Manual Prosedur Pengembangan Kurikulum

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang 2012

Prof. Unit Jaminan Mutu Ttd.Manual Prosedur Pengembangan Kurikulum Kode Dokumen Revisi Tanggal Diajukan oleh : : : : 00203 06006 3 30 Agustus 2012 Staf Akademik Jurusan Akuntansi Ttd. MM. Dr.Ak. Lutfi Haris. Dr. Ak. Disetujui oleh : Ketua Jurusan Akuntansi Ttd. Ak. Unti Ludigdo. M. Ak Dikendalikan oleh : i . Rosidi.

................................................................................. 5 Bagan Alir ................................................... 4 Garis Besar Prosedur ........................................... 7 1........... 2 Rujukan ......................................................................................................... 1 Ruang Lingkup .............. 7 i .... Prosedur Pengembangan Kurikulum ............................... 1 Definisi ............................................................................................................Daftar Isi Tujuan .................................................

Ketentuan dan prosedur terkait yang dimaksud mulai dari aktivitas yang dilakukan guna memperoleh masukan dari pengguna lulusan (users) dan alumni terkait dengan kebutuhan akan tenaga akuntansi di dunia kerja. Memotivasi para pelaksana kegiatan akademik untuk bisa memenuhi melalui target mutu yang diharapkan periodik. kegiatan koordinasi yang melibatkan semua dosen terkait untuk merumuskan kurikulum baru pada yang merupakan pengembangan Program ataupun Kegiatan pembaharuan atas kurikulum sebelumnya. 2.Tujuan 1. Memberikan panduan dan sebagai alat pengendalian aktivitas pengembangan kurikulum di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB). Ruang Lingkup Manual prosedur Pengembangan Kurikulum meliputi keseluruhan ketentuan dan prosedur terkait. hingga penyusunan Rencana 1 Pembelajaran Semester (RPKPS) dan Satuan Acara serangkaian kegiatan akademik yang bisa diukur kinerjanya setiap .

3. 2 beberapa definisi terkait dengan aktivitas pengembangan kurikulum adalah sebagai . ciri khas program studi dan kebutuhan stakeholders. Selain itu. Definisi Adapun berikut: 1. aktivitas pengembangan dan pembaharuan kurikulum dalam hal ini harus sejalan dengan setiap kebijakan dan peraturan yang berhubungan dengan kurikulum perguruan tinggi dari Universitas Brawijaya serta ketentuan pemerintah. kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan pedoman harus penyelenggaraan memperhatikan kegiatan aspek belajar mengajar di perguruan tinggi.Perkuliahan (SAP) serta bagaimana baru yang cara telah mensosialisasikan kurikulum dikembangkan. Kurikulum perkembangan keilmuan. Kurikulum dikembangkan dalam model Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kurikulum perguruan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan sebagai 2.

4. kurikulum dari standar profesi. 6. 5. dan peraturan pemerintah. Bahan untuk pengembangan kurikulum dapat berupa masukan dari pengguna lulusan (users) dan alumni yang diperoleh melalui proses tracer study JAFEB UB. Tracer Study adalah aktivitas penyebaran kuesioner yang dilakukan oleh JAFEB UB secara periodik kepada pengguna lulusan (Users) yang dalam hal ini adalah perusahaan serta ataupun guna lembaga pemerintahan alumni mendapatkan masukan terkait dengan kondisi terkini atas kebutuhan tenaga akuntansi di dunia kerja. literatur. inovasi internal. 7. ketentuan Universitas Brawijaya. kurikulum sebelumnya. kurikulum dari beberapa perguruan tinggi lain. Setiap mata kuliah yang ditawarkan harus memiliki target kompetensi yang diharapkan secara jelas dan tidak boleh bertentangan dengan spesifikasi program studi dan standar kompetensi lulusan 3 . Pengembangan kurikulum dirumuskan dalam arahan spesifikasi program studi dan standar kompetensi lulusan.

Spesifikasi program studi b. Rujukan 1. Daftar Mata Kuliah d. Standar Kompetensi Lulusan c. Alur Penempuhan Mata Kuliah e. Studi Banding. Kegiatan pengembangan kurikulum. Kegiatan pengembangan kurikulum dilakukan secara terus menerus menyesuaikan dengan kebutuhan dan paling lama dilakukan 4 (empat) tahun sekali. Susunan kurikulum berisi tentang: a. Buku Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) 4 . dapat dilakukan melalui Rapat. Pertemuan-Pertemuan. 9. Silabus/Satuan Acara perkuliahan (SAP) 10. ataupun Seminar yang semuanya harus disesuaikan dengan rencana Kegiatan Pengembangan Kurikulum yang telah disusun dan disetujui.8.

Ketua Unit Jaminan Mutu (UJM) 5. 2. Koordinator Kelompok Dosen Bidang Ilmu d.Garis Besar Prosedur 1. 4. Hasil dari proses update baik itu melalui tracer study ataupun kegiatan lainnya diinformasikan dan didiskusikan dengan Ketua Jurusan. 3. 6. Ketua/Sekretaris Jurusan b. 5 . Ketua Jurusan membentuk Tim Pengembangan Kurikulum (TPK) melalui Surat Tugas. TPK bekerja merumuskan Draft Kurikulum Baru (DKB) Apabila DKB Selesai. Dosen yang kompeten e. TPK minimal beranggotakan : a. JAFEB UB melalui oleh staf jurusan yang Jurusan dikoordinasikan Sekretaris melakukan aktivitas tracer study serta melakukan update terkait dengan ketentuan perubahan atau pengembangan kurikulum yang ditetapkan oleh Universitas Brawijaya ataupun melalui peraturan pemerintah. Ketua Jurusan mengadakan Rapat Jurusan untuk membahasnya. Ketua Program Studi c.

Pengumuman. mengarsip DPK. Unit Jaminan Mutu memantau kegiatan TPK. DPK kemudian diusulkan oleh Jurusan ke Dekan untuk disahkan. dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum baru setiap semester. aktivitas orientasi pendidikan mahasiswa baru pada setiap tahun ajaran baru. Tim Dosen di masing-masing rumpun mata kuliah dengan dikoordinir oleh Sekretaris Jurusan melakukan updating dan penyelarasan RPKPS dan SAP sesuai dengan kurikulum yang telah diperbarui atau dikembangkan. Rapat jurusan tersebut menghasilkan Dokumen Perubahan Kurikulum (DPK). 6 . dengan perangkat dan JAFEB mahasiswa. 8. 9. 10. DPK disosialisakan dialog ke mahasiswa melalui UB mekanisme Buku Pedoman Akademik FEB UB.7. 11.

Bagan Alir Prosedur Pengembangan Kurikulum MULAI Pelaksanaan Tracer Study & Update Peraturan terkait kurikulum Laporan Tracer Study Diserahkan & didiskusikan ke Ketua Jurusan Ketua Jurusan Membentuk TPK Surat Tugas TPK Merumuskan DKB DKB Ketua Jurusan mengoordinasi Rapat Pembahasan DKB DPK Pengusulan DPK untuk Disahkan Dekan Penyusunan RPKPS dan SAP Baru oleh Dosen Sosialisasi ke Mahasiswa RPKPS Buku Pedoman Akademik FEB UB SAP 7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful