TANGGUNG JAWAB, WEWENANG DAN TUGAS PENGAWAS PERTANDINGAN

FUTSAL

DISAMPAIKAN OLEH : M. ACHWANI

1

I. TANGGUNG JAWAB
Pengawas Pertandingan (PP) bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pertandingan, mulai persiapan, pelaksanaan, hingga usai pertandingan.

2

II.
1.

WEWENANG
Memeriksa sarana fasilitas pertandingan maupun sarana fasilitas pendukung lainnya seperti tempat latihan, akomodasi bagi Tim yang bertanding maupun bagi Ofisial Pertandingan sebelum Pertemuan Teknik. Mengadakan Pertemuan atau Rapat dengan Panpel Tuan Rumah Penyelenggara Pertandingan untuk mengecek semua aspek persiapan yang telah dilakukan oleh Panpel, apakah semua sudah memenuhi persyaratan dan kewajiban yang seharusnya.
3

2.

3.

Memimpin Pertemuan Teknik dan membuat Berita Acara untuk di laporkan kepada Pengurus PSSI atau Badan Futsal menurut tingkat kewenangannya. Mengunjungi Ruang Ganti kedua Tim untuk menyesuaikan DSP, perlengkapan Pemain dan meminta tanda tangan Manajer atau Pelatih bila semua benar.

4.

4

5.

6.

Memberi saran bilamana perlu pada hal-hal yang serius dan melakukan penilaian atas kepemimpinan Wasit yang bertugas (bila tidak ada IW). Mengambil segala keputusan yang dianggap perlu dalam hal yang ada kaitannya dengan pertandingan, sebagai wakil tertinggi dari PSSI atau Badan Futsal sesuai tingkat kewenangannya, berdasarkan ketentuan/peraturan yang berlaku.

5

7.

8. 9.

Menerima dan meneruskan Pengaduan dari Kapten Tim yang bertanding kepada Pengurus PSSI atau Badan Futsal menurut tingkat kewenangannya. Membuat Laporan Khusus. Membuat Laporan Harian, Laporan Pertandingan dan Laporan Pengawas Pertandingan dan mengirimkan kepada Pengurus PSSI atau Badan Futsal menurut tingkat kewenangannya.
6

III. TUGAS PENGAWAS PERTANDINGAN
1. Menjalankan tugas pemeriksaan dengan teliti sarana fasilitas pertandingan dan fasilitas pendukungnya, apakah memenuhi persyaratan atau tidak. Menjalankan tugas memimpin Pertemuan Teknik untuk memperoleh keseragaman pengertian mengenai halhal yang berhubungan dengan pertandingan, serta untuk menghasilkan keputusan mengikat dan ditaati kedua Tim atau semua Tim yang akan bertanding maupun semua pihak terkait dengan pertandingan.
7

2.

3.

Menjalankan tugas pengecekan DSP dengan teliti, agar semua pemain yang tercantum dalam DSP adalah sah, tidak ada yang terkena Kartu Merah ataupun skorsing. Menjalankan tugas pengawasan dengan seksama atas semua aspek persiapan maupun pelaksanaan pertandingan, agar semuanya dilaksanakan sesuai ketentuan/peraturan. Dan bila ada gejala mengarah keributan harus mengambil langkah pencegahan serta bila terjadi keributan harus segera ikut mengatasi.
8

4.

5.

6.

7.

Menjalankan tugas untuk memberi saran bilamana perlu dan menilai kepemimpinan Wasit (bila tidak ada IW). Menjalankan tugas melayani bila ada protes dari satu atau kedua Tim yang bertanding dan mencermati keabsahannya. Menjalankan tugas membuat Laporan Khusus bila ada pelanggaran disiplin dengan rinci dan mendetail, disertai bukti-bukti sebagai bahan lengkap apabila Komisi Disiplin/Panitia Disiplin yang akan sidangkan kasus tersebut.

9

8.

Menjalankan tugas menyusun Laporan Harian, Laporan Pertandingan dan Laporan Pengawas Pertandingan dengan lengkap, sesuai jumlah dokumen yang seharusnya di kirim kepada Pengurus PSSI atau Badan Futsal sesuai tingkat kewenangannya, tepat waktu yaitu keesokan harinya setelah pertandingan melalui jasa POS atau jasa KURIR, tanda penerimaan harus disimpan dengan baik.
10

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful