Laporan Pelatihan Olimpiade Bidang: Astronomi

Hasil Tes: No Nama 1 Muhammad Luthfi 2 Rizka Hikmatul 3 Dairotul K 4 Annisa Azizatul 5 Ayu Shintia 6 Faizzatuzzahrah 7 Ari Tri Rata-rata Deviasi Keterangan: Nilai maksimum 100 Tes I : Matematika, Fisika dan Astronomi Tes II: Matematika, Fisika dan Astronomi Tes I 32,5 40 35 35 40 50 30 37,5 6,6 Tes II 32,5 55 50 50 60 67,5 50 52,857 9,4 Rata-rata 32,5 47,5 42,5 42,5 50 58,75 40 45,178 7,7

Penilaian umum: Siswa memiliki kemampuan dasar Matematika yang cukup baik, namun masih perlu ditingkatkan terutama untuk masalah perhitungan menggunakan log . Kemampuan Fisika siswa juga masih perlu ditingkatkan lagi. Namun dari kemampuan astronomi, siswa sudah memiliki pengetahuan yang cukup baik, hanya saja perlu lebih banyak membaca dan latihan soal. Untuk kemampuan Astronomi, siswa masih kurang di bagian materi yang berhubungan dengan hafalan, sehingga disarankan siswa perlu lebih sering-sering membaca baik buku maupun artikel mengenai astronomi. Kemajuan belajar siswa cukup baik. Sejumlah konsep astronomi dan aplikasinya telah disampaikan dalam pelatihan selama dua hari. Beberapa konsep yang sebelumnya telah diketahui siswa ditelaah kembali lebih dalam. Hal tersebut lah yang menyebabkan peningkatan nilai sebagian besar siswa pada Tes II. Interaksi di kelas secara umum cukup baik, namun ada beberapa siswa yang masih malu-malu untuk bertanya dan mengutarakan jawabannya. Sehingga pengajar susah untuk menilai apakah siswa tersebut sudah paham atau belum. Untuk mengatasinya, pengajar menecek satu per satu pekerjaan siswa saat mengerjakan soal latihan di kelas.

siswa perlu banyak berlatih dan belajar untuk mencapai prestasi lebih baik. Siswa malu untuk mengungkapkan masalah atau bertanya tentang apa yang kurang dimengerti. serta memperbanyak latihan soal Astronomi yang sifatnya perhitungan untuk meningkatkan kemampuannya. tapi kemampuan Fisika Dasarnya perlu ditingkatkan. Ke depan. siswa terkadang kurang sigap dalam menghadapi soal latihan yang diberikan. Siswa merupakan yang paling baik dari segi keaktifan dan semangat belajar di kelas.Penilaian Tiap Siswa Nama: Muhammad Luthfi No 1 2 3 4 5 6 7 Poin Penilaian Kemampuan Matematika dasar Kemampuan Fisika dasar Pemahaman konsep Astronomi Logika penyelesaian masalah Rasa percaya diri Ketekunan dan ketelitian Semangat belajar Nilai A B √ C √ √ √ √ √ √ D Catatan: Performa siswa selama pelatihan kurang begitu baik. . Catatan lain. Nama: Rizka Hikmatul No 1 2 3 4 5 6 7 Poin Penilaian Kemampuan Matematika dasar Kemampuan Fisika dasar Pemahaman konsep Astronomi Logika penyelesaian masalah Rasa percaya diri Ketekunan dan ketelitian Semangat belajar Nilai A B √ √ √ √ √ √ C √ D Catatan: Pengetahuan umum mengenai astronomi dari siswa memang di atas rata-rata siswa lain. Siswa lebih sering diam termenung (berpikir) sebelum menuliskan ide atau logika solusi di atas kertas. Tanpa keduanya. prestasi gemilang akan sulit dicapai. Fisika dan Matematika menjadi kunci kesuksesan siswa dalam ajang olimpiade. Untuk kedepannya siswa diharapkan mencoba untuk membaca materi Fisika Dasar. Ini menjadi hambatan bagi pengajar untuk mengetahui apa yang kurang. Nilai siswa tidak terlalu memuaskan dan siswa juga merupakan satu-satunya yang tidak mengalami peningkatan nilai tes.

Siswa diharapkan lebih banyak mengerjakan latihan-latihan soal untuk mempertajam sense astronominya. . yakni kemampuan Fisika Dasar dan pengetahuan Astronomi yang sangat kurang serta kurangnya fokus serta semangat belajar siswa di kelas. dan matematika dasar. siswa sudah cukup baik mengingat siswa adalah kelas XI. Nama: Annisa Azizatul No 1 2 3 4 5 6 7 Poin Penilaian Kemampuan Matematika dasar Kemampuan Fisika dasar Pemahaman konsep Astronomi Logika penyelesaian masalah Rasa percaya diri Ketekunan dan ketelitian Semangat belajar Nilai A B √ √ √ √ √ √ C √ D Catatan: Siswa memiliki kemampuan astronomi yang kurang. Dalam hal fisika. namun masih kurang dalam penyelesaian soal-soal latihan dan ujian. Siswa diharapkan dapat meningkatkan semangat belajarnya untuk dapat mengejar ketertinggalan materinya dari siswa-siswa yang lain. Ada beberapa hal yang menjadi catatan.Nama: Dairotul K No 1 2 3 4 5 6 7 Poin Penilaian Kemampuan Matematika dasar Kemampuan Fisika dasar Pemahaman konsep Astronomi Logika penyelesaian masalah Rasa percaya diri Ketekunan dan ketelitian Semangat belajar Nilai A B √ √ √ √ √ √ C D √ Catatan: Siswa cukup aktif bertanya di kelas.

Diharapkan siswa dapat lebih banyak membaca lagi materi astronomi yang sifatnya pengetahuan umum. . Akan tetapi. Siswa cukup cakap dalam menanggapi soal latihan. untuk dapat melewati tahap olimpiade selanjutnya. Nilai siswa saat tes Matematika dan Fisika Dasar juga cukup baik di antara siswa lain. Nama: Faizzatuzzahrah No 1 2 3 4 5 6 7 Poin Penilaian Kemampuan Matematika dasar Kemampuan Fisika dasar Pemahaman konsep Astronomi Logika penyelesaian masalah Rasa percaya diri Ketekunan dan ketelitian Semangat belajar Nilai A B √ √ √ √ √ √ √ C D Catatan: Pemahaman siswa tentang materi yang diberikan adalah yang paling baik diantara siswa lainnya memngingat tahun sebelumnya siswa sudah pernah lolos ke tingkat provinsi. Nilai siswa dalam tes astronomi memang cukup baik. Banyak berlatih soal-soal menjadi solusi untuk peningkatan kemampuan siswa. Ke depan.Nama: Ayu Shintia No 1 2 3 4 5 6 7 Poin Penilaian Kemampuan Matematika dasar Kemampuan Fisika dasar Pemahaman konsep Astronomi Logika penyelesaian masalah Rasa percaya diri Ketekunan dan ketelitian Semangat belajar Nilai A B √ √ √ √ √ √ √ C D Catatan: Siswa memiliki kemampuan Matematika Dasar serta Fisika Dasar yang paling baik diantara teman seangkatannya. siswa diharapkan mampu meningkatkan rasa percaya dirinya sebagai modal penting dalam berkompetisi di samping kemampuan kognitifnya. Namun dari segi kemampuan dan pengetahuan tentang astronomi masih perlu ditingkatkan lagi untuk menghadapi jenjang olimpiade lebih lanjut. siswa perlu lebih banyak membaca dan latihan untuk meningkatkan pemahaman astronomi serta mempertajam sense penyelesaian masalah. tapi siswa masih sering kurang percaya diri terhadap ide yang dia pikirkan.

Hal tersebut kemungkinan disebabkan peserta tidak membawa kalkulator selama pelatihan yang merupakan komponen paling penting dalam olimpiade astronomi. Diharapkan (seluruh siswa lain juga) pada setiap pelatihan olimpiade astronomi selalu membawa kalkulator. .Nama: Ari Tri No 1 2 3 4 5 6 7 Poin Penilaian Kemampuan Matematika dasar Kemampuan Fisika dasar Pemahaman konsep Astronomi Logika penyelesaian masalah Rasa percaya diri Ketekunan dan ketelitian Semangat belajar Nilai A B C √ √ √ √ √ D √ √ Catatan: Siswa kurang aktif saat di kelas. dan saat diberikan latihan soal-soal pun siswa juga kurang sigap dalam mengerjakan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful