DRS. NANA DJUMHANA, M.

PD

BAHAN AJAR

BIOLOGI
UNTUK KELAS X SEMESTER 1 - 2

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 2007

MODUL 1

BAHAN AJAR

BIOLOGI
UNTUK KELAS X SMU / MA SEMESTER 1-2

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2007

KATA PENGANTAR

PRAKATA

Sampel

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR PRAKATA DAFTAR ISI

TEMA 1 .

Hakekat Biologi …………………………………………… Kompetetensi Dasar………………………………………. Tujuan Pembelajaran…………………………………….. Kegiatan Belajar 1 Ruang lingkup Biologi Pembahasan Tugas Soal dan Latihan Refleksi Kegiatan Belajar 2

.

akan membekali siswa tentang hakikat biologi serta mengnal virus. monera.TEMA 1 HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU ================================================== PENDAHULUAN Modul mata pelajaran Biologi ini akan membekali siswa SMA / Madarasah Aliyah pada kelas X semester I dengan harapan belajar dalam memperoleh pengalaman memahami berbagai konsep dan proses sains. 2.Kompetensi Dasar Pada Tema I. yang dijabarkan dalam materi : hakikat dan ruang lingkup biologi. jamur dan protozoa. jamur dan pengelompokan makhluk hidup. Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi Mendeskripsikan ciri dan peran virus dalam kehidupan . Tujuan Pembelajaran Tujuan secara umum dari modul ini diharapkan dapat menjelaskan hakikat dan ruang lingkup biologi serta keanekaragaman makhluk hidup. dan secara praktis membekali siswa untuk dapat memberikan prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari a. Dalam setiap kegiatannya modul ini mencoba untuk memberikan pemahaman secara konseptual dari materi bahan ajar biologi. serta berbagai kegiatan dan dampak yang dihasilkannya. dan tujuan khususnya adalah agar siswa dapat : 1. monera. kelompok makhluk hidup berupa virus. b.

5. Tangkap konsep dasar esensial dan pengertian demi pengertian melalui pemahaman sendiri kemudian diskusikan dengan teman atau tutor anda. 4. ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini: 1. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan sampai anda memahami secara tuntas tentang apa. 5. 4. Mendeskripsikan ciri dan peran monera dalam kehidupan Mendeskripsikan ciri dan jenis jamur serta perannya dalam kehidupan Mendeskripsikan ciri dan peran protozoa Untuk membantu Anda dalam mempelajari kegiatan belajar ini. untuk apa dan bagaimana mempelajari bahan ajar ini. Mantapkan pemahaman anda dengan mengerjakan latihan dan melalui kegiatan diskusi dalam tutorial dengan teman sejawat. . SELAMAT BELAJAR . baca dan pelajari sumber-sumber lain yang relevan.3. Jangan lewatkan untuk menjawab soal-soal latihan dalam setiap akhir kegiatan belajar. Untuk memperluas wawasan. 3. 2.

Perkembangan biologi modern dewasa ini telah mencapai titik kecanggihan sehingga memungkinkan kita untuk dapat lebih mengenal rahasia-rahasia yang tersembunyi mengenai masalah-masalah kehidupan yang pada waktu sebelumnya masih banyak yang belum diketahui. Aristoteles (384—322 SM) berpandangan hahwa makhluk hidup perlu dikenal lebih cermat sehingga perlu dijadikan sasaran penelitian. Sebagai ilmu. bios dan logos. biologi sebagai ilmu pengetahuan dapat membantu manusia dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya. maka Aristoteles dianggap sebagai perintis biologi. zat-zat penyusun makhluk hidup. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa biologi sangat berguna untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia secara keseluruhan. berdasarkan persamaan susunan tubuhnya. biologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan tahun ke tahun. . Bios berarti hidup dan logos bararti ilmu. Cakupan biologi meliputi makhluk hidup itu sendiri. Ia juga mempelajari perkembangan embrio maupun susunan dan bentuk organ dalam tubuh hewan lewat pembedahan. Pengamatan penelitian tarhadap “kehidupan” sudah timbul pada masa Yunani. zat-zat yang dibutuhkan untuk hidup. mengenal lingkungannya serta mengenal adanya hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ia adalah orang pertama yang meneliti berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Di samping itu. Karena jasa-jasanya tersebut. dan berhasil menggolongkan lebih dan 500 jenis hewan dan tumbuhan embrio maupun susunan dan bentuk alat-alat dalam hewan melalui pembedahan tubuh hewan. Jadi biologi berarti ilmu yang mempelajari seluk-beluk kehidupan.KEGIATAN BELAJAR 1 HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP BIOLOGI Biologi berasal dari bahasa Yunani. dan segala hal yang ada hubungannya dengan organisme dan lingkungan. Biologi sebagai ilmu pengetahuan membantu manusia mengenal dirinya sebagai makhluk hidup.

Hal itu terutama setelah ditemukannya alat-alat teknologi modern yang memungkjnkan dilakukannya penelitian lebih lanjut dalam biologi seperti Mikrobiologi. mikroskop elektron.Kedudukan Biologi diantara ilmu pengetahuan yang lain. dan sejenisnya termasuk dalam ilmu-ilmu terapan. anda perhatikan table berikut ini : Tabel 1. Biologi. dan sebagainya. . Fisika. disamping ilmu pengetahuan juga dibedakan antar kelompok ilmu-ilmu murni (pure sciences) dan kelompok ilmu-ilmu terapan/terpakai (applied sciences). komputer. ilmu farmasi. ilmu pertanian. Artinya Seseorang tidak akan mungkin menguasai ilmu-ilmu terapan tersebut tanpa menguasai biologi. Matematika. optik pembesar. komputer scanning. Pengkajian objek biologi seiring dengang tingkat perkembangan biologi sebagai ilmu murni. Penemuan alat-alat seperti mikroskop cahaya.1 Cabang-cabang Biologi NAMA CABANG BIOLOGI Anatomi Bakteriologi Botani Ekologi HAL YANG DIKAJI Struktur tubuh manusia Bakteri dan kehidupannya Tumbuhan dan kehidupannya Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkugannya Embriologi Perkembangan organisma dan telur hingga menjadi embrio. Seiring dengan kemajuan yang dicapai dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan ilmu kedokteran. termasuk dalam ilmu-ilmu murni. Biologi sebagai ilmu pengetahuan murni sangat berperan di dalam pengembangan ilmu terapan tersebut. dan sebagainya membuat perkembangan biologi semakin canggih. maka pengetahuan di bidang biologi pun semakin meningkat dan peranan biologi pun semakin penting. Virologi.

Biogeografi. Biopsikologi. yang kemudian melahirkan cabang-cabang ilmu baru. Oleh karena itu. misalnya Biofisika.Entomologi Evolusi Serangga dan kehidupannya Perkembangan makhluk hidup dari bentuk sederhana ke bentuk yang paling rumit (komplek) Fisiologi Proses-proses dan kegiatan yang terjadi dalam rubu makhluk hidup Hygiene Histology Mikrobiologi Morfologi Palaeontologi Pemeliharaan kesehatan organisme Susunan dan fungsi jaringan tubuh makhluk hidup Kehidupan mikroorganisme Susunan dan bentuk luar tubuh orgaisme Kehidupan makhluk hidup di masa lampau berdasarkan petunjuk fosil Patologi Sitologi Virology Penyakit dan pengaruhnya terhadap organisme Susunan dan fungsi bagian-bagian dari sel Kehidupan virus dan pengaruhnya terhadap organisme lain Zoology Hewan dan kehidupannya Dengan pemaparan di atas jelaslah bahwa tidak tertutup kemungkinan adanya keterkaitan antara ilmu yang sekelompok misal biologi. bakteriologi adalah ilmu dasar dalam pengkajian fenomena yang berhubungan dengan bakteri. biokimia. Misal virologi adalah ilmu yang mendasari pengkajian fenomena yang berhubungan dengan virus. ini yang lebih kita kenal pemahaman fenomena alam. dan sebagainya. dalam tataran implementasinya diadakan pembagian ilmu sesuai dengan bidang kajian yang akan diambilnya. Pemahaman Ilmu (science) dalam dunia ilmu pengtahuan tidak sematamata kumpulan seperangkat fakta dan aturan. fisika. . dan kimia dalam IPA. akan tetapi lebih kepada bagaimana cara memahami suatu peristiwa atau kenyataan yang berlangsung di alam.

Karena ukuran virus sangat kecil atau ukuran ultra mikroskopik. Ukuran virus sangat kecil yaitu sekitar beberapa. pakar botani dari Rusia. Bahkan cairan itu ternyata mengandung sesuatu yang bisa menyebabkan penyakit. VIRUS Pada penghujung abad ke-19 D. Virus dapat dikristalkan.J Ivanowski. Berikutnya kita bahas kajian tentang fenomena virus dalam virologi. Virus tidak memiliki protoplasma. c. Ini penemuan pertama bahwa penyakit bisa ditularkan dari satu tumbuhan kepada tumbuhan lainnya melalui filtrat cairan tumbuhan yang babas dari organisma hidup. disebut contagium vivum fluidum yang berarti cairan hidup yang menular. senyawa ini dimiliki oleh makhluk hidup. sedang makhluk hidup tidak mungkin mampu mampu mengkristal. Sekarang kita kenal dengan virus (latin. 1 µ = 1 X 103 mm). Kebanyakan virus mempunyai ukuran antara 20 mµ sampai 300 mµ (baca mµ = mili mikron. jadi ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan bakteri yang berukuran 10 mµ (baca : µ = mikron. Beberapa waktu kemudian. maka virus hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop electron. Cabang ilmu yang mempelajari tentang virus disebut virologi. b. Seperti diketahui bahwa makhluk hidup itu memiliki subtansi dasar kehidupan yaitu protoplasma. Memiliki DNA/RNA. dengan hati-hati melakukan penelitian memisahkan cairan dari tanaman tembakau yang terserang penyakit. Virus menurut biologi merupakan makhluk hidup karena : a. Adapun alasan . Dalam jumlah tertentu cairan tersebut disuntikan ke dalam tanaman temabakau yang sehat. Virus tidak memiliki protoplasma sehingga timbul pandangan bahwa virus bukan organisme hidup. 1 mµ = 1 X 106 mm).1.alasannya : a. berarti lendir beracun). tumbuhan tembakau itu memperlihatkan gejala yang sama dengan tembakau yang sakit. . hal ini tidak mungkin ukuran organisme hidup dengan ukuran tersebut.

campak. Yang terang ialah.akhir ini di kota . tetapi hanya di dalam sel hidup. Penyakit lain yang disebabkan virus ialah : influenza. Loffler dan Frosch menemukan virus hewan yang menyebabkan penyakit mulut dan kuku pada ternak. Penyakit ini minta banyak korban. Virus mampu melaksanakan aktivitas hidup yaitu reproduksi.virus yang lain. bahwa virus dapat berbiak. cacar. Towrt (1916) dan d’ Herelle (1917) menemukan virus bakteri yang menyebabkan lisis (penguraian). kanker.bercak kuning (mosaik) pada daun tembakau ialah Adolf Mayer pada tahun 1885. Banyak virus dapat dipiara manusia di dalam substrat (dasar makanan) yang berupa sel atau jaringan hidup. Sejarah Penemuan Virus Virus tanaman lebih dahulu ditemukan daripada virus . polio. Virus yang menyerang bakteri disebut . herpes. Beijerink (1899) adalah sarjana sarjana dengan penelitiannya menguatkan apa yang telah dilaporkan Adolf Mayer tentang adanya virus tanaman pada daun tembakau yang menyebabkan belang belang pada daun tembakau yang dikenal dengan penyakit mosaik daun. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) dan beberapa lainnya lagi. Reed (1990) menemukan virus yang menyebabkan penyakit kuning pada manusia. Demam berdarah disebabkan oleh virus dan menular dari seseorang yang sakit orang lain dengan perantara nyamuk Aedes. Sampai sekarang orang sulit untuk menyatakan apakah virus itu sebenarnya makhluk hidup ataukah makhluk tak hidup. Pada tahun 1897. Sarjana yang pertama kali mempublikasikan hasil penelitiannya mengenai penyakit bercak . Dmitri Ivanowski (1892) dan M. Virus ini dapat menular dari orang ke orang dengan perantara nyamuk Aedes.desa di tanah air kita timbul penyakit yang terkenal sebagai demam berdarah.kota maupun di desa . 1. Akhir . hepatitis.b. rabies. gondong (parotis). seperti telur dan jaringan tertentu dari hewan ataupun tumbuhan.

a. Asam nukleat adalah senyawa yang berfungsi sebagai pembawa sifat.virus yang lain lewat penghabluran dan teknik . Virus tanaman berisi RNA. Asam nukleat virus bermacam .Sifat Virus Virus umumnya berupa hablur (kristal) dan bentuknya sangat bervariasi. Morfologi Virus dan Sifat . Sekarang telah banyak pengetahuan orang tentang fage yang menyerang Escherhia coli.macam bentuk virus Jadi virus tidak memiliki sitoplasma seperti pada sel serta tidak memiliki organela sehingga tidak melakukan metabolisme. kotak berbidang banyak (polyhedron) dan ada yang bentuknya seperti T (Virus T). Ada yang bentuknya memanjang (batang/jarum).bakteriofage (pemakan bakteri) yang disingkat fage saja. oval.1 Macam . Bentuk bentuk virus dapat dilihat pada gambar dibawah ini : Gambar 1. bulat. yaitu ada DNA ganda. virus hewan dapat mengandung . Stanley (1934) berhasil menghablurkan (mengkristalkan) virus tembakau dan sejak itu dimulai studi morfologi virus . Ada dua jenis asam nukleat yaitu DNA (Dioksiribo Nucleat Acid) dan RNA (Ribo Nucleat Acid).macam.teknik baru. DNA tunggal dan RNA.

sedang fage berisi DNA.RNA atau DNA saja. Oleh sebab itu virus dapat diklasifikasikan berdasarkan tipe asam nukleat (asam inti). Gambar 1.2 Bentuk dan isi tubuh berbagai virus VIRUS Mosaik tembakau Kerdil tomat Poliomyelitis Influenza Cacar Polio BENTUK jarum bola bola bola kotak bola ASAM NUKLEAT RNA RNA RNA RNA DNA DNA Bakteriophage yaitu virus yang mampu menyerang bakteri atau sering disebut phage (fage). Bentuk dan isi berbagai virus dapat di ikhtisarkan pada tabel berikut. Tabel 1. 2 Struktur Tubuh Virus Bakteriofage T - .

Sifat . ada pula yang menimbulkan kerugian bagi manusia. inti atau membran plasma.Tubuh bakteriophage terdiri dari : – epala : mengandung – – – Ekor : Asam nukleat DNA Selaput protein terdiri : – – – leher lempang ekor. Virus berukuran sangat kecil. Virus hanya memiliki satu macam asam nukleat (DNA atau RNA). tidak dapat dilihat dengan mikroskrop cahaya biasa dan dapat melewati jaringan bakteri. Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia Virus ada yang bermanfaat bagi manusia. e. Virus bukan merupakan sel. f. Virus dapat aktif hanya pada makhluk hidup yang spesifik. jadi tidak memiliki cytoplasma. d. Virus hanya hidup pada organisme hidup karena untuk reproduksinya hanya memerlukan asam nukleat saja. b. serat ekor. Berikut ini akan diuraikan contoh . . b. 2.contoh virus yang menguntungkan dan yang merugikan. c. virus tidak merupakan makhluk yang mampu berdiri sendiri. Bentuk dan ukuran virus sangat bervariasi.sifat Virus Virus memiliki sifat – sifat sebagai berikut : a.

AIDS dan ebola. kepala tertekuk dan berputar . c. Misalnya bakteri penyebab penyakit difteri dan bakteri penyebab demam scarlet yang berbahaya akan berubah sifat menjadi tidak berbahaya jika di dalam DNAnya tersambung oleh profag. beberapa virus digunakan untuk memproduksi vaksin. campak. Jika DNA virus lisogenik masuk ke dalam DNA bakteri patogen. 2) Untuk Memproduksi Vaksin Selain itu. Ayam yang terserang mengalami mencret. Jika sembuh. maka bakteri tersebut menjadi tidak berbahaya. vaksin adalah patogen yang telah dilemahkan sehingga jika menyerang manusia. kucing. tubuh telah kebal karena berhasil memproduksi antitoksin bagi patogen tersebut.putar.a. keesokan harinya mati. Karena diberi vaksin. influenza. virus juga ada yang menyerang hewan misalnya : a. Rabies pada anjing. kanker. tidak berbahaya lagi. b. tubuh manusia akan memproduksi antitoksin. rabies. Penyakit sampat ayam (tetelo). Hewan ternak tidak bisa berjalan dan tidak dapat makan. hepatitis. b. ayam akan kehilangan keseimbangan. polio. Selain menyerang manusia. Virus yang Merugikan Beberapa penyakit manusia disebabkan oleh serangan virus misalnya penyakit: mata belek. herpes. cacar. Kelak jika patogen yang sesungguhnya menyerang.batuk. dan monyet. gondong. Penyakit kuku dan mulut pada ternak sapi dan kerbau. batuk . . Virus yang Menguntungkan 1) Untuk Melemahkan Bakteri Contoh tentang virus yang menguntungkan adalah virus yang menyerang bakteri pathogen.

biru (Cyanobacteria). ukurannya mikroskopis. berkembang biak secara aseksual dengan membelah diri. Bakteri saprofit selain merugikan tetapi ada juga yang mempunyai arti ekonomi penting bagi manusia. . hewan dan tumbuhan. tidak berklorofil. Organisme lain yang memiliki membran inti digolongkan ke dalam organisme eukariotik (baca : yukariotik).biru berklorofil sehingga dapat berfotosintesis. Spesies . Mikroorganisme prokariotik yang digolongkan ke dalam monera adalah bakteri dan ganggang hijau . 1. sela . Bakteri Sadarkah anda bahwa disekeliling kita banyak ditemukan bakteri.biru (Cyanobacteria). bahkan orang cenderung tidak mengetahui bahwa dengan bakteri tubuh manusia akan terinfeksi dan menimbulkan penyakit.sela gigi. Mikroorganisme prokariotik adalah mikroorganisme yang memiliki bahan inti tetapi tidak memiliki membran inti. sisa makanan yang sudah basi. Dimana kita dapat menjumpai bakteri? Jawabannya. Bakteri pada umumnya tidak berklorofil sehingga tidak dapat berfotosintesis sedangkan ganggang hijau . Ada di permukaan kulit kita. Inti yang tidak bermembran demikian itu disebut prokarion.spesies yang parasit dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Terdapat perbedaan pokok antara bakteri dan ganggang hijau . Bakteri ini dapat hidup sebagai saprofit atau parasit.biru. Bahan inti tersebut adalah asam inti berupa DNA (deoxyribonucleicacid) yang terletak pada suatu daerah tertentu di dalam sitoplasma. Bakteri merupakan organisme bersel satu. udara. tanah bahkan dalam tubuh kita. di kepala.mana. Berikut ini kita akan membahas lebih terperinci mengenai bakteri dan ganggang hijau .2 MONERA Kingdom monera merupakan kelompok mikroorganisma berupa bakteri dan alga biru kehijauan ( Cyanobakteria). dimana . rongga mulut.

dibedakan atas monokokus contoh Neisseria gonorchoe penyebak penyakit kencing nanah. misalnya makanan. koma (vibrio) dan spiral (spirillum). temperature.5 µ sampai 15 µ (baca µ = mikron. dan keadaan yang tidak menguntungkan bagi bakteri. Bentuk dan Ukuran Bakteri Bakteri memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. dan syarat pertumbuhan tertentu. Variasi bentuk bakteri atau koloni bakteri dipengaruhi oleh arah pembelahan. umur. Bentuk batang (basil) dibedakan atas basil tunggal contohnya Echerichia coli dan Salmonella typhi penyebab tipus. 1 µ = 0. Bentuk bola (kokus). Untuk lebih jelasnya tentang macam – macam bentuk bakteri.001 mm). peratikan gambar yang berikut ini : .a. diplokokus contohnya Diplococcus pheumonia penyebab penyakit pneumonia (radang paru . contohnya Spirillum minor yang menyebabkan demam dengan perantara gigitan tikus atau hewan pengerat lainnya. spiral (berupa lengkung lebih setengah lingkaran). Dan bentuk bakteri spriral duibedakan atas vibrio (koma) contohnya Vibrio cholerae penyebab penyakit kolera.dua) dan streptobasil (bergandengan memanjang membentuk rantai). batang (bacillus). Dan stafilokokus (seperti untaian buah anggur). tetapi secara umum dapat atas empat bentuk utama : bulat (cocus). Ukuran bakteri sangat kecil dan ukurannya berkisar antara 1. Sarkina (bulat terdiri dari 8 sel menyerupai kubus) contoh Sarkina sp. diplobasil (bergandengan dua . Contohnya Bacillus anthraces penyebab penyakit antraks.paru).

Cara Hidup Bakteri Berdasarkan cara hidupnya bakteri dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu bakteri heterotrof dan bakteri autotrof. . N2. H2S dan NH3 (amoniak). CH4 (metana).Gambar 1.macam bentuk bakteri b. Proses perombakan ini biasanya menghasilkan gas . H2. Perombakan organik menjadi bahan anorganik terjadi melalui fermentasi atau respirasi.gas : CO2. Bakteri jenis ini dapat merombak bahan organik menjadi bahan anorganik.3 Macam . 1) Bakteri Heterotrof Bakteri heterotrof adalah bakteri yang hidup dengan memperoleh makanan berupa zat organik dari lingkungannya.

Contoh bakteri fotoautotrof adalah bakteri hijau dan bakteri ungu. Bakteri ini penting pengomposan. Kedua gas ini kemudian dijadikan bahan bakar yang dikanal dengan biogas.mineral.Diantara gas . Karena dapat mengakibatkan sakit maka disebut sebagai patogen. Pengubahan zat .zat organik itu dilakukan melalui dua cara. bakteri pembusuk ini berfungsi sebagai pengurai dan penyedia nutrien bagi tumbuhan. Bakteri Escherichia coli yang terdapat di dalam usus manusia juga hidup secara saprofit. Di dalam lingkungan. yaitu : metana (CH4) dan gas hidrogen (H2). baik parasit pada manusia. dan mineral . disebut sebagai bakteri saprofit (saprobe = sampah). Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC.zat yang terdapat di dalam tubuh organisme lain. . melalui proses fotosintesis. Bakteri heterotrof lain adalah bakteri parasit. (a). yaitu sebagai berikut. Menggunakan Energi Cahaya Energi cahaya digunakan untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organik. auto = sendiri. namun merugikan jika terdapat pada makanan karena mengakibatkan makanan menjadi busuk. Karena itu bakteri ini dikenal sebagai bakteri yang hidup secara fotoautotrof (foto = cahaya.zat organik yang terkandung di dalam makanan menjadi zat . kita akan sulit buang air. Contoh bakteri yang hidup pada manusia adalah: Clostridium tetani penyebab tetanus. 2) Bakteri Autotrof Bakteri yang dapat menyusun sendiri zat . dan Mycobacterium leprae penyebab lepra. Bakteri ini juga menyediakan vitamin K bagi tubuh. H2O. bangkai. Bakteri yang mendapatkan zat organik dari sampah.zat organik dari zat . energi. hewan maupun tumbuhan.zat anorganik menjadi zat .gas yang dihasilkan ada yang mudah terbakar. dan juga makanan kita. Zat .zat organik diperoleh dari sisa organik lain. kotoran.zat anorganik digolongkan ke dalam bakteri autotrof (auto = sendiri. sampah atau zat .zat anorganik yaitu CO2. Kebutuhan zat organik bakteri parasit diperoleh dari tubuh inangnya. trophien = makanan). Tanpa bakteri ini. trophein = makanan). Bakteri ini menguraikan zat .

Bakteri yang memerlukan oksigen bebas untuk reaksi .reaksi pernapasannya digolongkan ke dalam bakteri aerobik.16. dengan melepaskan hydrogen. Prosesnya adalah sebagai berikut.zat organik dikenal sebagai bakteri kemoautotrof . (b). 2NH3 + 3O2 amoniak 2HNO2 + 2H2O + energi nitrit Hasil pemecahan amoniak menjadi nitrit menghasilkan energi yang akan dimanfaatkan oleh bakteri tersebut. Bakteri ini memerlukan oksigen untuk memecahkan amoniak (NH3) menjadi nitrit (HNO2). Justru jika ada oksigen.Bakteri hijau mengandung pigmen hijau. misalnya bakteri Nitrosomonas yang memecah NH3 menjadi HNO2. bakteri yang tidak memerlukan oksigen akan mati. dan energi. ada bakteri yang memerlukan oksigen bebas dari udara. Bakteri yang menggunakan energi kimia untuk sintesis zat . Prosesnya adalah sebagai berikut. Penggolongan Bakteri Berdasar Kebutuhan Oksigen Untuk mendapatkan energi. air dan energi. Bakteri ungu mengandung pigmen ungu. bakteri harus melakukan pernapasan (respirasi). Lihat Gambar 5. Contoh lainnya adalah Nitrosococcus dan Nitrobacter. 1) Bakteri Aerobik Contoh bakteri aerobik adalah bakteri Nitrosomonas.reaksi pernapasannya digolongkan ke dalam bakteri anaerobik. Energi yang diperoleh digunakan untuk menyusun zat organik. c. Menggunakan Energi Kimia Eneri kimia diperoleh ketika terjadi perombakan zat kimia dari molekul yang kompleks menjadi molekul yang sederhana. pigmen ini disebut bakteriopurpurin. Pigmen ini disebut bakterioklorofil. Bakteri lain yang hidup secara aerob dapat memecah gula menjadi air. atau kuning. sedangkan bakteri yang tidak memerlukan oksigen bebas untuk reaksi . . namun ada pula yang tidak memerlukan oksigen bebas dari udara. merah. CO2. Untuk melakukan respirasi.

Bakteri ini menyuburkan tanah. Bakteri ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. d. misalnya Lactobacillus bulgaricus untuk membuat yoghurt.C6H12O6 + 6O2 gula 2) Bakteri Anaerobik 6CO2 + 6H2O + energi Contohnya ah bakteri asam susu.kacangan dan dapat menambat nitrogen dari udara. namun ada pula yang merugikan. Reaksi pernapasan anaerob adalah sebagai berikut: C6H12O6 gula 2CH3CHOH. Bakteri yang merugikan adalah bakteri yang dapat membusukkan atau yang hidup parasit baik pada manusia. . Escherichia coli membusukkan makanan di dalam usus besar dan menghasilkan vitamin K. maka bakteri ini akan berkembang biak dan toksin yang dikeluarkan membahayakan kesehatan. yaitu bakteri penyebab tetanus. Peranan Bakteri dalam Kehidupan Manusia Bakteri ada yang menguntungkan. yakni bakteri yang dapat mengubah gula menjadi asam susu. Jika luka yang mengandung bakteri ini tertutup sehingga tidak ada oksigen bebas. hewan maupun tumbuhan.spesies bakteri yang menguntungkan adalah berikut ini. (a). 1) Bakteri yang Menguntungkan Contoh spesies . Rhizobium bersimbiosis dengan kacang .COOH + energi asam susu Contoh bakteri lain yang bernapas secara anaerob adalah Clostridium tetani. (b). Bakteri yang menguntungkan adalah bakteri yang banyak digunakan dalam industri atau dalam proses pengubahan suatu zat.

Bakteri ini dikembangbiakan di industri obat . (e). Lactobacillus casei digunakan dalam proses pembuatan keju. (h). Biogas dapat digunakan untuk proses pembakaran misalnya untuk memasak. saat . Lactobacillus bulgaricus digunakan dalam proses pembuatan susu asam (yogurt). Acetobacter xylinum digunakan dalam proses pembuatan nata de coco yang terbuat dari air kelapa. misalnya minyak bumi dan batu bara. (g).obatan. secara ekologis biogas sangat bermanfaat. Bakteri ini juga menyuburkan tanah. Akan tetapi. Sayangnya proses pembuatan biogas ini belum memasyarakat. Bakteri saprofit yang ada di dalamnya hidup dan berkembang biak. Azotobacter hidup bebas di tanah dan dapat menambat nitrogen dari udara. Pseudomonas denitrificans dapat menghasilkan vitamin B12. Bahan yang digunakan untuk pembuatan gas bio adalah kotoran hewan misalnya kotoran sapi. (d).(c). (f). Energi fosil. Nyala apinya biru dan menimbulkan panas yang tidak kalah dengan gas Elpiji. Air tapai dapat diubah menjadi asam cuka dengan bakteri ini. kemudian ditutup rapat. H2S. Kotoran itu dimasukkan ke dalam tangki. Bakteri tersebut memecah persenyawaan organik dan menghasilkan gas metana (CH4). Pemanfaatan bakteri dalam pembuatan biogas Bakteri yang hidup secara saprofit dan bernapas secara anaerob sering dimanfaatkan dalam proses pembuatan gas bio atau biogas. Gas yang dihasilkan kemudian ditampung dan disalurkan ke rumah rumah. H2 dan CO. (i). Bakteri yang terlibat dalam proses pembuatan gas bio banyak spesiesnya. kambing. Air tapai yang mengandung gula oleh ragi diubah menjadi alkohol dan alkohol diubah oleh Acetobacter menjadi asam cuka. N2. kerbau. mungkin karena orang agak jijik melakukannya. Streptococcus griceus dapat menghasilkan antibiotik streptomisin. Acetobacter digunakan untuk mengubah alkohol menjadi asam cuka.

Habitatnya di air tawar. Adanya fikosianin menyebabkan ganggang hijau biru mempunyai warna yang khas yaitu hijau kebiru .sumber air panas. karotin dan fikosianin. b) Mycobacterium leprae penyebab penyakit lepra. Perkembangbiakan (reproduksi) ganggang hijau biru dengan cara membelah diri (pembelahan sel) atau dengan cara fragmentasi dan membentuk spora. merah dan ungu. 2) Bakteri yang Merugikan Contoh bakteri yang merugikan adalah sebagai berikut. a) Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit TBC. karotin warna kuning dan fikoeretrin adalah warna merah. klorofil. kuning. ada yang hitam. karena ganggang hijau biru mirip dengan ganggang lainnya (akan dibahas dalam kegiatan belajar berikutnya) dalam hal habitat dan fotosintesisnya.ini sudah mulai langka dan dapat menimbulkan pencemaran. atas alasan inilah para peneliti sekarang lebih menyukai pemakaian istilah Cyanobacteria (“bakteri hijau . c) Treponema pallidum penyebab penyakit sifilis (raja singa). Akan tetapi tidak semua ganggang hijau biru berwarna hijau biru. Pigmen fikosianin menunjukkan warna biru.biruan. tempat lembap pada batu . tidak mempunyai kloroplas.batuan di tepi pantai bahkan dapat hidup pada perairan yang suhunya tinggi yaitu pada sumber .ciri dan sifat ganggang hijau biru yaitu bersel satu. 2. sedangkan klorofil tersebar pada plasma. Ganggang hijau biru adalah prokariotik dan dengan demikian jauh lebih dekat kekerabatannya dengan bakteri daripada dengan ganggang lainnya yang bersifat eukariotik. . Sementara itu gas bio bebas dari pencemaran dan tidak mengeluarkan bau busuk.biru”) untuk organisme itu. selaya bersifat prokariotik. Ganggang hijau biru bersifat ototrof yaitu dapat menyusun makanannya sendiri melalui fotosintesis. Ganggang Hijau Biru (Cyanobacteria) Organisme ini dulu banyak dimasukkan ke dalam kelompok alga (ganggang). Ciri . Pigmen yang terdapat dalam sel berbagai ganggang adalah fikoeretrin. Coba cari lagi oleh Anda spesies bakteri yang merugikan yang lainnya!. coklat.

4 Chlorococcus 2) Gleocapsa sp – – Bentuk tubuh seperti Chlorococcus selubung tubuh berwarna. Contoh Ganggang Hijau Biru Ganggang hijau biru bersel satu contoh : 1) Chlorococcus sp – – Hidup di air tawar pada dasar kolam.a. menyebabkan batu licin. Hidup dipermukaan batu yang basah.5 Gleocapsa sp . Sel yang masih muda karena memiliki lapisan pelindung yang menyelubungi tubuhnya. Gambar 1. Gambar 1. – Reproduksi dengan pembelahan sel atau membelah diri.

6 Rivularia sp 4) Anabaena sp – – Tubuhnya tersusun atas sel . Polycystis sp Bentuk koloni tidak teratur. .sel berbentuk bola.3) Rivularia sp Susunan sel yang menyusun benang berupa cambuk.7 Anabaena sp Ganggang hijau biru berkoloni contoh : Polycystis sp. ukuran sel pada pangkal lebih besar daripada ujung.Pembiakan : Pembelahan sel masing .masing dan fragmentasi dari koloni. Gambar 1. – Hidupnya bersimbiosis dengan tumbuhan air (sawah) yaitu Azola pinnata. Memiliki heterosista yaitu sel yang mempunyai dengan sel tetangganya untuk penambat nitrogen dari udara. Gambar 1. .

8 Polycystis sp Ganggang hijau biru berbentuk benang. 1) Oscillatoria sp – Tubuh berbentuk benang (filament) tersusun atas sel . – Dapat bergerak maju mundur disebut sebagai gerak osilasi. Memiliki sel heterosista.9 Oscillatoria sp 2) Nostoc sp – – – – Tubuh terdiri atas sel .sel berbentuk bola. – Sel membelah memperpanjang tubuh. sedang pertambahan individu dengan fragmentasi. Heterosista dapat menjadi benang baru. Hidup di bebatuan atau di tanah yang lembap.sel yang dipilih dan rapat. Belum diketahui penyebab ganggang ini mampu bergerak. .Gambar 1. Gambar 1.

Bangunan candi dari batu yang terdapat di Indonesia banyak yang terancam menjadi lapuk karena ganggang. 2) Menguntungkan a) Pengikat nitrogen bebas Nostoc. Sifat merugikan lainnya adalah ganggang ini dapat tumbuh di tembok dan batu. Gloeocapsa dan Anabaena merupakan ganggang hijau biru yang dapat menangkap nitrogen dari udara. Ganggang hijau biru itu mampu melakukan fiksasi nitrogen (N2) dari udara dan mengubahnya menjadi amonia. Kemampuan menangkap nitrogen ini disebut pula sebagai kemampuan melakukan fiksasi nitrogen.10 Nostoc s b. sehingga tembok yang ditumbuhi ganggang hijau biru akan mudah lapuk. .Gambar 1. Racun yang telarut di dalam air dapat meracuni organisme yang meminumnya. Anabaena azollae dapat bersimbiosis dengan tumbuhan Azola pinnata yaitu tumbuhan yang banyak dijumpai di sawah dan mengapung di atas air. Peranan Ganggang Hijau Biru bagi Manusia 1) Merugikan Beberapa ganggang hijau biru yang hidup di air ada yang mengeluarkan racun yaitu Microcystis sp.

endospora. Jamur hidup dengan jalan menguraikan bahan . Jamur multiseluler berkembang biak secara aseksual dengan jalan memutuskan benang hifa (fragmentasi). Karena tidak berklorofil. Spirulina ini menghasilkan protein sehingga ganggang ini dapat dimakan. Tubuh jamur berupa benang .bahan organik yang ada di lingkungannya dengan cara saprofit. daun Azola pinnata banyak mengandung amonia. Selnya ada yang uniseluler ada yang multiseluler berbentuk benang. JAMUR Jamur merupakan organisme bersifat eukariotik. tidak berklorofil.benang bercabang disebut hifa (hypha). Jamur uniseluler berkembang biak secara aseksual dengan membentuk spora dan secara seksual dengan membentuk spora askus.Akibatnya. membentuk spora aseksual yaitu zoospora. Di masa depan ada kemungkinan ganggang ini dapat dikembangbiakkan dalam jumlah besar untuk menghasilkan protein bagi kebutuhan umat manusia. b) Sebagai bahan makanan Ada pula ganggang hijau biru yang dapat dijadikan makanan karena mengandung protein yang cukup tinggi.hal demikian menguntungkan petani. Kumpulan hifa berupa jaring . Reproduksi jamur dengan spora. C.jaring disebut miselium. yakni ganggang hijau biru yang tubuhnya berbentuk spiral. Azola pinnata dapat dijadikan pupuk hijau yang mengandung nitrogen. Secara aseksual maupun secara seksual. Para pakar telah berhasil mengembangbiakkan Spirulina untuk dipanen proteinnya. parasit atau simbiosis. Bagian jamur yang biasa dimakan ialah alat berbiak yang dibentuk oleh miselium yang tersembunyi. Misalnya Spirulina. dan . maka cara hidupnya heterotrof.

klamidospora dari Fusarium. Macam spora yang terjadi dengan : a. yaitu spora yang terjadi karena ujung suatu hifa berbelah belah seperti tasbih. sedang tangkai pembawa konidia disebut konidiofor Gambar 1. b. Seksual (vegetatif) 1. e. sporangiospora dari Rhizopus. tiap spora disebut konidiospora atau konidia saja. konidia dari Monilia. Jamur berbiak secara vegetatif dan generatif dengan berbagai macam spora. dan sporanya disebut sporangiospora. konidia dari Aspergillus. d. . artrospora dari geotrichum.kelompok kecil. Sel tempat terjadinya spora ini disebut sporangium.konidia.11 Beraneka bentuk spora : a.masingnya mempunyai membran serta inti sendiri. Spora biasa yang terjadi karena protoplasma dalam suatu sel tertentu berkelompok . Secara seksual melalui peleburan antara inti jantan dan betina sehingga terbentuk spora askus atau spora basidium. masing . 2. c. Konidiospora. di dalam hal ini tidak ada sporangium.

kadang . 4. Pada beberapa spesies. Di dalam keadaan yang serba optimum. Pada beberapa spesies perbedaan morfologi antara jenis sel . 1962 (Dwidjoseputro.kelamin betina). sehingga untuk itu ada penyebutan mikrogamet (sel kelamin jantan) dan makrogamet (sel . maka bagian . Klas Zygomycetes / Phycomycetes Ciri yang khas untuk mengenal sebagian besar phycomycetes ialah miseliumnya yang tidak bersekat . kebanyakan sporangium berwarna kehitam . jika tua mungkin agak coklat kekuning . Basidiomycetes dan Deuteromycetes atau fungi imperfeeti (jamur tak sempurna). a.sekat.kuningan. Hanya kekeringanlah merupakan faktor pembatas bagi pertumbuhannya. Beberapa contoh phycomycetes : . Ascomycetes. bagian itu merupakan alat pembiak yang disebut klamidospora (chlamydospora = spora yang berkulit tebal).hitaman.3.bagian itu disebut artrospora. bagian .kelamin itu belum nampak sehingga semuanya kita sebut isogamet. Jika bagian . Menurut Alexopoulos. Warna miselium putih. secara generatif. Kebanyakan spesies jamur dapat membiak secara vegetatif maupun. Pembiakan secara generatif atau seksuil dilakukan dengan isogamet atau dengan heterogamet (anisogamet). Myxomycophyta (jamur lender) dan Eumycophyta (jamur benar). Pada beberapa spesies lain tampak adanya perbedaan mengenai besar kecilnya gamet . Division Eumycophyta terbagi atas 4 klas yaitu phycomycetes atau Zygomycetes. Jamur diklasifikasikan berdasarkan cara reproduksi dan struktur tubuhnya.bagian miselium dapat membesar serta berdinding tebal.bagian miselium itu tidak menjadi lebih besar dari pada aslinya. 1982 : 130) thallophyta yang tidak berklorofil dibagi atas 3 divisio yaitu Schyzomycophyta (Bakteri).kadang kita beri tanda pengenal + dan -. untuk membedakan jenisnya. maka jamur membiak dengan cepat sekali.gamet. oidiospora atau oidia saja.

maka Mucor mucedo lah yang terkenal.sisa makanan yang banyak mengandung karbohidrat. sehingga spora . Kedua ujung hifa yang bersatu itu merupakan suatu zigospora. kemudian protoplast yang ada di dalam gelembung itu membelah . karet dan lain .spora yang sejenis itu dihasilkan oleh sporangium yang tumbuh pada ujung hifa.pula. yaitu spora + dan spora -.spora tersebut bertebaran kemana . beberapa spesies hidup sebagai saprofit dan bentuk beberapa spesies lain hidup sebagai parasit pada tumbuh . Kadang . Mucor membiak dengan 2 cara.mana. 2. hanya miselium Rhizopus terbagi . Sporangium ini membentuk dua macam spora.bagi atas stolon. untuk gampangnya kita beri tanda + dan -.spora yang berlainan jenis. kentang. 4. Saprolegnia.tumbuhan. Rhizophus nigricans kedapatan di mana .1. Perhatikan gambar. sehingga kemudian masing . lama kelamaan koloni menjadi berwarna kehitam hitaman karena banyaknya sporangium dan spora. 3.mana. yaitu dengan spora yang semacam saja dan spora . Jika spora . zigospora dapat terlepas dari miselium serta di lain tempat tumbuh dan menghasilkan sporangium. Di antara beberapa spesies.spora ±. Ada juga yang menjadi parasit pada ikan dan insekta. maka pecahlah sporangium. semula miseliumnya tampak seperti sekelompok kapas. Pembiakan secara generatif dilakukan dengan bersatunya tonjolan pada hifa yang berlainan “muatan”. Spora .masing menghasilkan miselium + dan miselium . yang menghasilkan alat . kebanyakan spesies berupa parasit pada tumbuh . tembakau.kadang terbentuk pula spora . saprofit yang banyak kedapatan pada sisa .spora itu sudah dewasa.tumbuhan tomat. Phytophthora.alat serupa akar (rhizoida) dan sporangiofor. Rhizophus. . saprofit yang banyak kedapatan di dalam air dan tanah yang basah.belah diri menjadi spora.lainnya lagi. Mula mula ujung suatu hifa menggelembung. Rhizopus itu banyak menyerupai Mucor. Mucor.

Spora itu dibentuk di dalam suatu sel yang menggembung serupa bola atau serupa kantung panjang.benang hifa yang bersekat .hari. b. ada juga askomycetes yang askusnya sendiri . Selain itu Askomycetes mempunyai alat pembiak yang dihasilkan secara vegetatif.Gambar 1. jamur ini terkenal sebagai ragi. Alat ini disebut askus.sel kedelai dan kacang. dan spora yang dibentuk di dalam askuss ini disebut askospora. Ada askomycetes yang askus . Sebagai contoh kita kemukakan Saccharomyces. Berbiak vegetatif dengan tunas dan generatif dengan askospora yang berjumlah dua atau empat.sendiri. Spesies ini dapat mengubah amilum menjadi dekstrosa. Jamur ini diperlukan dalam pembuatan minuman.sekat. Di sini kita bicarakan terutama askomycetes yang berukuran kecil dulu.macam roti dan .12 Rhizophus Di Indonesia. dapat memecah protein dan lemak yang ada di dalam sel . Dengan demikian maka tempe itu seakan . Di dalam perkataan sehari .askusnya terkumpul dalam suatu tubuh buah (askokarp). Diantara askomycetes ada juga yang bersel satu. Ciri khas yang ada pada jamur ini ialah cara pembentukan sporanya dalam pembiakan generatif. tape. sekitar 5 . Klas Askomycetes Askomycetes adalah jamur yang tumbuhnya terdiri atas benang . dan bermacam . Alat pembiak itu disebut konidiospora atau konidia saja.10 u.akan lebih tersedia untuk dicernakan oleh perut kita. Jamur ini bersel satu. bentuk bulat seperti telur. Rhizopus oryzae merupakan ragi untuk membuat tempe.

mana.buahan yang telah ranum. 2. Di negara . Saccharomyces dapat pula menghasilkan Vitamin B . B. konyugasi. Meskipun jamur ini mampu juga untuk membentuk tubuh buah bersisi askus. tetapi baru di dalam Perang Dunia II obat inbi digunakan secara besar . C. Aspergillus dengan konidia (κ). Penicillium.negara yang menghasilkan keju.13 A. Penicillium dengan konidia (κ). 3. Jika jamur ini ditumbuhkan pada karbohidrat terutama gula. Jamur Penicillium tumbuh dimana . akan tetapi jarang sekali kita melihatnya. roti atau penganan yang bergula itulah Penicillium. maka dalam keadaan anaerob (tanpa oksigen) jamur ini mampu untuk mengubah karbohidrat menjadi alkohol. Penisilin adalah obat . Saccharomyces 1.besaran. Gambar 1.kue.kompleks yang berguna bagi manusia. camemberti merupakan adonan yang meningkatkan kualitas keju. Perhatikan gambar. Selain itu.obatan antibiotika yang dihasilkan oleh Penicillium dan yang popular sekali setelah Perang Dunia II. Sebenarnya khasiat penisilin sudah diketahui sejak 1929 oleh Alexander Fleming. tunas. Penicillium roqueforti dan P. askospora. Jamur yang tumbuh sebagai noda hijau atau biru pada buah . Penicillium .

yaitu spora yang berdinding tebal. Aspergillus flavus menghasilkan racun yang dikenal sebagai aflatoksin. terutama burung. kentang.paru. Di antara Aspergillus ini ada yang merugikan. bentuknya tidak beraturan.hari berada di tempat yang demikian itu mudah kena aspergillosis dalam paru . dan sebagainya. Fusarium menyebabkan berbagai penyakit pada batang. Aspergillus biasanya berwarna hitam.pekerja yang sehari . Fusarium menghasilkan dua macam konidia.tempat yang basah lagi kurang sinar matahari merupakan tempat tumbuh yang baik bagi Aspergillus. pakaian dan alat . Pekerja . Aspergillus wentii tumbuh pada biji .biji kedelai yang telah disiapkan untuk dijadikan kecap. chrysogenum dipiara secara besar . Di dalam pembuatan tape di Indonesia dan sake di Jepang diperlukan Aspergillus oryzae. maka Aspergillus dapat tumbuh di mana .kadang dengan kaca pembesar cukup juga untuk melihat perbedaan tersebut.notatum dan P. yaitu konidia yang besar .kecil yang biasanya tumpul (mikrokonidia). Sebaliknya ada juga Aspergillus yang diperlukan manusia untuk meramu makanannya. Kadang . Tempat .abu sampai coklat.alat rumah tangga.besaran untuk dimanfaatkan penisilin yang dihasilkannya. Selain itu Fusarium juga dapat membentuk klamidospora. daun atau buah tebu. Hal ini jelas sekali apabila pengamatan dilakukan dengan mikroskrop. Fusarium Jamur ini dikenal konidianya yang berbentuk sabit. Seperti halnya dengan Penicillium.mana merusak makanan. sedang susunan konidia berbeda dengan susunan konidia pada Penicillium. Lagi pula Aspergillus dapat menimbulkan penyakit pada manusia dan hewan.besar serupa sabit (makrokonidia) dan konidia yang kecil . Racun ini dapat menyebabkan kematian manusia atau ternak. abu . padi. dan ada pula yang berguna bagi manusia. tomat. .

Askokarp tampak dari atas (A). dan (B) tampak dari samping.sekat. Klas Basidiomycetes Basidiomycetes mempunyai susunan tubuh yang pada umumnya lebih mudah diamati. Pada waktunya.Gambar 1. dan tubuh buah ini kita . Spora jamur ini tumbuh menjadi miselium yang hifanya bersekat . c.15 Rosalina arcuata.14 Fusarium dengan (A) Makrokonidia (B) Mikrokonidia dan (C) Klamidosfora Gambar 1. miselium menyusun tubuh buah.

dua di antaranya berjenis +. ada yang serupa lembaran berliku . Basidium menghasilkan empat spora yang bertangkai.liku.selnya berinti dua. Inti + dan inti – tidak segera bersatu. Spora . Basidium ber sekat .di dalam basidium terjadi kariogami yang menyebabkan inti basidium menjadi diploid. Perkawinan antara hifa + dengan hifa – menghasilkan miselium yang sel . dan lain . Inti ini mengalami meiosis.inti dilengkapi dengan protoplasma serta ditonjolkan keluar sehingga terbentuklah empat basidiospora. Miselium yang dikariotik (berinti dua) membentuk tubuh buah dan basidium. Sel dari miselium yang dikariotik C. Inti . .sekat B. meskipun protoplas dari hifa + bersatu dengan protoplas hifa – Kejadian ini kita sebut plasmogami (dua plasma bersatu) dan plasmogami ini tidak segera diikuti dengan kariogami (dua inti bersatu).masing haploid.spora ini berbeda jenis.sekat. ada yang serupa papan. Gambar 1.sebut basidiokarp. Basidiokarp beraneka ragam bentuknya.lainnya lagi.16 A. ada yang serupa payung. Sedang dua lainnya -. dan dengan demikian terjadilah empat inti baru yang masing . Gelembung ini kita sebut basidium. Di dalam tubuh buah itulah terdapat anyaman hifa yang ujung ujungnya menggelembung. Basidium yang tidak bersekat .

Karena Puccinia dan Ustilago sangat kecil. keduanya adalah parasit . Jamur ini mempunyai dua macam tuan rumah. Contoh lain ialah jamur .padi atau jamur merang (Volvariella volvacea). Puccinia graminis mempunyai siklus hidup yang berbelit .rumputan atau tanaman bertingkat tinggi lainnya.Perhatikan gambar.jamur ini menghasilkan basidium yang bersekat – sekat. Sebagai contoh basidiomycetes yang tidak mempunyai tubuh buah dan tidak mempunyai basidium yang serupa gelembung ialah Puccinia dan ustilago.rumputan dan pada tumbuhan Dikotil. Di dalam lubang .belit. Tubuh buah berbentuk payung terdiri atas batang dan tudung. Contoh jamur besar yang basidiumnya bersekat sekat ialah jamur .parasit tanaman yang sangat merugikan manusia. Jamur ini banyak diusahakan orang karena enak dimakan.lubang itu terdapat basidium yang menghasilkan basidiospora. Ustilago atau jamur .api merupakan parasit pada rumput . .lapis dan berlubang . Tubuh jamur ini enak dimakan. Tumpukan jerami atau merang merupakan substrat yang baik. Spora jamur ini berwarna merah.beda.papan yang hidup sebagai saprofit pada kayu . lagi pula tidak semua basidiomycetes menghasilkan basidium seperti diuraikan di atas. Jamur .kuping (Auricularia politricha) yang hidup sebagai saprofit pada kayu . Di dalam siklus hidupnya terdapat lima fase yang jelas berbeda . Puccinia atau jamur . Tidak semua basidiomycetes membentuk tubuh buah.karat banyak mendatangkan kerugian pada tanaman jagung dan tebu. maka ke dua genus ini tergolong mikroorganisma.kayuan yang sudah mati.sekat dapat ditemukan contoh . Tentang basidiomycetes yang basidiumnya tidak bersekat .contoh yang mudah dijumpai yaitu jamur .lubang pada permukaan bawahnya. Papan dapat tumbuh melebar dan bagian yang baru itu merupakan penghasil basidiopora. Tubuh buah jamur ini serupa papan yang berlapis .kayuan yang telah mati. pada rumput .

2. batang. tudung. D.lembaran. Jamur ini biasanya dipetik sebelum terjadi sporulasi yaitu sebelum menghasilkan spora dan dapat langsung dimasak untuk dimakan atau untuk dikalengkan.bilah itu menghasilkan basidium. 1. 3. Gambar memperlihatkan perkembangan tubuh buah Volvariella. Tubuh buah atau basidiokarp merupakan tempattumbuhnya basidio. Lebih tua.17 Beberapa fase dalam perkembangan Tubuh buah Volvariella. Bagian tubuh buah inilah yang enak dimakan.jari payung. Pada permukaan bawah tudung terdapat lembaran lembaran (bilah) yang tersusun seperti jari . Tubuh buah yang permulaan. C. basidium tumbuh pada bagian yang menghadap ke bawagh. Basidiospora yang dihasilkan jamur ini berwarna agak perang. . Bilah . A. Anyaman basidium dengan basidiospora dibesarkan. selaput. Lembaran (bilah) yang diiris melintang. Tubuh buah yang tua berwarna perang pula. yang terdiri atas lembaran . Gambar 1. B. E. Pada jamur berbentuk patung. Dewasa.Pada pangkal batang terdapat selaput yang semula menutup seluruh tubuh buah yang masih kecil.

Setiap basidium menghasilkan 4 spora basidium.tonggak kayu atau rumput sehabis kebakaran. Saat ini juga telah banyak dibudidayakan. Contoh yang klasik di Indonesia ialah Monilia sitophila. Jamur ini telah ditemukan fase pembiakannya secara generatif oleh Dodge (1927) di Amerika Serikat. Jamur ini ditanam pada media yang banyak mengandung selulosa. Dwidjoseputro (1961) menemukan fase generatif dari jamur oncom yang berasal dari Bandung. banyak dibudidayakan orang untuk masakan. 7) Corticium salmonella (jamur upas). Untuk menanamnya diperlukan media dari serbuk gergaji. jamur ini tumbuh di katu lapuk. dan namanya diganti dengan Neurospora sitophila. hidup parasit pada batang pohon buah buahan. Jamur .jamur yang belum atau tidak dikenal pembiakannya secara generatif kita masukkan dalam klas ini. 4) Pleurotes (jamur tiram). Di alam. Konidianya sangat banyak. hidup parasit pada tanaman teh. yaitu jamur oncom. d. Klas Deuteromycetes Tentang jamur yang kita masukkan dalam klas buatan Deuteromycetes banyak tergolong dalam mikroorganisma. Hidup di tanah.. Monilia ini banyak tumbuh juga pada roti. tongkol jagung dan pada tonggak . berwarna putih atau merah. sisa . Warnanya cokelat kehitaman. sering digunakan untuk sup. hidup saprofit pada kayu yang lapuk. Mereka kita sebut jamur tak sempurna (Fungi imperfect). Jamur tersebut dapat dimasukkan dalam klas Askomycetes. dan karet.sisa makanan. jika kita berhasil menemukan Monilia . 3) Auricularia polytricha (jamur kuping). 6) Exobasidium vexans. apa perbedaan askus dan basidium? 2) Volvariela volvacae (jamur merang) dan Agaricus sp. Jamur ini di Jawa Barat telah umum digunakan untuk pembuatan oncom dari bahan bungkil kacang. serta memerlukan kelembapan yang tinggi. berwarna jingga. 5) Amanita phalloides (jamur beracun). Jadi. Tubuh buahnya dapat di makan. Coba bandingkan.

45 dan masih banyak lagi merupakan fungisida yang sering dipakai di perkebunan .sitophila jenis + dan Monilia sitophila jenis -. C1. disebabkan oleh Deuteromycetes. Peritesium (utuh). berklorofil.ringan seperti buras.obatan untuk membasmi bangsa jamur. batang dan daun sejati yang disebut Thallus.18 Neurospora sitophila. panau sampai yang berat . Askospora. Masih banyak hal tentang Deuteromycetes pada khususnya yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Fungisida adalah nama umum obat .askus tumbuh di dalam tubuh buah yang kita sebut peritesium. Ada sebagian ganggang yang memiliki bentuk seperti akar batang dan daun terutama ganggang makroskopis yang hidup di laut. Ganggang yang . B. Askus. Peritesium (terbelah). tidak memiliki akar.berat yang sulit diobati. C2. Gambar 1. Perhatikan gambar. Ganggang (alga) Ganggang merupakan organisme bersel satu. Berbagai macam penyakit (dermatomikosis) yang menimpa manusia seperti dari yang dianggap ringan .perkebunan. Deuteromycetes yang menyebabkan penyakit di dalam tubuh manusia juga ada.Sandoz. Miselium. E. Banyak Deuteromycetes merupakan patogen pada tanaman budidaya. atau bersel banyak. Copper . Askus . Dithane M . Maka kalau kedua jenis kita tumbuhkan dalam satu empat. 1. D. bersifat eukariotik. Konidia. terjadilah pembiakan generatif sehingga terbentuklah askus yang berisi askospora. pada ternak dan pada tubuh manusia sendiri. Lonakol. A.

bahan kosmetik. karoten xantofil. ukuran tubuh mikroskopis. tiap sel terdapat kloroplas berbentuk pita spiral dan sebuah inti. Contoh Chlorophyceae bersel tunggal. b. makroskopis. banyak ditemukan di air tawar. mudah di dapat diperairan sekitar kita. nukleus dan kloroplas. dapat ditemukan di air tawar. . banyak ditemukan di air tawar dan koloninya berbentuk jala. 1) Spirogyra. Reproduksi ganggang hijau secara vegetatif atau generatif. bola dan binatang. Phaephyceae (ganggang perang) dan Rhodophyceae (ganggang merah).tergolong plantae yaitu Chlorophyceae (ganggang hijau). koloninya berbentuk bola. Di dalam selnya terdapat kloroplas yang berbentuk spiral. 2) Chloroccoccum. pada kloroplas yang bentuknya seperti mangkok terdapat stigma (bintik mata) dan pirenoid (tempat pembentukan zat tepung). Contoh Chlorophyceae berbentuk benang. Kloroplasnya mengandung klorofil. Tubuhnya tersusun atas sel . lembaran. Chlorophyceae merupakan bagian dari plankton air tawar dan laut. Chlorella digunakan dalam penyelidikan metabolisme di laboratorium dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat obatan. mangkuk.sel yang membentuk untaian memanjang seperti benang. 1) Chlorella. Jenis klorofil yang terkandung adalah klorofil a. 2) Voluox. a) Chlorophyceae (ganggang hijau) Sebagian besar ganggang hijau ini hidup di air tawar. dan bahan makanan. mikroskopis. bentuk selnya bulat telur memiliki flagella. bersel satu. di dalam sel terdapat vacuola. 3) Chlamydomonas. organisme ini banyak ditemukan sebagai plankton air tawar. Contoh Chlorophyceae berbentuk koloni 1) Hydrodictyon. ukurannya mikroskopis.

makroskopis.20 Phaephyceae . Gambar 1. banyak ditemukan di air tawar yang melekat di dasar perairan. Ganggang ini berwarna kecoklatan karena memiliki pigmen fukosantin di samping klorofil. Gambar 1.19 Chlorophyceae b) Phaephyceae (ganggang perang / coklat) Sebagian besar hidup di air laut.2) Oedogonium.

Semua ganggang ini berbentuk benang atau lembaran.contoh yang terkenal di Indonesia ialah Turbinaria dan Sargassum.agar. Eucheuma spinosum penghasil agar . Pada umumnya ganggang ini bersel banyak berupa benang atau lembaran : selain klorofil ada pigmen fikoeritrin berwarna merah dan fikosianin berwarna biru. Gambar 1. sedangkan gelidium dan gracilaria penghasil agar . Banyak ganggang merah yang mempunyai nilai ekonomi yang penting sebagai bahan makanan seperti agar . Contoh .contoh ganggang merah yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan ekonomi manusia misalnya : Eucheuma spinosum.21 Rhodophyceae .agar di negeri dingin. dapat tumbuh beberapa puluh meter di bawah permukaan air.Pigmen ini menutup warna hijau dari klorofil dan kuning dari karoten. c) Rhodophyceae (ganggang merah) Ganggang merah banyak ditemukan di laut. beberapa spesies Phaephyceae menghasilkan asam alginate untuk tekstil dan perusahaan makanan. Contoh .agar di Indonesia. Beberapa spesies terdapat di air tawar. gelidium dan gracilaria.

Lichenes merupakan simbiosis antara jamur dari golongan Ascomycetes atau Basidiomycetes dengan ganggang hijau (Chlorophyceae) atau ganggang hijau .22 Bentuk Lichenes . Contoh . Contoh . Bentuk seperti kerak berwarna hijau abu .tempat yang kering seperti pada batu batuan.abu. pada daun .daun tertentu.contoh Lichenes dapat dilihat pada gambar. menempel pada kulit batang pohon . banyak terdapat pada pohon .pohon di pegunungan.contoh Lichenes 1) Parmelia.d) Simbiosis alga dengan jamur (Lichenes) Simbiosis mutualisme antara ganggang dengan jamur dapat membentuk organisme yang disebut lumut kerak.pohon.coret kecil yang panjangnya beberapa mm saja. 2) Graphis. Gambar 1. Lichenes terdapat di tempat . Lichenes merupakan vegetasi perintis.biru (Cyanobacteria). Bentuk seperti coret . Lichenes ini banyak dipergunakan untuk jamur. pada kulit batang pohon. Banyak tumbuh pada pohon . 3) Usnea atau lumut janggut.pohon.

Timbulnya kaki semu yang menjulur disebabkan oleh adanya aliran sitoplasma yang menekan bagian tertentu dari sel. dan Entamoeaba coli. hidaupnya di laut.E. Beberapa contoh rhizopoda : (a). Contoh : Entamoeba histolitica. Amoeba proteus. sedangkan gerakannya termasuk kepada gerak amoboid.23 Amoeba Sebagain besar jenis amoeba yang hidup di dalam tubuh manusia disebut entamoeba. PROTOZOA Phylum protozoa di bagi menjadi 4 kelas dan pembagian kelas tersebut berdasarkan alat gerak yang dimilikinya yaitu : (1) Kelas Sarcodina (Rhizopoda) Hewan yang termasuk kelas ini memiliki alat gerak berupa kaki palsu (pseudopodia). hidup bebas di air tawar. mempunyai kerangka luar dari zat . Entamoeba ginggivalis. dengan memanfaatkan bahan organic disekitarnya Gambar 1. hal ini menyebabkan Rhizopoda tidak memiliki bentuk tetap. (b) Foraminifera.

mempunyai kerangka luar dri zat kersik (silikat). Beberapa contoh Flagellata : Euglena.kapur yang berlubang tempat menjulurnya protoplasma. Leismania donovani. 25 Euglena . Selain sebagai alat gerak. (d) Difflugia (2) Kelas Flagellata Hewan dari kelompok ini mempunyai flagel (cambuk) sebagai alat geraknya. noctiluca miliaris. Tripanosoma rodiense. karena getaran flagel menyebabkan terjadinya aliran air sekitar hewan tersebut yang membawa makanan dalam bentuk pertikel padat. Contoh : Globigerina bulloiders. Gambar 1. Tidak sedikit pula diantaranya bersifat parasit baik pada manusia ataupun hewan. (c). Hestigerina pelagica . volvox. sehingga disebut kelas Flagellata atau Mastigophora. Tripanosoma gambiense. Beberapa jenis Flagellata mempunyai klorofil. flagel juga digunakan untuk medapatkan makanan. sehingga mampu melakukan fotosintesis seperti pada tumbuhan. Tripanosoma evansi. Radiolaria.

pertumbuhan. Makanan tersebut didorong oleh silia ke dalam sitosoma (mulut) lalu melewati sitofaring (kerongkongan) masuk ke dalam vakuola makanan untuk dicerna dengan enzim pencernaan.(3) Kelas Cilliata Yang menjadi ciri khas dari kelas ciliata. Stentor. Makanannya adalah vartikel organik dan makhluk hidup lain yang kecil misalnya bakteri. selanjutnya vakuola makanan akan beredar ke seluruh bagian protoplasma dan protoplasma akan menyerap zat-zat makanan dari vakuola tersebut. Hewan-hewan yang umumnya hidup di air tawar dan di laut mempunyai dua buah inti sel (nucleus). Cilliata mempunyai bentuk tetap karena adanya lapisan pelikel yang meyelubungi tubuhnya sebagai penguat yang lentur. Contoh cilliata yang mudah ditemukan adalah Paramaecium caudatum. . Sementara untuk contoh yang lainnya adalah : Didinium. alga atau protozoa lainnya. dan perkembangan serta proses lainnya dalam tubuh. dan Balantidium. ialah adanya tonjolan protoplasma yang membentuk rambut-rambut getar atau silia dan berfungsi sebagai alat gerak. yang kecil disebut micronucleus berfungsi pada perkembangbiakan sedangkan yang besar disebut makronukleus berfungsi sebagai pengatur pada proses metabolisma.

Hewan ini pun tidak memiliki alat yang berfungsi sebagai mulut. Contoh lain dari sporozoa adalah : Gregarina. Contoh yang paling penting dari kelompok ini adalah Plasmodium yang merupakan penyebab penyakit malaria. sedangkan perkembangbikan secara kawin terjadi di dalam tubuh nyamuk betina dari genus Anopheles.25 Paramaecium caudatum (4) Kelas Sporozoa Disebut sporozoa karena daur hidupnya terdapat tahapan berupa spora yaitu sel individu yang mempunyai sel pelindung sehingga tahan terhadap lingkungan yang tidak menguntungkan. falciparum menyebabkan malaria tropika. Ada tiga contoh Plasmodium . Kelompok hewan bersel satu ini tidak mempunya alat gerak dan hidup sebagai parasit pada hewan maupun manusia . menyebabkan malaria kwartana . makanan diserap dari inangnya melalui seluruh permukaan tubuh. (1) P. Gregarina .Gambar 1. Plasmodium berkembang biak secara tidak kawin di dalam tubuh manusia. malariae. vivax. (3) P. Coccidium. menyebabkan malaria tertiana . (2) P.

ilmu yang mempelajari adanya jaringan kehidupan. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup masa kin dan masa silam e. Dalam ekologi perairan dipelajari hubungan timbale balik antara factor biotic dengan abotik. 2. Pengertian biologi yag paling tepat adalah : a.Gambar 1. Untuk memamahami sifat kkimia-fisika air diperlukan dasar pengetahuan ilmu-ilmu lain. antara biologi dan kimia tidak ada hubungan sama sekali . ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup sekarang ini d. ilmu yang mempelajari keseimbangan jalan b.26 Daur hidup Plasmodium SOAL DAN LATIHAN Petunjuk : Pilih salah satu jawaban yang plaling tepat : 1. antara bidang biologi dan bidang fisika tidak ada hubungan sama sekali b. ilmu yan gmempelajari hubungan antara produsen dengan konsumen c. Dari pernyataan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa : a.

konsep fisika dan kimia kurang membantu konsep biologi 3. Salmonela typhosa 5. yoghurt b. Clostridium tetani b. Kambing c. tempe c. New Castle Deases. biologi lebih banyak berhubungan dengan fisika daripada dengan kimia d. Ular 4. Bakteri ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. fisika. Penicillium roqueforti dan P.. Sapi b. misalnya Lactobacillus bulgaricus digunakan untuk membuat… a. merupakan sejenis virus yang menyebabkan penyakit kuku dan kulit yang menyerang hewan … a. roti . tahu 6. Streptococcus griceus d. yoghurt d. Babi e.c. camemberti merupakan adonan yang meningkatkan kualitas panganan berupa …… a. Diplococcus pnemoniae e.Treponema palidum c. Bakteri berikut termasuk merugikan dan menyebabkan penyakit …. ekologi memerlukan konsep biologi . kecap e. a. Ayam d. dan kimia e. tape b.

Auricularia polytricha c. kaki semu c. peristaltik b. a. Yang menjadi ciri khas dari kelas ciliata. filtrasi 10.Exobasidium vexans e. difusi c. disebut……. Jamur ini ditanam pada media yang banyak mengandung selulosa. a. Banyak dibudidayakan orang untuk masakan. badan golgi 8.. amoeboid d. bulu cambuk b. Bakteri yang tidak menggunakan oksigen untuk oksidasi disebut…… a. vacuola e.Amanita phalloides d.. tape 7. ialah adanya tonjolan protoplasma yang membentuk akan membentuk …. Volvariela volvacae b. kecap e. rambut getar d. a. keju d. Jamur ini termasuk kepada species……. bakteri anaerob . osmosis e.Corticium salmonella 9.c. Gerakan pada tubuh Amoeba dilakukan oleh adanya perubahan kadar cairan yang ada dalam tubuhnya. serta memerlukan kelembapan yang tinggi.

Anda dapat meneruskan kegiatan berikutnya. d 2.b. bakteri pathogen e. Anda harus mengulangi Kegiatan. Kemudian.89% 70 . d 3.79% = = = < 69% baik sekali baik cukup = kurang Apabila Anda mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih. bakteri aerob d. KUNCI JAWABAN 1. apabila tingkat penguasaan Anda masih di bawah 80%. Hitunglah jawaban Anda yang benar. Selamat untuk Anda ! Akan tetapi. bakteri chlorifil c. gunakan rumus di bawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Belajar Rumus: Jumlah jawaban Anda yang benar Tingkat penguasaan = 10 × 100% Arti tingkat penguasaan yang Anda capai: 90 . a . autotrof REFLEKSI Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban sola dan latihan yang terdapat di bagian akhir kegiatan ini. terutama bagian yang belum Anda kuasai.100% 80 .

N. Bandung : UPI PRESS . c 8.4. c 7. c 5. 2006. Y. Konsep Dasar Biologi. 2006. Konsep Dasar IPA. Bandung: UPI PRESS Sri. c 10. c DAFTAR PUSTAKA Jumhana. a 9. c 6.M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful