MEMBUAT KONEKSI MySQL DENGAN DELPHI7 Program yang disiapkan : 1. Delphi 7 2. MySQL 3. MySQL Connector Langkah-langkah : 1.

Memastikan bahwa program Delphi 7 terinstall dalam PC. 2. Menginstall MySQL. Dalam penginstalan MySQL ini dibagi menjadi 2 cara, yaitu : i. Untuk komputer Server dan klien : a. Setelah Cd instasi MySQL terbaca oleh komputer, Meng-klik Setup Applikasi untuk MySQL

b. Setelah masuk ke Setup, akan ada kofigurasi setup, klik Next >

c. Mengatur setup tipe

• • •

Typical, untuk default instalasi Complete, untuk menginstal semua fitur. Costum, memodifikasi instalasi. Klik costum

d. Setelah itu, akan muncul konfigurasi sebagai berikut:

• • •

Untuk komputer server, semua fitur diatas diinstall. Untuk komputer klien, hanya Client Programs yang diinstall. Keterangan install to: memberitahukan di partisi mana program ini akan diinstall. Jika ingin merubahgnya, klik pada button Change… dan user dapat menentukan tempat instalasi. Setelah di konfigurasi,klik next >

e. Muncul konfigurasi untuk memastikan bahwa data yang diisikan benar, jika sudah klik Install

f. Pada Proses penginstan, akan muncul konfigurasi MySQL Enterprise. klik Next. Sampai muncul konfigurasi Server, klik next sampai muncul tipe konfigurasi.

• •

Detail configuration,untuk komputer server Standart configuration, untuk komputert Klien

g. Untuk komputer server, setelah diklik pada Detail Configuration, akan muncul konfirmasi

• •

Server Machine, dinstal untuk komputert sever. Cedicated MySQL Server Machine, komputer hanya digunakan untuk menjadi server.

h. Setelah itu, akan muncul konfirmasi penggunaan database.

Klik pada Multifinctional Database.

i. Muncul konfirmasi penempatan InnoDB Tablespace, jika sudah fix klik Next > j. Muncul konfigurasi untuk jumlah komputer client, jika sudah klik next > k. Konfigurasi koneksi internet.klik next > l. Konfigurasi Karakter, pilih default, klik Next > m. Konfigurasi Windows Options, centang semua. Klik Next, n. Konfirmasi Keamanan,

Jika sudah diisi, klik next > o. Konfirmasi Execute, klik Execute. Instalasi selesai. p. Untuk komputer klien. Cara pengistalan sama. Tapi terdapat beberapa modifikasi. Yaitu : • Pada langkah d, hanya Client Programs yang diinstall. • Pada langkah f, yang dipilih adalah Standart Konfiguration. Maka proses akan langsung ke langkah n. jika sudah fix, klik execute. ii. Untuk personal komputer cara instalasi sama dengan komputer server. Tetapi terdapat beberapa modifikasi yaitu : • Pada langkah d, hanya MySQL Server yang diinstal. • Pada langkah g, harus Developer machine yang dipilih. • Selebihnya mengikuti langkah konfirmasi yang ada.

3. Menginstall MySQL Connector. Untuk dapat menghubungkan database dengan program yang dijalankan. Pada bab ini Delphi 7.

i. Pilih Applikasi MySQL Connector setup.

ii. Muncul konfigurasi setup.klik next iii. Muncul konfigurasi setup tipe. Setelah itu klik next > iv. Muncul konfigurasi untuk memastikan bahwa data yang diisikan benar, jika sudah klik Install

v. Muncul konfirmsi bahwa proses penginstalan sudah selesai. Klik finish.

4. Setelah semua telah teinstall, maka tugas user berikutnya adalah mengkoneksikan Delphi7 dengan MySQL Server. Dengan membuat User DSN.

Pertama-tama user harus membuat atau memiliki database pada MySQL terlebih dahulu. ii. Buka Control Panel dan Pilih Administratif Tool

i.

iii. Pilih Data Source (ODBC), maka akan keluar jendela konfirmasi seperti berikut.

iv. Klik Add.. , maka akan keluar list driver yang akan diset data sourcenya. Klik pada MySQL ODBC Driver, lalu klik finish.

v. Mengisi data source name dan database yang akan dipakai

Untuk klien-server, maka sever diisi nama Server yang dipaki. Untuk PC, maka server dan user diisi default (localhost dan root). • Jika pengisian sudah benar, maka pada saat kita menyorot combobox pada Database akan tersedia database yang telah dibuat pada MySQL. • Untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah benar klik test. Jika ada pesan eror maka mungkin ada kesalahan pengisian • Jika sudah benar klik Ok. vi. Maka pada ODBC Source Editor akan tercantum User DSN yang user buat. Klik Ok. vii. Maka database user sudah terkoneksi.

• •

5. Langkah selanjutnya adalah membuka Delphi7, 6. Pilih komponen ADO, lalu klik pada ADO Connection dan menaruhnya dalam form atau data module.

7. Pada panel properties user perlu mengeset property dibawah ini: i. connection string  build..  next  pada data source name dipilih user SND yang telah user buat  Ok.

ii. loginPrompt diset False iii. connected diset True (agar tidak perlu memasukkan pasword) 8. Setelah itu pilih komponen ADO Query atau ADOTable dan menaruhnya pada form atau data module.

9. Pada panel properties user perlu mengeset property dibawah ini: i. Connection  ADOConnection1.

ii. Jika user memilih ADOTable maka untuk memasukkan table di set pada Properti table name  nama data base yang akan dipakai user, yang telah dibuat di MySQL program sebelumnya

iii. Jika user memilih ADOQuery maka yang perlu di setadalah property SQL, dengan mengisikan SQL Query table yang diminta untuk ditampilkan.

iv. Active  true v. Klik 2 x pada ADOTable atau ADOQuery yang telah di set propertinya hingga keluar form kosong vi. Klik kanan pada form tersebut  add all fields  select all, lalu drag pada form utama. vii. Table pada database siap untuk dimodifikasi.

MEMBUAT KONEKSI MySQL DENGAN DELPHI7 Laporan Untuk Memenuhi Tugas Pemrograman Basis Data Dosen Pengampu : Igoon

Oleh :

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful