Apakah Gelombang Elektromagnetik Itu?

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat tanpa membutuhkan perantara. Berarti gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang hampa. Misalnya dari satelit ke stasiun bumi atau sebaliknya.

Teori Maxwell Tentang Gelombang Elektromagnetik
Pada tahun 1864 James Clark Maxwell mengemukakah hipotesis bahwa : “Apabila perubahan medan magnetik dapat menimbulkan gaya listrik, maka sebaliknya perubahan medan listrik dapat menimbulkan gaya magnetik”.

Gelombang elektromagnetik terdiri dari medan listrik dan medan magnetik yang berubah secara periodik dan serempak dengan arah getar tegak lurus satu sama lain dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambatan gelombang seperti tampak pada gambar diatas. Jadi, gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

Alhasil. Secara teori. Karena secara teori. maka Hertz mencoba membuktikan keberadaan gelombang elektromagnetik tersebut melalui keberadaan gelombang listriknya yang diradiasikan oleh rangkaian pemancar. Begitu pula dengan arah geraknya. . dari percikan yang muncul akan dihasilkan gelombang elektromagnetik.Percobaan Hertz Terhadap Teori Maxwell Heinrich Hertz adalah orang yang pertama kali menguji hipotesis Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik. Ini membuktikan ada listrik yang mengalir melalui radiasi suatu benda. ternyata muncul percikan listrik pada gap-nya. Karena gelombang tersebut mengantung gelombang listrik. Karena ada arus pergeseran pada gap pemancar. yang akhirnya terhantarkan ke loop. Hertz mencoba membuat rangkaian pemancar sederhana dengan bantuan trafo untuk memperkuat tegangan dan kapasitor sebagai penampung muatannya. Hertz menyadari bahwa gelombang elektromagnetik yang dinyatakan Maxwell merupakan gabungan dari gelombang listrik dan gelombang magnetik secara saling tegak lurus. diharapkan ada radiasi gelombang elektromagnetik yang akan dipancarkan. pada rangkaian loop penerima yang hanya berupa kawat berbentuk lingkaran yang tanpa diberikan sumber tegangan apapun.

) .  Merambat dalam arah lurus (tak terpengaruh medan listrik maupun medan magnetik). dan adalah panjang gelombang. sehingga medan listrik dan medan magnet sefase dan berbanding lurus.  Perubahan medan magnet dan medan listrik terjadi secara bersamaan.  Dapat mengalami pemantulan (refleksi)  Dapat mengalami pembiasan (refraksi)  Dapat mengalami perpaduan (interferensi)  Dapat mengalami lenturan (difraksi)  Dapat mengalami pengkutuban (polarisasi). Persamaan Dasar Gelombang Elektromagnetik Dimana adalah cepat rambat gelombang elektromagnetik ( atau ( ).Sifat Gelombang Elektromagnetik Berikut ini adalah sifat gelombang elektromagnetik :  Gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruang hampa.  Merupakan gelombang transversal. adalah frekuensi.

tetapi memiliki kecepatan rambat yang sama. yaitu m/s. Urutan spektrum berdasarkan kenaikan frekuensi atau penurunan panjang gelombang adalah : 1.Spektrum Gelombang Elektromagnetik Gelombang elektromagnetik terdiri dari berbagai gelombang yang berbeda frekuensi dan panjang gelombangnya. Selain untuk radio. memiliki 2 jenis modulasi. yaitu AM (jangkauan luas) dan FM (jangkauan sempit). gelombang ini juga digunakan untuk televisi dan handphone. Tabel menunjukkan spektrum gelombang radio. Gelombang Radio Jangkauan frekuensi cukup luas. .

2. s adalah jarak antara sasaran dan radar. Gelombang Mikro Digunakan untuk alat-alat elektronik. dengan persamaan : Dimana adalah selang waktu pengiriman gelombang dan penerimaan gelombang. Sinar Tampak (cahaya) Sinar yang biasa kita lihat untuk menentukan warna suatu benda misalnya rumput berwarna hijau. dan c adalah konstanta cepat rambat gelombang elektromagnetik ( ) atau ( ). Digunakan di bidang industri. Sinar Inframerah Dihasilkan oleh molekul dan benda panas. inframerah sedang dengan panjang gelombang ( m – ). dan inframerah jauh dengan panjang gelombang ( m – m). Spektrum warna cahaya berdasarkan urutan kenaikan panjang gelombang adalah : Ungu Biru Hijau Kuning Jingga Merah (390 nm – 455 nm) (456 nm – 492 nm) (493 nm – 577 nm) (578 nm – 597 nm) (598 nm – 622 nm) (623 nm – 780 nm) . 3. Radar dapat menentukan jarak dari antena ke sasaran dengan menggunakan pantulan gelombang. medis. alat memasak (microwave oven) dan radar. alat komunikasi. dan astronomi (ramalan cuaca dan foto satelit). Perbedaan frekuensi cahaya menimbulkan spektrum warna cahaya. Sinar ini dibagi menjadi 3 daerah yaitu inframerah dekat dengan panjang gelombang ( m – m). Gelombang ini dapat memancarkan kalor. 4.

Dibidang industri sinar ini digunakan untuk proses sterilisasi. dihasilkan dari atom yang tidak stabil ataupun sinar kosmis. 7. Sinar X Ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen. mampu menembus pelat timbal. Dibidang kedokteran digunakan untuk diagnosa dan terapi medis. Biasanya digunakan untuk mensterilkan kain kasa. sinar x digunakan untuk analisis struktur bahan. Sinar ini dihasilkan akibat tumbukan elektron berkecepatan tinggi di permukaan logam. yakni ( m – m). Memiliki daya tembus yang kuat karena panjang gelombangnya pendek. sedangkan di bidang industri.5. 6. Disebut juga sinar rontgen. Sinar Ultraviolet Dihasilkan dalam atom-atom dan molekul-molekul dalam loncatan listrik. Daya tembus sangat besar. sesuai penemunya. Matahari adalah sumber utama sinar ini. Sinar Gamma Merupakan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang terpendek dan frekuensi tertinggi. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful