You are on page 1of 2

HIV-AIDS

Acquired immune deficiency syndrome, lebih diketahui sebagai AIDS disebabkan oleh infeksi human immunodeficiency virus (HIV). AIDS erupakan stage berkelanjutan dari HIV.

Virus menyerang sistem imun tubuh (sistem yang melindungi tubuh dari penyakit). Walaupun sistem imun bekerja secara full, seseorang memiliki risiko terkena infeksi penyakit lain yang biasanya tidak berpengaruh pada orang sehat. Itu disebut infeksi opportunistik. Orang dengan HIV juga memiliki risiko yang sangat besar untuk memperoleh beberapa jenis kanker, misalnya sarkoma kaposi, limfoma dan kanker servic, sama seperti masalah kesehatan lain.

Lebih dari 1 juta orang di USA hidup dengan infeksi HIV dan 500.000 orang hidup dengan AIDS. Setiap tahunnya sekitar 50000 orang terkena infeksi HIV di Amerika.

Di dunia sekitar 33 juta orang hidup dengan HIV AIDS. Sebagian kecil lebih dari seperempat orang yang terkena HIV-AIDS di Sub-Sahara Afrika adalah wanita.

PATOGENESIS

HIV dapat ditularkan dari seseorang ke orang lain melalui darah atau cairan tubuh (semen, sekret vagina atau ASI) dari orang yang terinfeksi ke orang yang tidak terinfeksi. Rute penularannya mencakup:   

Melakukan seks vaginal, anal atau oral dengan orang yang terkena tanpa protek. Penggunaan jarum suntik yang sama dengan orang yang terinfeksi Prenatal dan perinatal dari ibu yang terinfeksi HIV

    ASI dari ibu yang terinfeksi HIV Transfusi darah yang mengandung virus HIV Transplantasi organ Injuri penetrasi atau .