangunan Sekolah” melalui dana dari bagian proyek peningkatan mutu dan pembangunan gedung Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2010 telah selesai disusun . Januari 2010 Kepala Sekolah.

IX. VIII. masing-masing satu rombongan belajar yang yang masuk melalui sub rayon dalam rayonisasi UPTD Pendidikan B. 3. Situasi dan Kondisi SMP Negeri 5 Mesuji Makmur SMP Negeri 5 Mesuji Makmur pada saat ini mempunyai 1 (satu ) unit gedung baru yang dibangun melalui proyek pengadaan SMP satu atap tahun 2007 yang baru memiliki 2 ruang belajar dan 1 ruang kantor. berdasarkan surat keputusan Bupati Ogan Komering Ilir Nomor : 823.19680615 199104 1001 yang ditunjuk oleh Diknas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir. berjumlah 117 orang Kecamatan Mesuji Makmur.2/ 563/ KEP-BKD/ 2009 . Latar Belakang SMP Negeri 5 Mesuji Makmur 1.Pd. Sampai sekarang tahun pelajaran 2009/ 2010 telah mempunyai siswa kelas VII. Nip. 2.PENDAHULUAN A. Masalah Dalam Proposal ini disampaikan bahwa SMP Negeri 5 Mesuji Makmur Tahun Ajaran 2009/2010 pengadaan / tambahan Ruang Kelas Baru (RKB). 1 (satu) rombongan belajar ( Kelas VII ) masih menumpang pada ruang kelas SD Negeri 1 Gading Sari. SK Pengangkatan Kepala SMP Negeri 5 Mesuji Makmur atas nama Zauhari S. tanggal 31 Agustus 2009. Riwayat singkat berdirinya SMP Negeri 5 Mesuji Makmur SMP Negeri 5 Mesuji Makmur berlokasi di Gading Sari Kecamatan Mesuji Makmur Kabupaten Ogan Komering Ilir pada awalnya adalah SMP Negeri satu atap. .

tidak lagi menumpang pada SDN terdekat Agar jumlah rombongan belajar dan jumlah ruang kelas sama atau . c. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut C. Unggul dalam pengamalan Agama B. Visi.2. d. Mendorong siswa untuk meningkatkan motivasi dan prestasi 2. berdasarkan Iman dan Taqwa. disiplin. Visi dan Misi SMP Negeri 5 Mesuji Makmur “Berprestasi. b. Melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien Melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi Pemenuhan sarana dan prasarana dan program pendidikan yang diperlukan Menjalin kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait dan masyarakat D. Unggul dalam disiplin tugas dan kekewajiban 4. Tujuan Sekolah Tujuan pendidikan di SMP N 5 Mesuji Makmur yang mengacu pada visi dan misi : a. Mewujudkan lulusan berprestasi dan berkualitas 3. dan berakhlak. Indikator Visi : 1. Menumbuhkan semangat jiwa disiplin dalam tugas dan kewajiban 4. Misi SMP Negeri 5 Mesuji Makmur Melaksanakan pembelajaran secara efektif 1. Unggul dalam prestasi ekstra kurikuler 3. Misi Dan Tujuan Sekolah A. Unggul dalam prestasi akademik 2. Tujuan Pembangunan Ruang Kelas Baru mencukupi Tersedianya ruang kelas untuk kegiatan pembelajaran Tercukupinya sarana dan prasrana belajar siswa Memilki ruang belajar sendiri.

VIII dan IX sebanyak 117 siswa. Keadaan rombongan belajar saat ini dan perkiraan tahun depan No 1 Keadaan Saat Ini Belum tercukupinya kelas untuk belajar siswa yang kelas lengkap dengan mobilernya siswa Diharapkan ruang Tercukupinya untuk yang Tantangan ruang kelas ruang Membuat lengkap mobilerrnya belajar baru yang lengkap dengan dengan mobilernya 4. Untuk menghadapi tahun depan yang diprediksi jumlah siswa yang ke SMP Negeri 5 Mesuji Makmur akan meningkat dari tahun lalu. saat ini tidak sesuai lagi dengan jumlah rombongan belajar. Sasaran / Tujuan Situasional Untuk mengatasi tantangan nyata yang dihadapi sekolah. Sasaran SMP Negeri 5 Mesuji Makmur pada Tahun Pelajaran 2009/2010 adalah membangun 3 ruang belajar ( RKB ) dengan pertimbangan : Saat ini jumlah kelas (2 ruang) dari jumlah rombongan belajar (3 rombel) ( 1 ( satu ) rombongan belajar masih menumpang pada SD Negeri terdekat. Identifikasi Tantangan Nyata Yang Dihadapi Sekolah SMP Negeri 5 Mesuji Makmur yang dibangun tahun 2007 dengan jumlah ruang 2 ruang belajar.) Pada tahun pelajaran 2010/2011 diperkirakan jumlah siswa akan meningkat Kondisi ruang belajar diharapkan sama dengan jumlah rombongan belajar. sasaran yang di prioritaskan adalah membangun ruang belajar. . terdiri dari 3 rombongan belajar. Ruang kelas yang ada hanya 2 ruang belajar sementara jumlah rombongan belajar ada 3 rombongan belajar. sedangkan ruang belajar yang ada hanya 2 ruang kelas. Sampai tahun ini Tahun Pelajaran 2009/ 2010 jumlah siswa kelas VII.3.

Fungsi Kepanitiaan 1. Faktor Eksternal Keterlibatan stake holder dalam menyusun program sekolah B. Faktor Internal Kepanitiaan dalam pembangunan RKB Kriteria Kesiapan Kondisi Nyata Tingkat Kesiapan Siap TS Memiliki rencana pengadaan RKB Ada keterlibatan stake holder dalam menyusun program sekolah Belum memiliki rencana Ada keterlibatan stake holder dalam menyusun program sekolah   - Memiliki kepanitiaan pembangunan RKB Belum ada kepanitiaan pembangunan RKB .5. Faktor Internal Rencana pengadaan RKB 2. Analisa Swot Fungsi dan Faktor A. Fungsi Program 1. -  . Identifikasi Fungsi Sasaran Sasaran Pengadaan Ruang Kelas Baru ( RKB ) Pembangunan Pengamanan Hal di atas perlu dicermati agar pembangunan berjalan tanpa ada hambatan yang berarti. Material Dana Pengawasan dan Fungsi-Fungsi Program Panitia Tenaga Kerja Lokasi 6.

-   - . Faktor Eksternal Tempat pembelian material pembangunan RKB Ada tempat pembelian material untuk pembangunan RKB Tersedianya dana sekolah untuk membiayai pembangunan RKB Ada sumber dana dari proyek peningkatan mutu propinsi tahun 2010 Ada tempat pembelian material untuk pembangunan RKB Tidak tersedianya dana sekolah untuk membiayai pembangunan RKB Sumber dana dari proyek peningkatan mutu SMP Propinsi Sumatera Selatan. Faktor Internal Material untuk pembangunan RKB Tersedianya material yang diperlukan untuk pembangunan RKB Belum tersedia material yang diperlukan untuk pembangunan RKB -  2.Fungsi dan Faktor 2. Sumsel Tahun 2010.Upah tenaga kerja tukang 2.Tersedianya tenaga kerja/tukang pembangunan RKB . Faktor Internal . Faktor Eksternal Dukungan komite sekolah dalam pembangunan RKB Kriteria Kesiapan Komite sekolah mendukung pembangunan RKB Kondisi Nyata Komite sekolah mendukung pembangunan RKB Tingkat Kesiapan Siap TS -  C. -   - F. Faktor Eksternal Tempat tinggal tukang . Fungsi Tenaga Kerja 1. pengamanan khusus pembangunan RKB Ada dukungan / pengawasan masyarakat terhadap pembangunan RKB. Fungsi Dana 1. Fungsi Material 1. Faktor Eksternal Dukungan pengawasan masyarakat Ada pengawasan dan pengamanan khusus pembangunan RKB Ada dukungan / pengawasan masyarakat terhadap pembangunan RKB Belum ada pengawas. Faktor Internal Pengawasan dan pengamanan pembangunan RKB 2.Belum tersedianya upah tenaga kerja / tukang pembangunan RKB Tempat tinggal tukang dekat Sekolah  - -   - D.Tenaga kerja / tukang pembangunan RKB .Tersedianya upah tenaga kerja/tukang pembangunan RKB Tempat tinggal tukang dekat Sekolah .  - E.Tersedianya tenaga kerja/tukang pembangunan RKB . Fungsi Pengawasan dan Pengamanan 1. Faktor Eksternal Sumber dana dari proyek peningkatan mutu SMP Prop. Faktor Internal Sumber dana sekolah yang membiayai pembangunan RKB 2.

Pengadaan pengawas dan petugas keamanan pembangunan RKB. 2. Rincian Program : 1. 5. 6. Pengawasan dan pelaporan pelaksanaan pembangunan RKB c. Membuat usulan pengadaan pembangunan RKB . Belum memiliki rencana dan 1. 3. Pengadaan yang diperlukan untuk RKB pembangunan RKB material pembangunan 4. : Pengadaan pembangunan 3 ruang belajar (RKB) 2.7. Mengajukan proposal pembangunan pembangunan RKB RKB Belum ada pengawas dan pengamanan khusus pembangunan RKB 6. Belum ada pembangunan RKB kepanitiaan 2. Pengadaan rencana pembangunan program pembangunan RKB RKB. Program Kerja : Untuk meningkatkan sarana dan prasarana sekolah. Tidak tersedianya Dana sekolah untuk membiayai 5.  Rencana dan Program Strategis a.  Rumusan Masalah dan Langkah-langkah Pemecahan Masalah Rumusan Masalah Langkah-langkah Pemecahan Masalah 1. Menyampaikan data kondisi sekolah 3. Pengadaan kepanitiaan pembangunan RKB Belum tersedianya upah ternaga kerja/tukang pembangunan 3. Pengadaan upah tukang/tenaga kerja RKB pembangunan RKB Belum tersedianya material 4. Sasaran b. berkaitan dengan tujuan peningkatan mutu pendidikan.

VIII. Jenjang Akreditasi 5. a) Data Ruang Kelas Ukuran 7x9 M2 (a) 2 Jumlah Ruang Kelas Asli (d) Ukuran ukuran Jumlah >63 M2 <63 M2 d= (a+b+c) (b) (c) 2 Jumlah Ruang Lain yang digunakan untuk R.Dik/ 2007 : 180 M2 Tahun Ajaran 2006/2007 2007/2008 2008/2009 2009/2010 Jumlah Pendaftar (calon PSB) 33 org 53 org 31 org Kelas VII Jlh Siswa 33 org 53 org 31 org Jlh Romb Bel 1 Rbl 1 Rbl 1 Rbl Kelas VIII Jlh Siswa 33 org 53 org Jlh Romb Bel 1 Rbl 1 Rbl Kelas IX Jlh Siswa 32 org Jlh Romb Bel 1 Rbl Jumlah (VII. Alamat Kabupaten Nomor Telp/ HP 3. Status bangunan 9. Kepemilikan tanah 7. 2007/2008 : Pemerintah : 7500 M2/ Milik sendir i(sekolah) : Pemerintah : Pemkab OKI. Tahun didirikan/ tahun beroprasi 6. Data siswa 4 tahun teraakhir : : SMP Negeri 5 Mesuji Makmur Jalan/Desa/Kecamatan : Desa Gading Sari Kecamatan Mesuji Makmur : Ogan Komering Ilir : 081278613199 : 201110245849/ 10645849 :: 2007. Kelas (e) yaitu ruang Jumlah : 1 ruang yaitu gedung SD Jumlah ruang Kelas seluruhnya f=(d+e) 2 Ruang kelas .IX) Jlh Jlh Romb Siswa Bel 33 org 1 Rbl 86 org 2 Rbl 116 org 3 Rbl 11. Surat izin bangunan b. No. Luas seluruh bangunan 10. 1644/ Kep/ D. a.PROFIL SEKOLAH 1. NSS/ NSP 4. Luas tanah/ Status tanah 8. Nama Sekolah 2.

org .org . Pd NIP. 31 Desember 2009 Kepala Sekolah. Data Guru/Tenaga Administrasi Jumlah Guru/staf Guru Tetap PNS Guru tidak tetap/guru bantu Guru PNS DPK Staf Tata Usaha Bagi SMP Negeri 2 org 8 org 2 org Bagi SMP Swasta . ZAUHARI.b) Data Ruang Lainnya Jenis Ruang Kepala Sekolah Guru/ TU Perpustakaan Keterampilan Jumlah 1 1 Ukuran 6x4 M 8x6 M Jenis Ruang Asrama Guru Lab. Computer Jumlah Ukuran - 12. IPA Lab. Bahasa Lab.org .org Keterangan Mesuji Makmur. 19680615 199104 1 001 . S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful