You are on page 1of 5

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi : : : : : Biologi X/2 25 dan 26 2 x Pertemuan

( 4 x 45 menit ) 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem. : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan. : Indikator Nilai Karakter  Ingin tahu, kerja keras  Ingin tahu, kerja keras  Ingin tahu, kerja keras  Ingin tahu, kerja keras  Kreatif, kerja keras  Ingin tahu, gemar membaca

Kompetensi Dasar Indikator

1. Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan. 2. Menguraikan penyebab kerusakan ekosistem di sekolah 3. Mengenali perilaku manusia yang tidak ramah/beretika lingkungan. 4. Mencontohkan polutan di sekolah dan cara penanganannya 5. Menggambar slogan-slogan pelestarian lingkungan 6. Mengenal cara-cara pelestarian lingkungan.

I. Tujuan Pembelajaran : Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya perusakan lingkungan dan mengenali perilakuperilaku manusia yang tidak ramah lingkungan. II. Materi Ajar : Perusakan/pencemaran lingkungan.  Perusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan dapat disebabkan oleh faktor alam dan manusia Manusia berperan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan  Pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan adalah berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alami, sehingga mutu kualitas lingkungan turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannnya. Masuknya bahan pencemar atau polutan ke dalam lingkungan tertentu yang keberadaannya mengganggu kestabilan lingkungan, berdasarkan tempat terjadinya dibedakan menjadi pencemaran udara, tanah, air, dan suara.  Pelestarian lingkungan  Masalah kerusakan lingkungan menjadi perhatian yang serius dari pemerintah karena dampak yang diakibatkannya.  Usaha-usaha telah dilakukan antara lain oleh pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan peraturan tentang pembangunan Sustainable Development) dan pembangunan berwawasan lingkungan (Ecodevelopment) 53

penghijauan. Nilai Karakter  Ingin tahu  Kerja keras  Kreatif dan kerja keras 54 . mengajak siswa berdoa (10’) untuk memulai belajar.  Siswa melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitar sekolah dan mengidentifikasi faktor penyebab kerusakan lingkungan dan penyebab kerusakan lingkungan sekolah. dll) III.  Guru mengecek daftar hadir siswa  Guru memberi beberapa pertanyaan tentang kerusakan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar. penggunaan bahan yang ramah lingkungan.  Masing-masing kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas. Mayarakat juga diharapkan juga berperan dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan (misalnya membuang sampah pada tempatnya.  Guru menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu faktor penyebab kerusakan lingkungan dan penyebab kerusakan lingkungan sekolah TM Inti (75’)  Siswa dibagi dalam kelompok yang beranggotakan masing-masing 4 orang. Metode Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif IV.  Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi Penutup (5’)  Guru dan siswa menyimpulkan hasil kegiatan pengamatan TT  Siswa ditugaskan membuat slogan-slogan pelestarian lingkungan  Guru menutup pelajaran dengan do’a penutup dan salam. Langkah-langkah Pembelajaran : Pertemuan 25 (2 x 45 menit) Tahap Aktifitas Siswa / Guru Kegiatan Pendahuluan  Guru memberi salam kepada siswa.

 Guru menutup pelajaran dengan do’a penutup dan salam.  Siswa melakukan pengamatan di lingkungan sekitar sekolah dan mengidentifikasi perilaku tidak ramah lingkungan dan contoh polutan di sekolah  Masing-masing kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas.Pertemuan 26 (2 x 45 menit) Tahap Aktifitas Siswa / Guru Kegiatan Pendahuluan  Guru memberi salam kepada siswa.  Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi Penutup (5’)  Guru dan siswa menyimpulkan hasil kegiatan pengamatan KMTT  Siswa ditugaskan melakukan kajian literatur menemukan caracara/usaha-usaha sebagai insan pelestari lingkungan melalui kerja mandiri.  Guru mengecek daftar hadir siswa  Guru memberikan tanya jawab dari materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. mengajak siswa berdoa (10’) untuk memulai belajar. Nilai Karakter  Ingin tahu  Kerja keras  Ingin tahu. gemar membaca 55 .  Guru menuliskan topik yang akan dipelajari yaitu perilaku tidak ramah lingkungan dan contoh polutan di sekolah TM Inti (75’)  Siswa dibagi dalam kelompok yang beranggotakan masing-masing 4 orang.

Buku Tugas Sumber Belajar : . LCD/OHP. Penerbit Ganesca Exact: Jakarta VI. Biologi SMA untuk Kelas X.V.Aryulina. Penilaian Jenis tagihan Bentuk tagihan : : tugas kelompok. performans 56 . Penerbit Esis: Jakarta . 2004. Biologi dan Kecakapan Hidup untuk Kelas 1 SMA Tengah Tahun Pertama. Alat/Bahan/Sumber Belajar : Alat/Bahan : LKS. 2004. Imam. dkk.Santoso. tugas individu : produk.

19720728 200312 2 006 57 . skema 6. Bekerja sesuai prosedur 3. Terampil membuat laporan Mengetahui Kepala SMAN 1 Saradan Madiun.Format Penilaian Proses Belajar Siswa Praktikum No.19600807 198503 1 012 LILIN EKOWATI. Nama Siswa 1 2 3 Aspek yang dinilai 4 5 6 7 8 Ratarata Keterangan: 1. Terampil membuat grafik. Kelengkapan alat dan bahan 2.Pd NIP. Terampil menganalisa data 7. Guru Mata Pelajaran Drs.PRIYONO NIP. Terampil dalam pencatatan data 5. Menggunakan alat dengan benar 4. S.