15

BAB 2 PASTA GIGI SEBAGAI SALAH SATU MEDIA DALAM MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT

Pada masa lalu, pasta gigi yang digunakan bersama sikat gigi hanya bersifat sebagai alat kosmetik. Tetapi akhir-akhir ini banyak pasta gigi yang mempunyai efek untuk merawat penyakit mulut dan mencegah karies gigi, sehingga sukar dibedakan dengan jelas antara pasta gigi yang berefek kosmetik dan yang berefek terapi.4

2.1

Definisi Pasta Gigi

Pasta gigi didefinisikan suatu bahan semi-aqueous yang digunakan bersamasama sikat gigi untuk membersihkan deposit dan memoles seluruh permukaan gigi.6 Pasta gigi biasa digunakan pada saat menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi. Penggunaan pasta gigi bersama sikat gigi melalui penyikatan gigi adalah salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini dengan tujuan untuk meningkatkan kebersihan rongga mulut.1,6,7

2.2

Fungsi Pasta Gigi

Fungsi utama pasta gigi adalah untuk membersihkan gigi yang dianggap sebagai manfaat kosmetik. Pasta gigi yang digunakan pada saat menyikat gigi berfungsi untuk mengurangi pembentukan plak, memperkuat gigi terhadap karies, membersihkan dan memoles permukaan gigi, menghilangkan atau mengurangi bau mulut, memberikan rasa segar pada mulut serta memelihara kesehatan gingiva.1,4,6,7

7.2. aluminium oxide.2.2.2. sodium bikarbonat.1 Bahan abrasif (20-50%) Bahan abrasif yang terdapat pada pasta gigi umumnya berbentuk bubuk pembersih yang dapat memolis dan menghilangkan stain dan plak. sorbitol dan polyethylene glycol (PEG) dan cellulose gum. Digunakan untuk menjaga pasta gigi tetap lembab. Contoh bahan abrasif antara lain silica atau hydrated silica.7 2.8 2.16 Dibawah ini akan dijelaskan komposisi pasta gigi beserta fungsinya sebagai berikut: 2. Contohnya glyserol. Bentuk dan jumlah bahan abrasif dalam pasta gigi membantu untuk menambah kekentalan pasta gigi.6.6 2.2 Air (20-40%) Air dalam pasta gigi berfungsi sebagai pelarut.2.5 Surfectan atau Deterjen (1-3%) Bahan deterjen yang banyak terdapat dalam pasta gigi di pasaran adalah Sodium Lauryl Sulphate (SLS) yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan.4 Bahan perekat (1-2%) Bahan perekat ini dapat mengontrol kekentalan dan memberi bentuk krim dengan cara mencegah terjadinya pemisahan dalam solid dan liquid pada suatu pasta gigi.6. .3 Humectant atau pelembab (20-35%) Humectant adalah bahan penyerap air dari udara dan menjaga kelembaban. dikalsium fosfat dan kalsium karbonat. mengemulsi (melarutkan lemak) dan memberikan busa sehingga pembuangan plak.6 2.

bahan pemutih.7 Bahan terapeutik (0-2%) Bahan terapeutik yang biasa ditambahkan dalam pasta gigi adalah flour. 6. bahan anti-tartar. Misalnya rasa mint. Stannous. Manfaat masing bahan terapeutik adalah : 2. kayu manis bahkan rasa permen karet untuk pasta gigi anak.7.6. bahan antimikroba. Sodium Lauryl Sulphate ini juga memiliki efek antibakteri. Tambahan rasa pada pasta gigi akan membuat menyikat gigi menjadi menyenangkan.2.7 . stroberi. Fluor ini bersifat antibakterial namun kelemahannya dapat membuat stein abu-abu pada gigi.6. Sodium fluoride dan Sodium monofluorofosfat.17 debris.7.6 Bahan penambah rasa ( 0-2%) Biasanya pasta gigi menggunakan pemanis buatan untuk memberikan cita rasa yang beraneka ragam.7.2.2. bahan pengawet. material alba dan sisa makanan menjadi lebih mudah. Jenis fluoride yang terdapat dalam pasta gigi adalah Stannous fluoride. bahan desensitisasi. Stannous fluoride atau Tin fluor merupakan fluor yang pertama ditambahkan dalam pasta gigi yang digunakan secara bersamaan dengan bahan abrasif (kalsium fosfat).9 2.1 Fluoride Penambahan fluoride pada pasta gigi dapat memperkuat enamel dengan cara membuatnya resisten terhadap asam dan menghambat bakteri untuk memproduksi asam. tapi tidak dapat digunakan bersamaan dengan bahan abrasif. Sodium fluoride atau NaF merupakan fluor yang paling sering ditambahkan dalam pasta gigi.9 2.

2.3 Bahan anti-tartar Bahan ini digunakan untuk mengurangi kalsium dan magnesium dalam saliva sehingga keduanya tidak dapat berdeposit pada permukaan gigi. ada beberapa herbal yang ditambahkan sebagai anti mikroba dalam pasta gigi misalnya daun sirih dan siwak. Methylparaben dan Etihylparaben.6.2 Bahan desensitisasi Jenis bahan desensitisasi adalah bahan yang digunakan untuk perawatan hipersensitivitas dentin/hipersensi.05-0. dan sodium hexametaphospate.7 2. Zinc citrate atau Zinc phosphate (bakteriostatik). misalnya Trikolsan (bakterisidal).9 Bahan pengawet (0.05-0.7. Hidrogen peroksida.7.7.5%) Bahan pengawet ini berfungsi untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme dalam pasta gigi. Bahan sensitivitas yang sering digunakan dalam pasta gigi adalah Potassium citrate yang dapat memblok transmisi nyeri di antara selsel syaraf dan Stronsium chloride yang dapat memblok tubulus dentin.2.7.7. Bahan pengawet yang sering ditambahkan dalam pasta gigi adalah Sodium benzoate.5%) Bahan pemutih yang biasa digunakan antara lain Sodium carbonat.18 2.8 Bahan pemutih (0.2.9 .6 2.2.6.6.6.12 2. misalnya Tetrasodium pyrophospate. Selain itu.4 Bahan antimikroba Bahan ini digunakan untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri.12 2.2. citroxane.

dan Fluorodine. . kalkulus.Indomartuae.1 Pasta gigi anti karies Pasta gigi yang beredar dipasaran umumnya mengandung fluor dalam bentuk Natrium fluoride (NaF). pasta gigi anti plak. Flour sangat berperan penting terhadap peningkatan kesehatan gigi.7.19 2. Stanium Fluoride (SnF) dan Sodium monofluorofosfat (NaMNF).2 Pasta gigi anti plak Selama dua dekade terakhir.com r 1.aspx?SubID=460&CatID=24)(4 Desember 2010) 2. Contoh pasta gigi anti karies (http://www.3. Pasta gigi fluoride efektif dalam mencegah dan mengendalikan karies gigi. Contoh pasta gigi anti karies adalah Colgate. 2. Pepsodent. banyak pasta gigi telah diformulasikan mengandung senyawa antimikroba untuk mencegah atau mengurangi plak. /Products1.3. Fluor dapat menghambat demineralisasi enamel dan meningkatkan remineralisasi.3 Jenis-jenis pasta gigi Ada beberapa jenis pasta gigi yaitu pasta gigi anti karies. pasta gigi pemutih dan pasta gigi herbal.9 Gambar 1.

Salah satu senyawa tersebut adalah triklosan. Contoh pasta gigi anti plak.net/products/ap24-anti.13 Triklosan (2. dentist. Anti mikroba ini terabsorbsi ke permukaan oral tetapi tidak menimbulkan stein. AP-24. 6.12 Gambar 2.4’ trikloro-2’-hidroksi difenil eter) adalah suatu antimikroba anionik dengan spektrum luas (dengan minimal inhibitory concentration atau konsentrasi penghambat minimal terhadap banyak bakteri oral kurang dari 10 µg/g) terhadap kebanyakan bakteri yang membentuk plak.plaque-fluoride toothpaste) (4 Desember . Contoh merek dagangnya adalah Antiplaque.20 dan karies gigi.

com.3 Pasta gigi pemutih Pasta gigi untuk pemutih meliputi enzim. 6. product review.13 2. Contoh merek dagangnya adalah Colgate Sensitive. jpg)(4 Desember 2010) 2.7 Gambar 3. berupa rasa sakit yang singkat dan tajam.3. sitrat.3. Contoh merek dagangnya adalah Diamond.au/112894_sensodyne_toothpaste. Pasta gigi anti hipersensitivitas. peroksida. Sensodyne.3. Jenis bahan desensitisasi yang digunakan dalam pasta gigi adalah Potassium citrate dan Stronsium chloride.5 .5 Pasta gigi herbal Pasta gigi herbal merupakan pasta gigi yang mengandung bahan-bahan alami pilihan. Penelitian klinis tentang pasta gigi yang mengandung herbal telah banyak dilakukan oleh para ahli. (http://pr. surfaktan.products. Sensodyne-F.4 Pasta gigi anti hipersensitivitas Hipersensitivitas dentin merupakan suatu kondisi dari gigi yang sakit. pirofosfat dan hexametaphosphate. diakibatkan dentin yang tersingkap dalam menerima stimulus yang berasal dari luar.21 2. dan Opale.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful