You are on page 1of 2

1. Seorang anak 6 tahun datang ke praktek dokter dengan keluhan stridor inspiratoar. Tindakan yang diperlukan adalah... a.

Injeksi kortikosteroid b. Pemberian antihistamin c. Pemberian adrenalin d. Pemberian antibiotik e. Pemberian dekongestan Jawaban : A Pembahasan : Keluhan pasien ngorok dan didapatkan stridor inspiratoar merupakan tanda penyempitan saluran napas atas. Penyebab utama pada anak adalah viral croup, corpal, abses retrofaringeal, difteri, dan trauma laring. Yang paling sering adalah viral croup. Croup ringan ditandai dengan demam, suara serak, batuk kasar, stridor ketika anak gelisah. Terapi : suportif. Croup berat ditandai stridor meskipun saat anak tenang, napas cepat, dan adanya retraksi dinding dada. Terapi : steroid injeksi (IM), pilhannya deksametason 0,6mg/kg.

Referensi : WHO, Hospital Care for Children 2005, hal 92-93 Soenarto, Dasar Diagnosis Fisik Paru, edisi 1, hal 11.

2. Seorang bayi yang mempunyai berat badan 10 kg dibawa ke praktek dokter dengan diare dehidrasi sedang, turgor kulit jelek, dan produksi urin berkurang. Bayi ini tidak syok. Defisit cairan pada bayi ini kira-kira... a. 1900-2000 ml b. 1400-1500 ml c. 700-1000 ml d. 400-500 ml e. 200-250 ml Jawaban : C Pembahasan : Pada dehidrasi sedang anak kehilangan 7-10% dari berat badan. Bila ada dehidrasi sedang, anak kehilangan air antara 70 – 100 ml per kgBB. Pada anak dengan BB 10 kg jumlah defisit cairan akibat diare sejumlah 10 kg x (70-100 ml/kg) = 700-1000 ml Referensi : Buku Ajar Diare, hal. 43, 79. 3. Seorang anak berusia 20 bulan mengalami muntaber 10 kali, turgor menurun, mulut kering, cekung, dan nadi meningkat. Keadaan plasma darah pasien kemungkinan mengalami... a. Penurunan viskositas plasma b. Peningkatan viskositas plasma c. Tidak ada perubahan viskositas

Penyebab penyakit ini. ADS c. Referensi : Buku Ajar Diare. a. Penisilin Jawaban : A Pembahasan : Tonsil yang membengkak. . Terapi untuk kondisi ini adalah. VZV b. maka jawabannya A yaitu virus varisela zoster karena HSV-1 predileksi di labial dan HSV-2 predileksi di genital Referensi : Freedberg et al. berselaput.. McGrawHill. dan berselaput mengarah pada tonsilitis difteri. Penurunan viskositas dan tekanan osmotik e. dan C. cekung. HPV e. hal 10.d. HSV-1 c. Fitzpatrick’s Dermatology in General Medicine. Referensi : FK UI. 2003. hal 181-182. ADS + vit C dosis tinggi d. Seorang anak perempuan 11 tahun memiliki kondisi tonsil T3 hiperemis.. ADS + penisilin b. Buku Ajar Ilmu Kesehatan THT. akan terjadi peningkatan viskositas dari plasma darah pasien.. CMV Jawaban : A Pembahasan : Infeksi virus memberi manifestasi di kulit berupa vesikel terdapat pada jawaban A< B. dan unilateral. Pada keadaan dehidrasi. Berdasarkan usia penderita dan predileksi munculnya lesi. nadi meningkat yang menunjukkan suatu kondisi dehidrasi. baik melalui berak maupun muntah. dimana cairan tubuh banyak keluar. Penisilin + vit C dosis tinggi e. 5. Seorang anak usia 7 tahun mengeluh adanya bintil-bintil berisi air dan gatal di seluruh muka. dan lengan sejak 3 hari yang lau. Pada pemeriksaan didapatkan vesikel isi cairan jernih didasari kulit eritem yang tersebar.. mulut kering. hiperemis. HSV-2 d. Terapinya adalah dengan ADS dan antibiotik penisilin atau eritromisin. Tidak terjadi perubahan viskositas dan tekanan osmotik Jawaban : B Pembahasan : Tanda-tanda pasien berupa turgor menurun. Badan. 12 4. a.