Kumpulan resep kue dan masakan

Kue Mangkok

Bahan : 350 gr tepung beras 350 gr gula pasir 250 gr tape singkong 600 ml air hangat 60 gr tepung terigu 2 sdt baking powder pewarna merah, hijau, kuning ¼ butir kelapa tidak terlalu tua, parut dan digarami Cara membuat : Campurkan tepung beras dengan tape singkong dan 200 ml air. Uleni selama 30 menit atau sampai adonan lembut. Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil diuleni lagi ± 15 menit supaya tercampur rata. Masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk sampai rata. Terakhir masukkan sisa air sedikit demi sedikit sampai habis. Diamkan selama ± 30 menit. Bagi adonan menjadi 3 bagian, warnai tiap adonan dengan pewarna merah, hijau, dan kuning. Sementara itu panaskan cetakan dalam dandang yang mendidih airnya. Pakai api besar supaya cetakan panas betul. Isi cetakan dengan adonan sampai penuh. Kukus selama ± 30 menit sampai kue merekah. Selama mengukus, lapisi tutup dandang dengan serbet dan dandang jangan dibuka. Setelah matang, angkat. Tunggu sampai kue dingin, keluarkan dari cetakan. Hidangkan dengan parutan kelapa yang telah diberi garam.

Bolu Kukus Pelangi

Bahan: 6 butir telur 200 gram gula pasir 200 gram tepung terigu. Pada praktek menggunakan tepung terigu segitiga biru. 1/2 sendok teh garam 1 sendok makan emulsifier. Ini berfungsai untuk melembutkan adonan. Dipasaran bisa ditemukan berbagai merek emulsifier seperti Ovalet, SP, Spontan 88, TBM, dan lainnya. emulsifier bisa juga diganti dengan Baking Ingredient. 80 ml santan kental 50 ml minyak sayur Pewarna makanan yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi: -Mixer telur, gula, emulsifier, dan garam hingga adonan berwarna pucat dan mengental. -Tambahkan tepung terigu, aduk secara perlahan hingga rata. -Tambahkan santan dan minyak sayur dan aduk rata dengan spatula atau sutil. -Jika sudah, bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian beri warna merah (pink), satu bagian beri pewarna kuning, dan satu bagian lainnya beri warna hijau. Pastikan masing-masing adukan memiliki warna yang rata. -Siapkan loyang yang telah diolesi mentega dan dialasi kertas roti. Tuang adonan merah, kukus selama 10 menit. sebelum 10 menit tutup kukusan jangan dibuka agar kue bolunya mengembang sempurna. Selain itu, gunakan juga handuk atau kain lap bersih untuk memberi alas pada tutup kukusan. Alas ini diperlukan agar tidak ada tetesan uap yang jatuh kedalam adonan kue bolu pelangi yang sedang kita kukus. Setelah 10 menit masukkan lapisan yg kuning. Kukus lagi selama 10 menit. -Kemudian yang terakhir masukkan lagi adonan yang berwarna hijau. Untuk warna pelapis yang terakhir ini, kukus selama 30 menit hingga benar-benar matang.

:: sambel goreng pete :: Sambal Goreng Petai memiliki rasa yang pedas dan memiliki sensasi khas petai.3 papan petai. . Masukkan petai. Menambah selera makan. aduk-aduk sebentar. Tunggu hingga sambal sedikit mengering atau tidak terlalu berair. Tidak kalah lezat dengan Sambal Petai yang disajikan segar. Angkat. buang kulit ari. belah dua 50 ml air 1/2 sdm gula merah. iris tipis Minyak untuk menumis secukupnya Bumbu Yang Dihaluskan: 100 gram cabai merah 3 butir bawang merah 2 siung bawang putih 1 butir kemiri 1/2 sdt garam 1/4 sdt terasi Cara Membuat: Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Bahan: 2 . aduk hingga rata. cocok untuk teman makan ayam atau ikan bakar/goreng. ambil isinya. dan sajikan sebagai teman makan ayam atau ikan goreng/bakar. Tambahkan gula merah lalu tuangkan air.

dan sajikan dengan Pelengkapnya. aduk rata. Simpan dalam lemari es hingga dingin. Kemdian angkat. Setelah itu dinginkan. sambil terus diaduk-aduk sebentar. Selanjutnya potong-potong puding. Tuangkan adonan ke dalam loyang atau cetakan sesuai selera Anda. jika suka Pelengkap: saus cokelat cokelat serut Cara membuat Puding Tiramisu : Masak semua bahan puding dengan api sedang sambil aduk-aduk hingga cokelat larut dan mendidih. jika suka. larutkan dengan 1 sdm air panas Dark cooking chocolate 50 g . . dan mengeras. Tambahkan Kahlua. potong kecil Gula pasir 75 g Kahlua 1 sdm .:: Puding Tiramisu :: Bahan-bahannya : Susu segar 500 ml Whipping cream 100 ml Agar-agar bubuk putih 1 bungkus Kopi instan 1 sdt .

Lakukan hingga semua sus habis.:: Sus Vla Vanila :: Bahan Sus: 150 gram tepung terigu protein sedang 125 gram margarin atau butter 200 ml air 1 sdm gula pasir 4 butir telur Bahan Vla: 50 gram tepung maizena 75 gram gula pasir 2 butir kuning telur 500 ml susu UHT rasa vanila Cara Membuat Sus: Rebus air. Cara Membuat Vla: Larutkan maizena dengan sedikit susu. aduk-aduk hingga gula larut. tambahkan mentega dan gula pasir hingga adonan cair dan mendidih. Tuangkan larutan maizena. Kocok lepas telur. Aduk cepat hingga mendidih dan tercampur rata. telur dan susu. Masukkan vla dalam cetakan segitiga yang ujungnya sudah dilubangi. Masukkan adonan dalam plastik segitiga yang ujungnya sudah dilubangi dan diberi cetakan bentuk bintang besar. Angkat. dinginkan. Angkat. Setelah dingin. Semprotkan pada bagian dalam vla. Cara Penyajian: Gunting bagian pinggir sus. . Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai kalis. masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. semprotkan adonan. dinginkan. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 200 derajat celsius selama 25 menit atau hingga matang. seperempat atau setengah bagian dan jangan sampai putus. campur dengan larutan maizena. Lakukan hingga adonan habis. Angkat. dinginkan. Di atas loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung tipis. Rebus susu hingga mendidih bersama gula pasir. beri jarak karena sus akan mengembang.

emulsifier selama 10 menit hingga adonan menjadi pucat. siap untuk dihidangkan. Tambahkan cokelat blok yang sudah dipotong dadu kemudian tambahkan adonan di atasnya. kocok secara perlahan. Isi setengah bagian mangkuk cetakan dengan adonan. tambahkan essence vanilla dan cokelat bubuk. setelah tepung terigu masuk.:: Roti Kukus Isi Coklat :: Bahan: 200 gram gula pasir 2 butir telur 275 gram tepung terigu protein sedang 2 sendok teh emulsifier (tbm/sp) 1/2 sendok teh Baking powder 1/2 sendok teh essence vanilla 60 gram cokelat bubuk Coklat blok yang sudah dipotong dadu Cara membuat: Kocok telur. . setelah mengembang angkat dan lepaskan dari cetakannya. Kejutan cokelat di dalam roti kukus Anda akan membuat orang-orang terkasih Anda terkesan sejak gigitan pertama. gula pasir. aduk hingga rata. Kukus di dalam panci kukusan selama 10 menit dengan api besar. Masukkan tepung terigu dan baking powder.

setelah matang. siapka loyang. Panggang adonan tersebut pada oven dgn suhu 180 C selama kurang lebih 20 menit. pipihkan bola-bola pada loyang. dan gula hingga lembut. Bentuk adonan menjadi bola – bola kecil . dah olesi dengan margarine. Mentega. angkat dan diamkan terlebih dahulu agar mengeras dan bs di sajikan . dan tepung Maizena aduk hingga merata dan bisa di bentuk. coklat bubuk. dan beri taburan koko krunch.:: Kue Kering Coco Crunch :: Bahan – Bahan: 125 grm Margarin 100 grm mentega 180 grm Gula halus 2 butir kuning Telur 250 grm Tepung Terigu 25 grm Coklat Bubuk 50 grm Maizena Koko Krunch secukupnya Cara Membuat: Kocok margarine. masukan terigu yg sudah di ayak. Tambahkan kuning telur satu per satu dan aduk dengan spatula hingga merata.

:: KUE KERING COKLAT CAPUCINNO :: Bahan-bahan kue kering coklat : 1 sdt vanili bubuk 1 butir kuning telur 15 gr coklat bubuk 25 gr maizena 200 gr tepung terigu protein sedang atau rendah 150 gr butter/mentega 75 gr tepung gula 50 gr capucino 100 gr dark coklat. lelehkan. Panggang kembali 5 menit dengan suhu rendah. Cara membuat toping : Campur putih telur dan gula halus secara bertahap hingga rata. aduk rata Giling adonan setebal ½ cm. beri hiasan ikan kecil warna-warni dari bahan gula. margarine. potong menjadi kotak kecil. Masukkan telur aduk sampai rata. Penyelesaian Masukkan bahan toping ke dalam plastik segitiga. tepung terigu. penuhi bagian yg kosong dengan toping coklat. tepung gula dan vanili sampai semua bahan tercampur rata. Masukkan air jeruk nipis aduk rata. Masukkan dark coklat yg sudah dilelehkan . Bagi menjadi dua adonan. Panggang dengan suhu 160 derajat hingga kue matang lalu dinginkan. [-] Toping 15 gr coklat bubuk + ½ sdt pasta coklat 1 sdm air jeruk nipis 25 gr capucino ½ butir putih telur ukuran kecil 125 gr tepung gula [-] Cara membuat kue kering coklat : Kocok butter. satu bagian campur dgn capucino instan. aduk dengan menggunakan sendok kayu. satu bagian campur dengan coklat bubuk + pasta coklat. Masukkan secara bertahap campuran susu. dan maizena ke dalam adonan. lakukan hingga tepung habis. coklat bubuk. potong kecil ujungnya. Hias dengan toping putih bagian pinggir mengikuti bentuk kue. .

lalu aduk rata 2. Aduk rata. . Campur semua bahan 1 dengan semua bahan bumbu halus. jahe. Masak bola2 daging di atas api kecil hingga matang. Tuang santan dan air.:: KAREE KOFTA :: Bahan 1: 350 gr Daging cincang /giling) 1 ea Bawang Bombay (cincang) 1 btg Seledri (cincang) 2 butir Telur Ayam Bumbu Halus: 2 cm Kunyit (dibakar) ½ sdt Ketumbar ½ sdt Jinten 3 ea Cabai Merah ½ sdt Merica Garam secukupnya Kuah: 5 siung Bawang Merah 3 ea Cabai 2 cm Jahe 2 siung Bawang Putih 2 btg Serai 1 sdt Ketumbar 1 cm Kunyit (bakar) ½ sdt Jinten 4 sdm Mentega 300 ml Santan (dari 1 butir kelapa) 2 ea Tomat (potong kasar) 200 ml Air Garam secukupnya Cara Membuatnya: 1. Bentuk adonan bulat-bulat sebesar kelereng. Angkat dan selamat menikmati. bawang putih. ketumbar. kunyit dan jinten dihaluskan dan tumis dengan mentega hingga harum. Masukkan bola2 daging. serai. cabai merah. 4. tomat dan garam. didihkan 5. sisihkan 3. Kuah: Bahan kuah berupa bawang merah.

lalu oleskan bagian atasnya dengan mentega. lalu tuangkan air sedikit demi sedikit. Tipiskan adonan. masukkan terigu. simpan dalam lemari es selama 15 menit. Pipihkan adonan sesuai selera. 5. Sajikan hangat dengan pendamping karee atau gulai. 4. Uleni adonan hingga kalis. dan panggang roti di atas Teflon yang sudah disemir dengan mentega sampai dengan matang dan angkat. Lalu keluarkan dari lemari es.:: ROTI MARYAM :: Bahan: 500 gr Terigu (‘Cakra’) 200 ml Air 2 bh Telur Ayam 125 gr Mentega Garam secukupnya Cara Membuatnya: 1. 6. 3. gulung dan padatkan kembali. Potong adonan sepanjang 5 cm. Kocok telur. 2. .

sisihkan. biarkan dingin. Kocok telur. . Tuang minyak sayur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga rata. Panaskan kukusan.:: Roti Gulung Capuccino Tabur Coklat :: 2 butir telur 60 gram gula pasir 1/2 sdt cake emulsifier 50 gram tepung terigu 1 sdm susu bubuk 1 sdm coklat bubuk 65 ml minyak sayur 2 sdm krim rasa cappuccino 50 gram cokelat putih yang sudah dilelehkan 20 gram cokelat blok yang diparut Cara membuat: Campur tepung terigu. Aduk rata. dan cake emulsifier hingga putih dan mengembang. gula pasir. dan coklat bubuk. padatkan. Kukus selama kurang lebih 15 menit hingga matang. ratakan. tuang adonan ke dalam loyang 20x20x6 cm yang telah dioles margarin dan di alas kertas roti. keluarkan dari loyang. Angkat. Gulung. Jika sudah dingin masukkan roti gulung ke dalam cokelat putih kemudian beri taburan cokelat yang sudah diparut. susu bubuk. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. oles dengan selai nanas.

Angkat.. Goreng martabak dengan api sedang hingga kuning kecokelatan. haluskan Garam secukupnya Merica secukupnya Pelengkap: Acar timun Cabai rawit Cara Membuat: Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan daging cincang. Beri garam dan merica secukupnya. . kocok lepas 2 batang daun bawang. Bahan: 10 lembar kulit martabak siap pakai 200 gram daging sapi cincang 4 butir telur. Lipat kulit martabak.. iris tipis 1 siung bawang putih. aduk hingga rata dan daging matang. Lakukan hingga adonan habis. aduk rata. aduk-aduk hingga berubah warna. tuang dengan adonan isi secukupnya. Tuangkan daging dan daun bawang pada telur yang sudah dikocok.:: Martabak Telur Sederhana :: Menu paling lezat nih buat berbuka puasa. tiriskan. Letakkan 1 lembar kulit martabak di atas alas. angkat. Beri sedikit merica dan garam. iris halus 1 siung bawang bombay.

.Potong pisang ijo yang sudah dikukus tadi. air dan air daun suji.215 g tepung beras . .100 ml air daun suji . rebus bahan saus sampai mendidih.Sementara itu.50 g tepung terigu .½ sdt garam Cara membuat : . letakkan dalam wadah saji. .Tambahkan sisa tepung beras sambil terus diaduk rata dan sampai adonan menjadi kalis. angkat dan dinginkan. . Beri tambahan saus. kemudian teteskan 2-3 tetes pewarna hijau.650 ml santan .Ambil 40 gr tepung beras kemudian aduk bersama garam.:: Es Pisang Ijo :: Bahan pisang ijo : .300 ml air . es serut dan sirup merah.75 g gula pasir . Kemudian kukus adonan sekitar 20 menit.1 lembar daun pandan .Es serut secukupnya . Angkat . Rebus sambil terus diaduk hingga mendidih.Sirup berwarna merah secukupnya Bahan saus : .Bagi adonan menjadi 5.Balut masing-masing pisang dengan adonan hingga pisang tertutup seluruhnya.½ sdt garam .Pewarna hijau secukupnya . tipiskan hingga mencapai ketebalan sekitar ½ cm .5 buah pisang raja .

biarkan utuh 1 batang serai. Sajikan panas . Tambahkan cabe rawit. Lumuri dengan perahan jeruk dan garam. 3. 1 sdm air jeruk nipis dan garam sesuai selera. daun pandan dan kemangi. Cicipi dan tambahkan garam jika perlu. Tambahkan sedikit minyak dlm blender jika perlu. serai. daun jeruk purut. 4. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender. 7. Potong ayam sesuai selera. potong2.:: Ayam Tuturuga :: Bahan: 1 ekor ayam sedang (600 gr). 5. Sisihkan. ambil bagian yang putih. Masukkan santan. aduk-aduk dan masak sampai ayam berubah warna. cuci bersih. memarkan 1 buah jeruk nipis 1 lembar daun pandan. 2. Masukkan ayam. iris halus 5 helai daun kemangi 1 sdt garam atau secukupnya Minyak untuk menumis Bumbu Halus: 8 butir bawang merah 3 butir bawang putih 4 cabai merah 5 butir kemiri 2 cm jahe 2 cm kunyit atau 2 sdt kunyit bubuk Cara Membuat: 1. 350 santan kental 4 helai daun jeruk purut 25 buah cabai rawit. Masak di atas api sedang hingga santan mendidih dan ayam benar2 matang. 6. Tumis bumbu halus hingga berbau harum.

Potong-potong dan sajikan.sambil diaduk2 sampai tercampur rata. aduk hingga cokelat meleleh dan gula larut.Tambahkan potongan kacang almond/kenari. Taburi atasnya dengan irisan kacang almond. . gula pasir dan garam. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti.:: Resep Brownies Panggang :: Bahan bahan 120 gr tepung terigu 200 gr margarin 3 btr telur.Tunggu sampai kue dingin baru keluarkan dari loyang. Angkat.sisihkan. ratakan.Angkat.Untuk mengecek kue sudah matang atau belum tusukan lidi kedalam kue bila adonan kue tidak lengket dilidi berarti kue sudah matang. Tuang tepung terigu sedikit demi sedikit dan kocokan telur kedalam adonan coklat. potong-potong 150 gr gula pasir 60 gr potongan kacang almond/kenari 1/2 sdt garam Cara Membuat Brownies panggang : Panaskan margarin hingga meleleh. kocok hingga mengembang 200 gr dark cooking chocolate. Aduk rata. Masukkan potongan cokelat. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 45 menit atau hingga kue matang.

kemudian olesi dengan mentega Orchid secukupnya. Angkat martabak yang telah matang. isi dengan bahan isian dan tambahkan susu kental manis Indomilk. . Setelah semua adonan tercampur rata. diamkan selama ± 30 menit.:: Martabak Manis ala Bogasari :: Bahan: 1000 gr Tepung Terigu SEGITIGA BIRU 120 gr Gula 6 gr Garam 13 gr Baking Soda ½ gr Ragi Instan 20 gr Susu Bubuk Indomilk 100 gr Telur 1350 gr Air 50 gr Minyak Goreng Bimoli Bahan Isian Secukupnya Mentega Orchid Secukupnya Susu Kental manis Indomilk Secukupnya Cokelat Meses Secukupnya Kacang Cincang (disangrai) Secukupnya Keju Cheddar Cara Membuat Aduk semua bahan menjadi satu hingga adonan tercampur rata. Potong martabak pada bagian tengah lalu lipat dan poles kembali permukaan martabak dengan mentega Orchid secukupnya. Panggang seluruh adonan dengan menggunakan loyang martabak sampai matang.

Di mangkuk terpisah. Masak hingga bagian atas dan bawah adonan matang secara merata. kocok putih telur hingga keras.:: Pancake Sederhana :: Bahan-bahan: 100 g tepung terigu 1 sdt penuh baking powder 50 g gula halus 200 ml susu cair 1 sdt garam 3 butir telur ayam. pisahkan kuning dan putihnya Bahan Pelengkap: (bahan pelengkap ini adalah untuk topping atau rasa pancake. saus bluberry. Panaskan wajan dadar anti lengket berbentuk bundar di atas api kecil. keju parut dan meses atau es krim. . saus coklat. Angkat dan sajikan hangat dengan hidangan pelengkap. Tuangkan satu sendok sayur penuh adonan ke dalam wajan. olesi sedikit minyak sayur. gula. Masukan adonan putih telur tersebut ke dalam adonan terigu (no. susu. atau apapun kesukaan keluarga Anda) Cara Membuat: Aduk tepung. Anda bisa berkreasi dengan potongan buah segar seperti strawberry. garam dan kuning telur hingga merata. baking powder. Perhatikan jangan sampai adonan lengket.1) lalu aduk hingga merata.

2. 6. Angkat. dan hijau (sesuai selera). kuning.3 cm. margarin. vanili. Gilas tiap adonan dengan roll kayu dengan ketebalan 0. Kukus singkong sampai matang dan lunak. . Letakkan adonan di atas plastik. 4. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan tambahkan tiap bagian adonan dengan pewarna berbeda (merah dan hijau). Tambahkan gula. parut panjang Cara membuat: 1. kupas dan potong-potong 125 gr gula pasir 30 gr margarin 1/2 vanili bubuk 1/2 sdt garam Pewarna makanan (hijau dan merah) secukupnya 1/2 buah kelapa setengah tua. susun berlapis dengan urutan warna merah. dan garam. Sajikan dengan kelapa parut. Tumbuk singkong selagi hangat sampai halus. 3. 5. dan gulung sambil ditkan sampai padat. Potong adonan setebal 2 cm. Aduk sampai merata.:: Getuk Gulung :: Bahan: 600 gr singkong.

rendam ayam selama 1jam 2. Bakar hingga harum dan matang. Sajikan di atas piring dengan taburan bawang goreng. 4. Bakso bakar gurih siap disantap. Aduk rata. oven atau bakar ayam diatas bara api sambil diolesi saus perendam selama 15 menit :: Bakso Bakar :: Bahan: 20 buah bakso sesuai selera (bakso sapi/ayam/ikan/dll) Olesan: 2 sdm saus tomat 2 sdm kecap manis 2 sdm saus sambal 2 sdm bawang goreng untuk taburan Cara membuat: 1. sambal dan kecap. . 2. 3 atau 4 bakso dalam satu tusukan. Oleskan pada bakso yang telah disusun.:: Ayam Bakar Madu :: Bahan : 1 ekor ayam di potong menjadi 8 potong saus perendam: 4 sendok makan madu 8 sendok makan gula pasir 4 sendok makan margarin yg sudah di cairkan 4 sendok makan mustard 2 sendok teh garam 1 sendok teh merica cara membuat: 1. Campur saus tomat. campur semua bahan di mangkuk. Susun bakso dalam tusuk sate. 3.

Tuang adonan dalam wadah aluminium foil. gula pasir dan garam. keju parut. kelapa muda dan kenari. Aduk rata agar tidak gosong. Tuang larutan tepung ke dalam rebusan susu. Aduk hingga semua bahan rata. Keluarkan Klapertaart. cincang kasar Bahan Taburan: Kismis secukupnya Keju cheddar parut secukupnya Cara Membuat: Larutkan tepung maizena dan tepung terigu dengan 100 ml susu cair. Panggang lagi selama 25 menit dengan suhu 160 derajat celsius hingga matang. Aduk-aduk hingga mendidih. aduk hingga rata. Masukkan margarin. adonan. Rebus hingga meletup. aduk hingga tercampur rata. beri taburan. Panggang selama 20 menit dengan suhu 160 derajat celsius. keruk lebar 25 gram kenari.:: Klapertaart Keju :: Klapertaart lezat dengan irisan kelapa muda ditambah taburan keju membuat kue ini makin spesial. Sajikan jika Klapertaart sudah dingin. Letakkan wadah aluminium tersebut di atas loyang yang sudah diberi sedikit air. kocok lepas 1/2 sdt rhum esens 75 gram keju parut 150 gram kelapa muda. Tambahkan rhum esens. . Bahan: 40 gram tepung terigu protein sedang 25 gram tepung maizena 400 ml susu cair 100 gram gula pasir 1/4 sdt garam 20 gram margarin 2 butir telur. Tambahkan telur dalam. Angkat. Rebus 300 ml susu cair.

hias dengan kismis. Kocok telur dan gula hingga mengembang. aduk rata. Tutup. Biarkan setengah matang. Panaskan cetakan kue lumpur.♦ Kue Lumpur Pandan Suji Ala NCC ♦ Bahan: 200 ml santan kental 200 ml air pandan suji 3 lbr daun jeruk purut 1/2sdt garam 2 btr telur 150 gr kentang kukus haluskan 120 gr tepung terigu 120 gr gula pasir Cara membuat: Campur santan dan air pandan suji. Tutup lagi masak sampai matang. masukkan kentang halus. . aduk rata sisihkan. Angkat. tuang adonan ¾ penuh. Tuangi air santan hijau secara bertahap sambil diaduk rata.

direbus trus diparut) 1 sdt garam 1 sdm gula Topping: 50 gr daging cincang/smoked beef 50 gr daging ayam.cincang kotak2 kecil 50 gr zaitun 50 gr pepprumi 1/4 bh bawang bombay.hijau. parut Cara Membuat: * Campur smua bahan roti jadi satu sambil diuleni (sampai kalis ) * Lalu bulatkan adonan.:: Resep Pizza Sederhana :: Bahan-Bahan: Roti: 300 gr terigu 1 sdm ragi instan 1 btr telur 2 sdt gula pasir 1 sdm baking powder 30 ml olive oil (minyak zaitun) 100 gr susu powder 100 gr yoghurt garam secukupnya Saus: 1-2 sdm minyak zaitun 1 buah bawang bombay 2 siung bawang putih 250 gr tomat(bisa diganti tomat 5-7 buah. potong kotak bulat tipis 1/2 kaleng jamur/jamur segar 25 gr 1 bh keju mozarella. iris bulat tipis 1/4 bh paprika merah. kuning. diamkan sekitar 1/2 jam .

yg sebelumnya telah diolesi minyak zaitun pada permukaannya. . paprika. .* Taburi talenan dan adonan dgn sedikit tepung. taruh saus-nya diatas adonan roti pizza. . dan tiriskan. oven selama 20 menit dlm suhu 200 derajat celcius. Saus: Rebus smua bahan saos. lalu lihat apakah roti sudah mengembang sempurna ato belum. tambahkan yoghurt (sedikit2). jangan sampai ke tepi adonan roti pizza. yang gunanya selain untuk penambah rasa juga utk merekatkan semua topping.untuk mengecek apakah pizza sudah matang atau belum. Tips : . masak sampai matang. Penyelesaian: 1. tambahkan bahan2 diatas. jamur. * Taruh adonan yg sudah dibentuk ke dalam loyang. . zaitun dan keju mozarella.Jika terlalu basah adonannya. .taburan keju digunakan pada topping paling akhir. kalo masih lembek berarti belum matang. 2. . dan goreng dengan api sedang. tusuk pada bagian tepi luar (yang tidak terkena saus).ketika menaruh saus. daing cincang/ayam/tuna. sampai kering airnya Masukkan daging cincang/ daging ayam. lalu giling adonan sesuai bentuk loyang * Oles loyang dgn minyak zaitun. sesuai perbandingan besar loyangnya. tusuk adonan pizza dgn tusuk gigi/garpu/ujung pisau.bila ingin membuat 2 loyang pizza. taburkan bawang bombay. bila menggunakan ukuran loyang bundar diameter 24-26cm. sisakan sekitar 1cm. dgn ukuran loyang lebih kecil dari 24-26cm. untuk menghindari saus keluar dari adonan(krn roti pizza akan mengembang ketika di oven) yang menyebabkan proses pematangan pizza lebih lama lagi. lalu blender. maka tambahkan tepung(sedikit2) dan bila terlalu kering kaku. 3.resep ini akan menghasilkan roti pizza dgn ketebalan sempurna. lalu diangkat.

telur. penyedap rasa. merica bubuk. Bentuk bulat dengan dua sendok.♣ Bakso Goreng Ayam ♣ Bahan : 300 gram paha ayam fillet. diiris halus Minyak untuk menggoreng Cara Membuat : Aduk paha ayam. bawang putih. kulit ayam. Tambahkan tepung sagu. dicincang halus 2 siung bawang putih. . gula pasir. Aduk rata. baking powder. putih telur. dan daun bawang. dicincang halus 100 gram kulit ayam. Aduk rata. Goreng di dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang. minyak wijen. dan air es. dihaluskan 1/2 sendok makan garam 1/2 sendok teh merica bubuk 1/2 sendok teh penyedap rasa 1 sendok teh minyak wijen 1/2 sendok teh gula pasir 1 butir telur ayam 1 putih telur 100 ml air es 250 gram tepung sagu 1 sendok teh baking powder 1 batang daun bawang. garam.

Olesi bahan lapisan pada satu permukaan kue.250 g gula pasir . rapikan.250 g cokelat masak pekat.1/8 sdt garam . Ratakan. Potong-potong kuenya. Angkat. 4. dinginkan. Tim hingga meleleh. Aduk rata.200 g tepung terigu . Tumpuk dengan kue yang kedua sambil ditekan agar menempel. Masukkan cokelat leleh dan susu sedikit demi sedikit sambil aduk rata. Panaskan oven hingga suhu 180° C. Tambahkan terigu secara bertahap sambil aduk hingga rata.300 g cokelat masak pekat .300 g mentega .125 ml krim kental Cara Membuat Brownies Kukus 1. 7. Masukkan loyang ke dalam loyang yang lebih besar berisi air. panggang dengan cara au bain marie selama 30 menit hingga matang. 2. Bubuhi garam. 5.6 butir telur ayam . Dan sajikan Brownies Kukus untuk 12 potong.1 sdt baking powder . Angkat. Tuang adonan ke dalam 2 buah loyang persegi ukuran 15 x 30 x 3 cm yang sudah diolesi mentega dan ditaburi terigu. Sisihkan. aduk rata : . Sisihkan. ratakan.200 ml susu cair Ayak : .75 g cokelat bubuk Lapisan. Kocok telur bersama gula pasir hingga mengembang. Campur cokelat dan mentega. 6. letakkan loyang dalam oven di bagian teratas dari rak oven.Brownies Kukus Bahan Brownies Kukus : . tim hingga meleleh . 3. keluarkan dari loyang. .

aduk sesekali hingga ayam matang merata dan bumbu meresap. . Panggang ayam sambil sesekali dioles sisa bumbu kuning. aduk hingga rata dan ayam berubah warna.Ayam Bakar Bumbu Kuning Bahan: 1 ekor ayam ukuran sedang 4 lembar daun jeruk 2 batang serai 1/2 sdm garam 1/2 sdt gula pasir 200 ml santan Minyak goreng secukupnya Bumbu Yang Dihaluskan: 7 butir bawang merah 3 siung bawang putih 5 butir kemiri. sangrai 3 cm kunyit 2 cm jahe 2 sdt ketumbar Pelengkap: Sambal Lalapan Cara Membuat: Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus hingga harum. Tuang santan. Masukkan ayam. Tambahkan serai dan daun jeruk. Bolak-balik hingga permukaan ayam kecokelatan. aduk-aduk sebentar. Ambil ayam dan pisahkan dari bumbu kuning yang tersisa.

dipotong 5x5 cm 800 ml air kelapa 100 gram gula merah sisir 2 sendok makan kecap manis 1 lembar daun salam 1 cm lengkuas. kecap manis. gula merah. Goreng sebentar dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kecokelatan. dimemarkan 1/2 sendok teh garam Minyak untuk menggoreng Bumbu halus: 6 butir bawang merah 4 siung bawang putih 1/2 sendok makan ketumbar 3 batang serai.Tempe Bacem Bumbu Serai Bahan-bahan/bumbu-bumbu : 400 gram tempe. Ungkep tempe. dan bumbu halus sampai matang dan meresap. daun salam. . air kelapa. garam. lengkuas. diambil putihnya Cara Pengolahan : 1. 2.

tumis bawang putih. jangan sekali-sekali dikasih air. geprak 2 sdm saus tiram 1 sdm kecap ikan 1 sdm kecap inggris garam secukupnya mentega secukupnya 1 sdt maizena dicairkan dengan 1 sdm air Panaskan mentega. karena nantinya si cumi bakalan ngeluarin air sendiri. hasilnya enak dunkkkk Bahannya : ================== 1/2 kg cumi segar. hidangkan panas-panas...... tumis ampe cumi berubah warna. potong potong 1/2 buah bawang bombay. tapi.. geprak terus cincang 2 cm jahe.. jadi kalo udah duluan di kasih air. Angkat. kecap ikan.. Masukkan saus tiram. biar hasilnya cantik 1/2 buah tomat..Kalo kelamaan ntar jadinya kayak sendal. terus satu lagi... pake api agak gede ajah.. Jadi masaknya jangan lama-lama. potong potong tapi jangan ampe putus ya. masak sampe kuahnya mendidih. jangan lama-lama cukup ampe cuminya keliatan matang.... . Masak dengan api cukup besar.. hasilnya masakannya banjir deh. heheheh. bawang bombay dan jahe sampe harum. ini lagu wajib.. Ini salah-satu resep gampang yang enak. iris agak kasar 2 siung bawang putih.Cumi Saus Tiram ================== Masak cumi itu tricky. kecap inggris dan garam secukupnya. Icipin. Masukkan larutan maizena. Masukkan cumi dan tomat.......