Ikan Koi

Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas. Lompat ke: pandu arah, cari Nishikigoi

Status pemuliharaan Dibelajinakkan Pengelasan saintifik Alam: Haiwan Filum: Chordata Kelas: Actinopterygii Order: Cypriniformes Keluarga: Cyprinidae Genus: Cyprinus Spesies: C. carpio Subspesies: C. c. haematopterus Nama trinomial Cyprinus carpio haematopterus[1] Koi (鯉? English /ˈkɔɪ/, Japanese: [koꜜi]) atau secara spesifiknya nishikigoi (錦鯉? [ni ikiꜜ o i], literasinya "kap berbroked"), adalah sejenis kelainan bela jinak kap biasa hiasan (Cyprinus carpio) yang dibela bagi tujuan kecantikan di luar rumah (kolam koi atau taman air.

Jenis ikan koi

sebuah Taman Jepun Tradisional dengan ikan koi

Koleksi ikan Koi persendirian. Terdapat banyak jenis ikan koi, tiga antaranya yang sangat terkenal disebut Gosanke. Yang termasuk Gosanke adalah : 1. Kohaku Kohaku merupakan jenis ikan koi yang mempunyai corak warna merah di atas warna putih. 2. Sanke Sanke adalah jenis ikan koi yang mempunyai corak warna merah dan hitam di atas warna putih. Corak hitam tidak terdapat di kepala. 3. Showa Showa adalah jenis ikan koi hitam dengan corak warna merah dan putih.

Jenis-Jenis Ikan Koi

Tancho
Tancho adalah sebutan untuk koi yang pada sekujur badannya tak terdapat warna merah, tetapi pada kepalanya terdapat warna merah. Pada katagori varietas sudah banyak disebutkan macamnya seperti Tancho-Kohaku, Ta ncho-Sanke, dan Tancho-Showa.

Kinginrin
Yang dimaksud dengan Kinginrin tidak lain adalah koi yang mempunyai tandatanda perak di badannya. Betagin untuk sebutan koi yang hanya sebagian besar badannya diselimuti warna keseluruhan. Tama-gin atau

perak ini, sedangkan yang badannya berwarna perak dinamakan Platinum Ginrin.

Kinginrin-Kohaku adalah Kohaku yang ada unsur warna peraknya. Jika perak ini terdapat pada warna putihnya dinamakan Ginrin, sedang yang tampak pada warna merah dinamakan Kinrin. Umumnya warna perak ini tampak pada punggung-nya. Kinginrin-Sanke adalah Sanke yang ada peraknya. Dulu warna perak yang tampak ini tidak di-| sukai, karena akan menyebabkan warna merah dan hitam menjadi pudar. Kini Ginrin-Sanke dengan warna merah dan hitam yang cerah malahan diter-nakkan. Kinginrin-Showa adalah Showa yang mem-punyai unsur warna perak, sedangkan Kinginrin-Bekko adalah Bekko yang mempunyai unsur warna I perak. Hikarimono-Kinginrin adalah Hikarimono yang mempunyai unsur warna perak yang relatif masih baru. Platinum-Ogon dan Yamabuki-Ogon yang ada unsur peraknya merupakan ikan yang benar-benar menawan.

Hariwake. diberikan untuk menyebut Hikarimono yang berhasil dikembangkan oleh pada tahun 1965. dan Iain-lain. Yang masih keluarga koi jerman dinamakan Kujaku-Doitsu.Hikarimoyo-mono Hikarimoyo-monp adalah keturunan Ogon dengan koi lain (kecuali Utsuri). Kujaku-Ogon adalah koi yang berhasil diter-nakkan oleh Toshio Hirasawa pada tahun 1960. yang merupakan keturunan dari Goshiki dan Ogon. Hyakunenzakura adalah Kikusui yang mempunyai hiasan punggungnya. pola emas dan Yamabukipola emas murni mempunyai warna yang polanya Hariwakejerman disebut sebutan untuk badannya seperti pada sisi sebutan untuk berkilauan pada keturunan Kohaku punggung yang Yamatoni-shiki dari Taisho-Sanke Seikichi Hoshino badan yang mirip Hikarimono dari Shusui dinamakan Kinsui yang mempunyai warna merah. dan yang keturunan koi Hariwake-Doitsu. Hariwake adalah koi yang mempunyai perak. Hariwake-Matsuba. dari perkawinan termasuk juga Hikarimoyo-mono Hariwake. Yang masuk dalam daftar adalah Hariwake. Hariwake-Doitsu. sedangkan seperti jarum cemara dinamakan Matsuba. Kikusui. tetapi Jika tidak ada merahnya bernama Ginsui. Koi ini mempunyai gumpalan platinum yang tampak indah sepanjang hari. Orange-Hariwake emas-oranye dan platinum. Koi ini mempunyai putih berkilauan seperti platinum. Koi emas dengan tanda-tanda hitam pada punggungnya disebut Tora-Ogon. dengan kepala jernih. Ogon . Yang terakhir adalah Tora-Ogon yang merupakan keturunan dari Ki-Bekko. Platinum-Kohaku (Kin-Fuji) adalah dan Ogon. Kikusui adalah Yamabuki-Hariwake-Doitsu yang platinum dan mempunyai hiasan cantik badannya. Sho-Chiku-Bai adalah sebutan untuk keturunan Ogon dengan Aigoromo yang mempunyai pola berbentuk kerucut berwarna biru. Hariwake adalah koi yang mempunyai dan platinum. YamabukiOrange-Hariwake.

Orange-Ogon adalah Orange-Hikarimono yang muncul per-tama kali pada tahun 1956. yang kemudian dipakainya sebagai induk. Ciri-ciri Ogon adalah sebagai berikut: . Kin-Matsuba yang mempunyai sisik seperti platinum dinamakan Gin-Matsuba. Kawarimono . . akhir-nya koi bersisik emas dihasilkannya. .Bentuknya bagus.Sisiknya dihiasi dengan warna keemasan. . Perkawinan antara Matsuba dengan Ogon menghasilkan Kin-Matsuba. koi ini mempunyai badan yang berkilauan seperti platinum. Nezu-Ogon adalah panggilan untuk koi yang berwarna perak. Kin-Matsuba mempunyai sisik timbul yang sangat terang. la memilih koi yang terbaik. Koi ini merupakan hasil perkawinan Kigoi dan Ogon yang dilakukan Masaoka pada tahun 1957. sedangkan Platinum-Ogon adalah sebutan untuk koi hasil ternakan Tadao Yoshioka (1963) yang merupakan peranakan dari Kigof dan Nezu-Ogon. serta koi berwarna kuning. Platinum-Doitsu adalah koi Jerman yang mempunyai sisik berkilauan seperti platinum. didapatnyalah koi berkepala emas. sedangkan Orange-Doitsu mempunyai badan ber-warna oranye. Dengan rnengawinkannya bersama betina Shiro-Fuji. Koi yang mempunyai sisik lebar pada daerah perut-nya. dan “berkepala perak. Sesuai namanya. dan setelah empat atau lima generasi kemudian. . Koi yang mempunyai kepala yang jernih dan sisiknya berkilauan dan warnanya merah disebut Hi-Ogon. termasuk jenis yang dicari. Ogon merupakan koi yang di-temukan oleh Sawati dan anak laki-lakinya pada tahun 1946. mereka menemukan koiyang garis punggungnya berwarna kuning. Mizuhi-Ogon adalah Orange-Ogon yang mempunyai sisik hitam berkilauan pada bagi-an punggungnya. Yamabuki-Ogon adalah sebutan untuk koi yang mempunyai badan berkilauan seperti emas murni.Ogon adalah koi yang mempunyai badan berwarna emas (golden). Pada awalnya.Kepalanya selalu berwarna keemasan cerah. meskipun suhunya naik.Warna koi yang bagus tidak berubah menjadi gelap.Sirip dadanya hams berkilauan.

Midorigoi (Green Koi). Karasugoi mempunyai badan yang lebih gelap dibandingkan Magoi (koi hitam). Pada kepalanya juga terdapat warna hitam ini. Kigoi adalah koi yang mempunyai badan berwarna kuning. Koromo-Showa (AiShowa) adalah peranakan dari Ai-goromo dan Showa- . Koi yang mempunyai sisik ungu berbentuk seperti dom-polan buah anggur diberi nama Budo-Sanshoku. Ki-Matsuba untuk yang kuning. Matsuba yang berwarna merah gelap disebut AkaMatsuba. Kigoi (Yellow Koi). dan umumnya berukuran besar. BudoSanshoku. Koromo Koromo diberikan bagi keturunan Asagi dengan Kohaku atau peranakan dari Asagi dengan salah satu Sanshoku. dan Matsuba. Chagoi (Brown Koi). Sisiknya yang berwarna merah mempunyai lingkaran tepi biru yang membuatnya tampak cantik. Macam-macam Koromo adalah Ai-goromo (BlueKoromo). Itu terjadi pada tahun 1965. Khusus koi yang masih keluarga karper Jerman. Koromo-Sanke. Ai-goromo adalah peranakan Asagi dengan Kohaku. Koromo-Showa (Ai-Showa). Tanda biru keluar pada bercak merah pada Taisho-Sanke. Sumi-goromo adalah koi yang warna hitamnya seperti yang tampak pada bercak hitam Kohaku. Kin-Matsuba dan Gin Matsuba merupakan sebutan untuk keturunan Matsuba dan Ogon.Yang termasuk dalam daftar Kawarimono ada-lah Karasugoi (Dark Koi). Ikan ini hasil ternakan Tadao Yoshioka yang mengawinkan jantan Shusui dan Yamabuki-Ogon. Koi ini benar-benar indah. Sumi-Goromo (Dark-Koro-mo). Beberapa Kigoi mempunyai mata berwarna merah. Matsubagoi adalah koi yang seluruh sisiknya berwarna cerah. tumbuhnya lebih cepat. Chagoi adalah koi yang berwarna cokelat. dan yang putih disebut Shiro-Matsuba. Midorigoi adalah nama yang diberikan untuk koi Jerman yang mempunyai sisik berwarna hijau kekuningan. Koromo-Sanke merupakan peranakan dari perkawinan Ai-goromo dan Taisho-Sanke.

Sanshoku. Tanda biru keluar dari bercak merah pada Showa-Sanshoku.

Shusui
Tahun 1910 Yoshigori Akiyama Asagi-Sanke dengan karper kaca dari menghasilkan Shusui. Shusui adalah besar-besar dan kulitnya lembut. berwarna biru gelap dan sangat cantik. pipi, perut, dan lipatan siripnya terbakar. Hana-Shusui adalah Shusui yang merah pada kulitnya yang biru di di punggung dan perut. Hi-Shusui yang warna merahnya cukup luas daerah punggung. Shusui yang dengan daerah punggung berwarna ungu diberi nama Ki-Shusui. Jika mendekati kehitaman dan tidak adaatau ungu, maka koi tersebut bernama Doitsu. Pearl Shusui diberikan untuk mempunyai sisik punggung yang mengawinkan Jerman, dan koi yang sisik-nya Punggungnya Ujung hi-dung, berwarna merah

mempunyai tanda antara garis sisik adalah Shusui hingga menutup berwarna kuning hijau gelap hingga punggungnya unsur warna hijau Ki-MatsubaShusui yang berwarna keperakan.

Asagi
Asagi adalah koi yang mempunyai badan berwarna biru atau biru cerah dengan pipi, perut, dan lipatan sirip berwarna merah. Sisik-sisiknya berwarna biru cerah dan membentuk susunan yang tidak bercacat. Walaupun Asagi cenderung mempunyai kepala yang ada nodanya, tapi sebenarnya yang bersih tak bernoda lebih disukai. Beberapa Asagi tidak punya warna merah pada perutnya. Warna merah ini konon akan menjalar ke punggung dan menutupi warna biru sejalan dengan umur Asagi. Asagi dengan bintik merah di kepalanya dina-makan Asagi-Menkaburi (Mask Covered). Lipatan sirip dada yang berwarna merah disebut sirip Shusui. Warna merahnya tidak akan tampak pada punggung. Kajo-Asagi (Dark blue Shusui) adalah Asagi yang warna badannya

segelap warna badan koi hi-tam. Narumi-Asagi adalah yang mempunyai pola Narumi, yang menjadi ciri khas dari Asagi. Mizu-Asagi adalah koi yang mempunyai warna paling cerah di antara Asagi. Asagi-Sanke adalah koi yang mempunyai warna punggung biru pucat. Kepala dan bagian atas perutnya terdapat tanda merah, dan bagian bawah perutnya putih susu. Inilah Asagi yang benar-benar cantik.

Bekko
Bekko masih keluarga Taisho-Sanke. Warna dasarnya merupakan perpaduan putih, merah, dan kuning. Sementara itu -warna hitam menjadi peng-hias di antara warna-warna tersebut. Macam-macam Bekko yang ada misalnya Shiro-Bekko, Aka-Bekko, Ki-Bekko, dan Bekko-Doitsu. Shiro Bekko adalah Taisho-Sanke yang tidak punya warna merah. Garis hitam menghiasi kulitnya yang putih. Koi ini disebut bagus Jika pada kepala-nya tidak terdapat warna hitam. Seandainya ada, warna hitam tersebut Jangan sampai merusak keseimbangan warna secara keseluruhan. Warna hitam yang lebar pada punggungnya sangat diharap-kan, sedang warna putih pada kepalanya tidak boleh kecokelatan. Pada sirip dada terdapat garisgaris yang cantik, tapi ada beberapa koi yang tidak mempunyainya. Aka-Bekko adalah koi yang mempunyai tanda hitam pada permukaan tubuhnya yang merah. Per-bedaannya yang mencolok dibandingkan dengan Aka-Sanke adalah AkaBekko tidak memiliki bagian yang berwarna putih asli, sedangkan Aka-Sanke mempunyainya. Aka-Sanke (Red tricolor) boleh di-katakan sebagai Bekko yang mempunyai warna merah, hitam, dan putih (yang biasanya terdapat pada perutnya). Aka-Bekko yang memiliki warna merah pekat sangat diharapkan, tapi umumnya sangat jarang. Ki-Bekko adalah koi kuning yang mempunyai tanda hitam, sedangkan Bekko-Doitsu adalah Bekko dari koi asal Jerman.

Utsurimono

Yang termasuk ke dalam Utsurimono adalah ShiroUtsuri, Ki-Utsuri, dan Hi-Utsuri. Masing-ma-sing jenis ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Shiro-Utsuri adalah koi yang mempunyai warna putih berbentuk kerucut pada badannya yang hitam. Pada lipatan sirip dadanya terdapat warna hitam. Shiro-Utsuri sering disebut juga sebagai Shiro-Utsushi. Shiro-Utsuri untuk pertama kalinya dihasilkan oleh Kazuo Minemura dari Mushigame di perkampungan Yamakoshi. Warna putih pada Shiro-Utsuri harus seperti salju, sedang warna hitamnya sebagai pendukung utama seperti halnya pada Showa-Sanke (Showa-Sanshoku). Ki-Utsuri adalah koi yang mempunyai bentuk kerucut berwarna kuning pada badannya yang hitam. Ki-Utsuri muncul pada awal sejarah koi. Ki-Utsuri sudah ditemukan sejak awal jaman Meiji. Hanya saja waktu itu namanya Kuro-Ki-Han (ber-tanda hitam dari kuning). Barulah pada tahun 1920 Eizaburo Hoshino memberinya nama Ki-Utsuri. Warna hitamnya harus pekat dan bentuk kerucutnya berwarna kuning dengan pangkal sirip dadanya bergaris-garis. Hi-Utsuri adalah koi yang warna kuningnya me-nyerupai warna merah. Warna hitamnya sangat kon-tras dengan warna merah. Koi ini umumnya sangat memikat banyak orang, karena warnanya mampu menyaingi Kohaku, Showa-Sanke, ataupun TaishoSanke. Badan Hi-Utsuri yang bagus tidak boleh ber-noda. Pada sirip dadanya terdapat garis-garis. Jenis-nya adalah Utsuri-Doitsu yaitu Utsurimono yang merupakan keluarga koi Jerman, Kage-Utsuri, Ginshiro, dan OgonUtsuri.

Showa-Sanke
Showa-Sanke atau Showa-Sanshoku adalah koi yang berwarna hitam dengan hiasan warna putih dan merah di badannya. Sepintas koi ini mirip dengan Taisho-Sanke. Bedanya terletak pada warna dasarnya. Taisho berdasar putih, sedangkan Showa berdasar hitam. Pada tahun 1927, Jukichi Hoshino mengawin-kan seekor Ki-Utsuri dengan Kohaku dan menghasil-kan ShowaSanke. Awalnya warna merah yang menghiasi tubuhnya

. Namun sejak pertengahan jaman Meiji. tidak cerah seperti sisik umumnya. . Bagi yang benar-benar profesional. yang ada baru koi dengan tiga warna yang se-cara penuh menghiasi sekujur badan koi. merata dan pekat. Taisho-Sanke termasuk varietas yang terkenal. Atas jasa Eizaburo Hoshino dari Takezawa. Pola dasarnya merah pada bagian kepalanya. dan garis lebar hitam pada bagian dadanya. bintik hitam ini pasti-lah akan menjadi perhatian dan kalau perlu di-tanyakan kepada pedagang. Showa-Sanke yang merupakan karper kaca Jerman men-dapat julukan Doitsu-Showa. karena dari bintik inilah dua ekor koi benar-benar menjadi ber-beda kualitasnya. Sirip dada hams berwarna hitam tanpa noda merah.Warna hitam (sumi) pada Taisho-Sanke hanya memenuhi punggungnya. punggung. sedangkan Taisho-Sanke tidak. Untuk membedakannya dibutuhkan keteliti-an. seperti hal-nya Kohaku. Taisho Sanke Taisho-Sanke adalah koi yang badannya berwarna putih dan-dihiasi dengan warna merah dan hitam. Boke-Showa adalah Showa-Sanke yang mempu-nyai sisik yang kabur dan terang. Warna merah di daerah kepala hams cukup be-sar. yaitu yang merupakan cross breeding antara Showa-Sanke dengan Ogon (gold). Tidak jelas sejak kapan koi dengan tiga warna ini muncul. yaitu : .Showa-Sanke mempunyai bintik hitam (sumi) di kepalanya. Tepinya hams tegas (jelas). kini telah dapat menikmati koi yang berbadan putih dengan hiasan warna hitam dan merah pada sekujur badannya. tetapi pada Showa-Sanke warna hitam terdapat pada lipatannya. . Showa-Sanke seringkali mirip dengan Taisho-Sanke.Sirip dada Taisho-Sanke berwarna putih atau bergaris-garis.masih bercampur dengan cokelat-kekuningan. Tancho-Showa merupakan predikat bagi Showa yang tidak mempunyai warna merah pada sekujur badannya dan hanya sedikit terdapat pada kepalanya. sedangkan pada Showa-Sanke warna hitam ini terdapat hingga perutnya. Nama Kin Showa diberikan bagi Showa yang mempunyai warna mengkilat. Jenis ini kemudian menjadi yang ter-baik. Pola warna hitam hams menyerupai bentuk petir atau gunung. Pada awal-nya. Tomiji Kobayashi berhasil mengawinkan Yagozaemon-Kohaku dan menghasilkan Showa-Sanke dengan warna merah yang murni. dan ekor. koi dengan tiga warna sudah ditemukan. dan banyaknya sekitar 20% dari seluruh permukaan tubuhnya. Putih hams seperti salju. Sebaliknya Jika warna putih lebih menonjol maka namanya ada-lah Kindai-Showa (Modern Showa). Hi-Showa adalah Showa yang warna merahnya lebih menonjol menyelimuti punggung-nya dengan hanya sedikit warna putih. Ada beberapa pegangan untuk membedakannya. Selanjutnya. terutama pada kepala.

Warna putih pada Kohaku menjadi pusat perhatian untuk menentukan kualitas Kohaku. koi berbibir merah (Kuchibeni). di-butuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan Kohaku. Untuk mencapai coraknya yang sekarang. Koi berwarna putih ini lantas dikawin-kan dengan Higoi. Kohaku sudah dikenal luas dan mulai dikembangkan secara khusus. Fuji-Sanke adalah Taisho-Sanke yang mempunyai gumpalan perak pada kepalanya. . Warna merah harus seragam dan pekat. Yang bertepi terang lebih penting. Warna putihnya harus bersih seperti warna salju. Pendek kata pada jaman Meiji. Taisho-Sanke di-sebut bagus Jika di kepalanya tidak terdapat warna hitam. tetapi kurang ang-gun. karena umumnya pertama kali orang akan memilih Kohaku. Koi ini memang sangat mengesankan. Koi yang punggungnya terdapat warna hitam lebar akan lebih bagus dan tampak sangat indah. Ini bisa dimaklumi sebab corak warna-nya langsung mengingatkan orang pada bendera ke-bangsaan Jepang. Dan tidaklah berlebihan bila Kohaku dianggap sebagai koi yang “pertama dan terakhir”. Aka-Sanke adalah Taisho-Sanke yang warna merahnya membentang dari kepala hingga ekor. Tancho-Sanke adalah koi yang mempunyai warna merah yang lebar pada kepalanya.Seperti Kohaku. tidak boleh putih kekuningan. dan Sarasa yang mempunyai punggung berwarna merah dan putih. putihnya Taisho-Sanke harus seputih salju. Era-Hi (berinsang merah). Dari seekor koi berwarna hitam lahirlah koi berpipi merah lewat suatu mutasi. dari “Hookazuki” ini lahirlah seekor koi berwarna putih. yang lantas ngetop dengan nama “Hookazuki” Pada tahun 1800. Haraka sendiri ber-arti berperut merah (Red belly). Sejak 1830 muncullah koi dengan sebagian kepala berwarna merah (Zukin-kaburi). lahirlah Haraka. Kohaku boleh dikatakan paling populer di antara varietas koi.lantas pada akhirnya kembali lagi pada Kohaku. Kemudian ber-turut-turut lahirlah Hoo-Aka (berpipi merah). Kohaku Kohaku adalah varietas koi yang mempunyai badan putih dengan bercak merah pada badannya. yaitu koi putih dengan bercak-bercak merah. Aka-Sanke dari karper kaca ini dikenal dengan Doitsu-Aka-Sanke. Doitsu-Sanke adalah Taisho-Sanke yang masih merupakan keluarga karper kaca dari Jerman. Yang paling ideal adalah sirip yang juga mempunyai tiga pola warna. lalu berpindah-pindah varietas. sedangkan Kasane-Sumi adalah koi yang pada warna hitamnya terdapat di atas bercak merah. Tsubo-Sumi adalah koi yang mempunyai badan putih dengan bercak hitam. atau putih kecokelatan. tapi pada badan-nya tak terdapat warna merah.

Diskusikan dulu dengan para ahli pembuat kolam. Membangun Kolam Koi Membangun Kolam Koi Bagi pecinta koi. Warna merah ini ada dua. Banyak ragam Kohaku. tak semua hobiis bisa membuat kolam sesuai kaidah baku. Bila kolam itu berada ditaman sebaiknya . Karena sebenarnya memelihara koi adalah bermain dengan air kolam. Faktanya. Menentukan Lokasi Kolam Langkah awal membuat kolam adalah menentukan lokasi. Jenis-jenisnya di antara-nya dibedakan berdasarkan banyaknya bercak merah pada punggungnya. ya dilakukan pembongkaran. Karena pekerjaan ini memerlukan keahlian khusus. Karenanya perlu langkah-langkah pembuatan kolam secara benar. Shiromuji adalah koi yang mempunyai badan berwarna putih biasa. yang dikehendaki adalah merah pekat tetapi cerah (terang). kebocoran bisa menimpa setiap saat. yaitu yang dasarnya ungu dan cokelat kekuningan. Doitsu-Kohaku Napoleon adalah Kohaku Jerman yang mempunyai warna merah seperti topi Napoleon. Ada yang dua. tiga atau empat. Kolam indoor atau outdoor? hal itu bakal berpengaruh terhadap sisitem filter yang dipilih. Bila mungkin membangun kolam dengan sistem filterisasi tercanggih. Namun kecantikannya akan hi-lang ketika umurnya dua tahun. tetapi tidak halus. Gotenzakura adalah Kohaku yang mempunyai bercak merah yang seim-bang pada sisi kiri dan kanan punggungnya. tetapi sulit didapatkan. Akumuji sering disebut sebagai Higoi. Fuji Kohaku adalah Kohaku yang mempunyai gum-palan berwarna perak pada kepalanya. Higoi dengan sirip putih akrab dipanggil sebagai Aka-Hajiro. kolam adalah bagian teramat penting. Higoi yang warnanya gelap disebut sebagai Benigoi atau Hiaka. Pilih bentuk kolam sesuai selera. Inazuma-Kohaku mempunyai warna merah menyerupai ben-tuk kilat di punggungnya. Solusinya. Kalau asal-asalan . Sedangkan yang terakhir lebih halus dan tidak mudah luntur. sedangkan keseluruhan badan Akamuji berwarna merah biasa. Tancho-Kohaku adalah koi yang keseluruhan badannya berwarna putih dengan bercak merah pada bagian kepalanya. tetapi ada juga yang hanya satu. Berikut ini langkah-langkahnya : 1. Yang pertama lebih pekat dan tidak mudah luntur. Mereka tam-pak sangat cantik.Sedangkan untuk warna merah.

Ada baiknya anda memasukkan terlebih dahulu koi kategori”biasa” bila dalam 2 minggu terlihat sehat. alkaliresistant. 4. dilanjutkan mengaci atau plesteran. dan keluarnya alkali dari semen. Volume air kolam sangat mempengaruhi kesehatan koi dimana biasanya seekor koi membutuhkan 4-5 ton air. Kedalaman Air Kolam Untuk ikan koi dengan ukuran lebih dari 40 cm. Ikan koi kurang dari 40cm. Secara garis besar. air pun menyembur. Penggalian dan Pengecoran Kolam Setelah menentukan lokasi dan gaya kolam. Kolam ukuran 2m x 4m paling banyak diisi 30 ekor ikan koi dengan ukuran 15-18cm. Pilih coating yang memiliki kemampuan sebagai bemper. sampai satu minggu supaya kolam tersebut stabil. Setelah itu baru diberikan efoxy untuk mencegah timbulnya alkali semen yang bisa bersifat racun bagi koi. 2.Halini erat kaitannya dengan jumlah dan ukuran ikan yang bakal anda pelihara. kolam terbagi dalam dua gaya. Sementara kolam semi formal biasanya berlekuk dan berada di taman. kolam perlu dikuras selama tiga hari berturut-turut. kolam baru bisa diisi koi setelah 1 bulan. Langkah itu dipercaya bisa menghindarkan kolam dari pelbagai masalah seperti keretakan. cukup dengan kedalaman 1 m. Selanjutnya taburkan obat pembunuh jamur dan kutu. Pengecoran dan pemasangan bata dilakukan pada saat kondisi air tanah kering.disesuaikan dengan gaya taman. bentuk kolam persegi sehingga terkesan kaku. silahkan masukkan koi-koi pilihan. tapi jangan langsung diisi ikan. Juga penting diperhatikan adalah daya tampung kolam. Pasalnya sistem kolam tersebut belum berjalan maksimal. umumnya mengusung gaya formal. Apalagi untuk kawasan dekat laut dan sumber air. . Karena perlu teknik khusus guna mencegah terjadinya rembesan pada kolam kelak. Selain itu disinyalir masih adanya alkali dari plesteran semen. Biaya pun jadi lebih mahal. Supaya koi kelak dapat hidup sehat. Sebaiknya plesteran ditambahkan pengeras seperti merguson. Tipe tanah berbeda. Selama 1-3 minggu pertama. bisa ditumbuhi lumut dan fleksibel.65m. Cirinya. 5. baru digali 1 m. selanjutnya dilakukan penggalian. Para pemain koi di indonesia. Lebih bagus lagi. Perhatikan pula kapasitas kolam. formal dan semiformal. Air kolam masih sering terlihat hijau. Dengan perlakuan seperti itu. 3. Menyetabilkan kolam Sekarang kolam selesai dibangun. mampu bernapas. Mengaci Kolam Setelah pengecoran. memerlukan kedalaman kolam minimal 1. Beberapa hobiis malah melapisi dinding kolam dengan sejenis coating. Setelah itu berikan garam ikan sebagai penetralisir air. sebaiknya kolam diberikan probiotik. Hindari penempatan ikan koi ukuran kecil dalam jumlah sedikit pada kolam besar. Karena hal itu akan menyebabkan mereka kesulitan menemukan pakan. rembes. ongkos pembuatan kolam pun bisa berbeda.

Koi tidak terkena sinar matahari warnanya bisa pudar. Perhatikan pula aerasi (Pembentukan gelembung udara di dalam kolam). Koi rajin bergerak. kalau dimakan bisa . Selain itu bisa mengundang berbagai penyakit. Yang punya fungsi serupa aerator adalah pancuran atau air terjun karena dengan adanya itu membuat koi lebih tenang. Bilik atau chamber pertama berfungsi mengendapkan kotoran padat dibagian bawah ruang penyaringan. Bakteri ini membantu proses penjernihan air. semisal ogon dan kujaku. 7. Di setiap kolam dipasang beberapa aerator sebagai pemasok oksigen dalam air. Juga bisa membuat warna dan pola ikan tambah kinclong. Bila mereka kurang sinar matahari. Sistem filterisasi harus dibuat seefektif mungkin untuk mencegah masuknya berbagai jenis penyakit setidaknya memiliki 3 bilik ( Chamber ). ototnya semakin besar dan otomatis tubuhnya pun ikut melar.6. Saluran itu untuk mengalirkan kotoran yang tenggelam. Prinsip itu berlaku pula dibilik kedua dan ketiga. Selain itu. Sistem filterisasi penting. Di kedua chamber terakhir masih dilengkapi dengan filter mat sebagai media tumbuh bakteri pengurai. Apalagi untuk jenis koi hikari alias sisik mengkilap. Saluran air bersih mengalirkan air bersih hasil penyaringan sistem filterisasi. Dalam sehari. Kadar oksigen tinggi membuat ikan cepat besar. Ketersediaan oksigen melimpah akan mempercepat proses penyerapan saripati pakan dalam usus. Sementara kotoran mengambang seperti lumut mati disedot oleh saluran air kotor di permukaan air ( Over Flow ). koi membutuhkan sinar matahari langsung minimal selama 3 jam. karena koi membutuhkan kadar oksigen tinggi dan mutu air yang prima. warna metalik sisiknya akan cepat memudar. aerator juga membuat air kolam berarus sehingga koi akan sering bergerak. Filterisasi dan Aerasi Kolam Kolam harus dilengkapi saluran air kotor dan saluran air bersih. Nah. semisal kotoran ikan dan kerikilkecil. Penyinaran Kolam Sinar matahari berperan penting dalam pencegahan penyakit dan pertumbuhan. Sinar matahari juga mendorong berkembangnya ganggang spirulina. Pipa saluran air kotor tertanam di dasar kolam (bottom drain).

Bentuk kepala. tidak ada gradasi atau bayangan warna merah.Jika dilihat dari atas. 3-3. ukuran sirip punggung dan sirip ekor harus proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh. tidak kekuningan atau tidak memiliki bercak warna lain. Bila perlu. Contohnya. seekor koi . garis punggungnya tampak lurus alias tidak melengkung. Terjadinya gradasi warna sering dijumpai pada koi lokal.Pilih warna yang cemerlang dan kontras. Gerakan yang seimbang dipengaruhi oleh posisi sirip. . Perhatikan perbandingan antara tinggi tubuh dan panjang tubuh. jika hidung tampak terbuka.Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih koi? + Ada tiga faktor utama yang perlu diperhatikan dalam memilih koi yang berkualitas prima. Tak heran kalau koi terlihat lebih sering di daerah kolam yang terkena sinar matahari. Contohnya. Sementara itu. Jangan pilih yang terlampau mancung atau terlampau masuk hingga tenggelam di dalam timbunan daging. kriteria koi yang berkualitas prima dibeberkan dalam penjelasan berikut ini.Sirip dada dan sirip perut harus sama besar. Sinar matahari juga berfungsi untuk menaikkan suhu yang terlampau dingin. a. Sementara itu warna putihnya harus seputih salju.Pilih koi dengan gaya berenang yang tenang dan seimbang. Idealnya. . Pilih juga yang bentuk tubuhnya bulat memanjang dan tidak terlampau gemuk. b. mulut. Bentuk Tubuh . di kalangan hobiis koi dikatakan memiliki jitai yang baik. Karena sebenarnya mereka suka dengan air hangat. Demikian juga pola warnanya. yang simetris berpasangan. Celakanya.Pilih koi dengan bentuk tubuh ideal. Koi yang bergaris tubuh seimbang. mata. .Pertemuan antara warna merah dan putih harus berbatas tajam. Yang penting tidak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan. Warna dan Pola .mendongkrak warna koi. warna merah pada kohaku harus benar-benar cemerlang dan tampak cerah. kalau sinar matahari terlalu banyakkolam pun ditumbuhi lumut. . harus memiliki batas yang jelas. kemungkinan besar koi tersebut pernah mengalami sakit pada insang. perbandingan tersebut adalah 1: 2. Untuk lebih jelasnya. . tanyakan pada praktisi atau hobiis yang telah lama bergelut dengan koi. Perhatikan juga bentuk hidungnya. Memilih Ikan Koi . dan insang harus proporsional atau serasi.

secara generatif induk koi akan menghasilkan keturunan yang bervariasi.Apa yang dimaksud dengan gradasi dan mutasi warna pada koi? + Gradasi atau perubahan pola warna pada koi adalah hasil kerja keras bangsa Jepang selama ratusan tahun dalam melakukan penyilangan (cross breeding).Hindari koi yang selalu menyendiri atau menjauhi teman-temannya. Pertimbangannya didasari pada beberapa alasan berikut ini. .Insang yang bergerak cepat menandakan ikan sedang mengalami kesulitan bernapas.Hindari memilih koi yang tampak lesu. sekitar 10 cm.Walaupun warnanya cerah dan memenuhi persyaratan sebagai koi yang berkualitas. para penangkar hanya . Perilaku tersebut bisa dianggap sebagai naluri koi agar tidak menularkan penyakit kepada teman-temannya. gerakan renangnya lamban dan tidak seimbang. Koi semacam itu hanya disebut kohaku. Kesehatan . atau ke punggung. . Bagi yang serius untuk membudidayakan koi. Sementara itu. c. Di samping itu tidak membutuhkan tempat yang terlampau luas. atau banyak berdiam di dasar kolam. .Harganya lebih murah dibandingkan dengan koi dewasa sehingga seandainya terjadi kegagalan dalam perawatan tidak akan terlalu rugi. tetapi bisa digunakan koi afkir asalkan memenuhi persyaratan budi daya. Sebab. hidung. Awalnya. kalaupun bisa disembuhkan. sirip tersebut tidak jatuh terkulai.tidak layak disebut sebagai tancho kohaku jika hiasan berupa bulatan merah di kepalanya melebar ke mata. keturunan yang dihasilkan oleh induk koi bisa mengalami gradasi dan mutasi warna. dan ukurannya ideal. ada kemungkinan koi akan mengalami cacat fisik atau pertumbuhannya tidak sempurna. induk yang akan digunakan harus memiliki pola dan warna dasar yang sempurna. tubuhnya sehat. .Pilih koi yang bersirip tegak. Koi untuk indukan tidak harus baru. . Sementara itu. kerugian membeli koi muda adalah adanya kemungkinan perubahan pada pola warnanya. Dengan demikian. . bahkan bisa berbeda sama sekali dengan induknya. seekor koi baru diakui sebagai jenis ogon jika tidak ada warna lain setitik pun pada warna platinum metaliknya. Artinya. Sebaiknya koi tersebut tidak dipilih karena kondisinya tidak sehat. . . Bagaimana cara memilih koi yang berkualitas. sebaiknya tidak mengambil risiko dengan membeli koi yang mengalami berbagai gejala seperti di atas.Perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan koi dewasa. baik untuk hobiis pemula maupun untuk budi daya? + Hobiis pemula disarankan untuk memilih koi yang berukuran kecil. Sebab.Peluang berubahnya sifat koi menjadi jinak cukup besar.

mirip gulungan benang obras.Belilah koi di tempat yang bisa dipercaya atau pada breeder dan pedagang yang bonafit. karena pada tempat seperti itu. akibat mutasi gen. .Benarkah bentuk garis luar tubuh atau jitai juga berpengaruh pada kualitas koi? + Garis luar tubuh dikenal dengan sebutan frame. bukan pola warna. Koi yang berkualitas prima memiliki pola jitai standar.memelihara koi yang berwarna tunggal.Sirip pektoral berbentuk bulat dan berukuran besar.Garis tulang belakang lurus. dan kelopak mata koi Jenis kohaku berpindah ke bagian kepala dan bagian belakang tubuh. atau ukurannya. . biasanya terjadi setelah persilangan F5. . . Karena itu. Mutasi warna terjadi akibat terjadinya perubahan sel kromosom yang berfungsi sebagai pembawa sifat keturunan pada koi (termasuk pigmen warna di dalam sel). para breeder berusaha terus untuk mengawinkan sesama induk F1 sampai diperoleh keturunan yang karakternya bersifat tetap.Faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli koi? + Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam membeli koi dapat diuraikan sebagai berikut. seperti warna. kriteria pertama yang dinilai oleh juri adalah jitai. dari dua warna hingga lima warna. warna asli koi . Koi itu sendiri tidak memiliki pola warna dan ukuran yang bisa dibentuk melalul cara pembuahan (genetik). Jika dilihat dari sampmig. Konon. Padahal kohaku adalah keturunan dari asagi yang berciri bercak hitam di bagian perut dan pipi. magoi. Jarang yang memperhatikan garis luar tubuh atau jitai.Pilihlah pedagang yang tempat usahanya terbuka. Lewat upaya penyilangan yang terus-menerus. pada taisho sanke dengan pola sumi pada bagian kepala serta Shiro utsuri dengan pola hi-nya (garis punggung) yang merupakan faktor pembawaan. Pada jenis kohaku. pola jitai terdapat jelas pada tobi-hi-nya (pola warna). Bentuk jitai yang paling ideal terdapat pada jenis cagoi. Koi asagi memiliki bercak hitam di perut dan pipi. bercak merah di bagian perut. pipi. Bentuk tubuhnya ramping atau berbentuk gelondong. dan asagi. pada era Meiji (1868-1911). unsur penilaian biasanya hanya berdasarkan pada kriteria standar. Dalam proses penjurian yang lama. . Hasil persilangan pertama (F1) belum bisa diperkenalkan kepada umum. Sebab. kualitas koi dianggap rendah. dari koi warna tunggal ini akhirnya lahir berbagai variasi warna. Keserasian bentuk garis luar tubuh dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut. Selain lewat penyilangan. bentuk tubuh. dan sisik. sisik. Dianggap sebagil cikal bakal kohaku Menghasilkan koi strain baru bukanlah pekerjaan mudah. jlka bentuk sirippektoral persegi dan berukuran kecil. Di ajang kontes koi. tidak berbentuk kurva atau lurus. munculnya pola warna pada koi juga disebabkan oleh terjadinya mutasi gen. tetapi di Jepang lebih populer dengan istilah jitai. biasanya belum memiliki karakter warna yang tetap sehingga keturunannya bisa saja memiliki warna yang berbeda dengan induknya. garis badan tampak melengkung. Perubahan ini akan menghasilkan sifat baru pada keturunan koi yang nantinya diteruskan pada generasi-generasi berikutnya. . Koi hasil persilangan itu baru diperkenalkan kepada umum setelah memiliki karakter tetap. Padahal garis luar tubuh inilah yang memberi ketegasan pada bentuk tubuh koi sehingga bentuk tubuhnya tampak proporsional dan keseimbangan pola warnanya menjadi lebih jelas.

jika membeli koi dari tenaga kerja asing (khususnya Jepang). . . Biasanya. pakailah sistem borongan.Pilih koi yang pola warnanya simetris. . Buktinya. . . sedangkan koi impor bentuk tubuhnya lebih bulat tetapi tidak tampak gemuk. warna koi jenis ogon yang hitam metalik akan tampil lebih prima. nama koi tersebut diberi tambahan lokal. . Bagaimana cara mengenal dan membedakan antara koi lokal dan koi impor? + Untuk memperoleh koi lokal yang bermutu prima. Koi lokal tersebut sebenarnya adalah hasil persilangan antara koi impor dan ikan mas (karper). kesehatan koi lebih terjamin jika kondisi airnya bersih. atau Sukabumi. melainkan harus rajin “berburu” ke berbagai sentra penjualan ikan hias Secara garis besar. Artinya warna putihnya harus benar-benar putih. Karena itu.Belilah pada penangkar yang memellhara koinya dalam air bersih dan bersirkulasi lancar. . .akan tampak jelas. Koi dengan strain berkualitas tidak bisa diperoleh dari satu tempat saja.Hati-hati dengan efek yang ditimbulkan sinar lampu karena dapat mengubah keaslian warna koi. Sebab.warna putih pada koi impor tidak pudar atau tidak kekuningan. Alasannya. tenaga kerja asing yang masa kontrak kerjanya sudah habis dan harus pulang ke negerinya akan menjual koikoinya secara borongan. Karena dilahirkan di dalam negeri. koiimpor lebih gampang ditangkap dibandingkan dengan koi lokal. Blitar.Sifat koi lokal lebih liar dibandingkan dengan koi impor. Pada musim panas.Belilah koi saat musim panas karena warna koi bisa teruji. Cara Memilih dan Merawat Ikan Koi Posted by Harjuna Comsky S K 0 comments .Warna koi lokal kurang cemerlang dibandingkan dengan koi impor. . pilihlah koi pada Siang hari. antara warna tubuh bagian kiri dan warna tubuh bagian kanan. cara membedakan koi lokal dengan koi impor sebagai berikut. Cianjur.Bentuk tubuh koi lokal agak pipih. disarankan mendatangi sentra perdagangan koi lokal di Tulungagung. Misalnya. tidak tercemar warna lain walau setitik pun.Koi yang baik memiliki warna-warna yang cerah dan murni. pada musim panas pertumbuhan koi sedang pesat sehingga jika terjadi perubahan warna akan tampak jelas.Warna koi impor lebih murni dibandingkan dengan koi lokal. .

Lihat saja gambar berikut: koi doitsu showa. yaitu jenis koi yang memiliki corak warna merah dan putih dengan warna dasar hitam. ikan ini namanya ikan koi. mempunyai warna yang sangat khas.ya. berdasarkan fisiknya koi jenis ini Koi dengan sisik hanya dibagian punggung sisinya. biasanya terdiri dari warna merah dan putih yang di dominasi merah terang. Tetapi banyak juga warna yang lainnya. .KOI .

koi ini jarang ditemukan di setiap penjualan bisa dibilang sangat langka. . adalah koi metalik atau silver yang berwarna tunggal. koi kingirin. yaitu koi jenis yg memiliki warna perak dan warna hitam berselimutkan warna emas dibadannya.koi hikari.

dan insang harus proporsional atau serasi. bagaimana cara kamu merawatnya saja. Koi yang bergaris tubuh seimbang. . Apakah ikan ini tidak cepat mati? Yap. ukuran sirip punggung dan sirip ekor harus proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh. Bentuk Tubuh Pilih koi dengan bentuk tubuh ideal. kemungkinan besar koi tersebut pernah mengalami sakit pada insang. yaitu jenis ikan koi yang memiliki corak berwarna merah dengan warna putih sebagai dasarnya. Gerakan yang seimbang dipengaruhi oleh posisi sirip. Sementara itu. 3-3. koi sanke. mulut. perbandingan tersebut adalah 1: 2. mata. Jika dilihat dan atas.koi kohaku. Bentuk kepala. Perhatikan juga bentuk hidungnya. tapi semua tergantung sama kamu. Perhatikan perbandingan antara tmggi tubuh dan panjang tubuh. yang simetris berpasangan. jika hidung tampak terbuka. Pilih juga yang bentuk tubuhnya bulatmemanjang dan tidak terlampau gemuk. Sirip dada dan sirip perut harus sama besar. Pilih koi dengan gaya berenang yang tenang dan seimbang. garis punggungnya tampak lurus alias tidak melengkung. Idealnya. Tapi bagaimana cara memilih ikan yang baik? Berikut tipsnya: 1. di kalangan hobiis koi dikatakan memiliki jitai yang baik. yaitu koi yang bercorak warna hitam diatas warna putih atau warna dasarnya putih. Ikan ini banyak diminati oleh penggemar ikan hias karena harga yang ekonomis tetapi mempunyai sisik yang sangat cantik dan beragam. Jangan pilih yang terlampau mancung atau terlampau masuk hingga tenggelam di dalam timbunan daging.

karena ikan koi harus berada dilingkungan yang airnya selalu bersih. Hal ini merupakan hal utama untuk diperhatikan. Hindari koi yang selalu menyendiri atau menjauhi teman-temannya. Tetapi kesalahan fatal manusia adalah cara merawatnya yang terlalu menyepelekan. Bagaimana cara merawat Ikan Koi dengan benar? Berikut beberapa cara merawat Ikan dengan benar setelah bagaimana memilih ikan yang terbaik. . sebaiknya tidak mengambil risiko dengan membeli koi yang mengalami berbagai gejala seperti di atas. Sebab. Jika sirkulasi air ini terganggu. 1. Artinya. gerakan renangnya lamban dan tidak seimbang. seperti stres atau warna yang semakin pudar yang kurang sesuai harapan kita. Insang yang bergerak cepat menandakan ikan sedang mengalami kesulitan bernapas. Contohnya. tidak kekuningan atau tidak memiliki bercak warna lain. Menjaga ikan atau hewan piaraan lainnya memang gampang-gampang susah. Sebaiknya koi tersebut tidak dipilih karena kondisinya tidak sehat. Contohnya. seekor koi tidak layak disebut sebagai tancho kohaku jika hiasan berupa bulatan merah di kepalanya melebar ke mata. hidung. tak terkecuali Ikan Koi ini. Demikian juga pola warnanya. perhatikan sirkulasi air. Warna dan Pola asdasd Pilih warna yang cemerlang dan kontras. sehingga berujung kematian pada hewan piaraan / ternak. atau banyak berdiam di dasar kolam. Walaupun warnanya cerah dan memenuhi persyaratan sebagai koi yang berkualitas. harus memiliki batas yang jelas. Kesehatan Hindari memilih koi yang tampak lesu. tidak ada gradasi atau bayangan warna merah. ada kemungkinan koi akan mengalami cacat fisik atau pertumbuhannya tidak sempurna. 3. atau ke punggung. Koi semacam itu hanya disebut kohaku. Terjadinya gradasi warna sering dijumpai pada koi lokal. warna merah pada kohaku harus benar-benar cemerlang dan tampak cerah. kalaupun bisa disembuhkan.2. Sementara itu warna putihnya harus seputih salju. Pilih koi yang bersirip tegak. seekor koi baru diakui sebagai jenis ogon jika tidak ada warna lain setitik pun pada warna platinum metaliknya. Pertama. sirip tersebut tidak jatuh terkulai. maka akan berdampak pada kesehatan ikan koi itu sendiri. Pertemuan antara warna merah dan putih harus berbatas tajam. Perilaku tersebut bisa dianggap sebagai naluri koi agar tidak menularkan penyakit kepada temantemannya. Sementara itu.

sehingga tekanan air yang dihasilkan tidak terlalu deras yang bisa menyebabkan ikan koi tidak besa bergerak bebas. Ketiga. Keempat. ornamen kolam.2. Digunakan untuk menyaring semua kotoran yang ada agar tidak masuk ke dalam kolam. Karena dengan adanya kotoran di dalam kolam selain mengganggu pemandangan juga dikhawatirkan membawa dampat penyakit. ASAL USUL IKAN KOI Ikan Koi termasuk salah satu jenis ikan Mas hiasan. seperti tergesek. 3. 4. pompa air. Keindahan koi terlihat pada sisiknya. Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang sangat bernilai dan sudah tersebar luas di Malaysia . Pilihlah pompa air yang memiliki supply air tidak terlalu besar. Kedua. sehingga ornamen kolam harus dibuat dengan model yang tidak menimbulkan resiko kerusakan pada sisik. filter air.

di bawa ke Jepang dan kemudian Cina dan Korea. terdiri dari unsur warna dasar biru bercak-bercak merah. Ikan ini dinamakan Ditsu nishikigoi. hitam. . kemudian muncul koi dua warna. Munculnya ikan koi berwarna-warni adalah hasil pembenihan dan penyilangan spesis ratusan tahun dahulu. Dan berikutnya. yakni Kohako (putih merah). putih). Dari satu warna. Kemudian. menghasilkan koi sebagian bersisik dan sebagian tidak. Perkembangan ikan koi sangat pesat sejak sekitar 160 tahun lalu. muncul berikutnya koi tiga warna. ikan ini konon berasal dari Persia. Shiro bekko dan Shiro utsuri (hitam putih).Koi sendiri berasal dari bahasa Cina. yakni Taisho sanke dan Showa sanshoku (merah. hitam. Asal mula ikan Koi Menurut catatan Kompas. melahirnya koi multi warna seperti Goshiki. dan putih. biru tua. Lalu. hasil persilangan dengan ikan karper Jerman yang dinamakan karper tak bersisik (Kagami goi) sekitar tahun 1904.

... diperkirakan lebih dari 18 jenis utama ikan koi wujud. Ni contoh ikan koi yang selalu aku beli.00 sekor .Sampai saat ini. aku selalu beli yang harga RM 5 ringgit sahaja.harga RM 5.hahha..

Bagi menaikkan seri kolam. Elakkan meletakkannya bersama ikan lain terutama ikan kecil seperti gapi dan ikan emas kerana ia menghilangkan seri kolam dan kemungkinan ikan lebih kecil menjadi makanan ikan koi. Jumlah ikan haruslah disesuaikan dengan keluasan kolam. plastik . lebih baik hadkan jumlah ikan mengikut saiz dan kedalaman air. Keladi bunting. perlu dipastikan kedalamannya lebih daripada 36 sm. Bagi menjamin keselesaan dan kolam koi anda nampak eksklusif. Pelbagai bahan yang digunakan untuk penapis kolam iaitu besi tahan karat.Kolam Ikan Koi/Kap Apabila kita memperkatakan mengenai Zen. Seorang pakar ‘koi Pond” Loong Chek Jen dari SerenityScape berkata. Kebiasaannya kedalaman terbaik untuk memelihara ikan koi ialah sekurang-kurangnya 36 sentimeter (sm) atau lebih. batu tiruan. batu pasir. kulit tiram. terkini dan mudah diselenggarakan. teratai dan melati masih menjadi pilihan ramai untuk menghiasi dalam kolam. anda disarankan supaya tidak membuang semua air ketika membersihkan kolam dan tinggalkan sekurang-kurangnya 40 peratus. granit dan batu marmar. Pagi adalah waktu terbaik untuk anda membersihkan kolam kerana kandungan klorin ketika itu kurang berbanding sebelah malam . Bersihkan segera air pada bahagian bawah kolam yang sudah kotor dan busuk kerana ia boleh dikesan apabila ikan peliharaan anda sering kelihatan muncul di permukaan air. Kolam ikan koi atau ‘Koi Pond’ sebenarnya tidaklah sukar untuk diselenggara jika anda tahu cara menjaganya dan pembinaannya mengikut spesifikasi yang ditetapkan atau anda mendapatkan nasihat pakar. bila membersihkan kolam. Kedalaman air yang sesuai untuk ikan koi adalah satu liter air untuk satu tan ikan per satu meter persegi kolam. Koi Pond yang mudah diselenggara adalah yang berkualiti tinggi yang mana 30 peratus daripada keseluruhan kolam dilengkapi penapis atau ‘filter’ untuk menapis air serta memastikan kolam bersih selain ikan koi sihat. namun ‘koi Pond’ tanpa tumbuhan dalam air sudah mencukupi kerana ikan koi berwarna warni dan menarik. bio-ring dan ‘crush coral’. kemboja dan busida. Aksesori kolam pula seperti fiber. Kolam yang terdedah dengan cahaya matahari terik. pastinya terlintas ikan koi atau kap yang menghiasi kolam kecil di laman. ‘Japanese Mat’. biasanya pokok renek dan rumpai air akan ditanam berhampiran kolam manakala mereka yang suka konsep Zen tentunya memilih pepohon bonsai. Ramai yang memilih fiber dan batu pasir kerana harganya lebih murah.

Ia juga menjadikan landskap nampak lebih ‘hidup’. Kaedah berkenaan dapat membantu mengurangkan kesan bahan pencuci yang dikhuatiri membunuh hidupan air. Panduan Lengkap Memelihara Ikan Koi . Tidak perlu risau dengan keadaan lumut yang kian menghijau kerana ia tumbuh secara semula jadi seiring kematangan tumbuhan air lain. Penapis air juga perlu dicuci seminggu sekali untuk memastikan ia sentiasa berada dalam keadaan bersih.Tip: Kolam ikan koi      Gunakan penapis air yang mudah dicuci dan elakkan daripada menggunakan bahan mudah mendap najis atau makanan ikan. Untuk kolam baru. Ini penting untuk memastikan kotoran dan basuhan terakhir binaan kolam tidak tertinggal dalam kolam Gunakan bahan pencuci dengan kadar pekatan sederhana jika anda mahu mencuci kolam. anda perlu bersihkan dulu dengan air sebelum anda memasukkan ikan atau tumbuhan air.

Banyak pecinta koi pemula harus stress karena koi yang dibeli dengan harga mahal mati setelah dimasukkan ke dalam kolam.Memelihara Koi merupakan hobi yang sangat menyenangkan. alih-alih ingin mencari hiburan dengan melihat keindahan koi berenang di kolam tetapi malah pusing melihat ikan koi mengapung di kolam dan terusterusan mati. berikut ada beberapa tips dalam memelihara Koi bagi pemula. Terlepas dari itu semua bagi pecinta koi pemula tentu banyak hal yang harus dipahami dan dipertimbangkan sebelum memulai memelihara ikan Koi. mungkin ini yang disebut dengan hoki dalam memelihara koi. Yang jelas beberapa pecinta koi memiliki pengalaman memelihara koi dengan penuh ketekunan dan kesabaran. Koi berukuran jumbo yang berenang-renang di sekitar rumah menjadi hiburan tersendiri melepas kepenatan sehari bekerja. Jangan cemas. Akan tetapi sebagian orang tidak terlalu peduli dengan hal tersebut. karena hobi tanpa disadari menghasilkan koi dengan kualitas unggul dan menang dalam berbagai kontes akhirnya koinya di hargai dengan harga mahal. karena keindahan ikan koi mampu menyejukkan pandangan dan menenteramkan pikiran. meski tidak menjamin 100% keberhasilan dalam memelihara Koi tetapi paling tidak meminimalkan resiko kematian. Tips Memelihara Koi . Sebagian masyarakat Jepang berkeyakinan bahwa memelihara koi dapat mendatangkan hoki bagi pemiliknya.

Persiapan Kolam Koi Yang Baik Kualitas air kolam koi merupakan penentu keberhasilan dalam memelihara Koi. ahli koi mengatakan bahwa memelihara koi adalah menjaga kualitas air kolam yang baik. Banyak makanan koi tersedia di pasaran dari yang berharga murah sampai mahal. Setelah direndam buang air dan isi dengan air bersih. jika diperlukan lebih . sesuaikan ukuran kolam dengan jumlah ikan yang dipelihara. jangan sampai ada perubahan suhu dan kondisi air yang sangat mencolok. Jangan sampai koi berharga 20 ribu diberi pakan seharga 150ribu per/kg. 2. 4. Memilih Koi Yang sehat Banyak Jenis dan kualitas Koi tersedia di pasaran dan Koi Farm. Menjaga Kualitas air kolam dalam kondisi bersih Kualitas air hendaknya dijaga selalu stabil dalam kondisi bersih. Makanan Koi yang baik biasanya mahal karena sebagian diimport dari Jepang.berapapun makanan yang diberikan koi akan tetap makan tetapi segera dikeluarkan menjadi kotoran. dari yang berharga murah sampai berharga mahal. Kolam padat membuat koi tidak tumbuh optimal dan mudah terserang penyakit. Kolam koi harus terbebas dari zat-zat kimia. Sebagian pecinta koi menyarankan lebih baik memelihara koi dengan kualitas baik 3 ekor daripada memelihara koi jelek dengan jumlah 100 ekor. 5. yang penting Ikan Koi dalam Kondisi Sehat. Memberikan makanan secara berlebihan membuat kolam cepat keruh.Selain dengan sistem filter kolam yang baik. dan jangan buru-buru memasukkan koi ke dalam kolam. Menjaga Kualitas air kolam dilakukan dengan membuat sistem filter yang baik. Hilangkan terlebih dahulu dengan merendam dengan air sampai beberapa hari. biasanya kolam Koi baru yang terbuat dari semen masih menyisakan bau yang berbahaya. 3. perlu penggantian air sebanyak 10% maksimum 1 minggu sekali.1. Jumlah makanan yag diberikan jangan berlebihan dan pilih makanan yang berkualitas baik. Jumlah Koi jangan terlalu padat di dalam Kolam. hanya akan membuat kantong kering tapi pertumbuhan koi tidak sebanding dengan dana. Pilih yang sesuai kondisi keuangan dan selera. Selain makanan bermutu baik juga disesuaikan dengan kualitas koi.

kualitas 6.jika demikian tambahkan aerator. Jika menambah ikan baru hendaknya dikarantina terlebih dahulu. Tips Dasar Membuat Kolam Koi . 8. 7. perhatikan apakah Koi selalu mengambang di pemukaan air sampil membuka mulutnya.sering dari itu. Setelah pasti tidak membawa penyakit baru dimasukkan ke dalam kolam. perilaku ini akan lebih nampak di waktu subuh. Kekurangan Oksigen juga menjadi penyebab kematian ikan koi. ikan sakit biasanya menunjukkan perilaku yang tidak biasa. pastikan tidak membawa penyakit. segera dikarantina dan diobati.Faktor penentu warna koi antara lain koi/bloodline (70%). Perhatikan perilaku ikan setiap saat. air (20%). Memelihara koi bagi pemula sebaiknya dilakukan dari ukuran kecil kurang lebih 10-20 cm agar dapat belajar mengamati perkembangan koi dari waktu kewaktu. dan faktor lainnya (10%). Pada ukuran tersebut biasanya sudah cukup mudah untuk dipelihara dan harga masih cukup murah. Selamat Memelihara Koi.

Akan tetapi prinsip dasar Kolam Koi yang bisa dipegang adalah Mudah perawatan dan yang lebih penting dapat menjaga kesehatan dan Kualitas Koi. sebenarnya sah-sah saja anggapan ini. Beberapa penggemar Koi ada yang tidak terlalu menghiraukan aspek kedua ini tetapi ada sebagian yang terlalu menekankan aspek keindahan tetapi melupakan syarat yang cukup kolam bagi Koi. Untuk dapat Membuat Kolam Koi yang optimal ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yang pertama adalah Sumber Oksigen yang cukup dan . Selain itu seiring dengan pertumbuhan Ikan Koi dalam kolam akan menghasilkan kotoran dan Kandungan Amonia yang meningkat dalam kolam. Kolam koi yang representatif meliputi syarat yang cukup bagi kehidupan Koi dan keindahan jika dipandang. Solusinya adalah Membuat Kolam Koi dengan kedalaman yang cukup tetapi air selalu bersih dan jernih sehingga meski Kolam Koi cukup dalam tetap dapat melihat Koi meski berada di dasar kolam sekalipun. sehingga Koi Mudah dilihat. mereka Membuat Kolam Koi yang dangkal antara 30 cm sampai 50 cm saja. Koi merupakan Ikan yang akan nampak indah jika dilihat dari bagian punggung bukan dari bagian samping. Membuat Kolam Koi yang representatif memang memerlukan biaya yang tidak sedikit yang terkadang berbenturan dengan biaya yang tersedia karena itu dalam Membuat Kolam Koi harus menyesuaikan dengan kondisi. Bila Koi Jumbo dipelihara pada Kolam Dangkal lambat laun akan membuat tubuh Koi menjadi bengkok sehingga mengurangi keindahan. Lebih baik kolam dengan ukuran kecil tetapi kualitasnya baik daripada kolam yang besar tetapi kualitas airnya buruk. akan tetapi Kolam yang dangkal akan membuat Koi tidak bisa tumbuh dalam ukuran jumbo. Sebagian orang beranggapan bahwa agar dapat menikmati keindahan Koi. Kualitas air dalam kolam Koi merupakan faktor penentu kesuksesan memelihara Koi. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kehidupan Ikan Koi. Ukuran Kolam yang kecil dan dangkal tidak bisa mendukung pertumbuhan koi mencapai ukuran Jumbo. Keindahan dan kesehatan Koi sangat dipengaruhi oleh kondisi air dalam kolam koi. Selain itu dalam Membuat Kolam Koi yang harus dipertimbangkan adalah berapa jumlah Koi yang akan dipelihara dan berapa ukuran Koi yang akan dicapai. maka memelihara Koi dalam aquarium tidak akan dapat menikmati keindahan koi secara maksimal.Hal pertama yang perlu diperhatikan bagi penggenar Koi pemula adalah Membuat Kolam Koi yang representatif bagi kelangsungan hidup dan kesehatan Koi.

Dengan kedalaman ini . ukuran ikan yang akan dipelihara. Pikirkan baikbaik bila akan membangun kolam koi dengan ukuran besar karena dalam operasional akan memerlukan daya pompa yang besar dan biaya perawatan yang lebih besar pula. 3. Kolam Koi seperti akuarium kurang memberikan pemandangan yang bagus bagi keindahan koi. Karena itu filter merupakan equipment wajib dalam Membuat Kolam Koi. 2. Karena Keindahan Koi adalah pada bagian punggungnya. Hindari Membuat Kolam Koi dibawah pohon karena daun-daun bisa mengotori kolam dan hindari di tempat-tempat yang tidak aman dari hama dan orang tidak bertanggung jawab. Sesuaikan pula dengan jumlah ikan. Sistem filter juga memegan peranan yang penting untuk menjaga kualitas air dalam kolam. Beberapa Hal penting yang menjadi catatan sebelum Membuat Kolam Koi 1.sistem Filter yang baik. dengan cara menggali tanah.agar dapat menikmati keindahannya dan diberi makan paling tidak dua kali dalam sehari. idealnya kolam Koi memiliki kedalaman 2 meter atau kalau tidak memungkinkan sekitar 1 meter. Ikan Koi memerlukan Oksigen untuk bernafas dan cukup rentan dengan kondisi kolam yang mimim oksigen. Sistem Filter Kolam Koi Yang baik 4.Sebagaimana hewan lain. Karena itu perlu supali oksigen yang cukup dalam kolam koi. Lokasi Kolam Koi Lebih baik Lokasi Kolam Koi adalah di dekat rumah. 6. Sumber Oksigen bagi Kolam Koi 5. misalnya dibuat dengan air terjun atau dilakukan penambahan aerator pada kolam koi. Sistem Filter dalam Kolam Koi tidak cukup hanya menghasilkan air yang bersih dan jernih saja seperti halnya kolam renang dengan menambahkan Chlorine misalnya. Oksigen bisa dihasilkan dari pergerakan air kolam koi. Kedalaman Kolam Koi. Membuat Kolam Koi lebih baik di Bawah tanah. lahan yang tersedia jangan dialokasikan semua untuk kolam koi tetapi sisakan 30% untuk ruang filter. Maka sistem filter biologis menjadi pilihan dalam kolam koi. Bagi Koi Chlorine merupakan zat yang cukup berbahaya bagi kelangsungan hidupnya. Ukuran Kolam Koi. Sistem filter dalam Kolam Koi juga harus menjamin kolam Koi bebas dari bahanbahan kimia berbahaya.

penguapan air akan mengurangi jumlah air dalam kolam. buat bagian paling tengah (Botom Drain) lebih dalam dan bagian tepi ke arah tengah miring 20 sampai 40 derajat.suhu pada kolam koi antara siang dan malam tidak mengalami perbedaan yang mencolok. persiapkan pipa pralon untuk menambahkan air dengan mudah dari sumur atau PAM.untuk menghindarkan dari area mati. 7. Air terjun. Perubahan suhu yang mencolok kuran baik bagi Koi. 8. sistem filter. 11. Kolam yang dalam cenderung membuat pertumbuhan Koi lebih cepat dan membuat koi aman dan nyaman. 12. Bottom Drain. Sudut Dan dasar Kolam Upayakan bagian pertemuan antar sisi kolam melengkung dan hindarkan sudut 90 derajat. Bagian Dasar Kolam jangan dibuat rata. misalnya karena hujan. lubang pembuangan pada bagian dasar kolam untuk membersihkan kolam. Overflow. . Koi harus selalu beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Jangan menaruh material dan benda Tajam pada Kolam Koi. Siapkan lubang pembuangan untuk mengantisipasi jika air meluap. Bagian kolam yang mati akan membuat bakteri dan gangang tumbuh dan berkembang di tempat tersebut. 9. 10. semen yang tidak halus pengaciannya. misalnya batuan sebagai hiasan. Bentuk Kolam Pada dasarnya bentuk kolam adalah bebas sesuai selera. pastikan air selalu mengalir dari waterfall ke setiap penjuru kolam. Pipa Pralon Untuk menambahkan Air. Kotoran ikan dan sisa-sisa makanan akan mengendap pada bagian dasar kolam dengan model miring akan membuat kotora terkumpul dan mudah dibersihkan. yang perlu menjadi catatan bentuk kolam jangan sampai ada bagian yang mati (Death Area). Gerakan Koi terkadang sangt atraktif material ini bisa melukai dan membahayakan koi.

5 sampai 8.0 sampai 8.5 . Nitrit adalah level kedua hasil oksidasi ammonia. Ammonia. 3. Nilai PH air kolam koi. level ammonia yang terlalu jenuh jelas akan merugikan bagi kelangsungan hidup koi. Konsidi ideal bagi kelangsungan hidup ikan koi adalah pada lingkungan kolam yang memiliki PH antara 7. Ada beberapa parameter penting yang wajib untuk diperiksa secara periodik dan kontinyu. Gunakan Ammonia tester kit yang banyak tersedia di pasaran. Beberapa parameter air yang perlu diperiksa antara lain: 1. Karena itu hal yang penting dilakukan adalah terus menerus memeriksa kualitas dan kondisi air kolam koi. Nitrit masih cukup berbahaya bagi ikan koi sehingga nilainya harus dibawah ambang batas maksimum. Pastikan hasil pemeriksaan ammonia dibawah ambang batas yang diperkenankan.3 meski ikan koi juga bisa bertahan pada air kolam yang memiliki nilai PH 7.Yang Perlu Diperiksa Pada Air Kolam Koi Tidak perlu diragukan lagi bahwa kualitas air kolam memegang peranan yang sangat penting dalam memelihara ikan koi. Sebaliknya jika air kolam buruk ( meski nampak bening) ikan koi akan tidak sehat bahkan mati. Bahkan ada semacam pameo bahwa memelihara Ikan koi pada hakikatnya adalah bagaimana kemampuan menjaga dan mengelola kualitas air kolam. 2. Periksa Nitrit (bukan Nitrat). Jika kualitas air kolam baik maka ikan koi sehat dan tumbuh dengan menawan.

semakin tinggi nilai dari keduanya berarti ada masalah dengan filter. Jadi pastikan air kolam koi berada pada kondisi ideal. Bisa juga karena kolam over populasi atau over feeding yang menjadikan ammonia booming. . Salah satu seni memelihara koi adalah menjaga kualitas air pada kolam dalam kondisi ideal dan optimal.Kadar Ammonia dan nitrit berkaitan dengan performa filter kolam koi.

General Hardness GH merupakan ukuran yang dipergunakan untuk mengukur jumlah mineral terlarut di dalam air misalnya Kalsium dan Magnesium. TDS meliputi KH. GH. Pertumbuhan ikan koi di Jepang dapat ditingkatkan pada kondisi air Soft dan murni. Para peternak koi Jepang selalu mengupayakan nilai GH yang rendah dengan nilai sekitar 50 ppm (2. GH. Hardwater mengacu pada tingkat material terlarut yang ada pada air kolam. Ada baiknya jika kita belajar memelihara Koi dari Industri koi di Jepang. sisa makanan dan berbagai kandungan zat kimia dalam air. Salah satu parameter penting yang menjadi perhatian adalah kualitas air. Paramater itu antara lain Water Hardness dan Level TDS (Total Dissolved Solid) air. . 108ppm. TDS. Para Peternak Koi di Jepang memang telah lama belajar dari pengalaman memelihara ikan koi secara berkesinambungan. Carbonate Hardness memiliki kaitan dengan PH air kolam koi. Memang faktanya breeder epang telah secara konsisten mampu menghasilkan koi berkualitas bagus dengan pertumbuhan yang cukup pesat. Beberapa nilai TDS di beberapa lokasi antara lain: Wakabayashi Takumi Takigawa 65 76 105 to to to 78ppm.9 dH). Sedangkan nilai PH berada pada level 6.8 dan 7. kotoran ikan . GH tidak ada hubungannya dengan PH secara langsung.4. 85ppm. Nilai KH yang ideal berada pada level 2 sampai 6 dH. Sedangkan Softwater mengacu pada rendahnya material yang terlarut dalam air. KH. Total Disolved Solids TDS mengacu pada Jumlah material yang terlarut di dalam air.Mengoptimalkan Pertumbuhan Koi Dari Air Berbicara megenai pertumbuhan ikan koi pecinta koi masih merujuk pada breder dan industri Koi dari negeri Jepang. Carbonate Hardness Tingkat PH air juga turut mendukung pertumbuhan ikan koi. Tingkat TDS ini diukur dalam satuan ppm (part per million) atau dalam dh (German Degrees Of Hardness).

Taksonomi koi adalah sebagai berikut: Philum : Chordata Kelas : Actinopterygii Ordo : Cyprinoformes Famili : Cyprinidae Genus : Cyprinus . Goromo.Imai 35 to Momotaro 75 to 85ppm. Koi dengan keindahan warna dan tingkah laku seperti yang kita ketahui saat ini. Inoue 35 to 48ppm. Hirarinuji dan Kawarigoi. Cara Berternak Ikan Koi Ikan Koi termasuk ke dalam golongan ikan carp (karper). 48ppm. Kawarimono. Ikan koi pertama kali dikenal pada dinasti Chin tahun 265 dan 316 Masehi. Pada akhirnya agar pertumbuhan ikan koi bisa maksimal maka nilai TDS pada air harus pada kondisi yang cukup rendah. Pemuliaan Cara Berternak Ikan Koi yang dilakukan bertahun-tahun menghasilkan garis keturunan yang menjadi standar penilaian koi. sistem filter dan lain-lain. Utsurinomo. mulai dikembangkan di Jepang 200 tahun yang lalu di pegunungan Niigata oleh petani Yamakoshi. Ogon dan Hikari-moyomono. Sedangkan 5 golongan utama yaitu Kohaku. Ada beberapa faktor lain yang ikut berpengaruh dalam ukuran TDS antara lain frekuensi pemberian makan. Sanke. Beberapa varietas yang tersebar ke seluruh dunia digolongkan Asosiasi Koi Jepang (en Nippon Airinkai) menjadi 13 kelompok antara lain: Bekko. Asagi-Shusui. Harga Koi sangat ditentukan berdasarkan bentuk badan dan kualitas tampilan warna. Namun demikian secara genetik koi-koi yang dipelihara di Jepang berasal dari indukan yang berkualitas baik pula. Showa. Di semua lokasi tersebut menunjukkan pertumbuhan ikan koi yang cukup baik.

tetapi memakan ikan yang lebih kecil.1 Kualitas Air Air merupakan media hidup dan mempengaruhi kualitas tampilan ikan koi sehingga perlu mendapat perhatian. biasanya akan tumbuh menjadi ikan dengan tubuh besar. Cara Berternak Ikan Koi 1. Maka inilah guna dari sungut yang ada pada mulut ikan. Air yang digunakan untuk pemijahan dan penetasan telur sebaiknya memiliki kandungan oksigen dan suhu yang stabil. Pemilihan lokasi & konstruksi wadah Ikan koi secara alami hidup di air deras sehingga membutuhkan air jernih dan berkadar oksigen tinggi. keseimbangan dan kejernihan warna terbaik. tepung daun. Koi berukuran kecil dapat ditempatkan di akuarium. tepung ikan. tepung gandum. pH 7. Pemeliharaan ikan koi yang terbaik adalah di kolam sehingga mudah mendapatkan makanan alami dan sinar matahari untuk merangsang pewarnaan tubuh.2. Untuk menjamin tersedianya oksigen dapat digunakan aerator. dll) dan bahan hewani (seperti. Air yang digunakan harus terdeklorinisasi atau sudah disaring dan diendapkan 24 jam. CO2 max 10 ppm. Pakan buatan untuk pembesaran koi dapat diberikan dalam bentuk butiran (pellet). walaupun ini tidak dapat menjadi habitat permanen. Cara Berternak Ikan Koi 2. Sumber protein utama adalah formulasi kombinasi antara bahan nabati (misalnya tepung kedelai. Koi terbaik adalah yang memiliki intensitas. Meski demikian ia biasa makan apa saja yang bisa dimakan. Pakan Koi adalah bottom feeder (pemakan di dasar) dan omnivora (pemakan segala). Bentuk yang paling baik adalah seperti “torpedo”. Membeli koi kecil sebaiknya dipilih yang memiliki kepala terbesar. Koi suka menggali dasar kolam sehingga menyebabkan akar tanaman rusak. atau berburu cacing di dasar sungai.kekerangan dll) serta multivitamin dan mineral seperti . nitrit max 0.2-7.2.4 (agak basa). tepung jagung. bentuk serta keseimbangan pola dan intensitas warna kulit. koi akan belajar untuk tidak mengganggu ikan yang berukuran sama. seperti pucuk daun. oksigen minimal 3-5 ppm. Kualitas air untuk mendukung perkembangan koi secara optimum adalah sebagai berikut: suhu air berkisar 24-26oC. Bila dipelihara dalam kelompok.Spesies: Carpio Nilai koi tergantung dari ukuran. Teknik Budidaya 2. tepung cumi. Kolam sebagian dinaungai karena sinar matahari yang terlalu banyak menyebabkan suhu air kolam meningkat dan air kolam menjadi keruh akibat blooming fitoplankton. 2. tepung kepala udang. sedangkan suhu pada bak pemijahan diusahakan sama dengan suhu air kolam dengan tingkat perbedaan (fluktuasi) kurang dari 5oC.

sedangkan ganggang. Zn. tidak terlalu ribut. Cara Berternak Ikan Koi 2. Mg. Zat-zat tersebut terkandung pada tubuh hewan dan tumbuhan tertentu seperti wortel mengandung zat karotin. yaitu kolam untuk menumbuhkan pakan alami yang dipakai untuk lmensuplai pakan benih jika kuning telurnya telah habis. rutin (kuning) dan astasantin (merah). Fe. Untuk kolam sempit dapat menggunakan kolam seluas 3-6 m2 dengan kedalaman 0. sehingga banyak upaya telah dilakukan dengan menggunakan bahan pakan yang mengandung zat pigmen seperti karotin (warna jingga). Co sebagai pelengkap pakan.5-2 m. terlindung dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan lain. Bagi yang memiliki uang cukup. ditemukanlan bahan – bahan aktif yang dapat ditambahkan untuk membuat warna koi lebih cemerlang. Dengan lapisan vinil. Kebanyakan pembudidaya memilih untuk membeli koi berkualitas baik untuk calon induk dengan ukuran 5-8 cm yang harganya murah untuk dibesarkan . Koi yang dipelihara di kolam Lumpur ternyata memiliki kualitas warna yang lebih cemerlang dibandingkan dengan yang dipelihara di kolam tembok. Banyak makanan sumber karoten ini sudah dalam bentuk extract sehingga mudah dicampurkan dengan pellet atau roti. Kolam pemijahan harus mempunyai pintu pemasukan dan pintu pengeluaran air tersendiri.Selain itu. chlorella. Satu kolam lagi jika ada. spirulina. paprika. sediakan juga kolam penetasan telur dan perawatan benih. Luas kolam antara 6-10 m2. Kolam penetasan. Kalau kolam bulat. Jika mungkin. Maka kalau anda ingin menambah warna ikan lebih cemerlang beri makan “krill”. kolam-kolam tersebut lebih terjamin kebersihannya dan efek dari semen bisa dihilangkan.3. Para pembudidaya saat ini tidak perlu lagi menyiapkan pakan sendiri karena sudah tersedia di pasaran pakan koi yang sudah di formulasi sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan zat untuk pembentukan warna ikan koi. bentuknya bisa persegi panjang atau bulat.5 m. Ganggang yang dimakan koi mengandung banyak zat karoten. diameternya antara 1. semuanya dapat anda campurkan dalam makanannya. cacing tubifex cocok diberikan pada benih koi (hingga bobot 50 g/ekor) karena lebih mudah dicerna oleh benih sesuai dengan kondisi sistem pencernaan. daphnia. seluruh kolam harus diplester dan bisa dikeringkan dengan sempurna. Lokasi kolam cukup mendapatkan sinar matahari. cabai hijau mengandung rutin. udang mengandung astasantin. kepiting. dinding kolam bisa dilapis vinil yaitu bahan yang biasa untuk membuat bak fiberglass. dan daun marigold. Kedalaman kolam sekitar 30 cm. cukup memadai. Pembenihan Kolam pemijahan tidak mungkin menjadi satu dengan kolam taman. dengan frekuensi pemberian 2-3 kali per-hari hal ini juga disesuaikan dengan kondisi ikan dan media air pemeliharaannya. Induk yang baik adalah yang memiliki pola warna bervariasi yang cerah simetris dengan bentuk tubuh seperti terpedo dengan berat badan minimal 1 kg. Jumlah pakan diberikan berdasarkan jumlah ikan (bobot biomassa) dalam kolam dengan kisaran kebutuhan 3-5 % per-hari. kubis. Pakan alami atau pakan hidup misalnya cacing darah. cacing tanah. selain itu koi juga dapat memakan phitoplankton dalam kolam. Luas kolam pemijahan bervariasi. Kualitas pakan sangat menentukan tampilan warna sebagai daya tarik ikan koi sendiri.Ca. Ternyata ikan loi tersebut banyak menyantap ganggang yang memang tumbuh di Lumpur. Menurut pengalaman dan penelitian bertahun – tahun.

nama dagang ovaprim) dengan dosis 0. Selama penetasan. Secara alami.4. Menjelang kuning telur habis. Pendederan terbagi atas 2 tahap yaitu pendederan I selama 2 bulan pemeliharaan hingga larva mencapai ukuran fingerling (2-3 cm). atau sekitar 0. Sintasan selama 9 hari adalah 50-80%. Penjarangan bertujuan untuk memberi ruang gerak yang cukup bagi ikan koi. kepadatan telur adalah 1 kg per 5 liter air.2 mg/kg bobot ikan untuk satu kali penyuntikan.25 atau sekitar Rp. Sistem pemijahan tanpa pengurutan/stripping ini disebut pemijahan semi alami yang lebih aman karena tanpa melukai ikan. Ikan yang seberat 10 mg dapat dijual seharga US$ 0. Larva yang baru menetas belum memerlukan pakan selama 34 hari. dengan memindahkan induk dari wadah pemijahan atau sebaliknya telur yang diangkat dan dipindahkan kedalam wadah penetasan. Induk jantan dan betina ditempatkan dalam wadah terpisah (untuk menghindari bertelur yang tidak diinginkan) dan tidak diberi pakan selama beberapa hari.menjadi induk. yang afkir mencapai 25-50%. Induk betina dalam sekali pemijahan dapat menghasilkan 75. Larva yang berbobot 0. carp memijah pada musim semi dan menjadi matang gonad dengan menaikkan suhu air. Pada tahap ini larva ditebar pada kepadatan 20-40 larva/liter.000 ekor fingerling berkualitas baik (22–33 %). Kualitas ikan koi (pola dan warna) bergantung dari tetuanya. Pendederan Telur yang sudah dibuahi akan menetas setelah 24-48 jam tergantung suhu.5-2 kg per hari. Dari hasil seleksi ukuran fingerling. Seleksi bertujuan untuk mendapatkan ikan Koi berkualitas baik. Koi dapat memijah secara alami dan buatan yaitu dengan rangsangan hormon yang disuntikkan pada tubuh induk betina untuk mempercepat proses pembuahan. . 2. Ovulasi akan terjadi 10 jam setelah penyuntikan. Biasanya telur yang dikelurkan oleh induk betina menempel pada substrat (injuk) yang segera dibuahi oleh sperma jantan. Pendederan II dilakukan dalam kolam yang diolah untuk menumbuhkan pakan alami dan dilakukan seleksi dan penjarangan (mengurangi kepadatan). Cara Berternak Ikan Koi 2.000 telur/kg berat badan. Dalam 5 hari sesudahnya 1 juta larva memerlukan 7 kg artemia. perlu diberikan pakan alami berupa naupli artemia atau pakan alami lainnya yang seukuran.-. Bila ikan sulit melakukan pemijahan alami sehingga perlu bantuan proses pembuahan buatan. karena masih mempunyai kantong kuning telur. Untuk menghasilkan 1 juta fingerling memerlukan sekitar 25kg telur artemia. maka dilakukan pengurutan telur dan sperma (stripping) yang merupakan pilihan terakhir. Setelah telur dibuahi sebaiknya dipisahkan dari induk. Perbandingan jumlah induk dalam proses pemijahan adalah 2 betina dan 1 jantan. Kemudian secara bertahap dapat diberikan pakan buatan berupa butiran kering(pellet).500. Sedangkan untuk mencapai ukuran 5-8 cm diperlukan waktu 4 bulan. Dari 1 juta telur dapat dihasilkan 225. Waktu yang diperlukan dari telur hingga mencapai ukuran fingerling (2 gram) adalah 6-8 minggu dengan nilai sintasan (SR) 55%.25 g diberikan pakan buatan (butiran) kering dan dapat didederkan ke kolam hingga ukuran fingerling (2 gram).000-338. Penyuntikan Pituitary Gland (PG.

Dalam penampungan akhir ini. Biasanya ikan yang tumbuh lambat mempunyai warna yang lebih baik daripada ikan yang tumbuh cepat karena pigmen bisa diubah dan digunakan untuk pertumbuhan tubuh. ikan koi dapat menyimpan dan menggunakan pigmen. kesesuaian jenis koi dan kejelasan warna. Ikan pada wadah gelap cenderung berwarna gelap. Pewarnaan Kualitas koi ditentukan oleh pola warna. 2. ikan dapat diperbaiki bentuknya. Selain itu keindahan . Tempat pemeliharaan koi Tempatkan koi dikolam semen. Koi muda yang berwarna pucat apabila diberikan pakan berpigmen selama 6 minggu sebelum dipasarkan akan berwarna menarik. Pemeliharan koi dalam aquarium tdk dianjurkan karena ikan koi membutuhkan area berenang yg luas dan dalam. Pigmen dapat muncul dengan adanya karotenoid dalam pakan. dengan memisah-misahkan jenis. Pemeliharaan berikutnya diusahakan tidak terlalu padat. Genotip menentukan jumlah dan jenis sel pigmen serta kromatofora. Seumur hidupnya. Intensitas warna tergantung dari jumlah pigmen dalam kromatofora. Warna dapat berubah bila ikan mengalami tekanan (stres). akan lebih baik jika dalam bak dilengkapi aerator sehingga kesegaran air terjamin dan dengan pemberian pakan yang baik dapat meningkatkan kualitas warna tubuh ikan Koi Cara memelihara koi yang baik 1.6. ukuran dan pola warna tubuhnya. begitu pula sebaliknya. jika terlalu gemuk dibuat langsing atau yang terlalu kurus dibuat lebih gemuk.Cara Berternak Ikan Koi 2. Pra Panen Koi tumbuh sekitar 2 cm per bulan dan pada usia 60 tahun dapat mencapai panjang hingga 1 m. Koi yang terpilih dibesarkan di dalam bak atau kolam semen sambil menunggu harga pasar yang baik. dan kolam tanah.5. Dari hasil seleksi ini. Bila ikan Koi telah mencapai ukuran pasar yaitu 20 cm dapat dipanen dan dilakukan seleksi akhir. Kromatofora menghasilkan warna juga dipengaruhi otak ikan. Pola warna yang simetris dengan batasan jelas antar warna menunjukkan kualitas yang baik.

koi terletak pada punggungnya yang kaya warna. tapi yang perlu dilakukan adalah membersihkan filter dan bak filter. Filter empat lapis adalah filter yang terdiri dari filter pertama yakni kerikil. Untuk menjaga sirkulasi air bisa dipasang pompa yang mampu menyalurkan air sebanyak 25 liter permenit. juga sebagai media perantara untuk mengobati ikan koi yang sakit. Tujuannya untuk membuang zat-zat racun dari sisa-sisa makanan yang terurai menjadi nitrit yang berbahaya bagi kesehatan ikan koi.5. Caranya. Pemberian pakan Selain berfungsi untuk membantu pembentukan tubuh ideal dan mencemerlangkan Warna pada ikan koi. 2. Yang penting pakan tersebut mengandung gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan ikan koi. bau tak sedap. Dengan cara ini air kolam tak perlu sering dibersihkan. dengan tinggi minimal 30cm dari bibir kolam untuk mencegah koi melompat kelur. 3. pagi dan sore agar kebutuhan gizi ikan koi terpenuhi. Filter ketiga berupa pestisida yang tak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam.5m. Pakan sebaiknya diberikan dua kali sehari. Menjaga kualitas air Filter empat lapis juga perlu dipasang untuk menjaga kebersihan dan kelancaran pasokan air. dan membunuh bibit penyakit. Filter kedua berupa karbon zeolit yang berfungsi menghilangkan racun. pasir. sehingga bila dipelihara dalam aquarium keindahan warna koi tidak tidak terlihat secara maksimal. tubuh koi akan sering terkena sinar ultraviolet yg dihasilkan oleh sinar matahari yang dpt membuat warnah memudar dan pertumbuhan koi bisa terhambat.2x2m dengan kedalaman 1m – 1. Jenis pakan yang diberikan bisa berupa pakan alami atau pakan-pakan buatan. Jenis pakan yang digunakan untuk memacu pertumbuhan ikan koi agar tubuhnya ideal . Sedangkan filter keempat berupa tanaman atau bebatuan yang dapat mengikat kotoran. Jika kolam terlalu dangkal. Derajat keasaman air yang cocok untuk pertumbuhan koi adalah 6. dan ijuk yang berfungsi menyaring sampah dan lumpur yang mengotori kolam. semprot filter dengan air bersih sekitar 5-10 menit lamanya. Kolam ikan koi dianjurkan berukuran minimal luas 1. Bila menggunakan penyaring sebaiknya penggantian air dilakukan dua minggu sekali.5-8.

dan cacing darah. kutu air. pakan untuk mencemerlangkan dan mempertajam warna koi adalah pakan yang mengandung zat karoten. Sedangkan pakan dari hewan bisa diberikan bisa kepiting. Pertimbangannya didasari pada beberapa alasan berikut ini. sekitar 10 cm.B12. dan chlorella. Pilih koi yang pola warnanya simetris. antara warna tubuh bagian kiri dan warna tubuh bagian kanan. Zat tersebut dapat merangsang munculnya warna pada ikan koi. Di samping itu tidak membutuhkan tempat yang terlampau luas. Pakan yang mengandung zat karoten di antaranya wortel. tidak tercemar warna lain walau setitik pun. . krill. Secara alami di dalam tubuh ikan koi terdapat zat karoten berupa antaxanthin yang menghasilkan warna merah. Pakan terbuat dari bahan yang mengandung protein tinggi seperti gandum. dan antioksidan. Alasannya. Perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan koi dewasa. Kandungan proteinnya sekitar 32%.B6. Belilah koi saat musim panas karena warna koi bisa teruji. jentik nyamuk. cacing rambut. dan bungkil kacang kedelai. udang-udangan. Artinya warna putihnya harus benar-benar putih. Cara memilih koi yang baik Hobiis pemula disarankan untuk memilih koi yang berukuran kecil. Selain itu wheat germ juga mengandung vitamin A.D.K. kubis dan cabai hijau. trace mineral.B2.E. dan lutein yang menciptakan warna kuning kehijauan. panthetonate.dengan bentuk tubuh gemuk dan memanjang adalah wheat germ. alga atau ganggang spirullina. niasin. semangka. pada musim panas pertumbuhan koi sedang pesat sehingga jika terjadi perubahan warna akan tampak jelas. trout. sawi. Sementara. tepung ikan. Harganya lebih murah dibandingkan dengan koi dewasa sehingga seandainya terjadi kegagalan dalam perawatan tidak akan terlalu rugi. vitamin C dan unsur-unsur mineral lain seperti kalsium. Koi yang baik memiliki warna-warna yang cerah dan murni. tepung udang. salmon. choline chloride.

tidak ada gradasi atau bayangan warna merah. - Bentuk kepala. dan insang harus proporsional atau serasi. garis punggungnya tampak lurus alias tidak melengkung. Gerakan yang seimbang dipengaruhi oleh posisi sirip yang simetris dan tubuh seimbang. - Pola Warna dan Pilih warna yang cemerlang dan kontras.Faktor utama yang perlu diperhatikan dalam memilih koi yang berkualitas prima. Jika dilihat dan atas. mulut. b. tidak kekuningan atau tidak memiliki bercak warna lain. hidung. . Pilih koi dengan gaya berenang yang tenang dan seimbang. a. harus memiliki batas yang jelas. Contohnya. warna merah pada kohaku harus benar-benar cemerlang dan tampak cerah. mata. Sementara itu warna putihnya harus seputih salju. seekor koi baru diakui sebagai jenis ogon jika tidak ada warna lain setitik pun pada warna platinum metaliknya. - Jangan pilih yang terlampau mancung atau terlampau masuk hingga tenggelam di dalam timbunan daging. Demikian juga pola warnanya. Terjadinya gradasi warna sering dijumpai pada koi lokal. Contohnya. Koi semacam itu hanya disebut kohaku. Sementara itu. kemungkinan besar koi tersebut pernah mengalami sakit pada insang. atau ke punggung. seekor koi tidak layak disebut sebagai tancho kohaku jika hiasan berupa bulatan merah di kepalanya melebar ke mata. Perhatikan juga bentuk hidungnya. - Pertemuan antara warna merah dan putih harus berbatas tajam. - Bentuk Tubuh Pilih koi dengan bentuk yang bentuk tubuhnya bulat memanjang dan tidak gemuk. ukuran sirip punggung dan sirip ekor harus proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh. - Sirip dada dan sirip perut harus sama besar. Sementara itu. jika hidung tampak terbuka.

gerakan renangnya lamban dan tidak seimbang. - Walaupun warnanya cerah dan memenuhi persyaratan sebagai koi yang berkualitas. - Kesehatan Hindari memilih koi yang tampak lesu. . atau banyak berdiam di dasar kolam. - Insang yang bergerak cepat menandakan ikan sedang mengalami kesulitan bernapas. Warna koi lokal kurang cemerlang dibandingkan dengan koi impor.warna putih pada koi impor tidak pudar atau tidak kekuningan.c. - Pilih koi yang bersirip tegak. koiimpor lebih gampang ditangkap dibandingkan koi lokal. Sebab. kalaupun bisa disembuhkan. Misalnya. Sebaiknya koi tersebut tidak dipilih karena kondisinya tidak sehat. sirip tersebut tidak jatuh terkulai. - Bentuk tubuh koi lokal agak pipih. sedangkan koi impor bentuk tubuhnya lebih bulat tetapi tidak tampak gemuk. Perbedaan koi lokal dan koi impor - Mulut koi lokal agak kedepan sedangkan koi impor agak kebawa. Perilaku tersebut bisa dianggap sebagai naluri koi agar tidak menularkan penyakit kepada temantemannya. ada kemungkinan koi akan mengalami cacat fisik atau pertumbuhannya tidak sempurna. sebaiknya tidak mengambil risiko dengan membeli koi yang mengalami berbagai gejala seperti di atas. - Sifat koi lokal lebih liar dibandingkan dengan koi impor. Hindari koi yang selalu menyendiri atau menjauhi teman-temannya. Buktinya. Artinya. Warna koi impor lebih murni dibandingkan dengan koi lokal.

 Tanda merah diperlukan ada didekat pangkal ekor. adalah kohaku yang memiliki Hi berpola bulat2 (seperti buah Cherry) rapi dan simetris. dekat ekor. adalah kohaku yang memiliki pola berstep. bahkan belakangan ini tipe Maruten kohaku juga mulai disukai untuk kontes. Kinginrin Kohaku. 2 step (Nidan). adalah kohaku yang memiliki Tancho (bulatan) di kepalanya. Lightning Hi.      Maruten Kohaku.     Corak bagian belakang. 3 step (Sandan). Tanda Merah dikepala sebisa mungkin tidak melebihi mata. adalah kohaku yang memiliki Hi tidak terputus dari kepala hingga ekor. Tanda Merah yang besar lebih baik dari yang kecil. Kanoko kohaku. Tetapi penilaian ikan juga tidak terlepas dari nilai keseluruhan dari ikan ybs. jangan ada tompel merah di pipinya. dll.Jenis-jenis koi yang memiliki banyak peminat Kohaku  Kohaku yang baik adalah kohaku memiliki warna putih seputih salju tidak kecoklat2an atau kekuning2an. Fuji Kohaku. Platinum Kohaku. Komposisi antara warna merah dan putih 70 : 30 Kohaku yang untuk kontes. rahang dan pipi tetapi boleh mencapai hidung atau mata (asal tidak melebihi). Straight Hi. Jenis-jenis kohaku  Step Type. 4 step (Yondan). kalau bisa jangan terlalu besar Memiliki pertemuan antara dua warna yang berbeda yang jelas tidak blur atau ber-gradasi. Tetapi untuk kontes (show). Kohaku yang tidak terdapat / terkena tanda merah dikepalanya / kepala botak kurang berharga. Sanke . Masih banyak lagi jenis2 kohaku yang lainnya seperti : Doitsu Kohaku. adalah kohaku yang memiliki Hi berpola seperti halilintar (Inazuma Kohaku) Gotenzakura. paling tidak berjarak 1-2 cm dari pangkal ekor. biasanya lebih disukai Tipe Step dan Inazuma. Kinzakura.     Tanda Merah yang baik adalah yang gelap tetapi cerah.

Tancho Sanke.  Aka-Sanke. merah semerah darah dan hitamnya pekat. pangkal ekor dan punggung. putih dan hitam adalah 60:20:20  Sumi (Hitam) dikepala membagi Hi menjadi 2. Memang lebih impresif tapi kurang elegan. Tidak putih semua atau hitam semua dan juga tidak ada stripe merah. Taisho Sanke Hikarimoyo (metalik).  Komposisi antara warna merah.  Kanoko Sanke. putih dan hitam adalah 70:20:10  Sirip dengan lebih sedikit strip (garis2 hitam) lebih elegan dibandingkan dengan yang lebih banyak strip. Untuk warna putih seputih salju.  Sumi diatas warna putih (Tsubo-Sumi) lebih disukai dibandingkan sumi diatas warna merah (Kasane-Sumi). Ingat hanya pangkalnya saja. . Koromo Sanke dan Sanke-Shusu Showa  Untuk warna putih seputih salju. Jenis-jenis Showa  Showa Sanshoku. Taisho Sanke dengan warna merah (Hi) yang lebih dominan dan menyebar dari kepala ke ekor. Jenis-jenis Sanke  Taisho Sanke.  Diperlukan paling tidak 20% warna putih.  Fuji-Sanke: Taisho Sanke dengan memiliki aksen silver di kepalanya. Doitsu Sanke. Warna putih diperlukan pada kepala. mulut bahkan kalau perlu jangan melewati hidung.  Yamato-Nishiki.  Pangkal sirip depan hitam (motoguro).  Diperlukan tanda Hi (merah) yang besar di kepala. Kinginrin Sanke.  Sanke yang istimewa tidak memiliki sumi (hitam) dikepalanya. lebih impresif lagi jika membentuk huruf V dan berpangkal di hidung.  Merah di kepala sebisa mungkin tidak melewati mata. pipi. merah semerah darah dan hitamnya pekat.  Komposisi antara warna merah.

Showa Shusui. Kriteria koi yang sering dilombakan :  Figure / bentuk tubuh . Panjang-tinggi-lebar yang seimbang/ proporsional. Pakan yang kandungan gizinya buruk. Showa yang didominasi warna putih. Sebaliknya jika suhu air hangat warna koi akan memudar karena nafsu makannya meningkat membuat koi tumbuh lebih cepat sehinga sisik membesar dan warna akan memudar. kumonyu. goromo.koi yang gendut tidak proporsional/ terlalu buncit sangat tidak elegan.  Warna . doitsu.Tulang belakang yang lurus dan lekuk tubuh yang “pas”. maka koi yang lebih besar akan memiliki nilai “lebih”. Showa dengan bayangan potongan2 kecil sumi pada Hi atau warna putihnya. Sirip yang indah. Bentuk dan besar dari pectoral fin sangat mempengaruhi ke-elegan-an seekor koi.  Sirip depan Taisho Sanke putih atau ber-strip. tetapi dapat diketahui dengan pengalaman.  Sumi pada Taisho sanke hanya menyebar di punggungnya. kawarimono.  Imposing appearance .tidak dapat dijelaskan dengan kata2. . Kindai Showa. Bentuk kepala yang bagus. asagi. tancho. Sumi pada Showa menyebar dihampir seluruh tubuhnya. jika suhu air rendah warna koi cenderung lebih cerah.  Boke Showa. Showa yang didominasi warna merah. begitupun cara berenangnya. ociba.  Kage Showa.  Hi Showa. chagoi.  Elegan . Selain tiga jenis koi tersebut masi banyak lagi jenis koi yang lain seperti. sedangkan Showa memiliki sumi pada pangkalnya (motoguro).warna harus cemerlang. bekko. Kin Showa dan Gin Showa. kinsui. shusui. ogon. Kanoko-Showa.  Kualitas . gosiki. hariwake. kujaku. siro.  Patern/ pola – harus ber pola “well-balanced“. Perbedaan SHowa dan Sanke :  Taisho Sanke tidak memiliki Sumi di kepalanya.  Doitsu Showa. Showa dengan sumi yang blur dan muda (abu2).dalam suatu kasus apabila ada 2 ekor dengan nilai keindahan yang sama. Penyebab – penyebab warna koi memudar. utsuri. Koromo Showa. Suhu air.

Hariwake.- Stess dapat ditimbulkan akibat pemindahan ikan kekolam lain karena suhu air yang berubah.42 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Tidak ada komentar: Poskan Komentar Posting Lebih Baru Beranda Langganan: Poskan Komentar (Atom) JENIS-JENIS KOI DAN CARA MEMBEDAKANNYAN Ikan koi memiliki banyak jenis yang di bedakan berdasarkan warnanya. putih dan hitam. Bekko.Tancho. . Showa. Beberapa jenis ikan koi dan cara membedakan jenisnya . Goromo. Kohaku. 1. pola coraknya dan posisi Warna koi tersebut namun dari banyak jenis koi hanya bebrapa jenis saja yang diakui oleh Jepang dan di berikan nama tersendiri dan koi yang memiliki corak warna lain selain koi yang diakui Jepang itu masuk dalam gologan Mix. Goshiki dan Chagoi. Asagi. Shiro. Adapun beberapa yang saya ketahui jenis koi yang telah diakui oleh jepang seperti. Diposkan oleh Ahmad Ramadhan di 05. Sanke Sanke yaitu koi yang memiliki koposisi warna merah. Sanke. Shusui.

.(sanke) 2. hitam dan putih sama dengan koi sanke tapi Yang membedakannya yaitu pola hitam/warna hitam pada showa menyentuh bibir dan pada koi sanke tidak terdapat pola hitam/warnah hitam pada bagian depan yang meyentuh bibir ikan. sebagian besar koi sanke hanya memiliki polo hitam di punggu saja. Showa Showa memiliki komposisi warna merah.

berbeda dengan koi showa dan sanke yang memiliki pola hitam/warna hitam.(showa) 3. . Kohaku Kohaku adalah ikan koi dengan dua komposisi warana saja yaitu merah dan putih.

(kohaku) 4. Tancho Tancho merupakan ikan koi yang memiliki ciri khas yaitu pola bulatan di kepalanya. .

. Shusui Shusui adalah koi dangan pola warna merah yang berada di samping kiri dan kanan badannya dan di pungungnya terdapat sisik-sisik yang besar yang memajang lurus dari punggung sampai ke pangkal ekornya yang berwana kehitam-hitaman.(tancho) 5. koi jenis ini memiliki sisik yang berbeda dengan koi jenis lainnya yaitu hanya memiliki memiliki sisik-sisik ditempat-tempat tertentu saja dan pada umumnya terdapat di punggung dan samping badannya. adapun juga koi yang lain yang memiliki sisik seperti shusui namun corak warnanya berbeda dengan shusui itu disebut dengan Doitsu.

(shusui) 6. Asagi Asagi adalah koi dengan polanya sama dengan shusui namun dia memiliki sisik dan corak hitam bercapur dengan corak putih. .

.(asagi) 7. Goshiki Goshiki adalah koi dengan tiga komposisi warana yaitu merah. putih dan hitam dan pada umumnya terdapat percampuran warna putih dan hitam sehingga terlihat seperti warnah kemudian ditindis dengan pola merah.

. dan hitam.(goshiki) 8. Goromo Goromo yaitu koi dengan tiga komposisi warna yaitu merah. putih. koi ini memiliki kesamaan dengan goshiki yang memiliki percampuran warna namun percampuran warnanya terjadi pada merah dengan hitam dan memiliki dasar warnah putih bersih karna tidak ada percampuran dengan warnah lain berbeda dengan goshiki yang putihnya tidak nampak karna bercampur dengan hitam.

Shiro Shiro adalah koi dengan dua komposisi warna yaitu hitam dan putih .(goromo) 9.

(bekko) 11.(shiro) 10. Bekko Bekko yaitu sama dengan shiro memiliki dua komposisi wanah yaitu hitam dengan putih namun keduanya memiliki pebedaan yaitu. Hariwake Hariwake adalah koi dengan dua komposisi warna yaitu kuning dengan putih . pada shiro pola hitamnya seperti pola shoa bergaris-gari dan menyentuh bibir sedangkan bekko pola hitamnya berbibtik-bintik dan polah hitamnya hanya ada di punggung tidak ada di kepala dan bibirnya.

Platinum Ogon Platinum adalah koi yang masuk dalam golongan ogon atau koi yang hanya dengan satu warna tanpa adanya setitik pun warna lain di tubuhnya.(doitsu hariwake) 12. .

(doitsu platinum) .

PENYAKIT-PENYAKIT PADA KOI DAN CARA PENGOBATANNYA Ikan koi termasuk salah satu jenis ikan hias yang sangat rentan terhadap penyakit. (chagoi) Itulah beberapa dari jenis koi yang di bedakan berdasarkan warna. SEKIAN dan TERIMAKASIH. pola. Bahkan pada beberapa tahun yang lalu pemerintah pernah mengeluarkan aturan untuk .13. Chagoi Chagoi adalah koi dengan warna coklat keemasan hampir mirip dengan ikan mas. dan posisi warnanya dan masih banyak lagi jenis koi yang lain karna koi-koi dengan corak yang baru akan selalu bertambah jadi jangan pernah bosan dengan ikan koi karna koi kita bisa mendapatkan kesenangan tersendiri dan mudah-mudahan informasi ini bisa brmanfaat bagi teman-teman namun jika ada kesalahan mohon di MAAFKAN dan jika ada pendapat yang lain juga tidak apaapa karna pemikiran dan penglihatan seseorang berbeda-beda.

penyakit pada ikan koi dan cara mengobatinya. Cara mengobati: Gunakan Fenoksietanol.4 kali sampai serabut yang terdapat pada tubuh ikan koi tersebut hilang 3. BUSUK SIRIP DAN EKOR Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Aeromonas Hydrophylla.ikan koi impor tersebut. Serabut ini disebabkan oleh adanya ganggang / alga pada air kolam Cara mengobati: Masukkan ke dalam air kolam larutan 2 sendok makan abate ditambah dengan 4 sendok makan garam dapur untuk kolam yang berukuran 2 x 3. maka kita tidak perlu memiliki rasa khawatir yang berlebihan pada ikan koi milik kita. JAMUR SAPROLEGNIA Tanda utama bahwa seekor ikan koi terinfeksi penyakit ini adalah terdapatnya serabut mirip kapas yang berwaran kehijauan. Berikut ini adalah penyakit . Walaupun rentan terhadap banyak jenis penyakit. CACING KULIT . Nitrofurazon/Kloramin. Ulangi hingga 3 .stop melakukan impor ikan koi karena disinyalir terdapat beberapa jenis penyakit yang menular yang dibawa oleh ikan .penyakit pada ikan koi dan cara mengobatinya: 1. Campurkan kedua bahan tersebut sebanyak 1gr per 1 kg pakan 2. namun bila kita mengerti dan memahami penyakit . Perlu diketahui bahwa bakteri jenis ini biasanya menempel pada bagian tubuh ikan yang terluka sehingga bisa menyebabkan infeksi yang dapat berkembang dengan sangat cepat.

DROPSI Ciri koi yang terinfeksi penyakit ini adalah sisik yang mengelupas dan terdapat pembengkakan pada jaringan tubuh koi sehingga menyebabkan koi sulit berenang dan menyebabkan koi sesak nafas Cara mengobati: Berikan larutan anti bakteri atau garam dapur pada kolam. Letakkan koi pada kolam yang berisi air bersih dan taburi garam sebanyak 10% dari jumlah volume air. Sterilkan peralatn yang digunakan dengan larutan Fenoksietanol atau bisa juga emnggunakan Nifuropirinol 5.ciri koi yang terkena penyakit ini adalah koi selalu emnggosok . KOLUMNARIS Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Fexibacter Columnaris ini membuat mulut koi menjadi tampak putih.benda keras yang terdapat di dalam kolam Cara mengobati: Rendam koi ke dalam 10 liter air yang telah diberi antiparasit seperti Malacite Green 2% selama 10 menit 4. Ciri .gosokkan tubuhnya ke benda . kita bisa menambahkan asam oksilin yang dicampurkan pada pakan ikan koi . Bila ingin hasilnya lebih optimal. Penyakit ini terkenal cepat sekali emnular ke koi sehat lainnya Cara mengobati: Pisahkan koi yang telah terinfeksi penyakit ini.Penyakit ini disebabkan oleh jenis cacing Gyrodactylus sp.

Sejak saat itulah. Harga ikan koi bermacam-macam. Kolam ini harus dibuat dengan ukuran tertentu dengan kedalaman minimal 80cm. 9 di antaranya sebagai berikut : . Di Jepang. Ada yang mengatakan bahwa koi berasal dari Persia. Banyak versi tentang asal-usul koi. Koi termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara dan berumur panjang. ikan koi mulai populer di Indonesia. Makanannya pun tidak terlalu spesial karena koi termasuk hewan omnivora. ikan ini diberi makanan tambahan dan doping khusus untuk menguatkan warna tubuh koi pada masa karantina. Saat mengikuti kontes. ikan ini disebut kai (ikan berwarna). bahkan ratusan juta (koi juara kontes). kangkung. Jawa Barat. jutaan. sedangkan makanan lainnya yaitu sayur-sayuran.Cara memelihara ikan koi Hobi memelihara ikan Koi ? Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari. Cianjur. dan buah-buahan.Biaya pemeliharaan koi cukup mahal karena sirkulasi air di kolam tidak boleh berhenti. dan lebar 1 meter.5 meter. ia membuat peternakan koi yang bernama Leon dan Leonny. maka harganya akan semakin mahal. Makanan utama koi adalah pellet. Jenis Ikan Koi Berdasarkan pola warnanya. koi dibagi menjadi 13 varietas. mulai dari puluhan ribu. kemudian dibawa ke Jepang oleh orang Cina. Ikan koi masuk ke Indonesia pada 1980-an dan dibawa oleh seorang penggemar ikan bernama Hany Moniaga yang tinggal di Cipanas. panjang minimal 1. jeruk. Kemudian. Ikan ini berasal dari Jepang dan dianggap sebagai ikan dewa. Semakin seimbang pola warna tubuh koi.

Ukuran kolam ikan koi yang ideal minimal memiliki luas 1. diperlukan filter empat lapis. kolam yang dibuat harus mempunyai tinggi minimal 25cm dari bibir kolam.5x2 meter dan kedalamannya 80-150cm. Untuk mencegah ikan koi melompat ke daratan. Keelokan ikan koi terletak pada punggungnya yang berwarna-warni. keindahan tubuh dan warnanya tidak dapat dinikmati secara maksimal. 2. 1. 4. Selain itu. 6. di bagian atas kolam dipasangi pipa untuk menyuplai air bersih yang sudah diendapkan. dan pasir. 9. Menjaga kualitas kolam air ikan koi Untuk menjaga kebersihan dan kelancaran pasokan air. 8.1. 7. Sinar ultraviolet menyebabkan warna tubuh koi menjadi pucat dan pertumbuhannya pun akan terhambat. tubuh ikan koi akan terkena sinar matahari terus-menerus. Kolam juga harus dilengkapi saluran pembuangan yang terletak di bagian bawah kolam. 3. Filter ini berfungsi menyaring sampah dan lumpur yang ada di kolam. Aiso Sanshoku Kohaku Showa Sasoku Utsurimono Kawarimono Koromono Bekko Hikari Moyo Hikari Mono Cara Memelihara dan Merawat Ikan Koi Pemeliharaan ikan ini tidak dianjurkan dipelihara di dalam akuarium karena koi membutuhkan tempat berenang yang luas dan dalam. 5. . Jika kolam yang dibuat terlalu dangkal. Filter pertama terdiri dari kerikil. Jika dipelihara di dalam akuarium. ijuk.

3. Pakan untuk ikan koi harus mengandung protein yang tinggi. Kualitas air Pertumbuhan ikan koi sangat dipengaruhi oleh kualitas air. Ikan koi yang hidup di kolam dengan kualitas air buruk. tepung udang. membunuh bibit penyakit. Pemberian pakan ikan koi Pakan berfungsi untuk membentuk tubuh ideal koi. Temperatur air    Ikan koi akan makan lebih banyak pada suhu di atas 20 derajat Celcius. tepung ikan. 4.2. Filter keempat berupa tanaman yang berfungsi mengikat kotoran. . Jumlah ikan dalam kolam Jika jumlah ikan koi dalam kolam sedikit. dan menghilangkan bau tak sedap. Hal yang harus sering dilakukan adalah membersihkan filter dan bak filter dengan cara menyemprot filter dengan air bersih selama 5-10 menit. dan bungkil. Filter kedua berisi karbon zeolit dan berfungsi menghilangkan racun. Filter ketiga berupa pestisida yang berfungsi tidak mematikan bakteri pengurai.5-8. 1. Di dalam kolam juga diperlukan pompa untuk menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit sehingga air kolam tidak perlu sering dibersihkan. 2. Selain itu. kacang kedelai.5. setiap ikan koi akan mendapat jumlah makanan dan oksigen lebih banyak. dan mengobati ikan yang sakit. Pertumbuhan Ikan Koi Pertumbuhan ikan ini dipengaruhi oleh temperatur air dan jumlah ikan dalam kolam. Ikan koi yang belum dewasa biasanya akan cepat pertumbuhannya pada suhu panas. Ikan koi dewasa biasanya sebagian besar makanannya digunakan untuk memproduksi telur dan sperma. menghasilkan warna ikan yang cemerlang. 3. seperti gandum. nafsu makannya akan hilang. pH air harus diperhatikan Derajat keasaman (pH) air yang ideal untuk pertumbuhan ikan koi adalah 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful