PENGENALAN BK

A. Pengertian Bimbingan

Bimbingan membantu individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri.
B. Pengertian Konseling

konseling adalah usaha membantu konseli/klien secara tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai persoalan atau masalah khusus. Dengan kata lain, teratasinya masalah yang dihadapi oleh konseli/klien.
C. Pengertian Bimbingan Konseling

Pengertian bimbingan konseling adalah Pelayanan bantuan untuk peserta didik baik individu/kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, karir; melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung atas dasar norma-norma yang berlaku.
D. Tujuan Bimbingan Konseling

Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan meliputi aspek pribadi, sosial, belajar dan karier. Bimbingan pribadi – sosial dimaksudkan untuk mencapai tujuan dan tugas perkembangan pribadi – sosial dalam mewujudkan pribadi yang taqwa, mandiri, dan bertanggung-jawab. Bimbingan belajar dimaksudkan untuk mencapai tujuan dan tugas perkembangan pendidikan. Bimbingan karier dimaksudkan untuk mewujudkan pribadi pekerja yang produktif.
E. Azas Bimbingan Konseling

1. Azas Kerahasiaan

Yaitu azas dimana Konselor wajib merahasiakan masalah yang dihadapai klien kepada siapapun, dan ini merupakan kunci kepercayaan klien terhadap konselor.
2. Azas Kesukarelaan,

Konselor dan klien melaksanakan proses BK secara sukarela.
3. Keterbukaan.

Keterbukaan klien untuk membahas masalahnya sangat menentukan bagi keberhasilan proses BK.
4. Azas Kekinian.

Masalah yang ditangani oleh BK adalah masalah yang terjadi saat ini, meski mungkin ada kaitannya dengan masa lalu.
5. Azas Kemandirian.

Post dari proses BK adalah kemandirian klien untuk dapat mengatasi masalahnya sendiri.

11. 7. BK mampu memadukan berbagai aspek kepribadian klien. 12. baik norma Agama. adat. keteladanan dan dorongan untuk maju. BK merupakan layanan profesional dan dilakukan oleh profesional pula.6. 9. Azas Kegiatan. . Tur Wuri Handayani. Azas Kenormatifan. Azas Keahlian. BK mampu memberikan rasa nyaman. Jika Konselor sekolah belum mampu membantu penyelesaian masalah klien di karenakan sudah di luar keahliannya. Azas Alih Tangan. 10. ilmu maupun kebiasaan sehari-hari. hukum. Azas Keterpaduan. Azas Kedinamisan. BK harus mendorong klien utk melakukan kegiatan yg mendukung bagi jalan keluar dari masalahnya. BK harus sesuai dengan norma yang berlaku. hendaknya klien di rujuh kepada pihak yang berkompeten. BK hendaknya bukan sekedar mampu memecahkan masalah tapi juga mampu membawa klien kepada perubahan yg lebih baih. 8.

Artinya memberikan pedoman atau norma-norma tertentu yaitu bagaimana seharusnya seseorang itu melakukan perbuatan dan tidak melakukan sesuatu perbuatan. cara berbicara. Istilah etiket berasal dari Etiquette (Perancis) yang berarti dari awal suatu kartuundangan yang biasanya dipergunakan semasa raja-raja di Perancis mengadakanpertemuan resmi. Istilah etika sebagaimana dijelaskan sebelumnya adalah berkaitan dengan moral (mores). Etika sebagai filsafat moral Etika sebagai filsafat moral memiliki pengertian yang lebih luas karna persoalan benar atau salah secar moral tentang bagaimana haus bertindak dalam menghadapi suatu situasi sulit yang harus dipilih salah satu di antara dua kemungkinan yang sama-sama tidak menguntungkan Prinsip-prinsip etika pergaulan sbb : 1. Etiket adalah: berlaku bila ada seseorang atau pihak lain yang menyaksikan tindakan kita. Etika sebagai sistem nilai Sebagai sistem nilai. tata krama dalam pergaulanformal. B. carabersalaman. sedangkankata etiket adalah berkaitan dengan nilai sopan santun. Persamaannya adalah mengenai perilaku manusia secara normatif yang etis. etika bersifat universal berlaku pada semua masyarakat. etika berkaitan dengan kebiasaan yang baik. tata cara hidup yang baik. Etika Versus Etiket 1.ETIKA PERGAULAN Pengertian Etiket Pengertian etiket dan etika sering dicampuradukkan. semua kalangan dan semua budaya etika juga mengacu pada norma moral dan norma kesusilaan. orang lain maupun masyarakat 2. walaupun ada persamaannya. 2. Kebenaran Kebaikan . pesta dan resepsi untuk kalangan para elite kerajaan atau bangsawan. padahal kedua istilah tersebut terdapat arti yang berbeda.Dalam pertemuan tersebut telah ditentukan atau disepakati berbagai peraturan atau tatakrama yang harus dipatuhi. dan cara bertamu dengan si kap serta perilaku yang penuh sopan santun dalam pergaulan formal atau resmi. Dari pengertian di atas dapat di simpulkan sebagai berikut : A. Etika sebagai sistem nilai dan filsafat moral 1. seperti cara berpakaian (tata busana). Etika adalah: etika berlaku di mana saja dan kapan saja baik ada orang lain yang melihat maupun tidak. 2. bagi diri sendiri. cara duduk.

7. Tanpa kesiapan mental. . Suka atau tidak suka semua mata diklat harus ditempuh. Keindahan 4. 4. 6. Membaca secara keseluruhan. Jadi belajar bukanlah suatu hasil. berbuat mereaksi dan melampaui (under going). 5. dari tidak terampil menjadi terampil. Pengertian Belajar Belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang dilakukan secara sengaja untuk mendapatkan perubahan yang lebih baik. 6. C. dari belum dapat melakukan sesuatu menjadi dapat melakukan sesuatu dan lain sebagainya. misalnya : dari tidak tahu menjadi tahu. Sikap membenci mata diklat tidak ada manfaatnya. akan tetapi merupakan suatu prosesuntuk mencapai tujuan dalam rangka memenuhi kebutuhan menuntut ilmu. Membuat catatan penting (meringkas). yang terbaik adalah mengambil sikap positif dengan berusaha menyukai semua mata diklat yang diajarkan. Prinsip Belajar Landasan utama dalam mencapai keberhasilan belajar adalah kesiapan mental. Perubahan tersebut merupakan perubahan yang timbul karena adanya pengalaman dan latihan. 5. Kegagalan peserta didik dalam belajar lebih banyak disebabkan karena mereka tidak mengetahui teknik belajar yang efektif dan efisisen. Karena suka tidak suka mata diklat tersebut harus ditempuh pada jenjang pendidikan yang mereka ikuti. Setiap peserta didik hendaknya mempunyai minat yang besar terhadap semua mata diklat yang diterima di sekolah.3. Proses belajar adalah mengalami. 4 X 2 lebih baik dari pada 2 X 4 (4 kali belajar @ selama 2 jam. Menarik kesimpulan dan dilakukan (latihan) dengan penuh perhatian. baru kemudian mempelajari bagian-bagiannya. Membaca doa belajar 2. Beberapa teknik-teknik belajar efektif dan efisien. Akan sangat baik dilakukan pada 1/3 malam terakhir setelah sholat tahajud. maka tidak akan dapat bertahan terhadap berbagai kesukaran (kesulitan) yang dihadapi selama belajar. Pelaksanaan dengan waktu yang efektif. B. Dilakukan secara rutin (sesuai dengan jadwal yang telah dibuat) dan berkesinambungan. Disengaja. Cara Belajar Efektif Dan Efisien Belajar efektif dan efisien dapat tercapai apabila dalam belajar peserta didik menggunakan teknik belajar yang tepat. Kebebasan Persamaan Keadilan BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFESIEN A. lebih baik hasilnya dari 2 kali belajar @ selama 4 jam). Mengulangi bahan pelajaran (sering diulang-ulang). 3. bahwa proses belajar timbul karena ada suatu niatan.antara lain : 1.

Orang-orang kreatif adalah orang-orang yang berpihak kepada perubahan. obsesif dan lain-lain. mental maupun fisik. Kemamampuan seseorang untuk melihat dengan sudut pandang/perspektif baru. energy. berguna. Menurut para ahli. Karena pengertian kreativitas itu sendiri adalah : 1. Hanya perusahaan visoner-lah yang mampu menampung orang-orang kreatif ini bisa bekerja di dalamnya. modal. konsep. dan penggunaan teknologi yang menyebapkan adanya system produksi dan produk-produk baru. dan biasanya tidak dilihat oleh orang lain. Orang-orang kreatif selalu berhadapan dengan orang-orang yang tidak senang terhadap perubahan. biasanya dapat melakukan sesuatu yang menyimpang dari cara-cara tradisional. 3. Orang yang kreatif. pada umumnya mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin. dan tidak terduga tetapi dapat diimplementasikan. Perusahaan-perusahaan yang memiliki orangorang kreatif tidak akan menguntungkan secara finansial dalam jangka pendek. . yang mungkin sewaktu-waktu bisa menimbulkan anarkis. Kemampuan seseorang untuk menemukan hubungan baru. seseorang yang kreatif selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru. secara fikiran. pengaturan tenaga kerja. atau fenomena. Proses kreativitas melibatkan adanya ide-ide baru. oleh karena itu orang-orang yang kreatif biasanya distempel sebagai orang-orang agresif. Kemampuan seseorang untuk membentuk kombinasi dari suatu/beberapa obyek.MENGEMBANGKAN KREATIVITAS Kreativitas Kreativitas merupakan kemampuan umum untuk menciptakan sesuatu yang baru sebagai kemampuan untuk menentukan ide-ide baru atau hal-hal baru (motivasi) bagi kehidupan Kreatifitas yang menghasilkan inovasi Inovasi adalah suatu proses pemburuan dari penggunaan sumber-sumber alam. 2.

pengalaman. . Sikap bukan dibawa sejak lahir melainkan dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan itu dalam hubungan dengan obyeknya. akan tetapi harus di tunjang dengan minat. Minat merupakan faktor yang mengarahkan bakat dan keberadaannya merupakan faktor utama dalam pengembangan bakat. obyek atau isue. . Pengertian Sikap Ada beberapa pengertian sikap. Pengertian Bakat Ada beberapa pengertian bakat. Bila orang tua tidak cukup cermat dengan hal ini akan berdampak buruk bagi anak. yaitu sbb : Minat adalah seberapa besar seorang individu merasa suka atau tidak kepada suatu rangsangan. yang memungkinkan seseorang tersebut akan berkembang pada masa mendatang.Bakat merupakan potensi terpendam dalam diri seseorang. D. . . Minat adalah dorongan yang kuat bagi seseorang untuk melakukan segal sesuatu yang menjadi keinginannya. B.Sikap adalah pandangan-pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap objek. pengetahuan. C. haus. maupun minat yang tidak sertai bakat.Sikap adalah evaluasi umum yang dibuat manusia terhadap dirinya sendiri. MINAT DAN SIKAP A. . yaitu : . Seseorang yang memiliki bakat akan cepat dapat di amati karena kemampuan yang ia miliki akan berkembang dengan pesat. yaitu sbb : 1. 1998 : 63).Bakat merupakan potensi yang masih membutuhkan latihan agar dapat terwujud secara nyata. dan di kembangkan. Sifat ini membedakannnya dengan sifat motif-motif biogenis seperti lapar. Bakat tidak selalu identik di sertai minat. Bakat memungkinkan seseorang untuk mencapai prestasi dalam bidang tertentu. Atas dasar bakat yang di milikinya. akan menimbulkan gap. Ciri – Ciri Sikap Ciri-ciri sikap menurut (Heri Purwanto. Bakat yang tidak di sertai minat. Agar bakat dapat muncul perlu di gali. Bakat bisa di artikan sebagai kemampuan bawaan yang berupa potensi yang masih perlu di kembangkan atau di latih. kebutuhan akan istirahat. maka seseorang akan mampu menunjukkan kelebihan dalam bertindak dan menguasai serta memecahkan masalah di bandingkan orang lain. dilatih. dan dorongan.Bakat merupakan kondisi atau kualitas yang di miliki seseorang. ditemukan. orang lain.Sikap adalah merupakan reaksi atau respon seseorang yang masih tertutup terhadap suatu stimulus atau objek. Pengertian Minat - Ada beberapa pengertian minat. yaitu sbb : . latiahn.PENGENALAN BAKAT.

Objek sikap itu merupakan suatu hal tertentu tetapi dapat juga merupakan kumpulan dari hal-hal tersebut. 4. Sikap mempunyai segi-segi motivasi dan segi-segi perasaan. tetapi senantiasa mempunyai hubungan tertentu terhadap suatu objek dengan kata lain. sikap itu terbentuk. Sikap tidak berdiri sendiri.2. . 5. 3. dipelajari atau berubah senantiasa berkenaan dengan suatu objek tertentu yang dapat dirumuskan dengan jelas. Sikap dapat berubah-ubah karena itu sikap dapat dipelajari dan sikap dapat berubah pada orang-orang bila terdapat keadaan-keadaan dan syarat-syarat tertentu yang mempermudah sikap pada orang itu. sifat alamiah yang membedakan sikap dan kecakapan-kecakapan atau pengetahuanpengetahuan yang dimiliki orang.

Pemberian hadiah . Pengertian Motivasi Motivasi adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek itu dapat tercapai.Minat 2. Dengan demikian motivasi intrinsik dapat pula dikatakan sebagai bentuk motivasi yang didalamnya aktivitas belajar dimulai dan diteruskan berdasarkan pada suatu dorongan dalam diri dan secara mutlak terkait dengan aktivitas belajar misalnya : . belajar adalah perubahan dari diri seseorang. Motivasi intrinsik Motivasi intrinsik adalah : “motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsi tidak perlu di rangsang dari luar. Macam-Macam Motivasi Motivasi diri timbul dan berkembang terdapat dalam dua dasar utama yakni : 1. sebagai tempat yang pertama dan utama dalam proses pendidikan. Motivasi Ekstrinsik Motivasi ekstrinsik adalah “jenis motivasi ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu. B. Berdasarkan pada pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi ekstrinsik itu aktif jika di rangsang dari luar dan mempunyai kontribusi besar dalam menumbuhkan motivasi ini adalah keluarga sakinah. Pengertian Motivasi Belajar Motivasi adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar.Adanya cita-cita . Misalnya : . D. sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. bahwa pada prinsipnya. sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. apakah karena adanya ajakan. Pengertian Belajar Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas.Hukuman .Adanya kebutuhan .MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA A.Pujian MEMAHAMI POTENSI DIRI . Motif ekstrinsik dapat pula dikatakan sebagai suatu bentuk motivasi yang di dalamnya aktivitas belajar yang diteruskan berdasarkan dorongan dari luar yang tidak secara mutlak berkaitan dengan aktivitas belajar. C.Keinginan tentang kemajuan dirinya . suruhan atau paksaan dari orang lain sehingga dengan kondisi yang demikian akhirnya ia mau melakukan sesuatu atau belajar”.

kekuatan yang belum terwujud maupun yang telah terwujud.dan setiap kita mengalami suatu kegagalan atau hambatan maka kita harus dapat berfikir secara dewasa. Percaya diri Dengan kepercayaan diri kita dapat melakukan suatu pekerjaan dengan optimal. Dan dengan potensi yang kita miliki kita dapat memanfaatkan potensi kita ini sebagai sumber penghasilan bagi kita. Dengan potensi yang kita miliki kita dapat melakukan suatu hal yang sesuai dengan kemampuan minat bakat dan mungkin hobi kita. Memahami diri sendiri Dengan kita memehami diri kita sendiri kita dapat lakukan dengan cara mengenali terlebih dahulu antara kelabihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. sesuatu hal yang ingin kita lakukan itu baiknya disertai dengan kemauan yang keras dan berfikir positif bahwa pekerjaan itu dapat kita lakukan sesuai dengan kemampuan kita dan apabila kita cepat . dan dengan sikap percaya diri potensi diri kita akan lebih tergali. Dan kita lebih termotivasi untuk lebih maju lagi.Potensi adalah kemampuan. 3. Kegagalan itu biasanya terjadi karena pikiran negatif kita.dengan suatu kegagalan kita akan dapat berfikir dan bertindak lebih hati-hati. 4. Menentukan tujuan hidup Dengan kita punya tujuan hidup yang jelas kita dapat mengoptimalkan potensi yang Kita miliki. Namun untuk ini kita harus memahami potensi yang kita miliki untuk dapat memahami potensi diri kita dapat melakukan beberapa cara yaitu : 1. .selain itu kita juga mencari kelemahan apa saja yang ada pada diri. yang di miliki seseorang tetapi belum belum sepenuhnya terlihat atau di pergunakan secara maksimal. 5. Menghilangkan pikiran negatif Menghilangkan pikiran-pikiran negatif perlu sekali kita lakukan karena pikiran pikiran negatif tersebut biasanya akan menghambat kita untuk mencapai tujuan atau cita – cita kita. 2. Tidak cepat merasa puas Dengan tidak cepat puas diri dapat menjadikan kita peka akan masukkan dari orang lain yang bisa membuat karya kita jauh lebih baik lagi.merasa puas kita akan hanya terhenti didalam titikitu saja kita tidak akan menjadi lebih maju lagi.