You are on page 1of 4

Laboratorium Vulkanologi 2013

BAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang Gunung api mempunyai pengertian yang cukup kompleks, yaitu : 1) Merupakan bentuk timbulan di permukaan bumi yang dibangun oleh timbunan rempah gunungapi. 2) Dapat diartikan sebagai jenis atau kegiatan magma yang sedang berlangsung. 3) Atau merupakan tempat munculnya batuan leleran dan rempah lepas gunungapi yang berasal dari dalam bumi. Sebuah gunungapi disebut aktif apabila kegiatan magmatisnya dapat dilihat secara nyata. Leleran lava dari kawah puncak atau kawah samping, adanya awan panas letusan dan awan panas guguran, lahar letusan dan lain sebagainya mencirikan bahwa gunung api tersebut masih aktif. Morfologi gunung api aktif biasanya menampakan bentukan kerucut sempurna. Apabila gejala kegiatan magmatisnya tidak teramati, suatu gunungapi dapat dikelompokan menjadi gunung api padam. Tetapi keadaan seperti ini bukan berarti bahwa gunung api tersebut mati, sebab pada suatu saat gunungapi itu dapat aktif kembali. Morfologi gunung api adalah bentangalam yang dihasilkan dari aktivitas vulkanisme. Endapan morfologi gunung api diklasifikasikan berdasarkan tipe magma dan jenis material yang dikeluarkan. Morfologi gunung api strato adalah gunung api yang berbentuk kerucut dan dibentuk dari perselingan endapan lava dan endapan piroklastik. Jenis magma yang menyusun gunung api strato didominasi lava intermediet.

Laboratorium Vulkanologi 2013

BAB II ISI II.1 Morfonit Gunung api merupakan salah satu fenomena yang banyak terdapat di bumi. Gunung api terbentuk akibat proses naiknya magma dari dalam bumi menuju permukaan bumi akibat tenaga endogen. Aktivitas gunung api menghasilkan beberapa morfologi (bentuk) yang berbeda-beda di setiap jenis gunung api. Morfologi gunungapi terbentuk melalui berbagai macam cara kejadiannya yang masing-masing morfologi dapat mencirikan dari masing-masing gunungapi itu sendiri. Ilmu yang mempelajari urutan dari rekaman kegiatan vulkanik berdasarkan satuan-satuan lapisan yang ada pada gunungapi tersebut yang terdiri dari batuan vulkanik yang terbentuk di darat maupun didalam air yang dapat dibedakan oleh proses-proses vulkanik yang bekeja padanya disebut vulkanostratigrafi. Dalam vulkanostratigrafi dikenal istilah morfostratigrafi, yang dimaksudkan adalah cara atau sistem untuk mengelompokan urutan-urutan endapan gunungapi berdasarkan petunjuk bentang alamnya. Morfonit (morphonit : morphological unit) gunungapi adalah bagian kecil dari morfoset yang dicirikan oleh suatu batuan tertentu untuk dibedakan satu dengan yang lainnya. Morfoset itu sendiri adalah bentang alam yang tersusun oleh suatu endapan atau komplek endapan hasil gunungapi dari hasil erupsi maupun fase erupsi baik sebelumnya, sesudahnya atau bahkan sistem gunungapi lainnya yang dibedakan dari bentang alam yang terlihat. Morfonit ini dimisalkan suatu endapan gunungapi terdiri dari suatu komplek batuan seperti lava, breksi atau tuff, setiap bataun tersebut masingmasing memiliki bentang alam tertentu yang bisa dibedakan satu dengan lainnya. Salah satu contoh dari morfonit yaitu, bentang alam berupa 1) Volcanic Landform, ini merupakan bentangalam yang dihasilkan dari aktivitas vulkanisme,

Laboratorium Vulkanologi 2013

morfologi yang dihasilkan oleh gunungapi strato adalah gunung api yang berbentuk kerucut dan dibentuk dari perselingan endapan lava dan endapan piroklastik. Jenis magma yang menyusun gunung api strato didominasi lava intermediet. Sedangkan morfologi gunungapi shield (perisai) adalah bentangalam gunung api yang berbentuk seperti perisai yang dihasilkan dari lava yang bersusun basalt. Karena sifatnya yang encer, magma basalt akan keluar ke segala arah dari pusat erupsi dan akan membentuk morfologi seperti perisai; 2) Volcanic Footslope Landform, bentangalam gunungapi yang merupakan bagian kaki dari sebuah gunungapi tersusun oleh material-material batuan gunungapi yang sudah tertransport; 3) Volcanic Neck Landform, morfologi gunungapi ini merupakan bentangalam seperti leher atau tiang yang merupakan sisa dari proses denudasi (erosi) gunung api; 4) Lava Plug Landform, bentangalam ini terbentuk seperti pipa atau bantal yang terbentuk dari lava yang membeku pada kepundan gunung api.

Laboratorium Vulkanologi 2013

BAB III PENUTUP III.1 Kesimpulan Vulkanostratigrafi adalah ilmu yang mempelajari urutan dari rekaman kegiatan vulkanik berdasarkan satuan-satuan lapisan yang ada pada gunungapi tersebut yang terdiri dari batuan vulkanik yang terbentuk di darat maupun didalam air yang dapat dibedakan oleh proses-proses vulkanik yang bekeja padanya. Morfostratigrafi adalah cara atau sistem untuk mengelompokan urutanurutan endapan gunungapi berdasarkan petunjuk bentang alamnya. Morfoset adalah bentang alam yang tersusun oleh suatu endapan atau komplek endapan hasil gunungapi dari hasil erupsi maupun fase erupsi baik sebelumnya, sesudahnya atau bahkan sistem gunungapi lainnya yang dibedakan dari bentang alam yang terlihat. Morfonit (morphonit : morphological unit) gunungapi adalah bagian kecil dari morfoset yang dicirikan oleh suatu batuan tertentu untuk dibedakan satu dengan yang lainnya.