You are on page 1of 17

Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik

1

Karakteristik Serat Optik 1. Numerical Aperture adalah kemampuan serat optik untuk mengumpulkan cahaya. 2. Bandwith sebuah ukuran kapasitas serat optic dinyatakan dalam MHz.Km artinya MHz/ Km. 3. Karakteritik mekanis meliputi 4. TIR Material Serat Optik • Syarat : 1. Harus dapat dibuat panjang 2. Harus tembus pandang efisien 3. Memungkinkan memiliki beda indeks bias kecil antara inti dan kulit. • Yg memenuhi syarat : 1. Fiber gelas 2. Fiber gelas halida 3. Fiber gelas aktif 4. Fiber gelas berkulit plastik 5. Fiber plastik Rugi- rugi pada Serat Optik Pada umumnya rugi-rugi serat optik dibagi berdasarkan dari mana rugi-rugi tersebut ditimbulkan, yaitu : 1. Rugi-rugi yang timbul dari bahan serat optik itu sendiri 2. Rugi-rugi yang timbul akibat penggunaan serat optik tersebut sebagai media transmisi. A. Rugi-Rugi karena Bahan 1. Absorption Loss Rugi-rugi yang disebabkan karena masih banyaknya kotoran-kotoran pada bahan gelas (terutama yang terbuat dari glass multi komponen). Kotoran-kotoran tersebut dapat berupa logam (besi, tembaga) atau air dalam bentuk ion-ipn yang dapat

By La Ode AsminFis07

Untuk memperkecil rugi-rugi akibat ion-ion kotoran karena adanya unsurunsur logam dan lain-lain pada serat optik. maka kebersihan dan kemurnian bahan gelas sangat menentukan. dimana sudut datang sinar lebih kecil dari pada sudut kritis sehingga sinar tidak dipantulkan sempurna tapi dibiaskan.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 2 menyerap sinar yang melaluinya akan berubah menjadi energi panas. dimana dengan diendapkannya ion-ion kotoran tersebut. redaman dapat diperkecil. Energi panas ini akan menyebabkan daya berkurang. Rayleigh Scattering Loss Peristiwa ini terjadi karena adanya berkas cahaya yang meengenai suatu materi dalam serat optik yang kemudian menghamburkan/ memancarkan berkasberkas cahaya tersebut ke segala arah. Numerical Aperture adalah ukuran atau besarnya sinus sudut pancaran maksimum dari sumber optik yang merambat pada inti serat yang cahayanya masih By La Ode AsminFis07 . Hal ini disebabkan ketidak homogenan materi yang terdapat dalam serat optik tersebut yang mempunyai sifat menghamburkan suatu berkas cahaya. Rugi-rugi karena penggunaaan Serat Optik sebagai Media Transmisi 1. Gambar Rugi-rugi karena pelengkungan Untuk mengurangi rugi-rugi karena pelengkungan maka harga Numerical Arpature dibuat besar. Rugi-rugi karena pelengkungan Rugi-rugi ini terjadi pada saat sinar melalui serat optik yang dilengkungkan. 2. Salah satu cara memperkecil kerugian tersebut adalah dengan teknik pengendapan uap kimia (Chemical Vapour Deposition). B.

Ada beberapa kesalahan dalam penyambungan yang dapat menimbulakn rugi-rugi splicing. dimana nilai NA juga dipengaruhi oleh indeks bias core dan cladding. Hal ini terjadi karena dimensi serat optik yang demikian kecil sehingga penyambungan menjadi tidak tepat sehingga sinar dari bahan serat optik ke serat optik lainnya tidak dapat dirambatkan seluruhnya. Besarnya nilai NA diperoleh dengan rumus : Gambar Numerical Aperture dimana : NA θ = Numerical Aperture = sudut cahaya yang masuk dalam serat optik n1 = indeks bias core n2 = indeks bias cladding 2. Microbending Loss Rugi-rugi ini termasuk sebagai akibat adanya permukaan yang tidak rata (dalam orde mikro) sebagai akibat proses perbaikan bahan yang kurang sempurna. yaitu: • • • Sambungan kedua serat optik membentuk sudut Kedua sumbu berimpit namun masih ada celah diantara keduanya Ada perbedaan ukuran antara kedua serat optik yang disambung By La Ode AsminFis07 . Splicing Loss Rugi-rugi ini timbul karena adanya gap antara dua serat optik yang disambung. Rugi-rugi karena microbending 3.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 3 dapat dipantulkan secara total.

Atenuasi menyebabkan pelemahan energi sehingga amplitudo gelombang yang sampai pada penerima menjadi lebih kecil dari pada amplitudo yang dikirimkan oleh pemancar. Atenuasi adalah besaran pelemahan energi sinyal informasi dari fiber optik yang dinyatakan dalam dB. Dengan susunan bahan yang tepat maka akan didapatkan atenuasi yang sekecil mungkin. Hal ini dapat terjadi karena energiyang diradiasikan oleh sumber optik dapat dimasukkan ke dalam serat optik. Variasi indeks bias diperoleh dengan menambahkan bahan lain seperti titanium. Rugi-rugi Coupling Rugi–rugi ini timbul karena pada saat serat optik dikopel/ disambungkan dengan sumber cahaya atau photo detektor. Kualitas kopling dinyatakan dengan effisiensi kopling seperti dinyatakan dengan rumus : dimana : Ps = daya yang dipanncarkan oleh sumber cahaya Pt = daya yang dimasukkan ke dalam serat optik Sumber : http://zethcorner.com/2009/06/26/rugi-rugi-pada-serat-optik/ Rugi-rugi pada serat optic Rugi-rugi pada serat optik adalah atenuasi yang disebabkan oleh 3 faktor yaitu absorpsi. By La Ode AsminFis07 .Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 4 Untuk mengukur besarnya rugi-rugi karena sambungan digunakan rumus : L (dB) = 10 Log (P out/ P in) dimana : P out = daya sesudah sambungan P in = daya sebelum sambungan 4.wordpress. thallium.Gelas yang merupakan bahan pembuat fiber optik biasanya terbentuk dari silicon-dioksida ( SiO2). hamburan (scattering) dan mikro-bending. germanium atau boron.

Oleh karena itu sebaiknya penggunaan fiber optik harus menjauhi daerah ultraviolet dan inframerah. Hal ini disebabkan oleh adanya gerakan elektron yang kuat.Mikro-bending Atenuasi lainya adalah atenuasi yang disebabkan mikro-bending yaitu pembengkokan fiber optik untuk memenuhi persyaratan ruangan. Karena itu fiber optik singlemode lebih baik mutunya sebagai media transmisi dibandingkan dengan fiber optik multimode. terjadi absorpsi yang besar. Ion OH ini ternyata memberikan sumbangan absorpsi yang cukup besar. Sehingga dapat disimpulkan untuk lamda kecil. Seberapa besar sumbangan hamburan Rayleigh ini terhadap atenuasi transmisi dapat dilihat pada grafik gambar 2. sebagian energinya akan hilang dihamburkan oleh benda benda kecil yang ada di dalam gelas. Namun pembengkokan dapat pula terjadi secara tidak sengaja seperti misalnya fiber optik By La Ode AsminFis07 . Penyebab absorpsi lain adanya transmisi ion-ion logam dan ion OH. hamburan Rayleigh besar dan sebaliknya. b. Ini disebabkan adanya getaran ikatan kimia .Hamburan Seberkas cahaya yang melalui suatu gelas dengan variasi indeks bias disepanjang gelas tadi. yang sudah direkomendasi oleh CCITT.85 μm yaitu panjang gelombang sinar laser Ga A1 As. Hamburan yang disebabkan oleh tumbukan cahaya dengan partikel tersebut dinamakan hamburan Rayleigh.3.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 5 a. c.Absorpsi Absorpsi merupakan sifat alami suatu gelas. Demikian pula untuk daerah inframerah. Ternyata pada panjang gelombang sekitar 0. Besarnya hamburan Rayleigh ini berbanding terbalik dengan pangkat empat dari pangjang gelombang cahaya yaitu : 1/ λ . Hamburan Rayleigh memberikan loss akibat hamburan sangat kecil dibandingkan dengan loss fiber optik multimode. Semakin lama usia suatu fiber maka bisa diduga akan semakin banyak ion OH di dalamnya yang menyebabkan kualitas fiber menurun. Pada daerah-daerah tertentu gelas dapat mengabsorpsi sebagian besar cahaya seperti pada daerah ultraviolet.

Hal ini tentu saja menyebabkan atenuasi. Rugi – rugi penyerapan (Absorbtion Loss) Terjadinya akibat adanya ion Oh dalam inti. http://eviandrianimosy.blogspot. sehingga cahaya yang melewatinya terganggu. Selain atenuasi. Rugi – rugi penghamburan Rayleigh Rugi ini terjadi karena adanya variasi kerapatan optik dan campuran – campurannya sehingga membentuk facet – facet yang memantulkan dan membiaskan serta menghamburkan sebagian kecil cahaya yang melewatinya 2.com/2010/03/rugi-rugi-pada-serat-optik. rugi-rugi pada serat optik juga bias disebabkan oleh dispersi yaitu sinyal yang merambat mengalami distorsi sehingga mengakibatkan pelebaran pulsa cahaya yang ditransmisikan.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 6 yang mendapat tekanan cukup keras sehingga cahaya yang merambat di dalamnya akan berbelok dari arah transmisi dan hilang. Rugi –rugi pembengkokan (Bending Loss) By La Ode AsminFis07 . 3.html Rugi – rugi tersebut adalah: 1.

Untuk BER10 berarti rata – rata suatu kesalahan yang dilakukan dalam satu juta bit. sehingga cahaya harus melewati dua interface yang memantul sebagian. Harga margin berkisar antara 3dB sampai 10 dB. besarnya redaman dikonektor adalah 0.karena perubahan indeks bias dari inti udara ke inti lagi.5 dB dan besarnya redaman disambungkan adalah 0. Sensitivitas receiver akan tergantung pada harga BER tertentu. Sistem gelombang cahaya pada umumnya memiliki BER 10. slice dan konector mempunyai spesifikasi tersendiri. Micro Bending Loss : yang disebabkan karena pembengkokan mikro didalam inti serat saat 4. Metode perhitungan power budget digunakan untuk mendapatkan nilai maksimum lintasan serta optik yang menjamin Bit Error Rate (BER) dalam keadaan yang buruk. Rugi – rugi Freshnel (Freshnel Reflection) Disebabkan karena adanya celah udara.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 7 Terjadi karena akibat adanya pembengkokan. yaitu a. Sensitivitas receiver menyatakan daya yang dapat dideteksi oleh receiver. Perbedaan antara daya output pemancar dengan sensitivitas receiver disebut dengan System gain (GS). Loss total adalah suatu system komunikasi serta optik merupakan optik instalasi b. Margin berguna untuk mengkompensasi degrasi dan fluktuasi system.4dB/km. Desain suatu system komunikasi serat optik harus menyisakan suatu system gain dan margin. Redaman yang ditimbulkan oleh serat optik. Jumlah rugi – rugi maksimum dalam system komunikasi serat optik yang diijinkan dapat ditemukan oleh selisih daya optik yang dipancarkan oleh sumber optik di pemancar dengan daya optik yang dideteksi oleh detector optik sipenerima. Selisih tersebut lebih dikenal dengan istilah power budget. Ada dua macam rugi pembengkokan. Besarnya redaman serat optik per kilometer adalah 0. Bending Loss : yang disebabkan karena adanya belokan tajam/lengkungan pada By La Ode AsminFis07 .2dB/km.

Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 8 penjumlahan sequensial dari kontribusi loss tiap komponen dalam lintasan optik dan dirumuskan : Loss total = GS + m Dimana : GS = Sistem gain (dB). M = margin untuk rugi yang tak terduga (dB) By La Ode AsminFis07 .

Komunikasi serat optis berkembang bukan karena memberikan pita frekuensi lebar. Pada mulanya ide itu hanyalah impian dari kenyataan bahwa. Lebarpita serat optis maksimun saat ini adalah beberapa gigahertz (10 Hz). 85: Branoksi. akan ada perubahan dari kawat tembaga ke serat optis untuk sistem telekomunikasi dan pelayanan informasi. 81). Beaya yang makin bertambah dan permintaan atas laju-data-tinggi atau saluran pita-lebar dan kurangnya saluran yang tersedia di daerah metropolitan merupakan alasan pengantian ini. instrumentasi. Atas dasar alasan ini. Lagi pula. dan peralatanperalatan media dan industri akan dihubungkan oleh serat optis (Cheo. serat optis adalah satu-satunya pemandu gelombang untuk komunikasi optis. bank. 2 Sejarah Singkat Sudah sejah 1940 ilmuwan mempertimbangkan bahawa telekomunaksi masa depan melalui saluran optis. pakar radio terus mengejar teknologi riakgelombang yang lebih pendek. Dengan demikian muncul kepercayaan bahwa dorongan teknologi ke arah riak gelombang yang lebih pendek akan mencapai kawasan optis. Sekarang.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 9 Serat Optis Dalam Komunikasi Optis 1 Pendahuluan Optika serat telah menjadi penting dalam telekomunikasi. Perubahan isi seluruhnya berdasarkan pertimbangan ekonomi. Dalam dasawarsa ini. sejak penemuan Marconi mengenai telegrafi. instrumentasi. Setelah 1950. tetapi By La Ode AsminFis07 . komunikasi mikrogelombang menjadi praktis dan keuntungan penggunaan riakgelombang pendek menjadi nyata. penerima TV. pada masa datang telepon. peranti serat optis menyambung dengan baik pada alat pemroses data digital. jaringan TV-kabel. jauh lebih sempit daripada lebarpita pemandu mikrogelombang. komputer. distribusi dan transmisi data. Penerapan utamanya adalah dalam bidang telekomunikasi. dan teknologinya sesuai dengan teknologi mikroelektronika modern.

By La Ode AsminFis07 .47 db/km pada riak gelombang 1.2 um. dan pemandu gelombang kanta-gas diteliti. Perkembnagan Pemandu gelombang Optis. Kao dan Hockman meneliti mekanisme rugi optis dalam gelas dan meramalkan perbaikan teknologis akan menghasilkan serat optis dengan rugi cukup rendah untuk komunikasi optis.5 dB/km dalam 1973 (Bell Lab) dengan metode MCVD (pengendapan uap kimia terubah).Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 10 terutama karena memberikan pita frekuensi lebar dengan beaya murah bila digunakan banyak serat dalam satu berkas. Cara telekomunikasi pertama dalam sejarah manusia adalah komunikasi optis paling primitif. serat dengan koefisien serapan sebesar 0.25 dB/km pada 1. diameter kecil. Juga dilaporkan dari Jepang (1976) tercapai rugi sebesar 0. Usaha ini melemah setelah 1970 dengan munculnya serat optis.55 um] [Okoshi.31 um dan 0. Sekarang. yang dinamakan “Semafor”. sehingga rugi hamburan menjadi faktor pembatas. dan 2. dan memberi dampak besar pada masyarakat Eropa. Dalam 1974-1975 beberapa peneliti di Amerika Seerikat dan Jepang melaporkan mencapai 1.82]. Penaklukan negara-negara Eropa oleh Napoleon dikisahkan keberhasilannya sebagian karena penggunaan sistem komunikasi “optis” ini. maka rugi serapan akan susut sampai kurang dari 20 dB/km.5 sampai 2. Ini adalah sistem telekomunikasi kecepatantinggi pertama dalam sejarah manusia. Rugi serat silika terus berkurang dengan perbaikan metode CVD (Pengendapan uap kimia) dan mencapai 7 dB/km dalam tahun 1972 (Corning GlassWorks). pemandu gelombang cermin. Dimulai dengan munculnya laser pada awal 1960-an.5 dB/km dapat dibuat untuk transmisi optis pada panjang gelombang di atas 1. dalam 1971. dan murahnya beaya. dan jika kemurnian bahan bertambah. pemandu gelombang lensa. pemandu gelombang selaput tipis. Kemudian Chappe (Perancis) menemukan cara baru. rugi akan kurang dari beberapa dB/km. dengan demikian memanfaatkan fleksibilitas. Dan Kapron dkk (1970) (Corning Glass Works) melaporkan dibuatnya serat dengan rugi 20 db/km.2 um [o.0 dB/km. berbagai pemandu gelombang seperti pemandu logam berongga. api sinyal.45dB/km pada 1. yang telah digunakan selama ribuan tahun. Mereka menyatakan bahwa bila ion-ion logam transisi kandungannya kurang dari 10-6.

Serat ragam-tunggal mempunyai ruji teras dalam orde panjang gelombang.sehingga efek pelebaran denyut hanya berasal dari tebaran bahan. Sambatan Ragam dan Mekanisme Rugi Banyak faktor pembatas yang berasal dari sifat geometris dan fisis serat kaca yang mempunyai pengaruh besar terhadap kapasitas alih informasi pemandu agihan spectral sumber dapat menyebabkan perubahan nilai indeks landai serat dan menyebabkan pelebaran denyut. ketaksempurnaan struktural dalam serat menyebabkan juga rugi lewat hamburan dan serapan optis. Karena lebaran bahan nol untuk riak gelombang 1. Serat optis mempunyai teras silin dris dengan indeks teras dengan profil para bolik dengan nilai maksimum pada sumbu serat. Kita juga dapat menghilangkan efek pelebaran oleh tebaran bahan dengan pemilihan riak gelombang di sekitar 1. Dalam hal ini di dalam serat dapat merambat ratusan bahkan ribuan ragam yang terijinkan. batas teras-selubung harus disiapkan dengan hati-hati untuk menghindari rugi radiasi. sehingga cahaya tidak membias keluar dan lepas dalam selubung. Kita dapat memilih serat dengan profil indeks landai sehingga tebaran pemandu menjadi nol. Untuk memanfaatkan efek penyempitan denyut ini. Perambatan cahaya dalam serat optis dapat dipahami dengan optika geometris.3 um. cahaya yang terpandu di dalam teras diteruskan dari ujung masukan ke ujang keluaran karena pantulan dakhil total pada bidang batas teras dan selubung. Pelebaran ragam muncul dari dua efek yang berbeda: tebaran bahan dan struktur pemandu gelombang.3 um By La Ode AsminFis07 . sekitar 25 um sampai 50 um. Dalam praktek. Khasnya antara 5 um sampai 10 um. Ketaksempurnaan serat multiragam juga menciptakan sambatan acak antar ragam yang dapat menghasilkan penyempitan denyut dengan rugi daya bocor menjadi ragam radiatif tak terpandu. Yaitu.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 11 3 Serat Optis: Sifat Fisis dan Peranti Komponen paling utama dalam sistem komunikasi serat optis adalah serat optis itu sendiri. Tebaran (Dispersi). yang terbuat dari bahan kaca (SiO2) yang tercam puri berbagai pendadah untuk mengatur indeks bias dan mengurangi titik lebur. sedangkan serat multigram mempunyai ruji teras yang jauh lebih besar.

dan juga serapan minimun muncul di daerah ini.39 um [Hunsperger. Mencapai 20 dB/km.6 dB/ km pada + 1 um.8 um. Kandungan OH sisa sebesar 7 ppb telah dapat dicapai.6um untuk sistem serat optis merupakan pilihan yang baik.45 dB/km pada 1.75 um. tanpa terlihat adanya komponen rugi karena takmurnian. atau r/<<1. rugi serapan dalam kaca timbul dari struktur hakiki bahan dans erapan takmurnian. nilai khasnya 0. V Cr. 82]. pemancar riakgelombang panjang dalam daerah 1. Rugi macam ini sering ditemukan dalam sistem serat eka-ragam. di sini harmonik atas getaran iron hidroksil (OH) memegang peranan. Dalam had hamburan Rayleigh ini. Co.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 12 ini.95 um dan 0. Mn dan Ni. 0. yang sesuai dengan rugi serapan sebesar 0. Jumlah daya terhambur oleh gayut pada rapat usak dan tampang lintang hamburan. Sekarang mudah dibuat kaca silika kemurnian tinggi.4 um. Dalam kaca. yang berlaju bit sangat besar. Spektrum getar kaca terletak dalam daerah inframerah 2 sampai 10 um. Di samping itu. Alasan lain memilih riak gelombang panjang adalah untuk meminimumkan rugi hamburan. Masalah ini penting bila rugi kelengungan bengkokan adalah kecil tetapi masih cukup besar dibandingkan rugi serat. Rugi Hamburan dan Serapan Dari segi tebaran bahan. misalnya Fe. Dalam sistem By La Ode AsminFis07 . Mekanisme lain yang menyebabkan rugi serapan menyangkut tenaga getar yang berkaitan dengan ikatan yang biasa terdapat dalam kaca. dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari pada riakgelombang. serapan pinggiran pita kurang dari 1 dB/km. Untuk riakgelombang di atas 0.2 sampai 1. Serapan takmurnian disebabkan oleh ion logam . penghambur utama adalah takmurnian seperti oksida atau ion logam peralihan.8 um. Hamburan Mie dapat merupakan sumber rugi bila terdapat pusat hamburan dengan ukuran lebih besar daripada . Penelitian dan pengembangan dalam kinerja sumber laser dan fotodeteksi menjadi gencar. Cu. Rugi Mikrolengkungan Rugi optis yang terkaitkan dengan proses pengkabelan timbul sebagai hasil mikrolengkungan serat. dengan harmonik atasnya pada 1. hamburan sebanding dengan 1/ 4. Getaran dasar terpusat sekitar 2.

Metode pengukuran yang ideal harus memenuhi syarat berikut: (1) takmerusak. (2) terterapkan pada setiap profil By La Ode AsminFis07 . natrium. dapat juga dilakukan dengan metode pengendapan luar [wilson. Serat dapat ditarik dari satu prabentuk atau langsung dari lelehan serbuk oksida. Kaca silikat natrium. Pembuatan Serat. Di sini tabung silika murni menjadi teras. satu ciri khas zadat amorf. sehingga penting menggunakan serat indeks-undak eka-ragam dengan tingkap numeris setinggi mungkin untuk sistem telekomunikasi jarak-jauh. Pada umumnya. Metode MCVD (pengendapan uap kimia termodifikasi). hanya ragam dasar terteral. pengembangan termal. MgO. daya ragam dasar dapat hilang melalui sambatan dengan ragam-ragam orde-lebih tinggi dan/atau ragam radiasi. Metode Sangan-ganda mempunyai laju penarikan tinggi (1-3m/s dan beaya murah dengan produksi besar. Metode pengukuran profil indeks merupakan langkah yang penting. tetapi karena pembengkokan. rugi mikrolengkungan berkurang dengan cepat dengan bertambahnya beda indeks bias. silikon. dan aluminium. seperti indeks bias. Sifat umum semua kaca yalah kaca menjadi lembek secara berangsur-angsur bila dipanaskan dan tidak mencair pada suhu tetentu yang tegas. pbO. dari kaca silikon yang ditambahi oksida natrium. dan titik lebur. 83]. Bahan Kaca Pembentukan jejala kaca terutama mengandung oksigen. berkurang suhu leburnya. dengan dicampuri pengubah jejala. CaO. Serat optis kemudian ditarik dari prabentuk ini. Pengukuran profil Indeks Hubungan profil indeks bias dan sifat tunda denyut sangat erat. pengukuran profil indeks merupakan langkah yang penting. maka sifat dasar kaca berubah. misal K2O. maka dalam pembuatan dan evalusi serat optis. boron.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 13 ini. Selain metode pengendapan dalam. koefisien serapan. Tabung ini kemudian diruntuhkan sehingga batang kaca yang disebut “prabentuk” terjadi.

Metode Pola Hamburan: Profil indeks dihitung dari pola hamburan berkas cahaya yang datang tegak lurus. dengan ketepatan mencapai 5%. Pelebaran denyut diukur dengan pencuplikan bentuk gelombang dengan peranti elektronik berdaya pisah tinggi atau dengan menganalisis alihragam Fouriernya. Pola agihan daya ini akan sebanding dengan beda indeks bias.7 um dan ketelitian 5x10-4 [Okoshi Metode Pantul: Asasnya yalah bahwa bila cahaya jatuh tegak lurus pada bahan kaca (indeks bias). maka agihan daya yang sama akan muncul pada ujung keluaran serat. Karena semua serat adalah dispersif. matode pencocokan minyak. Dengan mengukur R. dapat mencapai daya pisah sebesar 0. dan penggunaan mikroskop elektron pemayar. maka suatu denyut pendek akan diperlebar setelah merambat melalui serat dan dierotkan dalam bentuk.2 um. batas daya pisah adalah 1. Baik untuk pengukuran profil serat ekaragam dengan daya pisah cukup praktis. dan (5) mudah dalam pengukuran dan pemerosesan data. Metode lain dapat disebutkan di sini adalah: Mikroanalisis sinar-X. untuk laser He-Ne pada riak gelombang 632. koefisien pantulan diberikan oleh R = [(1-n)/(1+n)]2. profil indeks ditentukan dengan perhitungan. Metode Pola Medan-dekat: Bila satu ujung serat diterangi secara seragam. Bila semua ragam merambat dengan rugi yang sama. Batas daya pisah sama dengan seperempat lambda cahaya yang digunakan.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 14 (3)ketepatan tinggi (4) daya pisah tinggi. Pengukuran Tebaran (dispersi) Tebaran ragam (modus) dan tebaran bahan serat multiragam dapat ditentukan dengan pengukuran tanggapan denyut dalam ranah waktu atau tanggapan spektral dalam ranah frekuensi denyut keluaran. By La Ode AsminFis07 . Daya pisah dibatasi oleh diameter berkas masukan. khasnya yalah 0. semua ragam yang merambat terteral seragam. yang gayut pada parameter serat. Sistem yang dipakai adalah interometer MachZehnder.5-3 um.8 nm. Metode Interferens : Asasnya yalah menentukan agihan indeks bias benda dari ingustan fase cahaya yang melewatinya.

Untuk memanfaatkan lebarpita yang tersedia dalam serat optis. ditentukan dengan gaung dan pantulan (OTDR). Tujuan 10 adalah miniaturisasi komponen optis seperti sumber. modulator. perlu dicatat bahwa jangkau riakgelombang 1. dan sebagainya [Cheo.6 um bersesuaian dengan lebarpita frekuensi sebesar 120.000 GHz atau 120 THz. Laser Semikonduktor Sumber untuk pemancar sistem komunikasi serat optis terutama terdiri dari LED (diode pancar-cahaya) dan laser semikonduktor. Penyiapan permukaan ujung serat juga penting untuk mengurangi rugi tebaran dan hamburan. yaitu optika terpadu (10).Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 15 Sistem dengan penyambat dan sambungan mempunyai rugi sebagai berikut: (1) rugi sambatan serat kepemancar dans erat ke penerima. Sistem Komunikasi Optis Kita akan mengulas sistem komunikasi optis dan bidang yang saat ini menarik perhatian. 4. Untuk jarakjauh dan laju-data sangat tinggi. laser CDH (heterstruktur ganda terpencet).75 sampai 1. Peranti ini memancarkan dalam jangkau riakgelombang antara 0. laser DBR (pantulan Bragg teragih). Rugi sambungan diukur dengan daya terpancar yang melalui sambungan antara dua serat dan yang tanpa sambungan. penggunaan diode laser (LD) diperlukan. maka teknik FDM (pemultipleksan Bagi-Frekuensi) perlu dikembangkan. (2) rugi sisipan penyambat. laser DFB (lolohbalik teragih). detektor. (3) rugi agihan daya melalui penyambat. Berbagai jenis laser semikonduktor lain yang sekarng dikembangkan untuk sumber adalah: laser DH (heterostruktur ganda). penapis dan sebagainya dan membuat sistem pemeroses optis yang lengkap dalam satu keping semikonduktor tunggal. Teknik pencampuran heterodin dan memberikan nisbah sinyal-derau (S/N) yang cukup baik. Rugi sayatan dan penetuan letak cacat dalam serat yang panjang. LED merupakan sumber yang memadai atas dasar ketersediaan daya keluaran dan laju tanggapanya.0-1. laser QW (sumurkuantum) dan MQW (multipel QW). dan frekuensi modulasi yang sudah dicapai masih jauh di bawah By La Ode AsminFis07 .6 um.

Dengan kemungkinan penambahan yang cukup nyata dalam jarak antara pengulang pada laju transmisi data tinggi. Hasilnya adalah jarak pengulang lebih dari 30km pada 1 ps/km dan sumber dengan lebar spektral 2A. atau sinyal digital 64 kbps.7 dB/km termasuk rugi serat dan rugi sambungan atau InGaAsP dan detektor APD germanium. Satu dari sifat serat optis yang menarik adalah kemampuannya untuk jarak pengulang besar dengan transmisi data kapasitas tinggi. pertambahan jarak pengulang akan diperoleh. beaya. Pemilihan ini didasarkan pada analisis untung-rugi di antara berbagai parameter sistem yang menyangkut daya optis.43 Gbps dengan serat ekaragan dan laser yang bekerja pada 1. transmisi video . operasi dan pemeliharaan akan berkurang sekali. dengan 10 Mbps mencapai jarak 12km dan pada laju 400 Mbps mencapai jarak pengulang 9 km. Transmisi digital dapat menampung hal ini dengan mudah karena arus bit yang bebeda dapat disaling-tumpangkan bawah laut. Seorang perancang sistem harus memilih berbagai komponene yang cocok untuk terapan tertentu. laju ralat bit (BER) minimum adalah 10-9. yang bersangkutan dengan nisbah S?N 12 dB. Jaringan telepon memerlukan sambungan telepon yang mampu membawa banyak saluran tunggal secara serempak. kemudahan penyesuaian. perancang meninjau faktorfaktor lain.6 um. derau penerima.3 sampai 1.9 um. Sekali konfigurasi sistem optimal ditemukan. Dalam suatu sistem dengan laser AIGaAs yang memancarkan pada 0. Untuk sambungan telepon saluran tunggal diperlukan lebarpita sebesar 4 kHz. pemasangan. termasuk keadaan lingkungan. tipe sinyal. sambungan By La Ode AsminFis07 . laju data atau lebar pita. dan pemeliharaan. dengan andaian rugi total 0. dari beberapa kilometer sampai beberapa ratus kilometer. yaitu sambungan yang mampu membawa sejumlah besar percakapan telepon serempak antara gardu-gardu telepon. Sejauh ini penerapan terbesar adalah untuk sambungan beban telepon.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 16 kemampuan teoretis pembawa. Juga telah dicapai jarak penulang lebih dari 115 km pada laju 0. beaya komponen akan turun dan juga beaya pemasangan. Untuk sistem yang dibuat pada daerah 1. keandalan. ukuran. rugi serat.55 um. bobot. dengan rugi sistem rerata diandaikan kira-kira 4.5 dB/km.

91. Kemudian kita ulas sistem komunikasi optis yang sederhana. 5 Penutup Kita telah meninjau dari sejarah serat optis zantara komunikasi optis. Untuk menentukan apakah suatu sistem akan bekerja secara memuaskan. 92]. dalam lingkungan militer. kendali peluru. Jika daya yang diluncurkan ke dalam serat diketahui. Perlu diperhitungkan juga adanya sayatan dan sambungan.Bahan Ujian Final Mata Kuliah Serat Optik 17 komputer dan. maka panjang maksimum serat yang digunakan dapat dihitung. yaitu sistem-sistem ISDN< B-ISDN. dan kemudian memperlajari sifat-sifat fisis dan bagaimana mengatasi kekurangan yang merugikan yang terdapat dalam serat untuk memperlancar komunikasi optis. By La Ode AsminFis07 . kita di Indonesia. Dapat disebutkan jaringan yang memanfaatkan serat optis sebagai sarana. FDDI dan SDH. bersama dengan susutan serat. dan jaringan multidigabit yang akan memanfaatkan sistem baku SONET [LTS. LTS. Perhitungan ini dinamakan bujet fluks atau bujet daya. beberapa uji harus dilaksanakan. dan batas keamanan (katakanlah 5db) juga harus dicakup. Mudah-mudahan dalam era pengembangan sistem komunikasi serat optis ini. Tebaran serat sepanjang jarak yang diperlukan harus tidak menyusutkan sinyal minimum harus mencapai detektor. Tentusaja detektor dan pemancar harus mampu menangani lebar pita yang dipersyaratkan. tidak akan tertinggal jauh dan dapat mulai turut berkecimpung di dalamnya. dan beberapa cara pengukurannya.