You are on page 1of 3

Apa itu Demam Berdarah Dengue (DBD) ?

6. Jentik nyamuk berperan aktif di dalam bak air

7. Posisi jentik nyamuk tegak lurus Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan nyamuk Aedes Aegypty. dengan permukaan air dan gerakan jentik nyamuk naik turun ke atas pemukaan air untuk bernafas

Penyebab
Penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah karena adanya virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypty. DBD (Demam Berdarah Dengue) ini banyak di temukan di daerah tropis yang curah hujannya cukup tinggi. Sebab nyamuk akan mudah berkembang biak di daerah yang tergenang air.
Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypty

1. Warna hitam dengan belang-belang putih di seluruh badannya 2. Berbadan kecil 3. Biasanya menggigit pada siang hari dan sore hari 4. Hidup dan berkembang biak di dalam rumah (bak mandi,kaleng bekas,kolam ikan,ban bekas,pot tanaman air,tempat minuman burung) 5. Senang hinggap pada pakaian yang bergantung,kelambu dan ditempat yang gelap dan lembab.

8. Kemampuan terbang kira-kira 100 meter.

Tanda & Gejala DBD

2. Demam tinggi 2 – 7 hari disertai menggigil. Terjadi syok atau pingsan pada hari ke 3 — 7 secara berulang—ulang. mimisan. gusi berdarah . d. muntah darah dan BAB berdarah. 1. Dengan cara 3M plus yaitu : a. Menggunakan obat nyamuk sebelum tidur dan sebelum bepergian.serta sakit kepala. kurang nafsu makan. Mengubur benda. Menutup tempat penampungan air Pencegahan c.benda yang dapat digenangi air seperti ban . Pemberian Fogging (pengasapan) dan abatisasi (bubuk abate) 2. basah dan tidak sadar. kulit dingin .kaleng bekas dsb. 3. Menguras bak mandi bekas. nyeri pada persendiaan. b. . Pendarahan dibawah kulit berupa : Bintik-bintik merah pada kulit .1. Dengan tanda syok yaitu lemah. Nyeri perut ( ulu hati ) tapi tidak ada gejala kuning serta mual dan muntah 4.

Universitas Islam Sultan Agung Semarang Oleh Depi Prasastyo 012095860 Fakultas Kedokteran .