“ Peluang Usaha Keripik Singkong “

KELOPOK II

Di susun oleh :

AKADEMI MANAJEMAN INFORMATIKA KOMPUTER MATARAM KAMPUS SUMBAWA BESAR TAHUN DIKLAT 2012

i

.............................................. 9 BAB III PENUTUP......... 1 3....................................................... 3 1 PEMBAHASAN ............................................................................ Cara Membuat Keripik Singkong .................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................. 4 4.................................................................. KESIMPULAN..................................................... PROSPEKTIF MASA DEPAN ............................................................................. 3 PEMBUKAAN USAHA PEMBUATAN KERIPIK SINGKONG SINGKONG ............................... 8 8................................. i BAB I .......................................... 1 2........................................................................................................................................................................................... Tujuan Membuat Usaha .................................... 5 5................................ ANALISIS PERSAINGAN ......................................................................................................... 4 3................................................................................................................... ESTIMASI KELANCARAN USAHA ............................................................................................... 1 1................. 6 6........................................................................................................... 3 2.................................. SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI ...................................................................................11 a................................................................................................................... 7 7................................................... Identifikasi Pembuatan Usaha ........................... PENETAPAN HARGA JUAL ........................................................................... 2 BAB II ................................................11 b............................................................................... Latar Belakang Pembuatan Usaha .......DAFTAR ISI “ Peluang Usaha Keripik Singkong “ .....................................11 ii ......Langkah langkah membuat keripik singkong ..................................................... SARAN. 1 PENDAHULUAN ..............

apa saja hal yang kira-kira menjadi rintangan dan halhal yang dapat meringankan usaha kita tersebut. diantaranya adalah usaha pembuatan kripik singkong seperti apa yang akan penulis paparkan dalam makalah ini. Ada berbagai macam lahan usaha yang dapat dilakukan. diantranya adalah untuk apa kita melukan kegiatan usaha yang dimaksud. dan bagaimana kemungkinan keuntungan yang dapat kita peroleh dengan membuka usaha tersebut. ada baiknya. terutama dalam menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Untuk bertahan hidup manusia perlu berinteraksi dengan sesame manusia lain. Untuk itu. peluang untuk mendapatkan pekerjaan jadi semakin kecil. Usaha dalam bertahan hidup itu diantaranya dengan membuka sendiri lahan usaha baru untuk kita tekuni. tetapi dengan banyaknya jumlah penduduk.BAB I PENDAHULUAN 1. termasuk ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang. setiap manusia mampu berdiri sendiri dengan usahanya dalam bertahan hidup. Latar Belakang Pembuatan Usaha Manusia yang hidup sudah menjadi semacam suatu kewajiban untuk bertahan hidup ditengah-tengah masyarakat. Dengan mempertimbangkan segala sesuatunya. 1 . Identifikasi Pembuatan Usaha Pembuatan usaha baru yang kita rintis sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal yang akan mendasari usaha kita tersebut. yang tidak hanya diciptakan oleh kita. Dewasa ini lahan pekerjaan semakin bertambah. 2. tetapi untuk mempermudah juga dilihat dari aspek lingkungan.

Tujuan Membuat Usaha Adapun tujuan kita untuk mendirikan suatu usaha adalah selain untuk bertahan hidup. kita dapat menyediakan lapangan kerja untuk orang lain. Disamping itu. Dengan makalah ini diharapkan pembaca dapat memahami dan diharapkan dapat memanfaatkannya khusunya dalam suatu pemilihan usaha. kita berharap dapat membuat lapangan kerja sendiri dan jika memungkinkan. lebih khusus lagi kita mencari laba atau untung dari usaha yang kita lakukan tersebut. lebih jauh lagi. 2 .3.

perbanyaklah teman dan follower anda. 2. Manfaatkanlah teknologi internet dan social network seperti Facebook dan twiter sebagai sarana penjualan anda yang lain. Gunakan penjualan yang kreatif yang hanya sedikit orang menjalaninya. Pangsa pasar kripik singkong masih sangat luas dan beragam. Bila modal semakin kuat anda bisa membeli beberapa gerobak dorong sebagai ajang pemasaran anda . sebagai contoh beberapa waktu yang lalu saat acara "Car free day"di Jakarta ada sekelompok anak muda memanfaatkannya dengan berjualan keripik singkong menggunakan mobil yang mereka parkir sejak subuh sebelum "Car free day"di mulai . tetangga tetangga di sekitar komplek anda. berilah sedikit tes produk agar mereka bisa mencicipi keripik singkong buatan anda supaya mereka tertarik membeli. Yang pertama mulailah dengan yang kecil. kenalkan keripik singkong anda ke teman teman dekat. hasilnya lumayan apalagi produk mereka telah di kenal luas di media internet walaupun harga yang mereka tawarkan cukup tinggi. mulai dari masyarakat menengah kebawah sampai target pasar menengah ke atas. Pemasaran Ada banyak cara untuk memasarkan produk keripik singkong buatan anda 1. ataupun dengan manis pedas baladonya. minimarket atau toko khusus oleh oleh di tempat anda. 3. pekerjakanlah orang orang di sekitar anda. 5. Bila keripik singkong buatan anda mulai bisa di terima dan banyak penggemar. 3 . Bila anda sudah mempunyai sepuluh gerobak aktif maka anda sudah menjadi juragan keripik singkong di daerah anda 4. mulailah merambah pasar baru dengan menitipkannya di toko toko.BAB II PEMBUKAAN USAHA PEMBUATAN KERIPIK SINGKONG SINGKONG 1. PEMBAHASAN Siapapun pasti mengenal kripik singkong dengan kriuk dan gurihnya.

Mulai dari penyiapan bahan baku hingga pengirisan yang dilanjutkan dengan penggorengan. ANALISIS PERSAINGAN Seorang pengusaha harus dapat melihat dan memanfaatkan peluang yang ada sehingga usaha yang dijalankannya tidak mengalami kegagalan ditengah jalan. Dengan sistem manajemen dan kontrol kualitas yang terjaga. Persaingan dengan perusahaan lain akan dapat diatasi dengan langkah-langkah yang terencana denan baik dan matang yang diantaranya adalah melakukan efisiensi dan peningkatan kualitas produk yang kita buat. membuat daya tarik tersendiri akan usaha ini. dari mulai manajemen dalam bahan baku. 3. maka usaha ini akan cukup berpotensi hingga masa yang akan datang. Dengan menajemen yang diterapkan pada tiap bagian dari usaha ini. hingga pemasaran. baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. karena keripik singkong merupakan jenis makanan yang sudah umum di masyarakat sehingga dalam hal pangsa pasarnya tidak akan diragukan lagi. dilakukan dengan cepat tanpa mengabaikan rasa dan rupa dari keripik singkong tersebut. yang dalam hal ini proses produksi keripik singkong.2. Disamping itu. Ciri produk yang khas yang dimiliki oleh perusahaan. 4 . Efisiensi dapat dilakukan dengan cara menggunakan tenaga terampil atau tenaga yang telah dilatih dalam hal pembuatan keripik singkong. maka usaha apapun akan dapat bertahan menghadapi persaingan baik dengan sesama produsen keripik singkong maupun bersaing dengan produk baru lainnya. PROSPEKTIF MASA DEPAN Usaha ini sangatlah bagus dan cerah karena usaha yang dijalankan ini sudah mulai ditinggalkan orang. produksi.

Lebih jauh lagi. Hal ini biasanya untuk pemesanan partai yang agak besar. begitupun sebaliknya. dengan pengemasan yang merstandar tinggi. Produk yang dihasilkan berupa keripik singkong akan dipasarkan dengan cara penitipan ke pengecer yang bisa berupa warung atau toko makanan maupun toko biasa. Dengan kemasan yang dibuat sedemikian rupa hingga dapat terlihat elegan. sedangkan sisanya adalah untuk bahan baku dan tenaga kerja. tidak terkecuali kalangan atas. Dalam keyataan. akan kurang berhasil. Cita rasa yang tinggi tanpa memperhatikan rupa. 4. produk keripik singkong ini dapat menembus pemasaran di super market ataupun bahkan skala ekspor ke luar negeri. SEGMENTASI PASAR YANG AKAN DIMASUKI Segemen pasar yang diincar adalah kalangan bawah hingga atas. dimana keripik singkong dapat dimakan oleh siapapun. Packing atau pengemasan produk yang elegan dan unik akan memberi nilai jual tersendiri. 5 . tidak akan ragu untuk membeli keripik singkong yang bersangkutan walaupun harga jualnya jadi akan lebih membengkak. Bermunculannya produsen jenis makanan ringan juga akan memberikan persaingan tersendiri walaupun dari segmen produksi yang berbeda. Keripik singkong dapat juga dipasarkan dengan dengan cara order pemesanan. maka kalangan atas yang biasanya mempertimbangkan gengsi. Selain itu keripik singkong yang dihasilkan dapat dipasarkan melalui door to door langsung ke konsumen akhir. hampir 40% biaya produksi adalah untuk kemasan. tetapi untuk segmen makanan ringan hal ini akan sangat memanaskan persaingan. kebanyakan produk yang dikemas. dalam hal ini dilakukan oleh distributor.Dalam produksi bahan makanan sangat perlu diperhatikan cita rasa dan rupa.

