anatomi kepala .

.

. akan muncul nyanyian CT Scan. gambaran anatomi diatas sangat membantu kita untuk memahami gambaran radiologis hasil CT Scan kepala. Hal lain yang harus diketahui juga. Akan tetapi.... saya kasih contoh deh nyanyiannya: Nyanyian ini merupakan hasil pembacaan dari foto dibawah: . supaya kalian yang baca juga ga bingung. saya awalnya agak bingung juga pas pertama kali liat foto CT Scan...Sebagai perkenalan.. tetap saja apa yang kita lihat di gambar berbeda dengan hasil CT-Scan. menyempit atai tidak. Sedikit sharing.. misal.. ada lesi/ tidak. dll-.. hahahhaa. ketika kita menyampaikan hasil expertise/ pembacaan CT Scan. ventrikel -posisinya...

coba perhatikan lagi foto di atas.. Ingat ya. sebalah kiri foto adalah sebelah kanan pasien.. maka dari itu... mana yang pons. karena foto-foto ini ada keterangan gambarnya. dan sebelah kanan adalah sebelah kiri.. di hadapan kita. Aturan ini sudah internasional.!! . mana yang ventrikel 4. jadi melatih teman-teman untuk memahami...Gimana. Tapi bandingkan dengan foto-foto berikut... makin bingung kan??? hahahahha Mana yang ventrikel lateral. hahha.

. selama teman-teman antusias untuk belajar...Masih banyak lagi hal-hal baru dan asing ketika teman-teman masuk stase radiologi. . pasti akan bisa dengan sendirinya.... saya cuma bisa menyampaikan hal yang bersifat superfisial saja.

ingat2 lagi anatomi yang diatas ya.Kita coba liat beberapa kasus yang cukup sering ditemui yok. baik perdarahan epidural hingga intracranial hemorrhage.. yaitu cidera kepala... Sebelumnya.. konsep : ..

(pengetahuan tentang meningens. dan latihan baca foto sangat membantu karena gambaran masing-masing perdarahan akan terlihat berbeda dan ini dipengaruhi struktur anatominya) Epidural Hematom (ingat bahwa dura itu kuat. sehingga.. SCALP. bila ada perdarahan akan terbentuk batas yang tegas) .

maka akan lebih mudah mengingatnya.. sedangkan kedua kronis. walaupun tidak selalu) .. coba bayangkan anatominya.cirinya adlh bentuk bulan sabit.Subdural Hematom (gambar pertama merupakan perdarahan akut subdural.

... dan sebelah kiri merupakan subarakhnoid hematom. saya juga masih belajar.. ya wajar kok. Ayo sekali lagi ingat interpretasi foto di bawah ini: (sudah ada jawabannya tuh) .....Subarakhnoid Hemorrhage (di sebelah kanan merupakan epidural hematom.. sekali lagi bayangkan anatominya) BAGAIMANA?? masih bingung kah?? kalo masih. terus aja baca-baca teori dan latihan baca foto. ^^ Sebelum kita akhiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful