You are on page 1of 14

MACAM-MACAM PERANGKAT JARINGAN DI KOMPUTER

oleh: Nama NIM
1. NIC (Network Interface Card)

: Aris Hidayat : 11650014

Kartu jaringan atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan computer. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar, namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps, harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan, jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card. Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan. NIC fisik NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile). Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni: a. Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).

terinstalasi secara default. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik. b. Proses pembuatan frame ini. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase. Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode. akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan. NIC logis NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolaholah dirinya adalah sebuah NIC. atau gelombang mikro (jika menggunakan radio/jaringan tanpa kabel). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung. NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda.Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis. Contohnya adalah Ethernet. atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi. pensinyalan. Direct Memory Access (DMA). atau memory yang digunakan bersama-sama. pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiberoptic). Hub atau swich . Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. yakni I/O yang dipetakan ke memori. dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Media yang umum digunakan. sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. 100 Megabit/detik. 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows. kabel fiber-optic. sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e). khusus untuk kabel tembaga). serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface). atau radio (jika memang tanpa kabel). dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. 2. yang mengandung alamat. atau informasi pengecekan kesalahan. yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Token Ring. harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX. diinstalasikan di dalam firmware.

Port yang tersedia biasanya sampai 8. Kabel dan Konektor Kabel Local Area Network Pertama kali LAN menggunakan kabel “coaxial”. 24 atau lebih.Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titiksehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. kabel “twisted pair” yang digunakan dalam sistem telepon telah mampu membawa frekuensi yang lebih tinggi dan dapat mendukung trafik LAN. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP. 3. 10Base2 / Kabel “Thinnet”: . Dan saat ini. Untuk kecepatan. Local Area Network menggunakan empat tipe kabel :  Coaxial  Unshielded Twisted Pair (UTP)  Shielded Twisted Pair (STP)  Fiber Optik Kabel Coaxial Kabel coaxial terdiri dari :  sebuah konduktor tembaga  lapisan pembungkus dengan sebuah “kawat ground”. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link. Protokol Ethernet LAN yang dikembangkan menggunakan kabel coaxial: 10Base5 / Kabel “Thicknet” :  adalah sebuah kabel coaxial RG/U-8. Recommended menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100.  tidak digunakan lagi untuk LAN modern. kabel fiber optik telah tampil sebagai pilhan kabel berkecepatan sangat tinggi. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR.  merupakan kabel “original” Ethernet. dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100.  sebuah lapisan paling luar Penggunaan Kabel Coaxial Kabel coaxial terkadang digunakan untuk topologi bus. Kemudian. tetapi beberapa produk LAN sudah tidak mendukung koneksi kabel coaxial. 16.

Tabel berikut menunjukkan masing-masing kategori : Performansi Kategori Penggunaan (MHz) Cat 1 Cat 2 Cat 3 Cat 4 Cat 5 1 4 10 20 100 Voice. Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menyediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kategori 5 UTP direkomendasikan sebagai kategori minimum untuk instalasi LAN dan cocok untuk topologi star. Kategori UTP Terdapat 5 kategori (level) untuk kabel UTP. tetapi masih digunakan pada jaringan LAN yang sangat kecil. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. mempunyai diameter yang lebih kecil dari “Thicknet”.adalah sebuah kabel coaxial RG/U-58. Kategori ini mendukung sinyal suara berkecepatan rendah (low-speed voice) dan sinyal LAN berkecepatan tinggi. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. menggantikan “Thicknet”. Dumb Terminal 4 MB Token Ring 10MB Ethernet 16 MB Token Ring 100 MB Ethernet . “Unshielded Twisted Pair”     Kabel “Unshielded twisted pair” (UTP) digunakan untuk LAN dan sistem telepon. Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45. Mainframe. tidak direkomendasikan lagi.

Kabel Fiber Optik banyak digunakan pada jaringan WAN untuk komunikasi suara dan data. dan pelindung luar. “buffer coating”. keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya “crosstalk” dan sinyal “noise”. Sedangkan harga kabel Fiber Optiknya sendiri sebanding dengan kabel LAN UTP. Terbuat dari glas optik. 4.Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. material penguat.  Kebal terhadap interferensi elektromagnetik.Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data. Kabel Fiber Optik Kabel Fiber Optik adalah teknologi kabel terbaru. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (”twisted pair”). diantaranya :  Kapasitas bandwidth yang besar (gigabit per detik).  Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai lebih dari 60 kilometer). dan di kelilingi lapisan “cladding”. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI. Kelemahan kabel STP Kabel STP mempunyai beberapa kelemahan :  Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.  Harganya cukup mahal. Kelebihan menggunakan kabel Fiber Optik Kabel Fiber Optik mempunyai beberapa kelebihan.  Pada frekuensi tinggi.“Shielded Twisted Pair” “Shielded twisted pair” adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. yang disebut “core”. Transmitter yang banyak digunakan adalah LED atau Laser. digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Di tengah-tengah kabel terdapat filamen glas. Bridge . Kendala utama penggunaan kabel fiber optik di LAN adalah perangkat elektroniknya yang masih mahal.

Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial. Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan.Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil 5. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Cluster Control Unit . Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda.

Cluster Control Unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun. tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host. Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesanpesan untuk transmisi ke terminal. multiplexer dapat ditambahkan pada tiap ujung. Penambahan multiplexer berdampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi jalur bebas hambatan dengan beberapa jalur. Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan bebrpa pesan secara serentak. Multiplexer Saat beberapa terminal harus berbagi satu saluran pada saat yang sama. Front-end Processor Front-end Processor menangani lalulintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Walau kecepatan transmisi antara saluran dan front end Processor relatif lambat ( dalam banyak kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi front-end processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit ditransmisikan secara paralel). Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward). 7. 6. Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpuklkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Router . 8. Alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui jaringan yang bebeda. Jika karena suatu hal terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau rusak) front-end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam penyimpanan sekunder dan mengirimkannya nanti.Cluster Control Unit membangun hubungan antara terminal yang dikendalikannya dengan perlatan-peralatan dan jaringan.

melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. dan router merupakan penghubung antar jalan. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN. Selain IP Router. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu.Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya. dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Router berbeda dengan switch. atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk . dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. ada lagi AppleTalk Router. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar. yang disebut dengan internetwork. Dengan cara yang sama. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP. Analogi Router dan Switch Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). switch menghubungkan berbagai macam alat.

Bahkan secara tidak tepat seringkali disebut sebagai router multiprotokol. Repeater .dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packetfiltering router. Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1. meski beberapa router tidak memilikinya. yakni: . . Brouter Adalah yang menggabungkan teknologi bridge dan router. ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP). atau T3. Sementara itu.static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan. router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut. dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya. Walau pada kenyataannya ia lebih rumit dari pada apa yang disebut router multiprotokol yang sebenarnya. router dibagi menjadi dua buah jenis. Jenis-jenis router. 10. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan. sering disebut sebagai access server.meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio. atau berbeda arsitektur jaringan. 9. Secara umum.

11. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300. Geteway Gateway dilengkapi dengan lapisan 6 atau 7 yang mendukung susunan protokol OSI. Repeater tidak merubah informasi yang ditransmisikan dan repeater tidak dapat memfilter informasi. . Semua saluran jaringan komputer lain memerlukan modem pada tiap ujungnya. 1200. bekerja pada layer fisik jaringan. Repeater hanya berfungsi membantu menguatkan sinyal yang melemah akibat jarak.Repeater. 4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data. Modem Satu-satunya saat modem tidak diperlukan adalah saat telephone tombol digunakan sebagai terminal. Ia adalah metode penyambungan jaringan ke jaringan dan jaringan ke host yang paling canggih. 12. menguatkan sinyal dan mengirimkan dari satu repeater ke repeater lain. Gateway dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang mempunyai arsitektur berbeda misalnya PC berdasarkan Novell dengan jaringan SNA atau Ethernet. sehingga sinyal dapat ditransmisikan ke jarak yang lebih jauh. 2400.

Mail Server. kemudian Sun Solaris. firewall dan ethernet switch serta router dan mungkin juga dengan transiever. Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3. Sebagai contoh. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda dengan frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran telephon dapat digunakan untuk percapapan bersamaan dengan penggunaan transmisi data melelalui modem ADSL.0. 13. juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus.51. dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. FTP Server. dan dilanjutkan dengan Windows NT 4. seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer). Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya. HTTP Server. Umumnya modem ADSL merupakan integrasi dari modem. yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Umumnya. DNS Server dan lain sebagainya. Contoh dari aplikasi ini adalah DHCP Server. klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan server DHCP. di atas sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003. Unix. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar. Server Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. yakni protokol DHCP itu sendiri. Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card. dan GNU/Linux. dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP.ADSL adalah type modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi. . Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA. Setiap layanan tersebut akan merespons terhadap request dari klien. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP. klien akan memberikan perintah/request kepada server.

Jaringan Client-ServerServer adalah sebuah komputer yang menyediakan fasilitas untuk komputer-komputer yang lain di dalam suatu jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau yang menggunaka fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh srver. Namun yang paling umum adalah untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.  Mudah untuk melakukan administrasi dan sistem keamanannya lebih baik.Fungsi server sangat banyak.karena pada jaringan client-server sistem backupnya dilakukan oleh server. misalnya untuk situs internet. Jaringan Peer To Peer . 14. b.  sistem backupnya bagus.Server di jaringan tipe client-server dapat disebut Dedicated server karena hanya berperan sebagai server saja yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation. Keunggulannya:  Kecepatan accsess lebih tinggi karena menyediakan fasilitas dan dikelola secara khusus oleh komputer server.yang akan membackup seluruh data di dalam jaringan. atau sekedar penyimpanan data.jika server mengalami gang guan maka semuanya akan terkena. ilmu pengetahuan. yang mengelolahnya tersebut diatas. karenaada seorang yang mengunakan komputer yang ditugaskan sebagai administrator. Client a. Kelemahannya  Biaya operasional relatif sangat mahal  diperlukan seseorang sebagai administrator  Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server.

.Jika saja ditinjau dari sebuah server di kedua tipe jaringan tersebut.yaitu sistem operasi client-server dan peer to peer. Kelemahannya  Troubleshooting jaringanya relatif lebih sulit  untuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan client-server  keamanan jaringan ditentukan masing-masing oleh user tersebut SISTEM JARINGAN KOMPUTER untuk mengelola suatu jaringan tersbut diperlukan adanya sebuah ops jaringan. Keunggulannya  Biaya relatif murah dari pada client-server  tidak membutuhkan administrator yang pintar untuk mengelolahnya  sesama komputer dapat berbagi saling pakai fasilitas yang dimilikinya  Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. sistem ops jaringan dibedakan menjadi 2(dua) berdasarkan tipe jaringan.maka server di jaringan peer to peer di istilahkan atau dapat dikatakan non Dedicated server karena server tidak berperan penuh sebagai server murni namun dapat dikatakan juga bisa sekaligus berperan sebagai client atau workstation.

com/2013/01/macam-macam-perangkat-jaringan-di.com/doc/23739993/Perangkat-Jaringan-Komputer http://id.blogspot.html http://www.source: http://didikandriyt.scribd.org/wiki/Kartu_jaringan" .wikipedia.