Dengan lancarnya penjualan secara otomatis juga memerlukan proses produksi yang juga tidak terhambat. Singkong hanya dijadikan sebagai tanaman penyelang pada tanaman utama sepeti pada palawija. ESTIMASI KELANCARAN USAHA Kelancaran suatu usaha tidak hanya ditentukan dari lancarnya penjualan. Selain ditentukan oleh penggunaan permesinan. Dalam hal ini bahan baku yang digunakan adalah berupa ubi batang atau singkong.5. kadang hanya berupa kemasan standar dan kurang sesuai untuk digunakan dalam mengemas jenis produk seperti keripik singkong. Sebagai penunjang kelancaran usaha. Kelancaran produksi bisa ditentukan oleh penggunaan permesinan yang dapat menghemat upah tenaga kerja dengan tingkat produksi yang juga tinggi. maka perlu dijaga dan diketahui batas kualitas singkong yang baik untuk dijadikan bahan baku. tetapi juga ditentukan oleh proses produksi follow-up-nya. Hal ini untuk menjaga agar produksi tidak berhenti. Karena singkong merupakan bahan yang dapat busuk. Cadangan bahan baku perlu dipertimbangkan untuk proses produksi hingga paling tidak 5 hari. Untuk itu 6 . kelancaran produksi juga dapat ditentukan oleh tenaga produksi yang telah terampil dan mampu berdisiplin hingga bisa mencapai target produksi sesuai dengan order penjualan. Dewasa ini memang penanaman singkong sudah tidak banyak dilakukan oleh para petani. atau bekerjasama dengan petani yang bersedia menanam singkong secara khusus. alumunium foil. kelancaran suplai bahan baku ini sangat perlu untuk diperhatikan. atau bahkan foam-box yang biasa digunakan untuk kemasan makanan. Hal ini untuk menjaga jika terjadi hambatan dalam penyediaan bahan baku. Untuk itu perlu dipikirkan untuk mempunyai sumber bahan baku sendiri. Kantung plastik. khususnya dalam hal proses produksi. Salah satu caranya yaitu bisa dengan memiliki lahan kebun sendiri. Kelancaran produksi tidak akan terlepas dari kelancaran suplai bahan baku.

Dalam penetapan harga jual ini kita juga harus realistis. Selanjutnya kita dapat menentukan harga jual setalah diperhitungkan dengan keuntungan yang ingin kita peroleh. proses produksi. 6. Jika ditentukan terlalu tinggi maka konsumen akan mempertimbangkan kembali untuk membeli produk kita dan lebih jauh lagi mereka akan lari ke produk lain yang sejenis. 7 . pemasaran dan jika perlu diperhitungkan pula biaya promosi dan transportasi. pengemasan. sehingga tidak akan terjadi kesenjangan yang signifikan antara harga produk yang harus dibayar konsumen secara langsung dengan harga produk setelah melalui distributor atau agen.perlu dipikirkan cara pengadaan kemasan ini disesuaikan dengan produk keripik singkong yang dihasilkan. Hal tersebut tentu tidak ingin terjadi. PENETAPAN HARGA JUAL Penetapan harga jual dilakukan dengan cara memperhitungkan harga bahan baku. upah pekerja. Semua harga yang telah teridentifikasi dapat dihitung hingga bisa didapat harga satuan minimal (modal yang digunakan). Penetapan harga ini sangat perlu dilakukan untuk standarisasi penjualan. Untuk itu perlu diperhitungkan harga jual produk dari produsen lain. jika diperlukan harus dipikirkan pembuatan sendiri kemasan yang lain dari yang lain.

seperti sambel terasi. Serutan buah (biasa yg buat rujak) atau bisa juga menggunakan mesinpemotong singkong jika usaha anda mulai berjalan baik 3. karena jika memakai tomat singkong akan berjamur. disini saya kasih rahasianya karena berbagi itu indah 8 . Cara Membuat Keripik Singkong Bahan Utama: 1. Singkong 2. aneka sambel juga biss dibuat bumbu. silahkan bereksperimen. Saya sendiri memakai Soda Kue. hanya saja tidak perlu ditambahkan tomat.beli bumbu jadi / bumbu kering halus dipasar. ada yang bilang tergantung dari pemilikan singkong. sambel petis dll. Soda kue / kapur sirih Bumbu: Semua bumbu masakan bisa dipakai. ada juga yang bilang direbus dulu. ada yang bilang di rendam selama 12jam.7. ada yang bilang pakai kapur sirih. karena keripik singkong sendiri memang tidak punya bumbu paten. Banyak info mengenai proses pengempukan singkong. atau bumbu kacang. Bisa pakai bumbu rendang. bumbu kari. sambel goreng.

setelah bumbu kering matikan/kecilkan api lalu masukan kripik dan campur rata 11. tiriskan lalu diamkan hingga dingin 9. masalah enak atau tidak enak itu tergantung dari bumbu yang anda pilih 9 . tumis bumbu yg sudah disiapkan 10. goreng dengan api yg besar (perbandingan minyak dan singkong adl 3:1) 8. campurkan soda kue dalam air rendaman (1sdt/1liter air) atau bisa juga dengan menggunakan air kapur sirih selama sekitar 1 sampai 4 jam untuk memperoleh kualitas keripik yang lunak dan renyah 5.Langkah langkah membuat keripik singkong 1. tiriskan dan diamkan hingga dingin 12. setelah bumbu tercampur rata. lalu rendam singkong dengan air panas 4. diamkan air hingga dingin bilas singkong dan tiriskan 7. 6. setelah proses pengirisan selesai cuci singkong hingga bersih (singkong jangan diiris terlalu tipis) 3. setelah itu silahkan dicoba.8. beli singkong yang masih fresh belum lebih dari satu hari setelah dicabut dari akarnya 2.

untuk melekatkan kantong plastiknya bisa digunakan hand sealer atau alat pengemas plastik. namun tidak perlu khawatir ada 2 cara untuk membuat singkong renyah kembali. Anda bisa menggunakan kantong plastik yang di desain dengan menarik.-. yaitu dengan cara di goreng lagi dengan api yang besar namun dengan resiko rasa di singkongnya akan sedikit hambar. 5. tergantung dari target pasarnya. Pengemasan. 10 . Jangan lupa berilah Merk atau Brand agar orang mudah mengingatnya Mengenai harga. anda bisa survey harga ke pasar dan toko-toko terdekat.500. Untuk kemasan keripik singkong.atau bs dengan oven agar tidak merubah rasa (disarankan pakai oven kompor). singkong menjadi lembek itu berarti bumbu terlalu berair atau belum kering saat ditumis.000. 2.hingga Rp.CATATAN*: jika setelah dicampur bumbu basah. saat ini harga keripik singkong di pasaran per kemasan kecil bervariasi dari Rp.

11 . dari itu marilah kita bangkitkan usaha-usaha kecil yang ada di sekitar kita. dengan membuka usaha kecil seperti berusaha kripik singkong . b. Kita kelolah dinegara kita ini banyak sekali sumber daya manusia yang berlimpah yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.BAB III PENUTUP a. KESIMPULAN Manusia dapat berusaha dengan cara apapun untuk menghasilkan uang. SARAN Saran saya kepada pemerinta lebih melihat supaya memperhatikan pengusahapengusaha kecil supaya karyanya tetap maju dan berkembang dan menjadi produksi yang unggul dinegara-negara tetangga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful