Fisiologi Menstruasi

Pada siklus menstruasi normal, terdapat produksi hormon-hormon yang paralel dengan pertumbuhan lapisan rahim untuk mempersiapkan implantasi (perlekatan) dari janin (proses kehamilan). Gangguan dari siklus menstruasi tersebut dapat berakibat gangguan kesuburan, abortus berulang, atau keganasan. Gangguan dari sikluas menstruasi merupakan salah satu alasan seorang wanita berobat ke dokter. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Penelitian menunjukkan wanita dengan siklus mentruasi normal hanya terdapat pada 2/3 wanita dewasa, sedangkan pada usia reproduksi yang ekstrim (setelah menarche <pertama kali terjadinya menstruasi> dan menopause) lebih banyak mengalami siklus yang tidak teratur atau siklus yang tidak mengandung sel telur. Siklus mentruasi ini melibatkan kompleks hipotalamus-hipofisis-ovarium.

Gambar 1. Kompleks Hipotalamus-Hipofisis-Ovarium Siklus Menstruasi Normal Sikuls menstruasi normal dapat dibagi menjadi 2 segmen yaitu, siklus ovarium (indung telur) dan siklus uterus (rahim). Siklus indung telur terbagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu siklus folikular dan siklus luteal, sedangkan siklus uterus dibagi menjadi masa proliferasi (pertumbuhan) dan masa sekresi. Perubahan di dalam rahim merupakan respon terhadap perubahan hormonal. Rahim terdiri dari 3 lapisan yaitu perimetrium (lapisan terluar rahim), miometrium (lapisan otot rehim, terletak di bagian tengah), dan endometrium (lapisan terdalam rahim). Endometrium adalah lapisan yangn berperan di dalam siklus menstruasi. 2/3 bagian endometrium disebut desidua fungsionalis yang terdiri dari kelenjar, dan 1/3 bagian terdalamnya disebut sebagai desidua basalis. Sistem hormonal yang mempengaruhi siklus menstruasi adalah:

1. FSH-RH (follicle stimulating hormone releasing hormone ) yang dikeluarkan hipotalamus untuk merangsang hipofisis mengeluarkan FSH 2. LH-RH (luteinizing hormone releasing hormone) yang dikeluarkan hipotalamus untuk merangsang hipofisis mengeluarkan LH 3. PIH (prolactine inhibiting hormone ) yang menghambat hipofisis untuk mengeluarkan prolaktin

Gambar 2. Siklus Hormonal Pada setiap siklus menstruasi, FSH yang dikeluarkan oleh hipofisis merangsang perkembangan folikel-folikel di dalam ovarium (indung telur). Pada umumnya hanya 1 folikel yang terangsang namun dapat perkembangan dapat menjadi lebih dari 1, dan folikel tersebut berkembang menjadi folikel de graaf yang membuat estrogen. Estrogen ini menekan produksi FSH, sehingga hipofisis mengeluarkan hormon yang kedua yaitu LH. Produksi hormon LH maupun FSH berada di bawah pengaruh releasing hormones yang disalurkan hipotalamus ke hipofisis. Penyaluran RH dipengaruhi oleh mekanisme umpan balik estrogen terhadap hipotalamus. Produksi hormon gonadotropin (FSH dan LH) yang baik akan menyebabkan pematangan dari folikel de graaf yang mengandung estrogen. Estrogen mempengaruhi pertumbuhan dari endometrium. Di bawah pengaruh LH, folikel de graaf menjadi matang sampai terjadi ovulasi. Setelah ovulasi terjadi, dibentuklah korpus rubrum yang akan menjadi korpus luteum, di bawah pengaruh hormon LH dan LTH (luteotrophic hormones, suatu hormon gonadotropik). Korpus luteum menghasilkan progesteron yang dapat mempengaruhi pertumbuhan kelenjar endometrium. Bila tidak ada pembuahan maka korpus luteum berdegenerasi dan mengakibatkan penurunan kadar estrogen dan progesteron. Penurunan kadar hormon ini menyebabkan degenerasi, perdarahan, dan pelepasan dari endometrium. Proses ini disebut haid atau menstruasi. Apabila terdapat pembuahan dalam masa ovulasi, maka korpus luteum tersebut dipertahankan. Pada tiap siklus dikenal 3 masa utama yaitu:

1. Masa menstruasi yang berlangsung selama 2-8 hari. Pada saat itu endometrium (selaput rahim) dilepaskan sehingga timbul perdarahan dan hormon-hormon ovarium berada dalam kadar paling rendah 2. Masa proliferasi dari berhenti darah menstruasi sampai hari ke-14. Setelah menstruasi berakhir, dimulailah fase proliferasi dimana terjadi pertumbuhan dari desidua fungsionalis untuk mempersiapkan rahim untuk perlekatan janin. Pada fase ini endometrium tumbuh kembali. Antara hari ke-12 sampai 14 dapat terjadi pelepasan sel telur dari indung telur (disebut ovulasi) 3. Masa sekresi. Masa sekresi adalah masa sesudah terjadinya ovulasi. Hormon progesteron dikeluarkan dan mempengaruhi pertumbuhan endometrium untuk membuat kondisi rahim siap untuk implantasi (perlekatan janin ke rahim) Siklus ovarium : 1. Fase folikular. Pada fase ini hormon reproduksi bekerja mematangkan sel telur yang berasal dari 1 folikel kemudian matang pada pertengahan siklus dan siap untuk proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur). Waktu rata-rata fase folikular pada manusia berkisar 10-14 hari, dan variabilitasnya mempengaruhi panjang siklus menstruasi keseluruhan 2. Fase luteal. Fase luteal adalah fase dari ovulasi hingga menstruasi dengan jangka waktu rata-rata 14 hari Siklus hormonal dan hubungannya dengan siklus ovarium serta uterus di dalam siklus menstruasi normal: 1. Setiap permulaan siklus menstruasi, kadar hormon gonadotropin (FSH, LH) berada pada level yang rendah dan sudah menurun sejak akhir dari fase luteal siklus sebelumnya 2. Hormon FSH dari hipotalamus perlahan mengalami peningkatan setelah akhir dari korpus luteum dan pertumbuhan folikel dimulai pada fase folikular. Hal ini merupakan pemicu untuk pertumbuhan lapisan endometrium 3. Peningkatan level estrogen menyebabkan feedback negatif pada pengeluaran FSH hipofisis. Hormon LH kemudian menurun sebagai akibat dari peningkatan level estradiol, tetapi pada akhir dari fase folikular level hormon LH meningkat drastis (respon bifasik) 4. Pada akhir fase folikular, hormon FSH merangsang reseptor (penerima) hormon LH yang terdapat pada sel granulosa, dan dengan rangsangan dari hormon LH, keluarlah hormon progesteron 5. Setelah perangsangan oleh hormon estrogen, hipofisis LH terpicu yang menyebabkan terjadinya ovulasi yang muncul 24-36 jam kemudian. Ovulasi adalah penanda fase transisi dari fase proliferasi ke sekresi, dari folikular ke luteal 6. Kedar estrogen menurun pada awal fase luteal dari sesaat sebelum ovulasi sampai fase pertengahan, dan kemudian meningkat kembali karena sekresi dari korpus luteum

Kedua hormon estrogen dan progesteron meningkat selama masa hidup korpus luteum dan kemuadian menurun untuk mempersiapkan siklus berikutnya . Progesteron meningkat setelah ovulasi dan dapat merupakan penanda bahwa sudah terjadi ovulasi 8.7.

Sehingga kalau terjadi sesuatu dengan siklus haid. Apa yang sebenarnya terjadi ? Tentunya pengen tau kan fisiologi haid itu apa ? maksudnya haid yang normal itu seperti apa? Haid adalah Darah yang keluar dari uterus perempuan sehat • • • • Lamanya 3-6 hari Ganti pembalut 2-5 pembalut perhari Satu siklus normal 21-35 hari Terjadi akibat penurunan kadar progesteron. sehingga harus berhati2 untuk menentukan masa subur Gangguan haid dan siklusnya.Haid tentunya suatu yang diharapkan oleh perempuan sehat. sehingga Terjadi sintesis estrogen dalam jumlah besar Estrogen akan mengakibatkan proliferasi sel endometrium (penebalan dari endometrium) Estrogen yang tinggi memberi tanda kepada hipofisis untuk mengeluarkan hormon LH (Luteinizing hormon) LH akan mengakibatkan ovulasi dan memicu korpus luteum untuk mensintesis progesteron Progesteron sendiri menyebabkan perubahan sekretorik pada endometrium sehingga terjadi Fase sekresi / fase luteal Fase sekresi selalu tetap 14 hari. yang menandakan fungsi reproduksinya normal. yang berbeda adalah fase proliferasinya. siklus haid yang berovulasi Haid Dipengaruhi berbagai hormon GnRH (Gonadotropin Releasing Hormon) yang dikeluarkan oleh hipothalamus dan memicu hipofisis anterior mengeluarkan hormon FSH FSH (Folikel Stimulating Hormon) memicu pematangan folikel diovarium. seringkali membuat bingung. meskipun siklus haid bervariasi. bisa berupa • • Ritme (irama haid) Banyaknya darah haid yang keluar .

ganti pembalut < 2x perhari Perdarahan bercak (spotting) Kelainan Haid berdasarkan Lamanya darah haid yang keluar • • Menoragia : Darah haid keluar > 6 hari Brakimenore : Darah haid yang keluar < 2 hari Perdarahan uterus disfungsional (PUD) adalah Perdarahan uterus abnormal. dimana terjadi gangguan fungsional mekanisme kerja hipotalamus-hipofisisovarium-endometrium Yang bukan disebabkan kelainan organik alat reproduksi seperti mioma uteri atau kista pada ovarium. < 21 hari Oligomenore. ganti pembalut > 6x perhari Hipomenore : darah haid terlalu sedikit. usia reproduksi. haid terlalu jarang. pertengahan siklus dan pasca haid Ritme haid abnormal • • • • Polimenore : haid terlalu sering. Dapat ditemukan pada usia perimenars.• • • Lamanya darah haid yang keluar Perdarahan tidak teratur . usia perimenopause PUD usia perimenars • • • • • Usia menars : usia mulai terjadinya haid (rata2 11 tahun) hingga memasuki usia reproduksi 3-5 tahun Siklus haid tidak teratur baik lama maupun jumlah PUD terjadi krn siklus anovulatorik (95-98%) D/ anovulasi & analisis hormonal (-) PUD usia reproduksi • • • Siklus yang berovulasi (65%) dan siklus yang tidak berovulasi Analisis hormonal biasanya normal Diduga akibat gangguan di sentral (disregulasi) akibat adanya gangguan psikis . dimana interval datangnya haid tidak tentu Perdarahan bercak (spotting) prahaid. > 35 hari Tidak terjadi haid : Amenore Metroragia : Perdarahan tidak teratur diluar siklus haid Kelaianan Haid berdasarkan Banyaknya darah haid abnormal • • • Hipermenore : darah haid banyak.

Pubertas tercapai pada umur 12-16 tahun dan dipengaruhi oleh keturunan. prolaktin Kadar FSH > 35mIU/ml FISIOLOGI HAID Dalam masa anak-anak. Panjang siklus haid ialah jarak antara tanggal . LH. disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium. Kejadian terpenting dalam pubertas ialah timbulnya haid yang pertama kali (menarche). Baru jika terjadi pubertas (akil balig). iklim. maka terjadilah perubahan-perbahan besar pada seluruh badan wanita tersebut. estradiol.• Pastikan dulu adanya ovulasi dengan suhu basal badan. ovarium boleh dikatakan masih dalam keadaan istirahat belum menunaikan fungsinya dengan baik. Haid adalah perdarahan secara periodic dan siklik dari uterus. sitologi vagina atau analisis hormonal Usia > 35 tahun sebaiknya dilakukan kuret untuk menyingkirkan adanya keganasan pada endometrium • PUD usia perimenopause • • • • • Usia antara pramenopause dan pasca menopause Sekitar usia 40-50 tahun 95% siklus tidak berovulasi Analisis hormonal : FSH. bangsa. dan lingkungan.

Pada saat ini tebalnya endometrium ± 0. Pada endometrium sudah dapat dibedakan lapisan atas yang padat (stratum kompaktum) yang hanya ditembus oleh saluransaluran keluar dari kelenjar-kelenjar. Haid merupakan ciri khas kedewasaan seorang wanita dimana terjadi perubahan-perubahan siklik dari alat kandungannya sebagai persiapan untuk kehamilan. Hanya kalau terlalu banyak darah yang keluar maka fermen tersebut tidak mencukupi hingga timbul bekuanbekuan darah dalam darah haid.mulainya haid yang lalu dan mulainya haid berikutnya. 2. Dalam endometrium sudahtertimbun glycogen dan kapur yang kelak diperlukan sebagaimakanan untuk zygote. Kelenjarkelenjar tumbuhnya lebih cepat dari jaringan lain hingga berkelok. kalau tidak terjadi kehamilan endometrium dilepaskan dengan perdarahan dan berulang lagi siklus haid. Pada masa reproduksi dan dalam keadaan tidak hamil. Dapat dibedakan 4 stadium endometrium dalam siklus haid: 1. potongan-potongan endometrium dan lendir dari serviks. Stadium berlangsung dari hari ke hari 14-28. sebagian besar berangsurangsur sembuh dan ditutup kembali oleh selaput lender baru yang tumbuh dari sel-sel e[itel endometrium. 3. 4. korteks adrenal dan kelenjar-kelenjar endokrin lainnya. Stadium ini berlangsung dari hari ke-5 sampai hari ke 14 dari hari pertama haid. Stadium intermenstrum atau fase proliferasi Pada masa ini endometrium tumbuh menjadi tebal ± 3. Panjang siklus haid yang normal adalah 25-35 hari. hipofisis.5 mm. Antara har kedua belas dan keempat belas dapat terjadi pelepasan ovum dari ovarium yang disebut ovulasi. sedangkan jumlah darah yang keluar rata-rata 33 ± 16 cc. Stadium pasca haid atau stadium regenerasi: Luka endometrium yang tejadi akibat pelepasan. hipotalamus. lapisan mampung (stratum spongiosum) yang banyak lubangnya karena disini terdapat rongga dari kelenjar-kelenjar dan lapisan bawah yang disebut stratum basale. Lamanya haid normal antara 3-6 hari. Darah haid tidak membeku karena ada fermen yang mencegah pembekuan darahdan mencairkan potongan-potongan mukosa.5 mm. . stadium ini berlangsung ± 4 hari. Jadi perubahan ini merupakan persiapan endometrium untuk menerima hasil konsepsi. Stadium haid/menstruasi atau deskuamasi: pada masa ini endometrium dilepaskan dari dinding uterus disertai dengan perdarahan: hanya lapisan tipis yang tinggal yang disebut stratum basale. Stadium pra haid atau fase sekresi Pada stadium ini endometrium kira-kira tetap tebalnya tapi bentuk kelenjar menjadi panjang dan berliku dan mengeluarkan getah. Proses perubahan ini merupakan suatu yang kompleks saling mempengaruhi dan merupakan kerjasama yang harmonis antara korteks serebri. Hari mulainya perdarahan dinamakan hari pertama haid. dan ovarium serta pengaruh dari glandula tyroidea. endometrium mengalami perubahan siklik yang berkaitan erat dengan aktivitas ovarium. stadium ini sudah mulai sejak fase menstruasi dan berlangsung ± 4 hari. Jadi dengan haid itu keluar darah.

Menstruasi biasanya terjadi selama 2-7 hari dengan rata-rata durasi menstruasi + 4. Folikel de Graaf kemudian pecah dan ovum terlepas. Korpus luteum ini mengeluarkan hormone progesterone dan estrogen. perdarahan yang tidak biasa yang lebih banyak atau sedikit. Saat menstruasi dapat kehilangan darah sekitar 10-80 cc darah dengan rata-rata 35 cc4.5. Alat genitalia mengalami atrofi pada masa pasca menopause. Menarche diawali dengan gejala pubertas lainnya seperti pertumbuhan payudara (telarche). kelainan perdarahan dan pada masa pasca menopause terjadi ganguan vegetatif seperti rasa panas. Pada wanita dalam masa klimakterium terjadi penurunan kesuburan.7 hari.4. Masa peralihan ini disebut klimakterium. Perubahan irreguler menjadi reguler ini berhubungan dengan terjadinya pematangan poros Hipotalamus – Hipofise – Ovarium4.2. Menarche diikuti oleh siklus yang panjang sekitar 5-7 tahun. terlambatnya menarche atau hilangnya siklus menstruasi tertentu. Biasanya peristiwa dimulai oleh siklus haid yang tidak teratur yang disertai anovulasi untuk beberapa waktu sebelum menopause. lalu regularitas siklus haid meningkat sehingga siklus haid memendek untuk mencapai masa siklus yang tetap4. Kelainan haid sering menimbulkan kecemasan pada wanita karena kehawatiran akan pengaruh kelainan haid terhadap kesuburan dan kesehatan wanita pada umumnya. Menopause merupakan saat berhentinya haids seorang wanita. Haid pertama kali disebut menarche1. tumbuh rambut kemaluan (puberche) dan tumbuh rambut ketiak3. Siklus Menstruasi Menstruasi adalah peluruhan dinding uterus (endometrium) pada setiap bulan secara periodik1. menyebabkan nyeri. disebut ovulasi. Sel-sel granulose dari dinding folikel mengalami perubahan dan tampak kekuningan. jantung berdebar-debar dan lain-lain. irreguleritas siklus terjadi kembali karena mulai didominasi siklus-siklus yang anovulatoir4. Kemudian. keluar keringat malam. Siklus yang normal berlangsung 24-35 hari4. KELAINAN HAID Kelainan haid adalah masalah fisik atau mental yang mempengaruhi siklus menstruasi. saat wanita mulai memasuki masa menopause. folikel primer ini kemudian matang menjadi folikel de Graaf yang menghasilkan estrogen.Di dalam ovarium. disebut korpus luteum.3. terdapat perkembangan folikel-folikel primer yang dirangsang oleh hormone FSH (Folikel Stimulating Hormon) dari kelenjar hipofisis. .

Pada stadium regenerasi. 1. Darah ini tidak membeku karena adanya fermen yang mencegah pembekuan darah dan mencairkan potongan-potongan mukosa3. Luka peluruhan ditutup oleh selaput lendir baru yang terbentuk dari sel epitel kelenjar-kelenjar endometrium. Pada ovarium manakah ovulasi terjadi masih belum diketahui. Pada beberapa penelitian didapatkan peningkatan kemampuan penciuman perempuan saat ovulasi5.5. endometrium luruh dari dinding rahim disertai dengan perdarahan. ovulasi disertai oleh nyeri tengah siklus yang disebut mittelschmerz akibat ada cairan yang terbebas dari folikel yang meletup yang jatuh ke rongga abdomen dan merangsang terjadinya rangsang peritoneum. Ketika folikel telah matang. Perubahan hormonal tiba-tiba saat ovulasi dapat menyebabkan perdarahan ringan pada tengah siklus.Menstruasi terbagi dalam empat stadium yaitu. Hanya lapisan tipis yang tertinggal yaitu stratum basale. Folikel ini menghasilkan estrogen dimana estrogen menghambat kerja FSH sehingga pembentukan folikel lainnya dapat dihambat sehingga didapatkan satu folikel de graaf saja yang matang. . Stadium Post Menstruum atau Regenerasi. Stadium ini sudah mulai saat stadium menstruasi dan berlangsung ± 4 hari3. Stadium intermenstruum atau stadium proliferasi Pada stadium proliferasi.5. Stadium proliferasi berlangsung pada hari ke 5-14 dari hari haid pertama3. Pada beberapa wanita. Pada saat ini tebal endometrium ± 0. Pada stadium ini. Pada saat ini ovarium mulai membentuk estrogen2. endometrium mulai menebal. Bila darah banyak keluar. Pada saat ini terjadi peningkatan FSH yang memicu terjadinya pematangan folikel di ovarium menjadi folikel de graaf. Kelenjar endometrium tumbuh lebih cepat hingga berkelok-kelok.5 mm. Stadium Menstruasi atau Deskuamasi.5. menipiskan dinding folikel sehingga memungkinkan untuk terjadinya letupan pada folikel agar terjadi ovulasi. 3. fermen tidak mencukupi hingga timbul bekuan darah dalam darah haid3.5 mm. Pelepasan LH ini terjadi pada hari ke-12 dan bertahan selama 48 jam. 2. folikel mensekresikan cukup estradiol untuk memacu terjadinya pelepasan LH secara akut3. ovulasi terjadi pada ovarium secara acak. endometrium tumbuh menjadi cepat menjadi tebal ±3. LH mematangkan ovum. Estrogen memulai pembentukan lapisan baru pada uterus3.

5. Segera setelah implantasi embrio memberikan sinyal pada sistem maternal. Proses ini membantu untuk mengeluarkan darah dari uterus dari dinding rongga uterus. Gambar Siklus Menstruasi3 Kelainan Haid Kelainan haid biasanya terjadi karena ketidak seimbangan hormon-hormon yang mengatur haid. mioma. dan tekanan intravaskular. endometrium akan meluruh sehingga terjadilah menstruasi3. Progesteron meningkatkan suhu basal sekitar 0. Banyaknya perdarahan ditentukan oleh lebarnya pembukuh darah. polip dan pada karsinoma6.10F. Kelainan Panjang Siklus . Progesteron bertugas untuk menghasilkan lapisan yang cocok untuk implantasi embrio. Proses ini juga menjelaskan bagaimana terjadinya nyeri saat haid2. banyaknya pembuluh darah yang terbuka. Korpus luteum menghasilkan progesteron dan tambahan estrogen untuk sekitar 2 minggu.5. Dalam endometrium sudah terjadi penimbunan glikogen dan kapur untuk makanan telur. Lamanya pedarahan ditentukan oleh daya penyembuhan luka atau daya regenerasi. Stadium praementruum atau stadium sekresi3. Daya regenerasi berkurang pada infeksi. setelah itu korpus luteum mati. Sinyal awal berupa hCG. embrio akan mengalir ke dalam kavum uteri dan berimplantasi 6-12 hari setelah ovulasi. prostaglandin dihasilkan dari dinding uterus dan menyebabkan otot uterus kontraksi. namun dapat juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya2.4. I. tebal endometrium kira-kira tetap tetapi bentuk kelenjar menjadi berliku dan mengeluarkan getah. Pada stadium sekresi. Bila tidak terjadi kehamilan. Stadium sekresi ini berlangsung pada hari ke 14-28 dari haid hari pertama3. Setelah terjadi ovulasi. Sinyal ini berguna untuk mempertahankan korpus luteum agar dapat terus menghasilkan progesteron3. Bila fertilisasi terjadi. folikel yang sudah kehilangan ovum berubah menjadi korpus luteum di bawah pengaruh kelenjar hipofise.

b. dalam kehamilan dan dalam masa laktasi. Komponen tersebut digambarkan dalam bagan sebagai berikut: Lingkungan Kompartemen IV SSP Hipotalamus kompartemen III GnRH Hipofise anterior Kompartemen II FSH LH Ovarium Kompartemen I progesteron estrogen Uterus Haid Kelainan Kompartemen I: Kelainan saluran uterus 1. Amenorrhe primer berarti seorang perempuan belum mengalami haid2 setelah usia 16 tahun7 tetapi telah terdapat tanda-tanda seks sekunder atau tidak terjadi haid sampai 14 tahun tanpa adanya tanda-tanda seks sekunder. Amenorrhea biasanya terjadi pada gadis dengan underweight atau pada aktivitas berat dimana cadangan lemak mempengaruhi untuk memacu pelepasan hormon7. . Amenorrhea sekunder berarti telah terjadi haid. haid datang pada bulan ke-66. Amenorrhe dapat terjadi pada menopouse. sebelum pubertas. Etiologi Amenorrhea dapat terjadi akibat gangguan pada komponen yang berperan pada proses haid.I. Amenorrhea dapat dibagi menjadi amenorrhea primer dan sekunder. Definisi Amenorrhea bukan merupakan penyakit namun merupakan gejala. Keadaan ini terjadi akibat kuretase postpartum berlebihan sehingga terjadi sikatrik dan perlengketan. Bila tidak menyusukan. Sindrom Asherman Pada sindrom ini terjadi amenorrhea sekunder.1. tetapi haid terhenti untuk masa tiga siklus atau lebih dari enam bulan. Amenorrhea (tidak ada periode haid) a. haid datang ± 3 bulan post partum namun bila menyusukan.

Kelainan ovarium Kelainan ovarium dapat menyebabkan amenorrhea primer maupun sekunder. vagina. 2. 30-40% amenorrhea primer mengalami kelainan perkembangan ovarium (Gonadal disgenesis). Pasien dengan asherman sindrom dapat mengalamai keluhan lain seperti dismenorrhea dan hypomenorrhea. Kelainan Kompartemen II 1. Rambut pubis dan ketiak ada dan terdapat pertumbuhan payudara9. individu mendapat sedikit pengaruh androgen. 3. Pasien ini berupa pria pseudohermaprodit dimana ketentuan pria ditentukan dari adanya kromosom XY dan pasien memilliki testes. atau terdapatnya rongga namun endometrium sangat sedikit9. asherman sindorm diobati dengan dilatasi dan kuretase untuk menghancurkan sikatrik. Dapat juga menggunakan folley kateter pediatrik dengan memasukan 3 cc dan baru dilepas setelah 7 hari9. Pseudohermaprodit berarti genitalia berlawanan dengan gonad. mosaik (25%). perlu dicegah terjadinya kembali perlengketan dengan memasang IUD.Endometrium mungkin memiliki tekanan yang begitu besar. uterus mungkin ada namun tidak terdapat rongga. Pada pasien ini terdapat testosteron darah yang normal atau sedikit meningkat dan kenaikan LH Pada insensitivitas androgen inkomplit (1:10 dibandingkan yang komplit). Atau pada keadaan lain. Wanita dengan gonadal disgenesis diseratai . Mullerian anomali Pada keadaan ini. 46XX (25%). servik dan uterus mungkin tidak ada. Insensitivitas Androgen (testicular feminization) Insenitivitas androgen komplit didiagnosa bila didapatkan kanalis vagina namun tidak didapatkan uterus. Penundaan operasi dapat menyebabkan terjadinya inflamasi9. Pasien ini dapat terdiri dari pasien dengan kariotip 45X (50%). Sehingga pada pasien ini secara fenotip tampak seperti wanita tapi tidak ditemukannya rambut pubis dan rambut ketiak. Sekarang dapat digunakan histeroskopi dengan melisiskan adhesi dengan memotong dan membakar dengan hasil yang lebih baik dibanding kuretase yang tidak terarah. Setelah dilakukan histeroskopi. dan phallus mungkin ada. Penanganan pada pasien ini dilakukannya operasi dengan menggunakan teknik vecchietti atau teknik Frank untuk membentuk saluran vagina buatan. Individu ini mungkin memiliki pembesaran klitoris. Pada masa lalu.

Efek radiasi dan kemoterapi Efek radiasi tergantung dari umur dan dosis radiasi. Namun angka rekurensi setelah operasi sangat besar lagipula struktur tumor sulit dibedakan dengan jaringan hipofise sehat sehingga operasi sering kali meninggalkan sisa. radiasi tidak memberikan resiko terjadinya kegagalan ovarium prematur. Operasi dapat dilakukan terutama bila tumor masih kecil. terjadi kekurangan hormon sex gonadal saat pubertas sehingga terjadi amenorrhea primer9. 4. Hal ini juga terjadi pada wanita dengan amenorrhea.amenorrhea sekunder berhubungan dengan kariotip 46xx.dan 45x9. Tumor mikroadenoma dapat diterapi dengan menggunakan agonis dopamin dimana dopamin dapat menghambat pelepasan prolaktin lebih lanjut sehingga pembesaran tumor hipofise dan prolaktinemia dapat dicegah. 2. Kegagalan ovarium yang prematur dapat disebabkan kelainan genetik dengan peningkatan kematian folikel. Gangguan dapat berupa adanya tumor yang bersifat mendesak ataupun menghasilkan hormon yang membuat haid menjadi terganggu9. Karena pada pasien ini terjadi kekurangan folikel. Kromososm X aktif dalam oosit untuk menghindari percepatan kematian folikel. Kegagalan ovarium prematur Sekitar 1% wanita akan mengalami hal ini sebelum usia 40 tahun. Kelainan Kompartemen III Gangguan pada kompartemen ini dapat berupa gangguan pada hipofise anterior. Sindrom Turner Pada sindrom ini terjadi kehilangan satu X. Pada makroadenoma dapat diberikan agonis dopamin terlebih dahulu untuk memperkecil ukuran tumor. Gonad tidak dalam keadaan bahaya ketika di dapur menggunakan oven microwave yang berdaya penetrasi rendah9. 3. 47 xxx . Di lain pihak kerusakan tidak akan muncul hingga terjadinya kegagalan ovarium prematur. Setelah operasi dapat dilanjutkan dengan pemberian radiasi namun radiasi ini dapat memicu terjadinya tumor di tempat lain pada otak9. Ketika radiasi diberikan di luar pelvis. Kelainan Kompartemen IV . mosaik. Dapat juga merupakan proses autoimun dimana folikel dihancurkan9. Fungsi barium dapat kembali setelah bertahun-tahun kemudian.

saat hipofise anterior terangsang secara kronik. e. Komplikasi lainnya munculnya gejala-gejala lain akibat insufisiensi hormon seperti osteoporosis9. hipofise anterior dapat membesar sehingga meningkatkan sekresi GnRH dan menyebabkan terjadinya pematangan folikel yang terburu-buru sehingga terjadi kegagalan ovarium prematur. Gangguan pada kompartemen ini dapat terjadi pada penderita anoreksia nervosa maupun atlet atau penari balet yang mengalami latihan dengan ketegangan9. c. kelainan hepar dan ginjal6. Sehingga harus diwaspadai bila terjadi suatu tanda-tanda hipotiroid. amenorrhea dan galaktorrhea9. Pengelolaan & prognosa Pengelolaan pada pasien ini tergantung dengan penyebab. Amenorrhea dapat juga disebabkan oleh penyakit-penyakit lain seperti penyakit kronis (TBC). namun fertilitas belum tentu dapat dipertahankan9.Gangguan pada pasien ini disebabkan oleh gangguan mental yang secara tidak langsung menyebabkan terjadinya pelepasan neurotransmiter seperti serotonin yang dapat menghambat lepasnya gonadotropin. Menurut beberapa penelitian. Keadaan amenorrhea yang disertai keadaan galaktorrhea dapat juga terjadi pada sindrom chiari-Frommel yang terjadi setelah kehamilan dan merupakan amenorrhea laktasi yang berkepanjangan. Komplikasi Komplikasi yang paling ditakutkan dari amenorrhea adalah infertilitas. Diduga keadaan ini disebabkan oleh . kelainan gizi (obesitas dan underweight). TRH merangsang hipofise anterior untuk menghasilkan prolaktin dimana prolaktin akan menghambat pelepasan GnRH. dapat dilakukan terapi sulih hormon. Namun pada satu waktu. pankreas dan glandula suprarenalis. Langkah-langkah diagnosa bila ditemukan amenorrhea Yang harus dilakukan adalah lakukan pemeriksaan TSH karena pada keadaan hipotroid terjadi penurunan dopamin sehingga merangsang pelepasan TRH. d. Bila penyebab adalah kelainan genetik. Komplikasi lainnya adalah tidak percaya dirinya penderita sehingga dapat menggangu kompartemen IV dan terjadilah lingkaran setan terjadinya amenorrhea. prognosa kesembuhan buruk. penyakit metabolik seperti penyakit tiroid.

11. Pada sindrom Forbes-Albright terdapat adenoma chromopob dimana banyak dihasilkan prolaktin. Pada sindrom Ahoemada del-Costello tidak terdapat hubungan antara kehamilan dengan tumor hipofise. b. Oligomenorrhea terjadi bila siklus lebih dari 35 hari. dibutuhkan kalori yang banyak sehingga cadangan kolesterol tubuh habis dan bahan untuk pembentukan hormon steroid seksual (estrogen & progesteron) tidak tercukupi. I. Sindrom ini diduga akibat obat-obatan seperti kontrasepsi dan fenotiazin6. f. Endorpin menyebabkan penurunan GnRH sehingga estrogen dan progesteron menurun. Darah haid biasanya berkurang1. Definisi Oligomenorrhea disebut juga sebagai haid jarang atau siklus panjang6. Terapi yang diberikan pada pasien ini adalah pemberian progesteron9.2 Oligomenorrhea a. lakukan pemeriksaan FSH dan LH untuk mencari apakah penyebab amenorrhea ada pada kompartemen III9. maka dipastikan amenorrhea disebabkan anovulasi. Pada keadaan latihan berlebih banyak dihasilkan endorpin yang merupakan derifat morfin. Pada keadaan tersebut juga terjadi pemecahan estrogen berlebih untuk mencukupi kebutuhan bahan bakar dan terjadilah defisiensi estrogen dan progeteron yang memicu terjadinya amenorrhea.9. Perlu juga diberikan preparat estrogen bila dengan pemberian progesteron tidak menghasilkan haid untuk mencari apakah penyebab terjadinya amenorrhea akibat kurangnya estrogen9. pada peningkatan CRH.10. Bila dengan pemberian progesteron lalu dilakukan withdrawl terjadi haid. Etiologi Oligomenorrhea biasanya berhubungan dengan anovulasi atau dapat juga . Pada keadaan stress berlebih. Amenorrhea pada atlet dengan latihan berlebih Saat dilakukan latihan berlebih. corticotropin releasing hormon dilepaskan.9.inhibisi dari faktor imhibisi prolaktin dari hipofise. terjadi peningkatan opoid yang dapat menekan pemebentukan GnRH2. Bila dengan langkah-langkah di atas tidak didapatkan hasil yang memuaskan. Pasien juga seharusnya dilakukan progesteron challenge.

Oligomenorrhea dapat juga terjadi pada stress fisik dan emosional. c. Perbaikan status gizi pada penderita dengan gangguan nutrisi dapat memperbaiki keadaan oligomenorrhea. Pasien dengan sindrom ovarium polikistik juga sering diterapi dengan hormonal. Bila siklus tiba-tiba memanjang maka dapat disebabkan oleh pengaruh psikis atau pengaruh penyakit6. gangguan hipofisehipotalamus. tumor yang mensekresikan estrogen dan nutrisi buruk.disebabkan kelainan endokrin seperti kehamilan. Komplikasi Komplikasi yang paling menakutkan adalah terganggunya fertilitas dan stress emosional pada penderita sehingga dapat meperburuk terjadinya kelainan haid . e. penyakit kronis. Oligomenorrhea sering diobati dengan pil KB untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormonal. Pengobatan Pengobatan oligomenorrhea tergantung dengan penyebab1. wanita tersebut mungkin mengalami osteoporosis dan penyakit kardiovaskular. perpanjangan stadium luteal. Bila kadar estrogen yang menjadi penyebab. Oligomenorrhea sering terdapat pada wanita astenis6. Beberapa wanita dengan oligomenorrhea mungkin sulit hamil. operasi mungkin diperlukan. Wanita tersebut juga memiliki resiko besar untuk mengalami kanker uterus1. Pengobatan alternatif lainnya dapat menggunakan akupuntur atau ramuan herbal1. Oligomenorrhe dapat juga disebabkan ketidakseimbangan hormonal seperti pada awal pubertas1. Oligomenorrhea yang menetap dapat terjadi akibat perpanjangan stadium folikular. dan menopouse atau sebab sistemik seperti kehilangan berat badan berlebih11. Dapat juga terjadi pada wanita dengan sindrom ovarium polikistik dimana pada keadaan ini dihasilkan androgen yang lebih tinggi dari kadara pada wanita normal. Pada oligomenorrhea dengan anovulatoir serta pada remaja dan wanita yang mendekati menopouse tidak memerlukan terapi6. Gejala Gejala oligomenorrhea terdiri dari periode menstruasi yang lebih panjang dari 35 hari dimana hanya didapatkan 4-9 periode dalam 1 tahun. ataupun perpanjang kedua stadium tersebut. Bila gejala terjadi akibat adanya tumor. d.

lebih lanjut. 1. Stadium proliferasi dapat diperpanjang dengan estrogen dan stadium sekresi dapat diperpanjang dengan kombinasi estrogen-progesteron6. Siklus yang tadinya normal menjadi pendek biasanya disebabkan pemendekan stadium sekresi karena korpus luteum lekas mati. Metrorrhagia dapat disebabkan oleh kehamilan seperti abortus ataupun kehamilan ektopik6 dan dapat juga disebabkan oleh faktor luar kehamilan seperti ovulasi. Bila siklus lebih pendek dari 21 hari kemungkinan melibatkan stadium sekresi juga dan hal ini menyebabkan infertilitas6. I. Metrorrhagia Metrorrhagia adalah perdarahan tidak teratur dan tidak ada hubungannya dengan haid6 namun keadaan ini sering dianggap oleh wanita sebagai haid walaupun berupa bercak11. polip endometrium dan karsinoma serviks.12. . Terapi Keadaan ini dapat diperbaiki dengan menggunakan terapi hormonal.3 Polimenorrhea a. estrogen eksogen menjadi penyebab tersering metrorrhagia11. b. c.12. Definisi Polimenorrhea adalah kelainan haid dimana siklus kurang dari 21 hari5 dan menurut literatur lain siklus lebih pendek dari 25 hari6. Yang paling sering dijumpai adalah pemendekan stadium proliferasi.4. Etiologi Bila siklus pendek namun teratur ada kemungkinan stadium proliferasi pendek atau stadium sekresi pendek atau kedua stadium memendek. Terapi yang diberikan tergantung etiologi. Akhir-akhir ini. pubertas atau penyakit kronik seperti TBC6. Hal ini sering terjadi pada disfungsi ovarium saat klimakterium. Prognosa akan buruk bila oligomenorrhea mengarah pada infertilitas atau tanda dari keganasan1.

muntah dan mual berulang selama haid12. progesteron withdrawl bleeding. Pada keadaan anovulasi. i. Splenektomi terbukti menurunkan kehilangan darah13. estrogen breakthrough bleeding. pusing. Menorrhagia juga berhubungan dengan kram selama haid yang tidak bisa dihilangkan dengan obat-obatan.II. Penderita juga sering merasakan kelemahan.1 Menorrhagia a. Estrogen withdrawl bleeding terjadi pada keadaan setelah ooparektomi bilateral. perdarahan bersifat lebih banyak dan siklik hampir sesuai dengan siklus haid. disfunctional uterine bleeding (DUB). Walaupun keadaan perdarahan tertentu seperti ITP dan penyakit von willebrands berhubungan dengan peningkatan menorrhagia. Pada wanita dengan tromboitopenia kehilangan darah berhubungan dengan jumlah trombosit selama haid. Gangguan pembekuan. namun efek kelainan pembekuan terhadap individu bervariasi. DUB dapat terjadi disertai ovulasi maupun anovulasi.11. ii. Pada DUB. perdarahan bersifat namun dengan siklus yang tidak teratur sehingga sering disebut menometrorrhagia. Estrogen breakthrough bleeding menyebabkan lapisan endometrium menjadi semakin menebal namun akhirnya runtuh karena kurang sempurnanya struktur endometrium karena tidak sebandingnya jumlah progesterone yang ada . Pada dasarnya peluruhan saat haid bersifat self limited karena haid berlangsung secara simultan di seluruh endometrium serta jaringan endometrium yang terbentuk oleh estrogen dan progesterone normal bersifat stabil. Menorrhagia biasanya berhubungan dengan nocturrhagia yaitu suatu keadaan dimana menstruasi mempengaruhi pola tidur wanita dimana waita harus mengganti pembalut pada tengah malam. radiasi folikel yang matur atau penghentian tiba-tiba obat-obatan yang mengandung estrogen4. progesterone breakthrough bleeding4. Definisi Menorrhagia adalah pengeluaran darah haid yang terlalu banyak dan biasanya disertai dengan pada siklus yang teratur6. Pada keadaan terjadinya ovulasi. Etiologi Etiologi menorrhagia dikelompokan dalam 4 kategori yaitu. DUB dapat disebabkan estrogen withdrawl bleeding. b. keadaan ini sering terganggu4. Kelainan Jumlah Darah Haid II.

Namun bila kadar estrogen meningkat 10-20 kali lipat. Estrogen juga mencegah transkripsi onkogen yang dimediasi oleh estrogen4. Desmopresin asetat (analog sintetik dari arginin vasopresin) digunakan untuk mengobati DUB pada pasien gangguan pembekuan terutama pada penyakit von willebrand’s dan dapat diberikan intranasal maupun intravena. Progesteron withdrawl bleeding terjadi bila korpus luteum dihilangkan. Pengobatan . Pada oligomenorrhea (estrogen breakthrough bleeding) preparat progesterone yang digunakan adalah medroxypogesteronaseta. Semua terapi estrogen harus diikuti terapi progesteron dan withdrawl bleeding4. Progesterone breakthrough bleeding terjadi bila kadar progesterone melebihi keseimbangan dengan estrogen. Progesterone juga menghambat pembentukan reseptor estrogen. Terapi estrogen diberikan pada Estrogen withdrawl bleeding dan progesterone breakthrough bleeding untuk memperkuat stroma tempat kelenjar yang hiperplasia karena dirangsang progesterone. Estrogen breakthrough bleeding yang berkelanjutan mengacu pada keadaan amenorrhea namun secara tiba-tiba dapat mengakibatkan perdarahan yang banyak4. Progesteron withdrawl bleeding hanya akan terjadi bila diawali proliferasi endometrium yang diatur oleh estrogen. 5-10 mg/hari selama 10 hari. Pada menorrhagia (estrogen breakthrough bleeding yang berlangsung lama dan progesteron withdrawl bleeding) progestin digunakan selama 10 hari hingga 2 minggu untuk menstabilkan dinding endometrium lalu dihentikan secara tibatiba dengan maksud mengikis semua dinding endometrium dan bersifat kuretase alami4.disbanding jumlah estrogen. Dinding endometrium yang menebal akan meluruh sedikit demi sedikit akibat struktur yang tidak kuat. progesteron withdrawl bleeding tidak akan terjadi4. Pada keadaan ini diberikan 25 mg estrogen terkonjugasi secara intra vena tiap 4 jam hingga perdarahan berhenti atau selama 24 jam untuk menghindari terbentuknya trombus pada kapiler uterus. Hal ini terjadi saat menggunakan pil kontrasepsi dalam jangka waktu lama4. Perdarahan biasanya bersifat spotting. Progesterone bersifat antiestrogen dimana menstimulasi perubahan estradiol menjadi estron sulfat yaitu bentuk tidak aktif estrogen. Dapat juga diberikan anti prostaglandin untuk vasokontriksi darah sehingga perdarahan dapat berhenti4. Pada keadaan progesteron withdrawl bleeding dan estrogen breakthrough bleeding diberikan terapi progesteron sehingga tercapai keseimbangan jumlah progesterone-estrogen.

Gangguan medis lainnya Gangguan medis lainnya yang dapat menyebabkan menorrhea diantaranya hipotiroid dan sindrom cushing. operasi invasif minimal seperti pengangkatan dinding endometrium (endomiometrial resection atau EMR). Wanita dengan perdarahan haid melebihi 200 cc 50% mengalami fibroid.13. zinc dan bioflavinoids dibutuhkan untuk memperkuat vena dan kapiler7. Vitamin yang diberikan adalah vitamin A karena wanita dengan lehilangan darah hebat biasanya mengalami penurunan kadar vitamin A dan K yang dibutuhkan untuk pembekuan darah. Gangguan pada organ dalam pelvis Menorrrhagia biasanya berhubungan dengan fibroid pada uterus. dan ada tidaknya fibroid atau polip. Terapi Terapi menorrhagia sangat tergantung usia pasien. menorrhagia disebabkan oleh kontraksi otot yang kurang kuat. ladies mantle. infeksi pelvis. ramuan cina. vervain dan raspbery merah yang diperkirakan dapat memperkuat uterus. adenommiosis. Menorrhagia pada retrofleksi disebabkan karena bendungan pada vena uterus sedangkan pada mioma uteri. Vitamin C. nettle’s purse. . polips endometrial. dekompsatio cordis dan infeksi dimana dapat menurunkan kualitas pembuluh darah.dapat meningkatkan kadar faktor VIII dan faktor von willebrands yang berlangsung sekitar 8 jam4. 40% pasien dengan adenomiosis mengalami perdarahan haid melebihi 80cc13. polip (polipektomi). iv. keinginan untuk memiliki anak. Prognosis Prognosis pada semua ketidakteraturan adalah baik bila diterapi dari awal. Menorrhagia dapat terjadi pada orang asthenia dan yang baru sembuh dari penyakit berat karena menyebabkan kualitas miometrium yang jelek6. dan adanya benda asing seperti IUD. Vitex juga dianjurkan untuk mengobati menorrhea dan sindrom prementrual. ukuran uterus keseluruhan. c. Dapat juga digunakan herbal yarrow. d. Dapat juga terjadi pada hipertensi. terapi hormon. iii. permukaan endometrium yang luas dan bendungan vena uterus6. atau fibroid (miomektomi) dan histerektomi (pada kasus yang refrakter)12. agrimony. Spektrum pengobatannya sangat luas mulai dari pengawasan sederhana. Dianjurkan juga pemberian suplemen besi untuk mengganti besi yang hilang melalui perdarahan. patifisiologi terjadinya belum diketahui dengan pasti11.

Biasanya nyeri berakhir setelah diberi kompres panas atau oleh pemberian analgesik10.12. Gejala nya mulai terasa pada 1 atau 2 hari sebelum haid dan berakhir setelah haid dimulai7. prostaglandin. Dismenorrhea a.2. Endotelin berperan menginduksi kontraksi otot polos pada perbatasan dengan kelenjar endometrium. Hipomenorrhea (kriptomenorrhea) Hipomenorrhea adalah suatu keadan dimana jumlah darah haid sangat sedikit (<30cc)1. Tempat yang paling banyak mengandung ikatan endotelin adala epitel kelenjar pada tempat tersebut. Definisi Dismenorrhea adalah nyeri sewaktu haid6. Endotelin tersebut dapat menginduksi .7. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu hiperaktivitas uterus.13.7. Klasifikasi Dismenorrhea primer (idiopatik) Dismenorrhea primer adalah dismenorrhea yang mulai terasa sejak menarche dan tidak ditemukan kelainan dari alat kandungan atau organ lainnya2. Dapat disebabkan oleh stenosis pada himen. b. Dismenorrhea terdiri dari gejala yang kompleks berupa kram perut bagian bawah yang menjalar ke punggung atau kaki dan biasanya disertai gejala gastrointestinal dan gejala neurologis seperti kelemahan umum2. Dismenorrhea primer terjadi pada 90% wanita dan biasanya terasa setelah mereka menarche dan berlanjut hingga usia pertengahan 20-an atau hingga mereka memiliki anak.11.3. kadang-kadang hanya berupa spotting11. Hal ini juga dapat terjadi pada hipoplasia uteri dimana jaringan endometrium sedikit6. Hiperaktivitas uterus terjadi pada endometriosis dan adenomiosis. Endotelin adalah uterotonin poten pada uterus yang tidak hamil. Hiperaktivitas uterus berhubungan dengan aliran darah uterus.II.6. servik atau uterus.13. endotelin. Pasien dengan obat kontrasepsi kadang memberikan keluhan ini11.2. Sekitar 10% penderita dismenorrhea primer tidak dapat mengikuti kegiatan sehari-hari. vasopressin dan kerusakan saraf perifer. Uterus yang berkontraksi menyebabkan “angina” sehingga terjadilah nyeri13. II.

Terapi Dismenorrhea primer biasanya diobati oleh NSAID seperti ibuprofen dan .7. Nyeri biasanya bersifat regular pada setiap haid namun berlangsung lebih lama dan bisa berlangsung selama siklus. Iskemi yang terjadi akibat kontraksi selanjutnya merangsang pelepasan endorpin dan PGF2α sehingga akan menyebabkan disperistaltis lebih lanjut13. Alasan mengapa PGF2α lebih tinggi pada wanita tertentu belum diketahui dengan pasti13. Kerusakan saraf perifer pada miometrium dan serviks oleh persalinan. tumor pada tuba fallopi. c. Endometrium wanita dengan dismenorrhea menghasilkan PGF2α lebih banyak daripada wanita normal.7. muntah dan diare7. Dismenorrhea sekunder Dismenorrhea sekunder biasanya terjadi kemudian setelah menarche6. Nyeri mungkin nyeri pada salah satu sisi abdomen7. Dismenorrhea sekunder dapat juga disebabkan fibroid. Endometriosis ditemukan pada 10-15% wanita usia 25-33 tahun2.kadar vasopresin meningkat pada wanita dengan dismenorrhea13. Pada hari pertama menstruasi. IUD. prostaglandin dapat mengakibatkan otot polos dalam sistem gastrointestinal berkontraksi sehingga menyebabkan mual. Hasil peluruhan bila jatuh ke dalam rongga abdomen dan merangsang peritoneum akan menghasilkan nyeri. PGF2α adalah oksitoksi dan vasokonstriktor yang poten yang bila diberikan pada uterus akan menghasilkan nyeri dan mengakibatkan pengeluaran darah haid. penyakit radang panggul. skar atau perlengketan akibat operasi sebelumnya dan adenomiosis yaitu suatu keadaan dimana endometrium tumbuh menembus miometrium6. Pada beberapa wanita.pelepasan PGF2α dan menginduksi kelenjar lainnya untuk menghasilkan endorpin lainnya (parakrin). polip uteri. Hal ini menjelaskan mengapa pada wanita yang telah melahirkan dismenorrhea dapat berkurang13. inflmatory bowel desease. Implan ini masih bereaksi terhadap estrogen dan progesteron sehingga dapat meluruh sat haid. Biasanya disebabkan hal lain6. Dismenorrhea sekunder dapat disebabkan oleh endometriosis dimana jaringan uterus tumbuh di luar uterus dan ini dapat terjadi pada wanita tua maupun muda. usus atau vesika urinaria. Vasopresin merupakan vasokonstriktor yang menstimulasi miometrium berkontraksi.

tetapi jika jarak antar menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 3 bulan. padahal sebelumnya pernah menstruasi (amenore sekunder). Pil kontrasepsi menghilangkan nyeri dan gejala lainnya pada 90% penderita dengan menekan ovulasi dan jumlah perdarahan. murung dan emosi labil ( mood swing) Tidak tertarik seks (libido menurun) Jerawat berkala Perut kembung atau kram Sakit kepala atau sakit persendian Sulit tidur Sulit buang air besar (BAB) . dan selesai dalam waktu 4 hari setelah perdarahan dimulai. Terapi ini membutuhkan waktu 3 siklus untuk menghilangkan gejala. dan perilaku yang umumnya terjadi pada minggu terakhir fase luteal (seminggu sebelum haid). Pola haid boleh saja tidak teratur. olahraga berat. dan kista ovarium. penurunan berat badan yang ekstrem.naproxen yang dapat mengurangi nyeri pada 64% penderita dissmenorrhea primer. Sindrom Pramenstruasi (PMS) Sindrom pramenstruasi (PMS) adalah sekelompok gejala fisik. Amenore primer biasanya disebabkan oleh gangguan hormon atau masalah pertumbuhan. 1. stres. gangguan tiroid. Masalah tersebut dapat berupa tidak mengalami menstruasi sama sekali sampai menstruasi berat dan berkepanjangan. Istilah ini digunakan untuk perempuan yang belum mulai menstruasi setelah usia 15 tahun (amenore primer) dan yang berhenti menstruasi selama 3 bulan. anoreksia. Gejala biasanya tidak dimulai sampai 13 hari sebelum siklus. Amenore sekunder dapat disebabkan oleh rendahnya hormon pelepas gonadotropin (pengatur siklus haid). Kompres panas juga dapat mengurangi nyeri7. Perempuan dapat memiliki berbagai masalah dengan menstruasi/haid mereka. atau jika haid berlangsung lebih dari 10 hari maka Anda harus mewaspadai adanya masalah ovulasi atau kondisi medis lainnya. emosi. mudah tersinggung. Beberapa gejala PMS yang sering dirasakan:         Payudara menjadi lembut dan bengkak Depresi. pil KB. 2. Amenore Amenore adalah tidak ada menstruasi.

Dismenore yang dialami remaja umumnya bukan karena penyakit (dismenore primer). ketoprofen dan naproxen. dan peradangan/infeksi pada vagina atau leher rahim. polip. radang panggul. perempuan rata-rata kehilangan sekitar 30 ml darah selama sekitar 7 hari haid. . Bila nyeri menstruasi tidak hilang dengan obat pereda nyeri. Dismenore Dismenore adalah menstruasi menyakitkan. Nyeri juga bisa disertai kram perut yang parah. Penyebab utama menoragia adalah ketidakseimbangan jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh. Kram tersebut berasal dari kontraksi dalam rahim. Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan endometrium terus terbentuk. kompres dengan botol air panas. 5. perubahan hormon dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Ketika tubuh membuang endometrium melalui menstruasi. maka kemungkinan merupakan dismenore sekunder yang disebabkan penyakit tertentu. perdarahan menjadi parah. Dokter Anda mungkin memulai dengan memeriksa masalah yang paling umum dalam kelompok usia Anda. penyakit darah. dan mandi air hangat juga dapat mengurangi rasa sakit. Dismenore primer dapat diperingan gejalanya dengan obat penghilang nyeri/anti-inflamasi seperti ibuprofen.3. dismenore dapat disebabkan oleh penyakit tertentu (dismenore sekunder). Menoragia Menoragia adalah istilah medis untuk perdarahan menstruasi yang berlebihan. seperti fibroid uterus. maka dikategorikan menoragia. Bila perdarahan melampaui 7 hari atau terlalu deras (melebihi 80 ml). Dalam satu siklus menstruasi normal. Pada wanita lebih tua. 4. Perdarahan Abnormal Perdarahan vagina abnormal (di luar menstruasi ) antara lain:    Pendarahan di antara periode menstruasi Pendarahan setelah berhubungan seks Perdarahan setelah menopause Perdarahan abnormal disebabkan banyak hal. dan biasanya pertama dirasakan ketika mulai perdarahan dan terus berlangsung hingga 32 – 48 jam. atau bahkan kanker dapat menjadi sebab perdarahan abnormal. Baik pada remaja maupun wanita menjelang menopause. Menoragia juga bisa disebabkan oleh gangguan tiroid. endometriosis atau kehamilan ektopik. Berolah raga. Masalah serius seperti fibroid uterus. yang merupakan bagian normal proses menstruasi. Nyeri menstruasi terjadi di perut bagian bawah tetapi dapat menyebar hingga ke punggung bawah dan paha.

Jika masa haidnya telah selesai. hingga datangnya masa suci. Maka.Haid / Menstruasi Dalam Pandangan berbagai Agama HAID / MENSTRUASI DALAM PANDANGAN AGAMA I. perempuan dikelompokkan menjadi tiga kelompok: mubtada'ah (perempuan yang baru menjalani haid untuk pertama kalinya). "Hitunglah berdasarkan bilangan malam dan hari dari masa haid pada setiap bulan berlangsungnya. hal tersebut tidak perlu dihiraukan. Mu’tadah adalah perempuan yang sudah terbiasa menjalani haid. sebelum ia terkena serangan darah penyakit yang menimpanya itu. Jika darahnya tidak berhenti selama lima belas hari. jimak (berhubugan suami istri). Setiap bulan perempuan mengalami masa-masa haid dalam waktu tertentu. Maka. Apabila ternyata melewati dari batas yang berlaku. ia harus berwudu setiap hendak mengerjakan salat. tinggalkanlah salat sebanyak bilangan haid yang biasa dijalaninya setiap bulan. Jika perempuan mustahadhah adalah perempuan yang sudah terbiasa menjalani masa haid setiap bulannya. bersabda. ia diharuskan mandi. dan mustahadhah (perempuan yang darahnya keluar dan tidak berhenti. Rasulullah saw. darah tersebut tidak dianggap sebagai darah haid. Namun. lalu memakai cawat (pembalut) dan mengerjakan salat. hendaknya ia menjalani masa haidnya hingga selesai. ia harus meninggalkan salat. Dalam masalah haid ini. maka hendaklah ia mandi. ia boleh melakukan jimak. Jika telah selesai menjalani masa haid. perempuan hamil tidak mengalami haid. perempuan tersebut dianggap sebagai perempuan mustahadhah. Jika perempuan hamil dengan izin Allah darah haid itu berubah menjadi makanan janin yang berada di dalam kandungannya. Dari Ummu Salamah r. dan ia mengetahui kebiasaan tersebut. mengerjakan salat. Artinya. . Maka. mu'tadah (perempuan yang sudah terbiasa menjalani haid). Jangka waktu haid minimal sehari semalam dan maksimal selama lima belas hari. mengenai seorang perempuan yang selalu mengeluarkan darah. hendaknya segera mandi dan menjalankan aktivitasnya seperti biasa. bahwa ia pernah meminta fatwa kepada Rasulullah saw. kemudian ia mendapati darah berwarna kekuning-kuningan atau berwarna keruh. Jika keadaan mendesak. Mustahadhah adalah perempuan yang darahnya keluar terus-menerus melebihi kebiasaan masa berlangsungnya haid." (HR Abu Dawud dan An-Nasai dengan isnad hasan). Mubtada'ah adalah perempuan yang baru pertama kali mengalami haid. puasa seperti biasanya. puasa. Jika dalam masa sehari semalam ia melihat kesuciannya. DALAM PANDANGAN AGAMA ISLAM Haid adalah darah yang dikeluarkan dari rahim apabila perempuan telah mencapai usia balig. Jika melihat ada darah keluar. namun umumnya adalah enam atau tujuh hari.a. dan amalan lain yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang haid.

Perempuan yang mengalami istihadhah boleh berpuasa. Hukum Perempuan yang Mengalami Istihadhah a. Darah yang keluar setelah masa haid tersebut bias dikategorikan darah istihadhah. kemudian bersuci dan shalat. Jika sejak awal haid perempuan tersebut selalu disertai denga darah istihadhah dan ia tidak bias membedakan antara kedua darah tersebut. Akan tetapi. Tetapi ia dianjurkan untuk berwudhu dan mandi setiap akan mengerjakan shalat. maka ia harus mengikuti kebiasaan haid kaum perempuan pada umumnya. Karena perempuan yang mengalami istihadhah dikategorikan suci. Pendapat yang paling kuat adlah memasukkan perempuan ini kedalam kelompok yang ketiga. Setelah itu. Ia hanya diwajibkan berwudhu sesuai dengan kebutuhan ketika akan mengerjakan shalat jka wudhunya batal. hal-hal yang diharamkan bagi orang yang sedang haid tidak berlaku baginya. 18) . c. Perempuan yang mengalami istihadhah juga dibolehkan untuk melakukan I’tikaf di masjid. tetapi ia bias membedakan antara darah haid dan darah istihadhah. d. Hukum wanita haid membaca Al-Qur’an Menurut Imam Abu Hanifah. Sedangkan menurut Imam Dawud az-Zahiri. maka ada beberapa pendapat tentang hal itu dikalangan ulama. boleh wanita haid membaca al-Quran (ad-Dimasyqi. maka ia tinggal menghitung batas akhir kebiasaan haid. maka ia harus bersuci lalu melaksanakan shalat. sujud tilawah. Imam Malik membolehkan membaca beberapa ayat. Sedangkan darah yang keluar setelah enam sampai tujuh hari itu di anggap sebagai darah istihadhah. sujud syukur dan perbuatan-perbuatan ibadah lainnya. hlm. Rahmatul Ummah. membawa mushaf. b. bagaimana jika darah istihadhah merupakan kelanjutan dan bersambung dengan darah haid atau nifas? Maka jawabannya tergantung kepada empat kondisi beikut ini : Jika perempuan tersebut memiliki siklus dan masa haid yang teratur. dan Ahmad. maka ia harus melihat perbedaannya. haram hukumnya wanita haid membaca Al-Qur`an. Perempuan yang mengalami istihadhah tidak wajib berwudhu setiap hendak mengerjakan shalat karena dalil untuk hal ini sangatlah lemah. Jika perempuan tersebut lupa terhadap masa dan siklus haidnya serta tidak mampu membedakan antara darah haid dan darah istihadhah. bukan darah haid. Jika darah yang keluar bukan lagi darah haid. misalnya enam sampai tujuh hari dalam sebulan. Syafi’i. membaca alQuran. Jika perempuan tersebut tidak mengetahui siklus dan masa haidnya. maka ia pun harus menetapkan masa haidnya selama enam sampai tujuh hari. shalat.Waktu Istihadhah Jika darah istihadhah keluar di luar waktu haid dan nifas serta bukan merupakan kelanjutan yang bersambung dengan keduanya. maka tidak ada persoalan dalam hal tersebut karena sangat mudah mebedakan dan menentukanwaktunya. ia harus bersuci dan kembali melaksanakan shalat. Jika para perempuan di sekitarnya haid selama.

Namun Imam Dawud Az-Zahiri membolehkan wanita haid dan orang junub berdiam di masjid (ad-Dimasyqi..” Hukum wanita haid masuk ke dalam masjid Wanita yang sedang haid masuk masjid. I’natuth Thalibin. Karena itu.Mengapa timbul perbedaan pendapat? Sebab para ulama berbeda dalam menilai hadis dalam masalah ini. Namun pendapat yang lebih kuat adalah pendapat jumhur. Subulus Salam. Ibnu Majah. “Sesungguhnya aku tidak menghalalkan masjid bagi wanita yang haid dan orang junub. Dalilnya adalah hadis Nabi saw. yang berarti. sehingga mengamalkannya dengan mengharamkan wanita haid masuk dan berdiam di masjid. Karenanya mereka tidak mengamalkannya. yang diharamkan adalah jika wanita haid itu semata berniat membaca ( qira`ah). Dalam mandi wajib. Rahmatul Ummah. sehingga layak menjadi dalil (As-Suyuthi. termasuk rambut yang rontok sebelum seseorang mandi wajib ( Kifayatul Akhyar. Sebagian ulama menganggap hadis ini dhaif (lemah) sehingga tidak layak menjadi hujjah (alasan) ( Kifayatul Akhyar. Sebab meskipun sebagian ulama melemahkan hadis di atas. Misalnya. jumhur ulama. Hukum Mandi wajib bagi wanita haid Kemudian tentang rambut rontok dan mandi wajib. karena hadis di atas sesungguhnya adalah hadis yang layak menjadi hujjah. Namun. Menurut Ibn alQaththan. sebagai amal ibadah.I/92). Jumhur ulama menganggap hadis ini sahih atau hasan.” (HR Abu Dawud). I’anatuth Thalibin. yakni Imam Abu Hanifah. adalah pendapat yang mengharamkan wanita haid membaca al-Quran. sepakat wanita yang haid tidak boleh berdiam di dalam masjid. boleh hukumnya membaca al-Quran. Sementara itu sebagian ulama lainnya menganggap hadis itu bukan hadis dhaif. Hadits ini shahih menurut Ibnu Khuzaimah. ( Subulus Salam.” (HR Abu Dawud). hlm. hadis ini hasan (Kifayatul Akhyar. membaca Al-Quran dengan niat berdzikir. Namun ada ulama yang tidak menganggapnya sebagai hadis yang layak saebagai hujjah. al-Jami’ ash-Shaghir. dia tidak meniatkannya sebagai bacaan ibadah. menceritakan kisah. wanita haid diharuskan meratakan air ke seluruh tubuh hingga rambut. I/77-79. Hal ini sesuai hadits Nabi. rambut termasuk yang harus dibasuh . I/69). I/75). Malik. bersabda. ”Tidaklah boleh orang junub dan juga wanita haid membaca sedikit pun dari al-Quran.”Sesungguhnya perbuatan-perbuatan itu bergantung pada niatniatnya.”Barangsiapa meninggalkan tempat (selubang) rambut dari mandi janabah yang tidak dibasuh. I/88). namun hadis tersebut dianggap hasan (cukup baik) oleh Imam as-Suyuthi. maka akan diberlakukan begini begini di neraka. Pendapat yang lebih kuat (rajih). 17) Akar perbedaan pendapat itu karena para ulama berbeda pandangan mengenai hadis Nabi saw. atau menghafal ayat. Nabi saw. 205). I/39.” (HR At-Tirmidzi. Syafi’i. hlm. (as-Sayyid al-Bakri. Jika. dan Ahmad. memberi nasehat atau berdakwah. dan Ahmad). I/80).

Maka nilai satu dinar mengikut nilaian matawang ringgit ialah 4. maka (dia) membayar setengah dinar. .25 gram emas (mengikut timbangan pada zaman sekarang). Hukum bersetubuh ketika haid Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu‘ Abbas Radhiallahu ‘anhuma.225. Hukum Bersetubuh Setelah Kering Darah Haid Tetapi Belum Mandi Imam an-Nawawi menjelaskan dalam kitab al-Majmu‘ bahawa ulamaulama Syafi‘e mengatakan apabila perempuan yang haid itu sudah kering darahnya. ini adalah hadis shahih. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya bagaimana dengan keadaan seseorang yang mendatangi (menjimak atau menyetubuhi) isterinya pada ketika haid.70 = $126.” Berdasarkan kedua-dua hadis di atas.dalam mandi wajib. harga minima bagi satu gram emas 21 karat (setakat Irsyad Hukum ini ditulis) ialah $29.Yaitu karena berbeda penilaian terhadap hadis.70. Beliau bersabda: Dia bersedekah dengan satu dinar atau setengah dinar. maka terangkatlah beberapa perkara yang diharamkan ke atasnya seperti puasa. Manakala setengah dinar pula bernilai $63. Manakala menurut Imam ar-Rafi‘e Rahimahullah. Kaffarah yang disebutkan itu hanya dikenakan ke atas suami sahaja dan disedekahkan kepada golongan fakir dan miskin. Adapun maksud dinar di atas adalah dinar mengikut timbangan Islam daripada emas tulin. iaitu ketika darah haid masih kuat warnanya. memadai kaffarah tersebut diberikan kepada seorang fakir . Menurut Abu Daud dan al-Hakim. iaitu ketika darah haid beransur lemah warnanya dan hampirhampir kering atau sudah berhenti. Manakala hadis mawquf kepada Ibnu ‘Abbas Radhiallahu ‘anhuma Baginda Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika (dia) menyetubuhinya (isterinya) pada waktu permulaan darah (haidh). maka (dia membayar) satu dinar. Ibnu Majah. Satu dinar bersamaan dengan satu misqaldaripada emas. iaitu 4. al-Baihaqi. Kemungkinan perbedaan pendapat bisa saja muncul karena sebab-sebab seperti yang diterangkan di atas.” Hadis ini juga diriwayatkan oleh al-Hakim.25 gram x $29. adDaruquthni. talak dan zhihar. Sebagai irsyad. ad-Darimi dan an-Nasa’i. Manakala ½ (setengah) dinar jika berlaku persetubuhan pada penghujung atau akhir haid. kaffarah yang dimaksudkan itu ialah 1 (satu) dinar jika berlaku persetubuhan pada permulaan haid. Termasuk yang rontok sebelum mandi wajib.1125. Dan jika (dia) menyetubuhinya (isterinya) pada waktu darah berhenti (kering). Manakala yang lainnya mengkategorikan hadis ini bertaraf marfu‘ dan mawquf. atau berbeda dalam memahami pengertian hadis.

tawaf. Begitu juga dengan mubasyarah (menyentuh) kawasan antara pusat dan lutut sehinggalah perempuan tadi mengangkat hadas besar. masih dilarang dan masih berjalan hukumnya sehinggalah dia mandi mengangkat hadas besar. dengan tekun tanpa lesu. maka hendaklah dia bertayammum kerana tayammum itu bersamaan dengan mandi dalam mengangkat hadas. dimana seseorang yang mengalami menstruasi dapat melaksanakan ibadah atau berdoa. Karena ibadah yang kita lakukan merupakan kewajiban yang merupakan nasehat Yesus Kristus dan sumber kemajuan rohani. hukum bersetubuh dengan perempuan yang haid sebelum dia mengangkat hadas sekalipun darahnya sudah kering atau berhenti atau bersih adalah haram sehinggalah dia terlebih dahulu mandi mengangkat hadas ataupun bertayammum (pada keadaan sah tayammumnya itu). As-Sayyid al-Bakri menukilkan kata-kata Syaikh al-Islam Zakariyya alAnshari dalam Syarh ar-Raudh.dendam . Menstruasi dalam pandangan Kristen Protestan Dalam agama kristen tidak mempermasalahkan tentang menstruas untuk melakukan ibadah. diharamkan juga bersetubuh setelah darah haid berhenti atau kering sebelum mandi mengangkat hadas besar.Di samping itu jumhur mengatakan jika seseorang bersetubuh dengan perempuan yang sudah berhenti atau kering darah haid dan sebelum mandi.kepahitan. Yang terpenting kita mempunyai kepercayaan dalam melakukan ibadah. memegang dan membaca al-Quran dan tinggal atau duduk dalam masjid. . sebagaimana diharamkan bersetubuh pada akhir waktu haid. maka (sunat) ke atasnya kaffarah. Menurut jumhur ulama. dengan rendah hati dan tulus ikhlas. Jika dia tidak mendapati air. karena dalam kitab suci ataupun peraturan dalam gereja tidak ada larangan atau pantangan. Menstruasi dalam pandangan Katolik Dalam pandangan Agama Katolik sama seperti pandangan Agama Kristen.irihati . III. iaitu bersedekah kepada orang fakir miskin dengan ½ (setengah) dinar.Adapun larangan kerana disebabkan hadas seperti sembahyang. sujud Tilawah dan Syukur. i‘tikaf. II. Begitu juga larangan bersetubuh danmubasyarah (menyentuh) kawasan antara pusat dan lutut. karna dalam alkitab tidak terdapat persepsi tentang hal itu tetapi hati dan tulus dan sungguh-sungguh serta tidak melakukan hal larangan tuhan seperti: .

ulama berkata bahwa haid adalah darah alami yang keluar dari seorang wanita pada waktu-waktu yang dimaklumi. Bila seorang wanita terus menerus keluar darah dari kemaluannya. Darah nifas ini merupakan sisa darah yang tertahan di dalam rahim sewaktu hamil. Sebaliknya tidak keluarnya darah haid menunjukkan ketidaksehatan dan ketidaknormalan seorang wanita. sebagaimana tidak ada batasan maksimalnya. Ia teranggap haid di waktuwaktu ‘adah tersebut. mundur ataupun maju. Selesai masa ‘adahnya ia mandi dan boleh melakukan ibadah puasa dan shalat (walau darahnya . Begitu pula batasan waktu minimal lamanya haid. karena perbedaan sebab keluarnya. Adapun darah nifas sebabnya jelas. darah itu pun keluar sedikit demi sedikit. Darah yang keluar bukan karena sebab melahirkan adalah darah haid sebagai suatu ketetapan dan sunnatullah atas seorang wanita. karena janin yang dikandungnya beroleh sari-sari makanan dengan darah yang tertahan tersebut. Bisa jadi waktu keluarnya lama/panjang. tidak ada batasan umur minimal seorang wanita mendapatkan haid. Di mana bila si wanita sudah dapat hamil dan melahirkan maka secara umum akan datang kepadanya haid di waktu-waktu tertentu. begitu pula hukumhukumnya. Namun menurut pendapat yang shahih. berdasarkan zahir nash-nash syar’i yang ada. Karena itulah ketika memberikan definisi haid. bahkan dimaklumi oleh pengetahuan dan kebiasaan manusia. dan yang disebut suci adalah tidak adanya darah. dan zahir dari amalan kaum muslimin. Makna ini disepakati oleh ahli ilmi syar’i dan ilmu kedokteran. Namun namanya berbeda. tidak ada pula batasan waktu maksimal dari nifas ini. “Tiga macam darah yang ditanyakan keluar dari satu jalan. Adapun istihadhah adalah darah yang keluar dari seorang wanita di luar kebiasaan dan kewajaran. (1) Apabila sebelum mengalami hal tersebut ia memiliki kebiasaan (‘adah) haid maka ia kembali pada kebiasaannya (‘adah-nya). Bila seorang wanita telah melahirkan kandungannya. istihadhah. tanpa berhenti. Menurut pendapat yang shahih. Tidak ada pula batasan minimal masa suci di antara dua haid. Adapun waktu maksimalnya menurut mazhab Hambali adalah 40 hari. dan bila lebih dari 40 hari darah masih keluar sementara tidak bertepatan dengan kebiasaan datangnya waktu haid maka darah tersebut adalah darah istihadhah. karena sakit atau semisalnya. Pengalaman mereka menunjukkan akan hal tersebut. Keluarnya darah haid menunjukkan sehat dan normalnya si wanita. dan darah nifas? Jawab: Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullahu menjawab secara panjang lebar yang kami ringkaskan sebagai berikut. adapun selebihnya berarti istihadhah.Apa perbedaan antara darah haid. Juga karena tidak melapangkan bagi wanita untuk mengamalkan selain pendapat ini. sesuai dengan keadaan dan kebiasaan si wanita. maka untuk mengetahui apakah darah tersebut darah haid ataukah darah istihadhah bisa dengan tiga cara berikut ini secara berurutan. Walaupun waktunya bertambah atau berkurang. Tidak ada batasan minimal waktu nifas ini. Bila seorang wanita hamil umumnya ia tidak mengalami haid. Bahkan yang disebut haid adalah adanya darah. dan terkadang singkat. yaitu darah yang keluar dari seorang wanita karena melahirkan.

Sama saja apakah waktu haidnya bertambah (ataupun berkurang). Namun pendapat ini tidak dapat diamalkan. Demikian pula menurut pendapat yang shahih. Bila Kebiasaan (‘Adah) Haid Berubah-ubah Apa yang harus dilakukan seorang wanita apabila ‘adah haidnya berubah-ubah.” (Al-Irsyad ila Ma’rifatil Ahkam. (3) Apabila si wanita tidak memiliki ‘adah dan tidak dapat membedakan darah yang keluar dari kemaluannya. Misalnya. tidak ada batasan umur seorang . Inilah yang diamalkan oleh para wanita dari kalangan sahabat Rasulullah radhiyallahu ‘anahuma. bahkan menyelisihi dalil.). berwarna hitam. maka di setiap bulannya (di masa-masa keluarnya darah) ia berhaid selama enam atau tujuh hari karena adanya haditshadits yang tsabit dalam hal ini. dan berbau busuk itu adalah darah haid. atau terkadang bertambah dan di kali lain berkurang? Jawab: Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullahu menjawab. Demikian pula wanita dari kalangan tabi’in. maka ia pun bersuci dengan mandi dan setelahnya boleh mengerjakan shalat. Mereka tidaklah berfatwa kecuali dengan pendapat ini. terkadang mundur. Dia tidak beralih pada ‘adah yang baru sampai ‘adah yang baru tersebut berulang1. Sama saja dalam hal ini apakah ‘adahnya maju ataupun mundur. terkadang maju. Karena pendapat yang menyatakan seorang wanita tidak boleh beralih kepada ‘adah yang baru sampai ‘adah yang baru tersebut berulang sebanyak tiga kali merupakan pendapat yang tidak memiliki sandaran dalil. di sebagian waktu darahnya pekat/kental dan di waktu lain tipis/encer. semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meridhai mereka semuanya. Tidak ada yang melapangkan bagi wanita selain mengamalkan pendapat yang shahih ini. wanita yang mengalami kejadian seperti itu tetap berpegang dengan kebiasaan (‘adah) haid sebelumnya. Bila ia melihat dirinya telah suci (darahnya tidak lagi keluar) dengan jelas. hal. Yang selainnya adalah darah istihadhah. Sampaipun yang kami dapatkan dari guru-guru kami. (2) Bila ternyata si wanita tidak memiliki ‘adah dan darahnya bisa dibedakan. karena amalan manusia terus menerus berjalan di atas pendapat yang shahih yang disebutkan di dalam kitab Al-Inshaf. 23-26 sebagaimana dinukil dalam Fatawa Al-Mar’ah Al-Muslimah. Sedapat mungkin ia menyumpal tempat keluarnya darah (bila darah terus mengalir) dan berwudhu setiap kali ingin menunaikan shalat. tanpa menunggu berulangnya kejadian seperti ini pada masa haid di bulan berikutnya. yaitu bila seorang wanita melihat keluarnya darah haid dari kemaluannya maka ia berhenti dari mengerjakan shalat dan puasa. 263-265) Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab. ‘adah (kebiasaan haid) si wanita lima hari namun ia melihat darahnya masih keluar sampai hari ketujuh. maka darah yang pekat/kental. maka ‘adahnya sekarang beralih menjadi tujuh hari. pent. Kemudian ia mandi setelah selesai enam atau tujuh hari tersebut walaupun darahnya masih terus keluar. “Menurut mazhab Hambali. di waktu lain merah. atau di sebagian waktu darahnya berbau busuk/tidak sedap dan di waktu lain tidak busuk. hal.terus keluar karena wanita istihadhah pada umumnya sama hukumnya dengan wanita yang suci. atau di sebagian waktu darahnya berwarna hitam.

Hukum Wanita Yang Terkena Istihadhah. Akan tetapi mungkin bisa disimpulkan sebagai berikut: Istihadhah adalah darah yang berasal dari urat yang pecah/putus. baunya seperti darah biasa. 135. Maka ia tetap berpegang dengan ‘adah-nya yang 5 hari. maka ada beberapa definisi di kalangan ulama. namun di bulan Syawwal ia melihat darah masih keluar sampai hari ke-7. darah istihadhah ini kadang tidak pernah berhenti keluar sama sekali dan kadang berhentinya hanya sehari atau dua hari dalam sebulan. 16-17] Ciri-Ciri Darah Istihadhah Berbeda dengan darah haid. Kalau keluarnya istihadhah bukan pada waktu haid atau nifas. Karena itulah. 90] Adapun secara istilah. walaupun usianya di bawah 9 tahun atau lebih dari 50 tahun. Ibnu Jarir dan selainnya menukil ijma’ ulama akan bolehnya wanita yang terkena istihadhah untuk membaca Al-Qur`an dan wajib atasnya untuk mengerjakan semua kewajiban yang dibebankan kepada wanita yang suci.” (Al-Fatawa As-Sa’diyyah. tapi terkadang juga keluar pada masa adat haid dan saat nifas. berasal dari urat yang pecah/putus dan ketika keluar langsung mengental. Dari penjelasan di atas. 136 sebagaimana dinukil dalam Fatawa Al-Mar’ah Al-Muslimah. Lihat nukilan ijma’ lainnya dalam Al-Majmu’ (2/542). [Lihat: Al-Ahkam Al-Mutarattibah ala Al-Haidh wa An-Nifas wa Al-Istihadhah hal. Karena dia adalah darah berupa penyakit. Mengenal Darah Istihadhah Definisi Istihadhah Secara bahasa. darah istihadhah mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: Warnanya merah. maka dia tidak akan berhenti mengalir sampai wanita itu sembuh darinya. Waktu Keluarnya Istihadhah.wanita mengalami haid. berarti ‘adah-nya telah berubah dari 5 menjadi 7 hari. kita juga bisa menarik kesimpulan bahwa darah istihadhah bukanlah najis. Hukumnya sama seperti wanita yang suci (tidak haid dan nifas) pada semua halhal yang diwajibkan dan yang disunnahkan berupa ibadah. dikatakan: “Wanita itu terkena istihadhah. misalnya ‘adah si wanita 5 hari. dalam artian . hal. Karena darah haid ini merupakan asal (mesti dialami oleh setiap wanita yang sehat/normal dan keluarnya rutin). tipis. Selama si wanita melihat darah keluar. Ternyata di bulan Dzulqa’dah ia kembali mengalami kejadian yang sama. 267) 1 Berulang sebanyak tiga kali. karena akan diterangkan bahwa wanita yang terkena istihadhah tetap wajib mengerjakan shalat walaupun saat darahnya tengah mengalir keluar. yaitu melihat darah masih keluar sampai hari ke-7. Dengan kejadian yang berulang sebanyak tiga kali ini. Demikian pula di bulan Dzulhijjah. [Mukhtar Ash-Shihah hal. a. yang keluarnya bukan pada masa adat haid dan nifas -dan ini kebanyakannya-. maka ia berhenti dari mengerjakan ibadah. Ma’alim As-Sunan (1/217) dan selainnya. hal.” kalau darahnya terus keluar padahal adat haidnya telah berakhir. sementara darah istihadhah keluarnya karena satu dan lain hal (tidak mesti keluarnya dan tidak mesti dialami oleh semua wanita).

demikian pula halnya dengan nifas. Misalnya: Dia mempunyai adat haid tanggal 1-6 tiap bulan.kepada Ummu Habibah binti Jahsy tatkala dia terkena istihadhah. b. dan kalau adatnya sudah berlalu maka darah yang keluar setelahnya -apapun ciri-cirinya. Maka yang seperti ini dia tinggal menjadikan masa adatnya sebagai patokan. Dia sudah mempunyai masa adat haid sebelum terjadinya istihadhah. Misalnya: Dia mempunyai adat haid 6 hari di awal bulan. Misalnya darah istihadhah keluar bukan saat masa adat haidnya. b. Maka di sini tidak ada masalah. Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin berkata. Kalau adatnya tiba maka dia dihukumi terkena haid. sementara sisanya dihukumi darah istihadhah. apapun warna darah yang keluar.kepada Fathimah binti Abi Hubaisy -tatkala dia terkena istihadhah-. dan tebal (kental) kemudian setelah 10 hari itu darah yang keluar berwarna merah. satu pendapat dari Asy- .” 3. “Hadits ini. Ini berdasarkan sabda Nabi -shallallahu alaihi wasallam. maka di sini hukumnya harus dirinci. Maka masa haidnya dihitung enam hari pada setiap awal bulan. Berdasarkan sabda Nabi -shallallahu alaihi wasallam. Muslim) 2. Dia mempunyai adat dan tamyiz sekaligus. Maka masa haidnya adalah 10 hari tersebut. lalu mandilah dan lakukan shalat.waktu keduanya tidak bertemu. jika demikian maka tinggalkan shalat. Maka di sini ada dua keadaan: a. tapi dia mempunyai tamyiz. “Diamlah (tinggalkan shalat) selama masa haid yang biasa menghalangimu. berdasarkan ciri-ciri haid dan nifas yang telah disebutkan. walaupun cirinya darah haid. meskipun perlu ditinjau lagi dari segi sanad dan matannya. Ini adalah pendapat Abu Hanifah. berbau busuk. tidak lepas dari empat keadaan: 1. namun telah diamalkan oleh para ulama’. sehingga dia wajib untuk mandi lalu shalat walaupun darahnya keluar terus. Tidak mempunyai adat sebelumnya -baik karena itu awal kali dia haid (almubtada`ah) ataukah dia lupa adat haidnya karena sudah lama dia tidak haid-. Jika selain itu maka berwudhulah dan lakukan shalat karena itu darah penyakit. yaitu darah yang keluar bisa dibedakan mana haid dan mana istihadhah.” (HR.” (HR. Tapi kalau keluarnya istihadhah bertemu dengan masa adat haid atau masa nifas. Al-Auzai. akan tetapi darah yang keluar saat itu kadang dengan ciri haid dan kadang dengan ciri istihadhah.dihukumi istihadhah. tidak berbau dan encer (tipis). Abu Dawud dan An Nasai). Dan hal ini lebih utama daripada dikembalikan kepada kebiasaan kaum wanita pada umumnya. sedangkan sebelum dan setelah ke 6 hari ini bukanlah haid. Maka ini tidak ada masalah. maka ia berwarna hitam diketahui. tiba-tiba mengalami istihadhah dan darahnya keluar terus-menerus tanpa bisa dibedakan mana yang haid dan mana yang istihadhah (misalnya karena hari pertama keluar dengan ciri-ciri haid sedang hari yang kedua dengan ciri-ciri istihadhah dan seterusnya). sedang selainnya merupakan istihadhah. Misalnya: Seorang wanita biasanya haid selama enam hari pada setiap awal bulan. “Jika suatu darah itu darah haid. masa adat haid dihukumi haid dan setelahnya dihukumi istihadhah. Sehingga yang menjadi masa haidnya adalah yang 6 hari. sedang sisanya mempunyai ciri-ciri darah istihadhah. Manakah yang dijadikan patokan? Apakah adat ataukah tamyiznya? Yang kuat dalam masalah ini adalah bahwa adatnya lebih didahulukan. Misalnya: Seorang wanita pada saat pertama kali mendapati darah dan darah itu keluar terus-menerus. Ternyata darah yang keluar pada masa adatnya mempunyai ciri-ciri haid. Akan dia dapati selama 10 hari dalam sebulan darahnya berwarna hitam. Adat dan tamyiznya bertentangan. atau darah istihadhah keluar setelah berlalunya masa nifas. Adat dan tamyiznya tidak bertentangan. Kami katakan: Wanita yang terkena haid (atau pada masa adat haidnya) sekaligus terkena istihadhah.

www.inc. Fisiologi Alat-alat reproduksi Wanita dalam Obstetri Fisiologi. en. misalnya ibunya atau saudarinya lalu dia berpatokan kepada adat mereka. Tidak mempunyai adat -baik karena baru pertama kali haid (al-mubtada`ah) maupun karena lupa adat haidnya. Bandung. dan ini terjadi sebulan penuh atau kurang dari itu. Bandung.org diakses tanggal 18 Pebruari 2006 6. 1983: 73-78 4. hendaklah ia mengambil kebiasaan kaum wanita pada umumnya.healthatoz.humanillnesses. Menstrual Disorder. 1981 : 31-39 7. Kim’s Story. Menstrual Disorder. besoknya berwarna merah dan demikian seterusnya. Disfunctional Uterine Bleeding in Novack Gynecology. Maka haidnya pada setiap bulan dihitung selama enam atau tujuh hari mulai dari tanggal lima tersebut. Sedang selebihnya merupakan darah istihadah. Maka masa haidnya adalah enam atau tujuh hari pada setiap bulan dihitung mulai dari saat pertama kali mendapati darah. 4.dan tidak pula tamyiz. Nailul Authar: 1/373-380. Syaikh Ibnu Al-Utsaimin dan Syaikh Muqbil -rahimahumullah-.com. Diakses tanggal 18 Pebruari 2006 . Apa yang harus dilakukan wanita ini? Jawab: Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin berkata. Kelainan haid dalam Ginekologi.com. [Lihat: Al-Muhalla: 2/181-186. Contoh: Ada seorang wanita yang pertama kali haid dan juga terkena istihadhah dengan ciri-ciri darah yang tidak beraturan. “Dalam kondisi ini. Menstrual Disorder http://en. dan juga pendapat Imam Ahmad. Diakses tanggal 17 Pebruari 2006 3. Elstar Offset. Lippincot &William. http://www. 2002: 575-591 5. Misalnya: Seorang wanita pada saat pertama kali melihat darah pada tanggal 5 dan darah itu keluar terus menerus tanpa dapat dibedakan secara tepat mana yang darah haid.wikipwdia.org. www. Penerbitan Eleman.Syafi’i. Philladelphia. dan yang dikuatkan oleh Ibnu Taimiah.wikipedia. baik melalui warna ataupun dengan cara lain. diakses tanggal 17 Pebruari 2006 2. Bagian Obstetri dan Ginekologi FK-UNPAD. Pada hari ini berwarna hitam (ciri-ciri haid). Ad-Dima` Ath-Thabi’iyah karya Asy-Syaikh Ibnu Al-Utsaimin dan Shahih Fiqh As-Sunnah: 1/216-217] DAFTAR PUSTAKA 1.” Kami katakan: Sebagian ulama berpendapat lebih utama kalau dia melihat adat kerabat wanita terdekatnya. Bagian Obstetri dan Ginekologi FK-UNPAD.

Menstruation and Menstrual Disorder in Gynecology. 3rd edition. Sperof.cmdrc. Amenorrhea in Clinical Gynecologic Endokrinology & Infertility. Lumsden. McGraw-Hill Companies. 623-630 12. Kace. 1997 : 36-40 9. Complication of Menstruation. Abnormal Bleeding in Current Obstetric & Gynecologic Diagnosis Treatment. Jay. 9th edition. http://www.com. Elsevier Science Limited. Washington.familypractice. Hasan Sadikin. Bagian Obstetri dan Ginekologi FK-UNPAD. Diakses tanggal 17 Pebruari 2006 11. Diakses tanggal 17 Pebruari 2006 13.8. China. India. Bandung. McGavigan. 2003 : 459-467 .com. Glass.Diagnostic Procedure in menstrual disorder. Silberstein. http://www. Bagian Obstetri dan Ginekologi FK-UNPAD. Menstrual Disorder. 1999: 421-475 10. Inc. bagian II Ginekologi. Taaly. 2003 . 6th edition. Ann Marie. Amenore dalam Pedoman Diagnosis dan Terapi Obstetri dan Ginekologi RSUP dr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful