Laporan Ukm f.3

LAPORAN UKM

F.3. UPAYA KESEHATAN IBU DAN ANAK SERTA KELUARGA BERENCANA “Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan pada Anak dengan KPSP”

Diajukan sebagai salah satu persyaratan dalam menempuh Program Dokter Internship Puskesmas Mergangsan

OLEH :

dr. Imelda Ika Aprilia

PUSKESMAS MERGANGSAN YOGYAKARTA 2013

Imelda Ika Aprilia Judul Laporan Kasus : Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan pada Anak dengan KPSP Yogyakarta. Agustus 2013 Mengetahui Dokter Pendamping dr. 19811111 200902 2005 2 .HALAMAN PENGESAHAN Nama : dr. Heronita Purnamasari NIP.

selain faktor keturunan masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi kualitas seorang anak. Selain itu pemantauan juga dapat dilakukan oleh masyarakat melalui kegiatan posyandu dan oleh guru di sekolah. Pemantauan tersebut harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan. Namun. sedangkan faktor lingkungan meliputi lingkungan biologis. salah satunya adalah faktor keturunan atau genetika. psikologis. terutama pada anak sampai usia 3 tahun agar bila ditemukan kecurigaan penyimpangan perkembangan dapat segera dilakukan intervensi dini sebelum terjadi kelainan.BAB I PENDAHULUAN Anak yang sehat. Dari beberapa sumber kepustakaan didapatkan bahwa 3 . dan sosial. Pertumbuhan dan perkembangan mengalami peningkatan yang pesat pada usia dini. Golden age merupakan masa yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak secara cermat agar sedini mungkin dapat terdeteksi apabila terjadi kelainan. Agar dapat mencapai hal tersebut terdapat berbagai kriteria yang harus terpenuhi dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Sedini mungkin pemantauan dapat dilakukan oleh orang tua. fisik. berpenampilan menarik. Pemantauan tumbuh kembang anak meliputi pemantauan dari aspek fisik. penanganan kelainan yang sesuai pada masa golden age dapat meminimalisir kelainan pertumbuhan dan perkembangan anak sehingga kelaianan yang bersifat permanen dapat dicegah. cerdas. dan sosial. dan berakhlak mulia merupakan dambaan setiap orang tua. Oleh karena itu. Selain itu. Kualitas seorang anak dapat dinilai dari proses tumbuh kembang. Skrining perkembangan untuk deteksi dini pada setiap anak penting dilakukan. guru. yaitu dari 0 sampai 5 tahun. pengetahuan tentang deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak perlu dimiliki oleh orang tua. Masa ini sering juga disebut sebagai fase ”Golden Age”. dan masyarakat. Proses tumbuh kembang merupakan hasil interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan. psikologi. Faktor genetik/keturunan adalah faktor yang berhubungan dengan gen yang berasal dari ayah dan ibu.

intervensi pada anak dengan kecurigaan penyimpangan perkembangan sebaiknya dilakukan sebelum usia 3 tahun. sementara Departemen Kesehatan RI mengharapkan pada tahun 2010. Denver II merupakan salah satu skrining yang telah banyak digunakan oleh profesi kesehatan di dunia termasuk Indonesia. yaitu tingkat kecamatan. Metode KPSP ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan seorang anak apakah sesuai dengan usianya ataukah ditemukan kecurigaan penyimpangan. Depkes RI pada tahun 2005 mengeluarkan revisi buku deteksi dini tumbuh kembang yang bertujuan identifikasi dini perkembangan anak di tingkat terbawah. Tidak pada semua anak dapat dilakukan skrining perkembangan karena yang biasa melakukan adalah dokter anak. dan memerlukan biaya cukup mahal. KPSP dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan ataupun tenaga non kesehatan yang terlatih 4 . 80% anak balita sudah dilakukan skrining perkembangan agar dapat dilakukan intervensi dini terhadap anak yang dicurigai mengalami gangguan perkembangan. satu di antaranya yang sudah terbukti menunjukkan sensitivitas dan spesifisitas baik adalah menggunakan Denver II. berupa kuesioner praskrining perkembangan (KPSP). Ada beberapa jenis alat/cara untuk melakukan penilaian/skrining perkembangan pada seorang anak.

Terdapat 3 periode pertumbuhan cepat. Perkembangan(development) adalah pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. motorik. dan bahasa. Pertumbuhan bersifat kuantitatif sehingga dapat diukurdengan satuan berat (gram. m).1. Proses perkembangan terjadi secara simultan dengan pertumbuhan. Keunikan pertumbuhan adalah mempunyai kecepatan yang berbeda-beda di setiap kelompok umur dan masingmasing organ juga mempunyai pola pertumbuhan yang berbeda. Pertumbuhan mempunyai ciri-ciri khusus. sosial. jumlah atau dimensi pada tingkat sel. serta munculnya ciri-ciri baru. organ. perubahan proporsi.BAB II PEMBAHASAN II. sehingga setiap pertumbuhan disertai dengan perubahan fungsi. jaringan. emosi. Perkembangan menyangkut adanya proses diferensiasi sel-sel. yaitu kognitif. yaitu masa janin. kilogram). masa bayi 0 – 1 tahun. organ maupun individu. Perkembangan pada fase awal ini akan menentukan perkembangan fase selanjutnya. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan masalah perubahan ukuran. hilangnya ciri-ciri lama. besar. 5 . satuan panjang (cm. dan masa pubertas. Perkembangan fase awal meliputi beberapa aspek kemampuan fungsional. yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Definisi Istilah tumbuh kembang terdiri atas dua peristiwa yang sifatnya berbeda tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan. Perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya. dankeseimbangan metabolik (retensi kalsium dan nitrogen dalam tubuh). Kekurangan pada salah satu aspek perkembangan dapat mempengaruhi aspek lainnya. yaitu perubahan ukuran. umur tulang. dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya.

00 Tempat: Rumah Bu Harjo II. stimulasi. dengan demikian dapat tercapai kondisi tumbuh kembang yang optimal. Upaya-upaya tersebut diberikan sesuai dengan umur perkembangan anak. yaitu penilaian pertumbuhan fisik dan penilaiann perkembangan. Penilaian pertumbuhan dan perkembangan meliputi dua hal pokok.30 – 16. sehingga upaya pencegahan. penyembuhan serta pemulihan dapat diberikan dengan indikasi yang jelas pada masa-masa kritis proses tumbuh kembang. Deteksi Dini Pertumbuhan dan Perkembangan Penilaian pertumbuhan dan perkembangan dapat dilakukan sedini mungkin sejak anak dilahirkan. Waktu dan Penyelenggaraan Pelatihan Kader dalam Melakukan KPSP Waktu dan tempat Jum’at. Bagaimana cara melakukan pelaporan ke puskesmas mengenai Deteksi dini Tumbuh kembang yang dilakukan di puskesmas 6 . Masing-masing penilaian tersebut mempunyai parameter dan alat ukur tersendiri. Melalui deteksi dini dapat diketahui penyimpangan tumbuh kembang anak secara dini. Materi yang diberikan adalah mengenai pentingnya screening dan deteksi dini mengenai tumbuh kembang pada anak dan balita.2. Bagaimana cara pengisian dan screening dengan menggunakan KPSP 3. 2. Materi dalam pelaksanaa Pelatihan KPSP 1.II.3. yang disebut juga anak usia dini. 18 Juli 2013 Pukul: 13. II. Deteksi dini merupakan upaya penjaringan yang dilaksanakan secara komprehensif untuk menemukan penyimpangan tumbuh kembang dan mengetahui serta mengenal faktor resiko pada balita.4.

dan panduan yang diberikan oleh puskesmas mulai bagaimana pemeriksaannya. 7 . penilaian. Kendala Pengajaran Kepada Kader Mengenai Deteksis dini penyimpangan Perkembangan. informasi. terutama dengan KPSP adalah terlalu banyaknya kuesioner yang ada dan waktu yang singkat pada pelaksanaan posyandu membuat kader bingung bagaimana harus melakukan. interpretasinya serta pelaporan kepuskesmasnya. Kendala kedua adalah para kader merasa kurangnya acuan.5 Kendala dalam pelaksanaan Pelatihan KPSP Dalam pelaksanaannya.II.

Screening melalui KPSP adalah yang termudah dilakukan oleh orang non medis dan tingkat keefektifannyapun tidak berbeda jauh dengan denver. Namun pada pelaksanaan para kader yang sebagian besar berusia lebih dari 50 tahun .BAB III EVALUASI KEGIATAN Kesulitan Kader melakukan Skrining Deteksi sini penyimpangan Perkembangan Tumbuh kembang pada anak dikarenakan kurangnya panduan dan informasi yang diberikan oleh puskesmas. 8 .tetap masih bingungt entang bagaimana cara peaksaanaanya mungkin dengan pelatihan secara intensif dan terjun langsung (learning by doing) hal itu lebih dapat memudahkan kader dalam memahami mengenai cara melakukan pemeriksaan KPSP.

9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful