You are on page 1of 4

A.

SURVEY DI RUANG BASEMENT PASAR NONGKO Secara survey lapangan dapat disampaikan dalam 3 point pembahasan, yaitu sirkulasi (Fungsi dan Teknis), penzoningan (Fungsi dan Teknis), dan penghawaan (Fungsi dan Teknis). A.a Sirkulasi (Fungsi dan Teknis) Pada sirkulasi ini terdapat pembahasan mengenai penggunaan sirkulasi untuk jalur keluar dan masuk, kemudian kemiringan dari sirkulasi yang berupa rem. A.a.1 Penggunaan jalur keluar dan masuk (Fungsi) Pengguna pasar menggunakan semua jalur sirkulasi yang ada di basement baik dari jalur selatan, utara, maupun barat sebagai dua jalur, yaitu jalur masuk dan keluar. A.a.2 Kemiringan Rem (Teknis) Kemiringan Rem berdasarkan pengamatan memiliki

kemiringan kurang lebih 20o atau lebih dari 6o – 8o yang menjadi standart dari time saver. A.b Penzoningan (Fungsi dan Teknis) Penzoningan pada ruang basement ini terdiri dari publik dan service. A.b.1. Publik (Fungsi) Pada zoning publik dilihat dari fungsi terdapat zoning berupa area penjualan yaitu los yang tertata dari sisi timur, utara dan selatan. A.b.2. Publik (Teknis) Pada zoning publik yang berupa area penjualan yaitu los memiliki dimensi 3.75meter2/los.

Service (Teknis) Pada zoning service yang berupa area parkir memiliki dimensi 30meter2 dan pos keamanan memiliki dimensi 4meter2.2 Teknis Secara pengukuran suhu di basement menunjukkan angka normal untuk area basement. . A.1 Fungsi Penghawaan yang dihadirkan pada basement berfungsi untuk memberikan kenyamanan penggunanya ketika berada di basement.b. A.3.4. dan pos keamanan terletak di ruang kosong bawah tangga. A. yaitu kurang lebih 29oC.A.c.c Penghawaan (Fungsi dan Teknis) Pengahawaan pada basement pasar nongko ditinjau dari fungsi dan teknis memiliki hasil servey sebagai berikut: A. Area parkir terletak di bagian tengah basement.c. Service (Fungsi) Pada zoning service dilihat dari fungsi terdapat zoning berupa area parkir dan pos keamanan.b.

Jalur keluar di sisi Barat. Utara. dan Barat. Zona Publik berupa Los. PENGHAWAAN Memberikan kenyamanan untuk Memberikan kenyamanan untuk pengguna basement.a Komparasi berdasarkan Fungsi DATA PERANCANGAN DATA LAPANGAN SIRKULASI Jalur masuk di sisi Utara dan Jalur masuk dan keluar di sisi Selatan.B. pengguna basement. Zona Service berupa tempat parkir dan pos keamanan. ANALISA KOMPARASI B. . Selatan. Zona Service berupa tempat parkir. PENZONINGAN Zona Publik berupa Los.

DATA PERANCANGAN DATA LAPANGAN SIRKULASI Kemiringan rem ± 8o Kemiringan rem ± 20o PENZONINGAN 2 Dimensi Los 4meter /Los Dimensi Los 3.75meter2/Los PENGHAWAAN o Suhu ±27 C Suhu ±29oC B.b Komparasi berdasarkan Teknis .