You are on page 1of 6

STUDI KASUS MINOR TRAUMATIC ULCER

Disusun oleh: Veronica Silvie 1601-1007-0025 Pembimbing: Riani Setiadhi, drg., Sp.PM

BAGIAN ORAL MEDICINE FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS PADJADJARAN 2012

dan adanya kemungkinan luka yangdiakibatkan oleh diri sendiri (tergigit ketika makan. traumatic ulcer adalah ulserasi yang disebabkan karenatrauma. pipi. 2000) .Contoh: makanan atau minuman yang terlalu panas Gambaran Klinis Traumatic ulcer ini secara klinis bermacam-macam.BAB III TINJAUAN PUSTAKA Definisi Ulcer adalah suatu defek pada jaringan epitel berupa lesi cekung berbatas jelas yangtelah kehilangan lapisan epidermis (Greenberg.(Langlais. tapi biasanya merupakan singleulcer yang berkaitan erat dengan faktor penyebab. 2000). gigi yang patah atau tajam. Langlais. dan lidah. kebiasaan buruk seperti mengigit bibir. Ulcer inidapat terjadi pada berbagai tingkatan usia dan jenis kelamin (Gandolfo. gingiva. iritasi kawat orthodontic kemungkinan luka yang diakibatkan oleh diri sendiri sepertitergigit ketika makan. Contoh trauma kimia: aspirin.Traumatic ulcer adalah lesi pada mulut yang biasa terjadi.Suhu yang panas : lesi biasanya terjadi pada posterior mukosa bukal dan palatum. 2006. danmukosa palatal juga dapat terlibat. tambalan yangkurang baik. kebiasaan menggigit bibir).Traumatic ulcer memiliki dasar yangkekuning-kuningan dan tepi berwarna merah. 2006).penyembuhannya diikuti dengan pembentukan jaringan parut (Langlais.Trauma kimia : trauma kimia dapat merusak berbagai daerah pada membranmukosa.Traumatic ulcer biasanyalunak ketika di palpasi dan dapat sembuh tanpa jaringan parut antara 6-10 hari secara spontanatau setelah menghilangkan faktor penyebab. 2003). Ulcer adalah suatu luka terbuka darikulit atau jaringan mukosa yang memperlihatkan disintegrasi dan nekrosis jaringan yangsedikit demi sedikit. traumatic ulcer disebabkan oleh berbagai faktor.(Langlais. dan lokasi yang paling umum terjadi pada bibir. Ulcer meluas melewati lapisan basal dari epitel dan ke dalam dermisnya. merupakan penyebab darisebagian besar ulcer. Mucobucofold. tidak ada indurasi. dan batas lateral lidah. Contoh trauma mekanis: traumakarena sikat gigi.2000). yaitu: . hydrogen peroksida .Trauma mekanis : sering ditemukan di mukosa bukal. Iritasi kronis dapat menyebabkan hyperplasiadan hyperkeratosis (Laskaris. iritasi kawat orthodontik.. iritasi gigi tiruan.Menurut Houston (2009). dan fenol .silvernitrat. 2000) Etiologi Traumatic ulcer dapat disebabkan oleh gigi yang patah atau tajam. . tambalan yangkurang sempurna. MenurutMosby's Dental Dictionary (2008). iritasi gigi tiruan. mukosa labial bibir atas danbawah.

tetapi vasculitis tidak terlihat. 2009). yangdalam waktu singkat bagian tengahnya berubah menjadi jaringan nekrotik dengan epitel yanghilang sehingga terjadi lekukan dangkal. Histopatologis Mukosa rongga mulut dibentuk oleh epitel gepeng berlapis yang memiliki lapisankeratin. sel nya seolah-olah berduri(spina) yang dikarenakan adanya desmosom yang berfungsi sebagai tempat perlekatandua sel yang berdekatan c) Stratum granulosum Terdiri dari dua hingga empat lapis sel berbentuk belah ketupat. menandakan lesi sedang memasuki tahap penyembuhan. Dasar ulcer terdiri dari proliferasi jaringan granulasi dengan daerahedema dan infiltrasi sel inflamatory akut dan kronis (Houston.Patofisiologi Pada awal lesi terdapat infiltrasi limfosit yang diikuti oleh kerusakan epitel daninfiltrasi neutrofil ke dalam jaringan. Perjalanan traumatic ulcer dimulai dari masa prodromal selama 1-2 hari. b) Stratum spinosum Terdiri dari beberapa lapis sel berbentuk polihedral. 2002). Lapisan keratin ini terdiri dari : a)Stratum basale/germinativum Merupakan selapis sel berbentuk silindris pendek yang terletak paling bawah dariepitel gepeng berlapis keratin. daerah permukaan ulserasi ditutupi oleh membranfibrinopurulent yang terdiri dari sel inflammatory akut dengan fibrin. secara keseluruhan terlihat tidak spesifik (Cawson dan Odell. Sel mononuclear juga mengelilingi pembuluh darah(perivaskular). oleh karena ituterkadang gambaran lapisan ini tidak jelas sehingga hanya tampak sebagai garis jernihyang homogeny e)Stratum korneum Merupakan lapisan teratas epidermis . Lapisan keratin adalah lapisan permukaan yang mengalami perubahan. d)Stratum lucidum Lapisan ini sebenarnya terdiri dari sel-sel tidak berinti yang mati. Ulcer akan ditutupi oleh eksudat fibrin kekuningan yang dapat bertahan selama 10-14 hari. yaitu lapisanyang tidak jelas batas selnya. Pada lapisan ini mulai terjadi perubahan fungsi. Bila dasar ulkus berubah warna menjadi merah mudatanpa eksudat fibrin. Pada gambaran mikroskopik. Kemudian mukosa berubah menjadi makula berwarna merah. berupapanas dan nyeri setempat. dan dalam sitoplasma terdapat butir-butir pigmenmelanin. Namun. dan dalam selnyaterdapat keratohialin. Epitel squamosabertingkat dari permukaan yang berdekatan dapat hyperplastik dan menunjukkan daerahatypia squamous reaktif.

Lesi dapat single ataumultiple (2-6 buah). mukosa labial atau di lidah.mengakibatkan telangiektasia permukaan dan akhirnya membentuk ulcer. berbentuk kawah dan bagian tengahnya tertutupoleh selaput nekrotik . Dalam tahap dinibiasanya tampak lesi berwarna putih. diameternya 1-2 mm. atau keduanya. Gejalaklinis seperti trauma dapat sembuh dalam beberapa hari. Stomatitisaphtous ini disebut juga "cancer sores" . dan dapat sembuh tanpa scar/luka parut dalam 7-12 hari. Ulcer minor adalah bentuk yang paling umum. ulcer bulat dengan diameter 3-6 mm ditutupidengan membran kuning keputihan dan dikelilingi halo merah tipis. biasa terdapat pada mukosa bukal. 2006). sifat menetap dari penyakitnyamengakibatkan proliferasi neoplastik yang segera mempengaruhi pasokan darah. dan adanya indurasi atau ulserasi. lesi berwarna merah. yaitu ulcerminor. Bentuk ulcer mayor dikarakteristikan sebagai ulcer dalam dengan nyeri. kecil.berlangsung selama 36 minggu dan dapat menyebabkan scar.Minor aphtous ulcer Mayor aphtous ulcerMultiple herpetiform ulcer(Laskaris. nyeri.2%mouthwash(Laskaris. mayor dan herpetiform. 2006) b)Squamous Cell Carcinoma Squamous cell carcinoma seringkali tampak sebagai suatu ulcer. Diagnosa ditegakan dengan anamnesa mengenai gejala dantanda klinis lesi. rekurensi dan predileksi yang dihubungkan dengan sumber pencetus. berlangsung selama 1-2 minggu. tidak sakit. dan sembuh tanpa scar. Tapi. gangguan endokrin. genetik. Faktor yang menjadi pemicu stomatitis apthousrekuren adalah trauma.f)Stratum disjungtivum Pada lapisan ini bagian-bagian epidermis sudah ada yang terlepas Diagnosa Lesi ulcer dalam rongga mulut dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab danmemiliki tanda klinis yang sama. dengan kecenderungan untuk bersatu menjadi ulcer irregularyang lebih besar. Bentuk ulcer herpetiform dikarakteristikan sebagai ulcer kecil dan dangkal nyeri. Meskipun etiologinya tidak diketahui. Ulcer yanglebih lanjut cenderung menjadi besar.Stomatitis apthous rekuren dibagi dalam 3 jenis menurut ukurannya. menstruasi. Jumlah lesi bervariasi dari1-5 buah. stress. dan secaraklinis memiliki gambaran kecil. studi mencurigaiadanya proses respon cell mediated imun yang melibatkan aktivitas sitolitik diperantaraisel sebagai respon terhadap HLA atau antigen asing (Laskaris. Apabila lesi ini tidak sembuh dalamwaktu 10-14 hari maka dilakukan biopsi untuk menegakan diagnosa apakah ini merupakansuatu keganasan atau bukan. 1-2 cm dalam diameter. 2006). Perawatanstomatitis apthous rekuren dengan menggunakan topical steroids atau chlorhexidine 0. Diagnosa Banding a) Stomatitis Apthous Rekuren Stomatitis apthous rekuren adalah penyakit yang menyebabkan timbulnya ulcer kecildi dalam mulut.alergi makanan dan AIDS. defisiensi nutrisi.

condylomata lata. mukosa alveolar.gingiva. tepinya keras. Lesi oral yang timbul adalah mucous patches(umum). infeksi Candida. Squamous cellcarcinoma dapat terjadi di setiap bagian dalam mulut. 2006). cekat di dasarnya danmenempel. pusing kepala. Faktor predisposisinya adalahperoko006B.2006). Limfadenopati metastatic ditandai oleh kelenjar limfe yang seperti karet. pengerasan. Laskaris. Terapi squamouscell carcinoma adalah eksisi bedah. Jika lesi menetap tidak sembuh dalam 14 hari. Daerah yang paling umum dapatterjadi squamous cell carcinoma adalah tepi lateral dan ventral lidah. Sifilis tersier terjadi pada seseorang yang telahterinfeksi beberapa tahun sesudah sifilis sekunder yang tidak diobati. dan Moon’s atau mulberry molar. dan jugamanifestasi kutaneus (macular syphilids. generalized lymphadenopathy). dan palatum. mukosa bukal. dan bertahan selama 2-10 minggumaka akan berkembang tahap sekunder.Karakteristik lesi pada tahap primer adalah chancre yang tampak pada daerah inokulasibiasanya terjadi 3 minggu setelah infeksi. dan condylomata lata (jarang). tidak sakit. 2000. sakit tenggorokan. kemoterapi (Langlais. 2000. dan tumor suppressor gen. biopsi harus dilakukan. Terapi antibiotik (biasanya penisilin) . dan indurasi pada dasar. myalgia dan multiple arthralgia. Perawatan syphilis adalah dengan penicillin yang merupakan antibiotic of choice Erythromycin ataucephalosporins adalah alternatif yang baik (Langlais. Etiologi syphilis adalahTreponema pallidum. atypical rash.leukoplakia. dan interstitial glossitis. dasar mulut. mandibular yang pendek. radioterapi.demam tingkat rendah.yang kuning kelabu. Terapi Menurut Houston (2009). 2006) c)Syphilis Syphilis adalah penyakit seksual menular yang relatif umum. lakrimasi. rhagades. Hutchinson’s teeth. Ulserasi akibat trauma mekanis atau termal dari makanan biasanya sembuhdalam 10-14 hari dengan menghilangkan penyebabnya. Laskaris. Gejala dan tanda (malaise. Penatalaksanaan untuk ulserasi yangberhubungan dengan trauma kimiawi yaitu dengan mencegah kontak dengan bahan kimiapenyebabnya.yang dapat menyebabkan pasien merasa perawatan tidaklah dibutuhkan. eritroplakia. Oral chancre terjadi pada 510% kasus dansecara klinis merupakan ulcer yang tidak nyeri dengan permukaan yang halus. Lesi oral yangpaling umum pada congenital syphilis adalah lengkung palatum yang tinggi. defisiensi zat besi. macular syphilids. rambut yang mudah patah. Chancre secara khas menetap selama 2-4 minggu dan sembuh dengan spontan. Syphilis dapatan diklasifikasikan sebagai primer. berindurasi. radiasi matahari. dll) adalah penemuan yang konstan. keterlibatankuku. Mulai 6-8 minggu setelah munculnya chancre.Gambaran yang berkaitan dengan squamous cell carcinoma adalah sakit. Gambaran klinis syphilis bisa dapatan (umum) atau congenital(jarang). Lesi oral yang timbul adalah gumma. kebas. papular syphilids. livercirrhosis. kehilangan beratbadan.Squamous cell carcinoma pada tepi lateral lidah (Laskaris. sekunder dan tersier.oral hygiene yang buruk.Penyebab squamous cell carcinoma adalah multifaktorial. Sifilistersier dimulai setelah periode 4-7 tahun. virus oncogenik.durasi dan lokasi. tepi yangmeninggi. atrophic/luteic glossitis. perawatan lesi ulserasi bermacam-macam tergantung ukuran. Lymphadenopathy regional terjadi konstan/terusmenerus. alkohol. bibir. dan limfadenopati.

Jangan menyebarkan ataumenggosok pasta. Terapi yang biasa diberikan yaitu: Menghilangkan iritan atau penyebab Menggunakan obat kumur sedatif Mengkonsumsi makanan yang halus dan lunak Aplikasi kortikosteroid topikal Aplikasi anestesi topikal Menurut Field dan Longman (2003). Semua traumatic ulcer harus diperiksa. Kebanyakan ulser traumatik sembuh tanpamemerlukan terapi antibiotik. pasien sebaiknya dirujuk untuk meminta pendapat spesialis dan kemungkinan biopsy untuk memastikan adanya keganasanrongga mulut / squamous cell carcinoma Penggunaan simple covering agent seperti Orabase (Triamcinolone Acetonide 0.com) .diberikan untuk mencegah adanya infeksisekunder jika lesi yang terjadi parah dan dalam. Cotton bud dapat juga digunakan untuk aplikasi pasta. Hal ini akan menyebabkan pasta menjadi mudah hanncur. atauberpasir. rata danlicin.2% Chlorhexidin) atau simple covering agent seperti Orabase (Triamcinolone Acetonide) selamafase penyembuhan dari ulserasi. Aplikasi pasta pada ulcer 2-3x sehari setelah makan atau sebelum tidur(medicinenet. Jika lesi tetap ada selama lebih dari 10-14 hari setelah menghilangkan faktor etiologi.1%)dengan cara: keringkan permukaan ulcer dengan cotton bud. kasar. Kemudian oles atau tekan(jangan digosok) sejumlah kecil pasta pada daerah ulcer hingga pasta menempel. penatalaksanaan traumatic ulcer denganmenghilangkan penyebab dan menggunakan obat kumur antiseptik (contohnya 0.