You are on page 1of 5

ANALISA PROSES INTERAKSI

Nama Usia Hari/tanggal Waktu Status interaksi Lingkungan Deskripsi klien Tujuan komunikasi : Tn. A S : 50 tahun : senin, 8-07-2013 : 13.00 WIB : 2 (tahap kerja) : duduk berhadapan di bangku ruang makan bangsal Nakula RSJ GHRASIA : penampilan klien bersih,rapi : mengajari klien untuk mengontrol halusinasi SP 4 (patuh minum obat.

pagi juga P : bapak perkenalkan saya praktikan A dari stikes aisyiyah yogyakarta. mengangguk P : tersenyum sambil berantusias memberi semangat pada klien K : menatap perawat K : berusaha Analisa berpusat pada perawat Ingin memulai interaksi dengan klien Analisa berpusat pada pasien Bersiap untuk memulai interaksi dengan perawat Rasionalisasi Dengan mengucapkan salam. Perawat Klien bertindak kooperatif Klien membuka diri untuk . P : tersenyum .Komunikasi verbal P: assalamu’alai kum bapak ? selamat pagi ? K: wa’alaikum salam sus . mata memandang perawat dengan intens P : tersenyum . walaupun belum mampu untuk mengingat nama perawat Klien sudah mampu mengingat perawat yang sedang melakukan tindakan Dengan memperkenalkan diri akan membuat klien lebih nyaman dan tidak merasa terancam Untuk memastikan bahwa klien mendengarkan dan memahami apa yang dikatakan oleh perawat K : mbak A . duduk dihadapan klien K: memandang perawat dengan intens . K : oh ya. coba nama saya tadi siapa pak ? Perawat melakukan validasi untuk mengetahui ingatan klien terhadap perawat memastikan bahwa klien sudah mengenal perawat Klien memberikan tanggapan yang baik terhadap perawat. mengulurkan tangan .. perawat berusaha menciptakan rasa nyaman dan membangun rasa saling percaya antara klien dengan perawat Dengan menjawab salam . dan menganggukka n kepala . menatap kearah perawat K : menjawab salam . menunjukkan bahwa klien sudah terbiasa dengan kehadiran perawat dan siap untuk berinteraksi dengan perawat Bersiap melakukan interaksi yang lebih lanjut Klien siap untuk memulai interaksi dengan perawat Perawat melakukan tahap orientasi dengan memperkenalka n diri . membantu klien lebih merasa nyaman dan tidak takut pada kehadiran perawat P : iya sudah pak . agak sedikit bingung K : berusaha mengingat dengan raut muka bingung P : tersenyum. memberikan sentuhan di pundak . Klien menerima kedatangan perawat Dengan interaksi fisik. K: mengangguk . Komunikasi non verbal P : tersenyum .

.

biar suara-suaranya tidak muncul lagi.. Bisa juga dikonsultasikan kalau berhenti minum obat. bapak sudah memahami bagaimana cara patuh minum obat untuk mengusir halusinasi bapak. Dan juga lebih lega. jam 1 siang dan 7 malam. dan mengevaluasi perasaan klien terhadap metode yang baru saja dipelajari Klien telah mampu mempraktekkan metode patuh minum obat yang telah diajarkan Untuk mengetahui apakah klien mampu menerima dengan baik metode yang baru saja diajarkan K: tersenyum. K: tersenyum. P: ya bapak bagus sekali ya. Perawat mengevaluasi kemampuan klien dalam mempraktekkan cara patuh minum obat Klien bersedia dan mampu untuk mempraktekkan metode patuh minum obat Klien telah memahami dan mampu mempraktekkan cara patuh minum obat Perawat member reinforcement kepada klien. Kalau obatnya habis bisa minta ke dokter lagi. Kalau suaranya sudah hilang. minum obatnya tidak boleh dihentikan yaa. Pastikan juga kalau obat yang diminum benar punya mbak. Perawat mengevaluasi perasaan klien setelah diajarkan metode untuk mengontrol halusinasi Perawat Klien mengungkapkan perasaannya terhadap metode patuh minum obat yang baru saja diajarkan Menunjukkan bahwa klien mampu menerima metode patuh minum obat untuk mengontrol halusinasi Klien bertindak kooperatif Untuk mengetahui apakah klien . Bagaimana perasaan bapak setelah berbincang-bincang tentang obat tadi? K: saya merasa senang. menganggukka n kepala p: tersenyum P: wah bagus sekali ya P: tersenyum. yang putih diminum 3 kali sehari juga. jangan sampai keliru dengan orang lain. jam 7 pagi. K: mempraktekka nny P: mendengarkan dengan sungguhsungguh P: tersenyum. yang merah jambu ini 3 kali sehari juga sama minumnya dengan yang putih dan orange.K : berwarna orange diminum 3 kali sehari. apa akibatnya pada mbak. harus diminum sampai benar-benar habis. Begitu yaa.