PROPOSAL

GEMA MUHARRAM 1434 H
FORUM UKHUWWAH REMAJA MUSHOLLA AL-MURSID Sekretariat : Jl. Amil Abbas RT. 04/02 Kampung Kemang, Jaticempaka Pondok Gede Bekasi 17411

PANITIA GEMA MUHARRAM 1434 H – REMAJA MUSHOLLA AL-MURSYID Emil : remajaalmursyid@gmail.com

kami sampaikan gambaran rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. d a n t a h u n b e r l a l u s i l i h berganti seiring dengan b e r gan ti n ya s i a ng d an malam. menandai datangnya kembali Tahun Baru 1434 Hijrah. LATAR BELAKANG Tidak terasa. Shalawat serta salam semoga tercurah selalu kepada qudwah hasanah kita Nabi Besar Muhammad SAW. Berbagai jenis kegiatan direncanakan dengan sasaran baik untuk anak-anak dan remaja. waktu berjalan d e n g a n c e p a t . Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam rencana ini hingga pelaksanaannya. Forum Ukhuwah Remaja Musholla Al Mursyid Kp. serta para da’i dan da’iyyah di lingkungan Musholla Al-Mursyid. MUKADDIMAH Segala puji serta syukur hanyalah milik Allah SWT. barangkali tahun baru ini tidak seberapa berkesan karena negara kita tidak menggunakan kalender Hijriah. h a r i berganti hari. tetapi 1 . pekan.PROPOSAL GEMA MUHARRAM 1434 H MUSHOLLA AL-MURSYID I. Kita kembali akan segera memasuki bulan Muharram. Kemang Pondok Gede B e k a s i . para keluarga. bulan. Amiin. II. Dalam rangka menyemarakkan bulan Muharram dengan berbagai kegiatan keilmuan dan dakwah keislaman. menyelenggarakan paket kegiatan yang dinamakan “GEMA MUHARRAM 1434 H”. sahabat dan kita pengikutnya yang Insya Allah istiqamah dijalan-Nya. Dalam proposal ini. Bagi sebagian umat orang. anak-anak yatim dan kaum dhuafa. para orang tua.

banyak orang tidak tahu kapan dan apa faedah bulan Muharram.Masehi. Diantaranya adalah tenggelamnya raja Fir’aun dan anak buahnya di laut Merah. Dengan demikian diharapkan melalui paket kegiatan “ GEMA MUHARRAM 1434 H” ini. sebagaimana istilah Baitullah. Hal ini bermakna bulan ini memiliki keutamaan khusus karena disandingkan dengan lafdz Jalalah (lafadz Allah). Sedan gkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. esensi dan eksistensi bulan Muharram hampir semakin tidak bermakna. Syaifullah dan sebagainya. khususnya mengenai nilainilai islam yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Rasulullah. Namun. (HR. masyarakat perlu diarahkan dalam peningkatan pemahaman akan nilai-nilai Islam tersebut sehingga pengembangan kualitas diri tidak keluar dari Kitabullah dan Sunnah. Sebagai bulan pertama tahun Hijriyah. 2 . III. Bahkan ironisnya. DASAR PEMIKIRAN Bulan Muharram merupakan s u a t u bulan yang disebut sebagai “syahrullah” (Bulan Allah). hijrahnya nabi Muhammad SAW ke Madinah serta masih banyak lagi peristiwa bersejarah lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman dengan gencarnya peran media terhadap kehidupan masyarakat. Disamping itu bulan Muharram adalah bulan yang sangat agung. Itulah makanya salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk berpuasa sunah pada bulan tersebut. Dalam sebuah hadist bahwa Rasulullah bersabda : “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. masyarakat akan mengenal dan melestarikan budaya islam sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan beragama. Semua ini tentunya dapat kita atasi dengan meningkatkan pendidikan bagi masyarakat. Di dalamnya terkandung makna dan keutamaan hakiki dalam rangka proses pembentukan pribadi-pribadi muslim. Dengan semakin berkembangnya semangat untuk menegakkan nilai-nilai islam. umat Islam seharusnya menjadikan 1 Muharram sebagai momentum hijrah untuk dijadikan ajang introspeksi dan muhasabah diri setelah satu tahun berlalu. Terlebih ditengah kondisi kaum muslimin secara umum masih berada dalam tingkat pemahaman nilai-nilai islam yang belum maksimal. Para Ulama menyatakan bahwa penyandingan sesuatu pada yang lafdz Jalalah memiliki makna tasyrif (pemuliaan). Hal ini jelas sangat berpengaruh kepada kepribadian individu itu sendiri khususnya dan mobilisasi ummat Islam umumnya. bulan Muharram juga menyimpan banyak peristiwa bersejarah. Muslim).

aktifitas sosial sehingga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan jamaah musholla dan lingkungan sekitarnya kepada Allah SWT (keshalehan individu) dan tercipta kehidupan masyarakat yang Islami dengan ketaqwaan dan terbina ukhuwah diantar sesama warga (keshalehan sosial). Rincian anggaran biaya secara rinci Terlampir. Bazaar ummat. TEMA KEGIATAN Tema ”GEMA MUHARRAM 1434 H”. 3 .000 (Tiga Puluh Satu Juta Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).350. JENIS KEGIATAN Rangkaian kegiatan dalam paket ” GEMA MUHARRAM 1434 H” Musholla Al-Mursyid ini meliputi: 1. 31. Memeriahkah Muharram sebagai bulan yang disenangi Allah dengan berbagai kegiatan dakwah keislaman. 24 November 2012 pukul 10 – 12 WIB bertempat di halaman Musholla Al-Mursyid VIII. 2. lingkungan RT/RW sekitar.Dhuafa 2. diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Rp. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Rangkaian kegiatan Gema Muharram Musholla Al-Mursyid ini akan kami laksanakan pada hari Sabtu. dan masyarakat luas dalam aktifitas dakwah.IV. danpemberdayaan ekonomi masyarakat Memberikan sarana bagi ummat untuk berinfaq di jalan Allah dengan menyisihkan hartanya sebagai amal infaq shodaqoh jariyah bagi kegiatan dakwah Menjadikan masjid sebagai sarana ummat dalam dakwah amal ma’ruf nahi munkar serta sarana pendidikan menuntut ilmu Addienul Islam Menggiatkan dan meningkatkan kepedulian sosial masyarakat khususnya ummat muslim dari seluruh Jama'ah Musholla. Musholla Al-Mursyid kali ini adalah “Mari jadikan Muharram 1434 H sebagai momentum untuk berhijrah dan berbagi kepada sesama sebagai wujud kepedulian sosial sesuai sunnah Rasulullah SAW”. VII. 3. V. pendidikan. ANGGARAN BIAYA Rencana anggaran biaya palaksanaan kegiatan ” GEMA MUHARRAM 1434 H”. 4. Tabligh Akbar dan Santunan Yatim . VI. TUJUAN KEGIATAN Rangkaian kegiatan dalam paket ”GEMA MUHARRAM 1434 H” bertujuan untuk: 1. sosial. pembinaan.

Ag Muhammad Adnan 4 . Bekasi.IX. 10 November 2012 Ketua Pelaksana Sekretaris H. PENUTUP Alhamdulillah. semoga Allah SWT senantiasa memberikan keluasan dan keberkahan rezki kepada kita semua sehingga kita dapat melakukan amal sholeh yang akan menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di yaumil qiamah. Akhirnya. panitia kegiatan ”GEMA MUHARRAM 1434 H” mengucapkan Jazakumullahu Khairan Katsiran kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam mencurahkan segala kemampuannya baik harta. S. Amiin yaa Rabbal ’alamiin. Nasruddin Nur. untuk bersama-sama sama menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini. pikiran maupun tenaga. Dimana semua itu tidak lain kita harapkan menjadi catatan amal kebaikan dan penolong kita pada hari akherat kelak.

500.000 100.000 100.ANGGARAN PELAKSANAAN KEGIATAN GEMA MUHARRAM MUSHOLLA AL-MURSYID No.000 75.000.000 5.000 Jumlah 500.000 100.000 1.000 22.000 750.000 .000 Total Terbilang : Tiga Puluh Satu Juta Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah 31.000 150.350.000 1.000.000 5.500.000 1. 1 2 3 4 5 6 7 Uraian Anggaran Transport pembicara (Ustadz) Paket Bazar sembako Konsumsi peserta tabligh akbar Santunan Yatim – Dhuafa Perlengkapan Relawan Bazzar Kesekretariatan Satuan Orang Paket Biji Orang Paket Orang Paket Volume 1 300 300 50 1 5 1 Besaran 500.000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful