Perkembangan Hindu Budha di INDONESIA

Gungun Misbah Gunawan

Standar Kompetensi
• Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional

1.Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia .Kompetensi Dasar • 1.

Indikator • Siswa dapat mendeskripsikan teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia dengan demokratis. komunikatif dan penuh toleransi. • Siswa dapat menjelaskan pengaruh masuknya Hindu-Budhake Indonesia dengan jujur dan mandiri .

1 Menjelaskan Hipotesis masuknya Hindu-budha di Indonesia .

Hipotesis brahmana Hipotesis Arus Balik Masuknya HinduBudha Hipotesis Ksatria Hipotesis Waisya .

1. Hipotesis brahmana .

Kelebihan • Hanya kaum brahmana yang tahu tentang ajaran Weda .

Kekurangan kitab Weda adalah pelajaran yang sangat sulit Kaum Brahmana tidak boleh menyebrang lautan .

.2. Hipotesis Ksatria.

Sanggahan: Tidak mungkin pelarian dari India mendapat kedudukan yang mulia sebagai raja ksatria .

3. Hipotesis Waisya .

Sanggahan Kasta Sudra adalah kasta terendah yang tidak mungkin menyebarkan agama agama Hindu .

Hipotesis Arus Balik .4.

2 Menjelaskan Pengaruh masuknya Hindu-budha di Indonesia .

Agama Dari kepercayaan animisme dan dinamisme. yaitu agama Hindu-Buddha . Masyarakat mulai menerima sistem kepercayaan baru.1.

Oleh karena itu. Tarumanegara. Kepala suku yang terbaik dan terkuat berhak atas tampuk kekuasaan kerajaan.2. seperti Kutai. dan Sriwijaya. lahir kerajaankerajaan. Dalam sistem ini kelompok-kelompok kecil masyarakat bersatu dengan kepemilikan wilayah yang luas. Pemerintahan Sistem pemerintahan kerajaan dikenalkan oleh orang-orang India. .

3. Masyarakat mulai mengenal sistem kasta. . terjadi bentuk perubahan dalam tata kehidupan sosial masyarakat. Muncullah golongangolongan baru dalam masyarakat seperti golongan brahmana. Sosial Dalam bidang sosial.

Arsitektur Salah satu tradisi megalitikum adalah bangunan punden berundak-undak. Jika kita memperhatikan Candi Borobudur. Hal ini menjadi bukti adanya paduan budaya India-Indonesia.4. Tradisi tersebut berpadu dengan budaya India yang mengilhami pembuatan bangunan candi. akan terlihat bahwa bangunannya berbentuk limas yang berundak-undak. .

. Bahasa Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia meninggalkan beberapa prasasti yang sebagian besar berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta.5. Parasamya Purnakarya Nugraha. bahasa Indonesia memperkaya diri dengan bahasa Sanskerta itu. dan sebagainya. Kalimat atau kata-kata bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari bahasa Sanskerta. Dasa Dharma. yaitu Pancasila. Dalam perkembangan selanjutnya bahkan hingga saat ini. Kartika Eka Paksi.

. Karya sastra terkenal yang mereka bawa adalah kitab Ramayana dan Mahabharata. Adanya kitab-kitab itu memacu para pujangga Indonesia untuk menghasilkan karya sendiri. Sutasoma. Sastra Berkembangnya pengaruh India di Indonesia membawa kemajuan besar dalam bidang sastra.6. dan Negarakertagama. Karya-karya sastra yang muncul di Indonesia adalah: Arjunawiwaha. karya Mpu Tantular. karya Mpu Kanwa. karya Mpu Prapanca.

..Terima kasih.. .

Pd MAN CIBADAK KAB.Wordpress.com .com Web : Gege258.PENULIS GUNGUN MISBAH GUNAWAN S. SUKABUMI E-mail : Gungun_merdeka@yahoo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful