Dalam UUD 1945, Bab V tentang Kementerian Negara, Pasal 17 disebutkan : (1) Presiden dibantu oleh menterimenteri negara.

(2) Menterimenteri itu diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. *) (3) Setiap menteri membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan. *) (4) Pembentukan, pengubahan, dan pembubaran kementerian negara diatur dalam undangundang. ***) Berikut tugas/fungsi beserta visi-misi Menteri Negara. 1. Menteri Negara Riset dan Teknologi Kementerian Negara Ristek mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang riset, ilmu pengetahuan dan teknologi. Menyelenggarakan fungsi :
    

perumusan kebijakan nasional di bidang riset, ilmu pengetahuan dan teknologi; koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang riset, ilmu pengetahuan dan teknologi; pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya; pengawasan atas pelaksanaan tugasnya; penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

VISI Pembangunan IPTEK 2025: ”Iptek sebagai kekuatan utama peningkatan kesejahteraan yang berkelanjutan dan peradaban bangsa” MISI Pembangunan IPTEK 2025:
   

 

Menempatkan Iptek sebagai landasan kebijakan pembangunan nasional yang berkelanjutan; Memberikan landasan etika pada pengembangan dan penerapan Iptek; Mewujudkan sistem inovasi nasional yang tangguh guna meningkatkan daya saing bangsa di era global; Meningkatkan difusi Iptek melalui pemantapan jaringan pelaku dan kelembagaan Iptek termasuk pengembangan mekanisme dan kelembagaan intermediasi Iptek; Mewujudkan SDM, Sarana dan Prasarana serta Kelembagaan Iptek yang berkualitas dan kompetitif; Mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas dan kreatif dalam suatu peradaban masyarakat yang berbasis pengetahuan (knowledge based society).

2. Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kementerian Negara Koperasi dan UKM mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah. Menyelenggarakan fungsi :
    

perumusan kebijakan nasional di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengai; koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengai; pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya; pengawasan atas pelaksanaan tugasnya; penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

VISI : Menjadi Lembaga Pemerintah yang kredibel dan efektif untuk mendinamisasi pemberdayaan koperasi dan UMKM dalam rangka meningkatkan produktivitas, daya saing dan kemandirian. MISIi : Memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan nasional melalui perumusan kebijakan nasional; pengkoordinasian perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kebijakan pemberdayaan di bidang koperasi dan UMKM; serta peningkatan sinergi dan peran aktif masyarakat dan dunia usaha dalam rangka meningkatkan produktivitas, daya saing dan kemandirian koperasi dan UMKM secara sistimatis, berkelanjutan dan terintegrasi secara nasional. 3. Menteri Negara Lingkungan Hidup Kementerian Negara Lingkungan Hidup mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang lingkungan hidup dan pengendalian dampak lingkungan. Menyelenggarakan fungsi :
 

 

perumusan kebijakan nasional di bidang lingkungan hidup dan pengendalian dampak lingkungan; koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang lingkungan hidup dan pengendalian dampak lingkungan; pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya; pengawasan atas pelaksanaan tugasnya;

penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

VISI : Terwujudnya perbaikan kualitas fungsi lingkungan hidup melalui Kementerian Negara Lingkungan Hidup sebagai institusi yang handal dan proaktif untuk mencapai pembangunan berkelanjutan melalui penerapan prinsipprinsip Good Enviromental Governance, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia”. MISI :

Mewujudkan kebijakan pengelolaan SDA dan Lingkungan Hidup guna mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan; Membangun koordinasi dan kemitraan para pemangku kepentingan dalam pengelolaan dan pemanfaatan SDA dan Lingkungan Hidup secara efisien, adil dan berkelanjutan; Mewujudkan pencegahan kerusakan dan pengendalian pencemaran SDA dan Lingkungan Hidup dalam rangka pelestarian fungsi lingkungan hidup.

4. Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang pemberdayaan perempuan. Menyelenggarakan fungsi :

  

perumusan kebijakan nasional di bidang pemberdayaan perempuan dan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak; koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pemberdayaan perempuan dan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak; pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya; pengawasan atas pelaksanaan tugasnya; penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

5. Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan

kebijakan dan koordinasi di bidang pendayagunaan aparatur negara dan pengawasan. Menyelenggarakan fungsi :
    

perumusan kebijakan nasional di bidang pendayagunaan aparatur negara dan pengawasan; koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan pengawasan; pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya; pengawasan atas pelaksanaan tugasnya; penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

6. Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang pembangunan daerah tertinggal. Menyelenggarakan fungsi :
    

perumusan kebijakan nasional di bidang pembangunan daerah tertinggal; koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembangunan daerah tertinggal; pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya; pengawasan atas pelaksanaan tugasnya; penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

7. Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang perencanaan pembangunan. Menyelenggarakan fungsi :
    

perumusan kebijakan nasional di bidang perencanaan pembangunan; koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang perencanaan pembangunan; pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya; pengawasan atas pelaksanaan tugasnya; penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada

pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. . pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan badan usaha milik negara. saran. koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pemuda dan olahraga. koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang perumahan rakyat. saran. Menteri Negara Perumahan Rakyat Kementerian Negara Perumahan Rakyat mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang perumahan rakyat. 7. 8. dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. penyampaian laporan hasil evaluasi. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang pembinaan badan usaha milik negara. 9. Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang pemuda dan olahraga.Presiden. Menyelenggarakan fungsi :    perumusan kebijakan nasional di bidang pemuda dan olahraga. Menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional di bidang perumahan rakyat. dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. penyampaian laporan hasil evaluasi. Menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional di bidang pembinaan badan usaha milik negara.

melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menaati peraturan perundangundangan. mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi. f. keuangan dan administratif. melaksanakan peranan sebagai wakil rakyat dan wakil daerah. kelompok. saran. d. Kewajiban Anggota MPR Pasal 10 Anggota MPR mempunyai kewajiban: a. dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. ak dan Kewajiban MPR diatur dalam UU Nomor 27 Tahun 2009. e. c. b. dan golongan. mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. c. dan g. mengajukan usul pengubahan pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. membela diri. memegang teguh dan mengamalkan Pancasila. Hak Anggota MPR Pasal 9: Anggota MPR mempunyai hak: a. protokoler. dan e. imunitas.  pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. menentukan sikap dan pilihan dalam pengambilan keputusan. . penyampaian laporan hasil evaluasi. d. memilih dan dipilih. b. Berikut kutipan pasal yang mengatur.

memberikan pertimbangan kepada DPR atas rancangan undang-undang tentang APBN dan rancangan undang-undang yang berkaitan dengan pajak. hubungan pusat dan daerah. pajak. pengelolaan sumber daya alam. ikut membahas bersama DPR dan Presiden rancangan undang-undang yang diajukan oleh Presiden atau DPR. h. pendidikan. pemekaran. serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. dan unsur masyarakat di daerah pemilihannya. dan penggabungan daerah. (2) Dalam menjalankan tugas pengawasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf e. dan agama. pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah. ikut serta dalam penyusunan program legislasi nasional yang berkaitan dengan otonomi daerah. hubungan pusat dan daerah. pembentukan. g. dapat mengajukan kepada DPR rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah. c. pelaksanaan undang-undang APBN. f. e. pemekaran. serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah. Bagian Ketiga : Tugas dan Wewenang Pasal 224 (1) DPD mempunyai tugas dan wewenang: a. dan agama kepada DPR sebagai bahan pertimbangan untuk ditindaklanjuti. dapat melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah. Berikut kutipannya. pendidikan. hubungan pusat dan daerah. menerima hasil pemeriksaan atas keuangan negara dari BPK sebagai bahan membuat pertimbangan kepada DPR tentang rancangan undang-undang yang berkaitan dengan APBN. pendidikan. pajak. d. dan agama. dan penggabungan daerah. dan sumber daya ekonomi lainnya. yang berkaitan dengan hal sebagaimana dimaksud dalam huruf a. dan DPRD. pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah. Pasal 225 . anggota DPD dapat melakukan rapat dengan pemerintah daerah. DPRD. pelaksanaan APBN. b. pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya. memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota BPK. menyampaikan hasil pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah. DPD. ikut membahas bersama DPR dan Presiden rancangan undang-undang yang berkaitan dengan hal sebagaimana dimaksud dalam huruf a. DPR. pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya.ugas dan wewenang Deewan Perwakilan Daerah (DPD) diatur dalam UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR. hubungan pusat dan daerah. pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya. dan i. pembentukan.

Pasal 226 Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan tugas dan wewenang DPD sebagaimana dimaksud dalam Pasal 224 diatur dengan peraturan DPD tentang tata tertib. DPD menyusun anggaran yang dituangkan dalam program dan kegiatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. DPD. (2) Dalam menyusun program dan kegiatan DPD sebagaimana dimaksud pada ayat (1). DPRD About these ads Bagi info ini:   Surat elektronik . Tulisan terkait Kedudukan dan Fungsi DPD Tugas Wewenang MPR Hak Kewajiban Anggota MPR Download UUD 1945 Hasil Amandemen Download UU No 27 Th 2009 tentang MPR. (5) DPD melaporkan pengelolaan anggaran sebagaimana dimaksud pada ayat (3) kepada publik dalam laporan kinerja tahunan. untuk memenuhi kebutuhannya. DPD dapat menyusun standar biaya khusus dan mengajukannya kepada Pemerintah untuk dibahas bersama. (4) DPD menetapkan pertanggungjawaban pengelolaan anggaran DPD dalam peraturan DPD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.(1) Dalam melaksanakan tugas dan wewenang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 224. DPR. (3) Pengelolaan anggaran DPD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan oleh Sekretariat Jenderal DPD di bawah pengawasan Panitia Urusan Rumah Tangga sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

29. mengatur.hukum tetap (Pasal 28. tepat dan benar. 14 Tahun 1985) semua sengketa yang timbul karena perampasan kapal asing dan muatannya oleh kapal perang Republik Indonesia berdasarkan peraturan yang berlaku (Pasal 33 dan Pasal 78 Undang-undang Mahkamah Agung No 14 Tahun 1985) c. cepat dan biaya ringan. yaitu wewenang menguji/menilai secara materiil peraturan perundangan dibawah Undang-undang tentang hal apakah suatu peraturan ditinjau dari isinya (materinya) bertentangan dengan peraturan dari tingkat yang lebih tinggi (Pasal 31 Undangundang Mahkamah Agung Nomor 14 Tahun 1985). tanpa mengurangi kebebasan Hakim dalam memeriksa dan memutuskan perkara (Pasal 4 dan Pasal 10 Undang-undang Ketentuan Pokok Kekuasaan . Disamping tugasnya sebagai Pengadilan Kasasi. FUNGSI PERADILAN a.30. Mahkamah Agung melakukan pengawasan tertinggi terhadap jalannya peradilan di semua lingkungan peradilan dengan tujuan agar peradilan yang dilakukan Pengadilan-pengadilan diselenggarakan dengan seksama dan wajar dengan berpedoman pada azas peradilan yang sederhana.33 dan 34 Undang-undang Mahkamah Agung No. Sebagai Pengadilan Negara Tertinggi. Erat kaitannya dengan fungsi peradilan ialah hak uji materiil. 2. nasihat. 1. b. dan administratif. permohonan peninjauan kembali putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan . Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil. Mahkamah Agung berwenang memeriksa dan memutuskan pada tingkat pertama dan terakhir semua sengketa tentang kewenangan mengadili.Mahkamah Agung memiliki 5 fungsi pokok yaitu peradilan. pengawasan. FUNGSI PENGAWASAN a.

memeriksa. dan meminta keterangan tentang hal-hal yang bersangkutan dengan teknis peradilan serta memberi peringatan.Nomor 14 Tahun 1970). b. yakni dalam hal menerima. 4. teguran dan petunjuk yang diperlukan tanpa mengurangi kebebasan Hakim (Pasal 32 Undang-undang Mahkamah Agung Nomor 14 Tahun 1985).14 Tahun 1985). FUNGSI NASEHAT a.14 Tahun 1970. Mahkamah Agunbg juga melakukan pengawasan : terhadap pekerjaan Pengadilan dan tingkah laku para Hakim dan perbuatan Pejabat Pengadilan dalam menjalankan tugas yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok Kekuasaan Kehakiman. dan menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya. Terhadap Penasehat Hukum dan Notaris sepanjang yang menyangkut peradilan (Pasal 36 Undang-undang Mahkamah Agung Nomor 14 Tahun 1985). Pasal 79 Undang-undang No. mengadili. Mahkamah Agung dapat mengatur lebih lanjut halhal yang diperlukan bagi kelancaran penyelenggaraan peradilan apabila terdapat hal-hal yang belum cukup diatur dalam Undang-undang tentang Mahkamah Agung sebagai pelengkap untuk mengisi kekurangan atau kekosongan hukum yang diperlukan bagi kelancaran penyelenggaraan peradilan (Pasal 27 Undang-undang No. Mahkamah Agung diberikan kewenangan untuk memberikan pertimbangan kepada Presiden selaku Kepala Negara selain grasi juga rehabilitasi. FUNGSI MENGATUR a.14 Tahun 1985). 3. Namun . Mahkamah Agung dapat membuat peraturan acara sendiri bilamana dianggap perlu untuk mencukupi hukum acara yang sudah diatur Undang-undang. Mahkamah Agung memberikan nasihat kepada Presiden selaku Kepala Negara dalam rangka pemberian atau penolakan grasi (Pasal 35 Undang-undang Mahkamah Agung No. b.14 Tahun 1985). Mahkamah Agung memberikan nasihat-nasihat atau pertimbangan-pertimbangan dalam bidang hukum kepada Lembaga Tinggi Negara lain (Pasal 37 Undang-undang Mahkamah Agung No. Selanjutnya Perubahan Pertama Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Pasal 14 Ayat (1).

memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya. . b. Badan-badan Peradilan (Peradilan Umum. administrative dan finansial sampai saat ini masih berada dibawah Departemen yang bersangkutan. walaupun menurut Pasal 11 (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 1999 sudah dialihkan dibawah kekuasaan Mahkamah Agung. (Pasal 38 Undangundang No. dalam memberikan pertimbangan hukum mengenai rehabilitasi sampai saat ini belum ada peraturan perundang-undangan yang mengatur pelaksanaannya.14 Tahun 1970 secara organisatoris. susunan organisasi dan tata kerja Kepaniteraan Pengadilan (Undang-undang No.demikian. Mahkamah Agung dapat diserahi tugas dan kewenangan lain berdasarkan Undang-undang. Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara) sebagaimana dimaksud Pasal 10 Ayat (1) Undang-undang No. FUNGSI ADMINISTRATIF a. 5.14 Tahun 1970 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman. FUNGSI LAIN-LAIN Selain tugas pokok untuk menerima. b. Peradilan Agama.14 Tahun 1970 tentang Ketentuanketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman).14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung). Mahkamah Agung berwenang meminta keterangan dari dan memberi petunjuk kepada pengadilan disemua lingkunga peradilan dalam rangka pelaksanaan ketentuan Pasal 25 Undang-undang No. 6. berdasar Pasal 2 ayat (2) Undangundang Nomor 14 Tahun 1970 serta Pasal 38 Undangundang Nomor 14 Tahun 1985. Mahkamah Agung berwenang mengatur tugas serta tanggung jawab. 35 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undangundang No.

Menteri Perhubungan Demokrat) : Fadel Muhammad (Partai 15. Menteri BUMN : Sudi Silalahi (nonpartai) : Suharna Surapranata (PKS) : Gusti Muhammad Hatta (nonpartai) : Linda Amaliasari Agum Gumelar : Mustafa Abubakar (nonpartai) . Menteri Sosial : Salim Segaf Al Jufri (PKS) 21. Menko Politik Hukum dan Keamanan 2. Menteri Pertahanan (nonpartai) 7. Menteri Keuangan (nonpartai) 9.MENTERI KOORDINATOR 1. Menteri Kesehatan (nonpartai) : Muhammad Nuh 19. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 28. Menteri Riset dan Teknologi 26. Menteri Agama : Suryadharma Ali (PPP) 22. Menteri Energi dan Sumber Daya : Darwin Z Saleh (Partai Mineral Demokrat) 10. Menteri Pertanian : Suswono (PKS) 13. Menteri Lingkungan Hidup 27. Menteri Sekretaris Negara 25. Menteri Kebudayaan dan : Jero Wacik (Partai Pariwisata Demokrat) 23. Menko Kesra MENTERI DEPARTEMEN 4. Menteri Kelautan dan Perikanan Golkar) 16. Menteri Komunikasi dan : Tifatul Sembiring (PKS) Informatika MENTERI NEGARA 24. Menteri Pendidikan Nasional (nonpartai) 20. Menteri Kehutanan : Zulkifli Hasan (PAN) : Freddy Numbery (Partai 14. Menteri Perdagangan (nonpartai) 12. Menteri Luar Negeri : Djoko Suyanto (nonpartai) : Hatta Radjasa (PAN) : Agung Laksono (Partai Golkar) : Gamawan Fauzi (nonpartai) : Marty Natalegawa (nonpartai) : Purnomo Yusgiantoro 6. Menteri Pekerjaan Umum : Djoko Kirmanto (nonpartai) : Endang Rahayu Sedyaningsih 18. Menteri Hukum dan HAM : Patrialis Akbar (PAN) : Sri Mulyani Indrawati 8. Menteri Dalam Negeri 5. Menteri Perindustrian : MS Hidayat (Partai Golkar) : Mari Elka Pangestu 11. Menteri Tenaga Kerja dan : Muhaimin Iskandar (PKB) Transmigrasi 17. Menko Perekonomian 3.

: Syarifudin Hasan (Partai Demokrat) : Andi A Mallarangeng (Partai 30. Kepala Badan Intelijen Negara : Sutanto (nonpartai) 37. Ketua Unit Kerja Presiden untuk : Kuntoro Mangkusubroto Pengawasan (nonpartai) dan Pengendalian Pembangunan Keterangan: Nama yang dicetak tebal merupakan penjabat Kabinet Indonesia Bersatu I Asal menteri : Nonpartai 14. Menteri Koperasi dan UKM 32. PKB 2. . Menteri Pemuda dan Olahraga Demokrat) 31. Demokrat 6. Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal 33. PPP 2. Golkar 3. Menteri Perumahan Rakyat 34. PKS 4. Menteri Pendayagunaan Aparatur : EE Mangindaan (Partai Negara Demokrat) 29. Kepala Badan Koordinasi : Helmy Faishal Zaini (PKB) : Suharso Monoarfa (PPP) : Armida Alisyahbana (nonpartai) : Gita Irawan Wiryawan (nonpartai) Penanaman Modal (BKPM) 36. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas dan Reformasi Birokrasi PEJABAT SETINGKAT MENTERI 35. PAN 3.

Membantu kepala desa dibidang administrasi umum dan keuangan dalam penyelenggaraan tugas dan wewenang pemerintah desa b. Kepala Desa Kepala Desa mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan. Kaur Umum Kepala urusan umum mempunyai tugas membantu tugas-tugas sekretaris desa dibidang : a.Uraian Tugas dan Fungsi Perangkat Desa Uraian Tugas dan Fungsi 1. Melaksanakan pengadaan dan pendistribusian alat-alat tulis kantor e. Membina kehidupan masyarakat Desa f. Mengelola administrasi umum pemerintah desa b. Melakukan persiapan penyelenggaraan rapat. pengkoordinasian pelaksanaan tugas perangkat desa lainnya 3. perencanaan kegiatan dibidang administrasi umum dan keuangan b. Mengelola administrasi keuangan desa . Melaksanakan tugas kepala desa apabila kepala desa diberhentikan sementara d. Kepala Desa mempunyai fungsi: a. menyusun dan meyiapkan bahan rapat f. Sekretaris Desa Sekretaris Desa memiliki tugas dan fungsi yakni : Tugas a. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang kegiatan surat menyurat c. Membina Perekonomian Desa g. Melasanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh kepala desa Fungsi a. pelaksanaan kegiatan dibidang administrasi umum dan keuangan c. Mengkoordinasikan pembangunan desa secara partisipatif h. Menyusun dan mengajukan rancangan Peraturan Desa mengenai APBDes untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD e. Mengumpulkan. Menetapkan Peraturan Desa yang telah mendapat persetujuan bersama BPD d. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris desa 4. Mewakili desanya di dalam dan di luar pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan Melaksanakan tugas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan 2. Melaksanakan tugas kepala desa dalam hal kepala desa berhalangan c. penkoordinasian kegiatan dibidang administrasi umum dan keuangan d. Mengajukan rancangan Peraturan Desa c. Memimpin penyelenggaraan Pemerintah Desa berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama BPD b. Kaur Keuangan Kepala urusan keuangan mempunyai tugas membantu tugas-tugas sekretaris desa dibidang : a. Melaksanakan pengadaan dan pemeliharaan barang-barang inventaris kantor d. pembangunan dan kemasyarakatan. penerimaan tamu dinas dan kegiatan rumah tangga pemerintah desa g.

daftar usulan kegiatan. Membantu pelaksanaan kegiatan tknis organisasi dan administrasi lembaga pembrdayaan masyarakat desa maupun lembaga-lembaga dibidang pertanian. keagamaan. Mengumpulkan dan menyiapkan bahan dalam rangka pembinaanwilayah termasuk rukun warga dan rukuntetangga serta masyarakat c. merencanakan dan mengelola APBD d. Melaksanakan administrasi kependudukan. Mengumpulkan. Menyiapkan. ketertiban dan perlindungan masyarakat b. melakukan pembinaan dalam rangka meningkatkan swadaya dan gotong . pemilihan presiden. Melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dibidang kesejahteraan rakyat b. izin bangunan dan lain-lain d. mengolah dan menyiapkan data dibidang ekonomi dan pembangunan b. Kaur Ekonomi Pembangunan a. Mengumpulkan. prmohonan izin usaha. mengolah dan menyiapkan data pendidikan. Melaksanakan administrasi pelaksanaan pemilihan umum. pemilihan gubernur. mengolah dan menyiapkan data keluarga miskin e. membantu pelaksanaan tugas kepala desa dalam wilayah kerjanya b. kepemudaan. catatan sipil dan monografi e. daftar isian proyek maupun daftar isian kegiatan g. pemilihan kepala desa dan kegiatan sosial politik d. Membabtu kegiatan administrasi dan perkembangan pemberdayaan kesejahteraan keluarga d. ketentraman. Melakukan administrasi dan membantu pelaksanaan pelayanan dibidang tera ulaang. Kaur Kesejahteraan Rakyat a. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala desa 8. Mengumpulkan. dan olahraga c. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala desa 6. Mengiventarisir sumber pendapatan dan kekayaan desa f. Menyiapkan bahan laporan keuangan desa e. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala desa 7. Melakukanadministrasi hasil swadaya masyarakat dalam pembangunan dan hasil pembangunan lainnya f. Melakukan administrasi peraturan desa. Kepala Dusun Tugas a. Mengumpulkan. dan keputusan kepala desa g. kesehatan. pemilihan bupati. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh sekretaris desa 5.b. peraturan kepaladesa. Menghimpun pendapatan dan kekayaan desa c. perindustrian dan pembangunan lainnya h. mengolah dan menyiapkan data dibidang pemerintahan desa. Kaur Pemerintahan a. Menghimpun data potensi didesanya serta menganalisadan mmelihara untuk dikembangkan e. Melakukan administrasi dan mempersiapkan bahan untuk pembuatan daftar usulan rencana dan proyek. Melaksanakan tugas dibidang pertanahan f. Mengumpulkan dan menyiapkan bahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan serta koordinasi kegiatan dibidang ekonomidan pembangunan c.

Melakukan fungsi-fungsi lain yang dilimpahkan oleh kepala desa 9. menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat e. Menjaga norma dan etika dalam hubungan kerja dengan lembaga kemasyarakatan . pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat diwilayah dusun b. Menggali. pengangkatan dan pemberhentian kepala desa d. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala desa Fungsi a. Melaksanakan kehidupan demokrasi dalam dalam penyelenggaraan pemerintahan desa c. menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. menghimpun. Membentuk panitia pemilihan kepala desa e. kelompok dan golongan g. Mempertahankan dan memelihara hukum nasional sera keutuhan nkri d. Memproses pemilihan kepala desa f. Meminta keterangan kepada pemerintah desa b. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa c. Melakukan tugas dibidang pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yang menjadi tanggung jawabnya c. Menyusun tata tertib BPD Hak a. melaksanakan UUD45 dan mentaati segala peraturan perundang-undangan b. Tugas a. membantu kepala desa dalam pembinaan dan mengkoordinasikan kegiatan rw dan rt diwilayah kerjanya e. melakukan kegiatan penerangan tentang program pemerintah kepada masyarakat d. merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat f. menampung. Melakukan koordinasi terhadap jalannya pemerintah desa. Mengusulkan. Mengamalkan pancasila. Membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa b. Mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Melakukan kegiatan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan ketrentaman dan ketertiban masyarakat e. Melakukan usaha dalam rangka meningkatkan partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dan melakukan pembinaan perekonomian d. Menyerap. Menyatakan pendapat Kewajiban a. BPD BPD mempunyai fungsi menetapkan peraturan desa bersama kepala desa.royong masyarakat c. menampung. Menghormati nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat masyarakat setempat h.

bermakna bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa harus mampu mewujudkan peran aktif masyarakat agar masyarakat senantiasa memiliki dan turut serta bertanggungjawab terhadap perkembangan kehidupan bersama sebagai sesama warga desa. berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam system Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. . yang memiliki makna bahwa istilah desa dapat disesuaikan dengan kondisi sosial budaya dan asal usul masyarakat setempat. namun prinsip dasar sebagai landasan pengaturan mengenai desa tetap. 3. Keanekaragaman. Dengan rumusan tersebut.PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI DESA TUGAS/FUNGSI KEPALA DESA. 1. namun harus tetap mengindahkan sistem nilai bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Walaupun terjadi pergantian Undang-Undang. Otonomi asli. yaitu. 2. namun harus diselenggarakan dalam perspektif administrasi pemerintahan Negara yang selalu mengikuti perkembangan zaman. bermakna bahwa kewenangan pemerintahan desa dalam mengatur dan mengurus masyarakat setempat. Hal ini berarti pola penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di desa harus menghormati sistem nilai yang berlaku pada masyarakat setempat. PERANGKAT DESA DAN BPD Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menegaskan bahwa Desa atau sebutan lain adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. karena otonomi yang dimiliki oleh desa diakui. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 memposisikan desa pada level yang sangat strategis dibandingkan dengan produk perundang-undangan sebelumnya. Otonomi desa harus diakui sebagai kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat dalam rangka kesejahteraan bersama. Partisipasi.

bermakna bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di desa harus mengakomodasi aspirasi masyarakat yang diartikulasi dan diagregasi melalui BPD dan lembaga kemasyrakatan sebagai mitra pemerintah desa. dan 8) Buku Ekspedisi yang . Jenis-jenis Administrasi Desa meliputi: a) Administrasi Umum adalah. 1) Buku Data Peraturan Desa 2) Buku Data Keputusan Kepala Desa 3) Buku Data Inventaris Desa 4) Buku Data Aparat Pemerintah Desa 5) Buku Data Tanah Milik Desa/Tanah Kas Desa 6) Buku Data Tanah di Desa 7) Buku Agenda. 5. bermakana bahwah penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di desa ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui penetapan kebijakan . Bentuk administrasi umum terdiri dari . PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI DESA Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 tahun 2006 tentang pedoman administrasi desa menjelaskan bahwah yang dimaksud dengan administrasi desa adalah keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan desa pada buku administrasi desa. Saudara-saudara hadirin yang saya hormati. akan dijelaskan beberapa topik mengemuka dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dewasa ini: 1.program. dan kegiatan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat.4. Demokratisasi. Pada kesempatan ini. Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan Pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum.

Bentuk Administrasi Keuangan Desa terdiri dari : 1) Buku Anggaran Penerimaan 2) Buku Anggaran Pengeluaran Rutin: 3) Buku Anggaran Pengelllluaran Pembangunan. dan 7) Buku Kas Pembantu Pengeluaran Pembangunan. d) Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pembangunan yang akan. dan 4) Buku Kader-Kader Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat . 6) Buku Kas Pembantu Pengeluaran Rutin. Bentuk Administrasi Penduduk terdiri dari: 1) Buku Data Induk Penduduk 2) Buku Data Mutasi Penduduk 3) Buku Data Rekapitulasi Jumlah Penduduk Akhir Bulan: dan 4) Buku Data Penduduk Sementara c) Administrasi Keuangan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolah keuangan pada Buku Administrasi Keuangan. Bentuk Administrasi Pembangunan terdiri dari : 1) Buku Rencana Pembanguan 2) Buku Kegiatan Pembanguan 3) Buku Inventaris Proyek. 4) Buku Kas Umum. 5) Buku Kas Pembantu Penerimaan.b) Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penduduk dan mutasi penduduk pada Buku Administrasi Penduduk. sedang dan telah dilaksanakan pada Buku Administrasi Pembangunan.

Pemerintah Kabupaten dan Camat berkewajiban membina dan mengawasinya. supervisi dan konsultasi Pelaksanaan Administrasi Desa.dan d. Memfasilitasi Adminstrasi Desa b. Melakukan pengawasan Administrasi Desa. 2. Pembinaan dan Pengawasan Pemerintah Kabupaten meliputi: a. Sedangkan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Camat meliputi: a. b.e) Administrasi Permusyawaratan Desa atau yang disebut dengan BPD adalah kegiatan Pencatatan Data dan informasi mengenai BPD Bentuk Adminstrasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terdiri dari : 1) Buku Data Anggaran BPD 2) Buku Data Keputusan BPD 3) Buku Data Kegiatan BPD 4) Buku Agenda BPD dan : 5) Buku Ekspedisi BPD Dalam hal pelaksanaan Admnistrasi Desa. TUGAS/FUNGSI KEPALA DESA. Menetapkan Pengaturan yang berkaitan dengan Administrasi Desa. Memberikan bimbingan. dan c. yakni: Pemerintahan . Memberikan bimbingan. Supervisi dan Konsultasi Pelaksanaan Administrasi Desa. PERANGKAT DESA DAN BPD Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa menjelaskan secara tegas susunan organisasi pemerintahan desa. c. Melakukan Evaluasi dan Pengawasan Pelaksanaan Administrasi Desa. Memberikan Pedoman Teknis Pelaksanaan Administrasi Desa.

Fungsi. Dalam melaksanakan tugas. Sekretariat Desa: disebut urusan yang terdiri atas:  Kepala Urusan Pemerintahan  Kepala Urusan Pembangunan. yang berada langsung di bawah Bupati dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Camat.Desa terdiri atas: Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Pelaksana Teknis Lapangan disebut Pamong. c. yang disesuaikan dengan kondisi kebutuhan masyarakat setempat dan ditetapkan dengan Peraturan Desa. Wewenagn dan Kewajiban Kepala Desa Kepala Desa berkedudukan sebagai kepala pemerintah di desa. pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Kepala Desa mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan. Kepala Desa mempunyai Wewenang: . Yang dimaksud dengan Perangkat Desa lainnya adalah: a. Tugas. pembangunan dan kemasyarakatan serta tugas-tugas lain yang dilimpahkan kepada desa. Selanjutnya. kebutuhan masyarakat setempat dan ditetapkan dengan Peraturan Desa. Pemerintah Desa meliputi: Kepala Desa dan Perangkat Desa Sedangkan Perangkat Desa terdiri atas: Sekretaris Desa dan Perangkat Desa lainnya. dan  Kepala Urusan Umum b. Kedudukan. A. Kepala Desa mempunyai fungsi memimpin penyelenggaraan pemerintahan. Unsur Kewilayahan: disebut Dusun yang disesuaikan dengan kondisi.

Membina perekonomian desa g. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kepala Desa mempunyai Kewajiban: a. Menaati dan menegakan seluruh peraturan perundang-undangan. c. Melaksanakan kehidupan demokrasi. Memeegang teguh dan mengasmalkan Pancasila. Menyelenggarakan administrasi pemerintahan desa yang baik . Mengkoordinasikan pembangunan desa secara partisipatif. h. g. e. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama BPD b. Mengajukan rancangan Peraturan Desa. Melaksanakan wewenang lain sesuai dengan peraturan perudangundangan Dalam melaksanakan tugas dan wewenag sebagaimana dimaksud. Menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan desa. h. Melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang bersih dan bebas dari korupsi. Menetapkan Peraturan Desa yang telah mendapat persetujuan bersama BPD d. Memelihara ketentraman dan keterlibatan masyarakat.a. melaksanakan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. f. d. dan i. c. b. Mewakili desanya di dalam dan di luar pengadilan dan dapatmenunjuk kuasa hokum untuk mewakilinya sesuai dengan peraturan perundangundangan. kolusi dan nepotisme. Membina kehidupan masyarakat desa f. Menyusun dan mengajukan rancangan Peraturan Desa mengenai APB Desa untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD e.

serta menginformasikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa kepada masyarakat. Mendamaikan perselisihamn masyarakat di desa l. Kedudukan. Melaksanakan urusan yang menjadi kewenangan desa. m. n. pembangunan. memberikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban kepada BPD.i. B. . mengayomi dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat. Mengembangkan potensi sumber daya alam dan melestarikan lingkungan hidup Selain kewajiban dimaksud. Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa disampaikan kepada Bupati melalui camat (satu) kali dalam 1 (satu) tahun. kemasyarakatan dan keuangan desa serta memberikan pelayanan administrasi bagi pemerintah desa dan masyarakat. Kepala Desa mempunyai kewajiban untuk memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa kepada Bupati. Memberdayakan masyarakat dan kelembagaan di desa. Laporan Keterangan Pertanggungjawaban kepada BPD disampaikan 1 (satu) kali dalam 1 ()satu) tahun dalam musyawarah BPD Laporan akhir masa jabatan kepala desa disampaikan kepada Bupati melalui camat dan kepada BPD. Tugas dan Fungsi Sekretaris Desa Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsure staf pembantu Kepala Desa dan memimpin Sekretariat Desa. Mengembangkan pendapatan masyarakat dan desa. k. Melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan desa. Sekretaris Desa mempunyai tugas mengkoordinir dan menjalankan administrasi pemerintahan. serta o. Membina. j.

Membantu kepala desa di bidang teknis dan administratif pelaksanaan pemerintahan desa. Pelaksana kegiatan pemerintahan desa b. Pelaksana urusan surat-menyurat. Tugas dan Fungsi Kepala Urusan Pembangunan . Pelaksana administrasi pemerintahan. Mengajukan pertimbangan kepada Kepala Desa baik menyangkut rancangan Peraturan Desa maupun hal-hal yang bertalian dengan pemerintahan desa. Kedudukan. Pelaksana urusan administrasi keuangan. Membantu sekretaris desa di bidang teknis dan administratif pelaksanaan ketentraman dan ketertiban masyarakat. Pelaksana tugas-tugas pemerintahan yang dilimpahkan Kepal Desa dan d. dan e. yang bertannggungjawab kepada kepala desa melalui sekretaris desa Kepala Urusan Pemerintahan mempunyai tugas: a. Sekretaris Desa mempunyai fungsi: a. Menyusun laporan penyelenggaraan pemerintahan desa setiap tahun Kepala Urusan Pemerintahan mempunyai fungsi: a. Pelaksana kegiatan perencanaan pemerintahan desa. serta d. Pelaksana tugas dan fungsi kepala desa apabila kepala desa berhalangan. Kedudukan. D. C. b.Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9. Tugas dan Fungsi Kepala Urusan Pemerintahan Kepala Urusan Pemerintahan berkedudukan sebagai unsur sekretariat. Pelaksana kegiatan bidang ketentraman dan ketertiban masyarakat. c. c. Mengajukan pertimbangan kepada kepala desa menyangkut urusan perselisihan masyarakat. kearsipan dan laporan b. pembangunan dan kemasyarakatan. c. d.

Kepala Urusan Pembangunan berkedudukan sebagai unsur sekretariat. Membantu kepala desa di bidang teknis dan administratif pembinaan kehidupan masyarakat desa. Kepala Urusan Umum mempunyai fungsi: . Pelaksana tugas-tugas pembangunan yang dilimpahkan oleh Kepala Desa. Melaksanakan urusan surat menyurat serta pelayanan umum. d. Membina dan melayani administrasi kependudukan. dan f. Tugas dan Fungsi Kepala Urusan Umum Kepala Urusan Umum berkedudukan sebagai unsure secretariat yang bertanggungjawab kepada kepala desa melalui sekretaris desa Kepala Urusan Umum mempunyai tugas: a. Membantu membina perekonomian desa c. b. Kedudukan. Penggalian dan pemanfaatan potensi desa. c. Mengajukan pertimbangan kepada kepala desa baik menyangkut rancangan peraturan desa maupun hal-hal yang bertalian dengan pembangunan desa. Pelaksana kegiatan dalam rangka membina perekonomian desa dan inventarisasi potansi desa. Membina dan melayani perizinan. Membantu Kepala Desa di bidang teknis dan administratif pelaksanaan pengelolaan pembangunan masyarakat desa b. d. Memlihara dan melestarikan asset-aset pemerintah. Melaksanakan urusan keuangan dan pelaporan e. c. yang bertanggungjawab kepada kepala desa melalui sekretaris desa Kepala Urusan Pembangunan mempunyai tugas: a. Kepala Urusan Pembangunan mempunyai fungsi: a. Pelaksana kegiatan bidang pembangunan masyarakat desa. b. dan d. Pelaksana kegiatan perencanaan pembangunan masyarakat desa E.

Hak dan Kewajiban. F. pelaksana kebijakan kepala desa G. Pelaksana kegiatan bidang pembinaan kehidupan masyarakat desa. b. Pelaksana keputusan desa sesuai bidang tugasnya di lapangan.a. Pelaksana kegiatan sesuai bidang tugasnya di lapangan b. Kedudukan. Pamong Desa mempunyai fungsi: a. pelaksana peraturan desa di wilayah kerjanya. dan c. Kedudukan. bidang ketentraman dan ketertiban. bidang pembangunan dan bidang kemasyarakatan di wilayah kerjanya. dan c. Fungsi dan Wewenang BPD Anggota BPD mempunyai Hak: . pelaksana kegiatan bidang pemerintahan. Pelaksana kebijakan kepala desa sesuai dengan bidang tugasnya di lapangan. Kedudukan. Pelaksana inventarisasi. Kepala dusun mempunyai tugas menjalankan kebijakan dan kegiatan kepala desa bidang pemerintahan. H. dan c. Tugas dan Fungsi Pamong Pamong Desa berkedudukan sebagai unsur pelaksana teknis lapangan untuk membantu kepala desa yang bertugas menjalankan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya di lapangan. Tugas dan Fungsi Kepala Dusun Kepala Dusun berkedudukan sebagai unsur kewilayahan yang membantu pelaksanaan tugas kepala desa di wilayah kerjanya dan bertanggungjawab kepada kepala desa. b. bidang pembangunan dan bidang kemasyarakatan di wilayah kerjanya. pembinaan dan pelestarian kebudayaan yang berlaku di desa. Kepala dusun mempunyai fungsi: a. ketentraman dan ketertiban. Pelaksana kegiatan perencanaan bidang kemasyarakatan dan sosial budaya desa.

menampung. Menghormati nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat masyarakat setempat. kelompok dan golongan. Indonesai Tahun 1945 dan mentaati dalam segala peraturan perundang-undangan. Mempertahankan dan memelihara hukum nasional serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesai. BPD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. BPD mempunyai fungsi: a. dan Menjaga norma dan etika dalam hubungan kerja dengan lembaga kemasyarakatan. Menyerap. f. d. d. Memperoleh tunjangan Anggota BPD mempunyai Kewajiban: a. Memproses pemilihan kepala desa. c. Mengajukan rancangan peraturan desa b. Mengajukan pertanyaan c.a. Membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa kehidupan demokrasi penyelenggaraan . e. Melaksanakan pemerintahan desa. Menyampaikan usul dan pendapat. g. Merumuskan dan menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa b. Mengayomi dan menjaga kelestarian adat istiadat yang hidup dan berkembang di desa. melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik b. dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. h. dan c. Memilih dan dipilih e. Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Mengamalkan Pancasila. BPD mempunyai wewenang: a.

konsultatif dan koordinatif. e. Bersifat “kemitraan” artinya Kepala Desa dan BPD selalu mengembangkan prinsip kerja sama yang harmonis dalam penyelenggaraan pemerintahan. Membentuk panitia pemilihan kepala desa. I. Menyusun tata tertib BPD. menghimpun. d. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa. pembangunan. dan kemasyarakatan di desa Bersifat “konsultatif” artinya bahwa kepala desa dan BPD senantiasa mengembangkan prinsip musyawarah dan konsultasi yang intensif dalam pelaksanaan kegiatan. dan f. menampung. Bersifat “koordinatif” artinya bahwa kepala desa dan BPD selalu mengembangkan prinsip musyawarah dan koordinasi yang intensif dalam pelaksanaan kegiatan . c. mmerumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Hubungan Kerja Hubungan kerja Pemerintah Desa dengan BPD adalah bersifat kemitraan. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa.b. Menggali.

mengkoordinasi penyusunan kebijakan. Tugas Menteri Koordinator diantaranya 1. mengkoordinasi menteri-menteri pada kementerian terkait dan instansi lain yang dianggap perlu. Hukum. Kementerian yang terkait dengan Menko: Menko Politik. Menteri Koordinator dibantu oleh staff yang terdiri dari. adalah Menteri Negara pembantu Presiden dengan tugas pokok mengkoordinasi penyiapan dan penyusunan kebijaksanaan serta pelaksanaan dibidang yang berada dalam tanggung-jawabnya dalam kegiatan pemerintahan Negara. dan Menko Bidang Kesra. dan Staff Ahli. Asisten Menteri Koordinator. sebanyak-banyaknya 5 (lima) orang. Menko Bidang Perekonomian. Dalam menjalankan segala tanggungjawabnya. 3. Keamanan    Kementerian Dalam Negeri Kementerian Hukum dan HAM Kementerian Luar Negeri . Dalam hal usaha pemecahan masalah bersama Menteri Koordinator belum dapat diperoleh penyelesaian. 2. Menteri Koordinator mengusahakan agar Menteri/Pimpinan Lembaga di lingkungan koordinasinya senantiasa memelihara adanya kesatuan bahasa dan kesatuan langkah mengenai kebijaksanaan Pemerintah. 4. Menteri Koordinator terdiri: Menko Polhukam. Sekretaris Menko. maka Menteri Koordinator melaporkannya kepada Presiden baik sendiri maupun bersama-sama Menteri/Pimpinan Lembaga yang bersangkutan dengan disertai pertimbanganpertimbangannya untuk mendapatkan keputusan atau petunjuk Presiden. menampung dan mengusahakan penyelesaian masalah-masalah yang timbul dalam bidang koordinasinya serta mengikuti perkembangan keadaannya. melakukan koordinasi seerat-eratnya mengenai penanganan masalah-masalah yang mempunyai sangkut paut antar bidang koordinasi dengan para Menteri Koordinator lainnya. sebanyak-banyaknya 5 (lima) orang.Menteri Koordinator Menteri Koordinator. menyampaikan laporan dan bahan keterangan serta saran-saran dan pertimbangan dibidang tanggung jawabnya kepada Presiden. sehingga pelaksanaannya baik di Pusat maupun di Daerah selalu terpadu.

Keuangan Kem. Koperasi dan UKM Kem. Badan Usaha Milik Negara Badan Pertanahan Nasional Badan Koordinasi Penanaman Modal Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI Menko Kesra           Kementerian Kesehatan Kementerian Pendidikan Nasional Kementerian Sosial Kementerian Agama Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Kementerian Negara Lingkungan Hidup Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Kementerian Negara Perumahan Rakyat Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga .         Kementerian Pertahanan Kementerian Kominfo Kementerian PAN & RB Kejaksaan Agung Mabes TNI Mabes Polri Lembaga Sandi Negara BIN Bakorkamla Menko Perkeonomian                   Kem. Perencanaan Pembangunan Nasional Kem. Kelautan dan Perikanan Kem. Riset dan Teknologi Kem. Perhubungan Kem. Pembangunan Daerah Tertinggal Kem. Energi dan Sumber Daya Mineral Kem. Pekerjaan Umum Kem. Pertanian Kem. Perindustrian Kem. Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kem. Perdagangan Kem. Kehutanan Kem.

Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan Presiden dan Wakil Presiden. Visi: Terwujudnya Sekretariat Negara yang profesional. dan Angkatan Udara. transparan dan akuntabel dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada Presiden dan Wakil Presiden. Memberikan pelayanan kerumahtanggaan dan keprotokolan yang optimal kepada Presiden dan Wakil Presiden.1. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan. Memberikan dukungan teknis dan administrasi secara efektif kepada Presiden dalam menyelenggarakan kekuasaan tertinggi atas AD. Menteri Sekretaris Negara Sekretariat Negara adalah lembaga pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara. pemindahan. dan pemberhentian dalam dan dari jabatan dan atau pangkat PNS di lingkungan Sekretariat Negara dan Pejabat Negara. Koordinasi pemberian dukungan teknis dan administrasi epada Presiden dalam menyelenggarakan kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat. Koordinasi pemberian pelayanan kerumahtanggaan dan keprotokolan kepada Presiden dan Wakil Presiden. Angkatan Laut. Fungsi:         Pemberian dukungan teknis dan administrasi kepada residen dan Wakil Presiden dalam pelaksanaan tugasnnya menyelenggarakan kekuasaan negara. AU. Misi:     Memberikan dukungan pelayanan teknis dan administrasi yang prima kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam pengambilan kebijakan penyelenggaraan kekuasaan negara. Pemberian dukungan teknis dan administrasi serta analisis dalam rangka penyiapan izin prakasa dan penyelesaian rancangan Undang-undang. PP Pengganti Undang-undang dan PP. Penyelenggaraan administrasi pengangkatan. Menyelenggarakan pelayanan yang efektif dan efisien di bidang . berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab Kepada Presiden. Penyiapan naskah-naskah Presiden dan Wakil Presiden. serta pemberian pertimbangan kepada Sekretaris Kabinet dalam penyusunan rancangan Peraturan Presiden. AL.Tugas: Memberikan dukungan teknis dan administrasi kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam pelaksanaan tugasnya menyelenggarakan kekuasaan Negara.

penyampaian laporan hasil evaluasi. kebijakan pelaksanaan dan kebijakan teknis di bidang pemerintahan dalam negeri. Antar Daerah Dan Antar Kawasan. MISI: Menetapkan kebijaksanaan nasional dan memfasilitasi penyelenggaraan pemerintahan dalam upaya :        Memelihara Dan Memantapkan Keutuhan Negara Kestuan Republik Indonesia. Serta Kemandirian Daerah Dalam Pengelolaan Pembangunan secara Berkelanjutan Dan Berbasis Kependudukan 3. Menteri Dalam Negeri Departemen Dalam Negeri mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pemerintahan dalam negeri. Efisien. Departemen Dalam Negeri menyelenggarakan fungsi:      perumusan kebijakan nasional. dan hubungan kelembagaan. saran. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Dan Bernegara: Memantapkan Efektifitas Dan Efisiensi Penyelenggaraan Pemerintahan Yang Desentralistik. Mengembangkan Keserasian Hubungan Pusat-Daerah. pengawasan. dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Memantapkan Sistem Politik Dalam Negeri Yang demokratis Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Meningkatkan Keberdayaan Masyarakat Dalam Aspek Ekonomi. Memantaapkan Pengelolaan Keuangan Daerah Yang Efektif. Menteri Luar Negeri Departemen Luar Negeri mempunyai tugas membantu Presiden dalam . Berbangsa. VISI: Terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang desentralistik. pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan Politik. sarana dan prasarana Sekretariat Negara 2.. Akuntansi Dan Auditabel. Memelihara Ketentraman Dan Ketertiban Umum Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Meningkatkan kualitas SDM. informasi. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. Sosial Budaya. sistem politik yang demokratis. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. administrasi umum.

demokratis dan sejahtera” Diplomasi total adalah instrumen dan cara yang digunakan dalam diplomasi dengan melibatkan seluruh komponen stakeholder. Mewujudkan adalah keinginan untuk merealisasikan atau menuntaskan gagasan/ide dan sesuatu yang belum ada atau masih tengah berjalan. regional dan internasional di segala bidang dan meningkatkan prakarsa dan kontribusi Indonesia dalam pencapaian keamanan dan perdamaian internasional serta memperkuat multilateralisme. penyampaian laporan hasil evaluasi. Memperkuat hubungan dan kerjasama bilateral. dan kebijakan teknis di bidang politik dan hubungan luar negeri. Indonesia yang bersatu menggambarkan keinginan kuat untuk tetap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. dan memajukan perdamaian dunia. demokratis dan sejahtera adalah konsep agenda utama yang dituangkan Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam masa lima tahun mendatang. VISI : “Melalui diplomasi total. peran aktif di Asia Pasifik. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. memanfaatkan seluruh lini kekuatan (multi-track diplomacy). membangun kemitraan strategis baru Asia-Afrika serta hubungan antar sesama negara berkembang. adil.menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang politik dan hubungan luar negeri. Meningkatkan citra Indonesia di masyarakat internasional sebagai negara demokratis. kebijakan pelaksanaan. promosi dagang dan investasi. menghormati hak asasi manusia. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Membantu pencapaian Indonesia sejahtera melalui kerjasama pembangunan dan ekonomi. kesempatan kerja dan alih teknologi. Meningkatkan pelayanan dan perlindungan Warga Negara Indonesia di luar negeri serta melancarkan diplomasi kemanusiaan . adil. pluralis. MISI :       Memelihara dan meningkatkan dukungan internasional terhadap keutuhan wilayah dan kedaulatan Indonesia. lebih aman. ikut mewujudkan Indonesia yang bersatu. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Departemen Luar Negeri menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. Meningkatkan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam proses integrasi ASEAN. Lebih aman.

dan sejahtera. Departemen Pertahanan menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. menyempurnakan. VISI: “Terwujudnya Sistem dan Politik Hukum Nasional yang mantap dalam rangka tegaknya Supremasi Hukum dan HAM untuk menunjang tercapainya kehidupan masyarakat yang aman. budaya kerja dan profesionalisme pelaku diplomasi serta peran utama dalam koordinasi penyelenggaraan politik dan hubungan luar negeri. saran dan pertimbangan di bidang pertahanan kepada Presiden. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya.” MISI:   Menyusun Perencanaan hukum. penyampaian laporan hasil evaluasi. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang hukum dan HAM. kebijakan pelaksanaan. kebijakan pelaksanaan. . dan kebijakan teknis di bidang hukum dan HAM. guna mendukung tanggap darurat dan rekonstruksi Aceh dan Nias dari bencana gempa dan tsunami. memperbaharui hukum. Melanjutkan benah diri untuk peningkatan kapasitas kelembagaan. Menteri Pertahanan Departemen Pertahanan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pertahanan. Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. dan peraturan perundang-undangan. adil. dan kebijakan teknis di bidang pertahanan. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang pertahanan. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. rukun. 5. Membentuk. bersatu. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. 4. damai. pengawasan atas pelaksanaan kebijakan pertahanan. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. penyampaian laporan hasil evaluasi.

Melakukan pembinaan dan pengembangan hukum. sehingga dapat memberikan nilai tambah yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. penegakan. 6. Melaksanakan penelitian dan pengembangan hukum dan HAM. sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab. bea masuk dan cukai serta penerimaan negara bukan pajak sesuai peraturan perundangan yang berlaku sebagai upaya mengurangi ketergantungan terhadap pinjaman luar negeri.Departemen Keuangan menyelenggarakan fungsi :        Menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) setiap tahun. Mengalokasiakan belanja negara dengan setepat-tepatnya sesuai dengan arah yang telah ditetapkan dalam Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) dan Undang-Undang APBN. Meningkatkan sarana dan prasarana hukum. dan antar Daerah. pemenuhan. pelayanan hukum dan penegakan hukum. Meningkatkan dan melindungi karya intelektual dan karya budaya yang inovatif dan inventif. Membina. seperti memberikan kemudahan dalam rangka pengolahan bahan baku impor untuk memproduksi barang ekspor.          Melaksanakan penerapan hukum. Ikut serta memajukan pertumbuhan dunia usaha dan industri dalam negeri dengan jalan memberikan fasilitas kebijaksanaan fiskal. Meningkatkan dan memantapkan pengawasan hukum. serta melakukan pencegahan dan pemberantasan penyeludupan. Meningkatkan dan memantapkan jaringan dokumentasi dan informasi hukum Nasional. Menyusun laporan keuangan pemerintah berupa Perhitungan Anggaran Negara (PAN) sebagai pertanggungjawaban Pemerintah . Meningkatkan upaya perlindungan. Meningkatkan pembinaan sumber daya manusia aparatur hukum. Mengamankan dan meningkatkan penerimaan negara dari pajak. meningkatkan kelancaran arus barang impor dan ekspor. Meningkatkan dan memantapkan kesadaran dan budaya hukum masyarakat. Menetapkan kebijakan perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. dan penghormatan hak asasi manusia. mengelola dan menatausahakan barang milik/kekayaan negara (aset negara) dalam rangka lebih meningkatkan dayaguna dan hasilguna aset negara serta pengamanannya. pemajuan. Menteri Keuangan Departemen Keuangan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang keuangan dan kekayaan negara. guna membiayai pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan.

bertanggungjawab. VISI: “Menjadi pengelola keuangan dan kekayaan negara bertaraf internasional yang dipercaya dan dibanggakan masyarakat. Merumuskan kebijakan di Sektor ESDM yang kondusif sehingga mampu menciptakan iklim investasi yang kondusif serta berpartisipasi meningkatkan kinerja BUMN yang efisien dan produktif dalam rangka menunjang pembangunan nasional secara optimal. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang energi dan sumber daya mineral. VISI : Terwujudnya sektor energi dan sumber daya mineral yang menghasilkan nilai tambah sebagai salah satu sumber kemakmuran rakyat melalui pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan. serta instrumental bagi proses transformasi bangsa menuju masyarakat adil. dalam rangka mempercepat pemulihan dan pembangunan kembali perekonomian nasional dengan tetap mempertimbangkan konservasi energi dalam jangka panjang. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. . bersih. Memelihara serta meningkatkan kontribusi migas. transparan. kebijakan pelaksanaan. dan akuntabel serta bebas dari KKN. MISI :      Meningkatkan Kualitas dan kinerja jajaran DESDM yang mencerminkan pemerintahan yang baik. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. makmur dan berperadaban tinggi” 7. batubara dan mineral bagi penerimaan negara. Meningkatkan penyediaan dan pemanfaatan sumber energi dan tenaga listrik yang terjangkau masyarakat. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. transparan. Meningkatkan pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana yang berkaitan dengan energi dan listrik. efisien serta sesuai dengan standard etika yang tinggi. ramah lingkungan dan secara berkelanjutan.atas pengelolaan APBN. penyampaian laporan hasil evaluasi. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. adil. dan kebijakan teknis di bidang energi dan SDM.

optimalisasi dan diversifikasi mineral dan energi. dan kebijakan teknis di bidang perindustrian. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. 8. Departemen Perindustrian menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. dan . kebijakan pelaksanaan. alih teknologi dan peningkatan sumber daya manusia. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Departemen Pertanian menyelenggarakan fungsi :  perumusan kebijakan nasional. Memelihara dan meningkatkan kerjasama internasional untuk menunjang kepentingan ekonomi nasional. Mengembangkan. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. dan kebijakan teknis di bidang perdagangan.    Memelihara dan menjamin tersedianya pasokan energi dan tenaga listrik dan bahan baku bagi sektor industri dalam negeri. 10. Membangun dan meningkatkan kesadarn nasional untuk melakukan konservasi. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Menteri Perindustrian Departemen Perindustrian dan Perdagangan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang perindustrian. 9. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. Menteri Pertanian Departemen Pertanian mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pertanian. penyampaian laporan hasil evaluasi. penyampaian laporan hasil evaluasi. Menteri Perdagangan Departemen Perdagangan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang perdagangan. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. menyesuaikan dan menyusun perangkat regulasi sektor ESDM sesuai tuntutan Jaman dan perkembangan lingkungan yang sekaligus diselaraskan dengan kebijakan otonomi daerah. kebijakan pelaksanaan. kebijakan pelaksanaan. Departemen Perdagangan menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional.

5 tahun 1990 tentang Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta persetujuan DPR-RI periode 2004-2009 tanggal 1 Desember 2004 misi Departemen Kehutanan dalam pembangunan kehutanan ditetapkan sebagai berikut :     Menjamin keberadaan hutan dengan luasan yang cukup dan sebaran yang proporsional. Mendorong peran serta masyarakat. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. Menteri Kehutanan VISI visi pembangunan kehutanan ditetapkan sebagai berikut : Terwujudnya Penyelenggaraan Kehutanan untuk Menjamin Kelestarian Hutan dan Peningkatan Kemakmuran Rakyat. penyampaian laporan hasil evaluasi. . saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Meningkatkan daya dukung Daerah Aliran Sungai (DAS). Departemen Kehutanan menyelenggarakan pengurusan hutan untuk memperoleh manfaat yang optimal dan lestari serta untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan. MISI Berdasarkan UU No. 11. Mengoptimalkan aneka fungsi hutan dan ekosistem perairan yang meliputi fungsi konservasi. Peningkatan pendapatan masyarakat di dalam dan sekitar hutan sebesar 30 %. non kayu dan jasa lingkungan untuk mencapai manfaat lingkungan sosial. Pembangunan hutan tanaman seluas 5 juta Ha dan rehabilitasi hutan dan lahan seluas 5 juta Ha.    kebijakan teknis di bidang pertanian. Penerapan prinsip pengelolaan hutan lestari antara lain dengan membangun minimal 1 (satu) Unit Pengelolaan Hutan di setiap provinsi. 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dan UU No. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Menjamin distribusi manfaat yang berkeadilan dan berkelanjutan. Pengukuhan kawasan hutan minimal 30 % dari luas kawasan hutan yang ada. lindung dan produksi kayu. budaya dan ekonomi yang seimbang dan lestari. Berdasarkan visi tersebut. Pembentukan 20 unit Taman Nasional mandiri. Sasaran prioritas pencapaian visi jangka menengah Departemen Kehutanan (2005-2009) sebagai berikut:       Pemberantasan pencurian kayu dan perdagangan kayu illegal.

13. Departemen Perhubungan dan Telekomuniasi menyeleng-garakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. 12. penyampaian laporan hasil evaluasi. dan kebijakan teknis di bidang perhubungan. Meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan jasa perhubungan. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Departemen Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. Memantapkan koordinasi antara pusat dan daerah. kebijakan pelaksanaan. Menteri Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang kelautan dan perikanan. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. Meningkatkan kualitas pelayanan jasa perhubungan yang handal dan memberikan nilai tambah. MISI:     Mempertahankan tingkat jasa pelayanan sarana dan prasarana perhubungan. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Melaksanakan konsolidasi melalui restrukturisasi dan reformasi di bidang sarana dan prasarana perhubungan. berdaya saing dan memberikan nilai tambah. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. kebijakan pelaksanaan. dan kebijakan teknis di bidang kelautan dan perikanan. VISI: Terwujudnya penyelenggaraan pelayanan perhubungan yang handal. Menteri Perhubungan Departemen Perhubungan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang perhubungan. penyampaian laporan hasil evaluasi. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. VISI pembangunan kelautan dan perikanan adalah : “Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan yang lestari dan .

penyampaian laporan hasil evaluasi. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya.bertanggung jawab bagi kesatuan dan kesejahteraan anak bangsa”. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Pemeliharaan dan peningkatan daya dukung serta kualitas lingkungan perairan tawar. dan kebijakan teknis di bidang pekerjaan Umum. Menteri Pekerjaan Umum Departemen Pekerjaan Umum mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum. 15. pembudidaya ikan dan masyarakat pesisir lainnya. penyampaian laporan hasil evaluasi. dan kebijakan teknis di bidang kelautan dan perikanan. kebijakan pelaksanaan. pulau-pulau kecil dan lautan. Menteri Kesehatan Departemen Kesehatan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian tugas pemerintahan di bidang kesehatan. Peningkatan peran sektar kelautan dan perikanan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. kebijakan pelaksanaan. Departemen Pekerjaan Umum menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. MISIi pembangunan sektor kelautan dan perikanan adalah :      Peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. 16. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pesisir. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. Peningkatan kecerdasan dan kesehatan bangsa melalui peningkatan konsumsi ikan. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan dan transmigrasi. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. . Peningkatan peran laut sebagai pemersatu bangsa dan peningkatan budaya bahari bangsa Indonesia. 14.

pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. dinamis. berakhlak mulia. Meningkatkan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari- . saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. kreatif. terampil. penyampaian laporan hasil evaluasi. mandiri.Departemen Kesehatan menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. Mewujudkan kehidupan sosial budaya yang berkepribadian. 17. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. kretaif. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. berakhlak. dan berdaya tahan terhadap pengaruh globalisasi. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. bertaqwa. penyampaian laporan hasil evaluasi. MISI: Untuk mewujudkan visi pendidikan nasional. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. dan kebijakan teknis di bidang kesehatan. yaitu sebagai berikut:    Mewujudkan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan berkualitas guna mewujudkan bangsa yang berakhlak mulia. berdaya saing. berkeahlian. dan kebijakan teknis di bidang pendidikan nasional. VISI: Visi pendidikan nasional adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai. serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. pemuda. cerdas. berdasarkan hukum dan lingkungan. disiplin. Menteri Pendidikan Nasional Departemen Pendidikan Nasional mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pendidikan nasional. dan olahraga. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. cinta tanah air. demokratis. inovatif. memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin. berwawasan kebangsaan. maju dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat. sehat. kebijakan pelaksanaan. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. beriman. pemuda. kebijakan pelaksanaan. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Departemen Pendidikan Nasional menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. dan olahraga ditetapkan misi yang menjadi sasaran pembangunan pendidikan nasional. bertanggungjawab.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang kebudayaan dan kepariwisataan. dan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata. dan damai. berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dalam rangka memberdayakan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi nasional terutama pengusaha kecil. 18. kebijakan pelaksanaan. 19. Departemen Agama menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi . penyampaian laporan hasil evaluasi. rukun. Menteri Agama Departemen Agama mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang keagamaan. mandiri. kebijakan pelaksanaan. 20. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan fungsi :    perumusan kebijakan nasional. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. maju. dan koperasi. toleran. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. penyampaian laporan hasil evaluasi. berdaya saing. hari untuk mewujudkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan. Departemen Sosial menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. kebijakan pelaksanaan. Menteri Sosial Departemen Sosial mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang sosial. dan kebijakan teknis di bidang sosial. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. menengah. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang produktif. dan mantapnya persaudaraan antarumat beragama yang berakhlak mulia. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. dan kebijakan teknis di bidang keagamaan.

21. penyampaian laporan hasil evaluasi. dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. dan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. kebijakan pelaksanaan. Meningkatkan daya jangkau infrastruktur pos.  tanggungjawabnya. Departemen Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. MISI :         Meningkatkan kapasitas layanan informasi dan pemberdayaan potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat berbudaya informasi. penyampaian laporan hasil evaluasi. komunikasi dan informatika untuk memperluas aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dalam rangka mengurangi kesenjangan informasi. Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang . Meningkatkan kualitas penelitian dan pengembangan dalam rangka menciptakan kemandirian dan daya saing bidang komunikasi dan informatika. saran. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan serta pemberdayaan lembaga komunikasi dan informatika pemerintah dan masyarakat. Mengembangkan standardisasi dan sertifikasi dalam rangka menciptakan iklim usaha yang konstruktif dan kondusif di bidang industri komunikasi dan informatika. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. Menteri Komunikasi dan Informatika Departemen Komunikasi dan Informatika membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika. VISI : Terwujudnya masyarakat informasi yang sejahtera melalui penyelenggaraan komunikasi dan informatika yang efektif dan efisien dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mendorong peningkatan aplikasi layanan publik dan industri aplikasi telematika dalam rangka meningkatkan nilai tambah layanan dan industri aplikasi. Mendorong peranan media massa dalam rangka meningkatkan informasi yang beretika dan bertanggung jawab serta memberikan nilai tambah pembangunan bangsa. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya.

Meningkatkan kualitas pengawasan menuju terselenggaranya kepemerintahan yang baik (good governance). Meningkatkan peran serta aktif Indonesia dalam berbagai fora internasional di bidang komunikasi dan informatika dalam rangka meningkatkan citra positif bangsa dan negara.  komunikasi dan informatika dalam rangka meningkatkan literasi dan profesionalisme. .

..2 Birokrasi Pemerintahan Desa ..dimaksudkan guna setiap warga masyarakat cenggini mengetahui setiap ADD setiap tahun b.....sehingga kehidupan yang nyaman dapat terwujud c.... Pemberdayaan masyarakat yang didanai oleh pemerintah melalui program PNPM Mandiri Pedesaan dilaksanakan dengan efektif dan efisien dengan mengedepankan aspirasi serta musyawarah mufakat dari masyarakat Cenggini e.. Peningkatan aktifitas kehidupan beragama.akan di implementasikan dengan cara pembentukan Tim Pelaksana Kerja Desa (TPKD) sehingga kontrol masyarakat lebih mudah c. Adanya transparansi dalam Alokasi Dana Desa (ADD).. Melaksanakan pembangunan dengan sebenarnya yang berpedoman pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang didahului oleh musaywarah mufakat dari masyarakat Cenggini d.saya akan melaksanakan aspirasi serta ide gagasan masyarakat cenggini yang tersurat dalam Visi Misi berikut ini: VISI Hadir lebih dekat melayani masyarakat serta Menuju Desa Cenggini yang bermartabat dan menjunjung tinggi nilai norma dalam bermasyarakat MISI 1.………..oleh masyarakat...... Pembangunan Non Fisik 2.........baik mengoptimalkan jamiahan ataupun acara ta’lim dalam masyarakat b.... Dengan rahmat Allah SWT bahwa jika saya terpilih oleh masyarakat cenggini menjadi Kepala Desa Cenggini Kec.... Pembangunan Fisik a. Balapulang Kab.. Kec :. Alokasi Dana Desa (ADD) dalam alokasi fisik.. Diusahakan semaksimal mungkin pembangunan fisik Desa cenggini di lakukan atas pendapatan asli Desa Cenggini jika tidak ada alokasi dana dari pemerintah di sektor tertentu yang dimaksud.. Tanggal lahir : ……………. Menjaga serta melanjutkan sepenuhnya aktifitas beragama yang telah menjadi tradisi serta kebiasaan yang telah disepakati oleh masyarakat Cenggini 2.sehingga proses pembangunan dari masyarakat.....ISI DAN MISI CALON KEPALA DESA Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : ……………..untuk masyarakat Cenggini dapat terealisasi 2. Tegal periode 2013-2018. Meningkatkan kerukunan serta toleransi dalam beragama..1 Kehidupan Beragama a. Alamat : ……………...

1. Lebih dekat serta kerja sama yang baik dengan BPD selaku mitra kerja Kepala Desa serta lembaga Desa yang lain sehingga Jalanya pemerintahan Desa lebih dapat terkontor 2.pemuda.wewenang serta fungsi struktural pemerintahan desa 3.yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar ’45 sebagai jati diri bangsa . Pelayanan yang lebih dekat serta mudah terhadap kepentingan masyarakat 4. Adanya sinkronisasi serta komitmen kepuasan pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah desa serta jajaranya 5.serta tokoh agama dalam membina serta berkehidupan masyarakat yang lebih baik.3 Sosial Kemasyarakatan a) Peningkatan peran serta tugas pemuda dalam masyarakat b) Pemberdayaan pemuda dalam olahraga sehingga diharapkan prestasi dari pemudapemudi Desa Cenggini yang mengharumkan Desa Cenggini pada umumnya c) Mengedepankan musyawarah mufakat antar anggota masyarakat d) Bekerja sama dengan tokoh masyarakat. penataan kembali birokrasi pemerintah desa jika diperlukan guna pelayanan serta kepuasan pelayanan terhadap masyarakat Cenggini 2. Pengoptimalisasikan tugas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful